SKRIPSI. Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Sejarah.

Teks penuh

(1)

PERKEMBANGAN INDUSTRI KERAMIK MUSTIKA DAN

DAMPAKNYA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI

MASYARAKAT DESA KLAMPOK KECAMATAN

PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

TAHUN 2000-2013

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Pendidikan Sejarah

Disusun oleh: NUR AWALLIYAH R

1001020028

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

(2)
(3)
(4)
(5)

MOTTO

1. Tidak menyalahkan orang lain, adalah kunci utama untuk maju.

2. Kemarin adalah kenangan, hari ini adalah impian dan hari esok adalah harapan.

3. Melakukan semua dengan ketulusan,dan selalu berusaha menjadi yang terbaik.

4. Kehidupan mengajarkan aku kematian, cinta mengajarkanku pengorbanan dan sahabat mengajarkanku segalanya.

5. Hasil yang terbaik melalui proses yang rumit dan membutuhkan pengorbanan.

6. Pengalaman adalah guru yang terbaik.

(6)

HALAMAN PERSEMBAHAN

Skripsi ini penulis persembahkan kepada:

1. Alloh SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

2. Untuk Ibu terimakasih karena sudah sabar dalam mendidikku supaya nantinya aku tidak salah dalam bergaul, serta yang selalu menyelipkan namaku disetiap barisan do’a-do’anya. Selain itu Ibu juga sebagai tempat yang paling nyaman untukku berkeluh-kesah ketika aku ada masalah. Untuk Ayah terimakasih atas apa yang selama ini engkau berikan, kasih sayang yang engkau berikan begitu besar untukku hingga engkau rela banting tulang supaya aku bisa terus bersekolah dengan harapan aku bisa lebih baik kedepannya dari pada dirinya. Ayah terimasih, jasa-jasamu sungguh besar dan tak ternilai harganya, engkau juga tak pernah mengeluh atas apa yang engkau kerjakan, padahal mungkin engkau sakit karena lelah seharian bekerja. Ayah Ibu terimasih atas apa yang selama ini engkau berikan baik do’a, motifasi, dan juga dukungan sehingga aku bisa menyelesaikan skripsi ini dengan baik. Yaa Rabb..terimasih karena engkau telah mengirim dua orang malaikat pelindungku dimuka bumi ini, aku bahagia bisa menjadi bagian dari mereka.

3. Tidak lupa juga untuk adikku tersayang Lukmanujjahro yang selalu memberikan dukungan serta do’a.

(7)

4. Sahabat terbaikku Umbar R, Era M, Tyas S, Purwi K, dan Leni P yang telah banyak membantuku serta memberikan dorongan kepadaku untuk tidak putus asa. Trimasih sahabat semua jasa-jasamu takkan pernah aku lupakan.

5. Teman-teman seperjuanganku Umbar, Era, Tiyas, Purwi, Widi, Leni, Umi, Sutrismi, Firda, Rian, Maya, Dewi, Dastatun, Cucu, Arfan,Gayuh, Candra, dan Someone yang selalu memberikan dukungan satu sama lain semoga kita bisa lulus bersama dan bahagia bersama. Amin

6. Teman-teman satu angkatan 2010 Pendidikan Sejarah yang telah banyak memberikan saya masukan, motifasi, dan semangat semoga persahabatan kita takkan pernah berakhir sampai kapanpun.

7. Teman-teman kos Kalem (Eni, Leni, Handa, Ulfah, dan Puput) terimakasih selama ini kalian selalu ada dalam senang ataupun susah, dan teman berbagi cerita yang menyenangkan. terimakasih juga untuk do’a serta dukungan yang selama ini kalian berikan semoga persahabatan kita tidak akan berahir sampai kapanpun.

8. Sahabatku Dhiana R terimakasih sudah membantuku dalam penelitian, serta dukungan dan do’a yang selama ini engkau berikan, sehingga aku dapat menyelesaikan skripsi ini. Jasa-jasamu takan pernah aku lupakan dan semoga Alloh SWT membalas kebaikanmu. Amin

(8)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kondisi wilayah Desa Klampok (2) Perkembangan industri keramik Mustika di Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara dari tahun 2000-2013, dan (3) Dampak industri keramik Mustika terhadap kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode sejarah yaitu: 1) Heuristik 2) Kritik sejarah atau kritik sumber, ada 2 yaitu a. kritik ekstern dan b. Kritik intern 3) Interpretasi dan 4) Historiografi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara geografis letak wilayah Desa Klampok khususnya sangatlah strategis dan menguntungkan karena berada pada perbatasan atau sayap utara bagian barat antara Kabupaten Banjarnegara dengan Kabupaten Purbalingga, dan merupakan pintu gerbang masuk ke Kabupaten Banjarnegara (dari arah Kabupaten Purbalingga). Luas wilayah Desa Klampok yaitu 237.918 Ha. Perkembangan industri keramik Mustika itu sendiri mulai dari berdirinya usaha kerajian keramik yaitu pada tahun 1974. Akan tetapi dalam perkembangannya industri keramik Mustika menemui beberapa kendala. Namun semua permasalahan itu dapat diatasi dengan baik. Industri keramik Mustika sampai saat ini masih terus berproduksi dengan cara mempertahankan kekhasan keramik Desa Klampok. Dampak positif dari adanya industri keramik Mustika dapat mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Banjarnegara. Dari usaha kerajinan keramik bisa meningkatkan perekonomian di sekitar industri kerajinan keramik dan juga bisa meningkatkan perekonomian para pekerjanya.

