5. Komisi Penguji adalah dosen tetap dari program studi yang sama atau dari luar program studi atau dari instansi di luar Unsyiah yang berkompeten dalam bidangnya, dengan gelar akademik doktor yang ditetapkan oleh ketua program untuk menguji mahasiswa pad

11 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Tujuan

SOP ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai:

1. Memberikan acuan bagi pelaksanaan kegiatan Seminar Usulan Penelitian Program Doktor Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Unsyiah;

2. Menciptakan kejelasan mekanisme, keteraturan, ketertiban pelaksanaan, dan penilaian seminar usulan penelitian program doktor ilmu hukum, sehingga terselenggaranya proses usulan penelitian yang baik dan berkelanjutan dengan seminar hasil penelitian.

Definisi

1. Seminar usulan penelitian (SUP) adalah suatu tahapan dari rangkaian proses pendidikan program S3 yang bertujuan untuk menggali, menemukan, dan mengamati alur pikir atau desain penelitian kandidat doktor serta untuk mengetahui kedalaman dan keluasan pengetahuan dan pengalaman kandidat doktor berkaitan dengan objek penelitian disertasi yang diusulkan.

2. Pelaksanaan seminar usulan penelitian ini dilakukan dengan mengundang penguji (luar komisi) yang berasal dari Unsyiah, dan salah satu penguji berasal dari luar Unsyiah yang berkompeten dalam bidangnya.

3. Mahasiswa program doktor yang akan melakukan Seminar usulan penelitian harus memenuhi persyaratan akademis maupun administrasi yang telah ditetapkan Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah.

4. Tim penguji seminar usulan penelitian adalah komisi pembimbing dan dosen penguji luar komisi.

5. Komisi Penguji adalah dosen tetap dari program studi yang sama atau dari luar program studi atau dari instansi di luar Unsyiah yang berkompeten dalam bidangnya, dengan gelar akademik doktor yang ditetapkan oleh ketua program untuk menguji mahasiswa pada ujian Seminar Usulan Penelitian.

Ruang Lingkup

Prosedur ini mengatur tentang pelaksanaan kegiatan seminar usulan penelitian program doktor meliputi mekanisme, keteraturan, ketertiban pelaksanaan, dan penilaian.

Referensi

1. Keputusan Mendiknas Nomor 232/U/2000 tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.

2. Keputusan Mendiknas Nomor 212/U/1999 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Doktor.

3. Keputusan Mendiknas Nomor 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana di Perguruan Tinggi.

4. Panduan Akademik Unsyiah Tahun 2016. UNIVERSITAS SYIAH KUALA

FAKULTAS HUKUM

PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU HUKUM

Darussalam, Banda Aceh

DOKUMEN: PROSEDUR OPERASIONAL BAKU

JUDUL: SEMINAR USULAN PENELITIAN (SUP)

Kode : 04/POB/DIH/2016 Tanggal dikeluarkan : 25 Agustus 2016

(2)

Ketentuan Umum

1. Seminar Usulan Penelitian program doktor Fakultas Hukum Unsyiah merupakan salah satu tahap pencapaian gelar doktor setelah mahasiswa selesai dan dinyatakan lulus ujian kualifikasi.

2. Seminar Usulan Penelitian program doktor dimaksudkan untuk menilai kemampuan kandidat doktor dalam menggali, menemukan, dan mengamati alur pikir atau desain penelitian kandidat doktor serta untuk mengetahui kedalaman dan keluasan pengetahuan dan pengalaman kandidat doktor berkaitan dengan objek penelitian disertasi yang diusulkan. 3. Pelaksanaan Seminar Usulan Penelitian ini dilakukan dengan mengundang empat penguji

luar komisi yang terdiri dari : (1) tiga orang penguji bidang konsentrasi, (2) satu orang penguji dari Senat Unsyiah, dan (3) satu penguji bidang konsentrasi dari luar Unsyiah yang berkompeten dalam bidangnya.

4. Seminar Usulan Penelitian dimaksudkan untuk menguji kompetensi keilmuan, metodologi, cara berfikir (abtraksi, nalar, deduktif-induktif, analisis-sintesis), dan berkomunikasi. Mahasiswa pascasarjana yang akan melakukan Seminar Usulan Penelitian harus memenuhi persyaratan akademis maupun administrasi yang telah ditetapkan Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah.

5. Seminar Usulan Penelitian program doktor merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk penyelesaian program studi doktor ilmu hukum Fakultas Hukum Unsyiah. Kegiatan ujian ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan disertasi.

6. Secara akademis mahasiswa program doktor yang hendak melaksanaan Seminar Usulan Penelitian program doktor harus terlebih dahulu telah memenuhi beban SKS. Syarat akademis yang harus dipenuhi adalah: (1) telah/tidak mengikuti perkuliahan, (2) telah mengambil dan lulus mata kuliah sedikitnya 18 SKS, (3) telah lulus ujian kualifikasi, (4) terdaftar sebagai mahasiswa aktif di Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah. Secara administrasi, mahasiswa Program Doktor telah melengkapi seluruh persyaratan administrasi sebelum pendaftaran ujian.

7. Tempat pelaksanaan Seminar Usulan Penelitian program doktor ilmu hukum dilakukan di Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah selama 3-4 jam dan waktu

yang disediakan adalah Senin sampai Jum’at jam 08.00-18.00. Dalam hal-hal luar biasa dengan pertimbangan dari komisi pembimbing dan ketua program doktor ilmu hukum, Seminar Usulan Penelitian dapat dilaksanakan pada hari Sabtu.

8. Evaluasi dan penilaian seminar usulan penelitian antara lain mencakup: a. Kelengkapan dan kesesuaian format disertasi.

b. Kejelasan benang merah antara: Judul, Tujuan, Metode, dan Kesimpulan. c. Pembahasan yang relevan.

d. Kesimpulan yang bermakna (bukan merupakan list/ rangkuman hasil). e. Memberikan sumbangan bagi perkembangan IPTEKS.

Prosedur

1. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat Seminar Usulan Penelitian program doktor, dapat mengambil formulir pendaftaran ujian dengan memperlihatkan draft laporan penelitian disertasi yang telah disetujui oleh seluruh anggota Tim Promotor.

2. Tim Promotor menetapkan penguji luar komisi dengan persetujuan ketua program. Syarat penguji luar komisi adalah: bergelar doktor, relevan dengan bidang ilmunya, dari dalam maupun luar Unsyiah.

3. Tim Promotor dan ketua program menyepakati tanggal ujian.

4. Mahasiswa mengurus administrasi di program, dan program membuatkan undangan seminar usulan penelitian untuk komisi penguji.

5. Penyebaran undangan dilakukan selambat-lambatnya lima hari sebelum pelaksanaan ujian. 6. Penyerahan draft disertasi kepada komisi penguji oleh mahasiswa selambat-lambatnya tujuh

(3)

7. Penguji Seminar Usulan Penelitian program doktor terdiri dari ketua dan anggota Tim Promotor, dan lima penguji luar komisi yang salah satunya dari luar Unsyiah.

8. Seminar Usulan Penelitian program doktor dipimpin oleh Ketua Program Doktor Ilmu Hukum atau yang mewakili. Apabila Ketua Program berhalangan dapat mendelegasikan kepada Sekretaris Program atau yang dianggap dapat mewakili, atas nama Ketua Program Doktor Ilmu Hukum.

9. Pelaksanaan Seminar Usulan Penelitian terdiri dari tiga bagian: (1) pendahuluan dan pemaparan usulan penelitian oleh mahasiswa, (2) pertanyaan/pembahasan oleh komisi penguji, (3) penetapan hasil ujian.

10.Penilaian seminar usulan penelitian program doktor dilakukan oleh tim penguji, menggunakan formulir penilaian yang telah tersedia.

11.Keputusan hasil seminar usulan penelitian diberitahukan langsung setelah Komisi Penguji melakukan rapat sejenak.

12.Apabila mahasiswa dinyatakan tidak dapat dilanjutkan, maka yang bersangkutan hanya boleh mengulang kembali sebanyak satu kali dalam waktu 1 bulan.

13.Setelah dinyatakan lulus Seminar Usulan Penelitian dan dapat rekomendasi untuk melanjutkan penelitian, mahasiswa melakukan perbaikan laporan seminar usulan penelitian dan disetujui oleh komisi pembimbing lalu menyerahkan ke Prodi paling lambat 1 bulan. 14.Setelah melakukan penelitian dan berkomunikasi dengan tim promotor maka mahasiswa

dapat melakukan ujian seminar hasil penelitian.

Dokumen Pendukung

1. Formulir Pendaftaran 2. Draft Usulan Penelitian 3. Surat Undangan

(4)

UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS HUKUM

PROGRAM DOKTOR ILMU HUKUM

Darussalam, Banda Aceh

DOKUMEN: PROSEDUR OPERASIONAL BAKU

JUDUL: SEMINAR USULAN PENELITIAN (SUP)

Kode : Tanggal dikeluarkan :

Mahasiswa yang telah memenuhi syarat Seminar Usulan Penelitian program doktor, dapat mengambil formulir pendaftaran ujian dengan memperlihatkan draft laporan penelitian disertasi yang telah disetujui oleh seluruh anggota Tim Promotor. dengan persetujuan ketua program. Syarat penguji luar komisi adalah: bergelar doktor, relevan dengan bidang ilmunya, dari dalam maupun luar Unsyiah, dan sekaligus menyepakati tanggal ujian administrasi di program, dan program membuatkan undangan seminar usulan penelitian untuk komisi penguji.

Penyerahan draft disertasi kepada komisi penguji oleh mahasiswa selambat-lambatnya tujuh hari sebelum pelaksanaan ujian.

7 Hari

(5)

Darussalam, Ketua Program, Ttd.

Prof. Dr. Adwani, S.H., M.Hum. NIP. 196512301989031017 Seminar Usulan Penelitian

program doktor dipimpin oleh Ketua Program Doktor Ilmu Hukum atau yang mewakili. Apabila

Ketua Program

berhalangan dapat mendelegasikan kepada Sekretaris Program atau yang dianggap dapat mewakili, atas nama Ketua Program Doktor Ilmu Hukum.

Pelaksanaan Seminar Usulan Penelitian terdiri dari tiga bagian: (1)

Penilaian seminar usulan penelitian program doktor dilakukan oleh tim penguji, menggunakan formulir penilaian yang telah tersedia.

Formulir penilaian

Keputusan hasil seminar usulan penelitian diberitahukan langsung setelah Komisi Penguji melakukan rapat sejenak Apabila mahasiswa dinyatakan tidak dapat dilanjutkan, maka yang bersangkutan hanya boleh mengulang kembali sebanyak satu kali dalam waktu 1 bulan.

1 Bulan

Setelah dinyatakan lulus Seminar Usulan Penelitian dan dapat rekomendasi untuk melanjutkan penelitian, mahasiswa melakukan perbaikan laporan seminar usulan penelitian dan disetujui oleh komisi pembimbing lalu menyerahkan ke Prodi paling lambat 1 Bulan

1 Bulan dapat melakukan ujian seminar hasil penelitian.

(6)

CHECK-LIST SYARAT-SYARAT SEMINAR USULAN PENELITIAN AN. ____________________ / NPM ____________________

No Syarat Keterangan

1 Lembaran persetujuan Seminar Usulan Penelitian dari Tim Promotor

2 Fotocopy Kartu Kendali Bimbingan

3 Transkrip Nilai Kemajuan Akademik

4 KRS Semester Berjalan

5 Draft Laporan Usulan Penelitian 10 Rangkap

6 Lunas SPP, Biaya Ujian dan Biaya Lain-lain

Darussalam,

Staf Akademik,

...

(7)

DAFTAR NILAI SEMINAR USULAN PENELITIAN

Nama :

No. Mahasiswa :

Seminar Usulan Penelitian dilaksanakan pada :

Hari/ tanggal :

Pukul : WIB

Tempat :

Judul Usulan Penelitian :

Promotor :

Co Promotor :

Co Promotor :

PENILAI :

No. Komponen yang Dinilai Persentase (%) Nilai*)

Nilai Mentah Nilai Akhir

1. Substansi 30

2. Metodologi 30

3. Kemampuan Mempertahankan 30

4. Performance 10

Jumlah 100

Darussalam,

*) Range Nilai : 0 sampai dengan 100 Pembahas,

87-100 = A 51-59 = C

78-86 = AB 41-50 = D

69-77 = B 40 = E

60-68 = BC

(8)

