• Tidak ada hasil yang ditemukan

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA. Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL BIDANG KEGIATAN PKM GT. Disusun Oleh:

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA. Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL BIDANG KEGIATAN PKM GT. Disusun Oleh:"

Copied!
16
0
0

Teks penuh

(1)

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

“Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL”

BIDANG KEGIATAN PKM – GT

Disusun Oleh:

Soni Susilo 5301408019/2008 Nianda Aji Pratama 5301410016/2010

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEMARANG

(2)

i PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

“Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL”

BIDANG KEGIATAN PKM – GT

Disusun Oleh:

Soni Susilo 5301408019/2008 Nianda Aji Pratama 5301410016/2010

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEMARANG

(3)

ii HALAMAN PENGESAHAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Kegiatan : “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP & MySQL” 2. Bidang Kegiatan : ( ) PKM-AI ( √ ) PKM-GT

(Pilih salah satu)

3. Ketua Pelaksana Kegiatan

a. Nama Lengkap : Soni Susilo

b. NIM : 5301408019

c. Jurusan : Teknik Elektro

d. Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Negeri Semarang (UNNES) e. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Desa : Margorejo Rt/Rw: 01/07 Kec:

Margorejo, Kab: Pati /085641464249 f. Alamat email : sonisusilo@gmail.com

4. Anggota Pelaksana Kegiatan : 2 orang 5. Dosen Pendamping

a. Nama Lengkap dan Gelar : Anggraini Mulwinda, S.T,M.Eng

b. NIP : 197812262005012002

c. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Semarang/081802433073

Semarang, 27 Februari 2012 Menyetujui,

Ketua Jurusan Teknik Elektro Ketua Pelaksana Kegiatan

Drs. Suryono, M.T Soni Susilo NIP. 19550316198503 1 001 NIM. 5301408019 Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pendamping

Dr. Masrukhi,M. Pd. Anggraini Mulwinda, S.T,M.Eng NIP. 196205081988031002 NIP. 197812262005012002

(4)

iii KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT berkat rahmat, karunia, hidayah dan kehendak-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan yang diikutsertakan dalam PKM-GT tahun 2011 yang berjudul “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” dengan baik.

Selama proses penulisan karya tulis ini, kami banyak mendapat bantuan dan dukungan yang besar dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada:

1. Rektor Universitas Negeri Semarang, yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti kompetesi karya tulis mahasiswa.

2. Dekan fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang yang memberikan dorongan dan semangat dalam penyusunan karya tulis.

3. Bapak Drs. Djoko Adi Widodo M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang yang telah membantu kelancaran dalam penyusunan karya tulis.

4. Ibu Anggraini Mulwinda, S.T,M.Eng, selaku dosen pembimbing yang telah berkenan meluangkan waktu dengan tulus dan ikhlas memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis.

5. Semua pihak-pihak lain yang turut berperan dalam penulisan karya tulis ini. Semoga amal baik yang telah diberikan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Penulis menyadari menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik membangun sangat kami harapkan.

Semoga karya tulis ini bermanfaat dan dapat menjadi sumbangan yang bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dalam rangka membangun bangsa dan negara.

Semarang, Februari 2012

(5)

iv DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL... i

HALAMAN PENGESAHAN... ii

KATA PENGANTAR... iii

DAFTAR ISI... iv DAFTAR GAMBAR... v RINGKASAN... vi PENDAHULUAN Latar Belakang... 1 Tujuan ... 1 Manfaat... 1 GAGASAN Banyak Terjadi Kasus Pemalsuan Data Identitas di Indonesia... 2

“Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” Sebagai Jawaban Atas Banyaknya Kasus Pemalsuan Identitas yang Terjadi ... 2

Carakerja... 4

Teknik Implementasi Gagasan... 7

PENUTUP Kesimpulan... 8

Saran... 8

(6)

v DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Sistem Kerja PHP... 3

Gambar 2. Data Flow Diagram... 5

Gambar 3. Menu Admin... 6

Gambar 4. Menu User Penduduk... 6

(7)

vi RINGKASAN

Sering kali terjadi suatu penipuan data yang menggunakan KTP palsu dikarenakan semakin mudahnya seseorang memalsukan identitas, berakibat pada banyaknya masalah yang timbul seperti pada sensus penduduk yang perhitungannya tidak akurat, banyak terdapat daftar calon pemilih ganda pada pemilu, serta mempermudah terjadinya tindak kejahatan. Dan berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan kasus identitas palsu ini oleh Kepolisian dan pemerintah untuk mengusut tuntas serta menyelidiki semua oknum yang terlibat dalam kasus ini.

Berdasar banyaknya kerugian yang terjadi akibat identitas ganda maka diperlukan suatu sistem satu identitas yang akan dipakai seumur hidup. Sehingga penulis berfikir tentang suatu sistem identitas seumur hidup yang dimulai sejak seseorang lahir akan mendapatkan nomor identitas dan memiliki suatu penyimpanan data secara online yang dapat diisi kapan saja oleh pihak yang berwajib.

Sistem ini bekerja sebagai pencatat riwayat hidup seseorang sejak lahir hingga meninggal. Mulai sejak seseorang lahir akan dicatat identitasnya, ketika sekolah akan dicatat tanggal masuk sekolah dan lulus sekolah serta semua prestasi yang didapat. Hingga pindah pekerjaan serta pindah tempat tinggal selama hidup akan terus tercatat dan terpantau. Untuk menjaga keaslian data seseorang maka akan diambil sidik jari.

User yang menjalankan nantinya adalah dinas kependudukan dan catatan sipil yang akan bekerjasama dengan pihak terkait seperti Kepolisian, Dinas Pendidikan, Kelurahan dan pihak lainnya. Dalam pengisian data riwayat hidup seseorang diharapkan dapat memberikan data dengan akurat, sehingga dapat membantu semua masalah yang timbul dari identitas ganda yang telah terjadi saat ini.

Sistem ini akan dibuat menggunakan bahasa pemprograman PHP yang banyak dipakai untuk membuat website dinamis dan MySQL digunakan sebagai tempat penyimpanan dan pemasukan data, serta HTML sebagai pembangun tampilan halaman web. Prosesnya adalah ketika user membuka web browser akan melihat tampilan HTML, ketika user melakukan eksekusi pada menu web maka PHP akan memproses semua perintah dan mengambil data yang terdapat pada database MySQL dan mengirimkan hasil dalam format HTML pada web browser.

(8)

1

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sering kali terjadi suatu penipuan data yang menggunakan KTP palsu dikarenakan semakin mudahnya seseorang memalsukan identitas, dan berakibat pada banyaknya masalah yang timbul seperti sensus penduduk yang kurang akurat semisal seseorang bekerja di luar kota yang membuat KTP lagi akan menyebabkan daftar ganda. Saat pemilu banyak terjadi kecurangan dengan adanya pemilih ganda. Dengan KTP palsu seseorang bisa melakukan tindak kriminal penipuan seperti kredit benda berharga, penipuan nasabah bank, dan tindak kejahatan yang lainnya.

Dengan sedikit keahlian dalam bidang komputer seseorang bisa dengan mudah membuat KTP palsu yang hampir mirip dengan aslinya, cara membuat KTP palsu yang banyak digunakan untuk tindak kriminal salah satunya adalah dengan menscanning KTP yang asli dengan menggunakan scanning berkualitas tinggi yang sekarang ini sudah banyak terdapat pada rental, dengan sedikit kemampuan editing foto menggunakan software adobe photoshop sebuah KTP palsu akan tampak seperti asli.

Beredarnya berita tentang perginya narapidana Gayus Tambunan dari penjara yang tertangkap pada kamera seorang wartawan membuat masyarakat semakin resah dan ketidakpercayaan terhadap penegakan hukum di Indonesia. Dan berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan kasus identitas palsu ini oleh kepolisian dan pemerintah untuk mengusut tuntas serta menyelidiki semua oknum yang terlibat dalam mempermudah pembuatan identitas palsu yang ada di Indonesia.

Berdasar banyaknya kerugian yang terjadi akibat identitas ganda maka diperlukan suatu sistem satu identitas yang akan dipakai seumur hidup. Sehingga penulis berfikir tentang suatu sistem identitas seumur hidup yang dimulai sejak seseorang lahir akan mendapatkan nomor identitas dan memiliki suatu penyimpanan data secara online yang dapat diisi kapan saja oleh pihak berwajib yang akan terus dicatat riwayat hidupnya mulai sejak lahir hingga meninggal dunia.

Tujuan

Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah :

1. Mendesain sistem “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemprogramannya dan MySQL sebagai databasenya.

2. Mengetahui sistem kerja alat “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL”.

3. Mengimplementasikan alat “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” kepada masyarakat luas.

Manfaat

(9)

2

1. Diperoleh desain sistem “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” yang dapat menghindarkan pada tindak pemalsuan identitas. 2. Meminimalisir terjadinya pemalsuan atau identitas ganda yang ada di

Indonesia.

3. Dapat mempermudah pencarian dan mengidentifikasi riwayat hidup seseorang.

GAGASAN

Banyak Terjadi Kasus Pemalsuan Data Identitas di Indonesia

Terlalu mudahnya pembuatan KTP palsu, berakibat banyaknya kasus pemalsuan identitas terjadi di Indonesia yang saat ini belum juga terselesaikan. Dan berbagai upaya telah dilakukan untuk menghentikan kasus identitas palsu ini oleh kepolisian dan pemerintah untuk mengusut tuntas serta menyelidiki semua oknum yang terlibat dalam mempermudah pembuatan identitas palsu yang ada di Indonesia.

“Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” Sebagai Jawaban Atas Banyaknya Kasus Pemalsuan Identitas yang Terjadi

Dari kondisi tersebut, maka penulis mempunyai gagasan untuk meminimalisir terjadinya pemalsuan atau identitas ganda yang ada di Indonesia. Dengan suatu sistem identitas seumur hidup yang dimulai sejak seseorang lahir akan mendapatkan nomor identitas dan memiliki suatu penyimpanan data secara online yang dapat diisi kapan saja oleh pihak yang berwajib.

Sistem ini bekerja sebagai pencatat riwayat hidup seseorang sejak lahir hingga meninggal. Mulai sejak seseorang lahir akan dicatat identitasnya, ketika sekolah akan dicatat tanggal masuk sekolah dan lulus sekolah serta semua prestasi yang didapat. Hingga pindah pekerjaan serta pindah tempat tinggal selama hidup akan terus tercatat dan terpantau. Untuk menjaga keaslian data seseorang maka akan diambil sidik jari.

Sistem ini menggunakan PHP, MySQL, yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Bahasa Pemrograman PHP

PHP (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis. PHP adalah bahasa server-side scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman web yang dinamis. Maksud dari server-side scripting adalah sintaks dan perintah- perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan di server tetapi disertakan pada dokumen HTML. Pembuatan web ini merupakan kombinasi antara PHP sendiri sebagai bahasa pemrograman dan HTML sebagai pembangun halaman web. Ketika seorang pengguna internet akan membuka suatu situs yang menggunakan fasilitas server-side scripting PHP, maka terlebih dahulu server yang bersangkutan akan memproses semua perintah PHP di server lalu mengirimkan hasilnya dalam format HTML ke web browser pengguna internet tadi. Dengan demikian seorang pengguna internet

(10)

3

tidak dapat melihat kode program yang ditulis dalam PHP sehingga keamanan dari halaman web menjadi lebih terjamin.

Pada prinsipnya server akan bekerja apabila ada permintaan dari client. Dalam hal ini client menggunakan kode-kode PHP untuk mengirimkan permintaan ke server (dapat dilihat pada gambar dibawah). Ketika menggunakan PHP sebagai server-side embedded script language maka server akan melakukan hal-hal sebagai berikut :

 Membaca permintaan dari client/browser  Mencari halaman/page di server

 Melakukan instruksi yang diberikan oleh PHP untuk melakukan modifikasi pada halaman/page.

 Mengirim kembali halaman tersebut kepada client melalui internet atau intranet.

 PHP dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda (Windows, Linux, Unix, etc.)

PHP merupakan web scripting open source  PHP mudah dipelajari

Gambar 1. Sistem Kerja PHP 2. MySQL Server Database

<HTML> <?PHP echo “<B>Hello</B>”; <HTML> <B>Hello</B> Hello HTTP request WEB SERVER

CLIENT Browser creates the

web page

Server Response

(11)

4

MySQL adalah server basis data yang kompak dan kecil serta ideal untuk banyak aplikasi basis data on-line. MySQL mendukung SQL standar (ANSI), meskipun tidak selengkap subset yang menjadi standar seperti PostgreSQL.

MySQL dapat dijalankan di banyak platform dan memiliki kemampuan multithreading pada server UNIX. Pada lingkungan bukan UNIX, MySQL dapat dijalankan sebagai servis pada Windows NT dan sebagai proses normal pada mesin Windows 95/98. MySQL adalah server DBMS relasional SQL yang mendukung multithreading dan multi-user. MySQL mengimplementasikan client/server yang terdiri dari sebuah daemon server (servis di server) dan banyak program dan pustaka klien yang berbeda-beda.

Program client yang biasanya digunakan untuk mengakses server MySQL di Linux adalah program mysql. Program interaktif ini mengijinkan Anda mengakses server MySQL, menjalankan query dan menyaksikan hasilnya.

Untuk connect ke server, biasanya dibutuhkan username MySQL ketika Anda menjalankan mysql, dan biasanya juga password. Jika servernya berbeda dari komputer tempat Anda login, Anda juga harus menuliskan hostname-nya. Contohnya seperti berikut :

$ mysql –h host –u user –p Enter password: ********

Tanda*****menunjukkan password Anda, masukkanlah ketika mysql menampilkanEnter password:. Jika Anda berhasil login, Anda akan melihat

informasi introduction yang diikuti oleh prompt mysql> :

shell> mysql -h host -u user -p Enter password: ********

Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or \g. Your MySQL connection id is 459 to server version: 3.22.20a-log

Type 'help' for help. mysql>

Prompt ini menunjukkan bahwa mysql siap menerima perintah.

Beberapa instalasi MySQL memperbolehkan user untuk connect sebagai user ‘anonymous’ (tak bernama). Dalam hal ini, Anda dapat connect ke server tersebut dengan mysql tanpa option apa-apa. Setelah Anda berhasil terhubung, Anda dapat disconnect setiap saat dengan menuliskan QUIT pada prompt mysql.

Seperti yang dijelaskan diatas, sistem ini akan dibuat menggunakan bahasa pemprograman PHP yang banyak dipakai untuk membuat website dinamis dan MySQL digunakan sebagai tempat data serta HTML sebagai pembangun tampilan

(12)

5

halaman web. Prosesnya adalah ketika user membuka web browser akan melihat tampilan HTML, ketika user melakukan eksekusi pada menu web maka PHP akan memproses semua perintah dan mengambil data yang terdapat pada database MySQL dan mengirimkan hasil dalam format HTML pada web browser.

Cara kerja sistem ini akan dijelaskan sebagai berikut:

User yang menjalankan nantinya adalah dinas kependudukan dan catatan sipil yang akan bekerjasama dengan pihak terkait seperti Kepolisian, Dinas Pendidikan, Kelurahan dan pihak lainnya. Dalam pengisian data riwayat hidup seseorang diharapkan dapat memberikan data dengan akurat, sehingga dapat membantu semua masalah yang timbul dari identitas ganda yang telah terjadi.

Gambar 2. Data Flow Diagram

Semua dinas pemerintahan dapat mengakses seluruh data penduduk jika dibutuhkan dan menghubungi dinas kependudukan dan catatan sipil. Bagi operator pencari informasi umum diatas hanya dapat mengakses data umum yang dimiliki oleh penduduk seperti tempat tinggal, tanggal lahir, dan CV. User pencari informasi adalah pemilik data atau penduduk itu sendiri yang memiliki akun di dalam sistem ini dan memiliki hak untuk merubah data dengan melapor ke kantor kelurahan serta memakai keamanan sidik jari sebagai alat untuk mengetahui keaslian user.

Dari diagram diatas akan dijelaskan menu yang dapat diakses oleh masing-masing sebagai berikut: a. Menu Administrator Dinas Pendidikan Proses Pendataan Kepolisian Kelurahan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Proses Informasi Operator pencari informasi umum (perusahaan, umum) User pencari informasi penduduk

(13)

6

Gambar 3. Menu Admin

Pada menu administrator menampilkan edit dan tambah data yang digunakan untuk mengisi data penduduk.

b. Menu User Penduduk

Gambar 4. Menu User Penduduk

Pada menu user hanya menampilkan informasi lengkap tentang dirinya namun tidak bisa mengedit data, karena yang berhak adalah administrator.

c. Menu User Pencari Informasi Umum Menu Admin

Login

Display Menu

Tambah Data

Logout

Edit Data Kembali

Menu User

Login

Logout Info User Lengkap

(14)

7

Gambar 5. Menu User Umum

Pada menu user pencari informasi umum hanya menampilkan form untuk memasukkan nomor identitas yang kemudian akan menampilkan data umum seseorang yang dicari seperti CV.

Teknik Implementasi Gagasan

Dalam rangka mengimplementasikan gagasan berupa alat “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” maka perlu keterlibatan dari berbagai pihak untuk berperan dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut. Pihak – pihak yang diharapkan dapat ikut berperan antara lain :

1. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, yaitu dengan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang adanya sistem ini.

2. Media cetak dan elektronik, yaitu dengan menginformasikan sistem ini. Peran dari media cetak maupun informasi sangat dibutuhkan, karena kehidupan masyarakat tidak dapat lepas dari media tersebut.

3. Mengadakan pelatihan cara penggunaan sistem ini

Untuk meminimalisir adanya kejahatan akibat pemalsuan identitas adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Semakin banyaknya sistem yang pakai untuk kebaikan pasti juga banyak cara yang akan dipakai sekelompok orang untuk merusaknya. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk pengimplementasian sistem ini agar dapat dilakukan secara maksimal dan dimanfaatkan dengan baik.

PENUTUP

Menu User Informasi Umum

Form Pencarian

(15)

8

KESIMPULAN

Berdasarkan pembahasan atas permasalahan yang menjadi latar belakang karya tulis ini maka didapatkan kesimpulan sebagai berikut :

1. Pendesainan sistem “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” sebagai jawaban atas permasalahan dan kejahatan yang timbul akibat pemalsuan identitas.

2. Untuk mengimplementasikan sistem “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” diperlukan kerja sama dari berbagai pihak dalam hal mensosialisasikan sistem ini.

3. Dengan adanya alat “Portal ID Lifetime System Berbasis PHP dan MySQL” dapat mengurangi permasalahan dan kejahatan yang timbul akibat pemalsuan identitas.

SARAN

Adapun beberapa hal yang kami sarankan dari karya tulis ini sebagai berikut :

1. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk penyempurnaan sistem ini. 2. Diperlukan kerja sama dari berbagai pihak dalam upaya permasalahan dan

kejahatan yang timbul akibat pemalsuan identitas. DAFTAR PUSTAKA

Hakim Lukmanul.2008.Jalan Pintas Menjadi Master PHP. Jakarta: Lokomedia Hakim Lukmanul.2010.Membongkar Trik Rahasia Para Master PHP . Jakarta: Lokomedia

Hakim Lukmanul.2010.Buku Sakti Menjadi Programmer Sejati PHP . Jakarta: Lokomedia

Renaldy Hapsoro.2004. Langkah Demi Langkah Membangun Website Dengan

PHP . Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama

LAMPIRAN

NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK Ketua Pelaksana Kegiatan

Nama : Soni Susilo N I M : 5301408019

Fakultas/Jurusan : FT/ Pendidikan Teknik Elektro Semester : 6 (enam)

(16)

9

No. HP : 085641464249

E-mail : sonisusilo@gmail.com

Tempat,tanggal lahir : Pati, 13 Juli 1990

Alamat :Ds. Margorejo, RT/RW:01/07, Kec.Margorejo, Kab.Pati

Ttd

Soni Susilo

NIM.5301408019

Anggota 1 :

Nama : Nianda Aji Pratama N I M : 5301410016

Fakultas/Jurusan : FT/ Pendidikan Teknik Elektro Semester : 2 (dua)

No. HP : 085641519453

E-mail : sang_adji77@yahoo.co.id Tempat, tanggal lahir : Kab.Semarang, 22 Juni 1991

Alamat :Ds.Gentan, RT: 02, RW: 05, Kec.Susukan Kab.Semarang

Ttd

Nianda Aji pratama NIM. 5301410016

NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING

1. Nama : Anggraini Mulwinda, S.T,M.Eng 2. Golongan Pangkat dan NIP. : III A/197812262005012002 3. Jabatan Fungsional : Dosen Teknik Elektro

4. Jabatan Struktural : Dosen Teknik Elektro

5. Fakultas/Program Studi : Fakultas Teknik/Teknik Elektro

6. Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Semarang ( UNNES) 7. Bidang Keahlian : Logika Matematika Teknik

Ttd

Anggraini Mulwinda, S.T,M.Eng NIP. 197812262005012002

Gambar

Gambar 1. Sistem Kerja PHP  2.  MySQL Server Database
Gambar 2. Data Flow Diagram
Gambar 3. Menu Admin
Gambar 5. Menu User Umum

Referensi

Dokumen terkait

Adapun penentuan faktor perolehan minyak saat sumur telah berproduksi bisa dilakukan dengan metode simulasi reservoir, analisis decline curve, dan metode

• Informasi yang digunakan bersumber dari buku ensiklopedia mengenai tanaman obat, buku-buku tanaman herbal.. • Penerapan semantic web pada penggunaan ontologi tanaman obat

Dari hasil penelitian pengaruh pemberian Tolak Angin Anak Cair terhadap indeks fagositosis yang diisolasi dari makrofag peritoneal pada mencit Swiss ini

Dengan terbentuknya Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara,

Penelitian ini memaparkan relevansi analisis piranti kohesi gramatikal dan leksikal dalam naskah drama Ayahku Pulang memiliki potensi untuk digunakan sebagai bahan

Sementara itu dalam paparannya, Rully mengatakan bahwa perikanan dan kelautan 4.0 adalah pengembangan industri perikanan dan kelautan berbasis sumberdaya manusia, teknologi

Populasi sasaran dalam penelitian adalah nyamuk Ae. Populasi sumber dalam penelitian adalah nyamuk Ae. aegypti yang berasal dari daerah endemis DBD di dataran

Hasil penelitian studi kinetika adsorpsi tartrazina oleh Kitosan K2 pada Gambar 4 menunjukkan bahwa model adsorpsi yang diikuti adalah model adsorpsi orde dua-semu