BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah. Dunia Asuransi terus berkembang dengan pesat pada saat ini di Indonesia

Teks penuh

(1)

1

Dunia Asuransi terus berkembang dengan pesat pada saat ini di Indonesia khususnya di Jakarta. Asuransi merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Terlepas apakah mampu atau tidak secara financial, setiap orang membutuhkan perlindungan atas kemungkinan resiko yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Hal tersebut yang memicu banyaknya perusahaan baru yang bergerak dibidang Asuransi bermunculan di Indonesia.

Setiap perusahaan tentunya bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya demi kelangsungan hidup usaha mereka, dapat bersaing dengan perusahaan yang lain dan memiliki citra dan reputasi perusahaan yang baik. Namun upaya untuk mencapai hal tersebut tidak dapat dilakukan hanya dengan memperhatikan urusan keuangan, produksi dan pemasaran semata. Ada hal-hal penting lain yang juga harus diperhatikan, salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan mendekatkan diri pada publik-publik perusahaan. Dalam manajemen modern, keberhasilan perusahaan memperoleh kepuasan publiknya dapat menjadi indikator keberhasilan perusahaan. Perusahaan yang gagal biasanya mengalami kehilangan kepercayaan dari konsumen, komunitas, karyawan dan dari para stakeholder lainnya.

(2)

Selain itu menjalin hubungan baik dengan customer atau nasabah juga dapat menumbuhkan dukungan dan sikap yang positif publik terhadap perusahaan. dukungan positif tersebut dapat berimplikasi pada meningkatnya citra perusahaan. citra positif yang baik akan memberikan keuntungan yang banyak kepada perusahaan, salah satunya adalah kepecayaan publik pada perusahaan. Citra yang baik merupakan suatu hal yang penting dalam dunia usaha. Perusahaan yang tidak memiliki citra yang baik akan sulit berkembang dan pada akhirnya tidak akan mampu bersaing dengan usaha-usaha lain.

Public relations (PR) merupakan suatu jembatan penghubung antara suatu perusahaan dengan publik. Pada dasarnya kegiatan Public Relations adalah untuk membentuk suatu pandangan yang baik dari publik sehingga menciptakan kepercayaan publik terhadap perusahaan. Public Relations tidak hanya dituntut untuk menjaga hubungan baik dengan khalayak atau media. Tetapi kegiatan Public Relations saat ini sudah lebih luas cakupannya. Seorang Public Relations dituntut untuk mampu merencanakan serta menjalankan program-program yang mampu menumbuhkan suatu kepercayaan baik itu dari publik internal maupun eksternal.

Citra adalah salah satu asset terpenting dari perusahaan atau organisasi. Citra yang baik merupakan perangkat yang kuat bukan hanya untuk menarik konsumen

(3)

kepuasan konsumen terhadap perusahaan.

PT Pan Pacific Insurance merupakan perusahaan asuransi yang memiliki produk-produk asuransi umum yang lengkap. PT Pan Pacific Insurance berawal dari PT Asuransi Jaya Inti yang berdiri pada tanggal 27 Februari 1997 di Jakarta yang kemudian berubah nama dan kepemilikan saham pada tahun 2007. PT Pan Pacific Insurance telah mengukuhkan diri menjadi salah satu perusahaan asuransi umum yang berkembang pesat dan terpercaya dalam kurun waktu 5 tahun, dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai lembaga pemeringkat terpercaya.

PT Pan Pacific Insurance menyadari untuk bertahan dalam dunia bisnis yang bergerak dibidang Asuransi yang terus berkembang ini, PT Pan Pacific Insurance tidak bisa hanya mengandalkan keuangan, produksi dan pemasaran semata. Untuk meningkatkan hal tersebut maka dibutuhkan aspek lain untuk menunjangnya, salah satunya adalah dengan mengadakan program PR berupa kegiatan sosial “Panfic Cares Blood Donation” yang dilaksanakan rutin selama 3 bulan sekali guna meningkatkan citra perusahaan PT Pan Pacific Insurance dimata publik. Divisi PR PT Pan Pacific Insurance mengadakan acara tersebut selama 3 bulan sekali karena umur sel darah merah kurang dari 120 hari (4 bulan) oleh karena itu donor darah harus ada jedanya selama 3-4 bulan, agar tubuh peserta yang mengikuti kegiatan donor darah ini dan ingin ikut kembali dapat menggantikan darah yang diambil pada saat donor darah.

(4)

Kegiatan “Panfic Cares Blood Donation” pada saat ini hanya dilakukan di kantor pusat PT Pan Pacific Insurance yang berada di JL. MT Haryono kav 15 Gedung Graha Pratama Lantai 6. PT Pan Pacific Insurance saat ini memiliki 18 Cabang yang berada di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Medan, Padang, Surabaya, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Balikpapan, Makasar dan Bali. Untuk kedepannya Divisi Public Relations PT Pan Pacific Insurance akan mengadakan “Panfic Cares Blood Donation” tersebut disemua cabang. “Panfic Cares Blood Donation” sudah dilaksakan semenjak 2 tahun terakhir yaitu sejak tahun 2012, kegiatan tersebut di adakan untuk umum, terutama bagi para Customer PT Pan Pacific Insurance. PT Pan Pacific Insurance mengadakan kegiatan “Panfic Cares Blood Donation” ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat terutama bagi yang membutuhkan, setiap tetes darah yang disumbangkan akan membawa manfaat bagi setiap pendonornya serta akan menumbukan rasa jiwa sosial yang tinggi dan tentu saja akan memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya.

