KOTAK BAYI. With the gift of life comes a responsibility to pursue your dreams, to become what God has created you to be.

Teks penuh

(1)

KOTAK bAYI

Article source from http://www.sabda.org Ayat bacaan: Lukas 1:39-45

“(Elisabet)... berseru dengan suara nyaring, ‘Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu.’” (ayat 42)

seperti terjadi di kebanyakan belahan dunia ini, pergaulan bebas juga melanda Korea selatan. Banyak siswa sekolah menengah hamil di luar nikah. Keluarga menolak karena malu. sekolah tega menerapkan disiplin: dikeluarkan. digencet tekanan sosial yang kuat, banyak ibu-ibu belia itu memilih diam-diam membuang bayinya dengan alasan masa depan. Bayi-bayi itu telantar kedinginan di jalanan. Harapan hidup untuk mereka amat tipis. siapa peduli?

walau berbeda kasus, jangan dikira maria tidak mengalami tekanan sosial. Kehamilan misteriusnya mengundang seribu tanya, penghakiman, dan kecaman. dapat dipahami jika rumah elisabet di desa ein-Karem adalah pengungsian sementara yang baik (lih. ay. 56).

Kendati terhempas oleh tekanan sosial, maria membuat pilihan yang benar. Janin dalam rahimnya memang Juruselamat dan Tuhan--sebagaimana peneguhan yang meluncur dari rahim dan mulut elisabet (ay. 41-44). Bayi dalam kandungan maria bukanlah buah laknat, melainkan sumber rahmat.

sebagaimana Bayi Kudus dalam rahim maria, betapa pun misterius dan janggalnya kehamilan sang ibunda, setiap bayi memiliki tujuan di dunia ini. seorang pendeta di Korea selatan, Lee Jungrak tergerak melihat kondisi di negerinya. ia peduli akan kesucian hidup dan perlindungan terhadap kaum yang lemah. ia menyiapkan “kotak bayi” di depan rumahnya agar bayi yang dibuang diletakkan di situ, supaya tidak mati, sebab ia mau merawatnya. Hari natal mengajak kita untuk peduli pada para bayi yang terlempar dari pelukan ibunya, namun Allah siap mengasuhnya. Bersediakah kita? KrISTUS DATANG SUPAYA KITA TAHU, DI HATI ALLAH SeLALU ADA TemPAT DAN reNcANA bAGI SeTIAP INDIVIDU

wINTer Of DIVINe POwer

2 corinthians 4:7

“But we have this treasure in jars of clay to show that this all-surpassing power is from God and not from us.” (niV)

2 Korintus 4:7

“Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.”

“With the gift of life comes a responsibility to pursue your dreams, to become what

(2)

w

aktu berjalan begitu cepat dan tak terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun yang lama dan memasuki tahun yang baru. Banyak hal yang kita alami saat di masa yang lalu, ada berkat seperti kesehatan, kebahagiaan, berkat berlimpah dan lainnya dan tidak banyak juga yang mengalami penderitaan seperti putusnya hubungan dengan kekasih, kehilangan pekerjaan, sakit dan lainnya. dengan kata lain walaupun banyak penderitaan tapi itu tidaklah sebanding dengan pertolongan Tuhan yang luar biasa sampai akhirnya kita bisa melewati dan memasuki tahun yang baru.

Paulus dalam suratnya Filipi 3:13 “Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.”

maksud dari surat itu adalah Paulus mau mengingatkan kepada jemaat Filipi bahwa sebelum dia menjadi pemberita injil, Paulus juga adalah seorang yang sangat membenci orang Kristen dan sering berusaha untuk membunuh orang Kristen (Kisah 10) akan tetapi Paulus tidak dapat berkata apa-apa ketika Tuhan menangkap Paulus. Tuhan menjumpai saulus (nama lamanya) di damsyik, dalam perjalanan, ada suara

yang lama dan dia mengarahkan diri pada apa yang ada di depannya yaitu kemauan untuk memberitakan injil dan memenangkan jiwa bagi Tuhan sebanyak mungkin, dengan tujuan memperoleh mahkota kekal di sorga nanti.

masa hidup di dunia terdiri dari 3 macam yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang…Janganlah pernah menengok ke belakang, jangan lagi mengingat hal-hal yang buruk di tahun yang lalu, kubur dalam-dalam perbuatan kita yang menyakitkan hati Tuhan dan bakar semua rasa sakitn hati kita di masa selama tahun 2015 dan kembali mendekati orang itu, tunjukkan kasih Tuhan kepada banyak orang.

masa lalu memang ada tapi adalah masa untuk kita berkilas balik, untuk mengoreksi selama hidup di tahun yang lalu dan melupakan, tetapi di tahun yang baru di tahun 2016 kembali berubah bukan hidup seperti yang lalu.

Kalau dimasa lalu ada banyak kegagalan, jangan menyerah, masa depan adalah kesempatan untuk bangkit dan memperbaiki diri dan masa depan adalah masa yang baik untuk berkaca memuliakan namanya.

Pandanglah ke depan jangan ingat-ingat yang lalu. Apa yang kita harus lakukan? 1. Jangan ingat-ingat kegagalan masa lalu,

(3)

Ayat bacaan: Yeremia 25:1-14

Bernostalgia di depot soto langganan semasa kuliah, saya kagum dengan bapak yang 20 tahun lalu sudah meracik soto itu. “Kok betah, Pak, kerja di sini?” dengan sedih beliau menjawab “Yah, gimana lagi mas, saya tidak punya keterampilan lain.” Ah, kasihan betul bapak ini. sekadar bertahan dalam pekerjaan yang tak disukai, karena tidak tahu hal lain yang dapat ia kerjakan untuk menyambung hidup.

nabi Yeremia menyampaikan teguran Tuhan kepada bangsanya. Hal itu dilakukannya selama 23 tahun. Jelas bukan kerja yang menyenangkan sebab kebanyakan orang tak suka ditegur. namun, ia melakukannya terus-menerus (ayat 3). Kata ini dalam bahasa aslinya, shakam, menggambarkan sesuatu yang dilakukan dengan rajin, gigih, dan bersemangat. Yeremia tak sekadar bertahan, ia sadar betul pekerjaannya penting bagi Tuhan. Bangsanya harus ditegur agar bertobat dan tak binasa! shakam juga dapat berarti

bangun pagi dengan sengaja untuk bersiap, misalnya saat akan melakukan perjalanan jauh, berperang, atau beribadah. Tampaknya sang nabi menyiapkan tiap hari dengan berjumpa Tuhan hingga firman Tuhan terus-menerus datang padanya. ini membuatnya dapat bertahan melewati masa-masa sukar.

Bagaimana kita menjalani pekerjaan dan pelayanan selama ini? Lebih mirip penjual soto di atas atau sang nabi? Hari ini sebagian orang telah kehilangan gairah hidup. mereka tetap beraktivitas, tetapi tanpa hati. sekadar bertahan. mari mengevaluasi tujuan kita bangun dan bekerja tiap hari. Buat komitmen ulang untuk tekun menyiapkan bekal rohani tiap pagi! mohon Tuhan memberi semangat dan hikmat bagi pekerjaan yang dipercayakan-nya.

TANPA TUHAN, ANDA TANPA ArAH, ANDA SeKeDAr berTAHAN. berSAmA TUHAN, ANDA PUNYA SemANGAT, ANDA DITUNTUN VISI.

bUKAN SeKADAr berTAHAN

perbaiki hubungan kita dan buat komitmen dengan Tuhan bahwa kita mau lebih dekat lagi dan lebih bersekutu dengan Tuhan.

Teman-teman, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di tahun 2016. entah kita akan

mengalami sakit, di PHK, atau mengalami berkat dari Tuhan, terimalah itu semua dan lihatlah apapun yang terjadi dalam hidup kita di depan adalah yang terbaik dari Tuhan untuk membuat iman kita makin bertumbuh.

(4)

Tengah malam di sebuah rumah petak di gang yang sempit, 4 lilin menyala. suasana begitu hening hingga terdengar percakapan mereka..

Lilin 1: “Aku adalah Lilin Damai. Tapi aku sudah jenuh, setiap hari penghuni rumah ini bertengkar, saling menyalahkan dan saling memaki. Lebih baik aku memadamkan nyala apiku...” Lalu berhembuslah angin malam dan lilin pertama itu pun padam.

Lilin ke-2 berkata: “Aku adalah Lilin Kasih. Tapi aku juga sedih, karena penghuni rumah ini saling membenci satu sama lain. Setiap hari mereka cemberut dan hidup bersama dengan terpaksa...Lebih baik aku juga memadamkan nyala apiku...” Angin malam pun bertiup dan padamlah lilin kedua.

Kemudian lilin ke-3 berkata: “Aku adalah Lilin Iman. Tapi lihatlah keluarga ini, mereka jarang sekali beribadat. Mereka tidak percaya lagi bahwa Tuhan itu ada. Lebih baik aku juga padam...” Lagi-lagi angin berhembus dan lilin ketiga padam.

Terkisah disuatu malam, seorang buta sedang berjalan dengan tongkatnya. Tangan kanannya memegang tongkat sementara tangan kirinya membawa lentera. Pemandangan ini cukup mengherankan bagi seorg pria yang kebetulan

Tinggallah 1 lilin menyala, yaitu lilin keempat, ia pun bermaksud memadamkan nyala apinya. Tapi tiba-tiba seorang anak laki-laki kecil penghuni rumah itu terbangun. melihat kamarnya hampir gelap gulita, anak itu tiba-tiba merasa sedih dan ketakutan. ia pun menangis tersedu-sedu.

melihat anak yang kecil dan sedih itu, lilin keempat menjadi terharu. ia berkata: “Nak, jangan menangis, masih ada aku...Aku adalah Lilin Harapan. Selama aku masih menyala, lilin-lilin lainnya juga masih bisa dinyalakan kembali.” dengan mata berkaca-kaca anak laki-laki kecil itu meraih lilin keempat dan menyalakan kembali ketiga lilin lainnya.

saudara-saudaraku, HARAPAn, ada di dalam hati kita. HARAPAn, tidak bisa diambil oleh siapapun.

setiap kali iman kita goyah; damai dan Kasih meninggalkan kita; Bertahanlah; ingatlah selama kita masih hidup, HARAPAn seLALU AdA.

Selain membuat jalanan menjadi terang, hal ini juga menghindarkan orang lain untuk tidak menabrak saya.”

disaat kita melakukan sesuatu untuk orang lain, sebenarnya kita sedang melakukan

SeLALU ADA HArAPAN

(5)

Pass the test of being grateful for the small things and

big things will be released in your life.”

~ Joel Osteen

There is nothing we can do to earn god’s grace—it’s

a free gift. our behavior simply changes because we’ve

freely received grace.”

~ John bevere menerima daripada memberi. Lebih suka

ditolong daripada menolong. Hidup hanya berpusat kepada diri sendiri.

di bulan natal yang penuh kasih ini, marilah kita berbagi kasih kepada sesama

agar mereka juga dapat merasakan kasih Yesus. Jangan menunggu ada yang memberi tapi terlebih dululah bertindak untuk memberi. selamat natal.

(6)

rOcK mINISTrY

KOmUNITAS

meSIANIK (Km)

every 1st and 3rd Friday, 07.30 Pm Km AbrAHAm

ibu Helen (65) 9628 3796 (east Coast)

every Thursday, 07.30 Pm Km JOHN THe bAPTIST & Km DANIeL

Lenny (65) 9457 7470 ervita (65) 9071 0442 (Ang mo Kio/orchard) every Friday, 07.30 Pm Km DAVID & Km SAmUeL sumarto (65) 9144 6605 (serangoon/Upper Thompson) every Thursday/Friday, 08.00 Pm Km JOSePH (YOUTH) Alink (65) 9066 4130 (Toa Payoh/Braddel)

For more information: YOUTH cAmP 15-17 January 2016 Juanita (65) 8322 6412 cHILDreN’S cHUrcH every sunday, 10.30 Am Alink (65) 9066 4130 PrAYer meeTING every saturday, 12.30 Pm Coronation Rd 21A (kediaman bapak gembala) ida (65) 9234 9771

SUNDAY SerVIce

10.00 Am

Holiday Inn Singapore Orchard city centre

11 Cavenagh Rd, singapore 229616 For further information about the details of the location, please contact

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :