SKRIPSI. Diajukan Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh. Gelar Sarjana Hukum Pada Fakultas Hukum. Universitas Jenderal Soedirman.

Teks penuh

(1)

i

PENERAPAN PASAL 8 AYAT 1 HURUF J JO. PASAL 62 AYAT 1 UNDANG - UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PUTUSAN PENGADILAN

NEGERI JAKARTA PUSAT NO : 906/PID.B/2011/PN.JKT.PST.

SKRIPSI

Diajukan Untuk memenuhi Salah Satu Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Hukum Pada Fakultas Hukum

Universitas Jenderal Soedirman

Oleh :

TALENTA GILANG SIDIK. P E1A007189

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

FAKULTAS HUKUM PURWOKERTO

(2)

ii

PENERAPAN PASAL 8 AYAT 1 HURUF J JO. PASAL 62 AYAT 1 UNDANG - UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PUTUSAN PENGADILAN

NEGERI JAKARTA PUSAT NO : 906/PID.B/2011/PN.JKT.PST.

Oleh :

TALENTA GILANG SIDIK. P E1A007189

Untuk memenuhi salah satu persyaratan memperoleh gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum

Universitas Jenderal Soedirman

Isi dan Format telah Diterima dan disetujui Pada tanggal Februari 2013

Pembimbing I

Hj. Rochani Urip S, S.H., M.S. NIP.19520603 198003 2 001

Pembimbing II

I.Ketut Karmi N, S.H., M.Hum. NIP.1961 0520 198703 1 001

Penguji

Suyadi, S.H., M.Hum. NIP.1961 1010 198703 1 001

Mengetahui, Dekan Fakultas Hukum

UNSOED

Dr. Angkasa, S.H., M.Hum. NIP. 19640923 198901 1 001

(3)

iii

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : TALENTA GILANG S. P

NIM : E1A007189

Menyatakan bahwa Skripsi yang berjudul :

PENERAPAN PASAL 8 AYAT 1 HURUF J JO. PASAL 62 AYAT 1 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PUTUSAN PENGADILAN

NEGERI JAKARTA PUSAT NO : 906/PID.B/2011/PN.JKT.PST. Yang saya buat ini adalah betul-betul hasil karya sendiri, tidak menjiplak hasil karya orang lain, maupun dibuatkan oleh orang lain.

Apabila dikemudian hari ternyata terbukti saya melakukan pelanggaran sebagaimana tersebut di atas, maka saya bersedia dikenakan sanksi apapun dari Fakultas, termasuk pencabutan gelar Sarjana Hukum ( S.H ) yang saya sandang.

Purwokerto, Februari 2013

TALENTA GILANG SIDIK. P NIM. E1A007189

(4)

iv

HALAMAN PERSEMBAHAN

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, kupersembahkan karya kecilku ini untuk orang-orang yang kusayangi :

1. Buat kedua orang tuaku ( Suratman & Enny Budi S ) yang selama ini telah memberikan motivasi, semangat dan kasih sayang yang begitu besar serta yang tak jemu terus mendoakan dan memberikan pengorbanan dan kesabaran hingga mengantarku sampai kini.

2. Buat kedua adikku ( Giri Yudhie H & Dina Mardika K.P ) yang selama ini telah memberikan semangat dan kasih sayang serta terus mendoakanku.

3. Buat Keluarga Besar Pekalongan ( Suratno ), yang selama ini telah memberikanku nasihat yang terus memacu supaya aku dapat mudah dalam menjalani segala rintangan dan hambatan.

4. Buat Keluarga Besar Tomang ( Bagiyo ), terimakasih untuk semua yang telah menyemangatiku untuk dapat menyelesaikan kuliahku serta

memberikanku masukan-masukan yang berguna dalam aku

menghadapi setiap kendala dan hambatan yang aku alami.

5. Buat Dinda ( Anna Rizdawidjayanti ) terimakasih karena selama ini telah memberikanku pengertian yang begitu besar serta tak henti-hentinya terus menyemangati aku.

Buat Sahabat-sahabatku ( Dytto & Iren ) terimakasih sahabat-sahabatku atas segala masukan-masukan serta bantuan-bantuan dalam aku mengerjakan skripsiku, tanpa kalian aku tidak akan terbantu.

Buat teman-teman seperjuanganku ( Khusnul, Nilla, Dhimas, Angger, Cacha, Oki, Ayu, Candra, Ilham, Gehan, Juriko, Desi, Erlindha, Anna, Pipin, Adina serta anak Parkiran Bawah, dll ) Terima Kasih teman-teman karena telah memberikanku semangat serta masukan-masukan dan bantuan-bantuan dalam menghadapi setiap kendala dalam penyusunan skripsi ini, sekali lagi terima kasih teman-teman.

(5)

v

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah S.W.T setelah melalui proses yang panjang, melelahkan dan menjemukan akhirnya skripsi dengan judul “PENERAPAN PASAL 8 AYAT HURUF J JO. PASAL 62 AYAT 1 UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT NO : 906/PID.B/2011/PN.JKT.PST.” telah terselesaikan. Skripsi ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Hukum ( S.H. ) di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Sebagai manusia yang masih harus banyak belajar, penulis sadar bahwa penulisan skripsi ini tidak akan terselesaikan tanpa bantuan dan dukungan, baik secara moril maupun materiil dari berbagai pihak. Oleh karenanya dengan segala hormat, penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Dr. Angkasa, S.H., M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.

2. Bapak Edy Waluyo, S.H., M.H. selaku Ketua Bagian Hukum Keperdataan yang telah berkenan meluangkan waktu untuk konsultasi dan berdiskusi dengan penulis mengenai judul skripsi yang akan diambil.

3. Ibu Hj. Rochani Urip Salami, S.H., M.S. selaku Dosen Pembimbing Skripsi I atas segala wawasan, saran, nasihat, dan perbuatan yang telah

(6)

vi

diberikan kepada penulis, sehingga penulis selalu terpacu untuk bangkit dan berpikir lebih baik.

4. Bapak I.Ketut Karmi. N, S.H., M.Hum. selaku Dosen Pembimbing Skripsi II atas segala perhatian, saran, masukan dan nasihatnya yang telah diberikan kepada penulis selama ini sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini.

5. Bapak Suyadi, S.H., M.H. selaku Dosen Penguji atas segala masukan ketika seminar yang telah diberikan kepada penulis.

6. Bapak Supriyanto, S.H., M.H. selaku Dosen Pembimbing Akademis yang telah memberikan masukan dan motivasi untuk tetap berproses dalam pencarian ilmu.

7. Seluruh dosen, staf dan karyawan Civitas Akademis Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.

8. Pihak – pihak lain yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Akhir kata semoga skripsi ini dapat memberikan motivasi kepada pembaca maupun pihak lain yang membutuhkan. Amien.

Purwokerto, Februari 2013

(7)

vii ABSTRAK

PENERAPAN PASAL 8 AYAT 1 HURUF J JO. PASAL 62 AYAT 1 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PUTUSAN PENGADILAN

NEGERI JAKARTA PUSAT NO : 906/PID.B/2011/PN.JKT.PST. Oleh :

TALENTA GILANG SIDIK. P

Perkembangan kebutuhan masyarakat akan teknologi pada saat ini meningkat dengan sangat pesat. Hal ini dikarenakan kebutuhan teknologi merupakan kebutuhan yang dapat meningkatkan status sosial masyarakat pada lingkungannya. Oleh karena itu menyebabkan para pelaku usaha bersaing untuk melakukan kegiatan usaha dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya kebutuhan teknologi serta untuk mendapatkan keuntungan. Namun dengan adanya persaingan usaha ini menimbulkan kendala yaitu banyaknya pelaku usaha yang melakukan perbuatan sewenang-wenang dalam melakukan kegiatan usahanya yang mengakibatkan kerugian yang akan diderita oleh konsumen, dalam hal ini adalah masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pasal 8 ayat 1 Huruf J Jo. Pasal 62 ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang menyatakan tentang “Perbuatan yang Dilarang Bagi Pelaku Usaha” khususnya dalam hal “Memproduksi dan / atau memperdagangkan barang dan / atau jasa yang tidak mencantumkan Informasi dan / atau petunjuk penggunaan barang dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.” Yang dilakukan oleh kedua terdakwa yaitu RANDY LESTER SAMUSAMU dan DIAN YUDHA NEGARA.

Metode yang digunakan adalah Yuridis Normatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa menunjukkan bahwa kedua terdakwa tersebut tidak memenuhi unsur sebagai pelaku usaha dan tidak memiliki kemampuan memproduksi barang serta perbuatan memperdagangkan yang dilakukan hanya bersifat insidentil, kasuistis dan bukan merupakan kegiatan yang sifatnya rutinitas, serta terkait dengan barang yang diperdagangkan yaitu IPAD tidak termasuk ke dalam 45 produk telematika yang wajib dilengkapi dengan petunjuk penggunaan ( manual ) dan kartu jaminan / garansi berbahasa Indonesia, sehingga penerapan Pasal 8 ayat 1 huruf J Jo. Pasal 62 ayat 1 tersebut tidak sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu.

Kata Kunci : Pelaku usaha, Perbuatan yang Dilarang, Memproduksi,

(8)

viii ABSTRACT

Growth of requirement of society will be technological at the moment mount fast considerably.This matter because requirement of technological represent requirement of which can improve social status society its environment. Therefore cause perpetrator of effort competing to do business activity as a mean to fulfill requirement of society specially requirement of technological and also to get profit. But with existence of emulation of this effort generate constraint that is to the number of perpetrator of effort have done arbitrary deed in doing its business activity which result loss to be suffered by consumer, in this case is society.

This research aim to know Applying Section 8 article 1 Letter J Jo. Section 62 article 1 Law Number 8 Year 1999 About Consumerism which express about "Prohibited deed To Perpetrator of Effort" specially in the case of " Producing and / or commercialize goods and / or service which don’t mention Information and / or guide of usage of goods in Indonesian pursuant to legislation going into effect." Which done by both defendant that is RANDY LESTER SAMUSAMU and DIAN YUDHA NEGARA.

Method the used is Yuridis Normatif. Pursuant to result of analysis and research indicate that both the defendant don’t fulfill element as perpetrator of effort and don’t have ability produce goods and also deed commercialize which is done only having the character of insidentil, kasuistis and not such a activity which in character rutinitas, and also related to commercialized goods that is IPAD don’t the including into 45 product of telematika which is obliged to provide with guide of usage ( manual ) and guarantee card / warranty have Indonesian, so that applying Section 8 article 1 letter of J Jo. Section 62 the article 1 disagree with decision District Court Of Jakarta Center that.

Key Words : Perpetrator of effort, Prohibited deed, Producing,

(9)

ix

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

SURAT PERNYATAAN ...iii

HALAMAN PERSEMBAHAN ... iv KATA PENGANTAR ... v ABSTRAK ... vii ABSTRACT ...viii DAFTAR ISI ... ix BAB 1. PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Perumusan Masalah ... 8

C. Tujuan Penelitian ... 8

D. Kegunaan Penelitian... 9

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA ... 10

A. Hukum Perlindungan Konsumen ... 10

1. Perlindungan Konsumen pada umumnya ... 10

(10)

x

3. Asas Perlindungan Konsumen ... 14

4. Hak dan Kewajiban Konsumen ... 15

5. Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha ... 18

6. Perbuatan yang Dilarang bagi Pelaku Usaha ... 20

B. Telekomunikasi ... 28

1. Pengertian Telekomunikasi ... 28

2. Alat Telekomunikasi ... 32

3. Syarat-syarat Perdagangan Telekomunikasi ... 33

C. Hukum Pidana ... 35

1. Pengertian Hukum Pidana ... 35

2. Perbuatan Pidana ... 38

3. Penyertaan ... 42

BAB III. METODE PENELITIAN ... 45

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 48

BAB V. PENUTUP ... 87

A. Simpulan ... 87

B. Saran ... 88

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :