Top PDF PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Ruang.

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR  Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Ruang.

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Ruang.

Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok(RAK) yang didasarkan pada persentase penambahan ekstrak gambir(0%, 0,15%, 0,3%) dengan lama penyimpanan (0,1,2 dan 3 hari). Analisis dilakukan terhadap sifat kimia air kelapa meliputi kadar gula reduksi,derajat keasaman(pH), dan total asam. Data dianalisis dengan anova, perbedaan yang nyata dianalisis dengan DMRT pada tingkat kepercayaan 95%.

18 Read more

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR  PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN.

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN.

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayangNya, sehingga penyusunan Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin” ini dapat terselesaikan dengan baik. Adapun tujuan penyusunan Skripsi ini untuk melengkapi persyaratan memperoleh gelar sarjana di Program Studi S1 Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Show more

17 Read more

PENDAHULUAN  PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN.

PENDAHULUAN PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN.

3 DPPH (1,1 –diphenyl-2-picryl hydrazyl). Selain berperan sebagai antioksidan, katekin dalam gambir juga berperan sebagai senyawa antimikrobia yang cukup berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur (Yuliani, Hayani, dan Supriadi 1999).

6 Read more

DAFTAR PUSTAKA  PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN.

DAFTAR PUSTAKA PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU DINGIN.

Agustian, A., S. Friyatno, Supadi, A. Askin. 2003. Analisis Pengembangan Agroindustri Komoditas Perkebunan Rakyat (kopi dan kelapa) Dalam Mendukung Peningkatan Daya Saing Sektor Pertanian. Makalah Seminar Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor. T.A. 2003. Hal 38.

5 Read more

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA  Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu R

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR:ETANOL (1:1) DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu R

Berdasarkan analisis statistik dengan menggunakan uji lanjut duncan multiple range test, pada Tabel 4 dapat diketahui bahwa dari setiap lama penyimpanan serta perlakuan penambahan kadar ekstrak air:etanol (1:1) gambir dengan presentase yang berbeda selama penyimpanan suhu ruang mempunyai pengaruh yang nyata terhadap perubahan kadar gula reduksi air kelapa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata pada tiap perlakuan kadar ekstrak gambir yang ditambahkan pada air kelapa selama penyimpanan suhu ruang.
Show more

15 Read more

PENDAHULUAN  Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Ruang.

PENDAHULUAN Pengaruh Penambahan Ekstrak Air:Etanol (1:1) Dari Gambir (Uncaria gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Ruang.

3 Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan Uncaria gambir Roxb. Diindonesia gambir pada umumnya digunakan untuk menyirih. Komponen utama gambir adalah katekin dan asam katekin tannat. Katekin apabila mengalami pemanasan cukup lama atau pemanasan dengan larutan bersifat basa dengan mudah akan menjadi katekin tannat, karena kondensasi sendiri dan mudah larut dalam air dingin atau air panas. Katekin merupakan salah satu senyawa yang berpotensi sebagai antioksidan dan antimikrobia. Penggunaan gambir sebagai antimikrobia telah banyak dipelajari oleh para peneliti.
Show more

6 Read more

PENGARUH  PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN  PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR.

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR.

1. Keluarga besar saya Bapak kanti lestari S.IP, Ibu Sri Subowati, Diah Asti Nawang Sari.,S.Pd, Diah Puri Candra Dewi.,S.Pd dan Ika Mulyani Am.Keb, yang telah mengiringi langkahku perjalananku dengan cinta, kasih dan sayang serta do’a yang tiada henti terucap untukku. Semoga Allah SWT selalu mengumpulkan kita bersama dan merahmati apa yang kita kerjakan. 2. Teman-teman seperjuangan Coconut Water and Uncaria gambir Roxb

16 Read more

PENDAHULUAN  Pengaruh Ekstrak Etanol Dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin.

PENDAHULUAN Pengaruh Ekstrak Etanol Dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin.

3 oleh berbagai alasan, antara lain aman, relatif mudah diekstraksi, memiliki efektivitas yang tinggi sebagai antimikrobia serta murah. Alasan lain adalah senyawa antimikrobia alami memiliki multifungsi antara lain sebagai sumber antioksidan. Gambir merupakan salah satu bahan alami yang berpotensi sebagai antioksidan dan antimikrobia. Gambir merupakan hasil ekstraksi dari daun tanaman gambir (Uncaria gambir Roxb) yang mengandung senyawa polifenol. Senyawa polifenol pada ekstrak gambir tersebut adalah katekin yang berperan sebagai antimikrobia dan antioksidan (Miller, 1996; Arakawa, 2004).
Show more

7 Read more

PENDAHULUAN  PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR.

PENDAHULUAN PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR.

(Agustian dkk, 2003; Nur dkk, 2003; APCC, 2003). Produksi buah kelapa yang besar ini, pemanfaatannya masih terbatas pada daging buahnya saja. Selama ini pemanfaatan buah kelapa di masyarakat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak dari buah kelapa, buah kelapa merupakan salah satu produk tanaman tropis yang unik karena di samping komponen daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, juga komponen air buahnya dapat dimanfaatkan sebagai produk pembuatan minuman dari air kelapa (Helmi, 2008).

7 Read more

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP KADAR GULA REDUKSI, DERAJAT   Pengaruh Ekstrak Etanol Dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin.

PENGARUH EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP KADAR GULA REDUKSI, DERAJAT Pengaruh Ekstrak Etanol Dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin.

1. Terimakasih untuk bapak dan ibu tercinta yang telah mengiringi langkahku perjalananku dengan cinta, kasih dan sayang serta do’a yang tiada henti terucap untukku, kuingin mempersembahkan yang terbaik atas segala perjuangan dan pengorbanan tak kenal lelah yang engkau lakukan untuk cita-cita dan masa depanku. Hanya yang terbaik dan terindah yang dapat membuat engkau bangga dan bahagia wahai bapak dan ibu tercinta yang aku berikan.

17 Read more

DAFTAR PUSTAKA  PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR.

DAFTAR PUSTAKA PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL DARI GAMBIR TERHADAP SIFAT KIMIA AIR KELAPA SELAMA PENYIMPANAN SUHU KAMAR.

Agustian, A., S. Friyatno, Supadi dan A. Askin. 2003. Analisis pengembangan agroindustri komoditas perkebunan rakyat (kopi dan kelapa) dalam mendukung peningkatan daya saing sektor pertanian. Makalah Seminar Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor. T.A. 2003. Hal 38

4 Read more

Pengaruh Ekstrak Etanol Gambir (Uncaria gambir Roxb) terhadap Stabilitas Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin

Pengaruh Ekstrak Etanol Gambir (Uncaria gambir Roxb) terhadap Stabilitas Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin

Air kelapa yang ditambahkan ekstrak gambir pada berbagai konsentrasi ekstrak etanol gambir (0 ppm, 1500 ppm dan 3000 ppm) (Tabel 1) dan disimpan selama 6 hari menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kadar gula reduksi air kelapa selama penyimpanan pada suhu dingin, yang ditunjukkan oleh nilai signifi- kansi yang sama, yaitu p = 0,000 (p 0,05). Hasil yang sama ditunjukkan oleh hasil pengujian anova dua arah (univariat) yang menunjukkan bahwa konsentrasi ekstrak etanol gambir, lama penyimpanan, dan interaksi antara konsentrasi ekstrak gambir dan lama penyimpanan berpenga-ruh signifikan terhadap kadar gula reduksi air kelapa, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi yang sama dari setiap faktor, yaitu p = 0,005.
Show more

8 Read more

PENDAHULUAN  Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Dari Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Kamar.

PENDAHULUAN Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Dari Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Kamar.

3 Gambir merupakan bahan alami yang memiliki potensi untuk memperpanjang masa simpan bahan pangan. Gambir adalah sejenis getah yang dikeringkan yang berasal dari ekstrak remasan daun dan ranting tumbuhan bernama sama (Uncaria gambir Roxb). Gambir mengandung senyawa fungsional atau senyawa aktif yang termasuk dalam golongan senyawa polifenol. Senyawa polifenol dalam gambir adalah katekin yang berperan sebagai senyawa antioksidan dan antimikrobia (Arakawa, 2004).

