• Tidak ada hasil yang ditemukan

IMPLIKASI POLITIK AKIBAT EMBARGO EKONOMI AMERIKA SERIKAT TERHADAP PEMERINTAHAN FIDEL CASTRO. Chastry Ertika Fatmawaty Tobing

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "IMPLIKASI POLITIK AKIBAT EMBARGO EKONOMI AMERIKA SERIKAT TERHADAP PEMERINTAHAN FIDEL CASTRO. Chastry Ertika Fatmawaty Tobing"

Copied!
9
0
0

Teks penuh

(1)

IMPLIKASI POLITIK AKIBAT EMBARGO EKONOMI AMERIKA SERIKAT TERHADAP PEMERINTAHAN FIDEL CASTRO

Chastry Ertika Fatmawaty Tobing 090906043

Dosen Pembimbing : Dr. Heri Kusmanto, MA

Dosen Pembaca : Dra. Evi Novida Ginting, M.SP

DEPARTEMEN ILMU POLITIK FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

2014

(2)

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DEPARTEMEN ILMU POLITIK

CHASTRY ERTIKA FATMAWATY LUMBANTOBING (090906043)

IMPLIKASI POLITIK AKIBAT EMBARGO EKONOMI AMERIKA SERIKAT TERHADAP PEMERINTAHAN FIDEL CASTRO

Rincian isi Skripsi xi, 81 halaman, 29 buku, 1 artikel, 1 jurnal, 3 situs internet. (Kisaran buku dari tahun 1956-2007)

ABSTRAK

Penelitian ini mencoba menguraikan tentang implikasi politik akibat embargo ekonomi yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap pemerintahan Fidel Castro periode 1959-2006. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana implikasi politik yang terjadi pada pemerintahan Kuba saat Fidel Castro menjadi kepala negara. Dijelaskan mulai dari sejarah Kuba di kawasan Amerika Latin dan perlawanan mula-mula dari rakyat Kuba dalam menghadapi kaum penjajah yakni Spanyol dan Amerika Serikat. Dijelaskan juga mengenai bagaimana hubungan antara Amerika Serikat dengan Kuba yang berkaitan dengan embargo ekonomi, deskripsi mengenai sebab-sebab munculnya dan proses embargo ekonomi tersebut.

Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari buku-buku, artikel, jurnal, dan situs-situs internet. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan memberikan penjelasan, menggambarkan, dan meringkaskan suatu gejala yang menggungkapkan fakta untuk dianalisa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Dengan menggunakan bahan kepustakaan yang menjasi bahan utama dalam penelitian ini.

Teori yang digunakan untuk menjelaskan permasalahan tersebut adalah teori impikasi politik mengenai legitimasi kekuasaan oleh Johanes Winckelmaan dan Weber, teori embargo yang menjelaskan apa yang melatarbelakangi tindakan embargo tersebut dan teori politik luar negeri yang menjelaskan mengenai hubungan Kuba baik dengan Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. Berusaha menjelaskan bagaimana suatu tindakan ekonomi mempengaruhi segi politik suatu pemerintahan yang mampu bertahan dengan segala cara dan takti dari pemimpin negara yakni Fidel Castro.

Menjelaskan bagaimana awal permusuhan yang terjadi antara Amerika Serikat dan Fidel Castro yang merupakan awal dari embargo ekonomi. Politik yang dijalankan oleh Fidel Castro saat memerintah Kuba mempengaruhi segala

(3)

kebijakannya yang kontra terhadap Amerika Serikat. Kuba sebuah negara berkembang mampu bertahan dibawah pimpinan Fidel Castro walau segala tindakan isolasi telah ditujukan kepada negara tersebut.

(4)

UNIVERSITY OF NORTH SUMATRA

FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE DEPARTMENT OF POLITICAL SCIENCE

CHASTRY ERTIKA FATMAWATY LUMBANTOBING (090906043) POLITICAL IMPLICATIONS AS A RESULT OF THE UNITED STATES ECONOMIC EMBARGO AGAINST FIDEL CASTRO’S GOVERNMENT Contents: xi, 81 pages, 29 books, 1 article, 1 journal, 3 websites.

(Publication1956-2007)

ABSTRACT

This study tried to describe the political implications as a result of the economic embargo by the United States against Fidel Castro's government period 1959-2006 . The purpose of this study is to explain how the political implications of the current Cuban government of Fidel Castro became head of state. Explained ranging from the history of Cuba in Latin America and the early resistance of the Cuban people in the face of the Spanish colonizers and the United States. He also explained about how the relationship between the United States relating to the Cuban economic embargo, a description of the reasons for and the process of the economic embargo.

The data used in this study derived from books, articles, journals and Internet sites. The analytical method used in this research is descriptive research method by providing an explanation, describing, and summarizing a symptom menggungkapkan facts to be analyzed. This research is library research. By using the literature that womanly main ingredient in this study.

The theory used to explain the problems is the theory of the legitimacy of political impikasi by John Winckelmaan and Weber, embargo theory that explains what lies behind the embargo act of foreign policy and theories explaining the Cuban relations with the United States and other countries . Trying to explain how an action affects the economy in terms of politics of a government that is able to survive by all means and tactics from Fidel Castro the leader of the country.

Explain how that happened early hostility between the United States and Fidel Castro that was the beginning of the economic embargo. Politics is run by Fidel Castro ruled Cuba currently affects all policies that counter the United States.Cuba survived a developing country under the leadership of Fidel Castro despite all insulation measures have been addressed to the country.

Keywords: political implications as a result of the economic embargo, Fidel Castro

(5)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yesus Kristus karena oleh berkat dan anuhgerah-Nya, skripsi yang bejudul “Implikasi Politik Akibat Embargo Ekonomi Amerika Serikat Terhadap Pemerintahan Fidel Castro” ini dapat selesai sebagaimana adanya. Penulis sadar bahwa skripsi ini dapat selesai bukan karena kekuatan yang penulis miliki, namun itu semua karena kasih karunia dan pertolongan-Nya. Skipsi ini ditujukan untuk memenuhi syarat menempuh ujian akhir Strata-I, jurusan Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara Medan.

Dari proses penulisan sampai dengan penyelesaian skripsi ini, tidak lepas dari dorongan semangat, dukungan, tegur sapa, masukan, dan bimbingan, utamanya yang terkait langsung dengan diri penulis, untuk itu perkenankan penulis mengucapkan banyak terimakasih dengan iringan doa kepada semua pihak.

Ucapan terima kasih penulis tujukan kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Badaruddin, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) USU.

2. Ibu Dra. T. Irmayani, M.Si selaku Ketua Departemen Ilmu Politik FISIP USU, yang telah memberikan banyak masukan kepada penulis dalam penulisan skripsi ini.

3. Bapak Dr. Heri Kusmato, MA selaku dosen pembimbing, yang telah banyak memberikan saran, kritik, motivasi dan waktunya untuk membimbing penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dan juga kepada Ibu Dra. Evi Novida Ginting, M.SP selaku dosen pembaca, yang begitu banyak memberikan masukan dan gagasan kepada saya dalam penyusunan skripsi ini.

4. Teristimewa kepada kedua orang tua penulis, Bapak Sahat Lumbantobing dan Ibu Mindo Siahaan yang selalu memberikan saya semangat baik secara moril maupun materil, dan tiada bosan-bosannya mengawasi perkembangan skripsi saya dari awal sampai akhir. Semua yang telah saya raih sampai detik ini, semua karena doa dan dukungan yang kalian berikan. Saya bukanlah anak terbaik di dunia tapi saya beruntung mempunyai orangtua yang terbaik didunia. Kebahagiaan yang sempurna

(6)

untuk seorang anak tak henti kalian berikan kepada saya dan segala cinta serta usaha yang terbaik dari saya hanya untuk kalian.

5. Ketiga abang saya, Charles Lumbantobing (teriring cinta dan doa buat abang sampai kapanpun selalu dihati kami),Chandra Lumbantobing, S.Pd dan Chafri Lumbantobing, terimakasih buat semangatnya superbro  semoga kita dapat saling berbagi dan saling menguatkan. Untuk Keluarga Besar Lumbantobing dan Siahaan, terimakasih buat doa dan dukunganya. 6. Untuk Keluarga Besar Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu

Politik Universitas Sumatera Utara, terutama angkatan 2009, kak Elisa, Lenni, Dhea, Nining, Indah, Alex, Samran, Andy, Angel, Jul, Rita, Evi, Friska, dan semua kawan-kawan lainnya (sukses milik kita, semangat!!). 7. Untuk sahabat-sahabat terbaik saya Jimmy Comanndo Sinaga, Tryedo

Pinem, Leonard Varera, Ian Pasaribu, Novi Hariani, Meilyska Purba (terimakasih buat tahun-tahun terbaiknya, maaf ya uda sering ngerepotin kalian, sampai kapanpun kita akan tetap KITA, I love you ), Nelly Kembaren, S.Kom (semangat merantaunya nenel, semoga smua impian kita berhasil ya…), Kak Wistin Monica Gulo, S.Sos (sukses karirnya kakak, serasa kandung ya..),Virnha Ardila Amd, Friska Siringo-ringo S.Pd, Manuella Butar-butar S.Pd, (semangat sukses, jalan kita?hihi..). Untuk orang-orang yang pernah menjadi bagian hidup saya dan yang akan mengisi kehidupan saya, saya ucapkan terimakasih dan syukur untuk kehadiran mereka.

8. Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara, Keluarga Besar Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, saya hanturkan banyak terimakasih atas fasilitas dan buku-buku yang disediakan.

9. Untuk semua pihak yang telah membantu penulis baik dari segi moril maupun materil dalam penyusunan skripsi ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih, mohon maaf jika saya tidak bisa sebutkan nama satu persatu dikarenakan keterbatasan saya, tapi rasa hormat dan terimakasih saya ucapkan dengan setulusnya.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan baik dalam pengolahan data, serta penyajiannya. Penulis berharap penelitian ini dapat bermanfaat bagi para pembaca walaupun terdapat banyak kekurangan dalam penulisan. Oleh karena itu, penulis sangat terbuka untuk menerima kritik dan saran perbaikan skripsi ini.

(7)

Akhir kata, penulis mengucapkan banyak terimakasih bagi semua pihak yang telah memberi bimbingan, masukan, bantuan, dn dukungan selama proses pengerjaan sehingga skripsi ini dapat diselesaikan.

Medan, 22 Desember 2013

(8)

DAFTAR ISI ABSTRAK ... i ABSTRACT ... iii HALAMAN PERSETUJUAN ... v KATA PENGANTAR ... vi DAFTAR ISI ... ix BAB I PENDAHULUAN ... 1 1.1. Latar Belakang... 1 1.2. Perumusan Masalah ... 8 1.3. BatasanMasalah ... 8

1.4. Tujuan dan Manfaat Penelitian... 9

1.5. Signifikasi Penelitian ... 9

1.6. Kerangka Teori ... 9

1.6.1. Implikasi Politik ... 9

1.6.2. Embargo ... 16

1.6.3. Konsep Politik Luar Negeri ... 17

1.6.4. Konsep Kebijakan Luar Negeri ... 18

1.6.5. Konsep Kebijakan Publik ... 22

1.6.6. Ideologi dan Ideologi Politik ... 26

1.6.6.1 Sosialisme ... 28

1.7. Metodologi Penelitian ... 29

1.7.1 Jenis Penelitian ... 30

1.7.2. Teknik Pengumpulan Data ... 30

1.7.3. Teknik Analisa Data ... 30

(9)

BAB 2 HUBUNGAN AMERIKA SERIKAT DENGAN KUBA ... 32

2.1. Amerika Serikat ... 32

2.2. Kuba ... 36

2.2.1. Masa Pemerintahan Fidel Castro ... 39

2.3. Hubungan Amerika Serikat Dengan Kuba ... 45

BAB 3 EMBARGO EKONOMI AMERIKA SERIKAT DAN IMPLIKASI POLITIKNYA TERHADAP PEMERINTAHAN FIDEL CASTRO 51 3.1. Embargo Ekonomi Amerika Serikat ... 51

3.2. Implikasi Politik Akibat Embargo Ekonomi Amerika Serikat Terhadap Pemerintahan Fidel Castro ... 66

BAB 4 PENUTUP ... 76

4.1. Kesimpulan ... 76

4.2. Saran ... 78

Referensi

Dokumen terkait

pemanfaatan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Data display atau menyajikan data dalam penelitian

Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengajarkan materi Perkembangan Teknologi kepada siswa SD kelas IV dengan mengaktifkan siswa secara langsung dalam

Technical Assistance for Institutional Development in Participatory Irrigation Management (IDPIM) Water Resources and Irrigation Sector Management Project (WISMP) Indonesia Deputi

“Janganlah kamu sesat; Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang Baik” (1 Korintus 15:33) Sub Thema:

BAN SM | SULAWESI TENGAH | HASIL ANALISIS DATA AKREDITASI TAHUN 2016 6 Pada gambar terlihat bahwa untuk akreditasi A, B dan C semua nilai standar tersebar hampir

Berdasarkan hal yang dipaparkan diatas, maka akan dilakukan penelitian tentang pembuatan sabun dan penentuan karakteristik sabun terbaik dari limbah CPO dan

PROFIL SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP TERMOREGULASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY..

Sampel independen adalah sampel yang didapatkan dari data yang berasal dari subjek yang berbeda.. Misalnya perbandingan antara laki-laki perempuan, desa-kota,