• Tidak ada hasil yang ditemukan

PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 4 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 20162017

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 4 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 20162017"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL

MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 4 SMA N GONDANGREJO

KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

SKRIPSI

Oleh: ANI MAULANA

K4413006

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

(2)
(3)

iii

PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL

MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 4 SMA N GONDANGREJO

KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Oleh: ANI MAULANA

K4413006

Skripsi

ditulis dan diajukan untuk memenuhi persyaratan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Sejarah

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

(4)
(5)
(6)

ABSTRAK

Ani Maulana. PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM SALAM DAN SOAL

MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM PEMBELAJARAN

SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 4 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Agustus 2017.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi dan prestasi belajar siswadalam pembelajaran sejarah melalui penerapan teknik berkirim salam dan soal menggunakan media kartu kelas X MIA 4 SMA N Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA N Gondangrejo Karanganyar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan tes. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Proses penelitian dilaksanakan dalam empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berdiskusi siswa pada proses pembelajaran sejarah dikategorikan tinggi, hal ini dapat dilihat dari angka presentase pencapaian indikator keterampilan berdiskusi siswa. Pada tahap pratindakan, angka presentase pencapaian keterampilan berdiskusi sebesar 62,49%. Pada tahap siklus I mengalami peningkatan menjadi 70,70% dan pada tahap siklus II meningkat menjadi 77,74%. Pencapaian tersebut telah melampaui terget penelitian yang ditetapkan yaitu ≥75%. Sedangkan, prestasi belajar siswa dapat dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat dari presentase pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM = 70) siswa di kelas. Pada tahap pratindakan yang mendapat nilai ≥ 70 sebanyak 23 siswa (65,71%). Kemudian, pada tahap siklus I yang mencapai nilai batas minimal KKM (70) meningkat dibanding dengan tahap pratindakan yakni menjadi 26 siswa(74,29%). Pada tahap siklus II yang mencapai nilai batas minimal KKM (70) meningkat lagi menjadi 28 siswa (80%). Pencapaian tersebut telah melampaui target penelitian yang ditetapkan yaitu ≥75%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik berkirim salam dan soal menggunakan media kartu dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X MIA 4 SMA N Gondangrejo Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.

(7)

vii ABSTRACT

Ani Maulana. THE APPLICATION OF GREETING SENDING TECHNIQUE AND EXERCISE USING CARD MEDIA IN HISTORICAL LEARNING TO IMPROVE DISCUSSING SKILL AND LEARNING OUTCOME OF THE X MIA 4 GRADERS OF SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR ACADEMIC YEAR 2016/2017. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University. August 2017.

The aims of research was to improve discussing skill and learning achievement of students in historical learning through applying greeting sending technique and exercise using card media in the X MIA 4 graders of SMA N Gondangrejo Karanganyar academic year 2016/2017.

This study was a classroom action research conducted in SMA N Gondangrejo Karanganyar. The subject of research was the X MIA 4 graders consisting of 35 students. Techniques of collecting data used were questionnaire, observation, interview, documentation study, and evaluation test. Data validation in this research was studied using triangulation of data and technique triangulation. Technique of analyzing data used was an quantitative analysis and qualitative technique. The research process was encompassing four stages: planning, acting, observing, and reflecting.

The results showed that the discussion skills of the students in the process of teaching the history ranked as high, can reach from the figures the percentage of students who recognize indicators of the discussion skills. In the pre-cyclephase, the attendance of the qualifying performance is 62.49%. In this phase of the first cycle,70.70% increased and 77.74% in the second cycle. The achievement has exceeded the established research target of ≥75%. In addition, the achievements of the student can be classified as good, it can be seen from the percentage to reach the minimum criteria of completeness (KKM = 70) students in the class. At this stage the pre-cycle stage got value ≥ 70 as many as 23 students (65.71%). Then, in the stage of the first cycle that reaches the minimum limit, KKM (70) is increased compared to pre-cycle stage, which is 26 students (74.29%). In this phase of the second cycle of student services has increased again, compared with pratindakan stage and the first cycle, which are up to 28 students (80%). The achievement has exceeded the target of research, which is ≥75%.

Based on the results of research, it can be concluded that greeting sending technique and exercise using card media could improve discussing skill and learning outcome history of the X MIA 4 graders of SMA N Gondangrejo Karanganyar academic year 2016/2017.

(8)

MOTTO

“Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang”(Ir. Soekarno)

“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dahulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”(R.A. Kartini)

“Dari semua hal, pengetahuan adalah yang paling baik, karena tidak kena tanggung jawab maupun tidak dapat dicuri, karena tidak dapat dibeli, dan tidak dapat dihancurkan.”(Hitopadesa)

“Apakah sejarah itu? Pengulangan masa lalu di masa depan: refleksi dari masa depan pada masa lalu.” (Victor Hugo)

(9)

ix

PERSEMBAHAN

Dengan ridho Allah SWT kupersembahkan karya sederhana ini sebagai bentuk rasa cinta, kasih sayang, dan terimakasihku kepada:

Kedua orang tuaku, Suratmin dan Ngatini

“Terimakasih untuk doa tiada putus dengan segenap cinta, kerja keras yang tiada henti, pengorbanan yang tak terbatas dan kasih sayang yang tak ternilai harganya dari apapun. Tiada kasih sayang yang seindah dan seabadi kasih sayangmu.”

Adikku tersayang, Bagas Karya

“Terima kasih atas semangat, perhatian, dan dukungannya selama ini.”

Squad Alay (Putri Ayu Widyastuti, Anis Anugrah Laraswati, Chevia Yuliana, Fitri Cahyanti, Inten Pratiwi)

“Terima kasih atas perjuangan, dan kerjasamanya. Terima kasih telah senantiasa mendorong langkahku dengan perhatian dan semangatnya. Terimakasih telah menjadi bagian dari perjalananku menggapai cita-cita.”

Teman-teman Pendidikan Sejarah 2013

(10)

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang memberi ilmu, inspirasi, dan kemuliaan. Atas kehendak-Nya peneliti dapat

menyelesaikan skripsi dengan judul “PENERAPAN TEKNIK BERKIRIM

SALAM DAN SOAL MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM

PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN

KETERAMPILAN BERDISKUSI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA 4 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017”.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Peneliti menyadari bahwa terselesaikannya skripsi ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dan pengarahan dari berbagai pihak. Untuk itu peneliti menyampaikan terima kasih kepada:

1. Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang telah memberikan ijin dalam penyusunan skripsi ini.

2. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

Surakarta, yang telah memberikan ijin dalam penyusunan skripsi ini.

3. Kepala Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pengetahuan Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang telah memberikan ijin dalam penyusunan skripsi ini.

4. Drs. Saiful Bachri, M.Pd.,selaku Pembimbing I, yang selalu memberikan pengarahan dan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

5. Dr. Djono, M.Pd., selaku Pembimbing II, yang selalu memberikan pengarahan dan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

6. Bapak dan Ibu dosen FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta khususnya Program Studi Pendidikan Sejarah yang secara tulus dan ikhlas selama ini telah memberikan ilmunya kepada peneliti.

(11)

xi

8. Aghniyani Zakiah, M.Pd., selaku Guru mata pelajaran Sejarah SMA Negeri Gondangrejo, yang telah memberikan bimbingan dan bantuan dalam penelitian.

9. Para siswa SMA Negeri Gondangrejo terutama kelas X MIA 4 yang telah bersedia untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan penelitian ini.

10.Semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak

mungkin disebutkan satu persatu.

Peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan karena

keterbatasan peneliti. Meskipun demikian, peneliti berharap semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca dan pengembangan ilmu.

Surakarta, Agustus 2017

(12)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERNYATAAN ... ii

HALAMAN PENGAJUAN ... iii

HALAMAN PERSETUJUAN ... iv

HALAMAN PENGESAHAN ... v

HALAMAN ABSTRAK ... vi

HALAMAN ABSTRACT ... vii

HALAMAN MOTTO ... viii

HALAMAN PERSEMBAHAN... ix

KATA PENGANTAR ... x

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR GAMBAR ... xv

DAFTAR TABEL ... xvi

DAFTAR LAMPIRAN ... xvii

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ... 1

B. Rumusan Masalah ... 6

C. Tujuan Penelitian ... 6

D. Manfaat Penelitian ... 6

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS A. Kajian Pustaka ... 8

1. Pembelajaran Sejarah ... 8

a. Hakekat Pembelajaran ... 8

b. Pembelajaran Sejarah ... 10

c. Tujuan Pembelajaran Sejarah ... 11

(13)

xiii

2. Keterampilan Berdiskusi ... 15

a. Hakekat Diskusi ... 15

b. Tujuan Diskusi ... 16

c. Bentuk-bentuk Diskusi ... 17

d. Kelebihan Diskusi ... 18

e. Kelemahan Diskusi ... 19

f. Indikator Keterampilan Berdiskusi ... 20

3. Prestasi belajar ... 21

a. Pengertian Belajar ... 21

b. Prestasi Belajar ... 22

c. Faktor-faktor Prestasi Belajar ... 23

4. Berkirim Salam dan Soal ... 24

a. Pembelajaran Kooperatif ... 24

b. Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif ... 26

c. Teknik Pembelajaran Kooperatif ... 27

d. Teknik Berkirim Salam dan Soal ... 28

5. Media Kartu ... 30

a. Definisi Media Pembelajaran ... 30

b. Media Kartu ... 31

B. Penelitian Yang Relevan ... 32

C. Kerangka Berfikir ... 34

D. Hipotesis Tindakan ... 37

BAB III METODE PENELITIAN A. Tempat dan Waktu Penelitian ... 38

B. Jenis Penelitian ... 39

C. Subjek Penelitian ... 40

D. Data dan Sumber Data ... 41

E. Teknik Pengumpulan Data ... 41

F. Teknik Validitas Data ... 43

G. Teknik Analisis Data ... 44

(14)

I. Prosedur Penelitian ... 46

BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Pratindakan ... 51

B. Deskripsi Hasil Tindakan Tiap Siklus ... 57

C. Perbandingan Hasil Tindakan Antarsiklus ... 87

D. Pembahasan ... 92

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN A. Simpulan ... 97

B. Implikasi ... 98

C. Saran ... 99

DAFTAR PUSTAKA ... 101

(15)

xv

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

1. Bagan Kerangka Berpikir... 36

2. Skema Analisis Data Miles dan Huberman ... 45

3. Skema Prosedur Penelitian ... 50

4. Histogram Keterampilan Berdiskusi Siswa Pratindakan ... 55

5. Histogram Prestasi Belajar Siswa Pratindakan ... 56

6. Histogram Capaian Kegiatan Pembelajaran Siklus I ... 67

7. Histogram Keterampilan Berdiskusi Siswa Siklus I ... 68

8. Histogram Prestasi Belajar Siswa Siklus I ... 69

9. Histogram Capaian Kegiatan Pembelajaran Siklus II ... 83

10.Histogram Keterampilan Berdiskusi Siswa Siklus II ... 84

11.Histogram Prestasi Belajar Siswa Siklus II ... 85

12.Histogram Perbandingan Capaian Kegiatan Pembelajaran ... 88

13.Histogram Perbandingan Keterampilan Berdiskusi Siswa. ... 90

(16)

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

1. Rincian Waktu dan Jenis Kegiatan ... 39

2. Indikator Kinerja Penelitian ... 46

3. Keterampilan Berdiskusi Siswa Pratindakan ... 55

4. Prestasi Belajar Siswa Pratindakan ... 56

5. Capaian Kegiatan Pembelajaran Siklus I ... 67

6. Keterampilan Berdiskusi Siswa Siklus I ... 68

7. Prestasi Belajar Siswa Siklus I ... 69

8. Capaian Kegiatan Pembelajaran Siklus II ... 83

9. Keterampilan Berdiskusi Siswa Siklus II ... 84

10.Prestasi Belajar Siswa Siklus II ... 85

11.Perbandingan Capaian Kegiatan Pembelajaran ... 88

12.Perbandingan Keterampilan Berdiskusi Siswa ... 89

(17)

xvii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1. Silabus Pembelajaran ... 106

2. Lembar Observasi Guru Pratindakan ... 115

3. Lembar Observasi Siswa Pratindakan... 117

4. Catatan Lapangan Pratindakan... 119

5. Hasil Wawancara Guru Pratindakan ... 121

6. Hasil Wawancara Siswa Pratindakan ... 122

7. Rekapitulasi Angket Keterampilan Berdiskusi SiswaPratindakan ... 129

8. Prestasi Belajar Siswa Pratindakan ... 131

9. Foto Pembelajaran Pratidakan ... 133

10.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I ... 134

11.Soal Evaluasi Siklus I ... 143

12.Daftar Kelompok Siswa Siklus I ... 149

13.Lembar Observasi Guru Siklus I ... 151

14.Lembar Observasi Siswa Siklus I ... 153

15.Lembar Penilaian RPP Siklus I ... 155

16.Catatan Lapangan Siklus I ... 157

17.Rekapitulasi Angket Keterampilan Berdiskusi SiswaSiklus I ... 160

18.Prestasi Belajar Siswa Siklus I ... 162

19.Contoh Jawaban Tes Evaluasi Siswa Siklus I ... 164

20.Foto Pembelajaran Siklus I ... 166

21.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II ... 171

22.Soal Evaluasi Siklus II ... 180

23.Daftar Kelompok Siswa Siklus II ... 186

24.Lembar Observasi Guru Siklus II ... 188

25.Lembar Observasi Siswa Siklus II ... 190

26.Lembar Penilaian RPP Siklus II ... 192

27.Catatan Lapangan Siklus II ... 194

(18)

29.Prestasi Belajar Siswa Siklus II ... 199

30.Contoh Jawaban Tes Evaluasi Siswa Siklus II ... 201

31.Foto Pembelajaran Siklus II ... 203

32.Hasil Wawancara Guru Pasca Siklus ... 206

33.Hasil Wawncara Siswa Pasca Siklus ... 208

34.Foto Kegiatan Wawancara ... 212

Gambar

Gambar
Tabel

Referensi

Dokumen terkait

Sayung adalah salah satu kecamatan yang terdapat di Kabupaten Demak yang terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa. Makrozoobentos merupakan salah satu biota dalam

Skripsi yang berjudul “ Analisis Sentimen Pengguna Twitter terhadap Objek Pariwisata di Indonesia menggunakan Algoritma Pengolahan Deep Natural Language dari IBM Insights

Terdapat 44 kasus interaksi obat, jenis interaksi obat yang lebih dominan terjadi adalah interaksi farmakodinamik, serta kategori signifikansi interaksi obat yang paling sering

Proyek PembangunanPasar Sangkrah Surakarta secara umum diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat dan juga meningkatkan keamanan maupun kenyamanan.

Data yang diperoleh diolah sedemikian rupa sehingga ditarik kesimpulan bahwa kecenderungan studi khusus bagi mahasiswa adalah studi khusus seni lukis 17 (56,7%),

Kesimpulan akhir dari penulisan ini adalah bahwan di antara pajak dan zakat yang dapat menciptakan kemaslahatan ummat di Indonesia secara optimal adalah pajak

Kegiatan/ tindakan yang bertentangan dengan prinsip syariah (sesuai fatwa DSN-MUI Nomor: 80/DSN-MUI/III/2011), antara lain:a. Setiap kegiatan yang melibatkan perjudian dimana pihak

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, perlu menetapkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penerima Tunjangan Profesi bagi Guru