(9)

ABSTRACT

This research aimed to fine out: (1) the area condition of Klampok Village (2) The development ceramic industry of Mustika in Klampok Village, Purwareja Klampok, Banjarnegara in 2000-2013 and (3) The impact of ceramic industry of Mustika toward the Klampok Villagers’ social economic condition. In this research, the researcher used historical method namely: 1) heuristic 2) historikal critic or source critic: a. Extern critic, b. Intern critic 3) interpretation and 4) historiography. From the research done, it showed that the geographic location of Klampok Village was very strategic and beneficial for it was located in the boundary or north wing at the west of the gate of Banjarnegara Regency and Purbalingga Regency and was the main entrance of Banjarnegara Regency (from Purbalingga Regency). The area of Klampok Village was 237.918 Ha. The development of Mustika ceramic industry started to run the business in 1974. However, in the development, there were some obstacles. All the problems had to be well solved. The development of Mustika ceramic industry is still going on until now, it still produces many by defending the typical of the Klampok’s ceramic. The good impact of the Mustika ceramic industry was it could increase the economy around the industry area and it could improve the workers’ income. Keywords: Ceramic Industry, Mustika, the History of economy social.

(10)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Alloh Swt, dengan segala berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Perkembangan Industri Keramik Mustika dan Dampaknya Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara Tahun 2000-2013”.

Skripsi ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa untuk menyelesaikan studi Strata Satu di Program Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hambatan dan rintangan yang penulis alami selama penyusunan skripsi ini bisa teratasi berkat bantuan dari berbagai pihak, baik material maupun spiritual. Untuk itu pada kesempatan ini dengan segala kerendahan dan ketulusan hati, penulis menyampaikan banyak terima kasih kepada :

1. Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, S.H., M.H., Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

2. Drs. Ahmad, M.Pd., Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. 3. Farida Luwistiana, S.Pd., M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah

Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

4. Drs. Suwarno, M.Si., Pembimbing I yang telah memberikan bimbingan serta pengarahan kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini.

5. Asep Daud Kosasih, M.Ag., Pembimbing II yang dengan penuh keikhlasan dan kesabaran memberikan bimbingan bagi penulis dalam penyusunan skripsi ini.

(11)

6. Dewan penguji skripsi program studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

7. Bapak Tri Mulyantoro, SH., Pimpinan industri keramik Mustika yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk melakukan penelitian serta informasi yang diberikan.

8. Ibu Siti Supiyah beserta karyawan industri keramik Mustika yang telah banyak memberikan bantuan, pengarahan, dan juga informasi kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi.

9. Semua pihak yang tidak dapat penulis sampaikan satu persatu, yang telah memberikan motivasi dalam terselesaikannya sekripsi ini.

Oleh karena itu, dengan adanya saran dan kritik yang membangun akan penulis terima dengan senang hati. Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan para pembacanya.

Purwokerto, 6 Agustus2014. Penulis

(12)

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

SURAT PERNYATAAN... iv HALAMAN MOTTO ... v HALAMAN PERSEMBAHAN ... vi ABSTRAK ... viii KATA PENGANTAR ... ix DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR TABEL ... xiii

DAFTAR GAMBAR ... xiv

DAFTAR LAMPIRAN ... xv

BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang masalah ... 1

B. Rumusan masalah ... 4

C. Tujuan penelitian ... 5

D. Manfaat penelitian ... 5

E. Tinjauan pustaka ... 6

F. Landasan teori dan pendekatan ... 10

G. Metode penelitian ... 20

H. Sistematika penelitian ... 24

BAB II KONDISI UMUM MASYARAKAT KLAMPOK A. Keadaan Geografis ... 25

B. Keadaan Demografis ... 27

C. Keadaan Sosial Ekonomi Desa Klampok Kecamatan Purwareja Klampok ... 31

BAB III PERKEMBANGAN INDUSTRI KERAMIK MUSTIKA DESA KLAMPOK A. Perkembangan Keramik di Indonesia ... 38

B. Awal mula Kerajinan Keramik Desa Klampok ... 43

(13)

BAB IV DAMPAK INDUSTRI KERAMIK MUSTIKA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KLAMPOK

A. Dampak Industri Keramik Mustika di Desa Klampok ... 75

B. Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat ... 79

C. Pandangan Masyarakat Mengenai Adanya Industri Keramik Mustika di Desa Klampok ... 83

BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan ... 88

B. Saran ... 89

DAFTAR PUSTAKA ... 90

(14)

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 1.Jumlah penduduk menurut usia... 28

Tabel 2.Jumlah penduduk menurut usia kerja... 28

Tabel 3.Jumlah penduduk menurut mata pencaharian ... 29

Tabel 4.Jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan ... 30

Tabel 5.Penduduk menurut agama ... 30

Tabel 6.Kelembagaan masyarakat ... 31

Tabel 7.Sarana pendidikan ... 33

Tabel 8.Sarana keamanan... 34

Tabel 9.Sarana pemerintahan ... 34

Tabel 10.Sarana kesehatan ... 35

Tabel 11.Sarana olahraga ... 35

Tabel 12.Sarana peribadatan ... 36

(15)

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 1. Motif batik daun ... 70

Gambar 2. Motif batik toraja ... 70

Gambar 3. Motif batik semen keraton... 71

Gambar 4. Motif batik klewer ... 71

Gambar 5. Motif angsa ... 72

Gambar 6. Motif kaligrafi ... 73

(16)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1.Peta Kabupaten Banjarnegara ... 93

Lampiran 2.Peta Kecamatan Purwareja Klampok ... 94

Lampiran 3.Peta Desa Klampok ... 95

Lampiran 4. Surat keputusan... 96

Lampiran 5. Pedoman wawancara ... 98

Lampiran 6.Surat permohonan ijin penelitian ... 99

Lampiran 7.Suratbukti wawancara... 100

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :