Universitas Swasta

Top PDF Universitas Swasta:

PENGARUH PERCEIVED SERVICE QUALITY TERHADAP UNIBRAND PERFORMANCE MELALUI SATISFACTION PADA UNIVERSITAS SWASTA

PENGARUH PERCEIVED SERVICE QUALITY TERHADAP UNIBRAND PERFORMANCE MELALUI SATISFACTION PADA UNIVERSITAS SWASTA

Paradigma  baru  telah  mengantarkan Universitas  Swasta  pada  orientasi  persaingan bukan hanya  pada level  nasional, namun  telah bergeser  pada  persaingan  antar  Universitas Swasta secara global. Saat ini banyak Universitas Swasta  asing  yang  masuk  ke  Indonesia  bukan hanya  melakukan studi  banding atau  menjalin kerjasama,  namun  melakukan  promosi  besar- besaran  (Hamid,  2014).  Ditengah-tengah persaingan  antar  Universitas,  terutama  antar Universitas  Swasta  yang  semakin  meningkat tersebut, Universitas Swasta seharusnya menjadi organisasi yang berorientasi pada pasar (market- oriented)  agar  dapat  menghasilkan  nilai  atau mutu yang lebih baik bagi konsumen (Liu et al., 2006).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Determinasi Knowledge Management Success Factors pada Universitas Swasta di Palembang Studi Kasus: Universitas Indo Global Mandiri

Determinasi Knowledge Management Success Factors pada Universitas Swasta di Palembang Studi Kasus: Universitas Indo Global Mandiri

Dari hasil analisis faktor melalui metode Principal Component Analysis (PCA), tujuh faktor harus diperhitungkan sebelum manajemen pengetahuan diterapkan di Universitas Indo Global Mandiri untuk mencapai keberhasilan penerapan KM. faktor-faktor ini meliputi: budaya organisasi, struktur organisasi, infrastruktur TI, pengetahuan umum, lingkungan fisik, proses internalisasi, proses eksternalisasi. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan, salah satunya adalah sampel yang belum beragam. Dalam penelitian lebih lanjut, implementasi faktor perlu dilakukan lebih lanjut untuk melihat pengaruh penerapan KM terhadap kinerja universitas swasta, kesiapan universitas juga perlu diuji terlebih dahulu dengan sampel yang lebih banyak dan beragam sehingga dapat menghasilkan suatu kesimulan yang lebih representatif.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT  PADA FAKULTAS EKONOMI DI TIGA UNIVERSITAS SWASTA  PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA FAKULTAS EKONOMI DI TIGA UNIVERSITAS SWASTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA FAKULTAS EKONOMI DI TIGA UNIVERSITAS SWASTA PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA FAKULTAS EKONOMI DI TIGA UNIVERSITAS SWASTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Universitas swasta merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Dalam UU RI No 12 tentang Pendidikan Tinggi, disebutkan bahwa universitas swasta adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi, kemudian disebutkan juga tentang Tridharma Universitas swasta yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Universitas swasta untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu Universitas swasta merupakan salah satu organisasi yang harus memperhatikan kualitas dalam pelayanannya, karena memiliki tanggung jawab yang besar tidak hanya untuk menarik minat konsumen yang mana dalam kasus ini adalah mahasiswa tetapi juga untuk pengabdian kepada Negara dan masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari Universitas swasta, perlu dilakukan perbaikan secara terus menerus. Dan TQM merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan bagi Universitas swasta untuk memperbaiki kinerja pelayanannya. Pendekatan TQM pada Universitas swasta ini akan dapat memperbaiki system organisasi secara terus menerus sehingga mampu menghadapi perubahan lingkungan global yang terjadi, dan memberikan kualitas yang semakin baik dalam pelayanannya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma).

KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma).

Mengacu kepada hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka didapatkan data bahwa secara umum, Humas di empat universitas memiliki pemahaman yang hampir sama terkait dengan konsep public relations meskipun disampaikan dengan kalimat yang berbeda-beda. Perbedaan pemahaman konsep public relations yang cukup terlihat hanya pada peran public relations dimana Humas di universitas negeri memahami peran public relations untuk mewujudkan fungsi public relations, sementara Humas universitas swasta memahami peran public relations lebih kepada fasilitator komunikasi. Dari hasil analisis dijelaskan bahwa kesamaan pemahaman ini disebabkan perkembangan jaman dan teknologi yang menjadikan kebutuhan universitas negeri maupun swasta menjadi sama.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

PENDAHULUAN PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

Berdasarkan landasan pemikiran di atas, penulis tertarik untuk meneliti “Penerapan Anggaran Partisipatif pada Perguruan Ti nggi Swasta (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta) ” . Pemilihan perguruan tinggi swasta sebagai obyek penelitian karena memiliki kewenangan sendiri untuk menentukan sistem penganggaran berbeda dengan perguruan tinggi negeri yang sudah ditetapkan dalam APBN.

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA FAKULTAS EKONOMI DI TIGA UNIVERSITAS SWASTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA FAKULTAS EKONOMI DI TIGA UNIVERSITAS SWASTA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Universitas swasta merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Dalam UU RI No 12 tentang Pendidikan Tinggi, disebutkan bahwa Universitas swasta adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi, kemudian disebutkan juga tentang Tridharma Universitas swasta yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Universitas swasta untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu Universitas swasta merupakan salah satu organisasi yang harus memperhatikan kualitas dalam pelayanannya, karena memiliki tanggung jawab yang besar tidak hanya untuk menarik minat konsumen yang mana dalam kasus ini adalah mahasiswa tetapi juga untuk pengabdian kepada negara dan masyarakat.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

KESIMPULAN DAN SARAN  PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

KESIMPULAN DAN SARAN PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

dengan membagikan kuesioner kepada pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pimpinan program studi, dan kepala kantor pada masing-masing universitas sebagai responden. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif dengan metode rata-rata, kesimpulan dari penelitian ini adalah ketiga universitas swasta yang menjadi obyek penelitian sudah menerapkan pendekatan anggaran partisipatif dalam proses penyusunan anggarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari ketiga universitas menunjukkan angka 5,49, rata-rata dari Universitas I sebesar 5,521, Universitas II sebesar 5,457, dan Universitas III sebesar 5,491. Dengan demikian penerapan anggaran partisipatif pada Universitas I merupakan penerapan yang paling baik diantara tiga universitas yang menjadi obyek penelitian. Begitu pula rata-rata setiap indikator yang menunjukkan angka 5,402 sampai dengan
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma).

PENDAHULUAN KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma).

Organisasi memiliki filosofi dasar yang memuat keyakinan, norma-norma, dan nilai-nilai bersama yang menjadi karakteristik inti tentang bagaimana cara melakukan sesuatu dalam organisasi. Keyakinan, norma-norma, dan nilai-nilai tersebut menjadi pegangan semua sumber daya manusia dalam organisasi dalam melaksanakan tugasnya. Definisi organisasi menurut Rogers menjadi dasar untuk melakukan penelitian terkait dengan konsep public relations di universitas negeri dan universitas swasta. Oleh sebab itu, dengan adanya penelitian ini, maka akan diketahui apakah ada pengaruh perbedaan nilai yang dianut sebuah organisasi terhadap kinerja praktisi public relations di universitas negeri dan universitas swasta. Ketika nilai yang dijunjung masing- masing universitas berbeda, maka visi dan misi dari universitas negeri dan universitas swasta juga sudah pasti berbeda. Mengingat universitas negeri pada umumnya mengemban tugas peningkatan mutu pendidikan dari pemerintah sementara universitas swasta, selain mengemban tugas peningkatan mutu pendidikan, mereka juga berorientasi kepada profit karena mereka menawarkan jasa pendidikan kepada masyarakat dan masyarakat harus membayar untuk mendapatkan jasa pendidikan tersebut.
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan anggaran partisipatif pada perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, dan Universitas Janabadra dengan membagikan kuesioner kepada pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pimpinan program studi, dan kepala kantor pada masing-masing universitas sebagai responden. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif dengan metode rata-rata, kesimpulan dari penelitian ini adalah ketiga universitas swasta yang menjadi obyek penelitian sudah menerapkan pendekatan anggaran partisipatif dalam proses penyusunan anggarannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari ketiga universitas menunjukkan angka 5,49, rata- rata dari Universitas I sebesar 5,521, Universitas II sebesar 5,457, dan Universitas III sebesar 5,491. Dengan demikian penerapan anggaran partisipatif pada Universitas I merupakan penerapan yang paling baik diantara tiga universitas yang menjadi obyek penelitian. Begitu pula rata-rata setiap indikator yang menunjukkan angka 5,402 sampai dengan 5,675 yang menunjukkan bahwa ketiga universitas sudah menerapkan anggaran partisipatif melalui indikator- indikatornya.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DANUNIVERSITAS SWASTA KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universit

KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DANUNIVERSITAS SWASTA KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universit

Mengacu kepada hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka didapatkan data bahwa secara umum, Humas di empat universitas memiliki pemahaman yang hampir sama terkait dengan konsep public relations meskipun disampaikan dengan kalimat yang berbeda-beda. Public relations dipahami sebagai pihak yang memiliki tugas untuk menjaga dan mempertahankan citra organisasi yang baik. Perbedaan pemahaman konsep public relations yang cukup terlihat hanya pada peran public relations dimana Humas di universitas negeri memahami peran public relations untuk mewujudkan fungsi public relations, sementara Humas universitas swasta memahami peran public relations lebih kepada fasilitator komunikasi. Dari hasil analisis dijelaskan bahwa kesamaan pemahaman ini disebabkan perkembangan jaman dan teknologi yang menjadikan kebutuhan universitas negeri maupun swasta menjadi sama.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KOMPETENSI LITERASI INFORMASI PUSTAKAWAN UNIVERSITAS SWASTA DI LINGKUNGAN KOPERTIS WILAYAH III

KOMPETENSI LITERASI INFORMASI PUSTAKAWAN UNIVERSITAS SWASTA DI LINGKUNGAN KOPERTIS WILAYAH III

Dari hasil kajian diperoleh bahwa kompetensi literasi informasi 26 pustakawan responden yang berasal dari 26 universitas swasta dalam a spek pengetahuan menunjukkan tingkat baik dengan nilai mutu 2 . 71 dari rentang 1- 4 pada semua indikator literasi informasi . Sebaliknya kompetensi dalam aspek keterampilan menunjukkan nilai sangat rendah yaitu di rentang 32.48. Dengan demikian kajian ini menunjukkan bahwa ter ja di diskrepansi di ranah keterampilan, dan bukan di ranah pemahaman. Padahal 77% responden berlatar belakang pendidikan minimal Sarjana Ilmu Perpustakaan. Untuk itu sesuai hasil FGD , pustakawan mendukung adanya semacam workshop, pelatihan atau pendidikan yang cukup serius berfokus pada semua keterampilan l iterasi informasi yang konkret dan aplikatif sehingga dapat digunakan di dalam operasional layanan perpustakaan. Selain itu juga diperlukan pelatihan pengembangan program pelatihan literasi informasi bagi pelatih (ToT) serta adanya perbaikan kurikulum pembelajaran ilmu perpustakaan terutama mata kuliah literasi informasi untuk mempersiapkan lulusan pustakawan yang siap bekerja di abad 21 ini.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA UNIVERSITAS SWASTA KOTA BANDUNG YANG MENGGUNAKAN SIA).

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA UNIVERSITAS SWASTA KOTA BANDUNG YANG MENGGUNAKAN SIA).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi pemakai terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada karyawan bagian keuangan dan akuntansi di Universitas Swasta Kota Bandung yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif, populasi pada penelitian ini adalah seluruh Universitas Swasta kota Bandung yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi, sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan unit analitis karyawan bagian akuntansi dan keuangan yang menggunakan sistem informasi akuntansi dalam mendukung aktivitas kerjanya.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

PENUTUP KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma).

PENUTUP KONSEP PUBLIC RELATIONS DI UNIVERSITAS NEGERI DAN UNIVERSITAS SWASTA (Studi Kasus Di Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Sanata Dharma).

Saya sebagai kepala Humas melihat keunggulan Universitas Sanata Dharma adalah dari segi fasilitas dan tenaga pengajar dimana kita memiliki 100 orang doktor. Sebenarnya sih saya kira USD tidak begitu berbeda dengan universitas lainnya. Kemudian yang menjadi keunggulan lain adalah utamanya yang ingin kami bangun adalah pembentukan karakter mahasiswa. Jadi semboyan cerdas dan humanis adalah hal yang ingin diwujudkan. Kita punya hidden kurikulum. Hidden kurikulum ini bertujuan untuk menghasilkan output yaitu mahasiswa unggul sesuai dengan tujuan dan harapan. Lulusan USD juga berbeda dari lulusan universitas lain. Perbedaannya terletak pada pluralisme yang lebih kuat di USD, artinya mahasiswa sangat ditekankan mengenai pentingnya nilai-nilai sosial. Manusia dapat berkembang jika dia dapat bersosialisasi dalam sebuah komunitas tanpa membeda-bedakan latar belakang sosial budaya dan lain lain
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

Contoh Soal Tes Masuk Universitas Swasta

Contoh Soal Tes Masuk Universitas Swasta

Sebagian besar yang lulus ujian masuk Fakultas Kedokteran UI berasal dari jurusan IPA.. Dia diterima di UI.[r]

31 Baca lebih lajut

PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF  PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata jawaban responden Universitas I sebesar 5,521, Universitas II sebesar 5,457, Universitas III sebesar 5,491 untuk item pertanyaan dengan skala 1-7.Nilai rata-rata jawaban seluruh responden sebesar 5,49. Nilai rata-rata jawaban pada setiap indikator berada pada rentang 5,402-5,675. Maka dapat disimpulkan bahwa ketiga universitas sudah menerapkan anggaran partisipatif.

11 Baca lebih lajut

DASAR TEORI  PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

DASAR TEORI PENERAPAN ANGGARAN PARTISIPATIF PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA (Studi Pada Tiga Universitas Swasta Di Daerah Istimewa Yogyakarta).

Munandar 2000, mendefinisikan anggaran sebagai suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang dinyatakan dalam unit kesatuan moneter dan ber[r]

14 Baca lebih lajut

ANALISIS PERSPEKTIF MAHASISWA PAI FIAI UII TERHADAP BAHASA INGGRIS DAN PENGARUHNYA PADA TINGKAT KELULUSAN TES CEPT UII

ANALISIS PERSPEKTIF MAHASISWA PAI FIAI UII TERHADAP BAHASA INGGRIS DAN PENGARUHNYA PADA TINGKAT KELULUSAN TES CEPT UII

Melihat realita yang terjadi di lapangan, Universitas Islam Indonesia UII Yogyakarta sebagai salah satu Universitas Islam di Indonesia yang merupakan universitas swasta tertua di Indon[r]

199 Baca lebih lajut

S PEA 1002839 Chapter1

S PEA 1002839 Chapter1

Dari 11 universitas swasta di Bandung yang memberikan ijin untuk dilakukan penelitian dan sudah menerapkan sistem informasi akuntansi dalam setiap aktivitas kerjanya berjumlah empat yaitu dari Universitas Kristen Maranatha (UKM), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Universitas Widyatama (UTAMA) dan Universitas Nurtanio Bandung (UNNUR).

11 Baca lebih lajut

S PEA 1002839 Abstract

S PEA 1002839 Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial dan kondisi yang memfasilitasi pemakai terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada karyawan bagian keuangan dan akuntansi di Universitas Swasta Kota Bandung yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif, populasi pada penelitian ini adalah seluruh Universitas Swasta kota Bandung yang telah menggunakan sistem informasi akuntansi, sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan unit analitis karyawan bagian akuntansi dan keuangan yang menggunakan sistem informasi akuntansi dalam mendukung aktivitas kerjanya.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

S PEA 1002839 Table Of Content

S PEA 1002839 Table Of Content

4.2.1 Pembahasan Ekspektasi Kinerja Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Universitas Swasta di Kota Bandung . 76 4.2.2 Pembahasan Ekspektasi Usaha Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Universitas Swasta di Kota Bandung.. 77 4.2.3 Pembahasan Faktor Sosial Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada Universitas Swasta di Kota Bandung ................ 77 4.2.4 Pembahasan Ekspektasi Kondisi yang Memfasilitasi Terhadap

4 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...