• Tidak ada hasil yang ditemukan

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH PT AHAD-NET INTERNASIONAL.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH PT AHAD-NET INTERNASIONAL."

Copied!
11
0
0

Teks penuh

(1)

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM

PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH

PT AHAD-NET INTERNASIONAL

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Hukum Islam pada Fakultas Agama Islam

Jurusan Muamalat (Syari’ah)

Oleh :

S U N A R N O

NIM. I. 000 050 051

FAKULTAS AGAMA ISLAM

(2)
(3)

PENGESAHAN

Nama : Sunarno No. Induk : I. 000 050 051

Fak/ Jur : Agama Islam / Syari’ah Mu’amalah

Judul Skripsi : TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM

PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH PT AHAD-NET INTERNASIONAL

Telah dimunaqosahkan dalam sidang panitia ujian munaqosah skripsi fakultas

agama Islam jurusan mu’amalah pada tanggal : 30 Juli 2010 dan dapat diterima sebagai kelengkapan akhir dalam menyelesaikan studi sarjana strata satu ( S1 ) guna memperoleh gelar Sarjana Hukum Islam ( S.HI ) Fakultas Agama Islam.

Surakarta, 18 September 2010 Dekan Fakultas Agama Islam

Drs. M. Abdullah Fatah Santoso, M.Ag

Penguji I

M. Muhtarom, SH.MH

Penguji II

Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag

Penguji III

(4)

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tanggan di bawah ini:

Nama : SUNARNO

NIRM : 05.6.106.02016.50 051 Jurusan : Syari’ah

Judul Skripsi : TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH PT AHAD-NET

INTERNASIONAL

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya buat dan serahkan ini merupakan hasil karya sendiri, kecuali kutipan-kutipan dan ringkasan-ringkasan yang semuanya telah saya jelaskan sumbernya. Apabila dikemudian hari terbukti dan atau dapat dibuktikan bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi apapun dari Fakultas Ekonomi dan atau gelar dan ijazah yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta batal saya terima.

Surakarta, Agustus 2011 Yang membuat pernyataan,

(5)

MOTTO

- Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum (umat manusia) selama kaum (umat manusia) tersebut tidak mau merubahnya”

(Qs. Ar Ra’du 11)

- “Janganlah malu ketika anda gagal. Demikian juga, jangan malu jika anda

dilahirkan dari keluarga miskin. Anda hanya malu ketika tidak berusaha bangkit. Dan juga malu ketika anda tidak berharap untuk mencapai yang lebih baik. Atau

tidak bermimpi dan mendoakan mimpi anda.”

( Penulis )

- “Kerjasama tim adalah kemampuan untuk bekerja bersama menuju satu visi yang

sama. Kerjasama tim merupakan bahan bakar yang mampu mengubah orang biasa

menjadi hasil yang luar biasa.”

(6)

PERSEMBAHAN

Kupersembahkan skripsi ini untuk :

1. Ayah, Ibuku tercinta karena telah mengalirkan doa dan memberikan restu. 2. Kakak, adik kandungku yang telah

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya serta kekuatan sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini. Skripsi ini diajukan untuk melengkapi tugas-tugas serta memenuhi salah satu persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana pada Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Skripsi ini ditulis dengan judul TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARI'AH PT AHAD-NET INTERNASIONAL”.

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak yang berkompeten guna kesempurnaan skripsi ini, karena disusun dengan keterbatasan pengetahuan penulis meskipun banyak mendapat bantuan berupa informasi yang sangat berharga dari para dosen pembimbing dan teman-teman.

Dengan demikian sudah sepantasnya penulis pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada :

1. Drs. Fatah Santoso, MA selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memprogramkan skripsi bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. M. Muhtarom, SH.MH selaku Penguji I yang dengan sabar dan telaten

(8)

3. Drs. M. Darojat Ariyanto, M.Ag selaku Penguji II yang telah berkenan memberikan bimbingan sehingga tersusunnya skripsi ini.

4. Seluruh dosen dan staf pengajar di Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan dan keislaman yang bermanfaat bagi penulis.

5. Pimpinan PT. Ahad-Net Internasional di Surakarta, yang telah memberikan ijin untuk mengadakan penelitian kepada penulis.

Berkat jasa dan bantuan dari berbagai pihak, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Semoga amal baiknya mendapatkan balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surakarta, 18 September 2010

(9)

ABSTRAK

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENETAPAN HARGA PADA MLM SYARFAH PT AHAD-NET

INTERNASIONAL

Sunarno. NIM. I. 000 050 051, Jurusan Syari'ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010, 65 halwr.an. Penelitian ini berlokasi di Kota Surakarta.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pandangan hukum Islam tentang sistem penetapan harga pada MLM Syari'ah PT. AHAD-Net Internasional.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan normative, yaitu pendekatan penelitian dengan melihat dan membahas permasalahannya kemudan menilainya dalam kajian hukum Islam. Maka pendekatan teori secara kritis digunakan dengan tiga tahap penelitian.

Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa : Secara umum, harga produk yang diberlakukan oleh PT. AHAD-Net Internasional sesuai dengan keinginan mitra niaga dan tidak mahal, dengan kata lain harga tersebut adalah adil dengan tidak memberatkan konsumen dan pengambilan keuntungan yang wajar. Namun jenis produk diterjen dinilai tidak adil karena harga produk tersebut dinilai mahal menurut mitra niaga. Secara keseluruhan, sitem penetapan harga pada PT. AHAD-Net Internasional sudah tidak ditemukan kebijakan yeng bertentangan dengan hukum islam, Namun e1a beberapa hal yang kurang mencerminkan cirri-ciri khas ekonomi Islam, yaitu harga pokok Ath-Har Detergent yang dinilai tidak berkualitas dan dinilai mahal mitra niaga dan tidak sesuai dengan keinginan mitra niaga.

(10)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN NOTA DINAS PEMBIMBING ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

(11)

C. Sistem Penetapan Harga dalam Perspektif Islam... 27

D. Sejarah dan Perkembangan MLM ... 34

E. Karakteristk MLM Syariah ... 36

BAB III HASIL PENELITIAN A. Gambaran Umum MLM Syariah………. 40

B. Sistem Penetapan Harga Pada MLM Syariah PT. AHAD-Net Internasional di Surakarta……….. 45

BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN A. Analisis Produk ……..52

B. Analisis Data Produk 55

C. Analisis Verifikasi………. 57

D. Analisis Harga………. 58

E. Analisis Data Harga Produk………. 61

F. Analisis Verifikasi Harga Produk………. 64

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan ……… 67

B. Saran ………. 68 DAFTAR PUSTAKA

Referensi

Dokumen terkait

Keragaman genotipe yang sempit terdapat pada karakter umur berbunga, umur panen, tinggi tanaman, jumlah cabang produktif, total jumlah polong, bobot 100 butir, dan

Dari uraian di atas, salah satu implikasi murāqabah adalah ketaatan dan bisa memelihara diri dari dosa, merasa malu kepada- Nya, berhati-hati dalam berucap, bersikap dan

berbanding terbalik dengan kehilangan berat contoh uji, karena semakin banyak ekstrak yang digunakan maka contoh uji akan lebih banyak menyerap ekstrak sehingga contoh uji

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya yang bertujuan untuk membuat suatu prototype robot yang dapat mendeteksi kebakaran dan

“Dia telah menjadikan di bumi ini sebagai sumber daya alam yang sangat memadai untuk segala keperluan manusia, agar manusia mau bersyukur kepada Allah, tetapi sangat sedikit

29 Untuk mengilustrasikan kegunaan dari diagram alir dapat dilihat pada Gambar 2.6 atau bagian (a) yang digunakan untuk menggambarkan struktur control program, sedangkan

Menurut Kristanto (2010) prinsip dasar dari soaking surfaktan ini adalah menginjeksikan sejumlah tertentu chemical ke dalam reservoir dengan anggapan minyak yang

Secara umum, pembuktian/pem·buk·ti·an/ n 1 proses, cara, perbuatan membuktikan; 2 usaha menunjukkan benar atau salahnya si terdakwa dalam sidang pengadilan. 33