PERANCANGAN WEBSITE TOKO ONLINE KEIZYA BABY SHOP DI BANTUL SEBAGAI MEDIA JUAL BELI ONLINE NASKAH PUBLIKASI

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PERANCANGAN WEBSITE TOKO ONLINE “KEIZYA BABY SHOP” DI

BANTUL SEBAGAI MEDIA JUAL BELI ONLINE

NASKAH PUBLIKASI

diajukan oleh

Budi Agung Setiawan

08.11.2347

kepada

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIKOM YOGYAKARTA

YOGYAKARTA

2013

(2)
(3)

ONLINE SHOP WEBSITE DESIGNING IN BANTUL AS BUYING AND SELLING ONLINE

PERANCANGAN WEBSITE TOKO ONLINE

“KEIZYA BABY SHOP“ DI BANTUL SEBAGAI MEDIA JUAL BELI ONLINE

Budi Agung Setiawan Ema Utami

Jurusan Teknik Informatika STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

ABSTRACT

Promotion of products that cause less sales rate decreased very significantly. Promotions should be done so that the sales increase. One way that the current trend is using a web-based information. With it is possible that sales are not merely local but can reach any remote area.

With web-based system contains all the sales information as information products to consumers who want to buy it. Sales transaction is done online so that consumers do not have to bother to come to the store.

Web design is supported by the programming language PHP with jQuery to make the web more interesting and seem comfortable. Macromedia Dreamweaver for basic design layout view, MAMP as a web application in the manufacture offline. MySQL for data storage and Google Chrome as a browser.

(4)

1. Pendahuluan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat tidak dapat dipungkiri memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi. Bagi perusahaan dan organisasi misalnya, telah menggunakan teknologi informasi sebagai modal untuk bersaing dengan kompetitor lainnya. Kelancaran di dalam berbisnis merupakan salah satunya.

Internet merupakan jaringan komputer luas dan besar yang mendunia. Internet telah menjadi suatu aset yang sangat berpengaruh dalam proses pemasaran di dalam dunia bisnis. Bahkan pada metode-metode pemasaran tradisional, seperti periklanan televisi, radio dan surat kabar telah memiliki web dan alamat email pribadi.

Website atau situs merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi data, teks, gambar, data animasi, suara, dan gabungan dari semuanya sehingga membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait dengan jaringan-jaringan halaman. Saat ini terdapat jutaan situs web di internet yang mencakup berbagai topik, pemasar dan pengembang usaha berlomba-lomba menampilkan situs perusahaan sebagai landasan pemasaran global. Salah satu pemasar yang jeli melihat peluang ini adalah Keizya Baby Shop.

Keizya Baby Shop adalah sebuah usaha yang menyediakan penjualan berbagai macam produk perlengkapan bayi. Hingga saat ini pemasaran yang dikembangkan oleh Keizya Baby Shop hanya sebatas brosur, pamflet, forum jual-beli dan social networking (facebook). Melihat peluang yang besar dari pemanfaatan website sebagai salah satu media pemasaran, maka Keizya Baby Shop memperkenalkan, memberikan informasi dan mempromosikan usaha yang telah dirintis ke dalam media yang lebih luas ke dalam sebuah website baru yang akan dibangun. Dengan demikian diharapkan strategi dan pemasaran akan berkembang sehingga mendorong peningkatan permintaan pasar terhadap barang maupun jasa yang disediakan oleh Keizya Baby Shop.

Berdasar masalah tersebut diatas, untuk dapat membuat perancangan website untuk Keizya Baby Shop sebagai sarana transaksi jual beli online, maka penulis selaku mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta, bermaksud melakukan penelitian Keizya Baby Shop dengan judul "Perancangan Website Toko Online “Keizya Baby Shop” Di Bantul Sebagai Media Jual Beli Online”.

2. Landasan Teori 2.1 Konsep Dasar Sistem

Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel-variabel yang saling terorganisasi, saling interaksi, dan saling bergantung sama lainnya.

(5)

2.2 Konsep Dasar Informasi

Menurut Davis (1955) yang disadur oleh Hanif Al Fatta (2007, hal. 9) menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

2.3 Konsep Dasar Promosi

Menurut Saladin (2003) yang disadur oleh Fredy Rangkuti (2009, hal. 49) menyatakan bahwa promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan meningkatkan tentang produk perusahaan1.

2.4 Pengertian Internet

Menurut Yuhefizar (2008, hal. 2), internet adalah rangkaian hubungan jaringan komputer yang dapat diakses secara umum di seluruh dunia, yang mengirimkan data dalam bentuk paket data berdasarkan standar Internet Protocol (IP).

2.5 Pemrograman Web

Client Side Scripting adalah suatu bahasa scripting yang aplikasinya langsung

diterjemahkan di komputer client melalui engine khusus yaitu web browser2.

2.6 Server Side Scripting

Server Side Scripting merupakan suatu bahasa scripting yang dalam

menterjemahkan skripnya dilakukan di server web, kemudian hasilnya baru dikirimkan ke

browser web dalam bentuk HTML3.

2.7 Konsep Pemodelan Sitem

Menurut Al Fatta (2007, h. 105), pemodelan proses adalah cara formal untuk menggambarkan bagaimana suatu bisnis dapat beroperasi. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mempresentasikan proses model. Data flow diagram (DFD) menjadi salah satu yang paling populer.

1

Rangkuti, Fredy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus – Integrated Marketing Communications. Jakarta. Gramedia.

2

Tim LPK Wahana Semarang. 2002. Panduan Aplikatif Pengembangan Web Berbasis ASP. Yogyakarta. Andi Offset

3

Tim LPK Wahana Semarang. 2002. Panduan Aplikatif Pengembangan Web Berbasis ASP. Yogyakarta. Andi Offset

(6)

2.8 Konsep Basis Data

Menurut Kusrini (2007, h. 2), basis data adalah kumpulan data yang saling berelasi atau kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi kebutuhan.

2.9 Software-Software yang digunakan

Software-software yang digunakan antara lain Adobe Photoshop CS 5,Macromedia Dreamweaver, Web Browser, dan MAMP.

3. Analisis dan Perancangan 3.1 Gambaran Umum

Keizya Baby Shop merupakan sebuah badan usaha kecil dan menengah yang bergerak di bidang penjualanalat-alat kebutuhan bayi seperti pakaian, celana, aksesoris dll. Keizya Baby Shop berada di jalan Sultan Agung Kweden RT 03 Trirenggo Bantul, Yogyakarta.

3.2 Analisis

3.2.1 Analisis Kelemahan Sistem 3.2.1.1 Definisi Masalah

Usaha Keizya Baby Shop menggunakan sistem penjualan yang masih mengandalkan penjualan secara tradisional, yaitu pembeli datang ke toko untuk membeli produk.Sistem ini mengandalkan pada pelaksanaan pelayanan yang mengutamakan tatap muka dengan pembeli serta pencatatan penjualan yang lebih mengutamakan ketelitian dan pengamatan yang tepat. Dalam proses ini lebih mengedepankan manusia sebagai tumpuan utama pelaksanaanya. Dengan demikian, apabila manusia sebagai pelaksana melakukan kesalahan dalam satu titik saja maka akan berakibat buruk dan menimbulkan ketidakefektifan dalam pelaksanaan kerja yang juga akan mengakibatkan menurunnya citra perusahaan serta terhambatnya pencapaian tujuan perusahaan.

3.2.1.2 Analisis Pieces

1. Analisis Kinerja (Performance)

Analisis kinerja (performance) adalah kemampuan menyelesaikan tugas bisnis dengan cepat sehingga sasaran segera tercapai.

2. Analisis Informasi (Information)

Informasi merupakan komoditas krusial bagi pengguna akhir maupun pihak manajemen usaha.

(7)

3. Analisis Ekonomi (Economy)

Analisis ekonomi (economy) adalah penilaian sistem dalam pengurangan dan keuntungan yang akan didapatkan dari sistem yang akan dikembangkan.

