Top PDF KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra

This research aimed at: (1) describing the social-historical background of the writer Jeremias Nyangoen and his works, (2) describing the building structure of the movie ‘Serdadu Kumbang’, (3) describing the inner conflict in the main actor of the movie ‘Serdadu Kumbang’ studied from a literary psychology. (4) implementing the inner conflict into the literary learning in Senior High School. This research used a qualitative descriptive method. The subject of the research was the movie ‘Serdadu Kumbang’ and the object of the research was the inner conflict of the movie ‘Serdadu Kumbang’. Data of the research were conversations in the movie ‘Serdadu Kumbang’. The techniques of data collection were library technique, observing, and taking a note. The technique of data analysis used the reading of semiotic model consisting of the heuristic reading and the hermeneutic reading. The results of this research had four results: (1) Jeremias Nyangoen was born in Pontianak on 29 June 1968. His works are, among other: Kanibal – Sumanto, Di Timur Matahari, Denias, Senandung di Atas Awan ; (2) the structural anaylisis: the theme of the movie ‘Serdadu Kumbang’ is the struggle of a child and friends to reach their dreams. The actors of this movie are: Amek, Umbe, Acan, Guru Imbok, Siti, Zakaria, and Minun. The plot used is a chronological plot. The settings of this movied were divided into three: setting of place, setting of time, and social setting; (3) from the results of analysis, it was found an inner conflict in the main actor of the movie ‘Serdadu Kumbang’. The inner conflict consisted of three conflicts: approaching-approaching conflict, approaching-staying away conflict, and staying away-staying away conflict; (4) the results of the research could be implemented into the literary learning in Senior High School class XI semester II with the Core Competence: 3 Understanding, implementing and analyzing the factual, conceptual, procedural, and meta-cognitive knowledges based on their curiosity on knowledge, technology, art- and-culture, and humanities with the insights of humanity, nationality, and civilization related to the phenomenon and incident, and implementing the procedural knowledge on the specific study field based on Their talent and interest to solve problems. Basic Competence: 3.3 Analyzing the movie/play review either orally or in written. Based on the analysis of the movie ‘Serdadu Kumbang’, the inner conflict of the main actor could be made as a good model for the students that limitation can be defeated by motivation of never giving up and the persistence in reaching the goal.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin melihat lebih dalam permasalahan-permasalahan mengenai konflik batin yang dialami oleh Lalita dalam novel Lalita karya Ayu Utami yang akan dikaji dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Gambaran keadaan tokoh yang dijelaskan di dalam novel Lalita ini akan didahului dengan analisis struktur yang meliputi tema, alur, tokoh, dan latar. Analisis konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utama yang akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi sastra dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CERITA CINTA ENRICO KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Di Sma.

Dengan ini, saya menyatakan bahwa dalam skripsi yang berjudul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Cerita Cinta Enrico Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”, tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYEDAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Segala puji syukur senantiasa penulis ucapkan terima kasih kepada Allah Swt yang telah melimpahkan berkat dan karunia-Nya. Penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra. Penyusunan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastr

Puji syukur penulis ucapkan ke hadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga penulis dapat meyelesaikan penyusunan skripsi ini. Shalawat serta salam penulis haturkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw. atas kehendak Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Penulisan skripsi ini digunakan untuk memenuhi syarat dalam rangka mencapai derajat Sarjana S-1, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PASUNG JIWA KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA” ini disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar Sarjana Stara 1 Pendidikan Bahasa Sastra dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA:  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA: Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Psikologi sastra secara definitif mempunyai tujuan untuk memahami aspek-aspek kejiwaan yang terkandung dalam suatu karya sastra. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa analisis psikologi sama sekali terlepas dengan kebutuhan masyarakat. Sesuai dengan hakikatnya, karya sastra memberikan pemahaman terhadap masyarakat secara tidak langsung melalui tokoh-tokohnya (Ratna, 2011:342). Pendekatan psikologi digunakan karena tokoh utama berhubungan dengan konflik batin serta tingkah laku maupun aktifitas kejiwaan yang dialami. Penelitian ini menggunakan psikologi sastra sebagai pendekatan agar mampu menangkap makna konflik batin yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye dan permasalahan ini menyentuh permasalahan psikologi. Hubungan konflik batin dengan psikologi sastra yakni perilaku yang muncul dari diri seseorang dan ditanamkan pada kegiatan yang dilakukan atau kebiasaan keseharian.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Analisis yang digunakan dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk adalah menggunakan pendekatan Psikologi Sastra. Pedekatan ini digunakan untuk menganalisis konflik batin tokoh tama. Konflik batin tokoh Srintil dikaji menggunakan tiga aspek, yaitu konflik mendekat- mendekat (approach-approach conflict), misalnya Srintil ketika akan melaksanakan malam bukak-klambu sebagai syarat menjadi seorang ronggeng dan mendapatkan upah berupa uang atau perhiasan., konflik menghindar-menghindar (advoidance-advoidance conflict) misalnya Srintil pergi ke Dawuhan ketika disuruh pulang oleh Nyai Kartareja karena ada Pak Marsusi yang hendak bertemu dengannya, dan konflik mendekat- menghindar ((approach-advoidance conflict) misalnya Srintil kecewa ketika Rasus menolaknya ketika ia hendak menyerahkan kehormatannya.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama pada Novel Pulang Karya Tere Liye dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra.

Penelitian-penelitian sastra yang menggunakan prosedur ilmiah dibutuhkan sebagai alat guna memecahkan berbagai persoalan sastra. Penelitian sastra berguna untuk mengetahui relevansi karya sastra dengan kenyataan. Hal ini karena karya sastra mencerminkan realita sosial dan berpengaruh dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan psikologi sastra sebagai pendekatan agar mampu menangkap konflik batin yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye dan permasalahan ini menyentuh permasalahan psikologi. Hubungan konflik batin dengan psikologi sastra yakni perilaku yang muncul dari diri seseorang dan ditanamkan pada kegiatan yang dilakukan atau kebiasaan keseharian.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Sangidu (dalam Endraswara, 2004:74) menyatakan bahwa pendekatan psikologis terhadap sastra merupakan suatu pendekatan yang menggambarkan perasaan dan emosi pengarang. Sastra sebagai gejala kejiwaan terkandung fenomena-fenomena kejiwaan yang tampak lewat perilaku tokoh-tokohnya. Karya sastra dapat menggunakan psikologi sasta. Psikologi dan karya sastra memiliki hubungan fungsional, yakni sama-sama berguna untuk sarana mempelajari keadaan kejiwaan orang lain. Hanya perbedaannya gejala kejiwaan yang ada dalam karya sastra adalah gejala-gejala kejiwaan dari manusia-manusia yang riil. Keduanya saling melengkapi dan saling mengisi untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam terhadap kejiwaan manusia.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA   Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar S

KONFLIK BATIN PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM SERDADU KUMBANG KARYA JEREMIAS NYANGOEN: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar S

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan latar sosiohistoris pengarang Jeremias Nyangoen beserta karya-karyanya. (2) mendeskripsikan struktur pembangun film Serdadu Kumbang . (3) mendeskripsikan konflik batin pada tokoh utama film Serdadu Kumbang dikaji dengan psikologi sastra. (4) mengimplementasikan konflik batin dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian film Serdadu Kumbang dan objek penelitian konflik batin film Serdadu Kumbang . Data penelitian ini berupa percakapan dalam film Serdadu Kumbang . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan pembacaan model semiotik yang terdiri atas pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini ada empat (1) Jeremias Nyangoen lahir di Pontianak, 29 Juni1968. Karya-karya yang dihasilkan oleh pengarang antara lain: Kanibal – Sumanto, Di Timur Matahari, Denias, Senandun Di Atas Awan. (2) analisis struktural, tema dalam film Serdadu Kumbang perjuangan anak dan sahabatnya untuk meraih cita-cita yang mereka mimpikan selama ini. Tokoh dalam film ini Amek, Umbe, Acan, Guru Imbok, Siti, Zakaria, Minun. Alur yang digunakan adalah alur maju. Latar pada film dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. (3) hasil analisis ditemukan adanya konflik batin pada tokoh utama dalam film Serdadu Kumbang. Konflik batin terdiri dari tiga yaitu konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh dan konflik menjauh-menjauh. (4) hasil penelitian dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA pada kelas XI semester II dengan Kompetensi Inti: 3 Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin taunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradabanterkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Kompetensi Dasar: 3.3 Menganalisis ulasan/reviu film/drama baik melaui lisan maupun tulisan. Berdasarkan analisis film Serdadu Kumbang konflik batin tokoh utama dapat diteladani oleh peserta didik bahwa keterbatasan bisa dikalahkan dengan semangat pantang menyerah dan kegigihan memperjuangan mimpi.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Film Serdadu Kumbang Karya Jeremias Nyangoen: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Film-film karya Jeremias Nyangoen menarik, tetapi peneliti memilih mengkaji film yang berjudul Serdadu Kumbang. Film ini layak dikaji karena bisa menanamkan nilai-nilai yang bisa digunakan sebagai bahan ajar sastra di SMA, sehingga peserta didik bisa terinspirasi dari cerita film tersebut. Film Serdadu Kumbang termasuk film keluarga yang memperlihatkan perjuangan seorang anak dalam menjalani hidup bukan film percintaan atau film romantis. Karena banyak karya Jeremias Nyangoen yang mengisahkan percintaan. Lebih tertarik lagi Jeremias Nyangoen mengerjakan film ini karena diangkat dari realita kehidupan desa terpencil di pulau Sumbawa bernama Desa Mantar. Sebagaimana dikisahkan kedekatan tiga anak bersahabat karib yang sangat menarik dan jarang diangkat di perfilman, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti film Serdadu Kumbang karya Jeremias Nyangoen.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di S

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di S

Tujuan ini adalah (1) memaparkan latar sosio historis pengarang Ayu Utami, (2) mendeskripsikan struktur yang menbangun novel Lalita karya Ayu Utami, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utami, (4) Mengimplementasikan konflik batin dalam novel Lalita karya Ayu Utami sebagai bahan ajar studi di SMA. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin dalam novel Lalita karya Ayu Utami. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dalam novel Lalitakarya Ayu Utami diterbitkan oleh penerbit Gramedia setebal 251 dan sumber data sekunder Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Latar sosio historis pengarang (2) Struktur novel Lalita karya Ayu Utami difokuskan pada tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel ini adalah misteri Candi Borobudur. Alur novel Lalita ini adalah alur campuran. Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama (Lalita), tokoh pendamping (Sandi Yuda, Parang Jati, dan Marja), tokoh bawahan (Janaka,Oscar, Ansheldan Jisheng). Latar meliputi latar tempat (di Plasa Indonesia, Jalan Teuku Umar, Wilayah Menteng Jakarta, Borobudur, Candi Mendut, di Bandung kampus (ITB), dan Jawa Timur). Latar waktu dalam novel Lalita ini mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Pada tahun 2008 pembukaan Restoran Buddha Bar dan ditutup tahun 2010. Latar sosial (Perjalanan bawah sadar dan kehidupan sehari-hari dengan alam mimpi dan Masyarakat desa meyakini bahwa vampir adalah takhayul belaka). (3) Konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita terdapat 3 konflik. a) Konflik mendekat-mendekat, yaitu Lalita merasakan senang di dalam hidupnya ketika mengagumi seorang laki-laki. b) Konflik batin menghindar-menghindar, terdapat dua konflik yaitu 1) konflik antara percaya dan tidak percaya, 2) konflik antara sedih dan kekecewaan. c) Konflik batin mendekat-menghindar, terdapat dua konflik yaitu 1) konflik antara keinginan dan rasa bersalah, 2) konflik antara senang dan kecewa. (4) Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LALITA KARYA AYU UTAMI: TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma.

Konflik menghindar-menghindar ( Avoidance-Avoidance Conflict ) ini terjadi ketika Lalita dan Janaka yang diketahui oleh Yuda. Pada saat Yuda ketemu Janaka, bahwa Janaka adalah musuh bebuyutan sejak berabad-abad. Konflik antara percaya dan tidak percaya bahwa kakaknya yang bernama Janaka itu sangat rajin menyumbang rumah ibadah hanya untuk mencuci uang kotornya. Konflik terjadi lagi ketika Janaka menceritakan kepada Yuda semua misteri yang ada pada Lalita. Peristiwa penganiayaan yang terjadi pada Lalita pada saat dia ditelanjangi dan menghapus wajahnya. Pada saat itu polisi menemukan Lalita dalam keadaan telanjang dan terikat. Di rumah Lalita pada saat Lalita mengalami pemerkosaan yang sangat menyakitkan itu di ketahui oleh Yuda. Kemudian konflik terjadi hilangnya Buku Indigo yang menjadikan konflik semakin rumit dan peristiwa pemerkoasaan dan perampokan di rumah Ibu Lalita menjadikan Parang Jati dan Marja gelisah.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan latar sosial budaya Kirana Kejora , (2) mendeskripsikan struktur novel, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra, (4) mendeskripsikan bagaimana implementasi psikologi sastra dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa paragraf. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Bintang Anak Tuhan karya Kirana Kejora. Sumber data sekunder penelitian ini adalah buku acuan yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi menggunakan trianggulasi data. Analisis data yaitu dengan model semiotik teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukan (1) latar belakang sosial budaya Kirana Kejora merupakan seorang penulis wanita kelahiran Ngawi, Jawa Timur pada 2 Februari 1972. Ciri khas karya Kirana Kejora yaitu tentang perjuangan dan cinta. (2) Struktur novel ini yaitu perjuangan hidup dan cinta seorang ibu. Alur dalam novel ini , yaitu alur maju. Tokoh dalam novel ini adalah tokoh utama yaitu Hanum (protagonis) dan tokoh tambahan yaitu Bintang (tritagonis), Agung (antagonis). Latar tempat dalam novel ini di Jakarta. Latar waktu novel ini antara tahun 1999-2009. Latar sosial novel ini adalah orang yang terkena HIV yang lalu mendapat cibiran dan penolakan dari masyarakat sekitar. (3) Konflik batin dalam novel ini (a) konflik mendekat-mendekat, yaitu konflik rasa bahagia dengan rasa syukur, dan konflik syukur dan bangga (b) konflik mendekat-menjauh, yaitu konflik cinta dan perpisahan, serta konflik bahagia dan sedih, dan (c) konflik menjauh-menjauh, yaitu konflik pasrah dan sedih, serta konflik marah dan kesal. (4) Implikasi hasil penelitian pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Bintang Anak Tuhan Karya Kirana Kejora: Kajian Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA.

berbagai media cetak. Kirana Kejora juga produktif dalam menulis novel dan script film, baik layar lebar maupun film televisi. Karya-karya tersebut yaitu; Kepak Elang, novellete dan kumpulan puisi (2006). Selingkuh, antologi cerpen dan puisi (2006). Perempuan dan Daun, antologi cerpen dan puisi bergambar, bekerja sama dengan Darwis Triadi (2007). Elang, novel Dwilogi drama humanis (2009). Gema Padang, antologi puisi bersama penyair Brunei Darussalam, singapura, Malaysia, dan Indonesia (2010). Bintang Anak Tuhan, novel inspiring tentang gadis kecil ODHA (2010). Querido, unpredictable novel (2011). Air Mata Terahir Bunda best seller nasional (2012). MetroTV:FTV”Lelaki Penjaga Kereta” (2008). TPI:FTV” Cinta Berlafadz” (2010). Layar Lebar: Ketika Cinta Memilih, Hidup Itu Biutipul, Munajat Cinta Sang Gibran, Hasduk Berpola (2009). Jawa Pos TV: 8 episode serial Kos X (2006) . Jawa Pos TV: 9 episode Embong Malam (2006).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH MIDAH DAN FIRDAUS  DALAM NOVEL LANGIT MEKAH BERKABUT MERAH   Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

KONFLIK BATIN TOKOH MIDAH DAN FIRDAUS DALAM NOVEL LANGIT MEKAH BERKABUT MERAH Konflik Batin Tokoh Midah Dan Firdaus Dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Aguk Irawan: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SM

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) unsur-unsur yang membangun novel Langit Mekah Berkabut Merah, (2) konflik batin tokoh Midah dan Firdaus yang terkandung dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah dengan menggunakan tinjauan psikologi sastra. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah karya Aguk Irawan tinjauan psikologi sastra. Data dalam penelitian ini adalah kalimat, paragraf, dan wacana dalam teks novel Langit Mekah Berkabut Merah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik pembacaan heuristik, hermeneutik, dalam aplikasinya menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian berdasarkan analisis struktural, tema novel Langit Mekah Berkabut Merah yaitu sikap rela berkorban seorang perempuan demi orang yang disayanginya, meski mengakibatkan penderitaan. Alur dalam novel ini yaitu alur maju. Tokoh utama dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah yaitu Midah. Latar tempat dalam novel ini di negara Indonesia, Mesir dan Arab. Latar waktu terjadi selama kurang lebih 1,5 sampai 2 tahun. Latar sosial yang digambarkan adalah Midah terpaksa meninggalkan sekolah dan bekerja sebagai TKW demi memperbaiki keadaan ekonomi keluarganya. Berdasarkan tinjauan psikologi sastra, konflik batin tokoh Midah dan Firdaus dalam novel Langit Mekah Berkabut Merah meliputi konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh, dan konflik menjauh-menjauh. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, pada Standar Kompetensi ke-2 berkaitan dengan membaca dan Kompetensi Dasar 7.2 yaitu menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA, khususnya kelas X1.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Novel Pusparatri Karya Nurul Ibad: Tinjauan Psikologi Sastra.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Novel Pusparatri Karya Nurul Ibad: Tinjauan Psikologi Sastra.

konflik dengan dirinya maupun orangtuanya akibat tidak terpenuhinya id, ego, dan super ego yang tidak berfungsi secara harmonis sehingga membuat Tinung memutuskan untuk terjun menjadi tokoh Tan Peng Liang yakni selalu merasakan perasaan tidak tenang, bimbang dan keraguan; (3) Tokoh Tan Soe Bie mengalami konflik batin akibat meningkatnya implus id yang menekan ego dan super ego sehingga membuat jiwanya terguncang; (4) Persaingan antara Tokoh Thio Boen Hiap dengan Tan Peng Liang menimbulkan konflik yang menyebabkan kondisi jiwanya terguncang akibat meningkatnya impuls id yang menekan ego dan super ego. Konflik tersebut membuat Thio Boen Hiap tidak bahagia sehingga menimbulkan konflik batin dalam dirinya.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LINTANG KARYA NANA RINA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LINTANG KARYA NANA RINA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (SUATU TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Penelitian Maria Devy Bukit Shintawati dalam rangka menyusun skripsinya yang berjudul Konflik Batin Tokoh Dimas dalam Menghadapi Kemelut Hidup pada Novel Pacarku Ibu Kosku Karya Wiwik Karyono (Suatu Tinjauan Psikologis) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra Di SMA yang disusun pada tahun 2010 menggunakan pendekatan psikologi sastra dan menggunakan metode deskriptif . Hasil dari penelitian tersebut adalah analisis tokoh dan latar yang berkaitan erat dengan konflik batin tokoh Dimas akan rasa cintanya kepada Mbak Dea. Kenyataan hidup yang selalu bertentangan dengan prinsip hidup tokoh Dimas telah membawanya pada konflik -konflik batin yang serius. Keinginan kuat Dimas untuk mempertahankan prinsip hidupnya bukan tanpa konsekuensi. Dimas harus mengalami akibat -akibatnya yang harus ditanggungnya. Akibat itu adalah akibat psikis.
Baca lebih lanjut

138 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Trilogi Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Smk Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga.

PENDAHULUAN Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Trilogi Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Smk Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga.

berbeda atau oleh adanya rasa individualis dan gejolak jiwanya. Hal ini menyebabkan tokoh yang ditampilkan dalam karya sastra merupakan tokoh yang memiliki jiwa dan gejolak dalam dirinya yang menyangkut masalah kehidupannya. Kehidupan yang dijalaninya akan membentuk jiwa tokoh menjadi kuat, menyesuaikan diri, atau mengantisipasi jalan hidupnya.

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...