• Tidak ada hasil yang ditemukan

Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016."

Copied!
21
0
0

Teks penuh

(1)

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TALUNOMBO WONOGIRI

TAHUN AJARAN 2015/2016

SKRIPSI

Oleh:

MARIA ERLINA HARDIYANTI

K7112139

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

(2)

ii

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Maria Erlina Hardiyanti

NIM : K7112139

Jurusan/Program Studi : IP/PGSD

menyatakan bahwa skripsi saya berjudul “PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS

NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TALUNOMBO WONOGIRI

TAHUN AJARAN 2015/2016” ini benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri. Selain itu, sumber informasi yang dikutip dari penulis lain telah disebutkan dalam teks dan dicantumkan dalam daftar pustaka.

Apabila pada kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan skripsi ini hasil jiplakan, saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan saya.

(3)

iii

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASIPADA SISWA

KELAS IV SDN 1 TALUNOMBO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016

Oleh:

Maria Erlina Hardiyanti K7112139

Skripsi

diajukan untuk memenuhi salah satu persyaratan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(4)

iv

PERSETUJUAN

Nama : Maria Erlina Hardiyanti NIM : K7112139

Judul Skripsi : Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016

Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan di hadapan Tim Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

(5)

v

PENGESAHAN SKRIPSI

Nama : Maria Erlina Hardiyanti NIM : K7112139

Judul Skripsi : Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016

(6)

vi ABSTRAK

Maria Erlina Hardiyanti. K7112139. PENERAPAN METODE PICTURE AND

PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS

NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1 TALUNOMBO WONOGIRI

TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2016.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode Picture and Picture dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas keterampilan menulis narasi pada kondisi awal adalah 56,39, pada siklus I nilai rata-rata kelas keterampilan menulis narasi menjadi 65,28, pada siklus II meningkat menjadi 75,41, dan pada siklus III meningkat menjadi 76,22. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥66) sebanyak 5 siswa (21,74%), pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (65,22%), pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (78,26%), dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 20 siswa (87%)

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri tahun ajaran 2015/2016, siswa lebih berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran dan kinerja guru juga semakin meningkat, guru lebih kreatif dalam mengembangkan metode yang digunakan sehingga proses pembelajaran menjadi semakin efektif dan menyenangkan.

(7)

vii

ABSTRACT

Maria Erlina Hardiyanti. K7112139. THE APPLICATION OF PICTURE AND PICTURE METHODS TO IMPROVE NARRATIVE WRITING SKILLS FOR

FOURTH GRADE STUDENTS OF TALUNOMBO 1 WONOGIRI

ELEMENTARY SCHOOL IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2016.

The purpose of this research was to describe the Picture and Picture methods application to improve the narrative writing skills for fourth grade students at Talunombo 1 Wonogiri Elementary School in the Academic Year 2015/2016.

The type of this research was a Classroom Action Research was conducted in three cycles. Each cycle consists of four stages, that were planning, action, observation, and reflection. The research subject was a teacher and the fourth grade students amount 23 students of Talunombo 1 Wonogiri Elementary School in the Academic Year 2015/2016. The data analysis technique used were interactive analysis model that consists of four components, that were: data collection, data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The data collecting technique were observation, interview, documentation, and test. The data validity of this research was tested using sources and technique triangulation.

The result of the research shows that the average value of narrative writing skills of pretest is 56,39, in the first cycle the average value of narrative writing skills is 65,28, in the second cycle increased to 75,41, and in the third cycle increased to 76,22. Before action of the research, 5 students (21,74%) received score above the KKM (≥66), in the first cycle increased to 15 students (65,22%), in the second cycle increased to 18 students (78,26%), and in the third cycle increased further to 20 students (87%)

The conclusion of this research shows that the Picture and Picture methods application can improve narrative writing skills for fourth grade students at Talunombo 1 Wonogiri Elementary School in the Academic Year 2015/2016, students participate more actively during the learning process and teacher performance is also increasing, teachers were more creative in developing used methods, so the learning process becomes more effective and enjoyable.

(8)

viii

MOTTO

“Tuhan memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya”

(Yesaya 40: 29)

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku” (Filipi 4:13)

“Kegigihan untuk terus mencoba lebih menentukan sukses daripada kepandaian yang mudah menyerah”

(Mario Teguh)

“Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara

itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang” (Seno Gumira Ajidarma, 2005)

“Tuhan membuat segalanya Indah pada waktunya, andalkan Dia dalam segala pergumulan hidupmu. Karena kasih setia-Nya tak pernah berkesudahan”

(9)

ix

PERSEMBAHAN

Terucap rasa syukurku kepada Tuhan Yesus Kristus dan Bunda Maria yang telah merangkai cerita hidupku sedemikian rupa. Sebuah hasil perjuangan dipersembahkan

kepada mereka yang istimewa, kupersembahkan karya ini untuk:

Ibu dan Ayahku tercinta,

Fransiska Sri Haryanti dan Florentius Kirdi, terimakasih atas segala doa yang tak pernah terputus, kerja keras tiada henti, pengorbanan dan kasih sayang yang tak

terbatas. Tiada kasih sayang yang seindah dan seabadi kasih sayangmu.

Nenekku tercinta,

Theresia Tuminem yang selalu memberi nasihat dan doa yang tiada henti untuk keberhasilan cucunya.

Dosen-dosen Program Studi PGSD

Terimakasih telah memberikan bimbingan, ilmu, nasihat, cerita, dan kesabaran selama ini.

Teman-teman PGSD 2012

Terimakasih telah menjadi partner dalam mencari ilmu dan menyelesaikan tugas akhir ini.

Keluarga Green Kost (Glumis)

Terimakasih untuk pengalaman 4 tahun yang berwarna ini. Bersama keluarga kecil ini aku mengerti arti kebersamaan dan indahnya berbagi.

(10)

x

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan karunia-Nya berupa ilmu, inspirasi, kesehatan dan keselamatan, sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “PENERAPAN

METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN

KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 1

TALUNOMBO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016”.

Skripsi ini ini disusun untuk memnuhi sebagian persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret surakarta. Peneliti menyadari bahwa terselesaikannya skripsi ini tidak terlepas dari bantuan, bimbingan, dan pengarahan dari berbagai pihak. Untuk itu, peneliti menyampaikan terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M. Pd., Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberi izin menyusun skripsi dan izin melakukan penelitian.

2. Drs. Hadi Mulyono, M. Pd., Kepala Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan izin menyusun skripsi dan izin melakukan penelitian.

3. Drs. Hartono, M. Hum., dosen pembimbing I, yang telah memberikan bimbingan, motivasi, dan pengarahan dalam penyusunan skripsi ini.

4. Dra. Endang Sri M., M. Hum., dosen pembimbing II, yang telah memberikan bimbingan, motivasi, dan pengarahan dalam penyusunan skripsi ini.

5. Winaryoko, S.Pd., Sularsih, S.Pd., dan para siswa kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri yang telah memberikan izin untuk melakukan penelitian dan berpartisipasi dalam pelaksanaan penelitian ini.

(11)

xi

Peneliti menyadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari sempurna dan hal ini antara lain karena keterbatasan penulis. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan penulisan dikemudian hari dan semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca dan pengembangan ilmu.

Surakarta, Juli 2016

(12)

xii

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 5

C. Tujuan Penelitian ... 5

D. Manfaat Penelitian ... 5

BAB II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS ... 7

A. Kajian Pustaka ... 7

1. Hakikat Keterampilan Menulis Narasi ... 7

a. Pengertian Keterampilan ... 7

b. Pengertian Keterampilan Menulis ... 8

c. Tujuan Menulis ... 9

d. Manfaat Menulis ... 11

e. Tahapan Menulis ... 12

f. Pengertian Narasi ... 15

(13)

xiii

h. Tujuan Menulis Narasi ... 17

i. Prinsip-prinsip Karangan Narasi ... 18

j. Keterampilan Menulis Narasi di Sekolah Dasar ... 20

k. Penilaian Menulis ... 21

2. Hakikat Metode Pembelajaran Picture and Picture ... 23

a. Pengertian Metode Pembelajaran ... 23

b. Pengertian Metode Pembelajaran Picture and Picture ... 25

c. Langkah-langkah Metode Pembelajaran Picture and Picture ... 26

d. Kelebihan Metode Pembelajaran Picture and Picture ... 30

e. Kekurangan Metode Pembelajaran Picture and Picture... 31

3. Penelitian yang Relevan ... 32

B. Kerangka Berpikir ... 34

C. Hipotesis Tindakan ... 37

BAB III METODE PENELITIAN ... 38

A. Tempat dan Waktu Penelitian ... 38

B. Pendekatan dan Jenis Penelitian ... 39

C. Subjek Penelitian ... 40

D. Data dan Sumber Data ... 41

E. Teknik Pengumpulan Data ... 42

F. Teknik Uji Validitas Data ... 44

G. Teknik Analisis Data ... 45

H. Indikator Kinerja Penelitian ... 46

I. Prosedur Penelitian ... 47

BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN ... 53

A. Hasil Penelitian ... 53

1. Data Pratindakan ... 53

2. Hasil Tindakan Siklus I ... 58

3. Hasil Tindakan Siklus II ... 79

4. Hasil Tindakan Siklus III ... 102

(14)