Saran Perbaikan :

Latar Belakang:

Rumusan Masalah

Kerangka Pemikiran/teori:

Metode Penelitian:

Lain-lain

Darussalam, Pembahas,

(9)

DAFTAR EVALUASI NILAI SEMINAR USULAN PENELITIAN

Nama :

No. Mahasiswa :

Seminar Usulan Penelitian dilaksanakan pada :

Hari/ tanggal :

Pukul : WIB

Tempat :

Judul Usulan Penelitian :

Promotor :

Co Promotor :

Co Promotor :

No. Nama Penguji Jabatan Nilai Akhir*)

1. Ketua Sidang / Pembahas

2. Promotor / Pembahas

3. Co Promotor / Pembahas

4. Co Promotor / Pembahas

5. Pembahas

6. Pembahas

7. Pembahas

8. Pembahas

9. Pembahas

Jumlah

Rata-rata

Nilai Akhir (Dalam Angka)

Nilai Akhir (Dalam Huruf)

*) Range Nilai : 0 sampai dengan 100 Darussalam,

Ketua Sidang,

87-100 = A 51-59 = C

78-86 = AB 41-50 = D

69-77 = B 40 = E

60-68 = BC Prof. Dr. Adwani, S.H., M.Hum.

(10)

DAFTAR HADIR TIM PEMBAHAS

SEMINAR USULAN PENELITIAN

Nama :

No. Mahasiswa :

Seminar Usulan Penelitian dilaksanakan pada :

Hari/ tanggal :

Pukul : WIB

Tempat :

Judul Usulan Penelitian :

Promotor :

Co Promotor :

Co Promotor :

NO NAMA JABATAN DALAM

SIDANG TANDA TANGAN

1 Ketua Sidang / Pembahas 1. …..………...….…….…..

2 Promotor / Pembahas 2. …..………...….…….…..

3 Co Promotor / Pembahas 3. …..………...….…….…..

4 Co Promotor / Pembahas 4. …..………...….…….…..

5 Pembahas 5. …..………...….…….…..

6 Pembahas 6. …..………...….…….…..

7 Pembahas 7. …..………...….…….…..

8 Pembahas 8. ………..

9 Pembahas 9. ………..

Catatan:

Darussalam,

Ketua Sidang,

(11)

TATA TERTIB SEMINAR USULAN PENELITIAN

1. Ujian dilaksanakan oleh Komisi Ujian yang diangkat dengan SK Rektor Unsyiah dan dipimpin oleh Ketua Komisi Ujian.

2. Ketua Komisi Ujian dijabat oleh Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Unsyiah.

3. Komisi Ujian dan promovendus hadir 15 menit sebelum ujian dimulai dan berpakaian sipil lengkap (jas dan dasi) bagi Laki-laki dan bagi Perempuan disesuaikan.

4. Waktu untuk presentasi/pemaparan oleh promovendus maksimum 20 menit.

5. Waktu untuk masing-masing penguji maksimum 30 menit.

6. Nilai oleh masing-masing penguji diberikan dalam bentuk angka. Nilai akhir adalah nilai rata-rata dari 7 (tujuh) penguji dan dikonversi dalam bentuk huruf.

7. Nilai lulus minimal adalah B.

8. Hasil Ujian langsung diumumkan setelah ujian selesai (setelah dikors beberapa saat untuk mengambil keputusan)

9. Selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah seminar usulan penelitian dinyatakan lulus, mahasiswa dapat mengajukan seminar hasil.

10. Bagi yang tidak lulus ujian pertama, mahasiswa yang bersangkutan diberi waktu maximum 30 hari untuk mengambil ujian kedua.

11. Apabila setelah dua kali ujian tidak lulus, mahasiswa yang bersangkutan dapat dinyatakan tidak memenuhi syarat, dan tidak diperkenankan mengikuti proses selanjutnya.

12. Ketua Komisi Ujian menutup sidang Komisi Ujian, sebagai tanda ujian selesai.

Darussalam, ………..

Ketua Sidang,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...