• Tidak ada hasil yang ditemukan

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN KOMPETENSI MENJAHIT LUKA (HECTING) MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES YOGYAKARTA TESIS

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN KOMPETENSI MENJAHIT LUKA (HECTING) MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES YOGYAKARTA TESIS"

Copied!
14
0
0

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN KOMPETENSI MENJAHIT LUKA (HECTING) MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES YOGYAKARTA

TESIS

Untuk Memenuhi Persyaratan Mencapai Derajat Magister Kesehatan Program Studi Magister Kedokteran Keluarga

Minat Utama Pendidikan Profesi Kesehatan

Oleh :

Wiwin Priyantari Heryningsih S541008122

PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA TAHUN 2013

(2)
(3)
(4)

PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Wiwin Priyantari Hery Ningsih

NIM : S541008122

Program Studi : Kedokteran Keluarga

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tesis saya yang berjudul: “Hubungan Minat Belajar Dan Gaya Belajar dengan Kompetensi Menjahit Luka (HECTING) Mahasiswa Keperawatan Stikes Yogyakarta” adalah benar-benar karya otentik saya sendiri. Hal- hal yang terdapat dalam tesis ini dan yang bukan karya saya diberi tanda kutipan dan ditunjukkan dalam daftar pustaka. Apabila diketahui di kemudian hari terbukti bahwa pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan tesis dan gelar yang saya peroleh dari tesisi tersebut.

Surakarta, April 2013 Yang membuat pernyataan,

(5)

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulilalah penulis panjatkan kepada Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya maka penulis dapat menyelesaikan peyusunan tesis ini pada program Studi Magister Kedokteran Keluarga, minat utama Pendidikan Profesi Kesehatan Program Pasca Sarjana Universitas Sebalas Maret Surakarta dengan judul: “Hubungan Minat Belajar Dan Gaya Belajar dengan Kompetensi Menjahit Luka (HECTING) Mahasiswa Keperawatan Stikes Yogyakarta”

Penulisan tesis ini dapat terselesaikan dengan baik berkat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1. Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, selaku Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menempuh pendidikan Pascasarjana(S-2).

2. Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus MS, selaku Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk menyususn usulan tesis ini.

3. Dr. Hari Wujoso. dr. MM, SpF, selaku Ketua Program Studi Magister Kedokteran Keluarga Universitas Sebelas Maret yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menempuh pendidikan Pascasarjana (S-2) pada program studi Kedokteran Keluarga, dan juga selaku pembimbing II

(6)

yang telah membimbing dan memberikan banyak masukan dalam penulisan tesis ini.

4. Prof. Dr. Ambar Mudigdo, dr. Sp.PA(K), selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis dalam penulisan tesis ini.

5. Bapak Drs. Sunarto dan Bapak Rahardiyanto, MM selaku Yayasan Samodra Ilmu Cendekia yang telah memberikan ijin dan motivasi kepada penulis untuk dapat melaksanakan penelitian ini.

6. Ibu Ketua Sri Handayani, S.Kep.,Ns. M.Kes selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta yang telah memberikan ijin dan motivasi kepada penulis untuk melaksanakan penelitian ini.

7. Ibu Istichomah, S.Kep.,Ns. M.Kes, selaku Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Sekol;ah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta yang telah memberikan ijin dan motivasi kepada penulis untuk melaksanakan penelitian ini.

8. Seluruh teman-teman Prodi Keperawatan yang selalu memberikan semangat kepada penulis dalam melaksanakan penelitian ini.

9. Segenap Civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yogyakarta, atas dorongan dan kerjasamanya sehinggga penulis mendapatkan kemudahan dalam penyususnan tesis ini.

10. Suami, anakku, orang tuaku, dan seluruh keluargaku tercinta yang selalu memberikan dorongan motivasi serta doa sampai terselesainya tesis ini.

(7)

11. Teman- teman S2 seperjuangan yang telah banyak membantu dalam penyusunan usulan tesis ini, serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang telah berjasa dan membantu terselesaikannya tesis ini.

Penulis berharap semoga tesis ini bermanfaat bagi pengelola pendidikan, mahasiswa, dan para pembaca yang budiman, namun penulis juga menyadari bahwa tesis ini masih perlu penyempurnaan, untuk itu kritik dan saran akan penulis terima dengan senang hati demi kebaikan bersama.

Akhirnya dengan tulus penulis berdoa semoga amal kebaikan semua pihak mendapatkan pahala dan imbalan yang setimpal dari Allah SWT, Amin.

Surakarta, April 2013

(8)
(9)

DAFTAR ISI

Halaman HALAMAN SAMPUL ………... HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ………. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI TESIS ……… LEMBAR PERNYATAAN ………... KATA PENGANTAR ………. MOTTO ………... DAFTAR ISI ………... DAFTAR TABEL ………... DAFTAR LAMPIRAN ………... ABSTRAK ……….. ABSTRACT ……… BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah ……… B. Rumusan Masalah ………. C. Tujuan Penelitian ………... D. Manfaat Penelitian ……….

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kajian Teori

1. Minat Belajar ………... 2. Gaya Belajar ……… 3. Kompetensi ……….. 4. Menjahit Luka (HECTING) ………..………... B. Penelitian Yang Relevan ……… C. Kerangka Berfikir ………. D. Hipotesis Penelitian ………... i ii iii iv v viii ix xi xii xiii xiv 1 4 5 5 6 11 15 21 24 27 28

(10)

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A. Tempat dan Waktu Penelitian ………. B. Jenis Penelitian ……….. C. Populasi dan Sampel ………... D. Variabel Penelitian dan Definisi Operasional ……… E. Teknik Pengumpulan Data ……….. F. Instrumen Penelitian ………... G. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian ………... H. Teknik Analisa Data ………...

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Penelitian ……… B. Pembahasan ………...

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan ……… B. Implikasi ……… C. Saran ……….. DAFTAR PUSTAKA ………. LAMPIRAN ……… 29 29 30 32 35 35 39 42 50 59 65 65 66 68 70

(11)

DAFTAR TABEL

Halaman Tabel 3.1. Kisi-kisi kuisioner minat ……….……... Tabel 3.2. Kisi-kisi kuisioner gaya belajar ……….. Tabel 4.1. Deskripsi Variabel Kompentensi, Minat belajar, dan Gaya Belajar

Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Stikes Yogyakarta Tahun 2012 ………. Tabel 4.2. Ringkasan Hasil Uji Normalitas ………. Tabel 4.3. Ringkasan Hasil Uji Linieritas ………...……… Tabel 4.4. Ringkasan Hasil Uji Multikolinieritas ………... Tabel 4.5. Hasil Analisis Regresi Linear ... Tabel 4.6. Hasil Analisis Regresi Linear ... Tabel 4.7. Hasil Analisis Regresi Linear Ganda ...

37 38 51 53 54 55 55 57 58

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman Lampiran 1 : Surat permohonan responden ……… Lampiran 2 : Persetujuan menjadi responden ………. Lampiran 3 : Kisi-kisi kuisioner minat belajar ……….……….. Lampiran 4 : Kisi-kisi kuisioner gaya belajar ……….. Lampiran 5 : Kuisioner minat ………. Lampiran 6 : Kuisioner gaya belajar ……….. Lampiran 7 : Cheklist menjahit luka ……… Lampiran 8 : Data mentah uji validitas dan uji reliabilitas ………. Lampiran 9 : Uji validitas dan uji reliabilitas …..……….………... Lampiran 10 : Data mentah sampel …..……….………... Lampiran 11 : Hasil olah data ………...

71 72 73 74 75 78 82 84 85 88 95

(13)

ABSTRAK

Wiwin Priyantari Heryningsih, S541008122, 2013. Hubungan Minat Belajar dan Gaya Belajar Dengan Kompetensi Menjahit Luka Mahasiswa Keperawatan Stikes Yogyakarta) Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr.dr Ambar Mugigdo.Sp.PA, II: Dr.Hari Wujoso,dr, MM, SpF Program Studi Magister Kedokteran Keluarga, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pendahu luan: Perawat merupakan salah satu profesi yang penting dalam pelayanan kesehatan sehingga dibutuhkan upaya penataan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi keperawatan. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar dapat dipengaruhi minat dan gaya belajar mahasiswa. Setiap tenaga kesehatan termasuk perawat yang akan menjalani pekerjaanya dan wajib memiliki Surat Tanda Registrasi. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di di STIKES Yogyakarta pada bulan Juni 2012 dengan melakukan evaluasi pembelajaran praktek mahasiswa semester IV program studi keperawatan tahun akademik 2010/2011 pada praktik keperawatan yang mendapatkan nilai A hanya 7 orang (18,42%), dari data tersebut ditemukan bahwa dari 38 orang diketahui 81,58% mahasiswa belum mendapatkan nilai maksimal

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan minat belajar dan gaya belajar dengan kompetensi menjahit luka mahasiswa keperawatanStikes Yogyakarta.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan kuantitatif observasi analitik dengan pendekatan Cross- sectional.Populasi sumber dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Keperawatan semester V stikes Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Sampel yang ada dikelas yang berjumlah 36 orang. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan inferensial. Analisis data menggunakan tehnik analisis regresi menggunakan program SPSS versi 15.

Hasil dan kesimpulan: Hasil Penelitian ini diketahui 1) Ada hubungan yang signifikan minat belajar dan gaya belajar dengan kompetensi menjahit luka mahasiswa keperawatanStikes Yogyakarta. 2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan kompetensi menjahit luka mahasiswa keperawatanStikes Yogyakarta. 3) Minat belajar dan gaya belajar berhubungan dengan kompetensi menjahit luka mahasiswa keperawatanStikes Yogyakarta. Dibuktikan dengan analisis regresi yang memiliki peran dominan dan berhubungan signifikan dengan kompetensi menjahit luka mahasiswa keperawatanStikes Yogyakarta yaitu minat belajar mahasiswa.

(14)

Wiwin Priyantari Heryningsih S541008122. 2012. The Relationship Of Self Esteem And Learning Style To Hecting Competence Of Students Of Nursing Of Health High School Of Yogyakarta.Thesis. Supervisor I: Prof. Dr.dr Ambar Mudigdo.Sp.PA, II: Dr. dr. Hari Wujoso, Sp.F, MM. The Master of Family Medicine, Post Graduate Program of Sebelas Maret University of Surakarta

ABSTRACT

Introduction: Nurse is one of important professions in health service so that efforts of management of quality control system of nursing high education are needed. The success of teaching-learning processes can be affected by the self-esteem and the learning style of students. Every health worker including nurses who will do his or her job has to own a Registration License. Based on a former study which was conducted in Health High School of Yogyakarta on June 2012 by evaluating the practicum of students of the fourth semester of Nursing Department in the year of 2010/2012, it was found that in nursing practicum, it was only 7 students who got A (18,42%). From the data, it was found that there was 81,58% among 38 students who did not get the maximum mark yet.

Objective: this research is conducted in order to analyze the relationship of self esteem and learning style of students to hecting competence of students of nursing of Health High School of Yogyakarta.

Research method: this research applied quantitative observation analysis with Cross-sectional formula. The populations of the research were students of Nursing in the Fifth Semester of Health High School of Yogyakarta. The researcher applied total sampling technique. There were 36 samples in the class. The research instrument was questionnaire. The data were analyzed descriptively and inferentially. They were analyzed using Logistic by using the 15 Version SPSS Programme.

Results and Conclusions: the results of the research show that 1) there is a significant relationship of the students’ self esteem and learning style to hecting competence of the students of nursing of Health High School of Yogyakarta, 2) there is no significant relationship of students’ learning style to hecting competence of students of nursing of Health High School of Yogyakarta, 3) self esteem and learning style relates to hecting competence of students of nursing of Health High School of Yogyakarta. It is proved by using the regression. One which has a dominant role and relates significantly to the hecting competence of students of nursing of Health High School of Yogyakarta is the students' self esteem.

Referensi

Dokumen terkait

yang digunakan seperti pada persamaan (2).Hasil pengujian serapan air laut dan air tawar dapat dilihat pada Tabel 10 dan Tabel 11. Nilai viskositas berpengaruh pada

7,39 Rumah yang memiliki pencahayaan kurang 3,717 berisiko sakit tuberkulosis paru. Luas ventilasi alamiah minimal 10% dari luas lantai, apabila

Dengan melihat uraian di atas dan betapa pentingnya peran core competencies terhadap terciptanya keunggulan bersaing suatu perusahaan yang pada akhirnya dapat memicu

Untuk keseimbangan relasi yang kedua, yaitu mid range memiliki pengaruh yang signifikan pada orientasi masa depan pendidikan remaja di Bandung (p<0,001)

Hasil SPH simulator yang telah dibuat dapat diimplementasikan untuk berbagai macam simulasi berbasis fluida lain, seperti aliran air terjun, aliran darah, aliran lava dengan

didapatkan nilai p = 1,000 sehingga p value > 0.05 maka tidak ada perbedaan kepatuhan diet antara kelompok kontrol dan kelompok pendampingan pada posttest, karena

Untuk menunju pembelajaran sastra berperspektif jender, paling tidak ada tiga komponen yang harus diperhatikan, yaitu kurikulum, materi yang disampaikan atau diproduksi oleh

terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan dengan