UPAYA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BATU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA PELANGGAN

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

UPAYA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA BATU

DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA

PELANGGAN

Oleh: M.MAHRUS ( 02230110 )

of Goverment science

Dibuat: 2007-10-02 , dengan 2 file(s).

Keywords: Kualitas Pelayanan kepada pelanggan

PDAM sebagai salah satu bagian dari Badan Usaha Milik Daerah mempunyai peran penting dalam perputaran roda pemerintahan dan kesuksesan dalam melaksanakan segala aktivitas yang berkaitan dengan kepentingan publik, khususnya tentang penyediaan air bersih. Eksistensi PDAM juga menjadi sangat vital karena merupakan satu-satunya badan usaha yang difasilitasi oleh pemerintah daerah dalam penyediaan kebutuhan air bersih dan air minum.

Dalam menjalankan opersionalnya tentu saja PDAM mengalami kendala dan permasalahan di lapangan. Demikian juga yang terjadi di PDAM Kota Batu, berbagai permasalah muncul, antara lain keluhan pelanggan perihal tingginya intensitas kebocoran pipa yang mencapai 135,

kemudian air mati mencapai 411 pada bulan September sampai Desember tahun 2006, sebagaimana yang tertera dalam laporan pengaduan pelanggan.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan situasi dan kondisi apa adanya tanpa ada penambahan. Dan penelitian kualitatif ini juga merupakan penuturan dan menafsirkan data yang ada, misalnya tentang situasi yang dialami, suatu hubungan kegiatan, pendanaan, sikap yang menarik. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dokumetasi, observasi langsung ke lapangan, dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...