• Tidak ada hasil yang ditemukan

Analisis Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Naturalis Dan Kinestetis Pada Siswa Kelas 3 Di Mim Pk Kartasura

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Analisis Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Naturalis Dan Kinestetis Pada Siswa Kelas 3 Di Mim Pk Kartasura"

Copied!
17
0
0

Teks penuh

(1)

ii

ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU BERBASIS KECERDASAN NATURALIS DAN KINESTETIS PADA SISWA KELAS 3 DI MIM PK

KARTASURA

Skripsi Diajukan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Diajukan Oleh :

FAJRIA RIZKA KISWARI A510140006

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA JULI, 2018

(2)
(3)
(4)
(5)

vi

HALAMAN MOTTO

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui,

sedang kamu tidak mengetahui” (Al-Baqarah: 216)

“Segala sesuatu yang bisa kau bayangkan adalah nyata” (Pablo Picasso)

“Life is too short to wait” (Penulis)

“Pandai menikmati apa yang telah sukses dilakukan dan dapat melakukannya lagi, serta tidak terbebani oleh apa yang seharusnya dilakukan”

(6)

vii

HALAMAN PERSEMBAHAN

Dengan segala puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan atas dukungan dan do’a dari orang-orang tercinta, akhirnya skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya.. Dengan segenap cinta kupersembahkan hasil dari sebuah perjuanganku untuk:

1. Kedua orangtua saya, Bapak Supardi dan Ibu Kismiyati tercinta yang tak pernah lelah membesarkanku dengan penuh kasih sayang, serta memberi dukungan, perjuangan, motivasi, do’a dan semangat dalam mengerjakan skipsi ini.

2. Kakak dan adikku, Riky Ardiyanto dan Farissa Arifatul Azmi yang selalu mengganggu tapi juga memberikan dukungan, dan semangat untuk menyelesaikan skripsi ini.

3. Keluarga besarku yang selalu memberikan dukungan dalam hal apapun. Terimakasih banyak.

4. Cemara Squad, Angik, Aristul, Herlita, Amalia, Alfiati, Tiara, Mifta, Aan, dan Lili yang sudah jadi sahabatku sejak dahulu kala dan bakal bersama sampai tak terhingga sepanjang masa, yang selalu memberikan dukungan, saran, serta motivasi dalam mengerjakan skripsi ini.

5. Osmosa Hefa Ridha Kusuma yang selalu menemani dalam mengerjakan maupun konsultasi, selalu memberikan dukungan untuk menyelesaikan skripsi ini. Dan tak lupa selalu ngajakin jajan disela-sela mengerjakan.

6. Ciwi Squad, ika, handa, ety, fenty, firan, eskan, kunyek, dan dyah yang selalu ngajakin meetup dan memberikan semangat.

7. Bolo suwung DAP CPS 2012/2013 yang selalu menghiburku disela-sela kepenatan, selalu memberikan motivasi, saran, dan semangat dalam mengerjakan skripsi ini.

8. Teman-teman KKN Pelem tercintah, mami nopi, pak jalu, pak joko, pak wahid, ucup, mimi dika, ocha, bagus, dan albi yang sudah jadi sahabat dari awal perkenalan di KKN.

(7)

viii

9. Sahabat-sahabatku di rumah, fikhi, irfan, triyan, bejo, mas ihsan, indin, mas wahyu, riko dan lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu yang selalu menanyakan kabar skripsi dan selalu memberikan semangat dalam penyelesaian skripsi ini.

10. Teman seperjuanganku PGSD kelas A angkatan tahun 2014 yang unyu-unyu yang selalu memberi semangat dan dukungan serta canda tawa yang sangat mengesankan selama masa perkuliahan, susah senang dirasakan bersama dan sahabat-sahabat seperjuanganku yang lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Terima kasih buat kalian semua.

11. Keluarga besar satu angkatan PGSD 2014 FKIP UMS yang telah memberikan dukungan, motivasi dan pengalaman yang sangat berharga kepada saya.

12. Bapak dosen pembimbing skripsi yang telah memberikan bimbingan dengan kesabaran dan ketulusan demi ilmu yang bermanfaat.

13. Keluarga besar HMP PGSD yang sudah memberikan banyak pengelaman dan pengajaran selama menuntut ilmu universitas ini.

(8)

ix ABSTRAK

Fajria Rizka Kiswari/A510140006. ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU

BERBASIS KECERDASAN NATURALIS DAN KINESTETIS PADA SISWA

KELAS 3 DI MIM PK KARTASURA. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Muhammadiyah Surakarta. Juli, 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru mengenai gaya mengajar berbasis kecerdasan naturalis dan kinestetis di MIM PK Kartasura, mendeskripsikan penerapan gaya mengajar guru berbasis kecerdasan naturalis dan kinestetis pada siswa kelas 3 di MIM PK Kartasura, dan mendeskripsikan kendala beserta solusi guru dalam menerapkan gaya mengajar berbasis kecerdasan naturalis dan kinestetis pada siswa kelas 3 di MIM PK Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 3A dan guru kelas 3C. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan traingulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah cukup memahami gaya mengajar berbasis kecerdasan naturalis dan kinestetis yang dapat dilihat dari lesson plan dan kegiatan pembelajaran, penerapan gaya mengajar naturalis dan kinestetis dimulai dari tahap perencanaan dan persiapan meliputi pelatihan guru (guru belajar), tes MIR, pembuatan lesson plan, pemahaman mengenai ciri siswa dengan kecerdasan naturalis, dan pemahaman mengenai gaya mengajar guru berbasis kecerdasan naturalis. Dalam kegiatan pembelajaran kelas dengan kecerdasan naturalis dan kinestetis menggunakan gaya mengajar, strategi, metode, dan media pembelajaran sesuai dengan kecerdasan siswa. Pada saat kegiatan pembelajaran ada beberapa kendala yang dialami siswa maupun guru yaitu mengatur siswa untuk tertib, siswa tidak bisa duduk dalam jangka waktu yang lama, siswa yang lambat dalam belajar, siswa yang suka di luar kelas saat pembelajaran berlangsung, dan pemilihan strategi yang berbeda sesuai dengan kecerdasan siswa. Solusi yang diterapkan guru antara lain membuat aturan kelas dan membuat aturan setiap akan memulai pembelajaran, mengemas pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa dan memanfaatkan keaktifan siswa untuk menyampaikan materi pembelajaran, melaksanakan pembelajaran di luar kelas agar anak tidak merasa bosan, memberikan peringatan pada siswa yang susah diatur serta memperhatikan semua siswa walaupun di dalam dan di luar kelas, pemilihan strategi yang tepat bisa dengan mengikuti pelatihan, belajar melalui internet, memahami kecerdasan siswa, dan lain sebagainya.

(9)

x

ABSTRACT

Fajria Rizka Kiswari/A510140006. ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU

BERBASIS KECERDASAN NATURALIS DAN KINESTETIS PADA SISWA

KELAS 3 DI MIM PK KARTASURA. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Muhammadiyah Surakarta. Juli, 2018 This study were aims to describe the teacher's understanding of the teaching style based on naturalist and kinesthetic intelligence in MIM PK Kartasura, to describe the application of teacher-based style of naturalist and kinesthetic intelligence in third grade students of MIM PK Kartasura and to describe the problems and solutions of teachers in applied the teaching style based on naturalist and kinesthetic intelligence in third grade students of MIM PK Kartasura. This research type was qualitative research with case study research design. The informant of this research were the head master, teacher of class 3A and teacher of class 3C. The data collected techniques were using observation, interview, and documentation. Analysis of the data through data collection, data reduction, data presentation, data verification, and conclusions. The validity of the data were done by usinh technique traingulation and source triangulation. The results showed that the teacher had enough understanding of the teaching style based on naturalist and kinesthetic intelligence that could be seen from the lesson plan and the learning activities, the application of naturalist and kinesthetic teaching styles started from the planning and preparation stage includes teacher training (teacher learning), MIR test, making lesson plan, understanding the characteristics of students with naturalist intelligence, and understanding of teachers teaching style based on naturalist intelligence. In the class learning activities with naturalist and kinesthetic intelligence using teaching styles, strategies, methods, and learning media in accordance with the students' intelligence. At the time of learning activities there are some problems experienced by students and teachers such as manage the students to be obedience, students could not sit for long periods, students were slow in learning, students who went outside the classroom while teaching learning process was take place, and the selected of different strategies according with students' intelligence. Solutions that were applied by teachers include created class rules and made rules in every learning process, made a fun teaching and attract students' attention and took the advantage of students' activeness to deliver learning materials, carried out learning outside the classroom so that the students did not feel bored, gave warning to students who were unruly and paid attention to all students although inside and outside the classroom, the selected of the appropriate strategy could be by training, learning through the internet, understanding students' intelligence, and etc.

Key words: teacher teaching style, naturalist intelligence, and kinesthetic

(10)

xi

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat hidayah-Nya serta memberikan kekuatan, ketabahan, kemudahan dan kedamaian berfikir dalam menyelesaiakn skripsi yang berjudul “ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU BERBASIS KECERDASAN NATURALIS DAN KINESTETIS PADA SISWA KELAS 3 DI MIM PK KARTASURA ”. Skripsi ini diajukan untuk memperoleh Gelar Sarjana Srata 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis mengalami banyak kesulitan dan hambatan, namun berkat bantuan, arahan, dorongan serta bimbingan dari berbagai pihak, semua kendala tersebut dapat teratasi. Untuk itu dalam kesempatan ini dengan segala kerendahan hati. Penulis menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang memberi kesempatan bagi terselenggaranya penyusunan skripsi.

2. Ibu Nur Amalia M.Teach selaku Ketua Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang telah banyak memberikan nasihat dan dorongan bagi penulis untuk menyelesaikan skripsi.

3. Muhammad Abduh, S.Pd., M.Pd. selaku dosen pembimbing, bimbingan dan pengarahan dalam setiap waktunya, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. 4. Dra. Risminawati, M.Pd pembimbing akademik, yang telah membantu

mahasiswa dalam memberikan pengarahan dan bekal administratif sehingga skripsi ini dapat terselesaikan.

5. Segenap dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan banyak ilmu yang bermanfaat.

6. Kedua orang tua, keluarga besarku yang selalu memberikan kasih sayang. doa, semangat dan dukungan moral maupun materi dalam penyusunan skripsi ini.

(11)

xii

7. Sahabat-sahabat dan teman seperjuangan yang telah menemani, memotivasi, dan bekerjasama dengan penulis dalam menggapai cita-cita.

8. Semua pihak yang telah membantu penulis dalam meyelesaikan karya ilmiah ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, mudah-mudahan apa yang telah diberikan akan mendapat balasan dan pahala dari Allah SWT.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna, ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki penulis. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun senantiasa penulis harapkan. Akhir kata semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat, pelajaran dan pengalaman baru.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Surakarta, Juli 2018 Penulis

(12)

xiii DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ... i

HALAMAN JUDUL ... ii

HALAMAN PERNYATAAN ... iii

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING. ... iv

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ... v

HALAMAN MOTTO. ... vi

HALAMAN PERSEMBAHAN ... vii

ABSTRAK ... ix

ABSTRACT ... x

KATA PENGANTAR ... xi

DAFTAR ISI ... xiii

DAFTAR TABEL. ... xvi

DAFTAR GAMBAR. ... xvii

DAFTAR LAMPIRAN. ... xviii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 3

C. Tujuan Penelitian ... 4

D. Manfaat Penelitian ... 4

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ... 5

A. LandasanTeori ... 5

1. Pemahaman Guru. ... 6

2. Definisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. ... 8

3. Definisi Gaya Mengajar ... 11

4. Definisi Kecerdasan Naturalis ... 13

5. Ciri-ciri Anak yang Memiliki Kecerdasan Naturalis... ... 13

6. Ciri-ciri Gaya Mengajar Naturalis. ... 14

7. Definisi Kecerdasan Kinestetis ... 15

(13)

xiv

9. Ciri-ciri Gaya Mengajar Kinestetis. ... 16

B. Penelitian Terdahulu yang Relevan ... 17

BAB III METODE PENELITIAN... 24

A. Jenis dan Desain Penelitian ... 24

B. Tempat dan Waktu Penelitian ... 24

C. Data dan Sumber Data ... 26

D. Kehadiran Peneliti ... 26

E. Teknik Pengumpulan Data ... 27

F. Teknik Analisis Data ... 28

G. Keabsahan Data ... 29

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN. ... 31

A. Hasil Penelitian. ... 31

1. Deskripsi Lokasi Penelitian... 31

a. Sejarah MIM PK Kartasura. ... 31

b. Identitas Sekolah. ... 32

c. Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah. ... 32

d. Keadaan Sumber Daya Manusia. ... 33

2. Deskripsi Data. ... 34

a. Pemahaman Guru Mengenai Gaya Mengajar Naturalis dan Kinestetis di MIM PK Kartasura ... 34

b. Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Naturalis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 38

c. Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 46

d. Kendala Beserta Solusi Guru dalam Menerapkan Gaya Mengajar Berbasis Kecerdasan Naturalis dan Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 54

3. Temuan Penelitian. ... 55

a. Pemahaman Guru Mengenai Gaya Mengajar Naturalis dan Kinestetis di MIM PK Kartasura ... 55 b. Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan

(14)

xv

Naturalis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 56

c. Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 59

d. Kendala Beserta Solusi Guru dalam Menerapkan Gaya Mengajar Berbasis Kecerdasan Naturalis danKecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIMPK Kartasura ... 63

B. Pembahasan. ... 64

1. Pemahaman Guru Mengenai Gaya Mengajar Naturalis dan Kinestetis di MIM PK Kartasura... 64

2. Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Naturalis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura. ... 66

3. Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura. ... 72

4. Kendala beserta Solusi Guru dalam Menerapkan Gaya Mengajar Berbasis Kecerdasan Naturalis dan Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIMPK Kartasura. ... 75

C. Keterbatasan Penelitian ... 77 BAB V PENUTUP.. ... 78 A. Simpulan. ... 78 B. Implikasi. ... 80 C. Saran…. ... 81 DAFTAR PUSTAKA ... 82 DAFTAR LAMPIRAN. ... 85

(15)

xvi

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Penelitian Terdahulu yang Relevan ... 85

Tabel 3.1 Waktu dan Pelaksanaan ... 90

Tabel 4.1 Identitas Sekolah ... 90

Tabel 4.2 Keberadaan Guru/Pegawai ... 91

Tabel 4.3 Keberadaan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2016/2017 ... 91

Tabel 4.4 Pemahaman Guru Mengenai Gaya Mengajar Naturalis dan Kinestetis di MIM PK Kartasura ... 92

Tabel 4.5 Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Naturalis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 92

Tabel 4.6 Penerapan Gaya Mengajar Guru Berbasis Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 95

Tabel 4.7 Kendala beserta Solusi Guru dalam Menerapkan Gaya Mengajar Berbasis Kecerdasan Naturalis dan Kecerdasan Kinestetis pada Siswa Kelas 3 di MIM PK Kartasura ... 98

(16)

xvii

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Guru mengkondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran ... 99

Gambar 2. Guru memberikan pengarahan sebelum siswa mengerjakan tugas ... 99

Gambar 3. Siswa menempel potongan hadits tentang persaudaraan ... 99

Gambar 4. Presentasi ... 100

Gambar 5. Kegiatan ice breaking sebelum pembelajaran dimulai ... 100

Gambar 6. Guru memberikan pertanyaan mengenai SDA... 100

Gambar 7. Siswa secara berkelompok diminta untuk membuat sandwich ... 101

Gambar 8. Presentasi ... 101

Gambar 9. Guru memberikan pengarahan kepada siswa sebelum pelaksanaan exercise... 101

Gambar 10. Guru memberikan pertanyaan ... 102

Gambar 11. Wawancara guru ... 102

Gambar 12. Wawancara kepala sekolah ... 102

Gambar 13. Pembiasaan siswa alfazone ... 103

(17)

xviii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1. Instrumen observasi guru kecerdasan naturalis... 104

2. Instrumen observasi guru kecerdasan kinestetis ... 106

3. Instrumen observasi siswa kecerdasan naturalis ... 108

4. Instrumen observasi siswa kecerdasan kinestetis ... 110

5. Instrumen analisa lesson plan ... 112

6. Pedoman wawancara guru... 119

7. Pedoman wawancara kepala sekolah ... 123

8. Silabus ... 126

9. Lesson plan ... 139

10. Surat Riset ... 145

Referensi

Dokumen terkait

Sehubungan dengan Perusahaan Saudara masuk sebagai Calon Pemenang Pelelangan Umum Pengadaan Penyedia Barang/Jasa paket pekerjaan PENGADAAN MEUBELAIR KANTOR GUBERNUR

Sebagai rujukan penelitian pada masa mendatang tentang sutradara dalam pembuatan film pendek dengan judul pembuatan film fiksi bergenre Psycho Thriller tentang skizofrenia

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam

karakteristik contoh dan keluarga contoh PG dan NPG; 2) Menganalisis perbedaan uang saku, pengeluaran pangan, jarak ternpat tinggal dari warung rnakan terdekat,

Untuk berhasilnya penyelenggaraan proses pendidikan di Taman kanak-kanak dalam mewujudkan hasil pendidikan seperti yang diharapkan oleh tujuan pendidikan Taman kanak-kanak

[r]

Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Timur merupakan instansi daerah yang berorientasi kepada urusan Kepegawaian di Lingkungan kabupaten Kutai Timur, dalam

memperhatikan buku ceritanya. Hal tersebut membuat anak-anak tidak mampu menyelaraskan apa yang diucapkan guru ketika bercerita dengan gambar yang tertera pada buku cerita. 4)