Central Processing Unit ( CPU )

Teks penuh

(1)

Central Processing Unit ( CPU )

Tatik yuniati

tatikyuniati10@yahoo.co.id

Abstrak

Central Processing Unit (CPU) adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah data dari perangkat lunak. CPU atau juga dikenal dengna prosesor atau bila pada computer mikro disebut mikroprosessor adalah otak dari computer, seperti halnya otak manusia yang terdiri dari berjuta-juta sel berfungsi untuk sebagai tempatnya proses berpikir, CPU berfungsi sebagai tempat memproses data-data dan instruksi-instruksi program. sebuah prosesor terbuat dari chip silikon yang didalamnya mengandung jutaan transistor kecil, transistor ini menyimpan pulsa elektrik yang memberikan nilai 1 dan 0 dan membentuk system bahasa binary yang di gunakan computer untuk berkomunikasi, CPU akan memproses data dan instruksi yang disimpan dalam bentuk byte di dalam memori, data adalah bentuk biner dari angka dan huruf, dan instruksi akan memberi tahu apa yang harus dilakukan oleh CPU terhadap data tersebut. Kata Kunci :CPU, Komputer

Pendahuluan

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU

(2)

dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan MAA. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah.

Pembahasan

KOMPONEN CPU

Ada beberapa komponen yang ada pada cpu 1. Motherboard

Motherboard adalah salah satu hardware / perangkat keras yang menjadi penyangga utama dalam rangkaian komputer. Hardware yang satu ini memiliki fungsi sebagai tempat tertancapnya dari seluruh komponen koputer. Melihat fungsinya yang demikian rawan, maka dari itu kita harus tahu motherboard yang mana yang bisa menunjang sistem komputer.

(3)

Motherboard merupakan salah satu komponen dari Rangkaian Komputer, Komponen tersebut dinamakan Motherborad karena memang komponen ini merupakan komponen utama dari rangkaian CPU, jadi motherboard dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Papan Induk atau papan utama

2. Processor

Microprocessor atau biasa disebut dengan processor adalah otak yang mengatur kerja sebuah komputer.Artinya seluruh aktivitas sebuah komputer dikontrol dan diperintah dari processor.

3. Memori Utama (RAM + ROM)

Memori merupakan perangkat yang amat penting dalam sistem berbasis mikroprosesor, mikrokontroller, maupun PC. Memori digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan sebagai program maupun sebagai penyimpan data yang diproses oleh CPU. Dua tipe memori yang dikenal adalah RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

(4)

Ram adalah suatu memori baca tulis, artinya data dapat dibaca dari atau ditulis ke RAM dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan.

2. ROM (Read Only Memory)

Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan untuk menyimpan program utama dari suatu sistem.

4. I/O Controller & Connector

I/O Controller & Connector adalah Suatu Perangkat di dalam sebuah CPU yang bertugas membantu prosesor untuk melakukan koneksi dengan komponen pendukung (peripheral), terdiri dari suatu IC kendali dan konektor.

(5)

Berfungsi untuk mengirimkan data-data visual (gambar) ke monitor sehingga dapat dilihat oleh pengguna.

6. Hardisk Drive

Hardisk merupakan komponen vital dalam sebuah komputer karena pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada disimpan.

7. Floppy Disk Drive

Floppy Disk Drive atau yang lebih dikenal dengan FDD adalah alat untuk membaca dan menuliskan data yang tersimpan di sebuah floppy disk (disket). 8. CDROM dan DVDROM Drive

(6)

ROM dan DVDROM Drive adalah suatu alat di CPU untuk membaca data dari media CD atau DVD.

9. Sound Card dan Speaker

Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang dapat didengar oleh user melalui speaker yang dihubungkan dengan sound card tersebut.

10.Power Supply

Power supply adalah komponen PC yang mengatur supply listrik dari PLN ke komponen di dalam perangkat komputer tersebut.

(7)

11.Slot Ekspansi

expansion slot adalah tempat atau wadah dimana sebuah papan-rangkaian-elektronik (circuit board) bisa dipasang dengan cara ditancapkan. Circuit board ada bermacam-macam fungsinya, misalnya menambah memori, membuat kualitas suara atau gambar lebih bagus, modem, atau menyambungkan network.

Penutup

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sistem komputer. Pekerjaan utama dari CPU adalah mengerjakan program yang terdiri atas instruksi-instruksi yang diprogram oleh programmer. Suatu program komputer akan menginstruksikan CPU untuk membaca informasi dari piranti input, membaca informasi dari dan menulis informasi ke memori, dan untuk menulis informasi ke output.Dalam mikrokontroler umumnya hanya ada satu program yang bekerja dalam suatu aplikasi. CPU M68HC05 mengenali hanya 60 instruksi yang berbeda. Karena itu sistem komputer ini sangat cocok dijadikan model untuk mempelajari dasar dari operasi komputer karena dimungkinkan untuk menelaah setiap operasi yang dikerjakan.

KOMPONEN PADA CPU 1. Motherboard 2. Processor

3. Memori Utama (RAM + ROM) 4. I/O Controller & Connector 5. VGA (Video Graphics Array) 6. Hardisk Drive

(8)

7. Floppy Disk Drive

8. CDROM dan DVDROM Drive 9. Sound Card dan Speaker 10.Power Supply 11.Slot Ekspansi

Referensi

http://aagddalemkemaraputra.blogspot.com http://id.wikipedia.org/wiki/CPU http://indrayoga.wordpress.com

Biografi

Nama : Tatik yuniati Jurusan : Komputer Akutnasi Tempat tinggal : Pasar kemis, tangerang Alamat Email : tatikyuniati10@yahoo.co.id

Figur

Memperbarui...

Related subjects :