Soal Latihan Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2

11  208 

Teks penuh

(1)

1. Udara mengandung uap air. Pada suatu saat uap air akan turun menjadi hujan. Hujan sangat diperlukan oleh manusia dan makluk lainnya. Manusia dan makluk lainnya harus menghemat air. Pikiran pokok paragraf di atas adalah ....

a. manusia dan makluk lainnya membutuhkan uap air b. pada suatu saat uap air akan turun menjadi hujan c. manusia dan makluk hidup lainnya membutuhkan air d. manusia dan makluk hidup lainnya saling membutuhkan

2. (1) Keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) setelah krisis ekonomi mulai dilirik banyak orang. (2) UKM selama krisis berhasil menunjukkan kekuatannya. (3) Sektor UKM mampu menyerap cukup banyak tenaga kerja.(4) UKM juga diketahui sebagai motor penggerak perekonomian Indonesia selama krisis..

Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ....

a. ( 1 ) c. ( 3 )

b. ( 2 ) d. ( 4 )

3. (1) Ibu Siti Zulaika melaksanakan ibadah haji, ia berangkat pada kloter pertama. (2) Fasilitasnya masih bagus, baik fasilitas penginapan maupun penerbangannya. (3) Waktu pulang temannya meninggal ketika penerbangan di atas kota Palembang. (4) Penerbangan dipercepat agar segera bisa mendarat di bandara Adi Sumarmo.

Kalimat fakta dalam bacaan tersebut terdapat pada nomor

a. ( 1 ) c. ( 3 )

b. ( 2 ) d. ( 4 )

4. Kebijakan pemerintah belum sepenuhnya mendukung industri minyak sawit mentah ( crude palm oil / CPO) agar bisa bersaing di pasar global. Pembahasan RUU Perkebunan yang akan membatasi luas kepemilikan lahan untuk satu industri sawit hanya 20.000 hektar pada satu provinsi mengkawatirkan pelaku industri minyak sawit, padahal persaingan industri CPO di dunia makin tinggi.

Simpulan paragraf tersebut adalah .... a. Kebijakan pemerintah belum tepat b. Persaingan industri CPO semakin tinggi c. Industri CPO tidak dapat bersaing

d. Pelaku industri CPO khawatir dengan RUU Perkebunan

5. (1) Ada yang senang bepergian menggunakan mobil kuno kesayangannya bersama teman-teman. (2) Banyak cara yang sering dilakukan oleh para penggemar mobil kuno.

(3) Bahkan tidak jarang mereka mengoleksi mobil-mobil tersebut di rumahnya yang mereka beli dengan harga ratusan juta rupiah.

(4) Ada pula yang melengkapi mobil tersebut dengan berbagai asesori, misalnya audio dengan kualitas tinggi.

Urutan yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ....

a. (2) – (3) – (1) – (4) c. (1) – (4) – (2) – (3) b. (2) – (1) – (4) – (3) d. (2) – (1) – (3) – (4)

6. (1) Setelah karangan anak-anak kelas IX K diperiksa ternyata Ali, Wildan, Toto, dan Andri mendapat nilai delapan. (2) Anak –anak yang lain mendapat nilai tujuh. (3) Hanya Mandra yang enam.(4) Boleh dikatakan bahwa anak-anak kelas IX K cukup pandai mengarang.

Kalimat yang berisi pendapat terdapat pada nomor ....

a. (1) c. (3)

(2)

7. Ayah Sela sakit, padahal keluarganya tidak punya uang untuk berobat. Ibunya hanya seorang buruh cuci pakaian pada tetangganya. Adik-adiknya tidak mempedulikan keadaan orang tuanya bahkan Sela sering bertengkar dengan adik laki-lakinya. Sela ingin bekerja, ternyata yang ia dapatkan bekerja sebagai penyanyi di klub malam. Berangkat kerja sore pulang malam. Dia sadar bahwa pekerjaan itu tidak baik untuk seorang wanita seperti dirinya. Sela tetap berusaha untuk menjadi wanita yang baik dan tidak terjerumus pada kemaksiatan. Ini satu-satunya jalan yang bisa dilakukan Sela agar mendapatkan uang untuk berobat ayahnya yang sakit napas.

Konflik yang dialami Sela adalah ....

a. konflik batin c. konflik fisik

b. konflik ide d. konflik norma

Tajuk Rencana

8. Pencanangan gerakan hemat air dan sekaligus disiplin penggunaan air di Jakarta sangat relevan. Disiplin dalam penggunaan air bersih harus dapat dilihat sebagai semacam kesetiakawanan sosial. Sebab, dengan kita berdisiplin dalam menggunakan air bersih berarti memberi peluang kepada masyarakat lainnya yang selama ini kesulitan air berkesempatan menikmati air bersih.

Pernyataan berikut yang merupakan pendapat penulis adalah ....

a. Sejumlah anggota masyarakat semena-mena menggunakan air bersih b. PDAM harus terus berjuang meningkatkan suplai air bersih

c. Masyarakat harus berdisiplin dalam penggunaan air bersih sebagai cermin kesetiakawanan sosial

d. Kesulitan air bersih yang menimpa sebagian warga hendaknya dapat diambil hikmahnya

9. Flu burung merupakan penyakit berbahaya. Banyak korban yang telah meninggal disebabkan oleh flu burung. Penularan virus flu burung dapat terjadi melalui kontak langsung dengan unggas. Banyak unggas yang diduga mengidap virus ini dimusnahkan.

Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi di atas adalah .... a. Memberantas flu burung merupakan kewajiban kita bersama. b. Jagalah kesehatan diri dengan menjaga kesehatan unggas. c. Memberantas flu burung menyelamatkan anak bangsa. d. Berantaslah flu burung sampai seakar-akarnya

10. Area persawahan/lahan kosong di tempat strategis diubah menjadi kolam pemancingan. Berbagai cara dilakukan oleh pengusaha untuk menarik para penggemar memancing. Cara itu antara lain diadakan lomba dengan hadiah menarik, restoran siap saji, dan buka 24 jam. Kalangan yang datang tidak hanya kalangan bawah, di antara mereka banyak yang datang dengan mobil mewah sehingga pengelola menyediakan tempat parkir yang luas. Di beberapa lokasi terlihat setiap saat dipenuhi pengunjung.

Judul yang tepat untuk artikel di atas adalah .... a. Prospek Bisnis Pemancingan

b. Cara Pengusaha Menarik Penggemar Memancing c. Banyak Penggemar Memancing

d. Memancing Digemari Semua Kalangan

Bacalah tajuk rencana berikut dengan cermat, kemudian jawablah soal no. 11 s.d 13

Memang tidak dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah yang membuat pemerintah sulit memacu produktivitasnya. Sebaliknya untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS anggaran yang dibutuhkan sangat besar karena jumlahnya mencapai 3,6 juta. Untuk memberikan gaji ke -13 saja pemerintah harus menyediakan anggaran Rp 7,6 trilyun.

(3)

Dengan adanya rasionalisasi pemerintah pasti akan mempunyai kemampuan untuk memperbaiki sistemgaji. Bukan hanya itu, pemerintah lebih mungkin untuk menerapkan sistem reward and punishment.

11. Penggalan tajuk rencana tersebut mengungkapkan .... a. Gaji PNS yang rendah

b. Solusi untuk menaikkan gaji c. Rasionalisasi jumlah PNS d. Jumlah PNS yang besar

12. Simpulan tajuk rencana tersebut adalah ....

a. Agar dapat menaikkan gaji PNS secara signifikan , pemerintah perlu melakukan reformasi birokrasi dan rasionalisasi jumlah PNS.

b. Pemerintah mengalami kesulitan untuk menaikkan gaji PNS karena jumlahnya terlalu banyak c. Pemerintah seharusnya mampu menerapkan sistem reward dan punisment terhadap PNS d. Untuk memberikan gaji ke -13 saja pemerintah memerlukan dana sampai Rp 7,6 trilyun. 13. Opini/pendapat penulis yang terdapat dalam penggalan tajuk rencana tersebut adalah ....

a. Untuk menaikkan secara signifikan gaji PNS anggaran yang dibutuhkan sangatlah besar karena jumlah PNS 3,6 juta

b. Jawaban dari persoalan ini tidak lain kecuali melakukan reformasi agar masalah tidak berlarut-larut

c. Dengan rasionalisasi pemerintah akan mempunyai kemampuan untuk mengelola pemerintahan d. Memang tidak bisa dipungkiri gaji PNS sangatlah rendah apalagi dibandingkan dengan harga

kebutuhan pokok saat ini

14. (1) PT Lapindo Brantas menyetujui membeli tanah dan bangunan milik warga korban luapan lumpur panas dengan harga sesuai tuntutan. (2) Seluruh warga yang berkumpul di depan kantor bupati menyambut gembira kaputusan itu. (3) Ini bentuk pertanggungjawaban Lapindo Brantas yang patut kita hargai. (4) Pemerintah daerah pun mendukung keputusan itu dan bersedia membantu.