6 Read more

PENGARUH PENAMBAHAN  EKSTRAK AIR DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb)  Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Dari Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Kamar.

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR DARI GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Dari Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Kamar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penambahan ekstrak gambir 0,3% memberikan stabilitas tertinggi terhadap kadar gula reduksi selama penyimpanan 3 hari. Penambahan ekstrak 0,15% memberikan stabilitas tertinggi terhadap total asam air kelapa selama penyimpanan 3 hari. Penambahan ekstrak 0% memberikan stabilitas tertinggi pada derajat keasaman (pH) air kelapa selama penyimpanan 3 hari. Perlu penelitian serupa yang difokuskan pada pengaruh pencahayaan selama penyimpanan di suhu ruang.
Show more

18 Read more

DAFTAR PUSTAKA  Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Dari Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Kamar.

DAFTAR PUSTAKA Pengaruh Penambahan Ekstrak Air Dari Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Terhadap Sifat Kimia Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Kamar.

Lay, A. dan P. M. Pasang. 2003. Teknologi pengolahan dan strategi pengembangan unit pengolahan kelapa komersil di tingkat pedesaan. Kelembagaan Perkelapaan di Era Otanomi Daerah. Prosiding Konferensi Nasional Kelapa V. Tembilahan 22 – 24 Oktoner 2002. Pp. 170 – 1181. Lotito, S.B. & Fraga, C.G., 2000. Catechins Delay Lipid Oxidation And α-

35 Read more

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR DARI GAMBIR TERHADAP KADAR GULA REDUKSI, DERAJAT   Pengaruh Pemanbahan Ekstrak Air dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman (pH) dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin.

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK AIR DARI GAMBIR TERHADAP KADAR GULA REDUKSI, DERAJAT Pengaruh Pemanbahan Ekstrak Air dari Gambir Terhadap Kadar Gula Reduksi, Derajat Keasaman (pH) dan Total Asam Air Kelapa Selama Penyimpanan Suhu Dingin.

Coconut water contains varied nutrient substance components, such as protein, vitamin, mineral, sugar and electrolyte compounds. Coconut water is a food in which easily deformed due to microbial activities. The addition of gambir extract as natural polyphenol source in which has antioxidant and antimicrobial characteristic is one effort to maintain nutrients from chemical property damage. The objective of the research were to know addition of water gambir extract on level of reduction sugar, aciditi effect of level (pH) and total acid of coconut water during cold storage.
Show more

16 Read more

PENGARUH VARIASI DOSIS KOMPOS KEMPAAN GAMBIR DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.).

PENGARUH VARIASI DOSIS KOMPOS KEMPAAN GAMBIR DAN INTENSITAS CAHAYA MATAHARI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.).

Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT) atau Split Plot Disgn (SPD) yang disusun pada secara acak lengkap terdiri dari 2 faktor perlakuan dan 3 ulangan. Data pengamatan dianalisis ragam dan dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5 %. Sebagai perlakuannya, petak utama adalah intensitas cahaya terdiri 4 taraf yaitu Intensitas cahaya 100 %, Intensitas cahaya 50%, Intensitas cahaya 40%, dan Intensitas cahaya 20%, sedangakan anak petak adalah perlakuaan dosis kompos kempaan gambir terdiri 4 taraf yaitu 3,1 g/bibit, 4,4 g/bibit, 5,6 g/bibit, dan 6,9 g/bibit.
Show more

16 Read more

View of FORMULASI EKSTRAK ETANOL GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.) DALAM BEDAK ANTI JERAWAT

View of FORMULASI EKSTRAK ETANOL GAMBIR (Uncaria gambir Roxb.) DALAM BEDAK ANTI JERAWAT

Jerawat (acne vulgaris) adalah salah satu penyakit kulit yang umum ditemukan. Jerawat mempengaruhi daerah kulit yang memiliki banyak folikel sebaceous (kelenjar minyak) seperti wajah, dada bagian atas dan punggung (1) . Jerawat terjadi karena penyumbatan pilosebaseus (kelenjer minyak) dan peradangan yang disebabkan oleh bakteri Propionibaterium acnes, Staphylococcus epidermidis, dan Staphylococcus aureus (2) . Pengobatan jerawat biasanya menggunakan antibiotika seperti tetrasiklin, doksisiklin, dan klindamisin. Penggunaan antibiotika

8 Read more

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JARAK PAGAR (Jatropha curcas L) DAN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli (Sebagai Alternatif Bahan Pengembangan Petunjuk Praktikum pada Materi Bakteri Kelas X Semes

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JARAK PAGAR (Jatropha curcas L) DAN GAMBIR (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli (Sebagai Alternatif Bahan Pengembangan Petunjuk Praktikum pada Materi Bakteri Kelas X Semes

Diare diartikan sebagai buang air besar (defekasi) dengan tinja berbentuk cairan atau setengah air (setengah padat), dengan demikian kandungan air pada tinja lebih banyak dari biasanya salah satu penyebabnya adalah bakteri, Bakteri adalah mikroorganisme yang dapat menguntungkan dan merugikan manusia, baik bakteri gram positif maupun negatif. Bakteri gram positif yang dapat merugikan manusia salah satu contohnya yaitu Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Antibakteri adalah zat yang menghambat pertumbuhan ataupun membunuh bakteri. Antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan kedua bakteri tersebut diantaranya adalah dari tanaman-tanaman yang ada disekitar lingkungan kita. Zat aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri adalah flavonoid, saponin, alkaloid dan tanin. Tanaman Jarak Pagar (Jatrophacurcas L) dan Gambir (Uncaria gambir Roxb) yang banyak di manfaatkan oleh masyarakat sebagai batas tanah atau menginang tetapi justru mengandung zat aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 kali pengulangan. Perlakuan-perlakuan yang dilakukan yaitu kontrol (+) ciprofloxacin, kontrol (-) aquades, konsentrasi ekstrak jarak dan gambir 20%: 80%, 40%: 60%, 60%: 40%, dan 80%: 20%. Masing-masing perlakuan terdiri dari 3 kali ulangan, sehingga terdapat 18 satuan percobaan. Hasil dari uji analisis menunjukkan bahwa tanaman Jarak Pagar (Jatrophacurcas L) dan Gambir (Uncaria gambir Roxb) dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan E. coli. Jarak Pagar (Jatrophacurcas L) dan Gambir (Uncaria gambir Roxb) lebih efektif menghambat pertumbuhan S. aureus dibandingkan E. coli. Bakteri gram positif lebih dapat dihambat oleh zat antibakteri dari pada bakteri gram negatif. Hal ini disebabkan karena perbedaan zat aktif yang terkandung pada kedua tanaman tersebut.
Show more

109 Read more

PEMANFAATAN DAUN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI PADA LOGAM SENG

PEMANFAATAN DAUN GAMBIR (UNCARIA GAMBIR ROXB) SEBAGAI INHIBITOR KOROSI PADA LOGAM SENG

Ekstrak daun gambir (Uncaria Gambir Roxb) merupakan bahan organik yang dapat digunakan sebagai inhibitor untuk mengurangi laju korosi logam seng di medium korosif sodium NaCl 3%. Penggunaan ekstrak daun gambir diharapkan dapat dijadikan inhibitor yang bersifat aman, ramah lingkungan dan biodegradable serta mampu mengurangi penggunaan inhibitor sintetis. Inhibitor dari ekstrak daun gambir dipilih sebagai inhibitor organik karena mengandung zat antioksidan dari golongan polifenol, yaitu tanin. Metode weigh losses digunakan untuk menguji keefektifan ekstrak daun belimbing wuluh sebagai inhibitor korosi pada pelat seng berukuran 4cmx1,5cmx0,17cm dengan variasi konsentrasi ekstrak daun gambir (2000 ppm, 4000 ppm, 6000 ppm, dan 8000 ppm) serta lama waktu perendaman (2 hari, 4 hari, dan 6 hari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar tanin yang terdapat pada ekstrak daun gambir adalah sebesar 0,3577%. Konsentrasi optimum inhibitor ekstrak daun gambir paling efektif digunakan di medium korosif larutan NaCl 3% adalah 8000 ppm dengan waktu perendaman 2 hari dan efisiensi sebesar 78, 3924%.
Show more

11 Read more

Show all 10000 documents...