4. Analisis Keamanan (Control)

Sistem keamanan yang digunakan harus dapat mengamankan data dari kerusakan, misalnya dengan autentifikasi melalui credentials seperti nama pengguna dan kata sandi.

5. Analisis Efisiensi (Eficiency)

Berhubungan dengan sumber daya yang ada guna meminimalkan pemborosan efisiensi dari sistem yang dikembangkan atau dibuat adalah pemakaian secara maksimal atas daya yang meliputi manusia, informasi, waktu, uang, peralatan, ruang dan keterlambatan pengolahan data.

6. Analisis Layanan (Service)

Perkembangan suatu usaha atau perusahaan maupun organisasi dipicu peningkatan pelayanan yang lebih baik. Peningkatan pelayanan terhadap sistem yang dikembangkan akan memberikan akurasi dalam pengolahan data dan mampu mengkoordinasi aktifitas untuk mencapai tujuan dan sasaran.

3.2.2 Analisis Kebutuhan Sistem

3.2.2.1 Analisis Kebutuhan Sistem Fungsional

Terdiri dari analisis kebutuhan administrator, user dan pengunjung.

3.2.2.2 Analisis Kebutuhan Sistem Non Fungsional

Terdiri dari operasional, keamanan, informasi, dan kinerja.

3.2.3 Analisis Kelayakan Sistem 3.2.3.1 Analisis Kelayakan Teknologi

Sistem ini secara teknis sangat layak karena SDM pegawai Keizya Baby Shop sering memakai teknologi komputer.

3.2.3.2 Analisis Kelayakan Operasional

Sistem ini dapat menyelesaikan masalah penggunaan sistem selama ini, yaitu transaksi penjualan yang biasa dilakukan dengan tatap muka dan terbatas oleh ruangdan waktu maka dengan sistem ini transaksi penjualan dapat dilakukan secara elektronik dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

(8)

3.2.3.3 Analisis Kelayakan Hukum

Sistem publikasi yang ada pada system informasi penjualan berbasis web ini tidak melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.

3.2.3.4 Analisis Biaya dan Manfaat

Sebelum sistem ini dikembangkan, maka perlu dihitung

kelayakanekonomisnya.Teknik untuk menilai hal ini disebut dengan analisis biaya/keuntungan (cost/benefit).

3.3 Perancangan Sistem

3.3.1 Perancangan Pemodelan Proses

Pemodelan proses merupakan suatu teknik pengorganisasian dan pendokumentasian struktur dan aliran data dalam proses sistem dan atau logika,kebijakan-kebijakan, prosedur-prosedur yang akan diimplementasikan oleh suatu proses sistem.

3.3.1.1 Flowchart

Flowchart atau bagan alir sistem (system flowchart) merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.

3.3.1.2 DFD

Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu network yang menggambarkan suatu sistem automat atau komputerisasi, manualisasi atau gabungan dari keduanya,yang pengambarannya disusun dalam bentuk kumpulan komponen sistem yang saling berhubungan sesuai dengan aturan mainnya.

3.3.2 Perancangan Basis Data 3.3.2.1 Normalisasi

Proses normalisasi merupakan proses pengelompokan data elemen menjadi tabel yang menunjukkan entity dan relasinya.

(9)

3.3.2.2 Relasi Antar Tabel

Gambar Relasi Antar Tabel

3.3.3 Rancangan Antarmuka

Perancangan antarmuka yang dimaksud adalah rancangan desain antarmuka untuk masukan (input) data dari admin dan user serta desain antarmuka untuk keluaran (output) pada Keizya Baby Shop Di Bantul.

3.3.3.1 Antarmuka(Interface)

Pengunjung Publik Rancangan halaman untuk publik digunakan bagi user (konsumen) untuk melihat informasi mengenai Keizya Baby Shop Di Bantulserta melakukanpemesanan online.

3.3.3.2 Antarmuka(Interface) User

Rancangan halaman user (konsumen) digunakan bagi user yang telah registrasi akun di Website Keizya Baby Shop Di Bantul.