Kalimat yang menyatakan keberpihakan penulis pada paragraf di atas terdapat pada nomor ....

a. 1 c. 3

b. 2 d. 4

15. Seseorang akan menjual sebuah rumah dan toko berlantai tiga dengan harga murah di lokasi yang strategis. Luas tanah 150m² sedangkan luas bangunan 270 m² yang terletak di jalan Flamboyan 60 Puworejo. Peminat bisa datang langsung atau menghubungi nomor HP 0817268514.

Bila ruko tersebut diiklankan di surat kabar, bunyi iklan baris yang tepat adalah ....

a. Jual ruko 3lt.Murah,strategis.LT/LB:150/270m².JlnFlamboyan 60 Pwr.Hub.0817268514. b. Jual sgr.Ruko lt.3 Lks.strategis.LT/LB:270/150 m².JlnFlbyn 60.Hub.0817268514.Sgr.Dtg! c. Jual Rumah+toko 3lt.LT:150,LB:270.Harga murah.JlnFlamboyan 60 Pwr.Dtg sgr./0817268514. d. Jual murah Rumah toko di Jln Flamboyan 60 Purworejo lt.3.L.Tanah/L.Bangunan:270/150m² 16. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Nugroho yang telah memimpin desa selama satu

periode dan telah merealisasikan pembangunan gedung pertemuan. Tanpa kerja keras bapak, rencana itu tidak akan terwujud, walaupun hal itu sudah dirintis sejak almarhum Bapak saya menjadi kepala desa..Gedung ini akan diresmikan oleh Bapak Pratiknyo selaku Camat Pilangsari Penulisan kata sapaan dalam paragraf tersebut benar, kecuali ....

a. Bapak Nugroho c. almarhum Bapak saya

b. kerja keras bapak d. Bapak Pratiknyo

(4)

bertemu siswa maupun teman guru. (4) Dengan senang hati beliau membimbing siswa apalagi siswa yang kurang pandai.

Kalimat yang menggunakan kata bersinestesia terdapat pada nomor ....

a. 1 c. 3

b. 2 d. 4

18. (1) Jika pasangan suami istri bisa mengatur jarak kelahiran, kesejahteraan anak-anaknya akan terpenuhi. (2) Anak dapat mengenyam pendidikan sesuai dengan harapan. (3) Orang tua dapat memberikan perhatian dan kasih sayang secara penuh apalagi pada masa balita. (4) Orang tua pun dapat mencukupi segala kebutuhan anak.

Kalimat yang menyatakan hubungan pengandaian terdapat pada nomor ....

a. 1 c. 3

b. 2 d. 4

Bacalah kutipan cerpen berikut , kemudian kerajakan soal no. 19 dan 20!

Setiap waktu dan setiap ada kesempatan, pemimpin-pemimpin tentara berkata dengan kepastian seratus persen. “Surabaya akan kita rebut kembali selekas mungkin!” Tapi setelah ada di garis depan , mereka berhadapan dengan kenyataan yang seratus persen pula. Tank-tank raksasa masih ada. Kapal-kapal terbang sekutu masih ada, dan kedua benda itu tidak digertak dengan perkataan bualan belaka. Garis depan sekarang bukan lagi Pelabuhan Tanjung Perak, tetapi sudah jauh masuk ke dalam negeri.

19. Kutipan cerpen di atas bertemakan .... a. Angan-angan

b. Penyerangan c. Perdebatan d. Bualan

20. Latar kutipan cerpen di atas adalah ....

a. Di Tanjung Perak saat perak merebut kemerdekaan b. Di Tanjung Perak saat tentara sekutu mendarat c. Di Surabaya saat perang merebut kemerdekaan d. Di Surabaya saat tentara sekutu menduduki kota itu 21. Cermati tabel berikut !

Penduduk Dunia dalam Tahun 2007

Negara Luas Wilayah ( km²) Penduduk

Cina 3.700 1,4 miliar

India 1.266 1,2 miliar

Indonesia 576 250 juta

Pakistan 370 300 juta

Pernyataan berikut sesuai dengan isi tabel, kecuali ....

a. Wilayah negara Indonesia lebih luas daripada negara Pakistan. b. Penduduk India lebih banyak daripada penduduk Cina.

(5)

Pernyataan berikut sesuai dengan isi grafik di atas, kecuali ....

a. Produksi gabah tertinggi dicapai daerah X pada Juni 1999 b. Setelah produksi turun pada bulan Februari 1999, empat bulan berikutnya produksi gabah

mengalami peningkatan

c. Produksi gabah terendah yang dialami daerah X pada tahun 1999 terjadi pada bulan Februari d. Produksi gabah di daerah X selama tahun 1999 relatif stabil

Bacalah teks berikut denga cermat kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 24 ! Teks 1

Seku Hilang di Gembira Loka

“Saya sering nulis mengenai anak hilang, tak tahunya saya sendiri sempat kehilangan anak ...” itulah komentar seorang wartawati, ibu seorang anak. Wartawati yang bekerja pada sebuah koran nasional di Jakarta itu punya anak lelaki berusia lima tahun bernama Seku. Pada liburan cukup panjang akhir tahun lalu, si wartawati itu bersama suami dan anaknya, Seku, berlibur di Jawa Tengah.

Nah, kejadian itu berlangsung tatkala mereka mengunjungi kebun binatang Gembira Loka di Yogyakarta. Berbagai atraksi diselenggarakan di Gembira Loka. Acara menunggang gajah menjadi sesuatu yang sangat menarik minat pengunjung, tidak terkecuali Seku. Maka si ibu pun ikut mengantre tiket bagi Seku agar kebagian giliran menunggang gajah.

Entah bagaimana Seku yang tadinya mengikuti ibunya mngantre tiket, tiba-tiba hilang. Kemungkinan Seku mengikuti rombongan lain. Kalang kabutlah si ibu dan suaminya. Mereka mencari Seku ke sana kemari dengan panik.

Teks 2

Kalau Anak Terpisah di Keramaian

Sebenarnya terpisahnya anak dari orang tua di tempat keramaian bisa terjadi pada siapa saja. Toni (39) seorang ayah dari dua anak pernah mengalami kehilangan putrinya di sebuah mal.

Ketika itu Reta, putrinya masih berusia tiga tahun. Mereka terpisah karena Reta ingin mencoba permainan yang menggunakan koin. “Saya terpaksa meninggalkan dia karena harus menukar koin. Saya sudah berpesan agar Reta tidak ke mana-mana, ternyata dia pergi juga,” cerita Toni. Ternyata Reta menggandeng orang lain yang dikiranya saya.

23. Kesamaan topik teks 1 dan teks 2 tersebut adalah membahas .... a. Penyebab terpisahnya anak dari orang tua.

b. Penyebab anak hilang di keramaian. c. Anak hilang di tempat keramaian.

d. Terpisahnya anak dari orang tua di tempat keramaian.

24. Dilihat dari gaya penyajiannya, perbedaan kedua teks berita tersebut adalah ....

Teks 1 Teks 2

a. menggunakan bahasa sehari-hari b. menjelaskan proses kejadian c. bergaya lincah

d. menonjolkan tokoh wanita

menggunakan bahasa baku menjelaskan penyebab bergaya serius

menonjolkan tokoh pria

25. Cermatilah sampiran pantun berikut ! Berlayar ke Rantau Prapat

(6)

....

Isi pantun yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah .... a. Belajarlah setiap saat

Supaya kita berprestasi b. Ujian nasional akan tiba

Mau tidak mau harus dihadapi c. Jika ujian nasional datang

Kerjakan soal denga teliti

d. Untuk mencapai prestasi gemilang Kita harus rajin belajar

26. Bacalah kutipan cerpen berikut !

Surat Misterius untuk Parmin ...

Dua minggu kemudian hasil lomba diumumkan. Luar biasa Parmin mendapat juara pertama ! Bu Sari dan teman-teman kami sangat gembira. Bu Sari bangga, motivasinya pada Parmin selama ini membuahkan hasil yang menggembirakan.

Hari Minggu, giliran aku pergi ke rumah Parmin. Kuucapkan selamat kepadanya dan kubawakan hadiah selusin buku besar. “Mengaranglah yang banyak, Min!” Siapa tahu kelak kau menjadi penulis ternama,” kataku.

Parmin mengatakan betapa ia gembira berhasil memenangkan lomba itu. Dan ia lega, tidak lagi menerima surat-surat misterius

Latar kutipan cerpen tersebut adalah .... a. Dua minggu kemudian di sekolah b. Hari Minggu di rumah Parmin c. Hari Minggu di sekolah

d. Dua minggu kemudian di rumah Parmin 27. Cermatilah penggalan novel berikut !

Cermin Hati ...

“Lho, ayahmu memang kerjanya apa ?” tanyaku menyelidik. “Ayah saya kabur nggak pernah pulang-pulang lagi.” Mendengar jawabannya aku menarik napas panjang. Aku langsung bisa membayangkan kondisi yang melatarbelakangi kehidupan anak itu. Sepotong rasa prihatin muncul di sudut hatiku, namun di sudut lain mengagumi sikap anak itu. Ia tampak tegar dan berani. Semangat baja, jiwa besar, sifat bertanggung jawab, keberanian dan sikap pantang menyerah seperti menyatu dalam dirinya.

Sikap seperti itu tiba-tiba membuka mata hatiku. Aku teringat keluh-kesah dan ketidakpuasanku pada pekerjaan selama ini.

Pesan yang tersirat dari penggalan novel tersebut adalah .... a. Kita harus kagum kepada anak yang pemberani.. b. Kita hendaknya dapat menyadari kekurangan kita. c. Kita hendaknya prihatin pada kehidupan orang lain d. Dalam keadaan apapun kita hendaknya bersikap tegas

28. Di bawah ini paragraf yang berisi tentang pengalaman pribadi adalah ....

a. Makin banyak wisatawan mancanegara datang, makin besar pula devisa negara. Pendapatan daerah bertambah. Lapangan kerja menjadi luas.

b. Petani menetap menggarap tanahnya tidak berpindah. Setelah dipetik, tanah dibiarkan beberapa waktu.

c. Sudah dua hari saya dan kakak berada di Jakarta. Budi dan Erna, anak paman baik hati. Mereka selalu mengajak bermain.

(7)

Menanti

Ari : (memeluk ibu ) “Tidak apa-apa, Bu. Orang itu salah sangka. Budi disangka yang tidak-tidak. Apa karena pakaian kotor begini lalu disangka pencopet ?”

Ibu : ( gembira ) “ ... “

Ari : “Hanya kena pukul sedikit di pipi, Bu. Ternyata dompetnya tidak hilang. Ia lupa membawa dari rumah.”

Budi : ( marah ) “ ... “

Ari : “Makanya aku hantam dia tadi, Bud !”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah .... a. “Kau tidak apa-apa, Nak ?”

“Kurang ajar, enak saja menyangka orang !” b. “Kau bagaimana, Nak ?”

“Kurang ajar, enak saja menyangka orang !” c. “Kau kenapa, Nak ?”

“Sudahlah, Ari, yang penting kau tidak apa-apa !” d. “Kau tidak apa-apa, Nak ?”

“Sudahlah, Ari, yang penting kau tidak apa-apa !”

30. Cermatilah kutipan cerpen berikut !

Lembar Terakhir

Sudah hampir tiga minggu ini Lusi tidak menyapa Kartika. Masalahnya sepele, tapi membuat hati Lusi jengkel tidak karuan. Waktu itu Kartika mengajak Lusi nonton VCD di rumahnya. Ketika Lusi datang, Kartika malah pergi mengantar saudaranya ke toko buku. Padahal Lusi sudah capek-capek berjalan kaki menuju rumah Kartika, kehujanan lagi.

Pertanyaan yang jawabannya ada pada kutipan cerpen tersebut adalah .... a. Apakah Kartika sudah minta maaf kepada Lusi ?

b. Di mana Lusi marah ?

c. Apa yang menyebabkan hati Lusi jengkel ? d. Kapan Lusi dan Kartika menonton VCD ? 31. Bacalah teks berikut dengan seksama !

