PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN docx

Teks penuh

(1)

PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN

Di jaman yang sudah modern ini, teknologi adalah salah satu hal terpenting dalam hidup manusia.Apapun kegiatan manusia, hampir semuanya menggunakan teknologi sebagai alat

bantu.Sebelum mengenal lebih jauh mengenai teknologi, mungkin ada yg belum mengetahui apa definisi dari teknologi. Teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang-barang untuk kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sebenarnya, teknologi sudah ada sejak jaman dahulu. Perkembangan teknologi ini terus berevolusi dan berkembang pesat.

Disamping penggunaan tersebut, ada dua pengaruh dari penggunaan teknologi. Ada dampak baik dan buruknya. Berikut adalah penjelasannya.

DAMPAK POSITIF TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN

Siapa sih yg tidak mengenal teknologi? Hampir seluruh kegiatan manusia berdampingan dengan adanya teknologi.Sehingga lebih cepat,efisien, dan mudah. Jika semua pekerjaan tidak terbantu oleh

teknologi,pasti mengerjakannya akan terasa berat dan susah, (Misal: alat-alat elektronik,

mobil,mesin,computer,handphone). Kita tidak perlu bersusah payah untuk menulis dokumen karena adanya computer, dengan mengetik, pekerjaanya akan lebih cepat selesai dibanding menulis. Kita juga bisa berkomunikasi dengan cepat karena adanya handphone. Coba bayangkan, apa jadinya kalo jaman ini tidak ada teknologi? Pasti akan sangat susah dan repot.

Walaupun kemajuan teknologi saat ini ada dampak positifnya, tetapi ada saja dampak buruknya. Berikut adalah dampak buruknya.

DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Ternyata, banyak sekali pengaruh negatifnya terhadap manusia, contohnya didunia internet. Adanya kasus kejahatan,penipuan,pencurian dan lain sebagainya. Dan juga dengan adanya social media,pola interaksi antar manusia semakin berkurang. Kita bisa melihat perbedaanya.manusia menjadi kurang bersosialisasi dilingkungan masyarakat,bersikap cuek terhadap tetangga, hanya berdiam diri dirumah, menghabiskan waktunya untuk membuka internet khususnya social media.

(2)

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa kita hindari dalam kehidupan kita, karna akan berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi akan terus muncul untuk memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia. Namun kita juga tidak bisa pungkiri bahwa ada dampak negative didalamnya. Tergantung dengan pola pemikiran kita bagaimana kita harus menyikapinya.

Di era yang sudah modern ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa manfaat yang sangat penting dalam kehidupan manusia.Kalau dulu manusia mengerjakan pekerjaannya dengan menggunakan tenaga manusia, sekarang tergantikan oleh mesin. Dengan adanya komputer, kedudukan tenaga manusia tergantikan oleh mesin-mesin yang canggih. Perkembangan teknologi saat ini sudah benar-benar dapat kita rasakan keberadaannya. Disamping kegunaannya, ada 2 pengaruh dari penggunaan teknologi, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Berikut penjelasannya,

DAMPAK POSITIF TEKNOLOGI -Bidang Informasi dan Komunikasi

dalam bidang ini, kita dapat merasakan perkembangannya : 1.Kita dapat bertukar informasi sampai ke luar negeri 2.Dapat berkomunikasi/bertukar pesan dengan teman walaupun jaraknya jauh dengan menggunakan social media

-Bidang Sosial dan Budaya

1.Dapat melahirkan generasi yang cerdas,disiplin,dan mampu berpolitik.

2.Kemajuan informasi di bidang wisata berkembang pesat karena akses promosi pariwisata via internet sudah tercapai ke negara lain.

-Bidang Pendidikan :

(3)

2.Siswa tidak harus mendapat informasi dari guru di sekolah, tetapi internet menjadi akses tambahan untuk menambah ilmu pengetahuan.

-Bidang Ekonomi :

1.Majunya Industrialisasi.

2.Pertumbuhan ekonomi yang semakin berkembang.

Walaupun penggunaan teknologi saat ini ada dampak positifnya,tetapi ada saja dampak buruknya,

DAMPAK NEGATIF

-Bidang Informasi dan Komunikasi

1.Adanya kasus penipuan dibidang online oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

2.Kasus Hack semakin marak terjadi

-Bidang Sosial dan Budaya

1.Rasa Kekeluargaan,Kegotong Royongan, dan Kebersamaan antar sesama manusia semakin kurang.

2.Manusia sekarang bersikap cuek dan individualis dalam mengerjakan sesuatu.

-Bidang Pendidikan

(4)

2.Membuka situs-situs yang tidak penting,kadang mengandung unsur pornografi.

-Bidang Ekonomi

Di setiap industri, kebanyakan dari mereka memakai robot sebagai alat bantu manusia untuk memproduksi barang. Disebabkan karena manusia selalu tidak puas dalam membuat sesuatu.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di