MODIFIKASI MESIN HONDA CB 100 DENGAN MENGGUNAKAN MESIN HONDA TIGER

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

MODIFIKASI MESIN HONDA CB 100 DENGAN MENGGUNAKAN MESIN HONDA TIGER

Dengan semakin berkembangya zaman banyak diciptakan berbagai kendaraan dengan kualitas yang lebih baik dari tahun ke tahun, maka kendaraan yang merasa terlupakan keberadaannya karena kemajuan teknologi. Kendaraan yang masih menggunakan teknologi lama tersebut dapat menjadi barang yang tidak dapat digunakan lagi karena bila terjadi kerusakan akan sulit mendapatkan spare part atau suku cadangnya, karena sudah tidak diproduksi lagi atau langka di pasaran. Berdasarkan fakta yang ada di pasaran, spare part Honda Tiger lebih banyak beredar di pasaran dari pada Honda CB 100. Oleh karena itu pemodifikasian ini dilakukan untuk mempermudah mengatasi masalah spare part kendaraan yang mengusung teknologi lama, yaitu modifikasi Honda CB 100 menggunakan komponen Honda Tiger”

(2)

mm. Hal ini bertujuan untuk membantu pemodifikasian pada rangka dan crank case dan pemasangan komponen lain.

Dari hasil modifikasi, komponen yang dimodifikasi antara lain pembubutan pada crank case CB standar dengan cara pengukuran dameter puring tiger terlebih dahulu baru kemudian dilakukan pembubutan, pengelasan pada crank case kanan Tiger dengan menutup permukaan lubang stater agar tidak terjadi kebocoran dan selanjutnya melakukan pencoakan pada sasis mesin agar crank case dapat masuk ke dalam dudukan mesin dengan baik. Dari uji berjalan yang telah dilakukan pengunaan bahan bakar satu liter pada ketiga kendaraan yang di uji yaitu Honda CB 100 standar konsumsi bahan bakar 1 liter dapat menempuh jarak 55 km/jam, sedangkan Honda CB modifikasi dengan penggunaan bahan bakar 1 liter dapat menempuh 40 km/ jam maka perbandingan antara Honda CB 100 standar dan modifikasi adalah 27%. Sedangkan Honda Tiger dengan penggunaan bahan bakar 1 liter dapat menempu jarak 46 km/jam dengan perbandingan 16% lebih boros dari pada Honda CB 100 standar, sedangkan tenaga mesin yang dihasilkan Honda CB 100 37,5% di bawah Honda CB modifikasi.

(3)
(4)

I.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring berkembangnya teknologi yang sangat pesat, maka manusia berlomba-lomba menciptakan suatu alat untuk mempermudah dalam melakukan aktifitas kerjanya. Salah satunya adalah alat tarspotasi, khususnya sepeda motor. Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi sepeda motor mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satu contoh adalah peralihan dari 2 langkah menuju 4 langkah dan berbagai inovasi lain berupa mesin kendaraan bermotor dengan alat secara digital dan didukung dengan teknologi injeksi yang semakin maju.

(5)

modifikasi mesin sepeda motor berteknologi lama yaitu Honda CB 100 menggunakan komponen mesin Honda Tiger, agar kendaraan tersebut dapat dipakai dengan mudah dan jika terjadi masalah pada mesin tidak akan kesulitan mendapatkan suku cadangnya. Karena berdasarkan fakta yang ada suku cadang Honda Tiger lebih mudah didapat dari pada suku cadang Honda CB 100. Pengujian Honda CB dan tiger dilakukan dengan cara pengujian berjalan untuk menghabiskan 1 liter bensin pada kecepatan rata-rata 60-80 km/jam, pengujian dilakukan untuk mengetahui perbandingan bahan bakar. Oleh karena itu, penulis mengangkat judul “ Modifikasi mesin Honda CB 100 ke mesin Honda Tiger ”agar kendaraan ini masih bisa digunakan dan tidak kesulitan mendapatkan suku cadangnya jika terjadi kerusakan yang mengharuskan mengganti suku cadangnya.

1.2 Tujuan Modifikasi

Adapun tujuan modifikasi adalah sebagai berikut :

1. Mengubah mesin Honda CB 100 ke mesin Honda Tigger

2. Melakukan pengujian prestasi mesin yang telah dilakukan pemodifikasian

1.3 Batasan Masalah

(6)

hanya membahas tentang modifikasi dan mekanisme pada perubahan langkah piston dan prestasi mesin.

1.4 Sistematika Penulisan

Sistematika yang digunakan pada penelitian ini adalah :

1. BAB I Pendahuluan

Berisikan tentang latar belakang tujuan penelitian, batasan masalah dan sistematika penulisan yang digunakan pada penelitian.

2. BAB II Tinjauan Pustaka

Berisikan mengenai uraian singkat tentang motor bakar dan mekanisme kerja dan komponen-komponen yang ada pada motor bakar.

3. BAB III Metodologi Penelitian

Berisikan tentang waktu dan termpat penelitian, alat dan bahan, diagram alur modifikasi, pelaksanaan penelitian, dan pengujian-pengujian.

4. BAB IV Data Dan Analisa

(7)

5. BAB V Kesimpulan Dan Saran

(8)

53

V. KESIMPULAN DAN SARAN

5.1Kesimpulan

Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dan dilakukan pengamatan terhadap pengujian yang telah dilakukan terhadap kecepatan, bahan bakar dan akselerasi yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Modifikasi yang dilakukan dengan menggunakan komponen mesin Honda Tiger berhasil dilakukan dengan baik.

2. Adapun komponen-komponen yang diganti dengan Honda Tiger antara lain : blok silinder, silinder head, kruk as, piston, gir an rantai timing, pengapian Tiger.

3. Modifikasi fisik yang telah dilakukan antara lain yaitu pembubutan crank case standar CB 100, pengelasan crank case Tiger dan melakukan pencoakan rangka mesin pada dudukan mesin agar memudahkan dalam pemasangan mesin pada rangka motor.

(9)

54

dikarenakan pengapian yang masih digunakan pada Honda CB modifikasi kurang pas dan dari pengabutan kaburator yang kurang sempurna.

5. Akselerasi pada Honda CB 100 5,6% dibawah dari akselerasi Honda CB 100 modifikasi yang sudah menggunakan komponen mesin Honda Tiger itu dikarenakan kapasitas mesin yang besar menjadi 200 cc dan sistem pengapian yang sudah menggunakan cdi.

5.2Saran

Adapun saran yang ingin disampaikan oleh penulis adalah sebagai berikut ; 1. Melakukan penyempurnaan di ruang bakar dan untuk meningkatkan

efesiensi pembakaran pada ruang bakar dengan membersihkan kerak pada silinder head dan klep pada silinder head.

2. Melakukan penyetelan titik pengapian yang pas, agar didapat proses pembakaran yang sempurna.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...