Agama dan hal mistik adalah hal yang tid

Teks penuh

(1)

Agama dan hal mistik adalah hal yang tidak terpisahkan, agama-agam yang ada sekarang ini tidak mungkin mengaku bersih dari hal yang berbau mistis. Dalam sejarah agama-agama, dapat dikenal dua bentuk agama, yaitu agama mistis, dan agama kenabian. Agama-agama mistis muncul di India, yang kemudian dikenal beberapa agama, yang diketahui yaitu Budha, Hindu dan lainnya.

Dibelahan bumi lainya muncul gama kenabian hasil dari satu kelompok pengembara, yang memotori munculnya beberapa agama, yaitu Yahudi, Kristen, Islam. Dari kelompok ini juga muncul paham yang mempercayai Tuhan, seperti kita sama-sama ketahui bahwa ini sebenarnya adalah cerita munculnya pengenalan Tuhan yang dipelopori tradisi tentang Musa. Ini juga yang membentuk agama berpahm monoteisme.

Dalam perjalanan nya kedua jenis agama ini salaing mempengaruhi, meskit tidak secara langsung berhadapan, namun lewat budaya yang beragam di Bumi ini, ajaran kedua jenis agama ini tergabung, dalam buku ini dituliskan misalnya dalam kristen ada unsur mistik yng muncul dari aliran Helenish. Dengan cara yang sama di india gama mistik yang melakukan Yoga dan melakukan tradisi kultus pribadi yang berorientasi dengan satu ikatan emosional dengan satu Tuhan adalaha pusat dari aliran Agama Hindu yang monoteis.

Namun sikap yang harus kita ambil terhadap campuran kedua jenis agama adalah:

 Mistik bukan penyimpangn agama kenabian, yang dalam kristen di pakai.  Agama Kenabian bukan dari hasil agama mistik.

(2)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : Ikatan Emosional Unsur Mistik