xiv

B. Pembahasan ... 128

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN ... 136

A. Simpulan ... 136

B. Implikasi ... 138

C. Saran ... 140

DAFTAR PUSTAKA ... 142

LAMPIRAN ... 145

(15)

xv

3.1. Rincian Jadwal Penelitian... 39

4.1. Skor Rata-rata Penulisan Narasi Tiap Aspek pada Prasiklus ... 54

4.2. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi pada Prasiklus ... 55

4.3. Hasil Observasi Kinerja Guru Siklus I ... 65

4.4. Nilai Rata-rata Setiap Aspek Aktivitas Siswa Siklus I ... 67

4.5. Nilai Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus I ... 68

4.6. Skor Rata-rata Tiap Aspek Siklus I ... 70

4.7. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus I ... 71

4.8. Perbandingan Skor Rata-rata Tiap Aspek Prasiklus dan Siklus I 73

4.9. Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Prasiklus dan Siklus I ... 74

4.10. Hasil Observasi Kinerja Guru pada Siklus II ... 88

4.11. Nilai Rata-rata Setiap Aspek Aktivitas Siswa Siklus II ... 90

4.12. Nilai Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus II ... 91

4.13. Skor Rata-rata Tiap Aspek Siklus II ... 93

4.14. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus II ... 94

4.15. Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus I dan Siklus II ... 97

4.16. Hasil Observasi Kinerja Guru Siklus III ... 110

(16)

xvi

4.18. Nilai Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus III ... 114 4.19. Skor Rata-rata Tiap Aspek Siklus III ... 115 4.20. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi

Siklus III ... 117 4.21. Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus II

dan Siklus III 119

4.22. Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi

Antarsiklus ... 122 4.23. Perbandingan Ketuntasan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis

Narasi Antarsiklus 124

4.24. Perbandingan Hasil Observasi Aktivitas Siswa Antarsiklus 125 4.25. Perbandingan Hasil Observasi Kinerja Guru Antarsiklus... 126

4.26 Perkembangan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi dan

(17)

xvii

4.1. Grafik Skor Rata-rata Penulisan Narasi tiap Aspek pada Prasiklus 55

4.2. Grafik Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi pada Prasiklus ... 56

4.3. Diagram Persentase Ketuntasan Klasikal Keterampilan Menulis Narasi pada Prasiklus ... 57

4.4. Grafik Hasil Obsevasi Kinerja Guru Siklus I ... 65

4.5. Grafik Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus I ... 69

4.6. Grafik Skor Rata-rata Tiap Aspek Siklus I ... 70

4.7. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus I. ... 72

4.8. Diagram Ketuntasan Klasikal Keterampilan Menulis Narasi Siklus I 73

4.9. Grafik Perbandingan Skor Rata-rata Tiap Aspek Prasiklus dan Siklus I ... 74

4.10. Grafik Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Prasiklus dan Siklus I ... 75

4.11. Grafik Hasil Observasi Kinerja Guru Siklus II... 88

4.12. Grafik Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus II ... 92

4.13. Grafik skor Rata-rata Tiap Aspek Siklus II 93

4.14. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus II ... 95

4.15. Diagram Ketuntasan Klasikal Keterampilan Menulis Narasi Siklus II... 96

4.16. Grafik Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus I dan Siklus II ... 97

(18)

xviii

4.18. Grafik Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus III ... 114 4.19. Grafik Skor Rata-rata Tiap Aspek Siklus III ... 116 4.20. Distribusi Frekuensi Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi

Siklus III ... 117 4.21. Diagram Ketuntasan Klasikal Keterampilan Menulis Narasi Siklus

III ... 118 4.22. Grafik Perbandingan Nilai Keterampilan Menulis Narasi Siklus II

dan Siklus III ... 119 4.23. Diagram Perbandingan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis

Narasi Antarsiklus ... 123 4.24. Diagram Perbandingan Ketuntasan Nilai Rata-rata Keterampilan

Menulis Narasi Antarsiklus... 124 4.25. Grafik Perbandingan Aktivitas Siswa Antarsiklus ... 126 4.26 Grafik Perbandingan Hasil Observasi Kinerja Guru Antarsiklus ... 127 4.27. Diagram Perkembangan Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis

(19)

xix

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman

1. Daftar Siswa Kelas IV SDN 1 Talunombo Wonogiri Tahun Ajaran

2015/2016 ... 146 2. Nilai Rata-rata Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV

Prasiklus ... 147 3. Hasil Wawancara untuk Guru Sebelum Diterapkan Metode Picture

And Picture ... 149 4. Hasil Wawancara untuk Siswa Sebelum Diterapkan Metode Picture

And Picture ... 151 5. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi

Menggunakan Metode Picture And Picture Prasiklus ... 153 6. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis

Narasi Menggunakan Metode Picture And Picture Prasiklus ... 156 7. Silabus Pembelajaran Siklus I, Siklus II, dan Siklus III ... 159 8. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I ... 162 9. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi

Menggunakan Metode Picture And Picture Siklus I Pertemuan 1.... 193 10. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi

Menggunakan Metode Picture And Picture Siklus I Pertemuan 2 ... 196 11. Nilai Rata-rata Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran

Menulis Narasi Siklus I ... 199 12. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis

Narasi Siklus I Pertemuan 1 ... 202 13. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis

Narasi Siklus I Pertemuan 2... 205 14. Penilaian Rata-Rata Setiap Aspek Aktivitas Siswa dalam

(20)

xx

17. Nilai Rata-Rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus I... 211

18. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II ... 212

19. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi Menggunakan Metode Picture And Picture Siklus II Pertemuan 1... 245

20. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi Menggunakan Metode Picture And Picture Siklus II Pertemuan 2... 248

21. Nilai Rata-rata Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus II ... 251

22. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus II Pertemuan 1 ... 254

23. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus II Pertemuan 2 ... 257

24. Penilaian Rata-Rata setiap Aspek Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus II ... 260

25. Penilaian Keterampilan Menulis Narasi Siklus II Pertemuan 1... 261

26. Penilaian Keterampilan Menulis Narasi Siklus II Pertemuan 2... 262

27. Nilai Rata-Rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus II... 263

28. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus III ... 264

29. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi Menggunakan Metode Picture And Picture Siklus III Pertemuan 1. 297 30. Hasil Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi Menggunakan Metode Picture And Picture Siklus III Pertemuan 2. 300 31. Nilai Rata-Rata Observasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus III ... 303

32. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus III Pertemuan 1 ... 306

33. Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Menulis Narasi Siklus III Pertemuan 2 ... 309

(21)

xxi

35. Penilaian Keterampilan Menulis Narasi Siklus III Pertemuan 1... 313

36. Penilaian Keterampilan Menulis Narasi Siklus III Pertemuan 2... 314

37. Nilai Rata-Rata Keterampilan Menulis Narasi Siklus III ... 315

38. Hasil Wawancara terhadap Guru Setelah Menggunakan Metode Picture And Picture... 316

39. Hasil Wawancara untuk Siswa Setelah Diterapkan Metode Picture and Picture ... 318

40. Presensi Siswa Tiap Pertemuan (Prasiklus, Siklus I, Siklus II, Siklus III) ... 320

41. Foto Dokumentasi Penelitian ... 321

42. Nilai Tertinggi Siswa Prasiklus... 328

43. Nilai Terendah Siswa Prasiklus ... 329

44. Nilai Tertinggi Siswa Siklus I ... 330

45. Nilai Terendah Siswa Siklus I... 332

46. Nilai Tertinggi Siswa Siklus II... 334

47. Nilai Terendah Siswa Siklus II... 336

48. Nilai Tertinggi Siswa Siklus III... 338

49. Nilai Terendah Siswa Siklus III... 340

50. Surat Permohonan Izin Penyusunan Skripsi ... 342

51. Surat Keputusan Dekan FKIP tentang Izin Penyusunan Skripsi... 343

52. Surat Permohonan Izin Penelitian ... 344

Gambar

Tabel
Grafik Rata-rata Aktivitas Klasikal Siswa Siklus III  .........................

Referensi

Dokumen terkait

Maka, dari penjelasan yang telah diuraikan diatas, dalam pelaksanaannya diharapkan kita dapat melakukan percobaan dengan baik, dimana selain memperkenalkan alat dan fungsinya kita

Mutasi kepegawaian Pegawai Negeri Sipil yang dipekerjakan pada perguruan tinggi swasta ditetapkan oleh Menteri atau Pejabat yang ditunjuk berdasarkan peraturan

Objek penelitian ini adalah aspek religius puisi yang terdapat dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari karya Abdul Hadi W.M.. Data dan

[r]

Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti akan meneliti mengenai solidaritas pada kelompok dalam mempengaruhi perilaku tawuran antar pelajar. Setelah diamati beberapa daerah

Ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1997 tentang Pegawai Negeri Sipil Yang Menduduki Jabatan Rangkap (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun.. Bagian

Salah satu objek wisata yang kaya dengan warisan sejarah budaya yaitu Museum Perjuangan TNI Kodam Medan yang terletak di jalan Zainul Arifin No.. Museum ini berfungsi sebagai

Pengumpulan data primer diperoleh dari pengumpulan data yang berupa kuesioner (daftar pertanyaan) yang ditujukan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Industri untuk