• Tidak ada hasil yang ditemukan

T0__BAB II Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Merancang dan Membangun DNS, Mail, dan Web Server Berbasis Sistem Operasi Linux Centos 6.8 T0 BAB II

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "T0__BAB II Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Merancang dan Membangun DNS, Mail, dan Web Server Berbasis Sistem Operasi Linux Centos 6.8 T0 BAB II"

Copied!
9
0
0

Teks penuh

(1)

BAB II LANDASAN TEORI 2.1 Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan atau komputer yang saling dihubungkan untuk berbagi sumber daya. (Andi Micro, 2011 : 6).

Agar terjadi jaringan antar komputer maka setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (servis). Pihak yang meminta layanan disebut client dan yang memberi layanan disebut server.

2.2 Pengertian DNS, MAIL, dan WEB MAIL Server 2.2.1 Pengertian DNS Server

Domain Name Sistem (DNS) adalah salah satu jenis sistem yang melayani

permintaan pemetaan Ip address ke FQDN ( Fully Qualified Domain Name ) dan dari FQDN ke Ip address. FQDN lebih mudah untuk diingat oleh manusia daripada Ip address. Sebagai contoh, dalam tugas akhir ini sebuah komputer memiliki Ip address 10.10.10.5 dan memiliki FQDN “www.kesitu.net”. Nama “www.kesitu.net” tentunya lebih mudah diingat daripada nomor Ip address di atas. Apalagi setelah lahirnya konsep IP Version 6 yang memiliki 6 segment untuk setiap komputer sehingga nomor Ip address menjadi semakin panjang dan lebih sulit untuk diingat.

Kelebihan DNS server

- Host name sebuah komputer dapat diingat dengan mudah oleh user, tidak seperti Ip address yang susah untuk diingat karena terdiri dari angka – angka. - Ip address sebuah komputer dapat berubah tapi host name tidak boleh

berubah.

- DNS server mudah untuk dikonfigurasi. Kekurangan DNS server

- User tidak dapat menggunakan banyak nama untuk mencari sebuah situs atau domain.

(2)

Email (Electronic Mail) adalah layanan yang memudahkan user untuk

saling bertukar pesan. Tiap user email mempunyai kotak surat (mailbox) yang digunakan untuk menerima dan menyimpan email dari user yang lain. Salah satu keuntungan email adalah kemampuannya dalam menghantarkan pesan ke user lain dengan cepat, bahkan hanya dalam waktu hitungan detik, meskipun kedua user tersebut berada di lokasi yang saling berjauhan. (Rahmat Rafiudin, 2006).

Email pertama kali diperkenalkan oleh seorang ilmuan BBN

Technologies, Ray Tomlinson, lebih dari tiga puluhan tahun yang lalu. Sejak

kemunculannya pertama kali, email telah memprakarsai sebuah revolusi besar dalam sejarah komunikasi manusia. Kemudahan dalam mengaksesnya, kecepatannya, serta hemat biaya membuat surat elektronik ini mampu mempengaruhi perilaku manusia dalam berkomunikasi.

2.2.3 Pengertian Web Mail Server

Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web

yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat

beroperasi di sistem operasi Windows. 2.3 Topologi Jaringan

Topologi jaringan komputer merupakan susunan geometric dari node dan link kabel dalam LAN. Topologi jaringan komputer mengacu pada bentuk, atau tata letak jaringan. Topologi jaringan komputer menggambarkan bagaimana node berbeda dalam jaringan terhubung satu sama lain dan bagaimana mereke berkomunikasi ditetentukan oleh topologi jaringan komputer.

Jaringan terdiri dari beberapa komputer yang terhubung menggunakan beberapa jenis interface, masing-masing memiliki satu atau lebih perangkat interface seperti Network Interface

Card (NIC) atau perangkat serial untuk jaringan PPP. Setiap komputer didukung oleh perangkat

(3)

optic atau transmisi nirkabel. Pengkabelan standar yang digunakan untuk tujuan ini adalah 10 Base-T kategori 5 kabel Ethernet. Ada dua jenis utama dari kategori jaringan yaitu berbasis server dan peer to peer.

Dalam jaringan berbasis server set komputer yang menjadi penyedia layanan utama seperti layanan file atau layanan email. Komputer menyediakan layanan ini desebut server dan komputer yang meminta dan menggunakan layanan yang disebut komputer klien. Sedangankan di jaringan peer-to-peer, berbagai komputer pada jaringan dapat bertindak sebagai klien dan server. Sebagai contoh, banyak Microsoft Windows berbasis komputer akan memungkinkan sharing file dan print. Banyak jaringan adalah kombinasi jaringan berbasis peer-to-peer dan server. Sistem Operasi jaringan menggunakan protocol data jaringan untuk berkomunikasi di jaringan komputer lain. Sistem operasi jaringan mendukung aplikasi pada komputer.

Network Operating Sistem (NOS) termasuk Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan lain-lain. Berikut berbagai macam topologi dalam jaringan.

2.3.1 Topologi Star

Gambar 2.1

Topologi ini menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. Titik ini biasanya menggunakan Hub atau Switch. Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah/

(4)

Gambar 2.2

Topologi pada gambar 1.2 menggunakan satu segment ( panjang kabel ) backbone, yaitu yang menyambungkan semua host secara langsung. Apabila komunikasinya dua arah di sepanjang ring, maka jarak maksimum antara dua simpul pada ring dengan n simpul adalah n/2. Topologi ini cocok untuk jumlah prosesor yang relatif sedikit dengan komunikasi data minimal. Topologi BUS kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan terminator. Laras konektor dapat digunakan untuk menyambung atau menambah panjang jaringan.

2.3.3 Topologi Ring

Gambar 2.3

(5)

bersamaan. Salah satu metode transmisi data sekitar ring disebut token passing. Token adalah seri bit khusus yang berjalan di jaringan token ring.

Setiap jaringan hanya memiliki satu toke. Token dilewatkan dari komputer ke komputer sampai mencapai komputer yang memiliki data untuk dikirim. Data melewati setiap komputer sampai menemukan satu dengan alamat yang sesuai dengan alamat pada data. Komputer yang menerima kembali pesan ke komputer pengirim yang menunjukkan bahwa data telah diterima. Setelah verifikasi, komputer pengirim membuat token baru dan mengalirkannya pada jaringan. Token beredar di dalam ring sampai workstation membutuhkannya untuk mengirim data.

Mungkin kelihatannya bahwa token passing akan memakan waktu yang lama, tapi token sebenarnya bergerak kira-kira pada kecepatan cahaya. Sebuah token dapat mengelilingi ring berdiameter 200 m sekitar 477.376 kali per detik.

2.3.4 Topologi Mesh

Gambar 2.4

(6)

saling berhubungan satu sama lain dengan dedikasi line tersendiri sementara partial seperti namanya hanya sebagian saja mempunyai jalur menurut kebutuhan.

Topologi Mesh bekerja pada konsep rute, pada Topologi Mesh pesan yang dikirim ke tujuan melalui ruter terpendek, yang termudah untuk mencapai tujuannya. Topologi jaringan yang dibahas sebelumnya topologi star dan bus, pesan biasanya dikirim ke setiap komputer, terutama dalam topologi bus. Demikian pula pada Topologi Ring pesan dapat melakukan perjalanan dengan hanya satu arah yaitu searah jarum jam atau anticlockwise. Internet menggunakan Topologi Mesh, pesan menemukan rute untuk tujuan. Router bekerja di menemukan rute untuk mengirim pesan mengantarkan ke tempat tujuan .

2.3.5 Topologi Tree

Gambar 2.5

Topologi jaringan komputer Type Tree terdiri dari topologi multi star di bus. Topologi tree mengintegrasikan topologi multi star bersama-sama ke bus. Hanya hub perangkat dapat terhubung langsung dengan bus tree dan masing-masing fungsi Hub sebagai perangkat jaringan akar tree. Topologi jaringan komputer ini disebut juga sebagai topologi jaringan komputer bertingkat. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi.

(7)

simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-4 kekomputer node-8 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-4, 6 dan node-7 sebelum berakhir pada node 8. Kombinasi bus/star/hybrid ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan komputer, jauh lebih baik daripada bus atau star.

2.4 Pengalamatan IP

Dalam Topologi Jaringan dikenal istilah Internet Protocol Address (Ip address). Ip address ( internet protocol) adalah alamat logika yang di berikan kepada perangkat jaringan

yang menggunakan protocol TCP/IP, dimana protocol TCP/IP digunakan untuk meneruskan packet informasi (routing) dalam jaringan LAN,MAN,WAN dan internet, atau lebih singkatnya Ip address adalah alamat untuk perangkat jaringan yang terdapat di dalam jaringan.

IP address terdiri dari bilangan 32 bit bilangan biner yang dibagi atas 4 oktet. Setiap oktet terdiri atas 8 bit. Jangkauan Ip address yang dapat digunakan adalah dari 00000000.00000000.00000000.00000000 sampai dengan 11111111. 11111111. 11111111. 11111111. IP Address biasanya direpresentasikan dalam bilangan desimal. Range address di atas dapat diubah menjadi 0.0.0.0 sampai 255.255.255.255. Saat ini ada 2 versi Ip address yang digunakan komputer - komputer yang berada di suatu jaringan untuk terhubung dengan komputer lain dan juga internet yaitu:

2.4.1 IP versi 4 (IPv4)

IPv4 menggunakan penomoran 32-bit dan terdiri dari 4 oktet decimal yang dibuat pada tahun 1983 dan masih di gunakan pada sampai saat ini. Untuk pembagian IPv4, pengalamatan ini dibagi menjadi 2 sifat yaitu, Ip private dan Ip public. Ip private hanya bersifat local dan tidak bisa digunakan untuk mengakses

internet dan penggunaannya bebas. Ip public bersifat worldwide, bisa digunakan

untuk mengakses internet namun penggunaan atau konfigurasinya tidak bebas (ada yang mengatur). Lembaga yang mengatur / menyediakan Ip public Internet Authorized Numbering Association (IANA). Dalam pengalamatan IPv4 , sangat di

dasari oleh beberapa karateristik yaitu : network ID, host ID,subnet mask, broadcast. Berikut ini di jelaskan tiap tiap karateristik yang di sebutkan pada list

