tinjauan tentang kesalahan penerapan hukum sebagai alasan kasasi penuntut umum kejaksaan negeri ngawi terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara korupsi gratifikasi (studi putusan mahkamah agung nomo : 1914K/Pid.sus/2011).

11 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI NGAWI

TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KORUPSI GRATIFIKASI (Studi Putusan Mahkamah

Agung Nomor 1914 K/Pid. Sus/2011)

Penulisan Hukum

(Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Persyaratan Guna Meraih Derajat Sarjana S1 dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

Oleh

CARLINA DESTIANA SARI NIM. E0011065

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)

ii

PERSETUJUAN PEMBIMBING Penulisan Hukum (Skripsi)

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI NGAWI

TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARAKORUPSI GRATIFIKASI (Studi Putusan Mahkamah

Agung Nomor 1914 K/Pid. Sus/2011)

Oleh

Carlina Destiana Sari E0011065

Disetujui untuk dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum ( Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Surakarta, 6 Oktober 2015 Dosen Pembimbing

(3)

iii

PENGESAHAN PENGUJI

Penulisan Hukum (Skripsi)

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI NGAWI

TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KORUPSI GRATIFIKASI (Studi Putusan Mahkamah

Agung Nomor: 1914 K/Pid. Sus/2011)

Oleh

Carlina Destiana Sari

Nim E0011065

Telah diterima dan disahkan oleh Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi)

Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pada:

3. Bambang Santoso, S.H, M.Hum... NIP.19620209198903001

Mengetahui, Dekan,

(4)

iv

PERNYATAAN

Nama : CARLINA DESTIANA SARI

NIM : E0011065

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa penulisan hukum (skripsi) berjudul:

TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI NGAWI TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KORUPSI GRATIFIKASI” ( Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor: 1914 K/Pid. Sus/2011) adalah betul-betul karya sendiri. Hal-hal yang bukan karya saya dalam penulisan hukum (skripsi) ini diberi tanda citasi dan ditunjukkan dalam daftar pustaka. Apabila dikemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan penulisan hukum (skripsi) dan gelar yang saya peroleh dari penulisan hukum (skripsi) ini.

Surakarta, 1 Oktober 2015

Yang Membuat Pernyataan

Carlina Destiana Sari

(5)

v MOTTO

“barang siapa melalui suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan

memudahkan jalan ke Surga.” (Bukhari)

Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving

-Albert Einstein

This is how you do it: you sit down at the keyboard and you put one word after another until it’s done. It’s that easy and that hard.

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Skripsi ini Penulis persembahkan untuk :

1. ALLAH SWT Sang Pencipta Alam Semesta atas segala karunia, rahmat dan nikmat yang telah diberikan-NYA.

2. Orangtua dan seluruh keluarga besar penulis yang selalu memberikan dukungan dan kasih sayangnya.

3. Setiap orang yang selalu mendukung dan menyayangi Penulis disetiap langkah Penulis.

(7)

vii ABSTRAK

Carlina Destiana Sari. E0011065. TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI NGAWI TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KORUPSI GRATIFIKASI ( Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor: 1914 K/Pid. Sus/2011). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Univeristas Sebelas Maret Surakarta. 2015

Penelitian ini mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai kesalahan penerapan hukum sebagai alasan Kasasi Penuntut Umum dan pertimbangan Mahkamah Agung dalam Putusannya menolak Kasasi yang diajukan Penuntut Umum menurut Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini.Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan studi kepustakaan untuk teknik pengumpulan data.Sedangkan, teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode silogisme dengan pola berpikir deduktif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Penuntut Umum mengajukan kasasi terhadap Putusan yang diberikan oleh Pengadilan Negeri Ngawi dengan alasan terjadi Kesalahan Dalam Penerapan Hukum sudah sesuai dengan KUHAP dimana pengajuan Kasasi diatur dalam Pasal 244 KUHAP. Dengan adanya pengajuan Kasasi yang diajukan Penuntut Umum tersebut kemudian pertimbangan Mahkamah Agung dalam menolak Kasasi yang diajukan sudah sesuai dengan Pasal 191, Pasal 253 ayat (1) dan Pasal 254 KUHAP. Sehingga Putusan yang diambil oleh Mahkamah Agung sudah bersifat objektif dan sesuai dengan Undang-Undang.

(8)

viii ABSTRACT

Carlina Destiana Sari. E0011065. REVIEW OF THE IMPLEMENTATION OF ERROR OF LAW AS A REASON FOR STATE ATTORNEY GENERAL PROSECUTOR cassation NGAWI OFF THE DECISIONS OF ANY LEGAL CLAIM IN THE CASE OF CORRUPTION GRATIFICATION (Supreme Court Decision Study Number: 1914 K / Pid. Sus / 2011). Legal Writing (Thesis), Faculty of Law, Univeristy of March Surakarta. 2015

This research studies and addressing the application of the law as an excuse errors Cassation Prosecutor and the judgment of the Supreme Court in its Decision rejecting the proposed Cassation Prosecutor according to the Code of Criminal Procedure (Criminal Procedure Code). Prescriptive normative research and applied research is the type used in the study ini.Sumber legal materials used are primary legal materials and secondary law which uses literature study for data.Sedangkan collection techniques, materials analysis techniques used are legal syllogism method with patterns deductive reasoning. Results of this study showed that the public prosecutor filed an appeal against the ruling given by the District Court on the grounds Ngawi occurred Error In Application of the Law are in accordance with the Criminal Procedure Code where the submission of Cassation under Article 244 Criminal Procedure Code. With the submission of Cassation Prosecutor filed the later judgment in the Supreme Court of Cassation rejected the proposed already in accordance with Article 191, Article 253 paragraph (1) and Article 254 Criminal Procedure Code. Decisions so taken by the Supreme Court already is objective and in accordance with the Law.

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Segala puji dan Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya, kemudahan dan kelancaran kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) berjudul : TINJAUAN TENTANG KESALAHAN PENERAPAN HUKUM SEBAGAI ALASAN KASASI PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI NGAWI TERHADAP PUTUSAN LEPAS DARI SEGALA TUNTUTAN HUKUM DALAM PERKARA KORUPSI GRATIFIKASI ( Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor: 1914 K/Pid. Sus/2011).

Dalam penulisan hukum (skrispsi) ini telah banyak pihak yang membantu, mendukung baik dalam segi moril maupun materiil. Oleh karena itu dalam kesempatan yang sangat berharga ini dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak sebagai berikut:

1. Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. selaku Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk menimba ilmu di UNS.

2. Prof. Dr. Supanto, S.H,.M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum UNS yang telah memberikan ijin dan kesempatan kepada penulis untuk mengembangkan ilmu hukum dalam menyelesaikan penulisan hukum ini. 3. Dr. Soehartono, S.H, M.Hum. selaku Ketua Bagian Hukum Acara yang

telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk menyelesaikan skripsi di bagian Hukum Acara.

4. Bapak Edy Herdyanto, S.H,.M.H., selaku Pembimbing Akademik yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk menyelesaikan skripsi dan atas dukungan serta arahan beliau selama penulis dalam masa perkuliahan.

(10)

x

membimbing, memberikan arahan, pencerahan, serta ilmu pengetahuan sehingga tersusunnya penulisan hukum ini.

6. Seluruh Dosen dan Staff Pengajar Fakultas Hukum UNS yang telah banyak sekali memberikan bekal ilmu pengetahuan terhadap penulis sehingga menjadi bekal penulis dalam menyelesaikan penulisan hukum ini.

7. Kepada Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Yogyakarta terkhusus Bapak Agung yang telah memberikan pengetahuan dan pencerahan bagi penulis untuk menyelesaikan penulisan hukum ini.

8. Kepada kedua Orang Tua, Bapak dan Ibu yang selalu meberikan dukungan kepada penulis, yang selalu menanyakan sampai mana, dan selalu mendesak penulis untuk segera menyelesaikan tulisan hukum ini. Semoga penulis melalui tulisan hukum ini bisa membanggakan dan membahagiakan bapak dan ibu selalu, amiiin.

9. Kepada kakak-kakak penulis yang dekat maupun yang tidak dekat. Kepada mas Bayu sebagai kakak terdekat yang cerewet dan sedikit galak, terimakasih atas dukungan dan doanya. Kakak Tiwi yang baik hati dan nggak pernah bosan memberi dukungan serta menjadi inspirasi bagi penulis untuk giat belajar dan memiliki cita-cita setinggi langit. Mas Arief dan mba Christi, yang walaupun tidak dekat tapi mereka pasti mendoakan penulis, terimakasih.

10.Kepada krucil-krucil Danend, Reno, Abe, Akifa Naila, yang selalu menyayangi Tante Lina. Semoga Tante bisa menjadi panutan buat kalian kelak.

11.Kepada teman-temanku pejuang Fakultas Hukum, Citra, Arini, Tety, terimakasih atas dukungan dan bantuan serta semangat kalian semua sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan ini. Semoga kita menjadi wanita sukses dikemudian hari, amiiin.

(11)

xi

13.Kepada Gusti Ayu dan Shela, terimakasih atas semangat dan hiburan dikala penulis merasa jenuh. Kalian warbiyasaaak.

14.Kepada teman-teman KKN yang selalu memberikan candaan dan semangat kepada penulis.

15.Kepada mas Fahmi yang menjadi sumber semangat dan sudah bersedia membantu penulis yang sedikit gaptek ini. Terimakasih atas inspirasi dan dukungan agar penulis segera menyelesaikan.

16.Semua teman-teman seperjuangan Fakultas Hukum UNS angkatan 2011. Terimakasih atas dukungannya selama ini. Buruan wisuda semuaaa hihihi 17.Semua pihak yang mendukung dan membantu penulis yang tidak bisa

disebutkan satu persatu.

Penulis meyakini tanpa arahan, dukungan dan bimbingan Penulisan Hukum ini tidak dapat selesai dengan baik. Untuk itu Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Semoga Allah SWT membalas kebaikan kalian semua. Amin Penulis menyadari bahwa dalam penulisan hukum ini masih banyak terdapat kekurangan. Untuk itu penulis mengharap kritik dan saran yang membangun sebagai perbaikan serta kesempurnaan penulisan hukum (skripsi). Penulis berharap hasil dari Penulisan Hukum (skrispsi) ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Surakarta, 7 Oktober 2015

Penulis

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...