peran pemuda karang taruna

Top PDF peran pemuda karang taruna:

196193690.doc 2.61MB 2015-10-12 00:17:34

196193690.doc 2.61MB 2015-10-12 00:17:34

Menurut pandangan penulis, karang taruna “Bina Karya” di Desa Serayu Larangan kurang memiliki peran karena sebagian besar dalam masyarakat karena semakin majunya teknologi, pemuda menjadi kurang berminat mengurus organisasi karang taruna karena lebih sibuk dengan kepentingan pribadi dan lebih sibuk dengan gadget yang semakin canggih. Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan mengenai pengelolaan pentingnya karang taruna agar para pemuda di Desa Serayu Larangan lebih tertarik untuk menjadi regenerasi organisasi kepemudaan di Desa Serayu Larangan. Hal ini juga berdampak positif terhadap peningkatan peran pemuda untuk mengabdi kepada masyarakat. Regenerasi dalam kepengurusan karang taruna agar organisasi ini tetap berdiri dan mempunyai peran serta manfaat yang langsung atau tidak langsung bisa di rasakan oleh masyarakat Serayu Laranagan. Keberadaan karang taruna juga bisa di manfaatkan sebagai alternative pengembangan softskill, kreativitas, melatih berorganisasi, serta pemuda bisa memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif, selain itu juga bisa menumbuhkan kesadaran pemuda terhadap lingkungan sekitarnya. Penyuluhan kepada pemuda ini dilakukan dengan sosialisasi mengenai pentingnya keberlangsungan karang taruna, focus group discussion (fgd), pelatihan keterampilan terhadap remaja putri.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

PERAN KARANG TARUNA DALAM PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PELATIHAN KARAWITAN GAMELAN JAWA DUSUN PLUMBON KELURAHAN NGADIREJO KECAMATAN EROMOKO WONOGIRI.

PERAN KARANG TARUNA DALAM PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI PELATIHAN KARAWITAN GAMELAN JAWA DUSUN PLUMBON KELURAHAN NGADIREJO KECAMATAN EROMOKO WONOGIRI.

a. Penelitian Dewanto (2012:vii) bertujuan bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Upaya dan pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui proses rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba, 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan pemuda melalui proses rehabilitasi penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini merupakan penelitian deskreptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberdayaan pemuda yang dilakukan oleh lembaga Panti Sosial Pamardi Putra (PSPP) Yogyakarta melalui proses rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba dapat dilihat dari seluruh rangkaian tahapan yang meliputi tahap penerimaan, rawatan, dan pembinaan lanjutan akhir dan adanya perubahan sikap perilaku emosional, psikologi, spiritual, kecerdasan serta residen mempunyai kemampuan untuk bertahan hidup dan mandiri dengan memiliki ketrampilan montir mobil motor, musik dan komputer. 2) Faktor pendukung berupa pekerja sosial yang mendampingi mempunyai SDM yang berkualitas, sedangkan tenaga pelatih yang profesional yang ahli dibidangnya, adanya keinginan dan motivasi untuk sembuh dari ketergantungan narkoba, faktor penghambat berasal dari segi pembiayaan, kurangnya partisipasi masyarakat untuk mensosialisasikan bahaya narkoba. Penelitian diatas dinilai relevan dengan penelitian ini, karena sama-sama mengkaji tentang pemberdayaan pemuda, tetapi penelitian ini lebih berfokus kepada peran dari karang taruna.
Baca lebih lanjut

195 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Karakter Kepedulian Sosial Pada Anggota Karang Taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun (Studi Kasus di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar).

PENDAHULUAN Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Dan Karakter Kepedulian Sosial Pada Anggota Karang Taruna Lismatu Bhakti Desa Karangbangun (Studi Kasus di Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar).

Keberadan karang taruna di desa mempunyai dampak positif bagi warga di sekitarnya dapat dilihat dari peran, tujuan, dan fungsinya tidak hanya berfokus hanya untuk mengembangkan organisasinya, karena keberadaanya berada di lingkungan masyarakat setidaknya organisasi karang taruna harus peran atau fungsi untuk mensejahterakan masyarakatnya dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang sudah dirancang. Banyaknya partisipasi pemuda di Desa Karangbangun dalam mengikuti organisasi tersebut tidak luput pula peran orang tua, orang tua mempunyai peran yang sangat mempengaruhi partisipasi anak-anaknya atau kesadaran diri dalam bersosialisasi pada tempatnya, dengan adanya kegiatan rutin yang dilakukan oleh karang taruna organisasi di desa tersebut dapat mengikuti perkembangan jaman tidak hanya aktif pada saat ada acara tertentu saja setiap bulan sekali diadakan evaluasi dan diharapkan bisa memunculkan kegiatan- kegiatan baru dan menjadikan warganya di titik sejahtera.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

S PKN 1001716 Chapter3

S PKN 1001716 Chapter3

Observasi dilakukan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang peran Karang Taruna dalam mengembangkan kesadaran moral pemuda yang meliputi materi kegiatan Karang Taruna seperti kegiatan keagamaan, peduli lingkungan, kegiatan pengadian pada masyarakat dan pelayanan sosial, dan kegiatan kesenian metode yang digunakan Karang Taruna, nilai-nilai moral yang dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan tersebut, kendala-kendala yang dihadapi oleh Karang Taruna, serta upaya-upaya yang dilakukan Karang Taruna untuk mengatasi kendala tersebut. Observasi ini dilakukan dengan pengamatan langsung secara intensif dengan tujuan untuk dapat melihat secara jelas keseluruhan bagaimana peran karang taruna tersebut.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

DISFUNGSIONAL PERAN KARANG TARUNA DALAM PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL DI KAMPUNG CIREUNDEU.

DISFUNGSIONAL PERAN KARANG TARUNA DALAM PELESTARIAN KEARIFAN LOKAL DI KAMPUNG CIREUNDEU.

c. Terdapat dua kelompok pemuda di Kampung Cireudeu, yaitu pemuda adat dan pemuda sipil RW 10. Pada pemuda sipil sentuhan budaya modern sangatlah berpengaruh besar pada pola kehidupannya. Banyak dampak modernisasi yang mampu mempengaruhi pemuda sipil untuk bergaya bebas dalam penampilan, bahkan hingga mencoba meminum meniman keras. Ketika pemuda memiliki pengaruh modern yang tinggi maka mereka akan acuh pada lingkungan di rumah mereka sendiri, mereka lebih menikmati dan nyaman akan kemodernan yang mereka rasakan dan jalani. Berbeda dengan pemuda adat yang memegang teguh akan nilai keadatan yang dimiliki oleh Cireundeu. Mengikuti tradisi bagi pemuda adat merupakan salah satu dari pengabdian. Pemuda adat sangat ingin mengembangkan desanya maupun individunya, begitu juga dengan pemuda sipil. Akan tetapi fungsi pengembangan pemuda yang dimiliki oleh karang taruna tidak dimaksimalkan oleh karang taruna RW 10. Tidak pahamnya akan landasan pergerakan karang taruna bagi pemuda merupakan salah satu kegagalan karang taruna RW 10 dalam menjalankan tugasnya.
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

S SOS 1100890 Abstract

S SOS 1100890 Abstract

Abstrak: Disfungsional Peran Karang Taruna Dalam Pelestarian Kearifan Lokal Di Kampung Cireundeu. Karang taruna RW 10 yang bertugas di Kampung Cireundeu Kelurahan Leuwi Gajah Kecamatan Cimahi Selatan, merupakan karang taruna yang tidak melakukan peranannya dengan semestinya. Pada harapannya sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna dalam Bab VII mengenai program kerja pasal 19, yang berbunyi: "Setiap Karang Taruna bertanggung jawab untuk menetapkan program kerja berdasarkan mekanisme, potensi, sumber, kemampuan dan kebutuhan Karang Taruna setempat". Pada kenyataannya Karang Taruna RW 10 tidak sama sekali menyentuh potensi kearifan lokal yang ada di Kampung Cireundeu, sehingga fungsi dari karang taruna tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja karang taruna hingga saat ini, dan peneliti hendak untuk memperbaiki karang taruna kepada jalur fungsi dan peranan yang diinginkan oleh warga. Warga Kampung Cireundeu hanya ingin merasakan bukti dari kinerja karang taruna yang menguntungkan bagi masyarakat Kampung Cireundeu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk dapat menjawab rumusan-rumusan penelitian yang diajukan, peneliti melakukan pengumpulan data dari informan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis sehingga membentuk suatu kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukan beberapa disfungsional peranan karang taruna seperti, penyelarasan program kerja dengan masyarakat adat tidak ada. Fungsi karang taruna sebagai penyambung komunikasi antar pemuda tidak terjadi sama sekali. Pada tubuh karang taruna itu sendiri tidak jelas, dikarenakan tidak memilikinya atribut organisasi yang seharusnya karang taruna miliki.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Respon Kelompok Pemuda Terhadap Program Pelayanan Sosial oleh Karang Taruna Giat Bersama di Desa Ajijulu Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo.

Respon Kelompok Pemuda Terhadap Program Pelayanan Sosial oleh Karang Taruna Giat Bersama di Desa Ajijulu Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo.

Generasi muda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa dan sumber daya insani bagi pembangunan nasional, diharapkan mampu memikul tugas dan tanggung jawab untuk kelestarian kehidupan bangsa dan negara. Maka generasi muda perlu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas- luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang baik secara jasmani, rohani maupun sosial, sehingga perlu adanya upaya, program dan kegiatan yang secara terus menerus melibatkan peran serta semua pihak baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, masyarakat dan terutama generasi muda itu sendiri. Arah kebijakan pembinaan generasi muda dalam pembangunan nasional menggariskan bahwa pembinaan perlu dilakukan dengan mengembangkan suasana kepemudaan yang sehat dan tanggap terhadap pembangunan masa depan, sehingga akan meningkatkan pemuda yang berdaya guna dan berhasil guna.
Baca lebih lanjut

141 Baca lebih lajut

S SOS 1100890 Chapter1

S SOS 1100890 Chapter1

Pemuda merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam memajukan suatu bangsa dan juga perubahan bangsa di era globalisasi saat ini. Generasi mudalah yang menentukan bagaimana suatu bangsa berkembang maju atau mundurnya suatu bangsa. Pemuda dapat mengaspirasikan idenya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengikuti organisasi kemasyarakatan khusus untuk pemuda yang biasa disebut dengan karang taruna. Adanya karang taruna dapat membuat kegiatan pemuda menjadi terarah dengan suatu hal yang positif dibandingkan dengan pemuda yang membentuk komunitas hanya untuk kesenangan sendiri seperti club motor, komunitas punk, dll. Peran karang taruna itu sendiri ialah untuk meredam jiwa pemuda yang dapat meledak-ledak dengan mengeluarkan hal yang negatif menjadi suatu hal yang positif dan berguna bagi kesejahteraan sosial.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna - Repository Universitas Ahmad Dahlan

Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna - Repository Universitas Ahmad Dahlan

Masyarakat terbentuk karena pada dasarnya manusia memiliki keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lainnya. Keinginan tersebut diupaya- kan dengan menggunakan pikiran (rasional), perasaan (feel) dan keinginan-keinginannya (willingnees) dalam memberikan reaksi terhadap lingkungannya. Selain itu, manusia mempunyai naluri untuk selalu berhubu- ngan sesamanya, hubungan yang berkesinambungan tersebut menghasilkan sebuah pola pergaulan yang dinamakan dengan pola interaksi sosial. Di dalam kehidupan masyarakat ada peran tokoh tertentu yang menjadi penggerak. Tokoh masyarakat adalah orang- orang yang memiliki pengaruh, dan ada yang bersifat formal dan informal. Tokoh masyarakat yang bersifat formal adalah orang-orang yang diangkat dan dipilih oleh lembaga negara dan bersifat struktural, seperti camat, lurah. Sedangkan tokoh masyarakat yang bersifat informal adalah orang-orang yang diakui oleh masyarakat karena di pandang pantas menjadi pemim- pin yang disegani dan berperan besar dalam memim- pin dan mengayomi masyarakat.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PERAN KARANG TARUNA SAGUH JAYA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI KAWASAN DESA WISATA BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA.

PERAN KARANG TARUNA SAGUH JAYA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI KAWASAN DESA WISATA BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA.

dalam suatu masyarakat umumnya memiliki organisasi kepemudaan yang biasa disebut dengan organisasi Karang Taruna. Organisasi Karang Taruna ini dibentuk dengan harapan melalui organisasi tersebut mampu menjadi wadah kreativitas bagi para pemuda. Organisasi ini seperti organisasi karang taruna yang lain, memiliki sederet program yang harus dilaksanakan. Maka terkadang program-program tersebut membuat para anggotanya jenuh dan merasa tertekan. Sehingga anggotanya memilih untuk mengundurkan diri, dan tidak mau lagi repot-repot mengurusi organisasi tersebut. Sebagian besar pemuda pemudi kurang aktif dan tidak tertarik, masih belum menyadari pentingnya peranan pemuda dalam mayarakat, ditambah aktivitas atau program yang monoton. Pemuda hanya sibuk dengan aktivitas keseharian masing-masing yakni belajar di kampus dan juga bekerja, sehingga sebagian besar para pemuda tidak terlalu peduli dengan aktivitas yang ada dalam masyarakatnya termasuk tidak memiliki keinginan untuk mengurus organisasi karang taruna di tempat tinggalnya karena dianggap tidak memiliki keuntungan untuk kehidupannya.
Baca lebih lanjut

184 Baca lebih lajut

203545273.doc 53.65KB 2015-10-12 00:17:35

203545273.doc 53.65KB 2015-10-12 00:17:35

Pada gagasan ini akan disampaikan bahwa pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba ini akan melibatkan peran serta dari para komunitas pemuda yang biasa kita sebut sebagai pemuda Karang Taruna. Sebagai sebuah kelompok maupun kamunitas, Karang Taruna memegang peran penting dalam proses sosial yang dialami oleh pemuda itu sendiri. Dengan memberdayakan pemuda Karang Taruna ini maka kontrol yang dilakukan akan lebih efektif karena langsung menyentuh pada pemuda dan lingkungan pergaulannya itu sendiri. Pencegahan ini dilaksanakan dengan cara yang dibungkus dengan sebuah ajang atau kompetisi sehingga menimbulkan antusias dari pemuda Karang Taruna itu sendiri.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

DAKWAH PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI KARANG TARUNA DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN.

DAKWAH PEMBERDAYAAN PEMUDA MELALUI KARANG TARUNA DI DESA BALUN KECAMATAN TURI KABUPATEN LAMONGAN.

Pembangunan di bidang kepemudaan merupakan mata rantai tak terpisahkan dari sasaran pembangunan manusia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya. Keberhasilan pembangunan pemuda sebagai sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keunggulan daya saing, merupakan salah satu kunci untuk membuka peluang untuk keberhasilan di berbagai sektor pembangunan lainnya. Oleh karena itu, pembangunan kepemudaan dianggap sebagai salah satu program yang tidak dapat diabaikan dalam menyiapkan kehidupan bangsa di masa depan.Dalam pendampingan ini, fasilitator mendalami tentang kesusksesan masa lalu yang pernah dicapai oleh masyarakat Balun. Pendampingan yang dilakukan kepada masyarakat Balun menggunakan Assed Based Community Development (ABCD). Pendampingan ini memanfaatkan potensi yang ada di Desa Balun. Salah satu asset yang dimiliki Desa balun adalah karang taruna yang merupakan asset institusi. Peran partisipatif pemuda dibutuhkan dalam proses pemberdayaan ini dalam pembentukan kesadaran kritis pemuuda, Adanya karang taruna serta kesuksesannya dimasa lalu merupakan asset yang harus dikembangkan dan dipertahankan. Untuk menimbulkan kesadaran kritis pemuda Balun, maka dimulai dengan Pengaktifan kembali karang taruna yang tidak berjalan sesuai dengan fungsinya selama 2 tahun, sebagai tempat atau wadah bagi pemuda Balun mengeluarkan gagasan-gagasan untuk membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi karang taruna . Melalui kelompok kelembagaan masyarakat dapat membentuk berbagai macam kegiatan maupun gerakan yang dapat meningkatkan perekonoomian masyarakat dan menimbulkan partisipasi pemuda. Pengelolahan bandeng presto merupakan upaya pemuda dalam memanfaatkan kekayaan ikan yang dimilki oleh Desa Balun, kegiatan tersebut bekerjasama dengan ibu-ibu PKK Desa Balun. Pemberdayaan ini juga menghasilkan pola pikir yang kritis terhadap pemuda dalam mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat.
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

PARTISIPASI PEMUDA DALAM PROGRAM KARANG TARUNA DESA (Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa)

PARTISIPASI PEMUDA DALAM PROGRAM KARANG TARUNA DESA (Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa)

Pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya. Kemajuan atau kehancuran bangsa dan negara banyak tergantung pada kaum mudanya sebagai agent of change (agen perubahan). Pada setiap perkembangan dan pergantian peradaban selalu ada darah muda yang memeloporinya. Namun, pemuda Indonesia dewasa ini telah banyak kehilangan jati dirinya, terutama dalam hal wawasan kebangsaan dan patriotisme (cinta tanah air) Indonesia. Oleh karenanya dibutuhkan adanya re-thinking (pemikiran kembali) dan re-inventing (penemuan kembali) dalam nation character building (pembangunan karakter bangsa) bagi pemuda yang berwawasan kebangsaan dan patriotisme untuk menemukan kembali jati diri bangsa (Moerdiyanto, 2011:2). Perjalanan suatu bangsa sejatinya tidak lepas dari keberadaan pemuda. Justru sejarah telah mencatat, dalam perkembangan peradaban dunia telah membuktikan peran pemuda sebagai pelaku lahirnya sebuah peradaban baru. Begitupun dalam perkembangan lahirnya bangsa Indonesia, baik diawali pada masa perjuangan kemerdekaan, hingga pasca kemerdekaan bangsa. Hal tersebut membuktikan bahwa pemuda mampu berperan aktif sebagai garda terdepan dalam proses
Baca lebih lanjut

112 Baca lebih lajut

290225627.doc 189.63KB 2015-10-12 00:17:40

290225627.doc 189.63KB 2015-10-12 00:17:40

Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi. Berdasarkan Pemensos RI No 77/HUK/2010 Organisasi Karang Taruna ini dibentuk dengan tujuan yang salah satunya adalah mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda. Sehingga melalui organisasi Karang Taruna, pemuda desa diharapkan dapat mengembangkan potensi diri para anggotanya.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

laporan ppm fakultas las dadan 2013

laporan ppm fakultas las dadan 2013

bersangkutan. Bahkan terkadang, pengaruh dari sikap ini lebih besar dalam mempengaruhi hasil pelatihan jika dibandingkan dengan kemampuan lainnya. Pada saat pemuda karang taruna diberikan pertanyaan tentang perasaan mereka terhadap aspek-aspek tertentu pada pelatihan, dalam lingkungan yang terpercaya dimana mereka dapat dihargai kejujurannya, pemuda karang taruna -pemuda karang taruna dapat menyatakan sikap mereka, ketertarikan, penghargaan serta tingkatan motivasinya. Suharsimi Arikunto(1991:117), menyatakan bahwa apabila kita bermaksud menilai aspek afektif yang berhubungan dengan pandangan pemuda karang taruna , maka pertanyaan yang disusun hendaknya ditujukan untuk menggali respon yang melibatkan ekspresi, perasaan, atau pendapat pribadi pemuda karang taruna yang bersangkutan.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

670028241.doc 61.58KB 2015-10-12 00:18:06

670028241.doc 61.58KB 2015-10-12 00:18:06

Nilai-nilai dari Pancasila yang merupakan falsafah negara dan juga sebagai pandangan hidup bangsa ini, kini sudah diabaikan bahkan tidak dikenal lagi oleh banyak masyarakat. Hal inilah yang merupakan salah satu hal yang membuat keadaan moralitas generasi di tanah air ini semakin rendah. Rasa nasionalisme semakin berkurang dikalangan muda mudi zaman sekarang. Rendahnya kadar semangat nasionalisme pada pemuda saat ini kami kaitkan pada kasus yang tengah marak di masyarakat, yaitu kasus korupsi. Hal ini selaras dengan misi yang diemban program Teater Nasionalisme Bertema Anti Korupsi (Ternas Beraksi) ini.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

laporan ppm fakultas 2013 pelatihan keterampilan las kaca untuk pengembangan media pembelajaran ipa

laporan ppm fakultas 2013 pelatihan keterampilan las kaca untuk pengembangan media pembelajaran ipa

Salah satu alternatif solusinya adalah melalui pemberdayaan generasi muda agar mampu berwirausaha melalui pelatihan keterampilan produksi komoditas yang dapat diterima pasar secara mudah. Sasaran antara yang strategis adalah kelompok Karang Taruna yang secara organisatoris telah terbentuk sampai ke tingkat dusun, dan minimal di tingkat Kelurahan. Salah satu keterampilan yang mampu menghasilkan produk yang masih terbuka luas pemasarannya adalah bidang kerajinan las kaca khususnya untuk membuat media pembelajaran IPA. Berdasarkan rasional ini maka tujuan umum PPM ini adalah menghasilkan wirausaha kerajinan kaca melalui pemberdayaan kelompok pemuda usia produktif melalui pelatihan keterampilan las kaca, khususnya dalam membuat alat peraga IPA. Tujuan khususnya adalah; (1) meningkatkan keterampilan kelompok pemuda produktif di karang taruna sebagai sasaran antara yang strategis dalam mendesain produk dan keterampilan las kaca untuk membuat alat peraga IPA melalui kegiatan workshop dan pendampingan, (2) melibatkan mahasiswa dalam peningkatan keterampilan pemuda karang taruna sebagai sasaran utama yang strategis dalam mengembangkan wirausaha kerajinan kaca, (3) membangun jaringan kerja dalam bentuk kelompok produksi usaha kecil dan membuka akses pemasaran melalui kemitraan antara perpemuda karang taruna an tinggi dan kelompok karang taruna, (4) mengembangkan pola pemberdayaan kolaboratif melalui pendampingan dalam transfer keterampilan, modal dan akses pemasaran yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan didasarkan pada kelayakan usaha, ketersediaan produk kerajinan las kaca, nilai ekonomi produk, ketersediaan SDM pengelola, teknologi, aspek financial dan dampak sosialnya.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Partisipasi Pemuda dalam Program Karang Taruna Desa Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang kecamatan Ambarawa.Jurnal NFECE Edisi 2 Siagian, Sondang P.. Administrasi Pemb[r]

3 Baca lebih lajut

Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Dalam Membangun Desa Wisata Melalui Pelatihan English For Guiding

Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Dalam Membangun Desa Wisata Melalui Pelatihan English For Guiding

Adapun prosedur pelaksanaan pelatihan ini adalah sebagai berikut. Pertama, pengabdi menggunakan metode ceramah dan tanya jawab untuk memberikan gambaran umum tentang apa yang akan dilakukan, serta vocabulary and pronunciation drilling kemudian diikuti oleh praktek guiding. Kegiatan ini dilakukan di balai pertemuan Desa Mulyorejo. Setelah masyarakat mulai lancar dalam mempraktekan materi guiding, pelatihan tidak lagi di lakukan di balai pertemuan, melainkan langsung dibawa ke destinasi wisata yang dianggap menonjol di Desa Mulyorejo seperti lokasi budidaya anggrek, budidaya jamur tiram dan juga lokasi akan dibangunnya Jembatan Naga. Di tempat-tempat tersebut, anggota karang taruna yang dilatih tidak lagi hanya membaca teks guiding yang diberikan pengabdi, tetapi juga praktek langsung di lapangan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects