Top PDF Pengawasan Intern Persediaan pada PT.Madju Medan Cipta

Pengendalian Intern Atas Persediaan Pada PT. Indoteras Sumatera Medan

Pengendalian Intern Atas Persediaan Pada PT. Indoteras Sumatera Medan

Di dalam suatu perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur, persediaan umumnya berjumlah cukup besar. Persediaan yang dimiliki perusahaan mempunyai sifat yang berbeda dengan aktiva yang lain karena persediaan dimiliki dengan tujuan untuk dijual kembali. Penjualan tersebut diharapkan perusahaan akan memperoleh laba sehingga kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin. Persediaan merupakan bagian aktiva lancar yang penting karena jumlahnya yang cukup besar dan dapat mempengaruhi keuangan perusahaan, oleh karena itu, perlu dilakukan pengendalian intern (internal control) pada persediaan. Pengendalian intern atas persediaan dapat dilakukan dengan melakukan pengawasan fisik, pengawasan akuntansi dan pengawasan metode penilaian persediaan yang digunakan. Metode penilaian persediaan yang digunakan perusahaan mempengaruhi jumlah harta (persediaan) dan laba kotor yang diperoleh. Penerapan metode penilaian persediaan yang tidak tepat akan mengakibatkan risiko terjadinya kecurangan pada perusahaan dalam hal pencatatan jumlah harta dan laba kotor yang diperoleh.
Baca lebih lanjut

69 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. QIMS Intrasindo Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. QIMS Intrasindo Medan

Berdasarkan pengertian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa, kas merupakan alat pembayaran yang meliputi uang kertas, logam dan surat – surat berharga, serta meliputi deposito di bank yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dan dapat dinegoisasikan seperti : cek, kartu kredit, simpanan yang ada di bank siap dan bebas untuk dipergunakan. Siap dan bebas dalam hal ini adalah sewaktu – waktu dapat tersedia dan bebas untuk dipergunakan. Dana yang disisihkan untuk tujuan tertentu, persediaan pranko, cek kosong, cek mundur dari pihak ketiga, rekening giro yang terdapat di luar negeri yang tidak dapat dipergunakan dengan segera, tidak dapat dianggap sebagai kas, karena tidak bebas untuk digunakan dan hanya untuk satu tujuan tertentu saja bebas digunakan.
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

Analisis Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Sabda Cipta Jaya

Analisis Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagangan Pada PT. Sabda Cipta Jaya

Perlindungan fisik atas persediaan barang dagangan pada perusahaan ini sudah cukup memadai, yakni dengan tersedianya gudang sebagai tempat penyimpanan dan dilengkapi dengan tabung gas untuk menanggulangi bahaya kebakaran, serta dikunci oleh pegawai logistik yang berwenang setelah jam kerja selesai. Perlindungan fisik terhadap dokumen dan catatan juga telah memadai, yaitu dengan tersedianya blinder map sebagai tempat penyimpanan masing-masing dokumen, serta membuat kembali dan tetap menyimpan catatan yang rusak baik dalam komputer maupun catatan manual. Selain itu, perusahaan juga telah melakukan pengawasan fisik terhadap komputer, yaitu dengan memilih jaringan komputer. Menurut penulis, kebijakan perusahaan dalam mewujudkan pengawasan dan perlindungan fisik terhadap persediaan dan catatan, serta aktiva perusahaan sudah cukup memadai dalam mewujudkan pengendalian intern yang baik.
Baca lebih lanjut

78 Baca lebih lajut

Pengawasan Intern Terhadap Aktiva Tetap Pada PT Souci Indoprima Medan

Pengawasan Intern Terhadap Aktiva Tetap Pada PT Souci Indoprima Medan

Untuk itu aktiva tetap yang ada pada suatu perusahaan haruslah benar-benar diperhatikan karena bila ditinjau dari segi pengolahan dan pembuatannya memakan waktu yang cukup lama serta pengawasan rumit. Sistem pengawasan dimulai dari saat dibuatnya komitmen terhadap pengadaan aktiva tetap sampai disposisi terakhir melalui penjualan aktiva tetap. Pengawasan dilaksanakan untuk menguji kebenaran aktiva tetap, apakah dipertanggungjawabkan, dipergunakan secara jujur, diasumsikan secukupnya dan ditangani dengan cara lain sebagaimana yang telah ditetapkan oleh manajemen perusahaan.
Baca lebih lanjut

42 Baca lebih lajut

Analisis Ramalan Persediaan Semen Model Economic Order Quantity (EOQ) Pada Toko Material Panglong Jaya Bangun Berbasis Supply Chain Management (SCM)

Analisis Ramalan Persediaan Semen Model Economic Order Quantity (EOQ) Pada Toko Material Panglong Jaya Bangun Berbasis Supply Chain Management (SCM)

Analisis Perencanaan Dan Pengawasan Persediaan Barang Dagangan Dengan Metode Economic Order Quantity Pada PT.. FastFood Indonesia Cabang Medan.[r]

2 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Jasaraharja Putera Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Jasaraharja Putera Medan

Sistem wewenang dan prosedur pembukuan dalam suatu perusahaan merupakan alat bagi manajemen untuik mengadakan pengawasan terhadap operasi dan transaksi- transaksi yang terjadi dan juga untuk menghasilkan data akuntansi yang tepat. Klasifikasi data akuntansiii dapat dilakukan dalam rekening-rekening buku besar. Menurut AICPA, susunan rekening yang baik harus dapat memenuhi hal-hal sebagai berikut : Membantu mempermudah penysunan laporan-laporan lainnya dengan ekonomis, meliputi rekening-rekening yang diperlukan untuk menggambarkan dengan baik dan teliti harta-harta milik, utang-utang, pendapatan-pendapatan, harga pokok dan biaya-biaya yang harus dirinci sehingga memuaskan dan berguna bagi manajemen didalam melakukan operasi, menguraikan dengan teliti dan singkat apa yang harus dimuat didalam setiap rekening, memberi batas sejelas-jelasnya antara pos-pos aktiva, modal, pendapatan, dan biaya-biaya, membuat rekening-rekeningdan biaya-biaya.
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...