PENGATURAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK NAGARI CABANG BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PASAL 8 DAN PASAL 29 UNDANG-UNDANG PERRBANKAN.

Teks penuh

(1)

PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Fidela Reyza Nomor Pokok Mahasiswa : 110110090119 Jenis Penulisan TA : Skripsi

Judul Penulisan TA : Pengaturan Kredit Usaha Rakyat di Bank Nagari Cabang Bandung Dikaitkan Dengan Pasal 8 dan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.

Menyatakan bahwa (TA) ini adalah hasil karya saya sendiri dan bukan merupakan plagiat. Apabila dikemudian hari terbukti bahwa TA ini adalah plagiat, Saya bersedia menerima sanksi akademik sesuai ketentuan yang berlaku di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

Demikian pernyataan ini Saya buat dengan dalam keadaan sadar, sehat walafiat, dan tanpa tekanan dari manapun juga.

Yang menyatakan

(2)

PENGATURAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK NAGARI CABANG BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PASAL 8 DAN PASAL 29

UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN

Fidela Reyza

110110090119

Bandung, 24 Juni 2013

Mengetahui,

Pembimbing Pembimbing Pendamping

(3)

PENGATURAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK NAGARI CABANG BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PASAL 8 DAN PASAL 29

UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN

Fidela Reyza

110110090119

Disetujui Untuk Diajukan Dalam Sidang Ujian

Panitia Sidang Ujian Sarjana Hukum

Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

Ketua Ex Officio Sekretaris Ex Officio

Dekan, Plh. Pembantu Dekan I,

(4)

PENGATURAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK NAGARI CABANG BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PASAL 8 DAN PASAL 29

UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN

Fidela Reyza 110110090119

ABSTRAK

Penyelenggaraan kredit antara bank dengan masyarakat, khususnya rakyat golongan usaha kecil dan menengah diharapkan dapat mewujudkan pembangunan perekonomian negara yang mengacu pada pemerataan pembangunan nasional dan hasil-hasilnya, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan taraf hidup rakyat banyak. Salah satu bentuk kebijakan atau program yang diciptakan oleh pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat. Oleh karena itu, diteliti mengenai praktik pelaksanaan KUR di Bank Nagari Cabang Bandung serta penerapan manajemen risiko untuk mencegah terjadinya kredit macet.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam tulisan ini adalah metode pendekatan Yuridis Normatif, yaitu suatu metode hukum yang dilakukan dengan meneliti bahan pustaka dan data sekunder. Pemaparan permasalahan yang digunakan adalah Yuridis Kualitatif, yaitu metode analisis data yang menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian lapangan menurut kualitas dan kebenarannya, kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas, dan kaidah-kaidah hukum dalam penyaluran KUR serta perbankan di Bank Umum.

Praktik pelaksanaan KUR di Bank Nagari Cabang Bandung masih ditemukannya SDM yang tidak melakukan analisis yang lebih mendalam terhadap calon debitur yang akan menerima kredit, sehingga diperlukan pembinaan yang lebih kepada SDM-nya. Selain itu, penerapan manajemen risiko yang masih kurang sehingga menyebabkan timbulnya risiko kredit oleh Bank disebabkan kurangnya sosialisasi program KUR kepada masyarakat agar lebih mengetahui tujuan serta tata cara pelaksanaannya.

(5)

REGULATION REGARDING OF MICRO LENDING RELATING WITH ARTICLE 8 AND ARTICLE 29 OF ACT NUMBER 10 YEAR 1998

CONCERNING CHANGES UPON ACT NUMBER 7 YEAR 1992 CONCERNING BANKING condition of a nation and balance in national development which give rise of a higher living standard of mass society. One of the regulation or programs which initiated by the goverment is micro lending. Hence, it is important to analyze the practical implementation of micro lending in Bank Nagari Bandung Branch also with the implementation of risk management to decrease the risk of bad credit

The method of research that will be used by the reseacher under this writing is method of yuridis normatif approach, which is a legal method focused on researching literature and other secondary data. The method of problem deliberation used is yuridis qualitatif, a method of data analysis which selects the data gained under field research by their quality and precision of facts, and then relates it with theories, principles, and legal aspect in regards of micro lending and also banking in general.

In Regards of practical implementation of micro lending in Bank Nagari Bandung Branch, we could sill notice a personnel/employee of the bank which did not performed a thorough analysis towards the future lenders that will receive credits, making it a neccessity to concede further training for the employee. Also, by reason of lesser socialization in regards of micro lending, creates a weak implementation of risk management thus giving a risk in lending credit by bank. It need to increase the awareness of society in regards of the purpose and the implementation procedures of micro lending

(6)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur peneliti ucapkan kepada Allah SWT karena dengan rahmat, petunjuk, dan kuasa-Nya peneliti dapat menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul PENGATURAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK NAGARI CABANG BANDUNG DIKAITKAN DENGAN PASAL 8 DAN PASAL 29 UNDANG-UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG

PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 1992 TENTANG PERBANKAN. Penyusunan skripsi ini adalah sebagai syarat mengajukan sidang sarjana pada Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

Peneliti ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada sejumlah pihak yang berperan penting dalam proses penyelesaian skripsi ini, antara lain:

(7)

2. Ibu Dr. Hj. Lastuti Abubakar S.H., M.H sebagai Dosen Wali dan Penguji dan Ibu Nun Hariety S.H.,M.H serta Ibu Hj. Etty Djukardi S.H.,M.H sebagai penguji yang telah memberikan saran dan kritik membangun bagi penyempurnaan skripsi ini.

3. Ibu Dr. Ida Nurlinda S.H.,M.H sebagai Dekan FH UNPAD dan sebagai penguji Komprehensif peneliti.

4. Papa Reynaldi Z. Abraham S.H dan Mama Machdaliza S.H.,M.Si, orang tua yang luar biasa dan akan akan selalu menjadi kesayangan dan pahlawan bagi peneliti. Terima kasih untuk selalu mendoakan peneliti, mencurahkan kasih sayang dan perhatian yang tidak ada habis dan hentinya kepada peneliti, I will make you proud of me mom, dad.

5. Vania Reyza, kakak kesayangan, sahabat terbaik yang selalu ada untuk peneliti, memotivasi dengan cara-caranya sendiri kapanpun, always feel so young with you sist, you’re awesome!

6. Keluarga besar dari Papa dan Mama yang selalu menanyakan perkembangan skripsi peneliti dan memberikan doa agar skripsi ini selesai dengan lancar.

7. Group Fellas, teman, sahabat, keluarga, dan tempat segalanya yang selalu memotivasi menemani peneliti setiap waktu, always have so much fun with you guys! Lora, Vira, Utik, Tania, Suchi, Nisa, dan Necha.

(8)

8. Teman-teman terbaik seperjuangan yang selalu menemani peneliti sejak berada jauh dari rumah: Zaza, Made, Gina, Tresna, Ina, Trias, Ami, Erika, Farah, Iki, Dhiyaur, Deri, Ade, Diki, Agus dengan semangat dan keceriaan yang selalu hadir, terima kasih untuk segala bentuk support nya.

9. Teman-teman angkatan 2009 FH UNPAD khususnya teman-teman Kelas B pagi yang selalu mewarnai perkuliahan peneliti dengan keceriaan.

10. Terima kasih juga kedai jus om jun, om soni, teh asih, bu uduk (mama tiwi) yang selalu menjadi tempat terbaik peneliti dan teman-teman dikala tidak ada kelas kuliah dari awal perkuliahan, yang turut menanyakan perkembangan skripsi peneliti.

11. Teman-teman SD, SMP, SMA dan KKN yang selalu menanyakan kabar dan tetap memberikan dukungan kepada peneliti.

12. Seluruh tim pengajar dan civitas akademika FH UNPAD.

(9)

14. The last but not least, Sinatrya Suagama Primandhana dan keluarga,

terima kasih atas semua doa, motivasi, perhatian, waktu dan kesabaran yang tidak putus-putusnya diberikan kepada peneliti baik susah maupun senang tetap selalu menemani peneliti, sukses untuk kita ke depannya, my best ‘partner’.

Terima kasih sebanyak-banyaknya peneliti ucapkan kepada seluruh pihak-pihak di atas, serta untuk pihak-pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu-satu, terima kasih atas bantuan serta doanya yang sangat berarti untuk peneliti. Sukses untuk kita semua.

Bandung, 28 Juni 2013

Peneliti

(10)

DAFTAR ISI

Halaman

Pernyataan ... i

Pengesahan Pembimbing ... ii

Persetujuan Panitia Sidang Ujian ... iii

Abstrak ... iv

BAB II TINJAUAN UMUM MENGENAI PERJANJIAN KREDIT OLEH BANK DALAM KREDIT USAHA RAKYAT A. Kredit Sebagai Salah Satu Bentuk Usaha Pada Perbankan 1. Fungsi Perbankan Melalui Pemberian Kredit .... 26

2. Perjanjian Kredit Pada Perbankan... 32

B. Prinsip Kehati-hatian Dalam Pemberian Kredit 1. Penerapan Prinsip Kehati-hatian Oleh Bank ... 33

2. Implementasi Prinsip Kehati-hatian Oleh Bank Terhadap Calon Debitur ... 43

BAB III PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT OLEH BANK NAGARI CABANG BANDUNG A. Pemberian Kredit Usaha Rakyat Oleh Bank Nagari Cabang Bandung ... 46

1. Bank Nagari Cabang Bandung Sebagai Lembaga Penyalur Kredit Usaha Rakyat……… . 46

2. Kredit Usaha Rakyat Sebagai Bentuk Kegiatan Usaha Bank Nagari Cabang Bandung………… . 49

B. Mekanisme Pemberian Kredit Usaha Rakyat Di Bank Nagari Cabang Bandung ... 52

(11)

2. Kriteria Calon Debitur Penerima KUR………… .. 59 BAB IV PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT DI BANK

NAGARI CABANG BANDUNG DIKAITKAN DENGAN KETENTUAN KREDIT PERBANKAN

A. Praktik Pelaksanaan KUR di Bank Nagari Cabang

Bandung Dikaitkan Dengan Regulasinya... 67 B. Penerapan Manajemen Risiko Untuk Mencegah

Kredit Macet Pada Program KUR di Bank Nagari

Cabang Bandung ... 72 BAB V PENUTUP

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :