Perda 19 2009.doc

Download (0)

Full text

(1)

PERATURAN DAERAH KABUPATEN KUNINGAN NOMOR : 19 TAHUN 2009

TENTANG

PENATAAN 5 WILAYAH KECAMATAN DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

BUPATI KUNINGAN, administratif Kecamatan dilihat dari aspek topografis telah melahirkan aspirasi masyarakat beberapa desa yang mencakup 5 wilayah Kecamatan untuk melakukan penataan wilayah kecamatan;

c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a dan b, dipandang perlu melakukan penataan 5 wilayah Kecamatan yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Provinsi Jawa Barat (Berita Negara Tahun 1950); Sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1968 tentang Pembentukan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang dengan Mengubah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Provinsi Jawa Barat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1968 Nomor 31, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 2851);

2. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (Lembaran Negara Tahun 2004 Nomor 53, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4389);

3. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4737);

5. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 40, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4826);

(2)

7. Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 14 Tahun 2005 tentang Pembentukan Peraturan Daerah (Lembaran Daerah Kabupaten Kuningan Tahun 2005 Nomor 24 Seri D, Tambahan Lembaran Daerah Nomor 30);

8. Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 3 Tahun 2008 tentang Kewenangan Pemerintahan Daerah (Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 68 seri E, Tambahan Lembaran Daerah Nomor 70);

9. Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan Nomor 13 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan (Lembaran Daerah Kabupaten Kuningan Tahun 2008, Nomor 78, Tambahan Lembaran Daerah Nomor 80 Tahun 2008).

Dengan Persetujuan Bersama

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN KUNINGAN dan

BUPATI KUNINGAN MEMUTUSKAN :

Menetapkan : PERATURAN DAERAH TENTANG PENATAAN 5 WILAYAH KECAMATAN .

BAB I

KETENTUAN UMUM Pasal 1

Dalam Peraturan Daerah ini yang dimaksud dengan : 1. Daerah adalah Kabupaten Kuningan.

2. Pemerintah Daerah adalah Pemerintah Kabupaten Kuningan. 3. Bupati adalah Bupati Kuningan.

4. Kecamatan adalah wilayah kerja camat sebagai perangkat daerah dalam Kabupaten Kuningan.

5. Camat adalah Camat dalam Kabupaten Kuningan. 6. Desa adalah Desa dalam Kabupaten Kuningan.

7. Penataan Wilayah Kecamatan adalah kegiatan menata wilayah kerja Camat dengan memperhatikan aspek pelayanan masyarakat, geografis dan kondisi sosial masyarakat.

BAB II SASARAN

Pasal 2

(3)

BAB III

PENATAAN KECAMATAN Pasal 3

(1) Penataan wilayah kecamatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, mencakup 5 wilayah Kecamatan, yaitu :

a. Kecamatan Kramatmulya; b. Kecamatan Jalaksana; c. Kecamatan Kuningan; d. Kecamatan Cimahi; dan e. Kecamatan Luragung.

(2) Dengan adanya penataan kecamatan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), maka terjadi perubahan wilayah Kecamatan yang mencakup beberapa desa, yaitu:

a. Desa Kasturi dan Desa Padarek semula masuk dalam wilayah Kecamatan Kramatmulya bergabung dan masuk dalam wilayah Kecamatan Kuningan.

b. Desa Nanggerang semula masuk dalam wilayah Kecamatan Kramatmulya bergabung dan masuk dalam wilayah Kecamatan Jalaksana.

c. Desa Benda dan Desa Cikaduwetan semula masuk dalam wilayah Kecamatan Cimahi bergabung dan masuk dalam wilayah Kecamatan Luragung.

Pasal 4

(1) Peta Batas cakupan wilayah Kecamatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 tertuang dalam lampiran I Peraturan Daerah ini. (2) Dengan terjadinya perubahan batas cakupan wilayah Kecamatan

sebagaimana dimaksud pada Ayat (1), maka Peta Administrasi wilayah Kabupaten Kuningan mengalami perubahan sebagaimana tercantum dalam lampiran II Peraturan Daerah ini.

BAB IV

KETENTUAN PERALIHAN Pasal 5

Kecamatan yang dilakukan penataan tetap menjalankan fungsinya sampai diadakan penyesuaian berdasarkan Peraturan Daerah ini.

Pasal 6

(4)

BAB V

KETENTUAN PENUTUP Pasal 7

Peraturan Daerah ini berlaku efektif selambat-lambatnya 1 (satu) tahun sejak tanggal diundangkan.

Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Daerah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Daerah.

Disahkan di Kuningan

Pada tanggal 2009 BUPATI KUNINGAN

AANG HAMID SUGANDA Diundangkan di Kuningan

Pada tanggal 2009

SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN KUNINGAN

DJAMALUDDIN NOER

(5)

PENJELASAN ATAS Pemerintahan Daerah telah mengubah kedudukan Kecamatan dari wilayah administrasi pemerintahan menjadi perangkat daerah, dengan adanya perubahan tersebut akan berpengaruh dalam fungsi pelayanan yang dilaksanakan oleh Kecamatan. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Kecamatan dipimpin oleh seorang Camat yang dalam pelaksanaan tugasnya menerima pelimpahan sebagian kewenangan pemerintahan dari Bupati , tanpa adanya pelimpahan kewenangan dari Bupati maka Camat tidak dapat menjalankan aktivitasnya secara sah.

Selain menjalankan pelimpahan sebagian wewenang yang diberikan oleh Bupati , Camat juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, meliputi :

1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum. 3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan. 4. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan. 5. Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan. 6. Membina penyelenggaraan pemerintahan Desa dan/atau Kelurahan.

7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintahan Desa atau Kelurahan.

Dalam implementasi tugas tersebut, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja Camat dan perangkat kecamatan dalam melaksanakan tugasnya, antara lain meliputi : tersebut, sehingga diharapkan kecamatan dapat melaksanakan fungsi pemerintahan dengan baik, yaitu meliputi pelayanan (services), pemberdayaan (empowering) dan pembangunan (development).

Memperhatikan latar belakang tersebut dikaitkan dengan kondisi wilayah kerja kecamatan ini, maka terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Kuningan, indikatornya adalah sebagai berikut :

1. Masih terdapat kecamatan yang wilayah kerjanya tidak satu hamparan.

2. Masih ada ketidakseimbangan rentang kendali organisasi, ditandai dengan ada kecamatan yang wilayah kerjanya lebih luas dan jumlah desanya banyak, sementara masih ada kecamatan yang jumlah desanya sedikit.

3. Letak desa pada satu kecamatan lebih dekat dengan kecamatan lain dibandingkan dengan kecamatan induk.

(6)

5. Kultur masyarakat yang hampir mirip pada desa-desa yang saling berbatasan.

Untuk lebih efisiensi dan efektivitas kinerja camat dan perangkat kecamatan dalam melaksanakan tugas diperlukan adanya penataan wilayah kerja kecamatan pada beberapa kecamatan di Kabupaten Kuningan.

II. PASAL DEMI PASAL. Pasal 1

Pasal ini menjelaskan arti beberapa istilah yang digunakan dalam Peraturan Daerah ini dengan maksud untuk menyamakan pengertian tentang istilah-istilah itu, sehingga dengan demikian dapat dihindari kesalahpahaman dalam menafsirkannya.

Pasal 2

Cukup jelas Pasal 3

Cukup jelas Pasal 4

Cukup jelas Pasal 5

Cukup jelas Pasal 6

Cukup jelas Pasal 7

Cukup jelas

Figure

Updating...

References

Related subjects : 19. Kesbangpol Perda Perubahan

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in