Top PDF senibudaya kurtilas sem 2 x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

senibudaya kurtilas sem 2 x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

senibudaya kurtilas sem 2 x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Improvisasi yang dilakukan Ubiet menyebabkan lagu tersebut berbentuk: improvisasi 1 – A – improvisasi 2 – B – improvisasi 3 – A’ – improvisasi 4 – B’ – Coda. Ubiet tidak sekedar melakukan perubahan- perubahan pada lagu yang akan direproduksi, tetapi mendiskusikan terlebih dahulu dengan pengiring musiknya. Fenomena ini memperlihatkan pengetahuannya yang diperoleh melalui model analitik. Pada bagian improvisasi, yaitu bar 1 – 14 (sampai hitungan ke-2), bar 30 – 34, bar 51 – 59 (sampai hitungan ke-2), dan bar 74 (pada hitungan ke-3) – 80, Ubiet seolah-olah mengimitasi bunyi instrumen tradisional Minangkabau, saluang. Dalam suatu artikel dituliskan tentang gaya Ubiet dalam menyanyikan lagu tersebut bahwa, “lagu ini tidak hanya mengingatkan pendengar pada “ranah Minang”, tetapi juga suara saluang”. Namun dalam artikel itu pula Ubiet menegaskan bahwa ia tidak meniru suara saluang, tetapi mengolah atau memanipulasi bunyi saluang secara kreatif. Ubiet menjelaskan tentang hal tersebut, “..., kalau hanya meniru tanpa memanipulasinya secara kreatif, kita sebenarnya tidak melakukan apa- apa”.
Baca lebih lanjut

250 Baca lebih lajut

prawira kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

prawira kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Baca lebih lanjut

266 Baca lebih lajut

bhsindo kurtilas xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

bhsindo kurtilas xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Bukti lain turut menguatkan temuan tersebut adalah hasil penelitian International Association for the Evaluation of Educational Achievment (IAEA), melaporkan bahwa kemampuan membaca siswa SD Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Rata-rata skor membaca untuk SD adalah sebagai berikut: (1) Hongkong 755,5, (2) Singapura 74,0, (3) hailand 65,1, (4) Filipina 52,6, dan (5) Indonesia 51,7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak Indonesia hanya mampu menguasai 30% materi bacaan. Mereka menemukan kesulitan dalam membaca soal-soal berbentuk uraian yang memerlukan penalaran. Kesulitan ini terjadi karena mereka sangat terbiasa menghafal dan mengerjakan soal- soal pilihan ganda di samping proses pembelajaran yang tidak mendukung terhadap kemampuan penalaran dan praktik.
Baca lebih lanjut

314 Baca lebih lajut

sejarahindo kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

sejarahindo kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

dukungan dari Kerajaan Karangasem dan Klungkung. Sementara, pada tanggal 27 Juni 1846 telah datang pasukan Belanda berkekuatan 1.700 orang pasukan darat yang langsung menyerbu kampung-kampung di tepi pantai. Di samping itu, masih ada pasukan laut yang datang dengan kapal-kapal sewaan. Pertempuran sengit terjadi antara para pejuang dari Buleleng yang dibantu oleh para pejuang Karangasem dan Klungkung melawan Belanda. Selama dua hari para pemimpin, prajurit, dan rakyat Buleleng bertempur mati-matian. Mengingat persenjataan Belanda lebih lengkap dan modern, maka para pejuang Buleleng semakin terdesak. Benteng pertahanan Buleleng jebol dan ibu kota Singaraja dikuasai Belanda. Raja dan Patih Ketut Jelantik beserta pasukannya terpaksa mundur sampai ke Desa Jagaraga (sekitar 7 km sebelah timur Singaraja). Pasukan Belanda terus mendesak para pejuang dan memaksa Raja Buleleng untuk menandatangani perjanjian. Perjanjian ditandatangani pada tanggal 6 Juli 1846 yang isinya antara lain: (1) dalam waktu tiga bulan Raja Buleleng harus menghancurkan semua benteng Buleleng yang pernah digunakan dan tidak boleh membangun benteng baru; (2) Raja Buleleng harus membayar ganti rugi dari biaya perang yang telah dikeluarkan Belanda, sejumlah 75.000 gulden, dan raja harus menyerahkan I Gusti Ketut Jelantik kepada pemerintah Belanda; (3) Belanda diizinkan menempatkan pasukannya di Buleleng.
Baca lebih lanjut

266 Baca lebih lajut

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

prawira kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

2. Sumber daya yang Dibutuhkan dalam Usaha Makanan Khas Daerah Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan kuliner sangat luar biasa baik ragam maupun cita rasanya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Dari yang diolah secara tradisional hingga modern. Bahkan berbagai varian baru muncul sebagai hasil eksperimen dan modiikasi. Makanan khas daerah tersebut menggunakan bahan pangan nabati dan hewani yang menjadi potensi dan unggulan daerah. Beberapa daerah bahkan memiliki lebih dari satu makanan khas. Sebagai contoh Jawa Barat dengan bahan baku utama singkong, diolah makanan yang menjadi makanan khas daerah berupa tape, suwar-suwir (dodol tape), proll tape dan juga brownis tape. Rasanya pun sangat variatif. Hal itu menunjukkan bahwa usaha makanan khas daerah memanfaatkan sumber daya alam. Namun untuk membuat sebuah produk makanan khas daerah, bukan hanya sumber daya alam saja yang dibutuhkan. Sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat usaha makanan khas daerah adalah :
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

pakrisbp kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

pakrisbp kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

Bagaimana Allah membaharui kehidupan? Allah membaharui kehidupan melalui Roh Kudus. Kita bertumbuh menjadi orang beriman karena karya pembaharuan-Nya. Dalam Kisah Para Rasul 2 dikatakan bahwa setelah Petrus berkhotbah banyak orang menjadi percaya dan dibaptiskan. Dalam 2 Korintus 5:17 dikatakan bahwa kita semua adalah ciptaan baru. Pembaharuan itu merupakan pembaharuan total mencakup sifat dan karakter maupun keperca- yaan kita kepada Allah. Dalam kaitannya dengan pembaharuan hidup, Rasul Paulus mengatakan bahwa kalau hidup oleh Roh, maka kita tak akan menuruti keinginan daging (bdk. Gal. 5:16). Sebagai ganti perbuatan daging maka kita akan menghasilkan buah Roh, yakni “kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri” (Gal. 5:22-23). Sifat atau ciri-ciri ini adalah buah atau karya Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya. Walaupun demikian, kita harus mengatakan bahwa karya Roh Kudus ini merupakan suatu proses yang tidak sekali jadi, karena manusia masih terus melawan kemanusiaan yang lama yang dikuasai oleh keinginan daging. Orang percaya membutuhkan pembaharuan hidup secara terus-menerus karena setiap saat manusia dapat jatuh ke dalam dosa dan karena itu membutuhkan pembaharuan.
Baca lebih lanjut

242 Baca lebih lajut

pakatbp kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

pakatbp kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

penyelenggaraan yang istimewa memilih bagi diri-Nya suatu bangsa, untuk diserahi janji-janji-Nya. Sebab setelah mengadakan perjanjian dengan Abraham (lihat Kejadian 15:18) dan dengan bangsa Israel melalui Musa (lihat Keluaran 24:8), dengan sabda maupun karya-Nya Ia mewahyukan Diri kepada umat yang diperoleh-Nya sebegai satu-satunya Allah yang benar dan hidup sedemikian rupa, sehingga Israel mengalami bagaimanakah Allah bergaul dengan manusia. Dan ketika Allah bersabda melalui para Nabi, Israel semakin mendalam dan terang memahami itu, dan semakin meluas menunjukkannya di antara para bangsa (lihat Mazmur 21:28-29; 95:1-3; Yesaya 2:1-4; Yeremia 3:17). Adapun tata keselamatan, yang diramalkan, diceritakan dan diterangkan oleh para pengarang suci, sebagai sabda Allah yang benar terdapat dalam Kitab-kitab Perjanjian Lama. Maka dari itu kitab-kitab itu, yang diilhami oleh Allah, tetap mempunyai nilai abadi: “Sebab apapun yang tertulis, ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita karena kesabaran dan penghiburan Kitab Suci mempunyai pengharapan” (Roma 15:4).
Baca lebih lanjut

306 Baca lebih lajut

senibudaya kurtilas sem 1 x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

senibudaya kurtilas sem 1 x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

No Pernyataan 10 Menghormati dan menghargai guru ☐ Ya ☐ Tidak Test Tulis Jelaskan istilah-istilah dalam karya seni rupa berikut ini dan berikan contohnya: • Jenis • Medium • Bah[r]

242 Baca lebih lajut

matematika kurtilas xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

matematika kurtilas xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Coba kamu amati benda-benda yang bergerak di sekitar kamu. Benda-benda tersebut hanya berubah posisi tanpa mengubah bentuk dan ukuran. Sebagai contoh, kendaraan yang bergerak di jalan raya, pesawat terbang yang melintas di udara, bahkan diri kita sendiri yang bergerak kemana saja. Nah, sekarang kita akan membahas pergerakan objek tersebut dengan pendekatan koordinat. Kita asumsikan bahwa pergerakan ke arah sumbu x positif adalah ke kanan, pergerakan ke arah sumbu x negatif adalah ke kiri, pergerakan ke arah sumbu y positif adalah ke atas, dan pergerakan ke arah sumbu y negatif adalah ke bawah.
Baca lebih lanjut

346 Baca lebih lajut

ppkn kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

ppkn kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

Buku ini merupakan pedoman guru dalam mengelola program pembelajaran terutama dalam memfasilitasi peserta didik untuk mendalami Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagaimana terdapat dalam buku siswa. Materi pelajaran PPKn yang terdapat pada buku siswa akan diajarkan selama 1 (satu) tahun pelajaran. Sesuai dengan desain waktu dan materi, setiap bab akan diselesaikan dalam waktu 4 minggu atau 4 kali pertemuan. Agar pembelajaran lebih efektif, eisien, dan sistematis, secara umum, program pembelajaran setiap pertemuan dirancang terdiri dari: (1)Kompetensi Inti (2) Kompetensi dasar (3) Indikator Pencapaian Kompetensi (4) Materi dan Proses Pembelajaran, (5) Penilaian, (6) Remedial, (7 Pengayaan) dan (8) Interaksi Guru dan Orang tua.
Baca lebih lanjut

330 Baca lebih lajut

pjok kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

pjok kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (3) mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Atas dasar amanat tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 20 Pasal 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sedangkan Pasal 3 menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Baca lebih lanjut

282 Baca lebih lajut

matematika kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

matematika kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

Dalam bagian ini diuraikan hal-hal penting yang perlu diikuti guru pada saat menggunakan buku ini. Hal-hal esensial yang dijabarkan, antara lain sebagai berikut. (1) Pentingnya guru memahami model pembelajaran berbasis konstruktivis dengan pendekatan scientiic learning terkait sintaksis model pembelajaran yang diterapkan, sistem sosial, prinsip reaksi pengelolaan (perilaku guru mengajar di kelas), sistem pendukung pembelajaran yang harus dipersiapkan (berbagai fasilitas, misalnya buku siswa, lembar aktivitas siswa, media pembelajaran, instrumen penilaian, tugas-tugas yang akan diberikan), serta dampak intruksional dan dampak pengiring (sikap) yang harus dicapai melalui proses pembelajaran. (2) Mengorganisir siswa belajar (di dalam dan luar kelas) dalam memberi kesempatan mengamati data informasi, dan masalah kerja kelompok dalam memecahkan masalah, dan memberi bantuan jalan keluar bagi siswa. (3) Memilih model, strategi, dan metode pembelajaran untuk tujuan pembelajaran yang efektif. (4) Memilih sumber belajar yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran yang dipicu melalui pengajuan masalah, pemberian tugas produk, dan projek. (5) Petunjuk penggunaan asesmen otentik untuk mengecek keberhasilan aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. (6) Petunjuk pelaksanaan remedial dan pemberian pengayaan. A. Model dan Metode Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik
Baca lebih lanjut

186 Baca lebih lajut

bhsinggris kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

bhsinggris kurtilas x bukuguru rev2017 terampilmatematika blogspot com

Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu membentuk manusia Indonesia yang seutuhnya. Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi dan menitikberatkan pada terselenggaranya proses pembelajaran yang berkualitas sehingga dapat memfasilitasi tumbuh kembangnya potensi siswa dengan optimal. Dengan kata lain, Kurikulum 2013 berfungsi sebagai instrumen untuk mengarahkan siswa menjadi: (1) manusis berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; (2) manusis terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri; dan (3) warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab. Secara lebih spesiik, Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik tujuan sebagai berikut: mengembangkan keseimbangan antara kompetensi spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan agar siswa dapat menerapkannya dalam berbagai situasi baik di sekolah maupun di masyarakat; memberi waktu yang leluasa untuk mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; mengembangkan kompetensi inti yang menjadi unsur pengorganisasi kompetensi dasar; mengembangkan kompetensi dasar dengan menggunakan prinsip akumulatif, saling memperkuat, dan saling memperkaya antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan.
Baca lebih lanjut

226 Baca lebih lajut

bhsinggris kurtilas xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

bhsinggris kurtilas xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

CHAPTER 2 26 Opinions & Thoughts Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK Semester 1 KOMPETENSI DASAR 3.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional [r]

178 Baca lebih lajut

matematika kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

matematika kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Pada subbab ini, kita akan mengkaji bagaimana konsep trigonometri jika dipandang sebagai suatu fungsi. Mengingat kembali konsep fungsi pada Bab 3, fungsi f(x) harus terdeinisi pada daerah asalnya. Jika y = f(x) = sin x, maka daerah asalnya adalah semua x bilangan real. Namun, mengingat satuan sudut (subbab 4.1) dan nilai-nilai perbandingan trigonometri (yang disajikan pada Tabel 4.3), pada kesempatan ini, kita hanya mengkaji untuk ukuran sudut dalam derajat . Mari kita sketsakan graik fungsi y = f(x) = sin x, untuk 0 ≤ x2 π .
Baca lebih lanjut

226 Baca lebih lajut

senibudaya kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

senibudaya kurtilas sem1 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Fungsi Seni Rupa Tiga Dimensi Karya seni rupa tiga dimensi pada umumnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan karya-karya seni rupa murni patung, relief, monumen serta sen[r]

210 Baca lebih lajut

senibudaya kurtilas sem2 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

senibudaya kurtilas sem2 xi bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Karya seperti ini, juga karya Heri Dono di atas, perlu dijelaskan oleh seorang kurator, sehingga para pengunjung pameran dapat mengapresiasinya dengan baik Fungsi seorang kurator antara[r]

130 Baca lebih lajut

pakrisbp kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

pakrisbp kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Rangsangan seksual yang terus-menerus akan menciptakan dorongan biologis yang terus memuncak. Ketika dorongan seks menggebu-gebu, kedewasaan, kecerdasan, dan pendirian-pendirian serta iman seringkali tidak berfungsi, atau tersingkir untuk sementara. Banyak pasangan muda berkata bahwa ciuman itu normal. Karena ciuman itu adalah kenikmatan pada masa pacaran dan dianggap akan lebih mengikat tali kasih antara dua belah pihak. Itu adalah pendapat yang sangat keliru karena Alkitab memberikan penjelasan bahwa dampak dari hubungan itu akan membuat seorang merasa bersalah bahkan bisa mengubah sayang menjadi benci. Contoh 2 Samuel 13.1:15 mengisahkan tentang anak-anak Daud, Amnon dan Tamar. Amnon begitu mencintai Tamar, sampai-sampai ia jatuh sakit karena keinginannya untuk memiliki Tamar. Tetapi pada ayat 15 diceritakan setelah mereka jatuh pada dosa seks, timbullah suatu kebencian dalam diri Amnon terhadap Tamar. Ini berarti bercumbuan bukan merupakan jaminan akan cinta sejati. Birahi manusia hendaknya diwujudkan dalam suatu hubungan yang legal yang diberkati Tuhan. Ketika manusia melakukannya di luar hubungan yang legal dan diberkati Tuhan, cumbuan yang dilandasi birahi itu hanya dimotivasi oleh nafsu dan kepuasaan diri, sedangkan jika dilakukan dalam hubungan perkawinan yang diberkati Tuhan, hal itu menjadi sarana dalam mensyukuri kebaikan Allah sang Pencipta. Hubungan manusia yang lebih intim dan dalam diekspresikan dalam perkawinan. Seks dan berbagai kenikmatan yang ditimbulkan oleh cumbuan dan sentuhan merupakan misteri yang akan diungkapkan dalam suatu hubungan perkawinan. Cerita mengenai Amnon dan Tamar telah membuktikan hal itu, setelah mereka bercumbu dan melakukan hubungan intim di luar perkawinan, menikmati sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan, hubungan mereka menjadi rusak oleh kebencian.
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

pakatbp kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

pakatbp kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

Kitab-kitab ilahi seperti juga Tubuh Tuhan sendiri selalu dihormati oleh Gereja, yang – terutama dalam Liturgi Suci – tiada hentinya menyambut roti kehidupan dari meja sabda Allah maupun Tubuh Kristus, dan menyajikannya kepada Umat beriman. Kitab-kitab itu bersama dengan Tradisi Suci selalu dipandang dan tetap dipandang sebagai norma imannya yang tinggi. Sebab kitab-kitab itu diilhami oleh Allah, dan sekali untuk selamanya telah dituliskan, serta tanpa perubahan manapun menyampaikan sabda Allah sendiri, lagi pula mendengarkan suara Roh Kudus dalam sabda para Nabi dan para Rasul. Jadi semua pewartaan dalam Gereja seperti juga agama kristiani sendiri harus dipupuk dan diatur oleh Kitab Suci. Sebab dalam Kitab-Kitab Suci Bapa yang ada di Surga penuh cinta kasih menjumpai para putera-Nya dan berwawancara dengan mereka. Adapun demikian besarlah daya dan kekuatan sabda Allah, sehingga bagi Gereja merupakan tumpuan serta kekuatan, dan bagi putera- puteri Gereja menjadi kekuatan iman, santapan jiwa, sumber jernih dan kekal hidup rohani. Oleh karena itu bagi Kitab Suci berlakulah secara istimewa kata- kata: “Memang sabda Allah penuh kehidupan dan kekuatan” (Ibrani 4:12), “yang berkuasa membangun dan mengaruniakan warisan diantara semua para kudus” (Kisah Para Rasul 20:32; lihat 1Tesalonika 2:13)
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

paibp kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

paibp kurtilas x bukusiswa rev2017 terampilmatematika blogspot com

al-Karim Maha Pemurah, sehingga sebagai wujud keimanan tersebut, kita harus menjadi orang yang pandai membagi kebahagiaan kepada orang lain baik dalam bentuk harta atau bukan.. Wujud ked[r]

210 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...