BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN. Analisis game merupakan analisis yang meliputi dua hal yaitu analisis game

138  Download (0)

Teks penuh

(1)

52 BAB 3

ANALISIS DAN PERANCANGAN

3.1. Analisis Game

Analisis game merupakan analisis yang meliputi dua hal yaitu analisis game sejenis dan analisis user. Analisis game sejenis dilakukan dengan melakukan observasi terhadap game-game sejenis, sedangkan analisis user dilakukan dengan menyebarkan kuisioner.

3.1.1 Analisis Game Sejenis

Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap game-game yang sejenis, baik yang sudah dapat dimainkan secara online maupun yang belum. Tujuan dari analisis ini yaitu untuk mendapatkan konsep permainan dan perbandingan dari board game yang sudah ada.

Game-game yang dibandingkan adalah Monopoli, Yu-gi-Oh dan Ular Tangga. Ketiga game ini dipilih karena terdapat banyak referensi yang bisa diperoleh dari ketiga game tersebut. Monopoli dan ular tangga dipilih untuk mewakili gameplay, sedangkan Yu-gi-Oh mewakili permainan kartu. Selain itu, kelebihan dari ketiga game tersebut antara lain adalah sudah terdapat versi online nya dan juga sudah terkenal.

A. Monopoli

Monopoli (Monopoly) adalah salah satu permainan papan / board game yang paling terkenal di dunia. Sebelum Monopoli sudah ada permainan-permainan yang serupa, di antaranya adalah The Landlord's Game yang

(2)

diciptakan oleh Elizabeth Magie untuk mempermudah orang mengerti bagaimana tuan-tuan tanah memperkaya dirinya dan mempermiskin para penyewa. Elizabeth Magie memperkenalkan permainan ini di tahun 1904.

Gambar 3.1 Papan Permainan Monopoli Versi Board Game

Walaupun permainan ini dipatenkan, tidak ada produsen yang memproduksinya secara luas sampai tahun 1910 oleh The Economic Game Company di New York. Di Britania Raya permainan ini diterbitkan pada tahun 1913 oleh The Newbie Game Company di London dengan nama Brer Fox an' Brer Rabbit.

Selain melalui penjualan, permainan ini juga tersebar dari mulut ke mulut dan variasi-variasi lokal juga mulai berkembang. Salah satunya adalah yang disebut Auction Monopoly atau kemudian disingkat menjadi Monopoly.

(3)

Permainan ini kemudian dipelajari oleh Charles Darrow dan dipatenkan dan dijual olehnya kepada Parker Brothers sebagai penemuannya sendiri. Parker mulai memproduksi permainan ini secara luas pada tanggal 5 November 1935.

Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.

Untuk memainkan Monopoli, dibutuhkan peralatan-peralatan ini (biasanya sudah tersedia):

• Bidak-bidak untuk mewakili pemain. Dalam kotak Monopoli disediakan sepuluh bidak yaitu topi, setrika, anjing, kapal perang, mobil, gerobak, gelas, meriam, kuda dan sepatu.

• Dua buah dadu bersisi enam.

• Kartu hak milik untuk setiap properti. Kartu ini diberikan kepada pemain yang membeli properti itu. Di atas kartu tertera harga properti, harga sewa, harga gadai, harga rumah dan hotel.

• Papan permainan dengan petak-petak.

• 22 tempat, dibagi menjadi 8 kelompok berwarna dengan masing-masing dua atau tiga tempat. Seorang pemain harus menguasai satu kelompok warna sebelum ia boleh membeli rumah atau hotel.

(4)

• 4 stasiun kereta. Pemain memperoleh sewa lebih tinggi bila ia memiliki lebih dari satu stasiun. Tapi di atas stasiun tidak boleh dibangun rumah atau hotel. • 2 perusahaan, yaitu perusahaan listrik dan perusahaan air. Pemain

memperoleh sewa lebih tinggi bila ia memiliki keduanya. Rumah dan hotel tidak boleh dibangun di atas perusahaan.

• Petak-petak Dana Umum dan Kesempatan. Pemain yang mendarat di atas petak ini harus mengambil satu kartu dan menjalankan perintah di atasnya. • Uang-uangan Monopoli.

• 32 rumah dan 12 hotel dari kayu atau plastik. Rumah biasanya memiliki warna hijau, hotel warna merah.

• Kartu-kartu Dana Umum dan Kesempatan.

Hingga saat ini banyak seri baru dalam game monopoli, seperti monopoli city, monopoli express dan sebagainya. Monopoli juga dapat di mainkan secara online di http://board-games.pogo.com/games/monopoly.

(5)

B. Yu-Gi-Oh! Trading Card Game

Yu-Gi-Oh! Trading card game adalah suatu permainan kartu yang yang di kembangkan dan diterbitkan oleh Konami. Permainan ini didasarkan pada permainan fiksi Duel Monster yang diciptakan oleh seniman komik Kazuki Takahasi.

Yu-Gi-Oh! Trading card game pertama kali diluncurkan oleh Konami pada tahun 1999, dan Trading card game ini juga merupakan Trading card game terlaris di dunia yang sampai pada tanggal 7 July 2009, kartu yang terjual sebanyak 22 mililar kartu di seluruh dunia. Dan sampai saat ini game ini terus digemari dan dimainkan di seluruh dunia, terutama di Jepang, Amerika Utara, Eropa dan Australia.

 

Gambar 3.3 Kartu Yu-Gi-Oh! Trading Card Game Peraturan dan cara bermain Yu-Gi-Oh! Trading card game :

Setiap pemain diberikan LP (Life points) nyawa sebesar 8000 LP.

• Minimal kartu dalam deck harus ada 40 buah, maksimal 60, atau akan didisfikualisasi

Maksimal kartu yang ada di tangan, pada saat End Phase adalah 6, lebih dari itu harus dibuang jumlah yang berlebih ke dalam Graveyard, kecuali oleh efek karu khusus seperti Infinite Card.

(6)

Life point yang berkurang biasanya sesuai selisih attack point musuh dengan attack point monster sendiri dan dalam posisi menyerang, sedangkan monster dalam posisi bertahan life point pemain tidak berkurang. Jika monster menyerang dengan musuh poin serangan sama, maka kedua monster akan hancur dan tidak terjadi damage.

• Kondisi untuk menang adalah : o Menghabiskan "Life point" Musuh

o Berhasil mengumpulkan 5 kartu bagian Exodia di tangan o Lawan menyerah

o Menghabiskan Deck Lawan sehingga lawan tidak dapat menarik kartu lagi dari tumpukan deck

o Akibat efek dari kartu tertentu seperti Destiny Board, Final Countdown, Ulevo, atau Vennominaga.

• Hanya boleh maksimal 3 kartu yang bernama sama persis dalam sebuah deck. Area permainan pada permainan Yu-Gi-Oh! Trading card game terbagi atas :

Field

Tempat menaruh monster yang aktif di arena, jumlah maksimal 5 Spell/Trap Field

Tempat menaruh kartu Magic/Spell dan Trap, jumlah maksimal 5 Field Magic

Kartu ini mengubah area pertarungan, bukan berada di Spell / Trap Field tapi hanya diperbolehkan satu saja di setiap area pemain.

(7)

Kartu di tangan maksimal 6, lebih dari itu pada setiap End-turn, player yang memiliki kartu yang berlebih harus membuang kartu yang ada di tangan player sehingga berjumlah 6 kembali, kecuali efek kartu yang aktif seperti Infinite Card.

Deck

Jumlah minimal harus 40 kartu, boleh lebih hingga maksimal 60 kartu tapi tidak boleh kurang.

Graveyard

Area tempat penampungan kartu kartu yang telah "mati" dalam pertempuran, atau kartu kartu spell/trap yang telah terpakai

Remove from Play

Berfungsi sama seperti graveyard, fungsi semula area ini adalah kartu kartu dalam area ini dianggap telah hilang dari permainan, sehingga apabila pemain mengaktivasikan kartu dalam area Remove From Play tidak dimasukkan kembali ke dalam deck, namun seiring dengan berkembangnya permainan, kini telah banyak support untuk Remove From Play.

Extra Deck

Dulu bernama Fusion Deck, yang tidak memiliki batas maksimal, yang pada 2009 dirubah, sehingga kini disebut Extra Deck, dan hanya memiliki batas maksimal 15 kartu saja. Extra Deck adalah tempat menaruh Fusion Monster dan Synchro Monster.

Jenis-jenis kartu pada permainan Yu-Gi-Oh! Trading card game : Monster Card, terbagi atas 7 yaitu :

(8)

Effect Monster Spirit Monster

Kartu ini dianggap Effect Monster, hanya saja perbedaan dari kartu lainnya saat End Phase (giliran berakhir) harus dikembalikan ke tangan dan harus di-Summon lagi supaya berada di arena, kecuali efek kartu Spirit yang lainnya. Union Monster

Kartu ini sama seperti Effect, namun efek khususnya dapat dijadikan sebagai Equip Spell Card. Saat dijadikan Equip, efek pada kartu tersebut aktif dan jika kartu monster itu musnah, maka Union monster yang musnah.

Fusion Monster

Kartu gabungan satu monster dengan monster lain. Ditaruh di Extra deck. Kartu ini tidak dapat dilihat oleh pemain lawan, dan ditaruh secara face-down. Ritual Monster

Adalah kartu khusus yang dipanggil dengan Ritual Spell tertentu. Kartu Ritual memerlukan pengorbanan kartu baik di field dan graveyard hingga levelnya mencukupi.

Divine Monster

Karena kartu dengan tipe ini adalah God Cards, dan God Cards merupakan kartu yang tidak bisa dipakai dalam Duel, hal ini tertulis pada kartu God Cards itu sendiri.

Kartu monster masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa sub-kategori yang masing masing masih memiliki pembagian lagi. Namun secara garis besar kartu monster terdapat elemen-elemen sebagai berikut:

(9)

o Monster dengan bintang 1-4 dapat di summon langsung ke arena tanpa membutuhkan Tribute kartu monster

o Monster dengan bintang 5-6 membutuhkan 1 buah Tribute kartu monster o Monster dengan bintang 7-12 membutuhkan 2 buah Tribute kartu monster Attribute

Pada sisi kanan atas terdapat sebuah bulatan yang menggambarkan Attribute monster. yang terdiri dari 6 attribute, yaitu Dark, Light, Fire, Earth, Water, dan Wind.

Type

Pada penjelasan kartu bagian paling atas, terdapat tulisan yang menentukan tipe tertentu, Aqua, Beast, Beast-Warrior, Dinosaur, Dragon, Fairy, Fiend, Fish, Insect, Machine, Plant, Psychic (baru diperkenalkan di YGO 5D), Pyro, Rock, Reptile, Spellcaster, Sea-Serpent, Thunder, Warrior, Winged-Beast, Zombie, Divine-Beast (Divine-Beast adalah Type khusus God Cards)

ATK (Attack) dan DEF (Defence)

Merupakan poin dari serangan dan pertahanan kartu monster. Effect

Merupakan efek khusus dari kartu tersebut, biasanya efek khususnya yaitu menghancurkan lawan, mengambil kartu dari deck, dsb.

Spell Card

Kartu ini dahulunya bernama Magic. Kartu ini bisa diaktifkan secara langsung dan tidak bisa digunakan saat giliran musuh.

Normal Spell Quick-Play Spell

(10)

Kartu ini bisa digunakan langsung atau ditutup dan tidak bisa digunakan sebelum melewati satu putaran (seperti Trap). Bisa diaktifkan saat berada di tangan saat putaran sendiri. Bisa dipakai saat battle phase dari tangan.

Field Spell

Kartu ini biasanya berpengaruh pada kedua pemain. Biasanya efeknya meningkatkan atau menurunkan kemampuan monster di arena.

Continuous Spell

Kartu ini biasanya selalu berada di arena saat diaktifkan dan efek akan terus terjadi berulang-ulang. Kartu ini hanya akan musnah oleh efek khusus kartu lain.

Equip Spell

Kartu ini biasanya menambah ATK atau DEF dan dapat digunakan oleh monster lawan. Namun saat ini banyak Equip Card dapat menjadi kartu penhancur monster.

Trap Card

Kartu ini hanya bisa digunakan setelah ditutup selama setidaknya 1 putaran dan bisa digunakan saat giliran musuh juga.

Normal Trap Continuous Trap

Fungsinya sama seperti Continous Spell Counter Trap

(11)

Gambar 3.4 Permainan Yu-Gi-Oh! Trading Card Game C. Snakes and Ladders (Ular Tangga)

Snakes and Ladders (Ular tangga) adalah permainan papan / board game untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870.

(12)

Tidak ada papan permainan standar dalam ular tangga, setiap orang dapat menciptakan papan mereka sendiri dengan jumlah kotak, ular dan tangga yang berlainan.

Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama (biasanya kotak di sudut kiri bawah) dan secara bergiliran melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul. Bila pemain mendarat di ujung bawah sebuah tangga, mereka dapat langsung pergi ke ujung tangga yang lain. Bila mendarat di kotak dengan ular, mereka harus turun ke kotak di ujung bawah ular. Pemenang adalah pemain pertama yang mencapai kotak terakhir.

Biasanya bila seorang pemain mendapatkan angka 6 dari dadu, mereka mendapat giliran sekali lagi. Bila tidak, maka giliran jatuh ke pemain selanjutnya.

Saat ini terdapat game ular tangga yang berbasis web, dan terintegrasi ke dalam facebook, dimana konsep permainan masih sama, namun pada kotak tertentu akan terdapat suatu peti, dan jika kita mendapatkan peti tersebut, maka diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Dan dalam satu hari hanya disediakan 15 energy, dan jika energi tersebut telah habis, maka besoknya energi tersebut akan terisi penuh. Para pemain berlomba-lomba untuk mendapatkan skor tertinggi. Game ini dapat dimainkan di www.ulartangga.com.

(13)

Gambar 3.6 Permainan Ular Tangga Versi Online Berikut ini adalah tabel hasil perbandingan game sejenis :

Faktor Monopoli Yu-Gi-Oh! Ular Tangga

Jenis Online Board game Online Card game Online Board game URL

http://board-games.pogo.com/games/mo nopoly

www.yugioh-online.net/ www.ulartangga.com

Host International International Indonesia Status Aktif Aktif Aktif Bahasa Inggris Inggris Indonesia Objektif - Aset terbanyak - Mengalahkan lawan

- Membuat deck terkuat

- Mencapai finish dan mengumpulkan poin

(14)

Faktor Monopoli Yu-Gi-Oh! Ular Tangga

Gameplay - Menambah properti

- Mengklaim sewa - Mengumpulkan uang

- Menggunakan kartu monster

- Mengambil (draw)kartu - Mengurangi life point

musuh

- Memperkuat kartu

- Menggunakan kartu spell dan trap card

- Melempar dadu lalu menjalankan pion

- Menjawab pertanyaan

Tabel 3.1 Hasil Perbandingan Game Sejenis.

Berikut ini adalah tabel keuntungan dan kerugian game Monopoli, Yu-gi-Oh dan Ular Tangga :

Perbandingan Monopoli Yu-gi-Oh Ular Tangga

Online Ya Ya Ya

Ada Webnya Ya Ya Ya

Fasilitas Chat Ya Ya Tidak Ada Community Tidak Ya Tidak Berbasis Web Ya Tidak Ya

Harus Install Tidak Ya Tidak

Harus memakai flash player Ya Tidak Ya Memakai board Ya Ya Ya

Tema Jual beli properti Duel Card -

Tipe Traditional Board game Strategy Card game Traditional Board game Jumlah

Pemain

2- 8 Pemain 2 Pemain 1 Pemain

Lama Permainan

180 menit 20 Menit 15 Energy

Usia yang dianjurkan

8 tahun ke atas 8 tahun ke atas -

(15)

Perbandingan Monopoli Yu-gi-Oh Ular Tangga

Memakai kartu Ya Ya Tidak Menggunakan dadu Ya Tidak Ya Mengandalkan keberuntungan Ya Ya Ya

Mengandalkan Strategy Ya Ya Tidak Menambah Pengetahuan Tidak Tidak Ya

Memberikan Edukasi Ya Tidak Ya Menggunakan komponen uang / poin Ya Ya Tidak

Durasi Lama Ya Ya Tidak Umur 8 tahun ke atas Ya Ya Ya Ada batasan umur Tidak Tidak Tidak Menggunakan Pion Ya Tidak Ya

Ada Quest Tidak Ya Tidak Ada Cerita Tidak Ya Tidak

Bisa bermain lebih dari 2 orang Ya Tidak Ya

Bisa Gameover Ya Ya Tidak Ada Garis Finish Tidak Tidak Ya

Tabel 3.2 Keuntungan dan Kerugian Game Monopoli, Yu-gi-Oh dan Ular Tangga Kesimpulan :

• Masih sedikit board game yang diimplementasikan secara online dan gratis • Masih kurang board game yang memberikan manfaat edukasi kepada

pemainnya

• Masih kurang board game yang dapat menambah ilmu pengetahuan pemainnya.

(16)

3.1.2 meng perta 1. Ap a. b. Be re 2. Ap a. b. c. 2 Analisis Analisis ggunakan ku anyaan. Adap pakah jenis k Pria (32 res Wanita (18 Gamb erdasarkan esponden ada pakah pekerj Mahasiswa Karyawan Pelajar (5 r Wa 3 User user adalah uisioner yan pun pertanya kelamin and sponden) 8 responden) bar 3.7 Hasil hasil di ata alah pria. jaan anda ? a (31 respond (14 respond responden) anita 6% h analisis y ng ditanggap aannya adala da ? ) l jawaban k as, maka da den) en) yang dilaku i oleh 50 res ah seperti ya kuisioner pe apat disimpu ukan terhada sponden yan ang tertera d ertanyaan 1 ulkan bahwa Pria 64% ap user den ng terdiri dar i bawah ini : a sebagian Pria Wanita ngan ri 24 : besar

(17)

d. e. Be re 3. Ap a. b. Wiraswasta Lainnya, __ Gamb erdasarkan esponden ada pakah Anda Ya (43 resp Tidak (7 re Karyawan 28% a (0 respond ______ (0 re bar 3.8 Hasil hasil di ata alah mahasis suka berma ponden) esponden) Pelajar 10% den) esponden) l jawaban k as, maka da swa. in game ? Wiraswasta  0% kuisioner pe apat disimpu Lainnya 0% ertanyaan 2 ulkan bahwa Mahasiswa 62% a sebagian Mahasis Karyawa Pelajar Wiraswa Lainnya besar wa an asta 

(18)

Be re 4. Ap a. b. Gamb erdasarkan esponden suk pakah Anda Ya (48 resp Tidak (2 re Gamba Tidak 14% bar 3.9 Hasil hasil di ata ka bermain g pernah berm ponden) esponden) ar 3.10 Hasi T l jawaban k as, maka da game. main board g il jawaban k 8 Tidak 4% kuisioner pe apat disimpu game (Mono kuisioner pe Ya 86% Ya 96% ertanyaan 3 ulkan bahwa poli, Ular Ta ertanyaan 4 Ya Tidak a sebagian angga, dll) ? 4 Ya Tidak besar ?

(19)

Be re 5. Br a. b. c. d. e. Be re di 6. A br a. Inte Expl 4 Op 4 Goo erdasarkan esponden sud rowser apaka Mozila Fire Internet Exp Opera (2 re Google Chr Safari (0 re Gamba erdasarkan esponden leb ibanding bro Apakah And rowser) ? Ya (45 resp ernet  lorer % pera 4% ogle Chrome 24% hasil di a dah pernah b ah yang serin efox (34 resp plorer (2 res sponden) rome (12 res sponden) ar 3.11 Hasi hasil di ata bih memil owser lainny a pernah m ponden) atas, maka bermain boar ng Anda gun ponden) sponden) sponden) il jawaban k as, maka da lih menggun a. memainkan g Safari 0% dapat disi rd game. nakan? kuisioner pe apat disimpu nakan mozil game berbas Mozilla  68 impulkan b ertanyaan 5 ulkan bahwa lla sebagai

sis web (di Firefox 8% Mozilla Interne Opera Google Safari bahwa may 5 a sebagian browser m imainkan m a Firefox et Explorer  Chrome oritas besar mereka elalui

(20)

b. Be re 7. Ko a. b. c. d. e. Tidak (5 re Gamba erdasarkan esponden sud oneksi intern Dial-Up (T Cable (Fast ADSL (Spe Wireless (N Lainnya, __ Tida 10% esponden) ar 3.12 Hasi hasil di a dah pernah m net apakah y Telkomnet In tnet) (17 res eedy) (22 re Netzap, Sma ________ (3 ak % il jawaban k atas, maka memainkan g yang Anda gu nstant) (2 res ponden) sponden) art, TelkomF 3 responden) Ya 90% kuisioner pe dapat disi game berbas unakan? sponden) Flash) (6 resp ) ertanyaan 6 impulkan b sis web. ponden) Y T 6 bahwa may Ya Tidak oritas

(21)

Be re m 8. Je Gam erdasarkan esponden m mereka denga nis game ap Card Game Board Gam Game berb Consol Gam PC Game ( ADS 44% Wireles 12% mbar 3.13 H hasil di ata menggunakan an internet di a saja yang A e (contoh : U me (contoh : basis Web (co

me (contoh : (contoh : Do SL % ss Lainnya 6% Hasil jawaba as, maka da n ADSL s isusul denga Anda sukai ? Uno, Kartu R Monopoli, C ontoh : Trav : Playstation ota, Ragnarok Dial  4% an kuisione apat disimpu ebagai med an mengguna ? (Bisa pilih Remi) (40 res Catur) (43 re vian, MafiaW n, Xbox) (35 k, Dragonica Up % Cable 34% er pertanyaa ulkan bahwa dia untuk akan media c h lebih dari sa sponden) esponden) Wars) (28 res responden) a, Fable) (32 e % Dia Cab ADS Wir Lain an 7 a sebagian menyambun cable. atu) sponden) 2 responden) l Up ble SL reless nnya besar ngkan )

(22)

Be re 9. M da G erdasarkan esponden per Manakah jenis ari satu) Abstract G Party Game Word Gam Traditional Role Playin German-sty War games Gam Consol Game 20% PC Gambar 3.14 hasil di a rnah bermain s board gam ames (Catur es (Uno) (32 mes (Scrabble l Board Gam ng Games (D yle Games / s (Conflict o me Berbasis  Web 16% C Game 18% 4 Hasil jawa atas, maka n board gam me dibawah i r, Ludo) (40 2 responden) e, Hangman) mes (Ular Tan

Dungeon & D Eurogame ( f Heroes) (1 Board Gam 24% aban kuisio dapat disim me.

ini yang And

responden) ) ) (35 respond ngga, Mono Dragon, Ark (Puerto Rico 2 responden Card Gam 22% me oner pertany mpulkan ba da ketahui ? den) poly) (48 re kham Horror , Agricola) ( n) me Ca Bo Ga Co PC yaan 8 ahwa mayo (Bisa pilih l sponden) r) (18 respon (0 responden rd Game oard Game ame Berbasis W onsol Game C Game oritas lebih nden) n) Web

(23)

Be ga di 10. D a. b. c. d. T Gamba erdasarkan h ame merupa ibandingkan Dimana And Rumah / Ko Kantor (4 re Kafe (0 resp Lainnya, __ Traditional  Board 26% Role Playing 10% German  0% ar 3.15 Hasi hasil di atas akan board dengan boa da biasanya b os (44 respon esponden) ponden) ________(2 g Style W il jawaban k s, maka dap game yang ard game lain

bermain boar nden) responden) Wo 19% War 6% kuisioner pe pat disimpulk g paling di nnya. rd game ? Abstract 22% Pa 1 ord % ertanyaan 9 kan bahwa ikenal oleh arty 17% Abs Part Wo Trad Role Ger Wa 9 traditional b masyarakat stract ty rd ditional Board e Playing rman Style r board t jika

(24)

Be re 11. D a. b. c. d. e. f. g. Gamba erdasarkan esponden bia Dimana And Rumah / Ko Warnet (0 re Kantor (14 Kampus (0 Mall (0 resp Kafe (0 resp Lainnya, __ Kanto 8% ar 3.16 Hasil hasil di a asanya berma da sering men os (35 respon esponden) responden) responden) ponden) ponden) ________ (1 or Kafe 0% l jawaban k atas, maka ain board ga ngakses inte nden) responden) Lainnya 4% kuisioner pe dapat disi ame di ruma rnet ? Rumah /  88% ertanyaan 1 impulkan b h / kos. Kos Rumah Kantor Kafe Lainny 0 bahwa may h / Kos r a oritas

(25)

Be re 12.Ji un a. b. c. d. Warn 0% Gamba erdasarkan esponden me ika Anda su ntuk bermain Kurang dar 1-3 jam (28 3-5 jam (12 Di atas 5 ja net % Kantor 28% Mal 0% ar 3.17 Hasil hasil di a engakses inte udah bermain n game terse ri 1 jam (5 re 8 responden) 2 responden) am (5 respon Ru Kampus 0% ll % l jawaban k atas, maka ernet di ruma n game, bera ebut dalam se esponden) ) ) nden) mah / Kos 70% Kafe 0% Lainny 2% kuisioner pe dapat disi ah / kos. apa rata-rata ehari? ya ertanyaan 1 impulkan b a waktu yan Rum War Kant Kam Mal Kafe Lain 1 bahwa may ng Anda hab mah / Kos rnet tor mpus l e nya oritas biskan

(26)

Be re 13.B da a. b. c. d. 3 ‐ 5 24 Gamba erdasarkan esponden me Berapa lama alam satu ha Kurang dar 1-3 jam (16 3-5 jam (8 Diatas 5 jam 5 jam 4% Di ar 3.18 Hasil hasil di at enghabiskan waktu yang ari ? ri 1 jam (1 re 6 responden) responden) m (25 respon  atas 5 jam 10% l jawaban k tas, maka 1-3 jam wak g biasanya A esponden) ) nden) Ku kuisioner pe dapat disim ktunya untuk Anda habisk urang dari 1 jam 10% 1 ‐ 3 jam 56% ertanyaan 12 mpulkan bah k bermain ga an untuk me m Kuran 1 ‐ 3 ja 3 ‐ 5 ja Di ata 2 hwa kebany ame dalam s engakses int ng dari 1 jam am am s 5 jam yakan sehari. ternet

(27)

Be re in 14.S a. b. c. d. Di atas 5 j 50% Gamba erdasarkan esponden me nternet. eberapa seri Sangat seri Sering (60 Jarang Sangat jara Kurang  2 jam ar 3.19 Hasil hasil di ata enghabiskan ng Anda ber ing (80-100% -79% dari w -59% dari w ang (< 30% d dari 1 jam 2% l jawaban k as, maka da n lebih dari rmain game % dari waktu waktu luang) waktu luang) dari waktu lu 3 ‐ 5 1 kuisioner pe apat disimpu 5 jam dala untuk meng u luang) (6 r (13 respond (18 respond uang) (13 re 1 ‐ 3 jam 32% 5 jam 16% ertanyaan 13 ulkan bahwa am sehari u

gisi waktu lua responden) den) den) esponden) Kurang dar 1 ‐ 3 jam 3 ‐ 5 jam Di atas 5 ja 3 a sebagian untuk meng ang ? ri 1 jam m besar gakses

(28)

Be ya 15.A a. b. Sang 2 Gambar erdasarkan h ang jarang m Apakah Anda Ya (50 resp Tidak (0 re Gamba Jarang 36% at jarang 26% r 3. 20 Hasi hasil di atas menggunakan a tertarik unt ponden) esponden) ar 3.21 Hasil Ya 100 il jawaban k , maka dapa n waktu luan tuk menamb l jawaban k Sangat serin 12% a 0% Tidak 0% kuisioner pe at disimpulk ngnya untuk ah pengetah kuisioner pe ng Sering 26% ertanyaan 1 kan bahwa b bermain gam huan Anda ? ertanyaan 1 Sangat seri Sering Jarang Sangat jara Ya Tidak 14 banyak respo me. 5 ing ang onden

(29)

Be in 16.A ba a. b. c. d. Be re m 17.M bo Se 3 erdasarkan h ngin menamb Apakah Anda agi kita? Sangat Setu Setuju (17 Tidak setuj Sangat tida Gamba erdasarkan esponden sa memberikan e Menurut And oard game ? etuju 34% T hasil di atas bah pengetah a setuju jika uju (32 respo responden) ju (1 respond ak setuju (0 r ar 3.22 Hasil hasil di a angat setuju edukasi . da, berapa b San Tidak setuju 2% s, maka dap huannya. game yang onden) den) responden) l jawaban k atas, maka u bahwa g banyak jum gat setuju 64% Sangat tidak  setuju 0% at disimpulk baik adalah kuisioner pe dapat disi game yang mlah pemain kan bahwa s game yang ertanyaan 1 impulkan b g baik ada n yang ideal Sangat set Setuju Tidak setuj Sangat tida semua respo memiliki ed 6 bahwa may alah game l dalam ber uju ju ak setuju onden dukasi oritas yang rmain

(30)

a. b. c. d. Be re be 18.M da a. b. c. d. Lebih da 1 2 orang (8 r 3 orang (5 r 4 orang (30 Lebih dari 4 Gamba erdasarkan esponden me ermain board Menurut And alam sebuah Point / Sco Dominasi ( Pencapaian Lainnya, __ 4 orang 60% ari 4 orang 4% responden) responden) 0 responden) 4 orang (7 re ar 3.23 Hasil hasil di ata emilih 4 ora d game. da, manakah game ? re (32 respo 7 responden n Finish (10 r ________ (1 esponden) l jawaban k as, maka da ang sebagai j h yang pali nden) n) responden) responden) 2 ora 16% kuisioner pe apat disimpu jumlah pem ng ideal se ng % 3 orang 10% ertanyaan 1 ulkan bahwa main yang pa bagai penen 2 oran 3 oran 4 oran Lebih  7 a sebagian aling ideal d ntu kemenan ng ng ng dari 4 orang besar dalam ngan

(31)

Be re id 19.M ke a. b. c. Dominas 14% Pencapaian 20% Gamba erdasarkan esponden me deal untuk m Manakah yan eberuntungan Keberuntun Kemampua Keberuntun si n Finish % ar 3.24 Hasil hasil di a emilih mengg menentukan k ng lebih A n, kemampu ngan (3 resp an berpikir ( ngan dan ke L l jawaban k atas, maka gunakan poi kemenangan Anda sukai, uan berpikir ponden) (17 responde mampuan be Lainnya 2% kuisioner pe dapat disi int / score se dalam sebua permainan atau keduan en) erpikir (30 r Point / Sco 64% ertanyaan 1 impulkan b ebagai komp ah game. yang meng nya ? esponden) re Point / Sco Dominasi Pencapaia Lainnya 8 bahwa may ponen yang p gandalkan f ore an Finish oritas paling faktor

(32)

Be re ke 20.K (B Keber dan Ke be Gamba erdasarkan esponden l eberuntungan Kendala apa Bisa pilih leb Susah men Susah men Susah men Durasi perm Aturan gam Banyak w responden) Harga boar Komunitas runtungan  emampuan  erpikir 60% ar 3.25 Hasil hasil di a lebih meny n dan kemam sajakah yan bih dari satu) cari waktu u cari teman u cari tempat u mainan yang me yang terla aktu yang ) rdgame yang yang kuran l jawaban k atas, maka yukai perm mpuan berpi ng sering An ) untuk bermai untuk bermai untuk berma g terlalu lam alu rumit / k g diperlukan g mahal (11 r g menyenan Keber kuisioner pe dapat disi mainan ya ikir. nda temui d in (23 respon in (27 respon ain (10 respo a (13 respon ompleks (24 n untuk men responden) ngkan (4 resp runtungan 6% Kemamp berpik 34% ertanyaan 1 impulkan b ang menga dalam berma nden) nden) onden) nden) 4 responden) ngatur kom ponden) puan  kir % Ke Ke Ke Ke 9 bahwa may andalkan f ain boardgam ) mponen gam eberuntungan emampuan ber eberuntungan d emampuan ber oritas faktor me ? me (14 rpikir dan  rpikir

(33)

Be re ga be 21.B ke a. b. c. d. Aturan  komp 19% Banyak w untuk me kompo 11% Harga  m Gamba erdasarkan esponden me ame yang k ermain board Bagaimana m e dalam bent Sangat setuj Setuju (25 r Ragu-ragu ( Tidak setuju Durasi perm terlalu lam 10% game  leks % waktu  ngatur  onen % board game  mahal 9% ar 3.26 Hasil hasil di at engeluh tenta kompleks se d game. menurut And tuk game ber

ju (19 respo responden) (4 responden u (2 respond ainan  ma Komunit menye 3 l jawaban k tas, maka ang susahny bagai kenda da jika boa rbasis web ? nden) n) den) Su Susah mencar tempat 8% tas kurang  nangkan 3% kuisioner pe dapat disim ya mencari te ala yang bia

ard game fa ? usah mencari  waktu 18% Susah menca teman 22% ri  ertanyaan 2 mpulkan bah eman, waktu asanya mere avorite And ari  Susah m Susah m Susah m Durasi p Aturan g Banyak w kompon Harga bo Komunit menyen 0 hwa kebany u dan juga a eka temui d a diterjemah mencari waktu mencari teman mencari tempat permainan terla game komplek waktu untuk m nen oard game ma tas kurang  nangkan yakan aturan dalam hkan t alu lama ks mengatur  hal

(34)

Be re be 22.M (B Se 5 Gamba erdasarkan esponden se entuk game b Menurut And Boleh pilih le Waktu berm Dapat berm (44 respond Memperlua Membantu responden) etuju 50% Ragu ‐ ragu 8% ar 3.27 Hasil hasil di at etuju jika b berbasis web da apa saja ebih dari satu main lebih “ main dengan den) as komunitas u perhitunga ) u Tidak 4 l jawaban k tas, maka board game b. keuntungan u) “fleksibel” (2 n pemain lai s pemain (19 an score, ju S k setuju 4% kuisioner pe dapat disim favorite m n bermain b 23 responden n tanpa haru 9 responden) umlah komp Sangat setuju 38% ertanyaan 2 mpulkan bah mereka diterj board game n) us berkumpu ) ponen, dan Sangat s Setuju Ragu ‐ r Tidak se 1 hwa kebany rjemahkan d secara onli ul di satu te lain-lain ( setuju agu etuju yakan dalam ine ? mpat (18

(35)

Be re pa 23.M a. b. c. Mem kom Gamba erdasarkan esponden set aling utama Menurut And Chat (42 res Email (1 re Forum (7 re Gamba mperluas  munitas 18% Membant perhitunga 17% Email 2% Fo 1 ar 3.28 Hasil hasil di a tuju bahwa k adalah karen da manakah f sponden) sponden) esponden) ar 3.29 Hasil u  an rum 4% l jawaban k atas, maka keuntungan na tidak haru fitur komuni l jawaban k Wak fle 2 Ti b Chat 84% kuisioner pe dapat disi bermain boa us berkumpu ikasi di bawa kuisioner pe tu lebih  ksibel 22% dak harus  erkumpul 43% t % ertanyaan 22 impulkan b ard game se ul di satu tem ah ini yang p ertanyaan 23 Waktu lebih f Tidak harus b Memperluas  Membantu pe Chat Email Forum 2 bahwa may ecara online mpat. paling efekti 3 fleksibel erkumpul komunitas erhitungan oritas yang if ?

(36)

Be re 24. M (B Be m sa ke T erdasarkan esponden me Menurut And Boleh pilih le Game dap responden) Tidak perlu Tidak mem Gamba erdasarkan h merasa bahwa aja dan jug euntungan da Tidak perlu in 34% Tidak perlu  spesifikasi  canggih 32% hasil di a emilih Chat s da apa saja ebih dari satu pat dimaink ) u install soft merlukan spe ar 3.30 Hasil hasil di atas, a tidak diper ga tidak m alam bermai nstall atas, maka sebagai fitur keuntungan u) kan hanya tware game k esifikasi kom l jawaban k , maka dapa rlukannya p memelukan s in game berb Da de dapat disi r komunikasi n bermain g dengan me ke dalam kom mputer yang kuisioner pe at disimpulka penginstalan, spesifikasi basis web. apat dimainkan engan browser 34% impulkan b i yang paling game online enggunakan mputer (28 r canggih (25 ertanyaan 24 an bahwa ra , hanya mem tinggi seba n  r Dapat dim browser Tidak perl Tidak perl canggih bahwa may g efektif. e berbasis w browser ( responden) responden) 4 ata-rata respo merlukan bro agai keuntun mainkan denga u install u spesifikasi  oritas web? (28 onden owser ngan-n 

(37)

Kesimpulan :

• Mayoritas responden adalah pria (64%)

• Sebagian besar responden adalah mahasiswa (62%) • Mayoritas responden suka bermain game (86%)

• Sebanyak 96% dari total responden pernah bermain board game. • Sebanyak 90% responden terhitung pernah bermain web based game. • Mayoritas responden lebih menyukai Board game dibandingkan dengan

jenis game lainnya (24%).

• Rata-rata responden tidak mengetahui jenis board game seperti German Style, War, Role playing. Mereka lebih mengenal jenis board game sepertitraditional board, abstract, word dan party game.

• Sebanyak 48 dari 50 responden mengenal board game berjenis traditional board.

• Semua responden tertarik untuk menambah pengetahuannya.

• Sebanyak 98% responden setuju bahwa game yang baik adalah game yang memberikan edukasi.

• Lebih dari setengah jumlah responden (64%) memilih point/score sebagai komponen yang paling ideal sebagai penentu kemenangan dalam sebuah game.

• Sebanyak 60% responden lebih menyukai permainan yang mengandalkan faktor keberuntungan dan kemampuan berpikir.

• Kendala yang sering ditemui para responden dalam bermain board game adalah susah untuk mencari teman bermain (22%), dan susah untuk

(38)

mencari waktu untuk berkumpul untuk memainkan board game (18%). • 88% responden setuju jika board game favorit mereka diterjemahkan ke dalam game berbasis web.

• Mayoritas responden (43%) menganggap keuntungan paling besar yang bisa didapatkan dalam bermain board game secara online adalah dapat bermain dengan pemain lain tanpa harus berkumpul di satu tempat.

• Banyak responden yang memilih chat sebagai fitur komunikasi yang paling efektif dalam bermain game (84%).

3.2 Analisis Kebutuhan dan Solusi

Berdasarkan hasil analisis user dan analisis game sejenis maka dapat disimpulkan beberapa masalah yang dialami oleh responden dan solusi penanganannya :

(39)

‐ Rata‐rata responden tidak mengetahui jenis board game seperti German    Style, War, Role playing. Mereka lebih mengenal jenis board game seperti traditional  board, abstract, word dan party game. ‐ Sebanyak 48 dari 50 responden mengenal board game berjenis traditional board. • Membuat board game yang berjenis traditional board game Sebanyak 22 % responden susah  untuk mencari teman ketika ingin bermain board  game.  • Membuat game yang memiliki fitur  room, agar pemain dapat langsung bermain  dengan orang lain. 19% responden merasa aturan  game yang terlalu rumit / kompleks sehingga  membutuhkan waktu yang lama untuk mengerti.  • Membuat game yang simpel Sebanyak 11% responden menghabiskan banyak waktu untuk mengatur komponen  board game. • Karena menggunakan web, segala perhitungan dan pengaturan komponen  dilakukan secara otomatis sehingga lebih menghemat waktu. ‐ Sebanyak 96% dari total responden pernah bermain board game.  ‐ Mayoritas responden lebih menyukai board game dibandingkan dengan jenis game  lainnya (24%). • Membuat game berjenis board game Lebih dari setengah jumlah responden (64%) memilih point/score sebagai komponen  yang paling ideal sebagai penentu kemenangan dalam sebuah  game. • Membuat game yang menggunakan point/score sebagai penentu kemenangan. Mayoritas responden menghabisakan 1‐3 jam waktunya untuk bermain game.  • Membuat game yang memiliki durasi permainan 1‐3 jam.  Sebanyak 64% responden memilih 4 orang sebagai jumlah pemain yang paling ideal  dalam bermaain board game

• Membuat game yang dapat dimainkan maksimal 4 orang. 

(40)

Gambar 3.31 Analisis Kebutuhan dan Solusi ‐ Sebanyak 90% responden terhitung pernah bermain web based game. ‐ 18% responden susah untuk mencari waktu untuk berkumpul untuk memainkan  board game (18%). ‐ 88%  responden setuju jika board game favorit mereka diterjemahkan ke dalam  game berbasis web.  ‐ Mayoritas responden (43%) menganggap keuntungan paling besar yang bisa  didapatkan dalam bermain board game secara online adalah dapat bermain dengan  pemain lain tanpa harus berkumpul di satu tempat. ‐ Masih sedikitnya  board  game yang diimplementasikan ke dalam bentuk online. ‐ Sebagian besar responden membutuhkan sarana bermain game yang tidak  memerlukan penginstallan ke dalam komputer (34%), dan tidak membutuhkan  spesifikasi komputer yang canggih (32%).  • Membuat board game yang diimplementasikkan ke dalam bentuk web based game.  • Dengan adanya  board  game yang menggunakan  web,  pemain sudah dapat  bermain hanya dengan menggunakan browser dan koneksi internet saja. Sebanyak 60% responden lebih menyukai permainan yang mengandalkan faktor  keberuntungan dan kemampuan berpikir. • Membuat game yang dimainkan dengan mengandalkan faktor keberuntungan dan  kemampuan berpikir Sebanyak 84 % responden memilih chat sebagai fitur komunikasi yang paling efektif  dalam bermain web based game.  • Membuat game yang menyediakan fitur chat sebagai sarana komunikasi. Semua responden tertarik untuk menambah pengetahuannya. Sebanyak 98% responden setuju bahwa game yang baik adalah game yang   memberikan edukasi.  Masih sedikit board game yang memberikan edukasi bagi para penggunanya. • Membuat game yang dapat memberikan pengetahuan kepada para pemainnya.

(41)

3.3 Perancangan Game

Knowledge Explorer berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai penjelajahan pengetahuan. Game ini dinamakan demikian sebab para pemain dituntut untuk menjelajahi semua bagian pada peta permainan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan untuk dapat memenangkan permainan. Perancangan game dalam skripsi ini meliputi deskripsi permainan dan komponen permainan.

3.3.1 Deskripsi Permainan

Deskripsi permainan menggambarkan secara garis besar ide dan konsep umum dari game Knowledge Explorer ini.

A. Informasi Umum

Knowledge Explorer adalah board game online bertipe fun games. Dalam game ini pemain akan ditantang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada board (papan) permainan untuk memperoleh poin sebanyak-banyaknya agar dapat memenangkan permainan ini. Pemain juga dapat menggunakan kartu-kartu action untuk membantunya dalam mengalahkan lawan-lawannya. Permainan ini berbasis turn base dimana pemain akan saling berganti giliran untuk menjalankan pionnya . Permainan ini dirancang agar dapat dimainkan oleh 2-4 pemain.

Unsur-unsur yang ditonjolkan dalam game ini adalah kemampuan pemain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan (Knowledge), kemampuan pemain untuk mengatur action card agar dapat dimanfaatkan untuk dapat memenangkan permainan ini (Strategy), dan keberuntungan dari pemain

(42)

(Luck). Karena itu pada game ini pengetahuan, strategi dan keberuntungan pemain berpengaruh penuh pada hasil akhir pemainan.

Misi utama dari game ini adalah :

• Mencapai beberapa putaran sesuai dengan yang sudah disepakati bersama. • Mengumpulkan poin permainan ini (knox) sebanyak-banyaknya.

• Berinteraksi dan berkomunikasi dengan pemain lain • Memperluas pengetahuan.

• Bersaing dengan pemain lain.

Permainan ini berbasiskan pada point collecting, dimana pemain harus mengumpulkan poin (knox) sebanyak banyaknya untuk memenangi permainan yang dapat didapatkan melalui penjawaban pertanyaan maupun strategi-strategi dari tiap pemain.

B. Konsep Dasar

Konsep dasar dari permainan pada game ini adalah point collecting dan pengaturan strategi pemain untuk memenangkan permainan. Dengan strategi-strategi yang berbeda dari setiap pemain akan menambah serunya jalannya permainan.

C. Tujuan

Tujuan / objective dari permainan ini adalah untuk mengumpulkan poin permainan ini (knox) sebanyak mungkin karena pemenang dari game ini ditentukan berdasarkan jumlah poin (knox) yang dikumpulkan pemain dan juga untuk mencapai beberapa putaran peta yang telah ditentukan oleh kesepakatan bersama untuk mengakhiri permainan. Untuk dapat mencapainya strategi dan pengetahuan pemain sangat dibutuhkan agara dapat memenangkan permainan.

(43)

D. Gameplay

Pada game ini, para pemain akan melangkah dengan menggunakan pionnya untuk mengitari peta yang tersedia, dan setiap kotak-kotak pada peta tersebut terdapat berbagai macam perintah yang harus dijalankan dan dilakukan oleh pemain.

• Banyaknya langkah akan ditentukan dari angka dadu yang dikocok pemain (antara 1-6).

• Game ini akan dijalankan secara per-turn secara bergantian antar

pemain.Turn jalan ditentukan dari nilai kocokan dadu.Yang memiliki nilai kocokan yang paling besar akan jalan dahulu, dan seterusnya.

• Game ini hanya dapat dimainkan minimal 2 orang pemain dan maksimal 4 orang pemain.

• Pertama kali para pemain akan mendapatkan modal utama sebanyak 10 knox (poin yang digunakan untuk memenangkan permainan), 3 energy (poin yang digunakan agar kita dapat menggunakan action card) dan juga mendapatkan 5 slot yang berisi 5 buah kartu action card. Penggunaan 10 knox , 3 energy dan 5 slot action card sebagai modal awal ini dikarenakan setelah dilakukan trial and error pada board game fisik selama 5 kali percobaan , komposisi inilah yang dinilai paling seimbang.

• Action card tersebut berisi 2 tipe : menyerang maupun bertahan.Action card tersebut dibagikan secara berurutan dari deck yang ada sesuai dengan keinginan para pemain untuk mengambil berapa kartu sesuai dengan tipe yang ada.

(44)

• Action card akan terus dimasukkan ke tangan sesuai dengan slot yang ada pada masing-masing pemain. Jika telah melebihi kapasitas slot maka pemain diharuskan membuang kartu sampai dengan kapasitas slotnya.

• Action card yang telah digunakan akan dimasukkan ke graveyard.

• Kemudian para pemain menentukan berapa putaran yang harus mereka jalani untuk mengakhiri permainan.Selanjutnya para pemain meletakkan pion nya pada kotak start, kemudian ditentukan siapa pemain yang akan berjalan dahulu dan seterusnya.

• Setelah itu dadu dikocok, pion pemain harus berjalan sesuai dengan angka pion yang keluar.

• Jika menginjak kotak-kotak yang ada harus mengikuti keterangan yang berada pada masing-masing kotak tersebut.

• Pemain dapat menyerang pemain lain ataupun bertahan terhadap serangan pemain lain dengan menggunakan action card yang ada.

• Pemain dapat bekerja sama maupun tidak dalam mengalahkan lawan-lawannya, tergantung strategi dari masing-masing pemain.

• Inti dari permainan ini adalah mengumpulkan poin permainan ini (knox) sebanyak-banyaknya sebelum salah satu pemain mencapai putaran sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama.

• Knox dan Energy dapat didapatkan sejalan dengan permainan baik dari menjawab pertanyaan maupun dari action card yang ada.

• Jika knox anda kurang dari 0 maka anda akan dinyatakan bangkrut dan harus keluar dari permainan.

(45)

• Tetapi energy tidak dapat mencapai angka dibawah 0, minimal energy adalah 0, jadi pemain tidak akan dinyatakan bangkrut jika energy kurang dari 0. • Permainan ini bergantung penuh pada pengetahuan, strategi, keberuntungan

dan juga dengan interaksi antar pemain. Oleh sebab itu permainan otak sangat dibutuhkan dalam permainan ini.

Game ini akan berakhir jika :

1. Salah satu pemain bangkrut (pemain tersebut yang harus keluar dari permainan)

(46)
(47)

3.3.2 perm A. akan Kom 2. Kompon Kompone mainan untuk Board Board ad n di update (d mponen Pap Start nen Permain en permaina k mendukung dalah papan ditambah) te Gambar pan G nan an merupaka g permainan yang akan erus seiring d r 3.33 Papan Gambar an segala a , yang melip digunakan dengan berja n Permaina Start memul kotak menda spek yang b puti : dalam perm alannnya wak n Des adalah k lai permaina ini pem apatkan 10 k berada di da mainan. Boar ktu. skripsi otak dima an. Dengan main juga knox. alam rd ini ana kita melewati a akan

(48)

Kom Bl G T mponen Pap lue Question ray Question Stop Traffic Light Donkey Horse pan G n n Gambar Blue Q pemain menga menjaw Gray pemain menga menjaw juga di Stop a berhen Traffic pemain selama Donkey yang dikalika keluar. Horse yang dikalika keluar. Des Question ad n yang bera ambil kartu wabnya send Question a n yang bera ambil kartu wabnya se lempar kepa dalah kotak nti tanpa me Light ad n tidak ak a 2 giliran. y adalah ko berjalan d an 2x dari . adalah ko berjalan d an 3x dari . skripsi dalah kotak ada di kotak u pertanya diri. dalah kotak ada di kotak u pertanya ndiri ataup ada orang la dimana pem lakukan apa alah kotak kan dapat otak dimana ari kotak i angka da otak dimana ari kotak i angka da k dimana k ini harus aan dan k dimana k ini harus aan dan un boleh ain. main akan a-apa. k dimana berjalan a pemain ini akan adu yang a pemain ini akan adu yang

(49)

Kom T T mponen Pap Plus Minus Draw Card Teleport Star Teleport End pan G rt d Gambar Plus ad menda energy kotak i Minus akan d energy kotak i Draw pemain action Jika melebi membu sama dimiliki Telepo pemain telepor Telepo pemain telepor Des dalah kotak apatkan tam y selama p ni. adalah ko dikurangi se y selama p ni. Card ada n akan mend card. action car hi kuota s uang action dengan inya. ort Start ad n akan d rt end. ort End ad n yang di rt start akan skripsi dimana pem mbahan 4 kn pemain bera otak dimana ebesar 4 kn pemain bera alah kotak dapatkan tam rd yang d lot maka d n card nya jumlah sl dalah kotak diteleport k dalah kotak iteleport da berada. main akan nox dan 4 ada pada a pemain nox dan 4 ada pada dimana mbahan 1 dimilikinya dia harus a sampai lot yang k dimana ke kotak k dimana ari kotak

(50)

B. ini d anda deng actio knox Disaster Knox Poin yan dinamakan K a akan dapat Knox dap gan benar, m on card yang Setiap pe x. Ta g digunakan Knox. Denga memenangi pat diperole melewati sta g tersedia. emain pada G abel 3.3 Kom n dalam per an mengump permainan i eh dari hasi art dan juga

awal perma Gambar 3.34 Disaste yang menga menjal tersebu mponen Pap rmainan untu pulkan Knox ini. il menjawab a dapat dipe ainan akan 4 Knox er adalah k berada d ambil disa ankan perin ut. pan uk memenan x sebanyak b pertanyaan eroleh denga diberikan m kotak diman i kotak i aster car ntah dari disa

ngkan perm banyaknya n yang dibe an memanfa modal sebes a pemain ni harus rd dan aster card mainan maka erikan aatkan ar 10

(51)

C. Energy

Energy adalah poin yang dapat digunakan untuk dapat menggunakan action card. Energy dapat diperoleh dari hasil menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar. Setiap pemain pada awal permainan akan diberikan modal sebesar 3 energy.

Gambar 3.35 Energy D. Card (Kartu)

Dalam game ini terdapat berbagai macam jenis kartu, seperti Question Card yang dimana pertanyaan yang diberikan dalam kartu tersebut akan dijawab oleh pemain, Action card dimana kartu tersebut dikelompokkan menjadi tipe attack dan defense dan kartu tersebut akan digunakan oleh pemain sebagai strategi untuk memenangkan permainan ini, selain itu juga terdapat Disaster Card dimana kartu tersebut dapat merugikan pemain.

i. Disaster Card

Disaster Card berisi kartu-kartu yang merugikan pemain.

 

Kartu ini bisa didapatkan ketika kita berada di kotak Disaster.

(52)

Gamba Gamb ar 3.36 Sisi D bar 3.37 Sisi Depan Disa Belakang D aster Card Disaster Carrd

(53)

Isi-isi dari Deck Disaster Card :

No Deskripsi

1 Anda capek berjalan. Diam di tempat selama 1 giliran.

2 Anda menginjak lem tikus. Diam di tempat selama 2 giliran.

3 Anda terjatuh dan kaki anda terkilir. Diam di tempat selama 3 giliran.

4 Menyumbang untuk fakir miskin. Knox anda akan dikurangi sebesar 1 knox.

5 Anda dicopet. Kehilangan 2 knox.

6 Anda dirampok. Knox anda akan dikurangi sebesar 3 knox.

7 Rumah anda kemasukan maling. Knox anda akan dikurangi sebesar 4 knox.

8 Hal yang baik adalah berbagi. Bagilah knox anda dengan salah satu pemain sebesar 1 knox.

9 Karena anda mendapatkan bonus berlebih dari kantor maka bagilah knox anda dengan salah satu pemain sebesar 2 knox.

10 Hal yang baik adalah berbagi. Bagilah knox anda dengan salah satu pemain sebesar 3 knox.

11 Hal yang baik adalah berbagi. Bagilah knox anda dengan salah satu pemain sebesar 4 knox.

12 Bagilah knox anda dengan semua pemain. Masing-masing pemain mendapat 1 knox.

(54)

No Deskripsi

13 Bagilah knox anda dengan semua pemain. Masing-masing pemain mendapat 2 knox.

14 Anda melanggar lalu lintas. Mundur ke kotak traffic light .

15 Kosong

16 Anda menginjak lem. Tidak boleh melempar dadu selama 1 putaran.

17 Anda tidak boleh melempar dadu selama 2 putaran.

18 Anda tidak boleh melempar dadu selama 3 putaran.

19 Mundur ke pemain terdekat dari anda.

20 Tidak dapat menggunakan action card selama 1 putaran.

21 Tidak dapat menggunakan action card selama 2 putaran.

22 Tidak dapat menggunakan action card selama 3 putaran.

23 Harus menggunakan 1 action card dari tangan.

24 Buang 1 action card dari tangan.

25 Anda akan dikurangi 1 knox teruz menerus setiap giliran anda sampai pada 3 giliran.

26 Mundur ke kotak minus.

27 Mundur kotak stop terdekat.

(55)

No Deskripsi

29 Kehilangan 1 energy

30 Kehilangan 2 energy

31 Kehilangan 3 energy

32 Bagi 1 energy ke satu pemain lawan

Tabel 3.4 Isi Deck Disaster Card

ii. Question Card (Kartu Pertanyaan)

Question Card berisi kartu-kartu pertanyaan.

 

Kartu ini bisa didapatkan ketika kita berada di kotak Question (Blue / Gray).

Setiap kartu pertanyaan memiliki jumlah knox dan energy masing-masing. Jika salah menjawab maka akan dikurangi sebesar knox yang tertera pada kartu pertanyaan tersebut.Jika menjawab dengan benar maka knox dan energy akan ditambahkan sesuai dengan angka yang tertera pada kartu pertanyaan tersebut.

Beberapa kartu pertanyaan memiliki efek tambahan (draw action card) untuk mengambil tambahan 1 action card jika jawaban yang dijawab benar.

(56)

N 2 3 Co No Perta 1 Presid yang 2 Dana dunia 3 Ibuko

ontoh isi dar

anyaan den Indon pertama : u terbesar : ta Peru ada Gambar ri Deck Ques Pilih nesia a.So b.Ab Wah c.So d.B. r di a.Su b.Ka c.Vi d.M lah : a.Sa b.Li c.Tig d.Em 3.39 Sisi Be stion Card : han oekarno bdurrahman hid oeharto .J Habibie uperior aspia ctoria ichigan atu ma ga mpat elakang Que Jawaba A B B estion Card n Knox 1 2 2 Energy 2 4 2 Draw Card Tidak Ya Tidak

(57)

Tabel 3.5 Contoh Isi Question Card iii.Action Card

Action card adalah kartu strategi / magic yang dapat digunakan oleh pemain pada saat permainan berlangsung.

Action card dapat digunakan dengan menggunakan energy yang kita miliki. Action card akan ditambahkan ke tangan pemain sesuai dengan kapasitas slot masing-masing pemain, jika action card berlebih maka pemain diharuskan membuang action card nya sampai dengan kapasitas slot yang tersedia.

Semua action card yang telah dibuang akan dimasukkan ke graveyard. Energy yang digunakan untuk mengaktifkan Action card pada tiap kartu berbeda-beda tergantung dari angka yang tertulis pada Action card tersebut. Angka tersebut didapatkan setelah melalui uji coba dengan trial and error selama 3 kali percobaan.

Jenis Action card ada 2 yaitu aktif dan pasif :

• Action card aktif dapat digunakan pada saat pemain memulai gilirannya sendiri kemudian barulah dia mengocok dadunya.

• Action card pasif dapat digunakan kapan saja jika ada event tertentu, misalnya diserang oleh pemain lawan dan lain-lain.

Action card pasif hanya terdapat pada Action card Blue. Tipe Action card ada 2 yaitu red dan blue :

• Action card Red biasanya digunakan untuk menyerang. • Action card Blue biasanya digunakan untuk bertahan.

(58)

(a). Action Action untuk G n Card (Red n card (Red menyerang p Gambar 3 Gambar 3.4 d) d) adalah ac pemain lawa .40 Sisi Dep 41 Sisi Belak ction card y an. pan Action C kang Action yang kebany Card (Red) n Card (Red yakan digun d) nakan

(59)

Isi dari Deck Action card (Red) :

No Nama Deskripsi Energy

1 Freeze LV 1 Membekukan satu pemain lawan

selama 1 giliran

1

2 Freeze LV 2 Membekukan satu pemain lawan

selama 2 giliran

3

3 Freeze LV 3 Membekukan satu pemain lawan

selama 3 giliran

5

4 Snow Storm LV 1 Membekukan maksimal dua pemain

lawan selama 1 giliran

2

5 Snow Storm LV 2 Membekukan maksimal dua pemain

lawan selama 2 giliran

4

6 Snow Storm LV 3 Membekukan maksimal dua pemain

lawan selama 3 giliran

6

7 Blizzard LV 1 Membekukan semua pemain lawan

selama 1 giliran

3

8 Blizzard LV 2 Membekukan semua pemain lawan

selama 2 giliran

5

9 Blizzard LV 3 Membekukan semua pemain lawan

selama 3 giliran

7

10 Sleep LV 1 Diam di tempat selama 1 giliran 1

(60)

No Nama Deskripsi Energy

12 Sleep LV 3 Diam di tempat selama 3 giliran 3

13 Bind Mengikat satu action card pemain lawan sehingga dia tidak dapat menggunakan kartu tersebut

7

14 Paralyze LV 1 Membuat satu pemain lawan tidak dapat menggunakan action card selama 1 putaran

1

15 Paralyze LV 2 Membuat satu pemain lawan tidak dapat menggunakan action card selama 2 putaran

2

16 Paralyze LV 3 Membuat satu pemain lawan tidak dapat menggunakan action card selama 3 putaran

3

17 Mega Paralyize LV 1 Membuat semua pemain lawan tidak dapat menggunakan action card selama 1 putaran

3

18 Mega Paralyze LV 2 Membuat semua pemain lawan tidak dapat menggunakan action card selama 2 putaran

4

19 Mega Paralyze LV 3 Membuat semua pemain lawan tidak dapat menggunakan action card selama 3 putaran

5

20 Peace LV 1 Membuat semua pemain tidak dapat menggunakan action card selama 1 putaran

(61)

No Nama Deskripsi Energy

21 Peace LV 2 Membuat semua pemain tidak dapat menggunakan action card selama 2 putaran

3

22 Peace LV 3 Membuat semua pemain tidak dapat menggunakan action card selama 3 putaran

4

23 Steal Knox LV 1 Mencuri 1 knox dari satu pemain lawan 1

24 Steal Knox LV 2 Mencuri 2 knox dari satu pemain lawan 2

25 Steal Knox LV 3 Mencuri 3 knox dari satu pemain lawan 3

26 Steal Knox LV 4 Mencuri 4 knox dari satu pemain lawan 4

27 Double Steal Knox LV 1

Mencuri 1 knox dari maksimal dua pemain lawan

2

28 Double Steal Knox LV 2

Mencuri 2 knox dari maksimal dua pemain lawan

3

29 Double Steal Knox LV 3

Mencuri 3 knox dari maksimal dua pemain lawan

5

30 Mega Steal Knox LV 1 Mencuri 1 knox dari semua pemain lawan

3

31 Mega Steal Knox LV 2 Mencuri 2 knox dari semua pemain lawan

5

32 Card Control Melihat kartu action card pemain lawan, mencuri satu kartu action card nya dan otomatis langsung menggunakannya

(62)

No Nama Deskripsi Energy

33 Destroy Knox LV 1 Menghancurkan 1 knox dari satu pemain lawan

1

34 Destroy Knox LV 2 Menghancurkan 2 knox dari satu pemain lawan

2

35 Destroy Knox LV3 Menghancurkan 3 knox dari satu pemain lawan

3

36 Destroy Knox LV 4 Menghancurkan 4 knox dari satu pemain lawan

4

37 Double Destroy Knox LV 1

Menghancurkan 1 knox dari maksimal dua pemain lawan

2

38 Double Destroy Knox LV 2

Menghancurkan 2 knox dari maksimal dua pemain lawan

4

39 Double Destroy Knox LV 3

Menghancurkan 3 knox dari maksimal dua pemain lawan

6

40 Mega Destroy LV 1 Menghancurkan 1 knox dari semua pemain lawan

3

41 Mega Destroy LV 2 Menghancurkan 2 knox dari semua pemain lawan

6

42 Destroy ALL LV 1 Menghancurkan 1 knox dari semua pemain

1

43 Destroy ALL LV 2 Menghancurkan 2 knox dari semua pemain

(63)

No Nama Deskripsi Energy

44 Destroy ALL LV 3 Menghancurkan 3 knox dari semua pemain

5

45 Destroy ALL LV 4 Menghancurkan 4 knox dari semua pemain

7

46 Destroy Knox By Bet Menghilangkan / menghancurkan knox satu pemain lawan sesuai dengan angka dadu yang keluar.

3

47 Mega Destroy Knox By Bet

Menghilangkan / menghancurkan knox semua pemain lawan sesuai dengan angka dadu yang keluar

5

48 Steal Knox By Bet Mencuri knox satu pemain lawan sesuai dengan angka dadu yang keluar. Note : (Lawan dipilih terlebih dahulu sebelum mengocok dadu)

3

49 Mega Steal Knox By Bet

Mencuri knox semua pemain lawan sesuai dengan angka dadu yang keluar. Note : (Lawan dipilih terlebih dahulu sebelum mengocok dadu)

6

50 Destroy Card LV1 Menghancurkan 1 action card pada satu pemain lawan

1

51 Destroy Card LV 2 Menghancurkan 2 action card pada satu pemain lawan

2

52 Destroy Card LV 3 Menghancurkan semua action card pada satu pemain lawan

(64)

No Nama Deskripsi Energy

53 Double Destroy Card LV1

Menghancurkan 1 action card pada maksimal dua pemain lawan

2

54 Double Destroy Card LV 2

Menghancurkan 2 action card pada maksimal dua pemain lawan

4

55 Double Destroy Card LV 3

Menghancurkan semua action card pada maksimal dua pemain lawan

5

56 Mega Destroy Card LV 1

Menghancurkan satu action card pada semua pemain lawan

3

57 Mega Destroy Card LV 2

Menghancurkan dua action card pada semua pemain lawan

4

58 Mega Destroy Card LV 3

Menghancurkan tiga action card pada semua pemain lawan

6

59 Destroy All Card LV 1 Menghancurkan satu action card pada semua pemain

2

60 Destroy All Card LV 2 Menghancurkan dua action card pada semua pemain

4

61 Destroy All Card LV 3 Menghancurkan semua action card pada semua pemain

5

62 Adu Domba LV 1 Memilih dua pemain lawan untuk menukarkan 1 buah action card

2

63 Adu Domba LV 2 Memilih dua pemain lawan untuk menukarkan dua buah action card

(65)

No Nama Deskripsi Energy

64 Adu Domba LV 3 Memilih dua pemain lawan untuk menukarkan semua action card mereka satu sama lain

4

65 Draw Graveyard LV 1 Boleh mengambil 1 buah action card yang ada di graveyard

8

66 Draw Random Graveyard LV 1

Graveyard dikocok dahulu oleh pemakai kartu kemudian mengambil 1 buah action card yang ada di posisi paling atas graveyard

6

67 Force Use Memaksa pemain menggunakan satu action card nya

2

68 Black Hole Menarik semua pemain ke posisi Pemakai Kartu

7

69 Decrease Slot Mengurangi 1 slot dari satu pemain lawan

8

70 Peep Action card Mengintip semua action card dari satu pemain lawan

3

71 Double Peep Action card

Mengintip semua action card dari maksimal dua pemain

4

72 Mega Peep Action card

Mengintip semua action card dari semua pemain lawan

5

73 Show Action card Membuka semua action card dari satu pemain lawan

(66)

No Nama Deskripsi Energy

74 Double Show Action Car

Mengintip semua action card dari maksimal dua pemain

4

75 Mega Show Action card

Semua pemain memperlihatkan semua action card nya

5

76 Invisible Card LV 1 Semua pemain memperlihatkan semua action cardnya selama 1 putaran

3

77 Invisible Card LV 2 Semua pemain memperlihatkan semua action cardnya selama 2 putaran

5

78 Invisible Card LV 3 Semua pemain memperlihatkan semua action cardnya selama 3 putaran

7

79 Minus Teleport Membuat satu pemain lawan mundur ke kotak Minus

4

80 Switch Knox Menukar semua knox kita dengan knox pemain lawan.

10

Tabel 3.6 Contoh Isi Action Card (Red)

(b). Action Card (Blue)

Action card (Blue) adalah action card yang kebanyakan digunakan untuk bertahan terhadap serangan dari pemain lawan. Pada action card blue terdapat 2 jenis kartu yaitu passive (pasif) dan active (aktif).

(67)

Gambar 3.42 Sisi Depan Action Card (Blue)

Gambar 3.43 Sisi Belakang Action Card (Blue) Isi dari Deck Action card (Blue) :

I. Passive (Pasif)

Jenis kartu passive (pasif) adalah dapat digunakan kapan saja apabila kita diserang dan juga untuk melindungi diri sendiri agar tidak merugi.

(68)

No Nama Deskripsi Energy

1 Revive Otomatis hidup kembali dan mendapatkan 5

knox jika mati.

0

2 White Hole Mengcancel Black Hole 1

3 Glue Diri sendiri tidak terpengaruh terhadap black

hole

2

4 Hot Body Mengcancel semua jenis serangan pembeku 2

5 Garbage Membuang pertanyaan yang diperoleh baik

yang didapat sendiri maupun yang dilemparkan ke anda.

2

6 Dispel Steal Mengcancel semua jenis serangan Steal 2

7 Dispel Destroy Mengcancel semua jenis serangan Destroy 2

8 Mirror Mengembalikan semua jenis serangan kembali

kepada penyerang

3

9 Unbind Card Menghilangkan efek bind. 1

10 Dispel All Attack Mengcancel semua jenis serangan 4

11 Counter Steal Mengembalikan semua jenis serangan Steal

kembali kepada penyerang

3

12 Counter Ice Mengembalikan semua jenis serangan

pembeku kembali kepada penyerang

(69)

No Nama Deskripsi Energy

13 Counter Destroy Mengembalikan semua jenis serangan Destroy

kembali kepada penyerang

3

14 Dispel Curse Menghilangkan efek curse 2

15 Dispel All Teleport Mengcancel semua jenis teleport 3

16 Dispel All Magic Mengcancel semua jenis efek magic yang

digunakan pemain lawan baik untuk menyerang maupun tidak.

8

17 Reject Menolak pertanyaan yang dilempar oleh

pemain lain

1

18 Throw Anywhere Melempar pertanyaan yang dilemparkan

kepada kita kepada satu pemain lawan

2

19 No Damage Membuat damage yang diterima menjadi 0

ketika menjawab pertanyaan jika salah

2

20 Throw Question Melempar pertanyaan kepada pemain lain 2

21 Change Boleh menukar kartu pertanyaan 2

Tabel 3.7 Contoh Isi Action Card (Blue Passive) II. Active (Aktif)

Jenis kartu active (aktif) adalah dapat digunakan pada saat pemain memulai gilirannya, setelah menggunakan action card, barulah kemudian pemain mengocok dadunya.

(70)

No Nama Deskripsi Energy

1 Throw One Card Membuang satu buah action card dari

tangan.

2

2 Throw All Card Membuang semua action card dari tangan 3

3 No Magic Area LV 2 Menangkal semua serangan action card

selama 2 putaran / giliran

3

4 No Magic Area LV 3 Menangkal semua serangan action card

selama 3 putaran / giliran

4

5 No Magic Area LV 4 Menangkal semua serangan action card

selama 4 putaran / giliran

5

6 Increase Slot Menambah 1 buah slot pada diri sendiri 15

7 Knox ++ Menambah 4 knox ke diri sendiri 2

8 Draw 1 Card Mengambil 1 buah action card ke tangan 3

9 Draw 2 Card Mengambil 2 buah action card ke tangan

(Harus sesuai dengan jumlah slot yang ada di tangan, jika lebih maka buang kartu yang berlebih)

5

10 Jumper Teleport ke posisi start. 7

11 Plus Teleport Maju ke kotak Plus 9

Figur

Gambar 3.6 Permainan Ular Tangga Versi Online  Berikut ini adalah tabel hasil perbandingan game sejenis :

Gambar 3.6

Permainan Ular Tangga Versi Online Berikut ini adalah tabel hasil perbandingan game sejenis : p.13
Tabel 3.2 Keuntungan dan Kerugian Game Monopoli, Yu-gi-Oh dan Ular Tangga  Kesimpulan :

Tabel 3.2

Keuntungan dan Kerugian Game Monopoli, Yu-gi-Oh dan Ular Tangga Kesimpulan : p.15
Gambar 3.32 Flowchart Permainan Knowledge Explorer

Gambar 3.32

Flowchart Permainan Knowledge Explorer p.46
Tabel 3.6 Contoh Isi Action Card (Red)

Tabel 3.6

Contoh Isi Action Card (Red) p.66
Gambar 3.44 Use Case Diagram Sistem Permainan Knowledge Explorer

Gambar 3.44

Use Case Diagram Sistem Permainan Knowledge Explorer p.72
Gambar 3.46 Use Case Diagram Melihat Statistik    D.  Use Case Melakukan Chatting

Gambar 3.46

Use Case Diagram Melihat Statistik D. Use Case Melakukan Chatting p.74
Gambar 3.47 Use Case Diagram Melakukan Chatting

Gambar 3.47

Use Case Diagram Melakukan Chatting p.74
Gambar 3.48 Use Case Diagram Manipulasi Ruang   F. Use Case Membuat Ruang

Gambar 3.48

Use Case Diagram Manipulasi Ruang F. Use Case Membuat Ruang p.75
Gambar 3.49 Use Case Diagram Membuat Ruang

Gambar 3.49

Use Case Diagram Membuat Ruang p.76
Gambar 3.50 Use Case Diagram Melakukan Permainan

Gambar 3.50

Use Case Diagram Melakukan Permainan p.77
Gambar 3.51 Use Case Diagram Memilih Aksi  I.  Use Case Insert Card

Gambar 3.51

Use Case Diagram Memilih Aksi I. Use Case Insert Card p.78
Gambar 3.52 Use Case Diagram Insert Card

Gambar 3.52

Use Case Diagram Insert Card p.78
Gambar 3.54 Activity Diagram Pendaftaran    B.  Activity Diagram Login

Gambar 3.54

Activity Diagram Pendaftaran B. Activity Diagram Login p.92
Gambar 3.57 Activity Diagram Manipulasi Ruang

Gambar 3.57

Activity Diagram Manipulasi Ruang p.95
Gambar 3.58 Activity Diagram Menghapus Ruang

Gambar 3.58

Activity Diagram Menghapus Ruang p.96
Gambar 3.59 Activity Diagram Upload Gambar    G. Activity Diagram Melihat Highscore

Gambar 3.59

Activity Diagram Upload Gambar G. Activity Diagram Melihat Highscore p.97
Gambar 3.62 Activity Diagram Menghapus Pemain

Gambar 3.62

Activity Diagram Menghapus Pemain p.99
Gambar 3.63 Activity Diagram Melakukan Permainan  K.  Activity Diagram Keluar Dari Permainan

Gambar 3.63

Activity Diagram Melakukan Permainan K. Activity Diagram Keluar Dari Permainan p.100
Gambar 3.64 Activity Diagram Keluar dari Permainan  L.  Activity Diagram Insert Card

Gambar 3.64

Activity Diagram Keluar dari Permainan L. Activity Diagram Insert Card p.101
Gambar 3.70 Sequence Diagram Bergabung Di Ruang Yang Sudah Ada

Gambar 3.70

Sequence Diagram Bergabung Di Ruang Yang Sudah Ada p.109
table User sehingga mendapatkan informasi highscore. Adapun  informasi yang ditampilkan adalah sepuluh besar pemain dengan total  knox tertinggi

table User

sehingga mendapatkan informasi highscore. Adapun informasi yang ditampilkan adalah sepuluh besar pemain dengan total knox tertinggi p.112
Gambar 3.76 Sequence Diagram Menentukan Giliran

Gambar 3.76

Sequence Diagram Menentukan Giliran p.115
Gambar 3.80 Sequence Diagram Insert Action Card  N. Sequence Diagram Insert Disaster Card

Gambar 3.80

Sequence Diagram Insert Action Card N. Sequence Diagram Insert Disaster Card p.120
Gambar 3.83 Perancangan Layar Halaman Utama

Gambar 3.83

Perancangan Layar Halaman Utama p.123
Gambar 3.84 Perancangan Layar About This Game  C. Perancangan Layar Contact Us

Gambar 3.84

Perancangan Layar About This Game C. Perancangan Layar Contact Us p.124
Gambar 3.87 Perancangan Layar Pendaftaran

Gambar 3.87

Perancangan Layar Pendaftaran p.126
Gambar 3.91 Perancangan Layar Upload Gambar

Gambar 3.91

Perancangan Layar Upload Gambar p.130
Gambar 3.94 Perancangan Layar Permainan  M. Perancangan Layar Hapus Ruang ( Untuk Admin )

Gambar 3.94

Perancangan Layar Permainan M. Perancangan Layar Hapus Ruang ( Untuk Admin ) p.134
Gambar 3.95 Perancangan Layar Hapus Ruang  N.  Perancangan Layar Hapus User ( Untuk Admin )

Gambar 3.95

Perancangan Layar Hapus Ruang N. Perancangan Layar Hapus User ( Untuk Admin ) p.135
Gambar 3.96 Perancangan Layar Hapus User

Gambar 3.96

Perancangan Layar Hapus User p.136

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :