L E N T E R A D U M A I, Volume 13, Nomor 1, Januari 2022 eissn : pissn :

Download (0)

Teks penuh

(1)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 7

SISTEM PARKIR SEKOLAH BERBASIS JAVA MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER STUDI KASUS SMKN 3 TANAH PUTIH

Jamil Tua Daulay1, Chandra Eri Firman2, Suhendrik3

1Jurusan Manajemen Informatika, AMIK Dumai

2Jurusan Manajemen Informatika, AMIK Dumai 3Jurusan Sistem Informsi, STMIK Dumai

1,2,3 Jl. Utama Karya Bukit Batrem Dumai Kode Pos 28811

e-mail : jamiltuadaulay@yahoo.com1,chandra.eri@gmail.com2, hendrikajha99@gmail.com3

ABSTRAK

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Tanah Putih merupakan sekolah kejuruan dengan 3 jurusan, yakni jurusan Akuntansi, Teknik Komputer Jaringan dan Teknik Gambar Bangunan. SMKN 3 Tanah Putih memiliki siswa yang cukup sedikit, hanya berkisar 200an siswa saja. Itu karena SMKN 3 Tanah Putih terletak di pelosok pedesaan. Dalam pengelolaan parkir, SMKN 3 Tanah Putih selama ini masih tidak memiliki sistem parkir yang efisien. Siswa ataupun guru saat masuk ke sekolah bebas menentukan tempat parkir mereka sendiri. Siswa juga sering berkeliaran dengan kendaraan mereka saat jam pelajaran berlangsung, itu karena tidak adanya sebuah sistem parkir yang efisien di SMKN 3 Tanah Putih. Oleh karena itu SMKN 3 Tanah Putih harus memiliki sistem parkir sekolah yang dapat membantu pihak sekolah mengelola parkir dan juga meningkatkan keamanan terhadap kendaraan siswa dan juga guru. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah membuat sitem parkir sekolah berbasis JAVA guna meningkatkan kinerja pengelolaan parkir yang lebih efisien dan mempermudah pencatatan semua riwayat kendaraan keluar dan kendaraan masuk.

Kata Kunci: Sistem Parkir, Parkir JAVA, Sistem, JAVA

1. PENDAHULUAN

Menurut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2009), parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya.

Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang tidak bersifat sementara (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1998).

Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli transportasi mengenai pengertian parkir maka dapat ditarik kesimpulan bahwa parkir adalah kendaraan bermotor/tidak bermotor berhenti atau tidak bergerak dengan jangka waktu tertentu yang ditinggalkan pengemudinya.

Sistem parkir yang tertata dengan baik akan membuat siswa dan juga wali siswa merasa nyaman. Para siswa pun dapat melakukan aktifitas dengan maksimal dan berfokus dalam proses belajar mereka. Tanpa adanya suatu sistem parkir yang baik, dapat menimbulkan berbagai

masalah..Tentunya hal ini sangat mengganggu. Pada SMKN 3 Tanah Putih tata kelola parkir masih dilakukan secara manual, bahkan bisa dibilang tidak memiliki sistem, tidak adanya petugas parkir yang berjaga, pernah terjadinya pencurian sepeda motor, dan juga siswa yang berkeliaran menggunakan sepeda motor pada saat jam pelajaran berlangsung.

Untuk itu diperlukan suatu sistem parkir sistemastis yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Suatu sistem komputerisasi yang secara efisien mampu memastikan kendaraan siswa bisa terdata baik mulai jam masuk hingga jam keluar, meminimalisir kejadiaan pencurian dan siswa yang berkeliaran menggunakan sepeda motor saat jam pelajaran berlangsung.

Untuk itu saya sebagai penulis mempunyai gagasan untuk membuat suatu sistem parkir sistematis ini agar kiranya digunakan dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang

(2)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 8 ada di SMKN 03 Tanah Putih tersebut, dengan

catatan pihak sekolah juga harus mempekerjakan etugas parkir sebagai orang yang akan mengaplikasikan sistem yang akan penulis buat ini. Diharapkan dengan sistem aplikasi parkir ini siswa dapat memarkir kendaraan pada lokasi yang telah ditentukan sesuai dengan daya tampung tempat parkir yang tersedia.

2. LANDASAN TEORI a. Barcode Scanner

Barcode scanner digunakan sebagai alat pemindaian barcode untuk input data transaksi material yang masuk dan keluar di tiap-tiap area warehouse. Barcode scanner sendiri banyak dijual dengan spesifikasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan pemakai. Barcode jenis ini lebih mudah dan fleksibel digunakan di area penerimaan dan penyimpanan material yang rentan mengalami kerusakan dan mempersulit operator ketika melakukan pemindaian. Prinsip kerja wireless scanner mirip dengan bluethooth sebagai sarana radio frequency dan 12 menerima/mengirim sinyal ke computer dengan jarak jangkauan kerja sampai sejauh 100 m.

(Christine Simanjuntak GM Devy, 2017) b. Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakkan java, anda dapat menjalan-kan hampir di semua computer dan perangkat lain yang mensupport java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya.

Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompilasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan java virtual machine. Fungsionalitas dari java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik. (Barri et al., 2015)

c. Pengertian Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan software yang paling sering digunakan untuk mengedit/memanipulasi image/foto. Alasan mengapa software ini banyak digunakan oleh orang karena software ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, yaitu mencakup tools-tools yang digunakan untuk mengedit image, fasilitas filter yang digunakan untuk memberikan berbagai efek pada image, fasilitas untuk memanipulasi warna, dan lain-lain (Setiawan, 2008). Adobe Photoshop sebagai perangkat lunak pengolahan gambar dan pembuatan efek yang memiliki hasil dan kualitas terbaik dan telah

banyak memberikan kemudahan dalam penyempurnaan sebuah gambar atau foto. (Kiki Firmantoro1, Anton2, 2016)

d. Pengertian Xampp

XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan komplikasi dari beberapa program.

XAMPP berfungsi untuk menjadi server yang berdiri sendiri yang terdiri dari program apache HTTP server. MySQL, database dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. (Fahzi et al., 2017)

3. METODOLOGI PENELITIAN

Metode penelitian merupakan tahapan yang dilakukan dalam penelitian. Adapun tahap penelitian yang dilakukan adalah :

Gambar 1 Kerangka Kerja Penelitian 1. Mengidentifikasi Masalah

Tahapan ini merupakan proses menemukan masalah apa saja yang ada dan sedang terjadi pada sistem, lalu dipilih masalah utama yang menjadi tujuan dibangunnya sistem ini sehingga penelitian yang dilakukan lebih terarah dan tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

2. Menganalisa Masalah

Langkah ini untuk menganalisa permasalahan yang sedang dihadapi dan terjadi.

3. Mempelajari Literatur

Dalam penelitian ini dibutuhkan literatur maupun referensi sebagai sumber ataupun acuan yang digunakan untuk mengetahui solusi, cara atau metode yang akan digunakan

Menganalisa Masalah

Mempelajari Literatur

Mengumpulkan Data

Merancang Sistem

Membuat Sistem

Menguji Sistem

(3)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 9 dalam pemecahan masalah perparkiran

SMKN 3 Tanah Putih.

4. Mengumpulkan Data

Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dan wawancara langsung ke SMKN 3 Tanah Putih. Langkah ini untuk proses pembuatan data, dimana data tersebut di masukkan ke dalam format yang dibutuhkan. Termasuk di dalam tabel, menambah field baru, membersihkan data, mengubah data, dan sebagainya.

5. Merancang Sistem

Pada tahap ini dilakukan perancangan sistem dengan mengacu pada permasalahan yang sudah diidentifikasi. Perancangan meliputi model database, input, proses, output, dan logika program.

6. Membuat sistem

Pada tahap ini dilakukan pembuatan sistem berdasarkan perancangan sistem yang telah ada sebelumnya. Sistem ini dibuat dengan menggunakan program Java Netbeans.

7. Menguji Sistem

Pada tahapan ini diuji sistem yang sudah dirancang. Apakah aplikasi yang dirancang berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau sebaliknya. Pada tahap ini juga dapat diketahui kelemahan dari aplikasi yang dirancang, sehingga pada tahap ini juga dapat mengatasi permasalahan yang ada di dalam aplikasi saat digunakan.

4. HASIL DAN PEMBAHASAN a. Pemodelan Proses

1. Contex Diagram

0

Sistem Parkir Sekolah SMKN 3 Tanah Putih Berbasis JAVA Petugas/Admin

Kepala Sekolah

Siswa/Guru

Laporan Petugas Laporan pertanggal Laporan kendaraan

masuk Laporan kendaraan

keluar

Data Kendaraan Qrcode

kendaraan

Laporan petugas Input parkir masuk Input parkir kelua Input data siswa dan mencetak barcoder Data Petugas Data admin Data petugas

Data parkir masuk Data parkir keluar History Info Data Petugas Info Parkir Harian History Parkir Laporan

Gambar 2 Contex Diagram 2. Data Flow Diagram level 1

Siswa/Guru

Petugas Parkir

Admin

1.0 Login

T_Petugas

2.0 Master Data User

Data Petugas T_Petugas

3.0 Transaksi

4.0 Laporan Data Kendaraan

masuk

keluar Data Kendaraan Masuk

Data kendaraan Keluar

Manajer Lapangan Laporan Petugas Parkir Laporan Parkir Harian

T_data Data kendaraan

Gambar 3 Data Flow Diagram

b. Pemodelan Data

Entity Relationship Diagram(ERD)

T_admin username

password fullname

T_Petugas memiliki

Fullname Tgl_lahir alamat

Jenis_kela min agama No_HP

masuk nopol

nama Jam_masu

k Tgl_masuk Jenis_kend

araan

keluar

Tgl_masuk

Jam_masu k nopol

nama

Tgl_keluar Jenis_kend

araan Jam_kelua

r memiliki

memiliki memiliki

Username Password

Lap_petugas

nama No_HP

Tanggal

data

Nopol Nama

Jenis_kend araan

memiliki

gambar 4 Entity Relationship Diagram

(4)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 10 c. Implementasi Sistem

1. Tampilan Login Admin

Halaman ini menampilkan menu login yang digunakan untuk mengakses Aplikasi. Seperti langkah dibawah ini :

a. Inputkan Username dan Password.

b. Klik tombol “Login Now” maka halaman Menu Utama akan tampil.

c. Klik tombol “DAFTAR” maka akan tampil form pendaftaran Admin.

Gambar 5 Form Login Admin

Pada Form login ini, Admin diminta mengisi username dan password agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Langkah-langkah dalam proses login ini adalah : 1. Masukkan username dan password

kedalam kolom yang telah disediakan.

2. Klik tombol Login Now untuk masuk ke aplikasi. Ketika username dan password benar maka akan tampil halaman menu utama.

Jika admin belum memiliki akses kedalam aplikasi, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan menekan tombol DAFTAR yang ada pada form login.

Berikut tampilan form daftar admin.

Gambar 6. Form daftar Admin

Langkah-langkah dalam proses pendaftaran ini adalah :

1. Masukkan username, password dan data diri yang lain ke dalam kolom yang telah disediakan.

2. Klik tombol Daftar maka secara otomatis data akan kamu tersimpan

kedalam database dan kamu suda bias login ke dalam aplikasi dengan username dan password yang telah kamu buat sebelumnya.

3. Klik tombol Batal untuk membatalkan pendaftaran.

4. Klik tanda X dipojok kanan atas untuk keluar. Dan akan muncul pesan apakah anda ingin keluar atau tidak. Seperti gambar dibawah ini:

Gambar 7 Pesan konfirmasi keluar pendaftaran 2. Tampilan Menu Utama Admin

Halaman ini menampilkan menu utama yang digunakan untuk menampilkan sub menu yang lain yaitu:

a. User, didalam User terdapat 3 sub menu yaitu Keluar, LogOut dan juga Ganti Passsword.

b. Petugas, didalam Petugas terdapat sub menu yaitu Tambah Petugas.

c. Laporan, didalam Laporan terdapat 4 sub menu yaitu Laporan Pertanggal, Parkir Masuk, Parkir Keluar, dan juga Laporan Petugas.

d. Data, didalam data terdapat sub menu yaitu history parkir.

Gambar 8 Form Menu Utama Admin

Pada form menu utama ini, sistem menyediakan Menu User yang terdiri dari 3 sub menu yaitu (keluar,logout,ganti password), Menu Petugas yang terdiri dari sub menu yaitu (tambah petugas) untuk menambah data petugas agar bisa mengakses aplikasi, Menu Laporan yang terdiri dari sub menu yaitu ( laporan parkir pertanggal, laporan parkir masuk, laporan parkir keluar, laporan petugas) untuk menampilkan laporan, Menu Data yang terdiri dari sub menu (History parkir) untuk melihat data parkir.

(5)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 11 a. Menu User

1. Keluar

Menu ini digunakan untuk keluar dari aplikasi kehalaman desktop.

2. LogOut

Menu ini digunakan untuk keluar kehalaman Login.

3. Ganti Password

Gambar 9 Form Ganti Password

Form ini digunakan untuk merubah password Admin

1. Masukkan username dan password baru, kemudian masukkan nama lengkap sesuai saat mendaftar dikolom yang telah dissediakan.

2. Klik tombol “Ganti Password” untuk menyimpan perubahan password kamu.

3. Klik tombol “Batal” untuk membatalkan perubahan password.

4. Klik tombol “X” dipojok kanan atas untuk kembali kehalaman menu utama.

b. Menu Petugas 1. Tambah Petugas

Gambar 10 Form Tambah Petugas Form ini digunakan untuk menambahkan data petugas:

a. Inputkan data petugas kedalam kolom yang telah disediakan.

b. Klik Tombol “Simpan” untuk menyimpan data petugas.

c. Klik tombol “Batal” untuk membatalkan inputan.

d. Klik tombol “Hapus” untuk menghapus data petugas.

e. Klik tombol “X” dipojok kanan atas untuk keuar kehalaman menu utama.

c. Menu Laporan

1. Laporan Parkir Pertanggal

Gambar 11 Form Laporan Parkir Pertanggal Laporan Parkir Pertanggal akan menampilkan data parkir masuk dan keluar untuk kemudian diprint. Berikut cara penggunaannya:

1. Klik tombol “PRINT” untuk mencetak Laporan Parkir Pertanggal.

2. Klik tombol “X” yang ada dipojok kanan atas untuk kembali kehalaman menu utama.

2. Laporan Parkir Masuk

Menu ini digunakan untuk menampilkan jasper report Laporan Parkir Masuk.

3. Laporan Parkir Keluar

Menu ini digunakan untuk Menampilkan jasper report Laporan Parkir Keluar.

4. Laporan Petugas

Gambar 12 Form Laporan Petugas Laporan Parkir Pertanggal akan menampilkan data parkir untuk kemudian diprint. Berikut penjelasannya:

(6)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 12 1. Klik tombol “Cetak” untuk mencetak

laporan petugas.

2. Klik tombol “X” yang ada dipojok kanan atas untuk kembali kehalaman utama.

d. Menu Data 1. History

Gambar 13 Form History

form ini digunakan untuk mencari data kendaraan siswa berdasarkan nomor polisi.

1. Masukkan nomor polisi kedalam kolom disebelah icon cari, maka data akan muncul sesuai nomor polisi yang di masukkan.

2. Klik tombol “Batal” untuk kembali kehalaman utama.

3. Tampilan Login Petugas

Halaman ini menampilkan menu login yang digunakan untuk mengakses Aplikasi. Seperti langkah dibawah ini :

d. Inputkan Username dan Password.

e. Klik tombol “Login Now” maka halaman Menu Utama akan tampil.

Gambar 14 Form Login Petugas

Pada Form login ini, Petugas diminta mengisi username dan password agar bisa menggunakan aplikasi ini.

Langkah-langkah dalam proses login ini adalah : 1. Masukkan username dan password

kedalam kolom yang telah disediakan.

2. Klik tombol Login Now untuk masuk ke aplikasi. Ketika username dan password benar maka akan tampil halaman menu utama.

4. Tampilan Menu Utama Petugas

Halaman ini menampilkan menu utama yang digunakan untuk menampilkan sub menu yang lain yaitu:

a. User, didalam User terdapat 2 sub menu yaitu Keluar, LogOut.

b. Master, didalam Master terdapat sub menu yaitu Master Table.

c. Harian, didalam Harian sub menu yaitu Laporan Harian.

d. Data, didalam data terdapat 2 sub menu yaitu history Parkir, Data Kendaraan.

Gambar 15 Form Menu Utama Petugas Pada form menu utama ini, sistem menyediakan Menu User yang terdiri dari 2 sub menu yaitu (keluar,logout), Menu Master yang terdiri dari sub menu yaitu (Master Table) untuk menambah data parkir masuk dan juga keluar, Menu Harian yang terdiri dari sub menu yaitu (Laporan Petugas) untuk absensi laporan setiap hari, Menu Data yang terdiri dari sub menu (History Parkir,Data Kendaraan) untuk melihat data parkir dan juga menambah data kendaraan siswa/guru.

a. Menu User 1. Keluar

Menu ini digunakan untuk keluar dari aplikasi kehalaman desktop.

2. LogOut

Menu ini digunakan untuk keluar kehalaman Login.

b. Menu Master Table 1. Parkir Masuk

Gambar 16 Form Parkir Masuk

(7)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 13 Parkir Masuk digunakan untuk input data

kendaraan masuk, menghapus kendaraan masuk, dan juga mencetak data kendaraan masuk:

1. Letakkan kursor kedalam kolom nomor polisi, arahkan scanner ke QrCode siswa untuk memunculkan data kendaraan.

2. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan data kendaraan yang telah discan sebelumnya.

3. Klik tombol “Hapus” untuk menghapus data kendaraan masuk.

4. Klik tombol “Print” untuk mencetak laporan kendaraan masuk.

5. Klik tombol “Batal” untuk membatalkan inputan kendaraan masuk.

6. Klik tombol “X” yang ada dipojok kanan atas untuk kembali ke halaman menu utama.

2. Parkir Keluar

Gambar 17 Form Parkir Keluar

Parkir Keluar digunakan untuk input data kendaraan keluar, menghapus kendaraan keluar, dan juga mencetak data kendaraan keluar:

1. Letakkan kursor kedalam kolom nomor polisi, arahkan scanner ke QrCode siswa untuk memunculkan data kendaraan.

2. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan data kendaraan yang telah discan sebelumnya.

3. Klik tombol “Hapus” untuk menghapus data kendaraan keluar.

4. Klik tombol “Print” untuk mencetak laporan kendaraan keluar.

5. Klik tombol “Batal” untuk membatalkan inputan kendaraan keluar.

6. Klik tombol “X” yang ada dipojok kanan atas untuk kembali ke halaman menu utama.

c. Menu Harian 1. Laporan Petugas

Gambar 18 Form Laporan Petugas Form ini digunakan untuk melakukan input absen dan laporan harian petugas:

1. Input nama dan nomor HP kedalam kolom yang telah disediakan.

2. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan data laporan petugas harian.

3. Klik tombol “Batal” untuk membatalkan inputan laporan petugas harian.

4. Klik tombol “X” yang ada dipojok kanan atas untuk kembali ke halaman menu utama.

d. Menu Data 1. History Parkir

Gambar 19 Form History Parkir

Form ini digunakan untuk mencari data kendaraan siswa berdasarkan nomor polisi.

1. Masukkan nomor polisi kedalam kolom disebelah icon cari, maka data akan muncul sesuai nomor polisi yang di masukkan.

2. Klik tombol “Batal” untuk kembali kehalaman utama.

2. Data Kendaraan

Gambar 20 Form Data Kendaraan

(8)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 14 Form ini digunakan untuk menyimpan data

kendaraan siswa dan juga mencetak QrCode kendaraan.

1. Masukkan nomor polisi, nama pemilik, nama siswa, jenis kendaraan ke dalam kolom yang telah disediakan.

2. Klik tombol “Buat QrCode” untuk mencetak QrCode kendaraan.

3. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan data kendaraan.

4. Klik tombol “X” yang ada dipojok kanan atas untuk kembali kehalaman utama 5. Output Sistem

1. Laporan Parkir Pertanggal

Gambar 21 Laporan Parkir Pertanggal 2. Laporan Parkir Masuk

Gambar 22 Laporan Parkir Masuk 3. Laporan Parkir Keluar

Gambar 23 Laporan Parkir Keluar

4. Laporan Petugas

Gambar 24 Laporan Petugas

5. KESIMPULAN

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dengan mengamati dan menganalisa sistem pengolahan data digunakan serta dilandasi oleh teori-teori yang berkaitan dengan penelitian.

Maka penulis dapat menyimpulkan bahwa perlu diterapkannya sistem komputer dengan menggunakan suatu sistem sebagai pengganti sistem lama yang ditangani. Berdasarkan uraian- uraian di atas dan perancangan sistem dimaksud di dalam skripsi ini, maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa:

1. Sistem ini mengubah sistem parkir di sekolah menjadi lebih efisien dan juga aman.

2. Sistem ini memberi kemudahan pada petugas parkir dalam menjalankan pekerjaannya.

3. Sistem ini mempermudah dalam pencatatan data parkir masuk dan parkir keluar

4. Sistem ini mudah untuk di gunakan dan juga dijalankan.

6. REFERENSI

Arief,Rudyanto. 2012. Pemograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL.

Yogyakarta:Penerbit Andi Publisher Indrajani. ,2011. Perancangan Basis Data dalam

All in 1. Jakarta:Penerbit PT Elex Media Komputindo

Ignas. 2014. Sistem Informasi Penjualan Online untuk Tugas Akhir. Yogyakarta:Penerbit CV ANDI OFFSET

Kristanto,Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya.

Yogyakarta:Penerbit GAVA MEDIA Saputra,Agus. 2014. Proyek Membuat Website

Periklanan dengan PHP. Jawa Barat:Penerbit CV. ASFA Solution

(9)

JURNAL MANAJENEN DAN TEKNOLOGI INFORMASI Page 15 Sutabri,Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi.

Yogyakarta:Penerbit Andi

Asmara Rini . 2016. SISTEM INFORMASI

PENGOLAHAN DATA

PENANGGULANGAN BENCANA PADA

KANTOR BADAN

PENANGGULANGAN BENCANA

DAERAH (BPBD) KABUPATEN

PADANG PARIAMAN. J-Click,3(2), 81- 90

Asparizal, Azkiya Ahmedika, Samuel Radot Martua Siregar. 2021. PENGEMBANGAN APLIKASI BIMIBINGAN TUGAS AKHIR PADA AMIK DUMAI. Lentera Dumai, 12(1), 9-18

Azkiya Ahmedika, Saputra Ade, Sari, Sofia.

2018. APLIKASI PENYEWAAN

PERLENGKAPAN PERNIKAHAN PADA QINOY SALON BERBASIS WEB.

Lentera Dumai, 9(1), 29-34

Barii.W.H Maria, Arie. 2015. Perancangan Aplikasi SMS GATEWAY Untuk Pembuatan Kartu Perpustakaan di Fakultas Teknik Unsrat. Teknik Elektro dan Komputer. 4(1), 23-28

Christine Simanjuntak GM Devy, Dr.Rer.Oec.Arfan. 2017. Analisis Perancangan Sistem Barcode dalam Menangani Aliran Raw Material Kayu pada Departemen Lumberyard di PT Ebako Nusantara Semarang . Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 4(2), 1-13 FahziMohd. Razief,Suroto. 2017. SISTEM

INFORMASI PENGENDALIAN

KEGIATAN PEMBANGUNAN PADA PEMERINTAH KOTA BATAM. Ilmiah Zona Komputer, 7(3), 17-35

Fanny Andalia, Eko Budi Setiawan. 2015.

PENGEMBANGAN SISTEM

INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENCARI KERJA PADA DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA KOTA PADANG.

Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 4(2), 93-97

Firmantoro Kiki, Anton. 2016. ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN

UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Techno Nusa Mandir, 13(2), 14-22 Hendini Ade. 2016. PEMODELAN UML

SISTEM INFORMASI MONITORING

PENJUALAN DAN STOK

BARANG (STUDI KASUS: DISTRO ZHEZHA PONTIANAK). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, 4(2), 107-116

Kaharu Sanintan, Abd. Haliq E. Pasau. 2018.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI DATA PEGAWAI KANTOR UNIT

PENYELENGGARA PELABUHAN

KELAS III AMPANA. Elektronik SMTIK Bina Mulia,4(1), 22-34

Pratiwi, Fitri, Adrianto Sukri, Adi. 2018.

SISTEM PENGOLAHAN DATA NILAI SISWA BERSTANDAR KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 2 DUMAI. SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 4(1), 1-9 Rohensih , Suwarni. 2015. REKAYASA

PERANGKAT LUNAK APLIKASI

DICTIONARY by DEKSTOP UNTUK 5000 KATA Rohensih. Teknologi Informasi,1(1), 35-41

Rouly Doharma, Dian Mahfiroh. 2018.

PERNACANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN PRESTASI SISWA PADA SDN GROGOL SELATAN 13. Sistem Informasi, 4(2), 34-43

Siswanto, Suwarni. 2011. SISTEM INFORMASI

AKSES PELAYANAN MARKAS

MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL DI POLDA BENGKULU. Jurnal Media Infotama, 7(2), 121-139

Figur

Gambar 1 Kerangka Kerja Penelitian  1.  Mengidentifikasi Masalah

Gambar 1

Kerangka Kerja Penelitian 1. Mengidentifikasi Masalah p.2
Gambar 2 Contex Diagram  2. Data Flow Diagram level 1

Gambar 2

Contex Diagram 2. Data Flow Diagram level 1 p.3
Gambar 5 Form Login Admin

Gambar 5

Form Login Admin p.4
Gambar 10 Form Tambah Petugas  Form  ini  digunakan  untuk  menambahkan  data  petugas:

Gambar 10

Form Tambah Petugas Form ini digunakan untuk menambahkan data petugas: p.5
Gambar 9 Form Ganti Password

Gambar 9

Form Ganti Password p.5
Gambar 13 Form History

Gambar 13

Form History p.6
Gambar 18 Form Laporan Petugas  Form ini digunakan untuk melakukan input absen  dan laporan harian petugas:

Gambar 18

Form Laporan Petugas Form ini digunakan untuk melakukan input absen dan laporan harian petugas: p.7
Gambar 17 Form Parkir Keluar

Gambar 17

Form Parkir Keluar p.7
Gambar 22 Laporan Parkir Masuk  3. Laporan Parkir Keluar

Gambar 22

Laporan Parkir Masuk 3. Laporan Parkir Keluar p.8
Gambar 21 Laporan Parkir Pertanggal 2. Laporan Parkir Masuk

Gambar 21

Laporan Parkir Pertanggal 2. Laporan Parkir Masuk p.8

Referensi

Related subjects :

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di