3.3.3.3 Antarmuka(Interface) Administrator

Rancangan halaman admin digunakan untuk melakukan insert, update dan delete pada sistem penjualan Keizya Baby Shop Di Bantul.

4. Implementasi

4.1 Implementasi Perancangan Database

Sistem website Keizya Baby Shop Di Bantul ini menggunakan “dtoko” sebagai nama database.

(10)

4.1.2 Implementasi Perancangan Form

Implemenasi perancangan form pada edit ubah password, form edit akun, form konfirmasi pemesanan, form login kustomer, form login admin, form ganti password, form pendaftaran.

4.2. Uji Coba Sistem

Uji coba sistem dan progrma dalam pembuatan website Keizya Baby Shop Di Bantul ini dilakukan dengan pengetesan fungsi dan logika yang telah diberikan padamasing-masing program, apakah masih ada kesalahan atau tidak. Dengan menjalankan program dapat dideteksi kesalahan yang ada dan fungsi-fungsi yang tidak sesuai. Pesankesalahan akan muncul di browser ketika ada sintaks yang tidak benar.

4.2.1 White Box Testing

White Box Testing lebih mengacu pada pengujian yang dilakukan terakhir kali sebelum sistem diimplementasikan. Strategi ini digunakan untuk melihat mekanismeinternal dari suatu produk perangkat lunak, khususnya untuk mengamati struktur dan logika kode-kode program yang ditulis. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara meninjaulangsung kode program (source code) yang ditulis dalam membangun perangkat lunak. Termasuk di dalamnya komponen-komponen berupa fungsi (function), prosedur(procedure) ataupun modul-modul eksternal yang digunakan.

4.2.2 Black Box Testing

Pengujian Black Box Testing berfokus pada fungsi sistem, tentang kesalahan interface, fungsi, basis data atau kesalahan kinerja sistem. Pengujian ini dilakukanterhadap seluruh modul yang ada, untuk mencari kesalahan, sehingga apabila ditemukan kesalahan bisa dilakukan perbaikan.

4.3 Manual Instalasi

Dalam manual instalasi berikut akan dijelaskan secara singkat bagaimana aplikasi toko online ini dapat dijalankan. Untuk menginstall aplikasi toko online inidibutuhkan sebuah hosting, minimal shared hosting, agar dapat mengupload file script ke server. Instalasi hosting juga dapat dilakukan oleh pihak pemilik atau penyedia jasahosting. Setelah pembelian nama domian, maka diperlukan setting DNS (Domain Name System). DNS biasanya disediakan oleh pihak hosting. DNS akan berupa sepertins1.domain.com dan ns2.domain.com.

Jika setting DNS nama domain telah selesai, maka domain otomatis terhubung dengan server, dan akses kepada server hosting akan dapat dilakukan

(11)

denganmengetikan nama domain di address bar browser. Untuk mengupload file script PHP, CSS, dan Image, dapat dilakukan dengan menggunakan FTP (File Transfer Protocol)yang dapat dibantu dengan software Filezilla.

4.4 Manual Program

4.4.1 Halaman Utama Pengunjung

Pada saat pengunjung pertama kali masuk ke website Keizya Baby Shop Di Bantul maka akan masuk ke halaman utama website (halaman index). Pengunjung dapatmengakses beberapa menu diantaranya menu cara pembelian, hubungi kami, galeri foto, profil, compare produk, katalog produk dan menu konfirmasi.

4.4.2 Halaman Utama Kustomer

Pada saat kustomer atau pelanggan mengakses website Keizya Baby Shop maka akan muncul halaman utama atau halaman index dari website.Kustomer dapat mengakses seluruh menu yang ada pada pengunjung ditambah dengan menu utama user/kustomer .

4.4.3 Halaman Utama Admin

Pada saat admin mengakses login dari admin website maka akan muncul halaman utana dari page admin website itu sendiri.

4.5 Pemeliharaan Sistem

Pemeliharaan sistem merupakan faktor atau point yang penting dalam perangkat lunak terlebih website. Pemeliharaan sistem dilakukan agar kinerja websitedapat berjalan dengan baik dan menghindari kehilangan-kehilangan data-data maupun informasi yang penting seperti dengan melakukan backup database. Namun tidak hanyaitu, perkembangan website harus ada inovasi dan pembenahan sistem untuk menghadapai data-data baru maupun kejenuhan user dalam menggunakan website.Sehingga selain memelihara sistem yang baru, alangkah baiknya developer website juga melakukan pembaruan sistem secara berkala.

Mekanisme pemeliharan sistem secara teknis dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Backup Data

Dengan melakukan backup data secara rutin, karena sistem website masih dalam skala kecil, waktu untuk melakukan backup data dapat dilakukan misalnya 1 atau2 bulan sekali.

(12)

2. Inovasi Sistem

Inovasi dapat dilakukan pada tampilan, penambahan fitur website dan keamanan sistem.

5. PENUTUP 5.1 Kesimpulan

Berdasarkan pembahasa yang ada pada halaman sebelumnya dengan adanya penelitian pada Keizya Baby Shop dan pembuatan laporan skripsi denganjudul “Perancangan Website Toko Online”Keizya Baby Shop” Di Bantul Sebagai Media Jual Beli Online” dapat ditarik kesimpulan yaitu:

1. Untuk menganalisa sebuah website agar dapat menjadi media jual beli online pada Keizya Baby Shop Di Bantul diperlukan analisis terhadap sistem lama dengananalisis sistem baru yang akan dibuat. Analisa tersebut dilihat dari beberapa aspek (kinerja, informasi, ekonomi, keamanan, efisiensi dan layanan). Analisa dimulai darimeneliti masalah yang ada pada sistem lama yang akan menjadi koreksi atau diperbaiki pada sistem baru yang akan dibuat.

2. Untuk merancang toko online yang dinamis dan mudah dikelola sehingga memberikan dampak positif untuk Keizya Baby Shop Di Bantul diperlukan analisa terhadapkebutuhan pengguna baik dari pengunjung(kustomer) maupun admin sebagai pengelola website. Perancangan website(tampilan) yang menarik ataupun mudah digunakan(friendly) juga memberikan faktor penting di dalam pembuatan website.

5.2 Saran

Mengingat tidak ada yang sempurna di dunia ini, disadari sepenuhnya skripsi ini masih banyak kekurangan sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat diharapkan.Kiranya skripsi ini dengan segala kelebihan dan kekurangan dapat diterima sehingga memberikan manfaat bagi pembaca.

Beberapa saran yang dapat diberikan penulis untuk proses pelaksanaan pengembangan aplikasi website selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Pemeliharaan sebaiknya dilakukan secara rutin misalnya backup data 1 bulan sekali. 2. Pengembangan website dalam hal inovasi baik dari tampilan maupun penambahan

fitur sesuai dengan teknologi yang sedang berjalan.

3. Agar situs lebih banyak dikunjungi maka perlu dioptimalkan lagi Search Engine Optimization.

4. Dalam membangun sebuah sistem terutama website, keamanan data menjadi faktor terpenting sehingga perlu perhatian lebih dalam aspek ini.

(13)

DAFTAR PUSTAKA

Al Fatta, H. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi Offset

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Media Kita

Darma, Jarot S. Shenia A. 2009. Buku Pintar Menguasai Internet. Jakarta: Media Kita Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori

dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset

Kristianto, Harianto. 1994. Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi Offset Kusrini 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data.

Yogyakarta: Andi Offset

Rangkuti, Fredy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus – Integrated Marketing Communications. Jakarta: Gramedia

Sunyoto, Andy. 2007. Ajax: Membangun Web dengan Teknologi Asynchronous Java Script dan XML. Yogyakarta: Andi Publisher

Sutabri, Tata. 2009. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher

Tim LPK Wahana Semarang. 2002. Panduan Aplikatif Pengembangan Web Berbasis ASP. Yogyakarta: Andi Offset

Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet, Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: Elex Media

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :