• Tidak ada hasil yang ditemukan

Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Rumus Matematika Untuk SMA Berbasis Android

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Rumus Matematika Untuk SMA Berbasis Android"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Rumus

Matematika Untuk SMA Berbasis Android

Designing the Application of Learning Media Matematics Formulas for Android Based High Schools

Lina Mariani Tumanggor1, Edy Victor Haryanto2, Muhammad Barkah Akbar,3 1

Jurusan Teknik Informatika Universitas Potensi Utama 2,3

Dosen Jurusan Teknik Informatika Universitas Potensi Utama 1,2,3

Universitas Potensi Utama, K.L. Yos Sudarso KM 6,5 No. 3A Tj. Mulia - Medan Email : linamariani746@gmail.com

ABSTRACT

Technology is experiencing a very rapid progress at this time. Likewise in the world of learning, as technology develops in the world of education, it is increasingly being developed automatically and efficiently in making it easier for students to obtain information about mathematical formulas. Mathematics is one field of science that is difficult to understand quickly. Extra understanding is needed if you want to master every material, carry books everywhere, take notes on every formula, do not rule out the possibility that notebooks may be left behind or damaged. Of course it will make students feel bored, students who take lessons and not infrequently also make students feel tense and depressed because they are left behind and damaged math textbooks. Based on research that has been done by the author in one school, namely in SMA N 1 Medan by giving written questions to children as many as 9 questions, and get the results that the presence of learning media can help students in teaching and learning systems, especially in increasing student imagination. To realize this there needs to be an application that can help in learning mathematics and make it easy for students. This application is an application that makes it easy or easy for students directly. In this study, the design of learning media applications for mathematical formulas for high school automatically. This application is based on Android with the Java programming language.

Keywords: Android, mathematical formula, android

ABSTRAK

Teknologi mengalami suatu kemajuan yang sangat pesat pada masa sekarang ini. Begitu pula dalam dunia belajar, seiring perkembangan teknologi di dunia pendidikan, maka semakin dikembangkan otomatis dan efisiensi dalam memudahkan siswa/siswi untuk memperoleh informasi tentang rumus matematika. Matematika adalah salah satu bidang keilmuan yang sulit dipahami secara cepat. Dibutuhkan pemahaman yang ekstra bila ingin menguasai setiap materi, membawa buku kemana-mana, mencatat setiap rumus, tidak menutup kemungkinan bahwa buku catatan bisa saja ketinggalan atau rusak. Tentu akan membuat siswa merasa bosan, para siswa yang mengikuti pelajaran dan tidak jarang juga membuat siswa merasa tegang dan merasa tertekan karena tertinggal dan rusaknya buku pelajaran matematika. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis disalah satu sekolah yaitu pada SMA N 1 Medan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tertulis terhadap anak-anak sebanyak 9 soal, dan mendapatkan hasil bahwa dengan adanya media pembelajaran dapat membantu siswa dalam sistem belajar mengajar terutama dalam meningkatkan imajinasi siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam belajar matematika dan memberi kemudahan bagi siswa/siswi. Aplikasi yang di buat ini merupakan aplikasi yang mempermudah ataupun meringankan siswa/siswi secara langsung. Dalam penelitian ini merancang aplikasi media pembelajaran rumus matematika untuk SMA secara otomatis. Aplikasi ini berbasis android dengan bahasa pemrograman java.

(2)

buku pelajaran matematika. Berdasarkan riset Penelitian yang telah dilakukan penulis disalah satu sekolah yaitu pada SMA N 1 Medan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan tertulis terhadap anak-anak sebanyak 9 soal, dan mendapatkan hasil bahwa dengan adanya media pembelajaran dapat membantu siswa dalam sistem belajar mengajar terutama dalam meningkatkan imajinasi siswa. Oleh karena itu penulis membuat aplikasi android agar memudahkan siswa dalam mencari rumus-rumus matematika dengan menggunakan aplikasi android, dengan memanfaatkan media komputer sebagaimana diketahui bahwa komputer sudah digunakan secara luas diberbagai bidang kegiatan. Saat ini perangkat yang sedang sangat banyak dipergunakan orang adalah perangkat selular berbasis android. Perangkat dengan sistem operasi ini memiliki hampir seluruh kemampuan perangkat komputer, mulai dari pengolah kata, membaca email hingga bermain gamesUntuk mempermudah kondisi ini, maka diperlukan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui dan mempermudah mencari informasi.

Penelitian yang berjudul tentang “Perancangan Aplikasi Pencarian Route Jalan Tercepat Dengan Metode LBS Berbasis Android” dari uraian penjelasan dan pembahasan keseluruhan dari penelitian ini ialah GPS pada perangkat smartphone Android memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda, dalam proses pembangunan aplikasi android berbasis peta dapat memanfaatkan berbagai fasilitas API yang telah disediakan oleh Google, aplikasi membutuhkan sinyal dan koneksi data yang baik dan stabil agar proses pengolahan data koordinat dapat berjalan dengan baik, keberhasilan aplikasi membaca koordinat lokasi geografis dipengaruhi oleh ketersediaan layanan operator, kekuatan sinyal operator, kekuatan sinyal GPS dan ketersediaan fitur pada perangkat mobile android [1].

Penelitian yang berjudul tentang “Aplikasi Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Secara Online Berbasis Android” menghasilkan sebuah aplikasi sistem ujian saringan masuk secara online diimplementasikan dalam sistem operasi mobile yaitu Android yang sedang berkembang pesat saat ini, sehingga semua kendala yang ditemui pada saat menjalankan cara manual dapat diperkecil atau bahkan dihilangkan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi peningkatan pelayanan dalam perguruan tinggi [2].

Penelitian yang berjudul tentang “Penerapan Metode Rough Set Dalam Menentukan Pembelian Smartphone Android oleh Konsumen” menjelaskan tentang sistem operasi yang saat ini sedang menguasai pasar smartphone dunia. Sistem operasi yang user friendly saja tidak cukup, harus didukung oleh spesifikasi ponsel yang juga memumpuni. Saat ini sudah banyak orang yang sudah mulai mengerti ponsel dengan sistem operasi android. Ada yang digunakan untuk bekerja, ada juga yang digunakan sebagai bisnis [3].

Penelitian yang berjudul tentang “Perancangan Navigasi Robot Berbasis Suara Menggunakan Android” yang menghasilkan sebuah aplikasi tentang bagaimana mengontrol navigasi robot menggunakan teknologi mikrokontroler, smartphone android, bluetooth, dan pengenalan suara. Sistem yang digunakan yaitu sistem yang dapat mengontrol navigasi robot secara nirkabel menggunakan smartphone android. Metode yang digunakan dalam metode ini ada 3 yaitu: desain antarmuka hardware, desain program pada perangkat keras, dan desain program pada android [4].

(3)

2. HASIL DAN PEMBAHASAN 1.Analisis Masalah

Dalam perancangan aplikasi media pembelajaran rumus matematika untuk SMA ini terdapat beberapa masalah yang harus dipecahkan. Permasalahan-permasalahan tersebut di antara lain:

Dalam merancang aplikasi media pembelajaran rumus matematika ini menggunakan aplikasi pemograman android studio ini cukup rumit, yaitu dimana memasukan sebuah rumus yang harus di teliti dalam bahasa pemograman. Sistem kerja pada aplikasi media pembelajaran ini, dimana mempermudah siswa tingkat SMA untuk mempelajari rumus melalui aplikasi media pembelajaran ini. Media pembelajaran ini sendiri dibuat agar siswa tingkat SMA tidak jenuh atau merasa bosan dalam belajar khususnya matematika yang selama ini melalui buku media pembelajaran.

Aplikasi media pembelajaran ini juga dilengkapi rumus dan contoh soal matematika beserta video, dimana melalui video juga mengurangi tingkat kebosanan dalam belajar dan memahami pelajaran termasuk matematika

Metode penelitian yang dipakai oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif atau disebut juga metode penelitian analitis. Dalam metode penelitian deskriptif ini digunakan teknik-teknik analisis, klasifikasi masalah, survey, studi kepustakaan, observasi dan teknik-teknik test terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan objek penelitian penulis.

Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Berikut ini adalah tahapan dari model ADDIE:

Gambar 1. Pembuatan ADDIE Diagram Prosedur Perancangan 3.1. Use Case Diagram

Use case menjelaskan urutan kegiatan yang dilakukan aktor dan sistem untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Diagram use case dapat dilihat pada gambar 2.

(4)

Gambar 2. Rancangan Use Case Diagram

Pada tampilan use case diagram gambar 2. terlihat proses-proses atau tahapan yang dilalui pada saat pengguna melakukan akses terhadap aplikasi, berikut adalah tahap yang akan dilalui oleh pengguna aplikasi :

1. Menu Home atau Halaman Utama

Pengguna (user) memasuk halaman utama dan mulai beberapa menu selanjutnya 2. Menu Rumus

Saat user memilih tombol Rumus maka user dapat melihat menu pada bagian rumus 3. Contoh Soal

User memilih tombol Contoh Soal kemudian user dapat membaca informasi tentang beberapa Contoh-Contoh Soal.

4. About

User memilih tombol about kemudian user dapat membaca informasi. 5. Keluar

User dapat menekan tombol Keluar untuk keluar dari aplikasi. 3. 2. Hasil

Berdasarkan rancangan pada pembahasan sebelumnya maka dihasilkan Perancangan dan Aplikasi Media Pembelajaran Rumus Matematika untuk SMA Berbasis Android. Sehingga hasil implementasinya dapat dilihat sesuai dengan hasil program yang telah dibuat.

3.2.1. Tampilan Hasil

Media pembelajaran rumus matematika untuk SMA berbasis android memiliki tampilan hasil sebagai berikut :

1. Tampilan Halaman Utama Aplikasi

Tampilan dari halaman utama aplikasi ini untuk masuk ketahap selanjutnya merupakan serangkaian kinerja sistem dapat diterangkan dengan langkah-langkah menuju ke halaman utama aplikasi yang ditunjukkan pada Gambar 3.

(5)

Gambar 3. Tampilan Halaman Utama Aplikasi 2. Tampilan Halaman Rumus

Berikut adalah tampilan pada halaman rumus aplikasi yang telah dibuat.Pada tampilan halaman rumus aplikasi terdapat kumpulan rumus kelas 1, kelas 2, kelas 3, dan media pembelajaran melalui video.Tampilan halaman rumus dapat dilihat pada Gambar 4.

Gambar 4. Tampilan Halaman Rumus 3. Tampilan Halaman Contoh Soal

Pada tampilan halaman contoh soal ialah tempat memberikan informasi berupa gambar seputar contoh soal dan rumus matematika kelas 1, kelas 2, dan kelas 3, dapat dilihat pada Gambar 5.

(6)

Gambar 5. Tampilan Halaman Contoh Soal 3. Tampilan Halaman About

Tampilan halaman about ini ialah tempat untuk memberikan informasi seputar perancang aplikasi. Tampilan halaman About dapat dilihat pada Gambar 6.

Gambar 6. Tampilan Halaman About 3.3. Skenario Pengujian

Tahap ini merupakan tahap dimana akan dilakukan sebuah skenario pengujian terhadap sistem yang telah dibangun menggunakan metode pengujian sistem berupa blackbox testing.

Berikut pengujian sistem dengan metode black box testing yang disajikan pada tabel pengujian blackbox dapat dilihat pada Tabel 1.

(7)

1. Pengujian Splash

Tabel 1. Hasil Proses Splashscreen No Skenario

Pengujian

Hasil Yang Diinginkan Hasil Percobaan Kesimpulan 1 Hasil percobaan

tampilan aplikasi

Aplikasi menampilkan gambar splash dan kemudian

menampilkan halaman utama

Aplikasi menampilkan gambar splash dan kemudian

menampilkan halaman utama

Baik

Tampilan Pertama Tampilan Kedua

Gambar 7. Hasil Proses Evaluasi Pada Tampilan Splashscreen 2. Pengujian Halaman Utama

Tabel 2. Hasil Proses Halaman Utama No Skenario

Pengujian

Hasil Yang Diinginkan Hasil Percobaan Kesimpulan

1

Uji proses utama

Tampilan tombol rumus, kemudian tombol tampilan rumus kelas 1, kemudian menampilkan tombol pilihan rumus dari user dan selanjutnya dapat masuk ke tampilan rumus

Tampilan menampilkan

tombol rumus,

kemudian menampilkan tombol tampilan rumus kelas 1, kemudian menampilkan tombol pilihan rumus dari user dan selanjutnya dapat masuk ke tampilan rumus

(8)

Tampilan Pertama Tampilan kedua

Tampilan Keempat

Tampilan Ketiga

Gambar 8. Hasil Proses Evaluasi Pada Tampilan Login 3. Pengujian Halaman Contoh Soal

Tabel 3. Hasil Proses Contoh Soal No Skenario

Pengujian

Hasil Yang Diinginkan Hasil Percobaan Kesimpulan

1

Percobaan proses contoh soal

Tampilan tombol contoh soal, kemudian menampilkan tampilan contoh soal

Tampilan menampilkan tombol contoh soal, kemudian menampilkan tampilan contoh soal

(9)

Tampilan pertama Tampilan kedua

Gambar 9. Hasil Proses Evaluasi Pada Tampilan Beranda

4. Pengujian Halaman About

Tabel 4. Hasil Proses Tentang No Skenario

Pengujian

Hasil Yang Diinginkan Hasil Percobaan Kesimpulan 1 Percobaan

aplikasi about

Aplikasi Tampilan informasi singkat data diri penulis

Aplikasi menampilkan informasi singkat data diri penulis

Baik

Tampilan Pertama Tampilan Kedua

Gambar 10. Hasil Proses Evaluasi Pada Tampilan Tentang Aplikasi 5. Pengujian Tombol Keluar

Tabel 5. Hasil Proses Evaluasi Pada Keluar No Skenario Pengujian Hasil Yang

Diinginkan

Hasil Percobaan Kesimpulan 1 Percobaan keluar dari

aplikasi

(10)

Tampilan Pertama Tampilan Kedua

Gambar 11. Hasil Proses Evaluasi Pada Tampilan Keluar Aplikasi 3.4. Analisa Hasil

Berdasarkan dari uji coba yang telah di lakukan bahwa aplikasi media pembelajaran rumus matematika untuk SMA berbasis android yang telah dirancang dengan hasil program yang telah dijalankan sesuai dan tidak mengalami error sehingga program ini berjalan dengan sukses dan valid.

3.5. Kelebihan dan Kekurangan Sistem yang Dirancang

Adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada media pembelajaran rumus matematika untuk SMA berbasis android yaitu :

3.5.1. Kelebihan Aplikasi yang Dirancang

Kelebihan yang ada pada program media pembelajaran rumus matematika untuk SMA berbasis android yang dirancang antara lain sebagai berikut:

1. Rancangan aplikasi ini dapat membantu aktivitas siswa SMA dalam mempelajari rumus matematika.

2. Aplikasi ini menggunakan smartphone yang mudah dibawa ke mana saja.

3. Aplikasi ini dapat meningkatkan minat belajar siswa SMA dalam mempelajari rumus matematika.

3.5.2. Kekurangan Sistem yang Dirancang

Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ada pada program Aplikasi media pembelajaran rumus matematika untuk SMA Berbasis Android yang dirancang antara lain sebagai berikut:

1. Desain aplikasi media pembelajaran rumus matematika untuk SMA berbasis android ini masih sangat sederhana sehingga diperlukan pengembangan desain kembali agar lebih menarik para pengguna.

2. Aplikasi hanya dapat hanya dibuat untuk kalangan siswa SMA saja. 3. Aplikasi ini hanya membahas seputar rumus dan contoh soal matematika.

3. KESIMPULAN

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan selama membuat aplikasi ini, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1. Membuat sebuah aplikasi yang dapat mempermudah siswa/siswi dalam belajar.

2. Membuat sebuah aplikasi untuk mengubah pola belajar yang sangat menarik dan mudah dipahami.

(11)

3. Membuat aplikasi untuk menerapkan pola belajar siswa agar tidak tegang dalam memahami rumus matematika.

4. Membuat aplikasi matimatika untuk belajar siswa/siswi agar tidak tertekan dalam belajar. 4.SARAN

Sebagai aplikasi yang tidak dikerjakan dengan tim, penulis menyadari bahwa aplikasi ini memiliki banyak kekurangan, saran untuk pengembangan aplikasi pada waktu mendatang adalah: 1. Diharapkan pada pengembangan aplikasi selanjutnya dapat menyediakan beberapa fitur yang

lebih menarik.

2. Diharapkan pada pengembangan aplikasi selanjutnya dapat menjadi aplikasi lebih bagus dari sebelumnya.

3. Diharapkan pada pengembangan aplikasi selanjutnya dapat menampilkan lebih banyak rumus” yang dapat membantu siswa/siswi belajar .

4. Diharapkan pada pengembangan aplikasi selanjutnya dapat menampilkan tampilan yang menarik.

UCAPAN TERIMA KASIH

Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Potensi Utama yang telah membantu dalam menyelesaikan penelitian ini.

DAFTAR PUSTAKA

[1] Miswandi, M., Haryanto, E. V., & Triandi, B. (2019). Perancangan Aplikasi Pencarian Route Jalan Tercepat Dengan Metode Lbs Berbasis Android.

[2] Adhar, D., & Nababan, L. (2016). Aplikasi Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Secara Online Berbasis Android (Studi Kasus Universitas Potensi Utama Medan). Techno. Com, 15(3), 217-223.

[3] Indriani, U. (2018). Penerapan Metode Rough Set Dalam Menentukan Pembelian Smartphone Android Oleh Konsumen”.Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 2(1).

[4] Rahmad, I. F., & Fragastia, V. A. (2017, October). “Perancangan Navigasi Robot Berbasis Suara Menggunakan Android”. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 320-324).

[5] Desmira., Rizal Fauzi, 2015, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Rumus Matematika Matriks dan Trigonometri Berbasis Android”.program studi teknik informatika, STIMIK NUSAMANDIRI.

[6] Jijon Raphita Sagala. 2014. “Implementasi Sistem Aplikasi Belajar Rumus Matematika Metode Adaptive Software Development Pada SMP Swasta Methodist 7 Medan”, STMIK Pelita Nusantara Medan.

[7] Dedi Rianto Rahadi. 2014. “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android”, Program Pascasarjana Universitas Bina Darma Palembang.

[8] uansyah Andi. 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker berbasis Assisted-Global Positoning System (A-GPS) Dengan Platform Android”. Teknik Informatika.

[9] Candra Fahmi., dkk 2017. “Implementasi Cell Id GPS Dalam Pencarian Lokasi Fasilitas Kesehatan Terdekat”. Jurnal Matematika Integratif.

[10] Sulihati dan Andriyani. 2016 “Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa”. Jurnal Sains dan Teknologi Utama.

[11] Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.

[12] Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

(12)

Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(02), 113-120.

[18] Pahlefi, M. R. (2015). Rancangan Sistem Informasi Geografis Letak Wilayah Potensi Pengembangan Komoditi Kopi Di Sumatera Utara Berbasis Android.

[19] WAHYUNI PANJAITAN, S. R. I. (2016). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI TEMPAT BERSEJARAH DI KOTA MEDAN BERBASIS ANDROID.

[20] Putra, T. I., Kurniawan, H., & Nasari, F. (2020). RANCANG BANGUN ALAT PEMBERSIH LANTAI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN NAVIGASI ANDROID. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 7(2), 37-50.

[21] Fitrianto Rahmad, I., & Agung Fragastia, V. (2014). PERANCANGAN NAVIGASI ROBOT BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN ANDROID.

[22] Novelan, M. S., Rahmad, I. F., Andrian, Y., & Utama, J. T. I. S. P. PERANCANGAN PENGONTROLAN LAMPU RUMAH DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH DAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID.

[23] Akbar, M. B., & Haryanto, E. V. (2018). Aplikasi Steganografi dengan Menggunakan Metode F5. E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 4(2), 165-176.

[24] Yusfrizal, Y. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi Pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper Dan Rsa Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 3(2).

[25] Rambe, M. R., Haryanto, E. V., & Setiawan, A. (2018). Aplikasi Pengamanan Data dan Disisipkan Pada Gambar dengan Algoritma RSA Dan Modified LSB Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018. “

[26] Zulham, M., Kurniawan, H., & Rahmad, I. F. (2017, October). Perancangan Aplikasi Keamanan Data Email Menggunakan Algoritma Enkripsi RC6 Berbasis Android. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

[27] Andramawan, Y., Ummi, K., & Saleh, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Perbaikan Komputer, Laptop, dan Smartphone Berbasis Android. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 6(1), 25-35.

Gambar

Gambar 2. Rancangan Use Case Diagram
Gambar 3. Tampilan Halaman Utama Aplikasi  2. Tampilan Halaman Rumus
Gambar 6. Tampilan Halaman About  3.3. Skenario Pengujian
Tabel 1. Hasil Proses Splashscreen  No  Skenario
+4

Referensi

Dokumen terkait

Dalam penentuan pengaruh pH terhadap kapasitas adsorpsi disiapkan 7 buah Erlemeyer 250 mL, ke dalam masing- masing Erlenmeyer ditambahkan 0,25 gram sampel arang batang

Sementara itu untuk kota-kota kecil yang berstruktur konsentris perkembangan lahan terbangunnya terbilang lambat dikarenakan hanya terdapat pusat kegiatan yang

Temuan penelitian ini adalah: 1) Pembinaan karir PNS pada MIN di Kabupaten Tapin dilakukan berupa penugasan baik yang bersifat pokok yakni pemberian tugas mengajar

Adalah penting bahwa semua perencanaan umum didasarkan kepada data yang dapat dipercaya dan prosedur yang seragam digunakan untuk penyiapan program pekerjaan jembatan juga penting

Dari hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan melalui 2 siklus dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Metode Kooperatif STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan

dilakukan, tetapi jika tidak merasa mampu untuk berlaku adil lebih baik. jangan

terampil maupun ahli yang dipersyaratkan guna mengisi sektor-sektor kerja pembangunan nasional. Ada pun sejarah kemanusiaan yang dimaksud merujuk pada transformasi

Jumlah mahasiswa yang berada dalam cluster 7 adalah sejumlah 50 orang mahasiswa dengan kemampuan akademik yang baik, namun kurang aktif dalam kegiatan