• Tidak ada hasil yang ditemukan

PenulisanHukum. (Skripsi)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PenulisanHukum. (Skripsi)"

Copied!
16
0
0

Teks penuh

(1)

PENEGAKAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN SUKOHARJO OLEH BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DI TINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI

SIPIL

PenulisanHukum (Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk Melengkapi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Derajat S1 dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

Surakarta

Oleh:

PUPUT SUWONDO PUTRA NIM. E0011249

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)
(3)
(4)
(5)

ABSTRAK

Puput Suwondo Putra,E0011249. PENEGAKAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN SUKOHARJO OLEH BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DI TINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Kabupaten Sukoharjo yang di lakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo serta mengetahui hambatan dan solusi dalam penegakan disiplin Pegawai Negeri Sipil ditinjau dari Peraturan Pemerintah Nomer 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, data yang diperoleh merupakan data dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumen. Selanjutnya untuk menganalisis data yang ada dengan menggunakan analisis kualitatif

Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil peran Badan Kepegawaian Daerah dalam penegkan disiplin pegawai negeri sipil cukup besar peranannya, kegiatan yang dilakukan dalam usahanya guna penegakan disiplin antara lain Membagikan copyan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010, Sosialisasi, Pemberian sanksi kepada pejabat yang berwenang menghukum meruhal itu merupakan solusi dari kendala-kendala dalam penegakan disiplin.

(6)

ABSTRAK

Puput Suwondo Putra, E0011249.DISCIPLINARY ENFORCEMENT OF CIVIL SERVANTS IN THE DISTRICT SUKOHARJO STAFFING AGENCY BY REGIONS IN REVIEW OF GOVERNMENT REGULATION NUMBER 53 OF 2010 CONCERNING THE DISCIPLINE OF CIVIL SERVANTS.

This study aims to determine the Civil Servant Discipline Enforcement in Government Sukoharjo undertaken by the Regional Employment Board Sukoharjo and knowing the obstacles and solutions in the Civil Service disciplinary review of Government Regulation Number 53 of 2010 on Discipline of Civil Servants.

This study is an empirical law, the data obtained is the data of the Regional Employment Board Sukoharjo in collecting data using interview techniques, observation and documents. Furthermore, to analyze the existing data using qualitative analysis

Based on the results of this study showed the role of Regional Employment Agency in straightening of discipline civil servants fairly large role, the activities carried out in its efforts to enforce discipline among others Sharing duplicated Government Regulation No. 53 Year 2010, Socialization, granting sanction to the authorities punish meruhal it is a solution of the constraints in enforcing discipline.

(7)

MOTTO

“Kegagalan hanya terjadi bila kiya menyerah” (Lessing)

“Kebaikan tidak bernilai selama diucapkan akan tetapi bernilai sesudah dikerjakan” (Anonim)

“Ilmu itu bukan yang di hafal tetapi yang member manfaat” (Imam Syafi’i)

(8)

PERSEMBAHAN

Atas berkat izin dan rahmat Allah SWT, karya ini penulis persembahkan untuk : 1. Almamater Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

2. Orang tua tercinta 3. Keluarga tersayang 4. Teman-teman

(9)

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarakatuh

Alhamdulilaahiroobbil’aalamiin, segala puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat dan rahmat Allah SWT sehingga Penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Penulisan Hukum (Skripsi) yang berjudul “PENEGAKAN DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL DI KABUPATEN SUKOHARJO OLEH BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DI TINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI NEGERI SIPIL”.

Penulisan Hukum (Skripsi) ini merupakan salah satu syarat untuk memperoleh derajat sarjana (S1) Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dengan adanya Penulisan Hukum (Skripsi) ini, penulis dapat menerapkan pengetahuan yang telah penulis peroleh selama proses belajar.

Penulis menyadari bahwa penulisan hukum (skripsi) ini tidak akan selesai tanpa bimbingan, dukungan, bantuan, dan doa dari berbagai pihak. Maka penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberi bantuannya:

1. Prof. Dr. Supanto S.H.,M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2. Ibu Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi H. SH., MM. selaku Kepala Bagian Hukum Adminitrasi Negara, Fakultas Hukum Universits Sebelas Maret.

3. Bapak Dr.Djoko Wahju Winarno SH.,MS., selaku Pembimbing I dalam penulisan hukum (skripsi) ini yang telah memberikan arahan, bimbingan, saran, kritik, dan motivasi bagi penulis untuk menyelasaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

4. Ibu Rosita Candrakirana SH.,MH., selaku Pembimbing II dalam penulisan hukum (skripsi) ini yang telah memberikan arahan, bimbingan, saran, kritik, dan motivasi bagi penulis untuk menyelasaikan penulisan hukum (skripsi) ini.

5. Ibu Diah Apriani Atika Sari SH.,LLM., selaku pembimbing akademik, atas nasihat dan motivasi yang berguna bagi penulis selama belajar di Fakutas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

6. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada penulis.

(10)

7. Ketua Bagian PPH Ibu Sri Wahyuningsih Yulianti, S.H.,M.H., dan Tim Pengelola dan Penulisan Hukum yang banyak membantu Penulis dalam kelancaran penulisan hukum (skripsi) ini.

8. Bapak dan Ibu staff perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang telah membantu menyediakan berbagai bahan referensi untuk melengkapi penulisan hukum (skripsi) ini.

9. Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo yang telah memperbolehkan saya melakukan penelitian di sana.