(8)

o Network ID ialah yang memiliki tiap tiap host ID untuk membatasi sebuah rentang

pengalamatan dalam suatu rentang pengalamatan.

o Host ID ialah penamaan setiap host ataupun perangkat jaringan yang terhubung pada

suatu jaringan.

o Subnet mask ialah sebagai pembeda network ID dengan host ID sehingga suatu host

atau perangkat jaringan mengetahui apakah titik suatu host yang di tuju, masih berada di jaringan local atau luar.

o Broadcast ialah mewakili seluruh anggota network, pengiriman paket data ke alamat

ini akan menyebabkan paket ini didengar oleh seluruh host anggota network tersebut. Dalam IPv4 atau IP versi 4 alamat Ip address di bagi menjadi 5 kelas yaitu:

a. Kelas A : 1 – 126

Ip address kelas A memiliki rentang alamat : 1.0.0.0 – 126.255.255.255 subnetmask default Kelas A: 255.0.0.0 default maximal host Kelas A: 16.777.214 host secara default pada alamat IP Kelas A, 8-bit pertama digunakan untuk alamat network dan 24-bit berikutnya digunakan untuk alamat host.

b. Kelas B :128-191

Ip address Kelas B memiliki rentang alamat :128.0.0.0 – 191.255.255.255 subnetmask default Kelas B: 255.255.0.0 default maximal Host Kelas B : 65.534 host ecara default pada alamat Ip address kelas B, 16 bit pertama digunakan untuk alamat network dan 16 bit berikutnya digunakan untuk alamat host.

c. Kelas C :192-223

Ip address kelas C memiliki rentang alamat : 192.0.0.0 – 233.255.255.255 subnetmask default kelas C : 255.255.255.0 default maximal host Kelas C 256 host. secara default pada alamat Ip address kelas C, 24 bit pertama digunakan untuk alamat network dan 8 bit berikutnya digunakan untuk alamat host.

(9)

Ip address kelas D memiliki rentang alamat : 244.0.0.0 – 239.255.255.255 4 bit pertama alamat kelas D selalu di set ke nilai biner 1110 kelas D digunakan sebagai alamat multicasting yaitu alamat yang digunakan untuk menyampaikan satu paket ke banyak penerima.

e. Kelas E :240-255

Ip address kelas E memiliki rentang alamat : 224.0.0.0 – 254.255.255.255 4 bit pertama kelas E selalau di set ke dalam nilai biner 1111 alamat Ip address kelas E disediakan sebagai alamat yang bersifat “eksperimental” atau percobaan yang di cadangkan untuk digunakan pada masa depan.

2.3.2 IP versi 6 (IPv6)

Alamat IP versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol Internet versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia. IPv6 ini menggunakan penomoran 128-bit , dalam IPv6, alamat 128-bit akan dibagike dalam blok berukuran 16-bit, yang akan di konfersikan ke dalam blangan heksadesimal berukuran 4digit. setiap blok bilangan heksadesimal tersebut akan di pisahkan dengan tanda ( : ) titik dua contoh pengalamatan IPv6 : 21DA:00D3:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C

Sama halnya IPv4, IPv6 juga mengizinkan adanya DHCPv6 Server sebagai pengelola alamat. Jika dalam IPv4 terdapat dynamic address dan static address, maka dalam IPv6, konfigurasi alamat dengan menggunakan DHCP Server dinamakan dengan stateful address configuration, sementara jika konfigurasi alamat IPv6 tanpa DHCP Server dinamakan dengan stateless address configuration. Serupa dengan IPv4

Gambar

Gambar 2.4
 Gambar 2.5 Topologi jaringan komputer Type Tree terdiri dari topologi multi star di bus

Referensi

Dokumen terkait

Negara dengan luas wilayah terbesar di Afrika adalah Algeria yaitu sekitar 2.381.741km 2 .Benua Afrika dihuni oleh hampir 1,19 milyar jiwa atau sekitar 14% dari jumlah penduduk

penelitian “Analisis Kemampuan Berpikir Analogis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Terkait Materi Geometri Di Kelas VIII Ekselen-1 MTsN Kunir Wonodadi. Blitar Pada

merupakan jenis zat kimia yang dapat menurunkan tegangan antar muka dua atau lebih fluida yang saling kontak. Oleh karena itu, dalam dunia perminyakan, surfaktan digunakan

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif sifatnya korelasional untuk mengetahui hubungan kondisi fisik kelentukan lengan, kekuatan tungkai,

Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kebijakan manajemen terhadap solidaritas hubungan kerja antar karyawan dan dimensi mana yang pengaruhnya paling

[r]

Aspek yang dinilai Reaksi terhadap soal Skor Memahami masalah a. Tidak memahami soal/tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan. Siswa menuliskan

Alasan penulis memilih iklan AXIS versi kartun sebagai objek penelitian adalah memiliki konsep yang sangat unik dan lucu.dimana AXIS membuat iklan perang tarif yang berbeda dan