Berbeda dengan acara Donor Darah kebanyakan, dalam acara “Panfic Cares Blood Donation” ini PT Pan Pacific bekerjasama dengan pihak PMI mengadakan sosialisasi tentang donor darah seperti pengetahuan donor darah, apa manfaat berdonor darah dan sebagainya. Selain itu PT Pan Pacific Insurance menyediakan berbagai souvenir yang diberikan kepada pendonor yang sudah bersedia mengikuti

(5)

agenda, memo box, pocket memo, pulpen dan mug PT Pan Pacific Insurance.

Dengan kegiatan tersebut, selain untuk mewujudkan komitmen sebagai perusahaan yang peduli terhadap karyawan PT Pan Pacific Insurance dan lingkungan sekitar, PT Pan Pacific Insurance juga berusaha untuk meningkatkan padangan atau citra positif perusahaan dimata masyarakat. Dalam pelaksanaaannya tentunya kegiatan-kegiatan tersebut melibatkan banyak pihak dengan tujuan yang berbeda-beda.

Akan sangat menarik untuk peneliti dalam mengkaji lebih dalam lagi sejauh mana pengaruh program kegiatan PR “Panfic Blood Cares Donation” terhadap citra perusahaan PT Pan Pacific Insurance. Karena berdasarkan data-data yang ada dan pengalaman perusahaan-perusahaan yang menjalankan program kegiatan PR, telah terbukti bahwa pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut oleh perusahaan telah memberikan hasil yang sangat positif terhadap perkembangan perusahaan dan secara nyata meningkatkan performa atau keuntungan. Sebagai perusahaan yang baru 5 tahun berada di dunia binis perasuransian Indonesia PT Pan Pacific Insurance masih membutuhkan banyak kepercayaan dari masyarakat, dengan umur yang masih tebilang sangat muda ini PT Pan Pacific Insurance masih sangat membutuhkan menumbuhkan Citra positif dimata publik. Citra yang positif akan dapat menumbuhkan rasa percaya pada masyarakat dan loyalitas pelanggan akan meningkat atas kepercayaan tersebut, Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk program kegiatan

(6)

“Panfic Cares Blood Donation”. Program PR Panfic Cares Blood Donations ini merupakan program PR pertama yang diadakan oleh Divisi PR PT Pan Pacific Insurance. Perencanaan program kerja yang baik dan matang akan menghasilkan hasil yang nyata, jika program PR sudah terencana dengan baik dan tepat sasaran maka akan berdampak pada citra perusahaan yang positif dimata publik. Namun jika perencanaan tidak matang maka hasil yang didapatkan pun tidak akan berpengaruh terhadap citra perusahaan.

Dalam perjalanan usahanya PT Pan Pacific Insurance juga menyadari pentingnya hubungan yang baik dengan para customer atau pelanggan. Sesuai dengan tag line dari PT Pan Pacific Insurance yaitu “Passion to serve”, PT Pan Pacific Insurance percaya bahwa apa yang mereka lakukan tidak akan terlepas dari peran pelanggan, sebagai perusahaan yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budaya perusahaan, PT Pan Pacific Insurance menyadari bahwa setiap kontribusi yang mereka lakukan terhadap pelanggan akan berdampak baik bagi kelangsungan usaha mereka.

1.2. Perumusan Masalah

Sejauh mana Pengaruh Program Public Relations Panfic Cares Blood Donation Terhadap Citra Perusahaan PT Pan Pacific Insurance (Kajian Di Kantor Pusat PT Pan Pacific Insurance) ?

(7)

Panfic Cares Blood Donation Terhadap Citra Perusahaan PT Pan Pacific Insurance (Kajian Di Kantor Pusat PT Pan Pacific Insurance).

1.4. Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini dapat memberikan manfaat secara : 1. Manfaat Akademis/Teoritis

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi akademis dalam ilmu komunikasi di bidang studi Public Relations tentang Pengaruh Program PR terhadap Citra Perusahaan. Dalam penelitian ini juga diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengetahuan peneliti.

2. Manfaat Praktis

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran atau masukan bagi organisasi/perusahaan, terutama mengenai pengaruh program PR terhadap citra perusahaan. Penelitian tentang program PR ini juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan citra perusahaan dimata publik, juga memberikan kontribusi untuk menciptakan citra positif dalam pandangan Publik. Serta mendapatkan pengalaman kerja yang terkait dengan aplikasi ilmu komunikasi dalam organisasi perusahaan.

(8)

3. Manfaat Sosial

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial bagi masyarakat luas mengenai pentingnya melakukan kegiatan sosial donor darah dan kegiatan tersebut berguna bagi kelangsungan hidup orang banyak.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :