Top PDF Bab II - BAB 2 Permainan Bola Kecil

Bab II - BAB 2 Permainan Bola Kecil

Bab II - BAB 2 Permainan Bola Kecil

Sejarah tenis meja sendiri berawal di Inggris. Situs pongworld menyebutkan bahwa pingpong dimulai sebagai hobi sosial di Inggris yang mencuat akhir 1800- an. Meja makan dan bola yang terbuat dari gabus menjadi perangkat pertama yang digunakan. Boleh jadi mereka menyebut permainan itu sebagai gossima. Ketika abad berganti, permainan itu pun mengalami sejumlah perubahan di Inggris. Belakangan, ada yang memperkenalkan bola seluloid pada permainan itu, sedangkan yang lain menambahkan karet pada bet yang terbuat dari kayu. Sayang, permainan ini mulai kehilangan popularitas. Tapi secara bersamaan muncul satu gerakan simultan yang dimulai dari sejumlah kawasan di dunia berupaya menghidupkan kembali
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

Bab II - Bab 2 Permainan Bola Kecil

Bab II - Bab 2 Permainan Bola Kecil

Permainan sofball lahir di Amerika Serikat, ditemukan di Gedung Olahraga Farragut Boat Club Chicago, Illinois pada 16 September 1887 secara tidak sengaja oleh George Hancock. Awalnya, terdapat beberapa alumni Universitas Yale dan Harvard sedang mendengarkan hasil akhir pertandingan sepak bola Amerika antara Yale dan Harvard di Klub Farragut Boat. Setelah skor akhir diumumkan, yaitu kemenangan Yale, seorang alumnus Yale dengan antusias melempar sebuah sarung tinju ke pendukung Harvard. Seseorang dengan reflek mengambil sebuah tongkat dan memukul ke arah sarung tinju itu. Hal itu memberikan sebuah ide seorang reporter Chicago Board of Trade, George Hancock. Dia menyarankan untuk membuat sebuah permainan di dalam ruangan dengan bola yang dibuat dari sarung tinju yang dilempar tadi.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

Bab 10 Permainan dan Olahraga Bola Besar bagian 2

Bab 10 Permainan dan Olahraga Bola Besar bagian 2

Pemain dilarang berada lebih dari tiga detik dalam daerah bersyarat lawannya, yaitu daerah di antara garis akhir dan tepi yang terjauh dari garis tembakan bebas pada waktu bola berada dalam teman seregunya. Ini berlaku untuk seluruh keadaan luar lapangan, dan hitungan tiga detik dimulai pada waktu pemain yang memainkan bola berada di luar lapangan dan menguasainya.

14 Baca lebih lajut

Bab 1 Permainan Sepak Bola

Bab 1 Permainan Sepak Bola

Jika dilihat dari bentuknya, terdapat beberapa formasi yang biasa digunakan oleh para pelatih untuk diterapkan dalam timnya. Misalnya, formasi 4–4–2, 3–5–2, dan 5–4–1. Namun, sejalan dengan perkembangan sepak bola modern, formasi ini mengalami perubahan karena mengikuti keinginan dan kebutuhan taktik atau strategi dari pelatih.

12 Baca lebih lajut

PJOK Kelas 8. Bab 2. Permainan dan Olah Raga Bola Kecil

PJOK Kelas 8. Bab 2. Permainan dan Olah Raga Bola Kecil

Softball merupakan permainan gerak cepat yang menyenangkan. Apabila kita amati, permainan softball ini memiliki kemiripan dengan permainan baseball atau sebaliknya sehingga dapat dikatakan kedua permainan ini adalah saudara kembar. Di Indonesia, olahraga ini memiliki kemiripan dengan permainan bola kasti. Seorang pemain dapat bermain dengan terampil apabila telah menguasai teknik-teknik dasarnya. Adapun keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain softball adalah melambungkan bola, menangkap bola, lari menuju base dan meluncur dengan baik. Selain itu, pemain juga harus memahami betul akan kedudukannya dalam masing-masing posisi. Berikut ini siswa akan mempelajari beberapa teknik dasar dalam permainan softball. Dengan demikian siswa dapat mempraktikkan teknik dasar, mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan koordinasi yang baik dengan percaya diri, keberanian, mampu bekerja sama, toleransi, menghargai lawan, serta bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Bab 11 Permainan dan Olahraga Bola Kecil Bagian 2

Bab 11 Permainan dan Olahraga Bola Kecil Bagian 2

2) Pada permainan ganda, server harus melakukan servis dengan benar terlebih dahulu. Kemudian receiver harus melakukan pengembalian dengan benar pula. Setelah itu pasangannya masing-masing juga melakukan pengem- balian bola yang benar dan akhirnya secara bergantian setiap pemain melakukan pengembalian dengan benar.

10 Baca lebih lajut

RPP BAB 2 PENJASORKES   melihat.net   Permainan Bola Kecil

RPP BAB 2 PENJASORKES melihat.net Permainan Bola Kecil

Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan sejarah dan manfaat tenis meja serta perlengkapan dan lapangan tenis meja.. Peserta[r]

13 Baca lebih lajut

Bab 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Bab 1 Permainan dan Olahraga Bola Besar

Sepak bola telah dikenal ribuan tahun yang lalu. Bukti ilmiah memperlihatkan, di Cina sejak dinasti Han ada semacam sepak bola yang disebut “TSU CHU “ untuk melatih fisik tentaranya. Tsu Chu adalah latihan menendang bola kulit dan memasukkannya ke dalam jaring kecil yang diikatkan di bambu panjang. Pemain hanya boleh menggunakan kaki, dada, punggung, serta bahu sambil menahan serangan lawan. Namun, orang Inggris- lah yang memulai perkembangannya dengan sempurna sehingga menjadi permainan sepak bola seperti sekarang ini.

14 Baca lebih lajut

Bab 8 Permainan Bola Kecil Lanjutan

Bab 8 Permainan Bola Kecil Lanjutan

Sikap kuda-kuda kaki kanan di belakang. Badan condong ke belakang tekuklah kaki lebih dalam dan julurkan tangan kanan memegang bola lurus dan tegak lurus dengan badan. Ayunkan lengan tangan kanan, hingga pelepasan bola membentuk sudut 45 derajat dengan garis horisontal. Kegunaan lemparan ini menghasilkan arah bola jarak jauh.

12 Baca lebih lajut

PJOK Kelas 8. Bab 1. Permainan dan Olah Raga Bola Besar

PJOK Kelas 8. Bab 1. Permainan dan Olah Raga Bola Besar

Dewasa ini, bola basket menjadi olahraga yang berkembang paling pesat di dunia. Bola basket adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas lima orang pemain. Permainan ini bertujuan untuk mendapatkan nilai atau skor dengan memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya dan mencegah lawan untuk mendapat nilai. Lama permainan bola basket adalah 2 x 20 menit dengan lama istirahat antarbabak adalah 10 menit. Beberapa teknik dasar dalam permainan bola basket harus dikuasai agar seseorang dapat bermain bola basket dengan baik dan benar. Berikut ini akan dibahas beberapa teknik dasar dalam permainan bola basket yang harus dikuasai siswa. Dengan demikian siswa dapat mempraktikkan teknik dasar, mempraktik- kan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket dengan koordinasi yang baik serta nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, serta bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola - Bab 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola - Bab 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

Permainan bola voli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bola voli Seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan bola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan.

66 Baca lebih lajut

Bab 2 Permainan Bola Voli

Bab 2 Permainan Bola Voli

Pertahanan bersama merupakan pertahanan yang benar-benar menuntut kebersamaan. Pertahanan bersama dilakukan terutama untuk mengantisipasi smes lawan dari arah tengah atas net. Dalam hal ini, pertahanan dilakukan oleh dua atau tiga pemain untuk membendung bola smes dengan membentuk tembok yang kokoh sehingga smes lawan dapat terbendung. Selain melalui pertahanan blocking smash, pertahanan lain yang harus diperhatikan adalah pertahanan untuk mengantisipasi serangan gerak tipu lawan dalam penempatan bola. Hal tersebut membutuhkan kejelian semua pemain untuk mengantisipasinya, terutama bagi para pemain yang tidak melakukan block.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Bab II - Bab 2 Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Kecil

Bab II - Bab 2 Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Kecil

Bulutangkis adalah suatu aktivitas permainan yang menggunakan sebuah raket dan shuttlecock yang dipukul melewati sebuah net. Permainan ini berlaku untuk putra dan putri dengan bentuk tunggal (single), ganda (double), dan ganda campuran (mixed double). Inti permainan ini adalah memukul cock (shutllecock) di lapangan lawan melalui atas net (jaring). Jaring ini membatasi kedua bagian lapangan dimana para pemain berdiri dan melakukan gerakan-gerakan tipuan. Permainan bulutangkis dapat dimainkan di dalam atau di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan dibagi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang teregang di tiang net yang ditanam di pinggir lapangan. Alat yang dipergunakan adalah raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai bola yang dipukul. Keterampilan gerak dalam permainan bulutangkis, meliputi: keterampilan memegang raket (grip), keterampilan menempatkan posisi, langkah kaki (footwork) dan pukulan (strokes) yang meliputi: servis, pukulan forehand, pukulan backhand, pukulan lob, serta pukulan smash.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Bab 2 Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Bab 2 Permainan dan Olahraga Bola Kecil

Pukulan drive biasa digunakan untuk menekan lawan agar tidak memberikan kesempatan kepada lawan mendapatkan bola-bola melambung, sehingga lawan tidak memperoleh kesempatan menyerang dengan pukulan overhead. Manfaat pukulan drive adalah untuk mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan bola serendah-rendahnya dekat dengan net dan juga untuk mengacaukan posisi lawan. Cara melakukan pukulan drive yaitu ambil dan pukullah bola dari samping badan pada ketinggian pinggang.

14 Baca lebih lajut

A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola - BAB 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

A. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola - BAB 1 Aktivitas Permainan Bola Besar

Permainan bola voli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah, maka pada tanggal 22 Januari 1945 PBVSI (Persatuan Bola voli Seluruh Indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II di Jakarta dan POM I di Yogyakarta. Setelah tahun 1962 perkembangan bola voli sperti jamur tumbuh di musim hujan.

66 Baca lebih lajut

BAB II BERMAIN DAN PERMAINAN

BAB II BERMAIN DAN PERMAINAN

Dalam kegiatan bermain aktif, anak melakukan aktivitas gerakan yang melibatkan seluruh indera dan anggota tubuhnya. Di antara jenis kegiatan bermain aktif adalah: (1) Tactile Play, merupakan kegiatan bermain yang meningkatkan keterampilan jari jemari anak serta membantu anak memahami dunia sekitarnya melalui alat perabaan dan penglihatnnya. (2) Functional Play; adalah kegiatan bermain yang melibatkan panca indera dan kemampuan gerakan motorik dalam rangka mengembangkan aspek motorik anak. (Charlotte Buhler). (3) Constructive Play; permainan yang mengutamakan anak untuk membangun atau membentuk bangunan dengan media balok, lego dan sebagainya. (4) Creative Play; permainan yang memungkinkan anak menciptakan berbagai kreasi dari imajinasinya sendiri. (5) Symbolic /Dramatic Play; permainan dimana anak memegang suatu peran tertentu. (6) Play Games; permainan yang dilakukan menurut aturan tertentu dan bersifat kompetisi/persaingan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

bab ii s d bab v TEORI AKUNTANSI BAB II s.d BAB V | Maria Suryaningsih, SE, M.Ak BAB II s.d BAB V

bab ii s d bab v TEORI AKUNTANSI BAB II s.d BAB V | Maria Suryaningsih, SE, M.Ak BAB II s.d BAB V

Hal- hal yang harus diungkapkan • Rincian kebijakan dan metode akuntansi terutama metode yang tidak lazim • Informasi tambahan untuk membantu analisis investasi • Perubahan kebijak[r]

90 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  PEMBANGUNAN GAME BATIK PADA PIRANTI MOBILE ANDROID.

TINJAUAN PUSTAKA PEMBANGUNAN GAME BATIK PADA PIRANTI MOBILE ANDROID.

Pada bab ini akan dibahas beberapa sistem atau aplikasi yang sudah pernah dibuat dan memiliki kesamaan dengan permainan puzzle. Selain itu akan diberikan juga tabel perbandingan antar sistem sehingga dapat diketahui apa yang menjadi keunggulan dari sistem yang akan dibangun dibandingkan dengan sistem yang sudah pernah ada.

4 Baca lebih lajut

Penjasorkes Kelas 5 Supardi Suroyo 2010

Penjasorkes Kelas 5 Supardi Suroyo 2010

Buku Penjasorkes ini, kami susun dengan mampu menjadi salah satu bahan kajian untuk mendorong terciptanya keseimbangan antara kualitas jasmani dan rohani anak- anak Indonesia. Buku ini kami sajikan secara singkat dan padat sehingga mudah dipahami. Kalian dapat mempelajari berbagai materi yang meliputi aktivitas permainan, kebugaran jasmani, pemanasan dan senam ketangkasan, gerak ritmik, aktivitas akuatik, dan budaya hidup sehat. Semua materi disertai dengan ilustrasi gambar pendukungnya. Dengan harapan, kalian dapat lebih mudah memahami maksud dari teks yang tertulis di dalam buku ini.
Baca lebih lanjut

144 Baca lebih lajut

PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSI

PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSI

Lingkaran simpai menghadap ke atas yang berfungsi sebagai sasaran. Satu orang melambungkan bola voli dari arah samping kanan atau samping kiri sasaran lingkaran simpai kea rah teman yang akan melakukan passing atas bola voli. Satu orang melakukan gerakan passing atas bola voli dengan cara berdiri menghadap sasaran lingkaran simpai dengan jarak yang disesuaikan dengan 3 kali tembakan passing atas. Pemain berusaha memasukkan bola yang dipassing ke dalam simpai yang dipegangi oleh kedua temannya. Satu orang mencatat skor yang diperoleh kelompoknya. Bola tidak boleh mengenai simpai, jika itu terjadi maka si pemain dinyatakan gugur dan akan mengurangi jumlah tembakan passing atas bagi kelompoknya. Begitu seterusnya sampai orang yang kelima mendapat giliran yang sama pula. Sedangkan waktu yang diberikan masing-masing kelompok 2 menit, baru penggantian kelompok yang lain. Pemenangnya adalah kelompok yang mempunyai jumlah skor tertinggi.
Baca lebih lanjut

76 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...