Begitu besar pengaruh musik. Tak mengherankan bila musik sekarang digunakan sebagai salah satu sarana terapi. Contohnya, terapi yang dilakukan Budi Prasetyo, pemilik klinik kesehatan Paradita yang terletak di jalan darmo 125 Surabaya, memanfaatkan musik untuk terapi bagi para mantan pecandu Narkoba.

Perbaikan yang tepat dalam penggunaan ejaan pada kalimat ketiga paragraf tersebut adalah .... a. ... Budi Prasetyo, pemilik Klinik Kesehatan Paradita yang terletak di Jalan Darmo 125

Surabaya, memanfaatkan musik untuk terapi bagi para mantan pecandu narkoba.

b. ... Budi Prasetyo, pemilik klinik Kesehatan Paradita yang terletak di jalan darmo 125 surabaya, memanfaatkan musik untuk terapi bagi para mantan pecandu narkoba.

c. ... Budi Prasetyo, pemilik klinik kesehatan paradita yang terletak di jalan Darmo 125 surabaya, memanfaatkan musik untuk terapi bagi para mantan pecandu narkoba.

d. ... Budi Prasetyo, pemilik klinik kesehatan Paradita yang terletak di jalan darmo 125 Surabaya, memanfaatkan musik untuk terapi bagi para mantan pecandu narkoba.

32. Sekarang ini telpon (1) genggam bukanlah barang mewah atau benda aneh. Keberadaanya sudah menjamur (2) di mana-mana. Bukan cuma (3) kalangan mewah atau pengusaha yang mempunyai benda ini, di kalangan generasi muda, benda ini bahkan telah menjadi kebutuhan yang wajib (4) dimiliki untuk mengangkat prestise (5) dan gaya.

(8)

a. (1), (4) c. (1), (3)

b. (3), (5) d. (1), (5)

33. Pada tanggal 28 Oktober 2007, SMP Imam Bonjol mengadakan acara peringatan Bulan Bahasa. Acara tersebut meliputi lomba-lomba kebahasaan, antara lain lomba baca puisi, lomba mendongeng, lomba menulis cerpen. Acara tersebut berlangsung meriah, tetapi tetap tertib dan lancar dengan hasil kejuaraan kelas VIII A sebagai juara umum.

Kalimat laporan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....

a. Semua siswa turut berpartisipasi dalam acara peringatan Bulan Bahasa.

b. Acara peringatan Bulan Bahasa di SMP Imam Bonjol berlangsung meriah, terti, dan lancar. c. Juara umum dalam acara peringatan Bulan Bahasa adalah kelas VIII

d. Acara peringatan Bulan Bahasa meliputi lomba-lomba kebahasaan. 34. (1) Pilihlah tanaman mangga yang tingginya antara 80 – 100 cm.

(2) Tempelkan kulit mangga tersebut pada bagian kupasan tanaman mangga yang pertama. (3) Kupaslah kulit pada bagian batang yang sudah tua.

(4) Bungkuslah tempelan kulit mangga tersebut dengan plastik.

(5) Irislah kulit dahan mangga jenis yang lain yang ada mata tunasnya dengan ukuran sama dengan kupasan kulit tanaman mangga yang pertama.

Kalimat-kalimat di atas merupakan petunjuk cara mengokulasi mangga bila disusun dengan ururtan ....

a. (1), (2), (3), (4), (5) c. (1) (3), (5), (2), (4) b. (1), (5), (3), (2), (4) d. (1) (3), (2), (4), (5)

35. Penggunaan tanda baca untuk penulisan gelar yang tepat terdapat pada kalimat .... a. Penyaji dalam Seminar Pendidikan itu adalah Drs. Hasbi Ash Shiddiq. M. Pd b. Penyaji dalam Seminar Pendidikan itu adalah Drs, Hasbi Ash Shiddiq. M. Pd. c. Penyaji dalam Seminar Pendidikan itu adalah Drs. Hasbi Ash Shiddiq, M, Pd. d. Penyaji dalam Seminar Pendidikan itu adalah Drs. Hasbi Ash Shiddiq, M. Pd.

36. Ketika Pak Zarmani mulai sakit-sakitan, orang-orang di kantor makin sering memperhatikan gelagat Kabis. Ya, Kabis tampak makin gelisah saja. Kegelisahan itu terus membesar seirama dengan perkembangan penyakit kepala kantor yang telanjur amat dekat dengannya. Hari-hari Kabis seolah-olah hanya untuk menjenguk Pak Zarmani yang dirawat di ruang ICU sebuah rumah sakit. Pada detik-detik terakhir atasannya itu, Kabis ingin benar menunjukkan kesetiaannya yang tiada batas. Jasa-jasa Pak Zarmani sangat besar dalam kehidupannya.

Nilai moral yang terkandung dalam penggalan cerita di atas adalah .... a. kita harus hormat dan taat pada atasan

b. dengan atasan kita harus taat

c. kita senantiasa membalas kebaikan orang lain d. kita harus bersahabat dengan pimpinan 37. Aku ingin seperti bintang

Yang hanya tampak di waktu malam Di mana awan gelap

Aku ingin seperti bintang Jadi pedoman para pencari

Citraan yang ada pada penggalan puisi di atas adalah .... a. penglihatan

b. perasaan c. pendengaran d. penciuman

(9)

wisata kedua setelah Pulau Dewata. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerugian yang diderita warga setempat dari bencana alam tersebut.

Rangkuman paragraf di atas yang tepat adalah ....

a. Keindahan gunung berapi di Nusa Tenggara Barat sirna karena meletus sehingga kepulan asap tebal menyelimuti tujuan wisata.

b. Akibat kepulan asap tebal, tempat tujuan wisata ditutup untuk sementara sampai diperhitungkan kerugian warga.

c. Kota tujuan wisata diliputi awan tebal dengan meletusnya gunung berapi di wilayah Nusa Tenggara Barat.

d. Gunung berapi di Nusa Tenggara Barat meletus pada akhir bulan Juli 2003, tetapi belum ada laporan tentang kerugian yang diderita warga.

39. (1) Landasan teori (5) Daftar pustaka

(2) Pendahuluan (6) Pembahasan

(3) Daftar isi (7) Halaman judul

(4) Simpulan (8) Kata pengantar

Sistematika penulisan karya tulis yang benar dengan urutan .... a. (7) – (8) – (3) – (2) – (1) – (6) – (4) – (5)

b. (7) – (3) – (8) – (2) – (1) – (6) – (4) – (5) c. (7) – (3) – (2) – (8) – (6) – (1) – (4) – (5) d. (7) – (8) – (3) – (2) – (1) – (6) – (5) – (4 ) 40. Perhatikan data buku berikut !

Judul buku : Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP / MTs Kelas VIII Penerbit : : Erlangga Jakarta

Pengarang : Nurhadi dkk Tahun terbit : 2005

Penulisan identitas buku di atas pada daftar pustaka yang benar adalah ....

a. Nurhadi dkk. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. 2005.Jakarta: Erlangga

b. Nurhadi dkk:Jakarta.2005, Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMP/MTs Kleas VIII..

Erlangga

c. Nurhadi dkk. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:2005. Erlangga d. Nurhadi dkk. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:

Erlangga

Bacalah penggalan cerita berikut !

SURABAYA

Orang-orang seperti kuda beban. Mereka menanggungkan segala penderitaaan dengan tiada mengeluh dan mereka tidak tahu, mengapa mereka harus menderita sedemikian benar beratnya. Semuanya bagi mereka sekarang kabur, hari kemudian dan perjuangan yang menimbulkan putus asa. Satu-satunya yang masih terang-benderang bagi mereka ialah, bahwa mereka harus membunuh dan mengusir musuh yang menginjak-injak tanah tumpah darahnya yang sudah merdeka, dan pekerjaan ini dilakukan dengan hati yang tetap, semangat yang berkobar-kobar dan perut yang setengah lapar.

41. Sudut pandang yang digunakan penulis dalam mengungkapkan cerita di atas adalah .... a. orang ketiga jamak

b. orang kedua jamak c. orang ketiga tunggal d. orang pertama jamak

42. Apa yang terjadi. Ternyata orang tua Aminudin bukannya meminang Mariamin, gadis yang ia cintai, melainkan membawa gadis lain untuk teman hidup Aminudin.

(10)

a. adat istiadat c. perjuangan kaum wanita b. kawin paksa d. isteri pilihan orang tua 43. Bila air surut tinggallah angin menudungi kami

Di atas langit dan di bawah lumpur kaki Kedepak podang di atas pohon randu

Penggalan puisi tersebut menggunakan majas ....

a. litotes c. personifikasi

b. metafora d. metonomia

44. Tumbuh benalu di bunga cina Tumbuh padi menjadi ilalang Makan tak lalu tidur tak lena Hati sungguh ingatkan tuan

Rangkaian pantun agar menjadi pantun berkait adalah .... a. Makan lalu tidur tak lena

Hati sungguh ingatkan tuan Jangan malu jangan terlena Mari bersatu dalam ikatan b. Tumbuh padi menjadi ilalang

Ilalang tertanam di tepi kota Hati sungguh ingatkan tuan Tuan tidak kenangkan saya c. Ilalang tertanam di tepi kota

Siangi rumput ambil daunnya Meski tuan tak kenangkan saya Sampai nanti tetap kucinta d. Tumbuh benalu di bunga Cina

Tumbuh padi menjadi ilalang Tuan sungguh berhati mulia Tak akan kulupa dalam ingatan 45. (1) Jangan terlalu memuji diri

(2) Air beriak tanda tak dalam (3) Sungguh besar sungai Musi (4) (4) Banyak lagak masa depan suram

Larik pantun di atas akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan .... a. ( 2 ) , ( 4 ) . ( 3 ) , ( 1 ) c. ( 3 ) , ( 1 ) . ( 2 ) , ( 4 )

b. ( 2 ) , ( 3 ) . ( 4 ) , ( 1 ) d. ( 3 ) , ( 2 ) . ( 1 ) , ( 4 ) 46. Matahari menatap hari dengan sendu

Memudar sinarnya penuh kelabu Segumpal awan berarak lesu ...

Baris untuk melangkapi puisi tersebut yang tepat adalah .... a. Semakin malam semakin rindu

b. Seakan ikut merasakan pilu

c. Menatap nasib yang mengharu biru d. Rembulan malam tak juga berlagu 47. Umi : “ Sudah makan, Li ?”

(11)

Uli : “ O, belum.” Umi : “ ...(2)”

Uli : “ Ya, terima kasih Um. Itu obatnya ada di atas meja .” Pernyataan yang tepat untuk melengkapi naskah drama di atas adalah .... a. (1) Kau sudah minum? (2) Saya belikan obat , ya b. (1) Kau sudah minum obat ? (2) Saya belikan obatnya , ya c. (1) Kau sudah makan? (2) Saya ambilkan obatmu , ya d. (1) Kau sudah minum obat? (2) Saya ambilkan obatmu , ya

48. Kepribadian individu dipengaruhi oleh cara berkomunikasinya. Efektivitas komunikasi menunjukkan mental dan emosi penuturnya. Komunikasi merupakan sistem yang efektif untuk bertukar pendapat.

Susunan istilah-istilah dalam paragraf di atas secara alfabetis adalah .... a. emosi, sistem, mental, individu, efektif

b. efektif, emosi, individu, mental, sistem c. efektif, individu, sistem, emosi, mental d. emosi, individu, sistem, efektif, mental

49. Bulan Mei 2008 di Purworejo akan menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba melukis tingkat Jawa Tengah.

Kalimat tersebut akan menjadi kalimat efektif bila .... a. kata “tuan rumah” diganti kata “tempat”

b. di depan kata “bulan” dibubuhi kata “pada”

c. di belakang kata “melukis” ditambah kata “gambar”

d. kata depan “di” yang mengawali kata “Purworejo” dihilangkan 50. Cermatilah paragraf berikut !

(1)Banyak insan pembuat film hadir dalam acara Festival Film Toronto. (2) Tampaknya mereka tidak ingin meninggalkan acara pemberian penghargaan itu. (3) Kebetulan penerbangan mulai normal. (4) Kedatangan wisatawan asing membuktikan bahwa Indonesia masih layak dikunjungi. (5) Akan tetapi, pesta yang biasanya diadakan, dibatalkan karena suasananya masih berkabung. Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan adalah nomor ....

a. (1) c. (3)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...