nabi Ibrahim AS

Top PDF nabi Ibrahim AS:

Mimpi menurut Al-Quran ( studi historis mimpi nabi Ibrahim As )

Mimpi menurut Al-Quran ( studi historis mimpi nabi Ibrahim As )

Penduduk Babylon memiliki banyak minyak, tar dan belerang, karenanya mereka memutuskan untuk membuat api yang besar, untuk menghukum Ibrahim as yang telah menghancurkan tuhan-tuhan mereka. Kemudian mereka mengumpulkan kayu di luar kota selama lebih dari sebulan, dan menuangkan tar dan minyak di atasnya, dan setelah kayu dan tar terkumpul, kemudian Nabi Ibrahim as diikat dengan kuat. 23 Sebelum kayu dibakar, terlebih dahulu raja Namrudz berkata pada rakyatnya. : “waha i rakyatku Ibrahim as adalah salah satu contoh bagi kalian, jika ada yang menghianati dan berusaha menghancurkan Tuhan-tuhan kita, niscaya aku akan lakukan pembaka ran seperti pada Ibrahim” teri ak raja Namrudz” memberi peringatan, kemudian kayu itu dinyalakan, setelah kayu menjadi kobaran api, maka Nabi Ibrahim dilemparkan kedalamnya. Orang-orang yang mulai membenarkan ajaran Nabi Ibrahim terpekik menahan rasa malu. Meskipun demikian, mereka tidak berani menolong Nabi Ibrahim. Sebab mereka takut siksaan raja yang kejam itu. 24
Baca lebih lanjut

91 Baca lebih lajut

Dzulhijjah Bulan Keteladanan Nabi Ibrahim As

Dzulhijjah Bulan Keteladanan Nabi Ibrahim As

Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir menerangkan bahwa Allah menurunkan 313 rasul dan 124 ribu nabi. Diantara para rasul yang dijadikan teladan adalah Nabi Ibrahim as. Dalam menyongsong Idul Adlha ini sangat penting kita ingat kita sebut dan kita renungkan kembali kemudian kita teladani. Nabi Ibrahim as. selain beliau nabi pilihan yang mendapat gelar kholilullah (kekasih Allah) juga disebut Abul anbiya (bapak dari para Nabi) karena Nabi-nabi sesudah beliau adalah dari zduriyahnya (keturunannya) nabi- nabi bani Israil Nabi Ishaq, Ya`qub Yusuf Syuaib Harun, Musa sampai nabi Isa as. Dan demikian juga junjungan Nabi kita Muhammad saw bin Abdullah, bin Abdil Mutholib, bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushoy bin Kilab, bin Murroh bin Ka`ab, bin Luay, bin Gholib, bin Fihir, (Fihri dilaqobi Quroisy) bin Malik bin Nadlor, bin Kinanah bin Khuzaimah, bin Mudrikah bin Ilyas, bin Mudlor bin Nizar bin Ma`ad bin `Adnan bin Nabi Isma`il bin Ibrahim AS.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

Kisah Nabi Ibrahim AS doc

Kisah Nabi Ibrahim AS doc

Malam berikutnya lagi, beliau mimpi lagi dengan mimpi yang serupa. Maka, keesokan harinya, beliau bertekad untuk melaksanakan nazarnya (janjinya) itu. Karena itulah, hari itu disebut denga hari menyembelih kurban (yaumun nahr). Dalam riwayat lain dijelaskan, ketika Nabi Ibrahim AS bermimpi untuk yang pertama kalinya, maka beliau memilih domba-domba gemuk, sejumlah 100 ekor untuk disembelih sebagai kurban. Tiba-tiba api datang menyantapnya. Beliau mengira bahwa perintah dalam mimpi sudah terpenuhi. Untuk mimpi yang kedua kalinya, beliau memilih unta-unta gemuk sejumlah 100 ekor untuk disembelih sebagai kurban. Tiba-tiba api datang menyantapnya, dan beliau mengira perintah dalam mimpinya itu telah terpenuhi.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

NABI IBRAHIM AS Nabi docx

NABI IBRAHIM AS Nabi docx

Nabi Yusuf telah memberi contoh dan teladan bagi kemurnian jiwanya dan keteguhan hatinya tatkala menghadapi godaan Zulaikha, isteri ketua Polis Mesir, majikannya. Ia diajak berbuat maksiat oleh Zulaikha seorang isteri yang masih muda belia, cantik dan berpengaruh, sedang ia sendiri berada dalam puncak kemudaannya, di mana biasanya nafsu berahi seseorang masih berada di tingkat puncaknya. Akan tetapi ia dapat menguasai dirinya dan dapat mengawal nafsu kemudaannya, menolak ajak isteri yang menjadi majikannya itu, karena ia takut kepada Allah dan tidak mahu mengkhianati majikannya yang telah berbuat budi kepadanya dirinya dan memperlakukannya seolah- olah anggota keluarganya sendiri. Sebagai akibat penolakannnya itu ia rela dipenjarakan demi mempertahankan keluhuran budinya, keteguhan imannya dan kemurnian jiwanya. Nabi Yusuf memberi contoh tentang sifat seorang kesatria yang enggan dikeluarkan dari penjara sebelum persoalannya dengan Zulaikha dijernihkan. Ia tidak mahu dikeluarkan dari penjara kerana memperoleh pengampunan dari Raja, tetapi ia ingin dikeluarkan sebagai orang yang bersih, suci dan tidak berdosa. Karenanya ia sebelum menerima undangan raja kepadanya untuk datang ke istana, ia menuntut agar diselidik lebih dahulu tuduhan-tuduhan palsu dan fitnahan-fitnahan yang dilekatkan orang kepada dirinya dan dijadikannya alasan untuk memenjarakannya. Terpaksalah raja Mesir yang memerlukan Yusuf sebagai penasihatnya, memerintahkan pengusutan kembali peristiwa Yusuf dengan Zulaikha yang akhirnya dengan terungkapnya kejadian yang sebenar, di mana mereka bersalah dan memfitnah mengakui bahawa Yusuf adalah seorang yang bersih suci dan tidak berdosa dan bahwa apa yang dituduhkan kepadanya itu adalah palsu belaka.
Baca lebih lanjut

41 Baca lebih lajut

Sejarah Singkat Nabi Ibrahim as dan Isma

Sejarah Singkat Nabi Ibrahim as dan Isma

Suatu ketika Nabi Ibrahim a.s. bermimpi menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail a.s. Lalu dikatakannya hal itu kepada Ismail, anaknya yang sudah besar itu pun menjawab "Hai bapakku, kerjakanlah sebagaimana diperintahkan Allah yaitu menyembelihku, mudah-mudahan bapak akan menyaksikanku berhati sabar". Maka Nabi Ibrahim a.s. pun membaringkan Ismail ketanah dengan maksud akan disembelihnya. Pada saat itulah Allah s.w.t. menebusinya dengan seekor biri-biri (kibas) yang besar. Dikarenakan sabar dan takwanya, maka Ismail pun diangkat menjadi Rasul Allah.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI IBRAHIM AS. DALAM AL QUR’AN.

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KISAH NABI IBRAHIM AS. DALAM AL QUR’AN.

mengalahkan Ibrahim dengan memberi pertanyaan sebagai tantangan: “Kami sadari bahwa kamu memang tetap hidup dari tengah-tengah perapian tetapi kamu tidak menghadirkan sembahanmu di hadapan kami, maka kami takkan percaya kepadamu” Ibrahim mengatakan: "Tuhankulah Yang Menghidupkan maupun Yang Mematikan siapa yang Dia kehendaki, sebab Dialah Yang Maha Kuasa atas segala hal yang berada di langit maupun di bumi." Seketika Namrudz memanggil dua orang budak lalu Namrudz membunuh salah seorang budak serta membiarkan seorang yang lain tetap hidup, Namrudz semakin menyombongkan diri: "Aku pun memiliki kuasa di bumi terhadap orang-orang itu sebab akulah raja, dan aku pun dewa yang sanggup menghidupkan maupun mematikan; maka aku bertaruh dengan seluruh budak yang kumiliki bahwa kamu takkan bisa menunjukkan bukti-bukti tentang Tuhanmu itu kepada diriku" Ibrahim berkata: "Sekalipun kamu memberi seisi bumi kepadaku, ketahuilah bahwa segala yang ada di bumi beserta yang ada di langit adalah Milik Allah. Maka lihatlah ke arah matahari yang terbit itu, sesungguhnya Allah adalah Yang Menerbitkan Matahari dari arah timur, jika memang terdapat kuasa pada dirimu terhadap matahari maka terbitkanlah matahari dari arah barat," seketika Namrudz tertegun dan menjadi bisu di hadapan Ibrahim. Hal ini dijelaskan dalam firman-Nya:
Baca lebih lanjut

167 Baca lebih lajut

NABI IBRAHIM As docx 1

NABI IBRAHIM As docx 1

Akhirnya Ibrahim dapat menemukan kesimpulan. Akal pikiranya yang masih suci bersih itu memutuskan bahwa tuhan adalag yang menciptakan semua alam ini,ia berkata dalam hatinya “ tuhanku adalah yang menciptakan lngitbdan bumi,tuhanku yang menciptakan manusia,tumbuhan,hewan dan apa saja yang terjadi dimka bumi ini “

8 Baca lebih lajut

KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

KETELADANAN NABI IBRAHIM AS DALAM MEMBEN

selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. kecuali Perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan Kami hanya kepada Engkaulah Kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah Kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah Kami kembali.

5 Baca lebih lajut

samudra doa nabi ibrahim

samudra doa nabi ibrahim

Bulan Dzulhijah tidak bisa dilepaskan dengan kisah kekasih Allah SWT, yakni Nabi Ibrahim as. Semasa hidupnya, sang nabi mempunyai banyak harapan yang ia tuangkan dalam berbagai lantunan doa. Ada empat harapan Nabi Ibrahim yang termuat dalam doanya. Dan harapannya, menjadi harapan kita semua yang harus diperjuangkan. Pertama, harapan untuk dirinya. Nabi Ibrahim sangat berharap dirinya bebas dari kemusyrikan (menyekutukan Allah). “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Makkah) negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari menyembah berhala-berhala.” (QS Ibrahim: 35) Kedua, harapan untuk keluarga. Mulai dari orang tuanya, hingga anak keturunannya. Ketiga, harapan untuk masyarakat, baik saat itu maupun hingga nanti. Bahkan, Nabi Ibrahim meminta kepada Allah agar suatu saat nanti, diutus seorang rasul sekalipun ia telah tiada. Keempat, harapan untuk bangsa dan negara. Kecintaan Nabi Ibrahim kepada umatnya semakin terlihat saat beliau pun berdoa bukan hanya untuk dirinya, keluarganya, maupun masyarakat sekitar, tetapi bangsa dan negaranya beliau doakan. “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada
Baca lebih lanjut

44 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya NABI ISMAIL

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya NABI ISMAIL

Dan pada saat itu juga semesta alam beserta seluruh isinya ber-takbir (Allâhu Akbar) mengagungkan kebesaran Allah SWT atas kesabaran kedua umat-Nya dalam menjalankan perintahnya. Melihat itu, malaikai Jibril terkagum-kagum lantas mengagungkan asma Allah, “Allâhu Akbar, Allâhu Akbar, Allâhu Akbar”. Nabi Ibrahim AS menyahut, “Lâ Ilâha Illallâhu wallâhu Akbar”. Ismail mengikutinya, “Allâhu Akbar wa lillâhil hamd”. Kemudian bacaan- bacaan tersebut dibaca pada setiap hari raya kurban (Idul Adha).
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Pelajaran 5 Akhlah Terrpuji Bagian 2

Pelajaran 5 Akhlah Terrpuji Bagian 2

dalam tidurku diperintahkan oleh Allah Swt untuk menyembelihmu”. Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua maupun kepada Tuhannya dengan tanpa ragu-ragu ia menjawab: “Wahai ayahku laksanakan apa yang Allah Swt perintahkan, insya Allah aku termasuk orang yang tabah menjalaninya”. Mendengar jawaban tersebut Nabi Ibrahim As. langsung memeluk Nabi Ismail As karena merasa terharu mempunyai anak yang taat kepada Allah Swt dan patuh kepada orang tuanya. Suatu cobaan yang sangat berat bagi Nabi Ibrahim As sebagai seorang ayah maupun Nabi Ismail As sebagai seorang anak. Ketika Nabi Ibrahim As akan memulai menyembelih Ismail, Allah Swt mengutus Malaikat jibril untuk mengganti Ismail dengan domba yang gemuk. Allah Swt berirman dalam al-Qur’an surah As-Safat ayat 107:
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

KUMPULAN SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH UASBN SD MI

KUMPULAN SOAL LATIHAN UJIAN SEKOLAH UASBN SD MI

26. Ketika Nabi Ibrahim As mendapat perintah Alloh lewat mimpi untuk menyembelih Ismail As, maka disampaikanlah perintah itu kepada Ismail As, maka Ismail menuruti perintah orang tuanya tersebut dengan hati yang ihlas. Dari cerita tersebut menunjukkan bahwa Nabi Ismail As memiliki perilaku terpuji . . . .

9 Baca lebih lajut

 Soal soal Ujian Sekolah SD MI Terbaru PAI

Soal soal Ujian Sekolah SD MI Terbaru PAI

26. Ketika Nabi Ibrahim As mendapat perintah Alloh lewat mimpi untuk menyembelih Ismail As, maka disampaikanlah perintah itu kepada Ismail As, maka Ismail menuruti perintah orang tuanya tersebut dengan hati yang ihlas. Dari cerita tersebut menunjukkan bahwa Nabi Ismail As memiliki perilaku terpuji . . . .

9 Baca lebih lajut

Soal latihan PAI kelas 2 SD

Soal latihan PAI kelas 2 SD

26. Ketika Nabi Ibrahim As mendapat perintah Alloh lewat mimpi untuk menyembelih Ismail As, maka disampaikanlah perintah itu kepada Ismail As, maka Ismail menuruti perintah orang tuanya tersebut dengan hati yang ihlas. Dari cerita tersebut menunjukkan bahwa Nabi Ismail As memiliki perilaku terpuji . . . .

9 Baca lebih lajut

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya Nabi Ibrahim

Kisah 25 Nama Nama Nabi dan Rasul Allah disertai mukjizat dan ketauladanannya Nabi Ibrahim

Ketika Raja Mesir mendengar bahwa Sarah adalah perempuan yang cantik maka Ibrahim dan Sarah dipanggil menghadap. Ibrahim berdebar, Raja Mesir memang mempunyai kebiasaan aneh, yaitu merampas istri orang yang berwajah cantik sekedar untuk menunjukkan betapa besar kekuasaannya, tak seorang pun berani menghalangi perbuatannya. Setelah menghadap Raja Mesir ia ditanya : “Siapakah perempuan itu ? “Saudaraku, “jawab Ibrahim, sengaja ia berbohong, sebab jika ia berkata terus terang tentu ia akan dibunuh Raja Mesir dan istrinya akan dirampas. Perbuatan Ibrahim ini menjadi kaidah, boleh berbohong dalam keadaan terdesak dan terancam bahaya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pelajaran 8 Memahami Peristiwa Kerasulan Nabi Muhammad SAW

Pelajaran 8 Memahami Peristiwa Kerasulan Nabi Muhammad SAW

Malaikat Jibril datang dan merangkul Nabi Muhammad Saw. sedemikian kuat sehingga Nabi Muhammad Saw. sulit bernafas, dan memerintahkan, “Bacalah!” Muhammad menjawab, “Aku tidak bisa membaca!” Jibril mengulangi perintah itu, dan sewaktu menerima jawaban yang sama, membimbing Nabi Muhammad Saw. membaca surat Al-‘Alaq ayat 1-5, yang berbunyi:

11 Baca lebih lajut

Pelajaran 12 Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Pelajaran 12 Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Nabi Ibrahim a.s lahir di Babilonia (sekarang Irak). Ayahnya bernama Azar bin Nahur. Kala itu, Babilonia dipimpin oleh seorang raja yang sangat zalim, yaitu Namrud bin Kan’an bin Kush. Babilonia adalah negeri yang kaya. Rakyatnya hidup makmur, tetapi mereka tidak mengenal Allah Swt. Penduduk Babilonia justru menyembah patung. Lucunya, patung- patung itu dibuat oleh mereka sendiri.

19 Baca lebih lajut

Pendidikan Agama Islam Untuk SD Kelas IV Kelas 4 Muhammad Zaid Sudi 2011

Pendidikan Agama Islam Untuk SD Kelas IV Kelas 4 Muhammad Zaid Sudi 2011

Dengan berbekal keyakinan, Ibrahim bertekad menghancurkan berhala-berhala yang ada di kampungnya. Penduduk Babilon memi- liki kebiasaan pergi ke kota pada hari-hari tertentu. Pada saat itu kampung menjadi sepi, sebab semua orang pergi. Ibrahim menunggu kesempatan. Ketika kampungnya sepi, ia pergi ke tempat ibadah itu. Kemudian menghancurkan berhala-berhala tersebut dengan kapak- nya. Berhala itu porak-poranda berserakan di tanah. Hingga tinggal satu berhala yang belum dihancurkannya. Di antara berhala-berhala lainnya, berhala terakhir ini yang paling besar. Ibrahim mengurungkan niatnya menghancurkan berhala itu. Kapak itu pun dikalungkan di le- her berhala tersebut dan beranjak pergi.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Beberapa istilah di sekitar kabah

Beberapa istilah di sekitar kabah

Satu riwayat lagi mengatakan bahwa tapak Baitullah itu telah runtuh dalam taufan besar sepertimana runtuhnya binaan-binaan besar yang lain. Setelah peristiwa taufan besar melanda maka sesungguhnya tidak ada orang lain yang mulakan pembinaannya semula kecuali Nabi Ibrahim dan anaknya.

Baca lebih lajut

IBRAH DARI KISAH NABI IBRAHIM DAN AYAHNYA : STUDY PENAFSIRAN TENTANG AYAT-AYAT KISAH NABI IBRAHIM DAN AYAHNYA.

IBRAH DARI KISAH NABI IBRAHIM DAN AYAHNYA : STUDY PENAFSIRAN TENTANG AYAT-AYAT KISAH NABI IBRAHIM DAN AYAHNYA.

Dalam penelitian ini, penulis akan menelaah kembali kisah Nabi Ibahim dan ayahnya dalam surat Maryam ayat 41-45, sehingga kisah tersebut dapat dijadikan pelajaran (ibrah) bagi pembacanya. Beberapa hal yang menjadi alasan kenapa penulis memilih kisah dari Nabi Ibrahim dan ayahnya dalam surat Maryam ayat 41-45, karena dalam ayat tersebut berisikan dakwah Nabi Ibrahim kepada ayahnya, yang mana ayahnya adalah seorang penyembah berhala, dan Ibrahim merupakan sosok yang memiliki kesabaran, dengan iman yang kuat dan tawakal. Dengan pendekatan teori kisah dan munas>abah terebut penuli ingin mengetahui cabang ulu>m Qur’a>n dalam sehari-hari tampak nyata dan benar-benar diamalkan. Maka, hal ini seharunya menjadi motivasi bagi pengkaji untuk mengkaji lebih jauh.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...