Jika anda menjalankan atau bekerja di bi

13  14  Download (0)

Teks penuh

(1)

Jika anda menjalankan atau bekerja di bisnis, Anda tidak bisa tanpa jaringan. Anda perlu berkomunikasi dengan cepat dengan pelanggan Anda, pemasok, dan karyawan. Sampai sekitar tahun 1990, bisnis menggunakan sistem pos atau sistem telepon dengan suara atau faks untuk komunikasi. Sampai saat ini, bagaimanapun anda dan karyawan anda menggunakan komputer dan e-mail, Internet, sel ponsel, dan komputer mobile yang terhubung ke jaringan nirkabel untuk tujuan ini. Jaringan dan Internet sekarang hampir identik dengan melakukan bisnis.

TREN DALAM DUNIA JARINGAN DAN KOMUNIKASI

Perusahaan di masa lalu digunakan dua jenis berbeda secara fundamental dari jaringan: jaringan telepon historis dan jaringan komputer. Jaringan telepon historis ditangani komunikasi suara, dan jaringan komputer ditangani lalu lintas data. Jaringan telepon dibangun oleh perusahaan telepon sepanjang abad kedua puluh menggunakan teknologi transmisi suara (hardware dan software), dan perusahaan-perusahaan ini hampir selalu beroperasi sebagai monopoli yang diatur di seluruh dunia. Jaringan komputer telah diperluas untuk mencakup Internet telepon dan layanan video terbatas. Semakin, semua suara, video, dan komunikasi data ini didasarkan pada teknologi internet. Kedua jaringan suara dan komunikasi data juga menjadi lebih kuat (lebih cepat), lebih portabel (kecil dan mobile), dan lebih murah. Dalam beberapa tahun, lebih dari setengah

pengguna internet di Amerika Serikat telah menggunakan smartphone dan mobile netbook untuk mengakses Internet. Pada tahun 2010, 84 juta orang Amerika mengakses Internet melalui

perangkat mobile, dan jumlah ini diperkirakan dua kali lipat pada tahun 2014. APAKAH JARINGAN KOMPUTER ITU?

Dalam bentuk yang paling sederhana, jaringan terdiri dari dua atau lebih terhubung komputer. Gambar 7-1 menggambarkan perangkat keras utama, perangkat lunak, dan komponen transmisi yang digunakan dalam jaringan sederhana: komputer klien dan dedicated server komputer, antarmuka jaringan, media koneksi, operasi jaringan perangkat lunak sistem, dan baik hub atau switch. Setiap komputer di jaringan berisi perangkat antar muka jaringan disebut kartu

(2)

Gambar 7.1

Bagaimana jika Anda ingin berkomunikasi dengan jaringan lain, seperti Internet? Anda akan membutuhkan sebuah router. Sebuah routeris prosesor komunikasi digunakan untuk rute paket data melalui jaringan yang berbeda, memastikan bahwa data pengirimannya sampai ke alamat yang benar.

Jaringan di perusahaan besar

Gambar 7-2 memberikan ilustrasi yang lebih kompleks, jaringan perusahaan dengan skala yang lebih besar ini. Di sini Anda dapat melihat bahwa infrastruktur jaringan perusahaan mendukung tenaga penjualan mobile menggunakan ponsel dan smartphone, ponsel karyawan yang

menghubungkan ke situs Web perusahaan, jaringan internal perusahaan menggunakan jaringan mobile wireless local area (jaringan Wi-Fi), dan sistem konferensi video untuk mendukung manajer di seluruh dunia.

Gambar 7-2

Salah satu masalah utama yang dihadapi perusahaan saat ini adalah bagaimana mengintegrasikan semua jaringan komunikasi yang berbeda dan saluran menjadi sistem yang koheren yang

(3)

Jaringan digital kontemporer dan Internet didasarkan pada tiga kunci teknologi: client / server komputasi, penggunaan packet switching, dan pengembangan standar komunikasi yang banyak digunakan (yang paling penting dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol, atau TCP / IP) untuk menghubungkan jaringan yang berbeda dan komputer.

Client / Server Computing

Client / server komputasi adalah model komputasi terdistribusi di mana beberapa kekuatan pemrosesan yang terletak di dalam bagian kecil, murah komputer klien, dan berada secara harfiah di desktop, laptop, atau perangkat genggam. Klien-klien yang kuat terkait dengan satu sama lain melalui jaringan yang dikendalikan oleh komputer server jaringan. Server menetapkan aturan komunikasi untuk jaringan dan menyediakan setiap klien dengan alamat sehingga orang lain dapat menemukannya pada jaringan. Internet adalah yang terbesar implementasi komputasi client / server.

Packet Switching

Packet switching yang menggunakan jauh lebih efisien dari komunikasi kapasitas jaringan. Dalam jaringan packet-switched, pesan pertama rusak ke dalam bundel tetap kecil data yang disebut paket. Paket termasuk Informasi untuk mengarahkan paket ke alamat yang tepat dan untuk memeriksa kesalahan transmisi bersama dengan data. Paket yang dikirim melalui berbagai saluran komunikasi menggunakan router, setiap paket perjalanan secara independen. Paket data yang berasal pada satu sumber akan dialihkan melalui berbagai jalan yang berbeda dan sebelum jaringan dipasang kembali ke dalam pesan asli ketika mereka mencapai tujuan mereka.

TCP / IP dan Konektivitas

Komponen yang berbeda dalam jaringan berkomunikasi satu sama lain hanya dengan mengikuti sebuah seperangkat aturan yang disebut protokol. Sebuah protocolis seperangkat aturan dan prosedur yang mengatur transmisi informasi antara dua titik dalam jaringan. Hari ini, jaringan perusahaan semakin menggunakan satu, umum, standar di seluruh dunia disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP). TCP / IP menggunakan suite protokol, yang utama menjadi TCP dan IP. TCP mengacu dengan Transmission Control Protocol (TCP), yang menangani pergerakan data antar komputer. TCP membentuk sambungan antara komputer, sekuens transfer paket, dan mengakui paket yang dikirim. IP mengacu ke Internet Protocol (IP), yang bertanggung jawab untuk pengiriman paket dan termasuk pembongkaran dan pemasangan kembali paket selama transmisi.

7.2 JARINGAN KOMUNIKASI

SINYAL: DIGITAL VS ANALOG

(4)

menciptakan bentuk-bentuk gelombang analog yang telinga anda dengar. Sinyal digital

mengkomunikasikan informasi sebagai string dari dua diskrit menyatakan: satu bit dan bit nol, yang direpresentasikan sebagai on-off pulsa elektrik. Komputer menggunakan sinyal digital dan membutuhkan modem untuk mengkonversi sinyal digital ini menjadi sinyal analog yang dapat dikirim melalui (atau diterima dari) saluran telepon, kabel garis, atau media nirkabel yang menggunakan sinyal analog.

Modem adalah perangkat yang menerjemahkan sinyal digital menjadi bentuk analog (dan sebaliknya) sehingga komputer dapat mengirimkan data melalui jaringan analog seperti jaringan telepon dan kabel.

Modem singkatan modulator demodulator-. Kabel modem menghubungkan komputer Anda ke Internet menggunakan jaringan kabel. Modem DSL menghubungkan komputer Anda ke Internet menggunakan jaringan garis tanah sebuah perusahaan telepon. Tanpa modem, komputer tidak bisa berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan jaringan analog (termasuk sistem telepon dan jaringan kabel).

JENIS JARINGAN

Local Area Network

Sebuah jaringan area lokal (LAN) dirancang untuk menghubungkan komputer pribadi dan perangkat digital lainnya dalam setengah mil atau radius 500 meter. LAN biasanya

menghubungkan beberapa komputer di kantor kecil, semua komputer dalam satu gedung, atau semua komputer di beberapa bangunan di dekat.

JENIS AREA

Local area network (LAN) Up to 500 meters (half a mile); an office or floor of a building

Campus area network (CAN) Up to 1,000 meters (a mile); a college campus orcorporate facility Metropolitan area network (MAN) A city or metropolitan area

Wide area network (WAN) A transcontinental or global area Tabel 7-1

(5)

sekelompok kecil komputer dapat berbagi sumber daya, seperti file, folder, dan printer, melalui jaringan tanpa dedicated server.

Kadang-kadang LAN dijelaskan dalam hal cara komponen mereka terhubung bersama-sama, atau topologi mereka. Ada tiga topologi LAN utama: star, bus, dan cincin (lihat Gambar 7-4). Dalam topologi star, semua perangkat pada jaringan terhubung ke hub tunggal. Gambar tersebut mengilustrasikan topologi star sederhana di mana semua lalu lintas jaringan mengalir melalui hub. Dalam sebuah jaringan bintang diperpanjang, beberapa lapisan hub disusun dalam sebuah hirarki. Dalam topologi bus, satu stasiun mentransmisikan sinyal, yang melakukan perjalanan di kedua arah sepanjang segmen transmisi tunggal. Semua sinyal yang disiarkan di kedua arah ke seluruh jaringan. Semua mesin pada jaringan menerima sinyal yang sama, dan perangkat lunak yang diinstal pada komputer klien memungkinkan setiap client untuk mendengarkan pesan yang ditujukan khusus untuk itu. Topologi bus adalah paling topologi Ethernet umum.

Gambar 7-4

Sebuah cincin topologyconnects komponen jaringan dalam sebuah loop tertutup. Pesan lulus dari komputer ke komputer hanya satu arah sekitar loop, dan hanya satu stasiun pada suatu waktu dapat mengirimkan. Topologi cincin terutama ditemukan dalam LAN tua menggunakan Token Ring software jaringan.

(6)

Jaringan luas (WAN) menjangkau luas geografis jarak-seluruh daerah, negara, benua, atau seluruh dunia. Paling universal dan kuat WAN adalah Internet. Komputer terhubung ke WAN melalui jaringan publik, seperti sistem telepon atau sistem kabel swasta, atau melalui leased line atau satelit. Sebuah jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan yang membentang wilayah metropolitan, biasanya kota dan pinggiran kota utama. Lingkup geografis jatuh antara WAN dan LAN.

MEDIA TRANSMISI FISIK

Kawat memutar

Wireconsists twisted helai kawat tembaga memutar berpasangan dan adalah lebih tua jenis media transmisi. Banyak sistem telepon di bangunan memiliki kabel twisted diinstal untuk komunikasi analog, tetapi mereka dapat digunakan untuk komunikasi digital juga. Meskipun transmisi fisik yang lebih tua menengah, kabel twisted digunakan dalam LAN hari ini, seperti CAT5, dapat memperoleh kecepatan hingga 1 Gbps. Twisted-pair kabel terbatas pada lari direkomendasikan maksimal 100 meter (328 kaki).

Kawat koaksial

Kabel koaksial, mirip dengan yang digunakan untuk televisi kabel, terdiri dari tebal kawat tembaga terisolasi yang dapat mengirimkan volume yang lebih besar dari data dibandingkan memutar kawat. Kabel digunakan dalam LAN awal dan masih digunakan saat ini untuk lebih lama (lebih dari 100 meter) berjalan di gedung-gedung besar. Koaksial memiliki kecepatan hingga 1 Gbps.

Fiber Optik dan Jaringan Optik

Cableconsists serat optik dari helai terikat serat kaca bening, masing-masing ketebalan rambut manusia. Data diubah menjadi pulsa cahaya, yang dikirim melalui serat optik kabel dengan perangkat laser dengan harga bervariasi dari 500 kilobit ke beberapa triliun bit per detik dalam pengaturan eksperimental. Kabel serat optik adalah jauh lebih cepat, lebih ringan, dan lebih tahan lama dibandingkan media kawat, dan cocok untuk sistem yang membutuhkan transfer dari volume data yang besar. Namun, kabel serat optik lebih mahal daripada media transmisi fisik lainnya dan lebih sulit untuk menginstal. Sampai saat ini, kabel serat optik telah digunakan terutama untuk kecepatan tinggi jaringan backbone, yang menangani lalu lintas utama. Wireless Transmission Media

Transmisi nirkabel didasarkan pada sinyal radio dari berbagai frekuensi. Di sana tiga jenis jaringan nirkabel yang digunakan oleh komputer: microwave, seluler, dan Wi-Fi.

(7)

sekitar 37 mil terpisah. Transmisi jarak jauh juga dimungkinkan dengan menggunakan satelit komunikasi sebagai stasiun relay untuk sinyal microwave ditransmisikan dari stasiun terestrial. Kecepatan transmisi

Jumlah total informasi digital yang dapat ditularkan melalui media telekomunikasi diukur dalam bit per detik (bps). Satu sinyal perubahan, atau siklus, diperlukan untuk mengirimkan satu atau beberapa bit; oleh karena itu, kapasitas transmisi dari setiap jenis media telekomunikasi adalah fungsi dari frekuensi. Jumlah siklus per detik yang dapat dikirim melalui media yang diukur dalam hertz-satu hertz sama dengan satu siklus medium. Rentang frekuensi yang dapat

ditampung pada saluran telekomunikasi tertentu disebut bandwidth. Bandwidth perbedaan antara tertinggi dan frekuensi terendah yang dapat ditampung pada saluran tunggal. Semakin besar rentang frekuensi, semakin besar bandwidth dan semakin besar kapasitas transmisi saluran. 7.3 INTERNET

APAKAH INTERNET?

Internet adalah implementasi terbesar dari klien / server komputasi dan internetworking, yang menghubungkan ratusan ribu jaringan individu dan 1 miliar orang di seluruh dunia. Individu terhubung ke Internet dalam dua cara: melalui penyedia layanan Internet lokal (ISP) dan melalui perusahaan bisnis mereka. Penyedia layanan Internet (ISP) adalah sebuah iklan organisasi dengan koneksi permanen ke Internet yang menjual sementara koneksi ke pelanggan ritel. EarthLink, NetZero, AT & T, dan Time Warner adalah ISP. Individu juga terhubung ke Internet melalui perusahaan bisnis mereka, universitas, atau pusat-pusat penelitian yang telah ditunjuk domain Internet. Ada berbagai layanan untuk koneksi internet ISP. Menghubungkan melalui saluran telepon tradisional dan modem, dengan kecepatan 56,6 kilobit per detik (Kbps) digunakan untuk menjadi bentuk paling umum dari koneksi di seluruh dunia, tetapi memiliki sebagian besar telah digantikan oleh koneksi broadband. Digital subscriber line (DSL), kabel, koneksi internet satelit, dan T garis menyediakan broadband jasa ini.

ALAMAT DAN ARSITEKTUR INTERNET

Setiap komputer di Internet diberi unik Internet Protocol (IP) address, yang saat ini adalah angka 32-bit diwakili oleh empat senar nomor mulai dari 0 sampai 255 yang dipisahkan oleh periode. Misalnya, alamat IP dari www.microsoft.com adalah 207.46.250.119.

Domain Name System

(8)

Internet, pengguna hanya perlu menentukan nama domainnya. DNS memiliki struktur hirarkis.

Domain Name System adalah sistem hirarki dengan domain root, domain tingkat atas, tingkat kedua domain, dan komputer host di tingkat ketiga.

.com : Komersial organisasi / bisnis .edu: Lembaga pendidikan

.gov: lembaga pemerintah AS .mil: militer AS

.net Jaringan komputer

.org: Organisasi nirlaba dan yayasan .biz: perusahaan Bisnis

.info: penyedia Informasi Internet Arsitektur dan Tata

(9)

perusahaan regional di Amerika Serikat yang menghubungkan pengguna ritel di rumah dan bisnis untuk Internet. Regional akses jaringan sewa ke ISP, perusahaan swasta, dan lembaga pemerintah. Internet juga harus sesuai dengan hukum negara-bangsa berdaulat di mana ia

beroperasi, serta infrastruktur teknis yang ada dalam negara-bangsa. Meskipun Internet dan Web, ada sangat sedikit gangguan legislatif maupun eksekutif, situasi ini berubah sebagai Internet memainkan peran yang berkembang di distribusi informasi dan pengetahuan, termasuk konten yang beberapa menemukan keberatan.

Masa Depan Internet: IPv6 dan Internet2

Di bawah pembangunan adalah versi baru dari pengalamatan IP skema yang disebut Internet Protocol versi 6 (IPv6), yang berisi Alamat 128-bit (2 pangkat 128), atau lebih dari satu kuadriliun kemungkinan alamat unik. Internet2 dan Next-Generation Internet (NGI) adalah konsorsium yang mewakili 200 universitas, perusahaan swasta, dan instansi pemerintah di Amerika Serikat yang bekerja pada sebuah versi baru yang kuat, tinggi-bandwidth Internet. LAYANAN INTERNET DAN ALAT KOMUNIKASI

Layanan Internet

Sebuah komputer klien yang menghubungkan ke Internet memiliki akses ke berbagai layanan. Layanan tersebut meliputi e-mail, kelompok diskusi elektronik, chatting dan instant messaging, Telnet, File Transfer Protocol (FTP), dan Web. Setiap layanan Internet dilaksanakan oleh satu atau lebih program perangkat lunak. Semua layanan dapat berjalan pada server komputer, atau jasa yang berbeda mungkin dialokasikan untuk mesin yang berbeda.

Voice over IP

Internet juga telah menjadi platform populer untuk transmisi suara dan jaringan perusahaan. Voice over IP (VoIP) teknologi memberikan suara informasi dalam bentuk digital menggunakan packet switching, menghindari tol dibebankan oleh jaringan telepon jarak jauh local. Panggilan yang biasanya akan dikirimkan melalui jaringan telepon umum perjalanan selama jaringan perusahaan berdasarkan Internet Protocol, atau Internet publik. Suara panggilan dapat dibuat dan diterima dengan komputer yang dilengkapi dengan mikrofon dan speaker atau dengan telepon VoIP-enabled.

Unified Communications

Communications integrates terpadu saluran yang berbeda untuk komunikasi suara, komunikasi data, pesan instan, e-mail, dan konferensi elektronik menjadi pengalaman tunggal di mana pengguna mulus dapat beralih kembali dan balik antara mode komunikasi yang berbeda. Menunjukkan teknologi kehadiran apakah seseorang tersedia untuk menerima panggilan.

Perusahaan akan perlu untuk memeriksa bagaimana alur kerja dan proses bisnis akan diubah oleh teknologi ini di memesan untuk mengukur nilai.

(10)

Avirtual private network (VPN) adalah aman, terenkripsi, jaringan pribadi yang telah

dikonfigurasi dalam jaringan publik untuk mengambil keuntungan dari ekonomi fasilitas skala dan pengelolaan jaringan yang besar, seperti Internet. Sebuah VPN menyediakan perusahaan Anda dengan aman, terenkripsi komunikasi dengan biaya yang jauh lebih rendah dari

kemampuan yang sama ditawarkan oleh penyedia non-internet tradisional yang menggunakan jaringan pribadi mereka untuk mengamankan komunikasi. VPN juga menyediakan infrastruktur jaringan untuk menggabungkan suara dan data jaringan.

WEB

Web adalah Layanan internet yang paling populer. Sistem ini dengan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, memformat, dan menampilkan informasi menggunakan arsitektur client / server.

Hypertext

Halaman web didasarkan pada standar Hypertext Markup Language (HTML), yang format dokumen dan menggabungkan link dinamis ke dokumen lain dan gambar yang disimpan di komputer yang sama atau jauh. Halaman web yang dapat diakses melalui internet karena perangkat lunak browser web operasi komputer Anda dapat meminta halaman Web disimpan pada host Internet server menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). HTTP adalah standar komunikasi yang digunakan untuk mentransfer halaman di Web. HTTP adalah set pertama huruf pada awal setiap alamat Web, diikuti dengan nama domain, yang menentukan komputer server organisasi yang adalah menyimpan dokumen.

Web Server

Server Web adalah perangkat lunak untuk mencari dan mengelola halaman Web disimpan. Ini menempatkan halaman Web yang diminta oleh pengguna di komputer mana mereka disimpan dan memberikan halaman web ke komputer pengguna.

Mencari Informasi di Web

Mesin pencari pertama adalah indeks kata kunci sederhana semua halaman yang mereka

kunjungi, meninggalkan pengguna dengan daftarhalaman yang mungkin tidak telah benar-benar relevan dengan pencarian mereka. Search engine telah menjadi alat utama belanja dengan menawarkan apa yang sekarang disebut pemasaran mesin pencari. Ketika pengguna

memasukkan istilah pencarian di Google, Bing, Yahoo !, atau salah satu situs lain dilayani oleh mesin pencari ini, mereka menerima dua jenis daftar: link sponsor, yang pengiklan telah

dibayarkan kepada terdaftar (biasanya di bagian atas halaman hasil pencarian), dan unsponsored “Organik” hasil pencarian.

Web 2.0

(11)

blog, yang digunakan Wikipedia, atau menambahkan widget ke halaman Facebook Anda, Anda telah menggunakan beberapa layanan ini Web 2.0. Web 2.0 memiliki empat fitur mendefinisikan: interaktivitas, real-time kontrol pengguna, sosial partisipasi (sharing), dan konten yang dibuat pengguna. Teknologi dan layanan di balik fitur ini termasuk komputasi awan, mashup perangkat lunak dan widget, blog, RSS, wiki, dan jaringan sosial.

Web 3.0: The Future web

Web 3.0 adalah janji masa depan Web di mana semua informasi digital ini, semua kontak

tersebut, dapat dijalin bersama menjadi pengalaman yang bermakna tunggal. Kadang-kadang ini disebut sebagai Web theSemantic. “Semantic” mengacu yang berarti. Dalam Semantic Web 3.0 lingkungan, Anda akan dapat mengkoordinasikan perubahan ini dalam rencana dengan jadwal teman-teman tenis Anda, jadwal teman film Anda, dan membuat pemesanan di restoran semua dengan satu set perintah yang dikeluarkan sebagai teks atau suara untuk smartphone genggam anda.

7.4. REVOLUSI NIRKABEL

SISTEM SELULER

Operator nirkabel sekarang menawarkan jaringan selular yang lebih kuat yang disebut generasi ketiga atau 3G jaringan, dengan kecepatan transmisi mulai dari 144 Kbps untuk pengguna ponsel mobile, untuk lebih dari 2 Mbps untuk pengguna stasioner. Ini adalah kapasitas yang cukup untuk transmisi video, grafis, dan media yang kaya lainnya, selain suara, membuat jaringan 3G cocok untuk akses Internet broadband nirkabel. Evolusi berikutnya dalam komunikasi nirkabel, disebut jaringan 4G, adalah seluruhnya packet switched dan mampu 100 Mbps kecepatan transmisi (yang bisa mencapai 1 Gbps dalam kondisi optimal), dengan kualitas premium dan tinggi keamanan. Suara, data, dan berkualitas tinggi video streaming akan tersedia untuk

pengguna di mana saja, kapan saja. Pre-4G teknologi saat ini meliputi Jangka Panjang Evolution (LTE) dan WiMax mobile.

JARINGAN KOMPUTER NIRKABEL DAN AKSES INTERNET NIRKABEL

Bluetooth

Bluetoothis nama populer untuk standar jaringan nirkabel 802.15, yang berguna untuk

menciptakan jaringan wilayah pribadi kecil (PANS). Ini link delapan perangkat dalam area 10 meter menggunakan daya rendah, komunikasi berbasis radio dan dapat mengirimkan hingga 722 Kbps di band 2,4 GHz. Bluetooth berkomunikasi satu sama lain dan bahkan beroperasi satu sama lain tanpa intervensi pengguna langsung. Bluetooth menghubungkan keyboard dan mouse nirkabel untuk PC atau ponsel untuk earphone tanpa kabel. Bluetooth memiliki persyaratan daya rendah, sehingga sesuai untuk komputer bertenaga baterai genggam, ponsel, atau PDA.

(12)

Dalam kebanyakan komunikasi Wi-Fi, perangkat nirkabel berkomunikasi dengan kabel LAN menggunakan jalur akses. Jalur akses adalah sebuah kotak yang terdiri dari radio receiver / transmitter dan antena yang menghubungkan ke kabel jaringan, router, atau hub. Jalur akses mobile seperti MiFi Virgin Mobile menggunakan jaringan selular yang ada untuk membuat koneksi Wi-Fi. Penggunaan yang paling populer untuk Wi-Fi saat ini adalah internet nirkabel kecepatan tinggi layanan.

WiMax

WiMax, yang merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability untuk Microwave Access, adalah istilah populer untuk IEEE Standard 802.16. Memiliki berbagai akses nirkabel hingga 31 mil dan kecepatan transmisi hingga 75 Mbps.

RFID DAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL

Radio Frequency Identification (RFID)

Identifikasi frekuensi radio (RFID) sistem menyediakan teknologi yang kuat untuk melacak pergerakan barang di seluruh rantai pasokan. RFID sistem menggunakan tag kecil dengan microchip tertanam berisi data tentang item dan lokasi untuk mengirimkan sinyal radio melalui jarak pendek ke pembaca RFID. Kedua tag RFID dan antena datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. RFID tag aktif yang didukung oleh baterai internal dan biasanya mengaktifkan data yang akan ditulis ulang dan dimodifikasi. Tag aktif dapat mengirimkan ratusan kaki tapi mungkin biaya beberapa dolar per tag. Otomatis sistem tol-koleksi seperti New York E-ZPass

(13)

RFID menggunakan pemancar radio bertenaga rendah untuk membaca data yang tersimpan dalam tag pada jarak mulai dari 1 inci sampai 100 kaki. Pembaca menangkap data dari tag dan mengirimkannya melalui jaringan ke komputer host untuk diproses.

Wireless Sensor Networks

Jaringan sensor nirkabel (WSNs) adalah jaringan perangkat nirkabel saling berhubungan yang tertanam ke dalam lingkungan fisik untuk menyediakan pengukuran dari banyak poin atas ruang besar. Perangkat ini memiliki built-in pengolahan, sensor penyimpanan, dan frekuensi radio dan antena. Mereka dihubungkan ke jaringan interkoneksi yang rute data mereka menangkap ke komputer untuk analisis. Jaringan ini berkisar dari ratusan sampai ribuan node. Karena perangkat sensor nirkabel ditempatkan di lapangan selama bertahun-tahun pada suatu waktu tanpa

pemeliharaan atau campur tangan manusia, mereka harus memiliki kebutuhan daya yang sangat rendah dan baterai mampu berlangsung selama bertahun-tahun.

Sumber:

Figur

Gambar 7-1 menggambarkan perangkat keras utama, perangkat lunak, dan komponen transmisi

Gambar 7-1

menggambarkan perangkat keras utama, perangkat lunak, dan komponen transmisi p.1
Gambar 7-2 memberikan ilustrasi yang lebih kompleks, jaringan perusahaan dengan skala yang lebih besar ini

Gambar 7-2

memberikan ilustrasi yang lebih kompleks, jaringan perusahaan dengan skala yang lebih besar ini p.2
Tabel 7-1

Tabel 7-1

p.4
Gambar 7-4Sebuah cincin topologyconnects komponen jaringan dalam sebuah loop tertutup

Gambar 7-4Sebuah

cincin topologyconnects komponen jaringan dalam sebuah loop tertutup p.5

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : Packet switching