semikonduktor tipe-p

Top PDF semikonduktor tipe-p:

ELEKTRONIKA DASAR SEMIKONDUKTOR TIPE N D

ELEKTRONIKA DASAR SEMIKONDUKTOR TIPE N D

Dalam mempelajari elektronika kita mengenal semikonduktor tipe P dan semikonduktor tipe N. Kedua jenis semikonduktor tersebut merupakan bahan dari pembuatan komponen semikonduktor seperti dioda dan transistor. semikonduktor tipe P dan tipe N tersebut dapat dibuat menggunakan bahan silikon dan germanium. Oleh karena itu perlu kita ketahui tentang teori atom untuk memahami asal dari semikonduktor tersebut.

5 Baca lebih lajut

Perancangan Inkubator Memanfaatkan Sisi Panas Dari Elemen Peltier Berbasis Mikrokontroller Atmega 8535

Perancangan Inkubator Memanfaatkan Sisi Panas Dari Elemen Peltier Berbasis Mikrokontroller Atmega 8535

energi yang lebih rendah (Semikonduktor tipe-p), untuk dapat mengalir ke semikonduktor tipe p, kelebihan energi pada tipe n dibuang ke lingkungan sisi tersebut menjadi panas. Cara kerja Peltier, dengan membuat panas disatu sisi, kemudian di sisi lain, panas akan terserap hingga terasa dingin. Beda suhu antara sisi panas dan dingin bisa mencapai 65 derajat Celcius. Jadi apabila kita bisa membuat sisi panas serendah mungkin, maka sisi dingin akan bisa sangat dingin bahkan berbuih es. Contoh sisi panas 80 o C (batas maksimal yang diperbolehkan), maka sisi dingin akan 15 o C.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

MODUL 3 TERMOELEKTRIK

MODUL 3 TERMOELEKTRIK

Setiap logam selain memiliki nilai koefisen sebek yang berbeda besarnya juga berbeda tandanya. Hal itu tergantung dari jenis semikonduktor penyusun logam tersebut. Pada saat koefisien seebek bernilai positif, medan listrik akan serah dengan perubahan suhunya (arus drift). Ketika semikonduktor tipe n, dengan mayoritasnya adalah elektron, ketika diberi suatu energi (kalor), elektron akan terseksitasi dengan arah nya yang searah dengan perubahan suhunya. Hal tersebut dikarenakan ketika terjadi suatu medan listrik makan akan menghasilkan suatu kecepatan drift, yang arahnya berlawanan dengan arah medannya. Untuk kasus semikonduktor tipe p, kecepatan drift yang terjadi searah dengan arah medan listriknya. Kecepatan drift ini yang selanjutnya akan menghasilkan nilai kerpatan
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

Bahan Semikonduktor #02

Bahan Semikonduktor #02

Karena hole dikatakan mempunyai muatan positip, bahan semikonduktr yang di-doping dengan atom akseptor disebut sebagai bahan jenis-p. Separti pada jenis-n, bahan itu tetap netral secara listrik, karena jumlah total elektron orbit dalam setiap atom sama dengan jumlah total proton di dalam nucleus atom. Hole dapat menerima sebuah elektron bebas, karena itu disebut doping dengan atom akseptor.

4 Baca lebih lajut

karakteristik dioda  pada rangkaian penyearah (1)

karakteristik dioda pada rangkaian penyearah (1)

Rangkaian penyearah tetap menghasilkan output selama berlangsungnya kedua siklus setengah gelombang, sehingga rangkaian ini efisien 100 %. Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh juga dapat dibuat menggunakan 2 buah diode saja, tetapi menggunakan transformator tipe center tap (CT). Trafo CT memiliki 2 buah fase dan sebuah terminal CT sebagai 0 atau netral. setiap fase memiliki sudut yang berbeda 180°. Perbedaan sudut fase inilah yang dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil penyearahan gelombang penuh. Apabila diperhatikan rangkaian penyearah gelombang penuh menggunakan trafo CT sebenarnya sama dengan 2 buah rangkaian penyarah setengah gelombang.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Transistor dan Integrated Circuit

Transistor dan Integrated Circuit

dengan Boron untuk membuat semikonduktor tipe-p. Karena Boron hanya memiliki 3 elektron di orbit paling luarnya, pembawa muatan yang baru, dinamakan "lubang" (hole, pembawa muatan positif), akan terbentuk di dalam tata letak kristal silikon.

19 Baca lebih lajut

teknik kimia semikonduktor

teknik kimia semikonduktor

Dengan memanjatkan Puji Syukur Kehadirat Allah Subhanallahuwataala, atas se- gala bimbingan, kuasa dan izin - Nya, penulis dapat memperoleh kekuatan dan kese- hatan sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “PROSES PEMBU- ATAN SEMIKONDUKTOR” Kami menyadari betul, tanpa bantuan berbagai pihak tugas ini tidak mungkin dapat diselesaikan , melalui kesempatan ini Kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak- pihak yang telah membantu da- lam proses penuyusunan tugas ini sehingga dapat mengahasilkan sebuah tugas yang seder- hana.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

semikonduktor led1

semikonduktor led1

Sumber cahaya dari bahan semi-konduktor (LED dan Laser Diode) merupakan sumber cahaya utama pada komunikasi optik. Akibat larangan Pauli maka elektron-elektron dari atom-atom kristal semikonduktor pada tingkat energi yang hampir sama akan membentuk tingkat-tingkat energi yang sangat berdekatan yang disebut dengan pita energi. Pita energi yang berhubungan dengan pemancaran cahaya adalah pita energi valensi dan pita energi konduksi, jika elektron dari pita valensi karena mendapatkan energi maka tereksitasi ke pita konduksi maka tempat kosong yang ditinggalkan oleh elektron tersebut disebut hole yang dipandang bermuatan positif. Elektron pada pita konduksi tersebut dapat turun kembali ke pita valensi mengisi hole, peristiwa ini disebut rekombinasi, pada peristiwa rekombinasi akan dipancarkan cahaya bersesuaian dengan selisih kedua pita energi tersebut.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Pengertian dan karakteristik dioda

Pengertian dan karakteristik dioda

Gambar IV-3 sambungan semi konduktor P-N diberi prasikap balik. Akibat prasikap balik ini maka hole di P ditarik oleh kutub- kutub bateray menjauhi sambungan, elektron bebas di N ditarik oleh kutub + bateray menjauhi sambungan, sehingga daerah muatan ruang dan potensial penghalang diperbesar. Ini mengakibatkan tidak akan terjadi arus listrik dari pembawa muatan mayoritas. Tetapi terdapat arus linstrik yang sangat kecil (dalam orde A) yang disebabkan oleh pembawa muatan minoritas. Seperti telah diuraikan, bahwa semi konduktor tipe P mempunyai muatan minoritas elektron bebas, sedangkan semi konduktor tipr N mempunyai muatan minoritas hole yang jumlahnya sangat sedikit, yang adanya akibat suhu. Muatan- muatan minoritas ini mendapat prasikap maju dari baterei sehingga mengalirkan arus yang disebut arus balik (Io) atau arus jenuh balik (Is). Arus ini tergantung pada suhu. Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa pada Ge Io akan menjadi lipat dua untuk setiap kenaikann suhu 10 o C dan pada SI, Io akan menjadi lipat dua setiap kenaikan suhu 6 o C.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Jurnal Ilmiah Perancangan dan pengembang

Jurnal Ilmiah Perancangan dan pengembang

Ketika kaki katoda disambungkan dengan kutub negatif batere dan anoda disambungkan dengan kutub positif, maka dikatakan bahwa dioda sedang dibias dengan tegangan maju. Dioda dengan bias tegangan maju Dalam bias maju, kutub negatif batere akan menolak elekton-elektron bebas yang ada dalam semikonduktor tipe N, ika energi listrik yang digunakan adalah melebihi tegangan barir, maka elektron yang tertolak tersebut akan melintasi daerah deplesi dan bergabung dengan hole yang ada pada tipe P, hal ini terjadi terus menerus selama rangkaian di gambar tersebut adalah tertutup
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

BAHAN AJAR PENGANTAR TEKNIK ELEKTRONIKA Program Studi Teknik Elektronika

BAHAN AJAR PENGANTAR TEKNIK ELEKTRONIKA Program Studi Teknik Elektronika

Dapat disimak bahwa pembawa muatan yang bermuatan sama akan saling tolak menolak, sehingga tanpa adanya gaya yang lain, pembawa-pembawa muatan ini akan terdistribusi secara merata di dalam materi semikonduktor. Namun di dalam sebuah transistor bipolar (atau diode junction) dimana sebuah semikonduktor tipe-p dan sebuah semikonduktor tipe-n dibuat dalam satu keping silikon, pembawa-pembawa muatan ini cenderung berpindah ke arah sambungan P-N tersebut (perbatasan antara semikonduktor tipe-p dan tipe-n), karena tertarik oleh muatan yang berlawanan dari seberangnya. Kenaikan dari jumlah pencemar (doping level) akan meningkatkan konduktivitas dari materi semikonduktor, asalkan tata-letak kristal silikon tetap dipertahankan. Dalam sebuah transistor bipolar, daerah terminal emiter memiliki jumlah doping yang lebih besar dibandingkan dengan terminal basis. Rasio perbandingan antara doping emiter dan basis adalah satu dari banyak faktor yang menentukan sifat penguatan arus (current gain) dari transistor tersebut.
Baca lebih lanjut

83 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM III elektronika. docx

LAPORAN PRAKTIKUM III elektronika. docx

LED,Dioda cahaya atau lebih dikenal dengan sebutan LED (light-emitting diode) adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat.

34 Baca lebih lajut

EFEK IMPLANTASI ION BORON TERHADAP SIFAT LISTRIK SEMIKONDUKTOR Si TIPE N

EFEK IMPLANTASI ION BORON TERHADAP SIFAT LISTRIK SEMIKONDUKTOR Si TIPE N

EFEK IMPLANTASI ION BORON TERHADAP SIFAT LISTRIK SEMIKONDUKTOR Si TIPE N. Telah dilakukan penelitian tentang efek implantasi ion boron terhadap sifat kelistrikan semikonduktor silikon tipe N. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki sifat kelistrikan semikonduktor silikon yang meliputi resistivitas keping, kapasitansi dan tegangan dadal, dengan cara menyisipkan ion-ion boron menggunakan teknik implantasi ion pada energi 40 keV, 80 keV dan 100 keV, dan variasi dosis dari 1,49 × 10 15 ion/cm 2 – 17,89 × 10 15 ion/cm 2 . Untuk mengurangi kerusakan radiasi dan menempatkan ion-ion boron pada letak kisi aktif secara listrik maka semionduktor silikon yang diimplantasi dengan ion boron dianil pada suhu 900 0 C selama 30
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PANEL tenaga SURYA dan APLIKASINYA

PANEL tenaga SURYA dan APLIKASINYA

7. Adanya medan listrik mengakibatkan sambungan pn berada pada titik setimbang, yakni saat di mana jumlah hole yang berpindah dari semikonduktor p ke n dikompensasi dengan jumlah hole yang tertarik kembali kearah semikonduktor p akibat medan listrik E. Begitu pula dengan jumlah elektron yang berpindah dari smikonduktor n ke p, dikompensasi dengan mengalirnya kembali elektron ke semikonduktor n akibat tarikan medan listrik E. Dengan kata lain, medan listrik E mencegah seluruh elektron dan hole berpindah dari semikonduktor yang satu ke semiikonduktor yang lain.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Pengembangan Semikonduktor Tipe-P untuk Modul Termoelektrik Berbasis Material ZnO Halaman Awal

Pengembangan Semikonduktor Tipe-P untuk Modul Termoelektrik Berbasis Material ZnO Halaman Awal

Agus Kurniawan, NIM: S951108001, 2014. THE DEVELOPMENT P-TIPE SEMICONDUCTOR FOR THERMOELECTRIC MODULE WITH ZnO MATERIAL AS THE BASIC. Supervisor I: Dr. techn. Suyitno, S.T., M.T. Supervisor II: Dr.Eng. Risa Suryana S.Si,M.Si. Thesis. Master on Mechanical Engineering. Graduate School. Sebelas Maret University, Surakarta.

14 Baca lebih lajut

Bahan listrik

Bahan listrik

Semikonduktor adalah bahan yang daya hantar listriknya antara konduktor dan isolator. Sebuah semikonduktor bersifat sebagai isolator pada temperatur yang sangat rendah, namun pada temperatur ruangan besifat sebagai konduktor. Semikonduktor juga merupakan bahan dasar merupakan bahan dasar pembuatan komponen aktif elektronika seperti dioda, transistor, dan IC . Semikonduktor sangat berguna dalam bidang elektronik, karena konduktansinya yang dapat diubah-ubah dengan menyuntikkan materi lain (biasa disebut pendonor elektron). Pada umumnya Pada umumnya, bahan semikonduktor peka terhadap suhu, karena itu suhu kerja alat sangat perlu diperhatikan
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

PENGEMBANGAN SEMIKONDUKTOR TIPE-P UNTUK MODUL TERMOELEKTRIK BERBASIS MATERIAL ZnO.

PENGEMBANGAN SEMIKONDUKTOR TIPE-P UNTUK MODUL TERMOELEKTRIK BERBASIS MATERIAL ZnO.

1. Tesis yang berjudul: " PENGEMBANGAN SEMIKONDUKTOR TIPE-P UNTUK MODUL TERMOELEKTRIK BERBASIS MATERIAL ZnO "ini adalah karya penelitian saya sendiri dan bebas plagiat, serta tidak terdapat karya ilmiah yang pernah diajukan oleh orang lain untuk memperoleh gelar akademik serta tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain kecuali secara tertulis digunakan sebagai acuan dalam naskah ini dan disebutkan dalam sumber acuan serta daftar pustaka. Apabila dikemudian hari terbukti terdapat plagiat dalam karya ilmiah ini, maka saya bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan (Permendiknas No 17, tahun 2010).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

ASPEK EKONOMI DAN PERAWATAN PADA SOLAR HOME SYSTEM 50 Wp

ASPEK EKONOMI DAN PERAWATAN PADA SOLAR HOME SYSTEM 50 Wp

Cahaya matahari yang terdiri dari photon-photon, jika menimpa permukaaan bahan panel surya (absorber), akan diserap, dipantulkan atau dilewatkan begitu saja (lihat Gambar 2.10), dan hanya photon dengan level energi tertentu yang akan membebaskan elektron dari ikatan atomnya, sehingga mengalirlah arus listrik. Level energi tersebut disebut energi band- gap yang didefinisikan sebagai sejumlah energi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan elektron dari ikatan kovalennya sehingga terjadilah aliran arus listrik. Untuk membebaskan elektron dari ikatan kovalennya, energi photon harus sedikit lebih besar atau diatas daripada energi band-gap. Jika energi photon terlalu besar dari pada energi band-gap, maka ekstra energi tersebut akan dirubah dalam bentuk panas pada panel surya. Karenanya sangatlah penting pada panel surya untuk mengatur bahan yang dipergunakan, yaitu dengan memodifikasi struktur molekul dari semikonduktor yang dipergunakan.
Baca lebih lanjut

51 Baca lebih lajut

Penentuan Koefisien Difusi Bahan Semikonduktor Lithium Tantalat (LiTaO3) di atas Substrat Silikon (100) Tipe-p pada Variasi Suhu

Penentuan Koefisien Difusi Bahan Semikonduktor Lithium Tantalat (LiTaO3) di atas Substrat Silikon (100) Tipe-p pada Variasi Suhu

Silikon adalah suatu unsur kimia yang memiliki lambang Si dan nomor atom 14. Si merupakan unsur terbanyak kedua di bumi dan unsur dari golongan IV A dalam sistem periodik unsur-unsur. Sebagian besar unsur bebas Si tidak ditemukan di alam. Oleh karena itu Si dihasilkan dengan mereduksi kuarsa dan pasir dengan karbon yang berkualitas tinggi. Silikon untuk penggunaan semikonduktor dimurnikan lebih lanjut dengan metode pelelehan berzona kristal czochralski. Kristal Si ini memiliki kilap logam dan mengkristal dengan struktur intan (Saito et al 1996).

79 Baca lebih lajut

Bahan Semikonduktor

Bahan Semikonduktor

Semikonduktor instrinsik (murni) adalah semi konduktor yang tidak ataupun belum terkotori oleh atom-atom asing. Pada 0 o K pita valensi penuh, pita konduksi kosong sehingga bersifat sebagai isolator. Pada suhu yang lebih tinggi misal pada suhu kamar ada lektron pada pita valensi yang energinya melebihi energi gap sehingga dapat meloncat dari pita valensi ke pita konduksi menjadi elektron bebas dengan meninggalkan kekosongan pada pita valensi. Kekosongan ini disebut hole (lubang) dan dianggap bermuatan positif sebesar muatan elektron. Dengan demikian jika digambarkan pita energinya adalah seperti gambar III-1.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...