SENI RUPA 2 DIMENSI 3 DIMENSI.docx

30 

Teks penuh

(1)

SENI RUPA 2 DIMENSI & 3 DIMENSI

Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi banyak kita jumpai pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi yang dibuat oleh para seniman.

Lukisan

Sumber Gambar: mewarnai.us

Lukisan merupakan sebuah karya seni yang proses membuatnya dengan cara memulaskan cat dengan alat lukis seperti kuas, pisau palet atau peralatan lain. Proses melukis biasanya dilakukan dengan cara memulaskan berbagai warna ke dalam sebuah media seperti kertas atau kanvas.

Warna yang dioleskan pada media tersebut biasanya menciptakan berbagai gradasi warna serta kedalaman warna sehingga menciptakan sebuah lukisan dengan gambar yang menarik.

Seni Grafis

(2)

Seni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa yang cara pembuatan karyanya dengan menggunakan teknik cetak pada kanvas atau media lain. Seni grafis menggunakan berbagai media, dari media tradisional sampai media kontemporer.

Saat ini seni grafis dengan menggunakan metode digital sangat populer, dengan menggunakan metode ini kamu bisa menciptakan karya grafis meliputi plat logam, papan kayu, lembaran kaca akrilik, Batu litografi atau lembaran linoleum.

Kaligrafi

lagukenangantop.blogspot.com

Kaligrafi adalah suatu karya seni artistik bahasa arab. Dalam pembuatannya, kaligrafi merupakan suatu bentuk utama ekspresi seni dalam hal keagamaan dan budaya islam. Biasanya, kaligrafi ini mudah kita temukan di masjid dan salah satu contoh kaligrafi yang sudah terkenal adalah kaligrafi sufi.

Seni Fotografi

(3)

Fotografi termasuk dalam seni grafis dimana dalam perkembangannya, fotografi semakin banyak diminati oleh banyak orang. Hal ini disebabkan oleh semakin mudahnya dan semakin canggihnya alat bantu yang digunakan, yaitu kamera.

Saat ini, hampir semua handphone dilengkapi dengan kamera. Sehingga kapan saja dan dimana saja orang bisa mengekspresikan diri menggunakan kamera tersebut. Secara tidak sadar mereka sudah menghasilkan suatu karya seni, yaitu seni fotografi.

Seni Mozaik

gustiayumade.blogspot.com

Seni mozaik adalah suatu karya seni dimana cara pembuatannya dengan menyusun suatu benda yang dijadikan bahan seperti pecahan kaca, kulit telur, serpihan kayu, keramik, dan benda lainnya membentuk sesuatu yang menyerupai wujud tertentu dan memiliki nilai estetis yang tinggi.

Poster

(4)

Poster adalah suatu karya seni yang dibuat diatas kertas membentuk suatu wujud dimana wujud tersebut memberikan informasi, baik informasi berupa propaganda hingga suatu ajakan.

Poster saat ini termasuk seni rupa 2 dimensi yang cukup efektif digunakan sebagai iklan suatu produk atau lainnya dimana fungsinya lebih jenderung untuk mempengaruhi seseorang.

Banner

undangan.me

Banner termasuk dalam seni grafis dimana cara pembuatannya menggunakan teknik printing dan hasilnya memiliki nilai estetis. Sama halnya dengan poster, banner juga sangat efektif digunakan sebagai iklan, baik iklan suatu produk maupun lainnya dengan tujuan mempengaruhi orang.

Jika dibandingkan dengan poster, banner lebih efektif untuk periklanan karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan poster.

Batik

www.123rf.com

(5)

Sebelum diakui oleh UNESCO, batik termasuk suatu seni yang kuno dan terkesan kolot, namun setelah dilakukan sosialisasi dan berbagai inovasi, batik memiliki daya tarik yang cukup tinggi, baik dikalangan anak muda hingga orang tua. Selain itu, batik juga sudah di kenal di penjuru dunia dan banyak yang menyukai batik ini.

Karikatur

www.gambarzoom.com

Karikatur adalah suatu gambaran konkret suatu objek dimana objek tersebut dibuat dengan cara melebih-lebihkan objek yang dibuat tersebut. Hal ini sesuai dengan makna karikatur itu sendiri yang diambil dari Bahasa Italia, yaitu caricare yang berarti melebih-lebihkan.

Karikatur biasanya menggambarkan subjek yang dikenal dengan maksud menimbulkan kelucuan bagi subjek tersebut. Namun seiring perkembangan zaman, karikatur saat ini digunakan juga untuk suatu kritikan sosial dan politis.

Logo

baykristiawan.wordpress.com

(6)

Melalui logo, orang akan langsung tahu mengenai organisasi, perusahaan, atau perorangan tersebut. Bahkan, melalui logo, suatu organisasi, perusahaan, atau perorangan lebih mudah di kenal oleh banyak orang.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah sebuah karya seni yang mempunyai panjang, lebar dan tinggi atau sebuah karya yang mempunyai volume serta menempati ruangan. Dalam membuat sebuah karya seni masing-masing daerah di Indonesia mempunyai bahan serta media yang berbeda tergantung dengan lingkungan daerah tersebut. Hal ini juga berlaku pada seni rupa 3 dimensi, berikut adalah teknik yang biasa digunakan untuk membuat karya seni rupa 3 dimensi.

1. Teknik Aplikasi yaitu sebuah karya hias dalam seni menjahit dengan cara menempelkan berbagai guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti bunga, binatang atau bentuk lain pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

2. Teknik Mozaik adalah teknik membuat karya seni dengan cara menempel benda 3 dimensi yang ditata dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.

3. Teknik Merakit yaitu membuat sebuah karya dengan cara menyambung beberapa potongan bahan. Cara ini disebut dengan merakit, dan hasil karyanya disebut rakitan. cara menggabungkan bahan tersebut bisa dengan cara mengelas, dipatri, disekrup atau dengan cara lainnya.

4. Teknik Pahat adalah teknik membentuk suatu karya dengan membuang bahan yang tidak diperlukan. Cara pembuatannya bisa menggunakan alat martil, pahat, kikir. Biasanya bahan media yang digunakan adalah bahan keras seperti kayu, batu, gips dan lain-lain.

5. Teknik Menuang atau Cor yaitu karya seni yang dihasilkan dengan cara menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Setelah bahan cair tadi mengeras lalu dikeluarkan dari cetakan. Bahan cair yang digunakan biasanya dibuat dari semen, karet, logam atau gips.

(7)

Kriya

Sumber Gambar: kosakatania.wordpress.com

Seni Kriya adalah sebuah seni yang proses pembuatan karyanya menitik beratkan pada ketrampilan tangan untuk mengolah bahan baku menjadi bahan yang memiliki nilai guna dan juga nilai estestis. Kriya juga lebih sering mengikuti tradisi daripada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Kriya bisa berbentuk karya dari batu, tanah, logam, kain ataupun kayu.

Patung

Sumber Gambar: sylverhand.wordpress.com

(8)

Keramik

Sumber Gambar: yogyatrip.com

Seni keramik adalah salah satu cabang seni rupa yang mengolah keramik menjadi sebuah karya seni tradisional ataupun kontemporer. Kerajinan keramik sangat banyak dan mudah kita jumpai pada perabot rumah tangga seperti vas bunga, gucci dan lain-lain.

Anyaman

Kegiatan dalam seni yang satu ini adalah mengatur bahan dasar saling tindih atau menyilang. Bahan-bahan yang dipakai biasanya adalah bahan yang ringan, mudah dipindahkan, dan lentur (mudah dibentuk). Bahan dasar yang dipakai dalam kerajinan ini sangat beragam, bisa dari daun, bilahan bambu, kayu rotan, atau bisa juga bahan sintetis.

(9)

Kriya Logam

Seni kriya logam di negeri kita ini merupakan warisan budaya dari nenek moyang yang sudah mendarah daging. Sejak zaman dahulu, khususnya zaman pemerintahan yang masih berbentuk kerajaan, kriya jenis ini sudah banyak dipakai. Misalnya saja senjata untuk penjagaan kerajaan atau saat berperang, semuanya terbuat dari logam. Contoh senjata tersebut adalah keris, pedang, tombak, dan tameng. Ada juga alat-alat musik yang dibuat dari logam, seperti gong dan gamelan. Perabotan rumah tangga pun ada beberapa yang berbahan dasar logam.

Pada saat ini pun, penggunaan seni kriya logam sangatlah eksis. Tekstur yang padat dan kuat, membuat logam dipilih sebagai bahan dasar yang cocok untuk peralatan rumah tangga. Contoh peralatan dapur yang dimaksud adalah sendok, garpu, panci, wajan, dan pisau. Keberadaan hasil kriya logam tersebut sangat dibutuhkan di setiap rumah tangga.

Arsitektur

fajarindra.web.id

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...