10. Orang tua segenap keluarga penulis yang selalu mendukung secara moril dan materiil, yang dengan sabar membimbing mendoakan dan selalu mengingatkan penulis, terimakasih atas cinta kasih kalian.

11. Teman-teman Sepermainan Wahyu, Alip, Yanuar yang tiada hentinya memeberikan bantuan dan mendukung saya dalam mengerjakan skripsi ini.

12. Sahabat-sahabatku Dimas, Dery, Hindrawan, Soegondo yang memberikan dukungan tanpa hentinya kepada saya.

13. Teman-teman Jamur Jamal, Hardika, Safiul, Putro yang meluangkan tempat dan waktunya bagi saya sehingga saya dapat menyelesaiakn skripsi ini.

14. Teman-teman parkiran mushola Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (Hardika, Rifan, Dery, Putro, Bifa, Gagang, Aris, Candra, Paimo, Uji, Haikal, Yogo, Hisyam, Aziz, Nugraha, Hergia, Tunjung, Herlambang, Bos Dila, Taufan, Dion) yang memberikan semangat dan keceriaan bagi penulis untuk menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) ini. 15. Teman-teman KKN Desa Bonagung Agree, Arief, Aga, Hanofa, Ariska, Esti, Dewi,

Karlina.

16. Teman-teman angkatan 2011 Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret yang telah banyak memberikan pelajaran berharga dan bagi penulis.

17. Semua pihak yang telah memberikan dukungan dukungan moril dan materiil bagi penulis.

Penulis menyadari bahwa Penulis Hukum (Skripsi) ini masih jauh dari sempurna, untuk itu saran dan kritik yang bersifat konstrukstif, sangat Penulis harapkan demi perbaikan penulisan hukum selanjutnya. Demikian semoga penulisan hukum (skripsi) ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak.

(11)

Wassalamualaikum Warrahmatullohi Wabarakatuh.

Surakarta, 29 September 2015

(12)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

HALAMAN PERNYATAAN ... iv

ABSTRAK ... v

ABSTRACT ... vi

HALAMAN MOTTO ... vii

HALAMAN PERSEMBAHAN ... viii

KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR GAMBAR ... xv

DAFTAR TABEL ... xvi

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 4

C. Tujuan Penelitian ... 4

D. Manfaat Penelitian ... 5

E. Metode Penelitian ... 6

F. Sistematika Penulisan Hukum ... 10

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kerangka Teori ... ……….. 12

1. Tinjauan Otonomi Daerah ... 12

2. Tinjauan Penegak Hukum ... 12

3. Tinjauan Pengertian Disiplin Pegawai Negeri Sipil ... 14

4. Tinjauan Aparatur Sipil Negara ... 15

a. Pegawai Negeri SIpil ……… ... 15

1) Pengertian Pegawai Negeri Sipil Daerah ... 17 a) Fungsi dan Tugas Pegawai Negeri Sipil

(13)

Daerah.. ... 17

b) Kedudukan, Kewajiban dan Hak Pegawai Negeri Sipil daerah ………... 18

2) Pegawai Negeri Sipil Pusat ……… ... 19

b. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ... 19

5. Tinjauan Umum Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo……… ... 20

6. Tinjauan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil…… ... 20

B. Kerangka Pemikiran ... 32

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian ………... 34

1. Gambaran Umum Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo……… 34

a. Sejarah Pembentukan ……….. ... 34

b. Visi dan Misi ………. ... 36

c. Tugas Pokok, Fungsi dan Uraian Tugas ………… ... 37

d. Susunan Organisasi…….. ... 38

e. Komposisi Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo ……… ... 43

2. Data Jumlah Pelanggaran dan Jenis Pelanggaran .. ... 45

3. Data Pegawai di Kabupaten Sukoharjo ……… ... 47

4. Program-program dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo untuk Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sukoharjo………. ... 49

B. Pembahasan……… ... 50 1. Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten

Sukoharjo oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo di Tinjau dari Peraturan Pemerintah Nomor 53

(14)

Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil ………. ... 50

a. Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil ... 50 b. Peran Badan Kepegawaian Daerah Dalam Pelaksanaan

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil ... 57 c. Tahapan Penyelesaian Kasus Pelanggaran Disiplin ... 59 d. Analisis Teori Friedman ... 69 2. Kendala-kendala dalam Penegakan Disiplin Pegawai Negeri

Sipil di Kabupaten Sukoharjo oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo ... 71 3. Solusis dalam upaya menangani kendala-kendala Penegakan

Disiplin Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Sukoharjo oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sukoharjo ... 72 BAB IV PENUTUP

A. Simpulan ... 74 B. Saran ... 75 DAFTAR PUSTAKA ... 77

(15)

Daftar Gambar

1. Gambar 1. Model Analisis Interaktif ... 10 2. Gambar 2. Kerangka Pemikiran ... 33 3. Gambar 3. Susunan Organisasi Badan Kepegawaian Daerah

Kabupaten Sukoharjo ... 44 4. Gambar 4. Bagan Proses Pemanggilan ... 61 5. Gambar 5. Skema Pemeriksaan ... 64

(16)

Daftar Gambar

1. Tabel 1. Komposisi Pegawai BKD Berdasarkan Jenis Kelamin ... 45 2. Tabel 2. Komposisi Pegawai BKD berdasarkan Pangkat ... 45 3. Tabel 3. Komposisi Pegawai BKD berdasarkan Tingkat Pendidikan . 46 4. Tabel 4. Data Hukuman Disiplin Berdasarkan Tingkat Hukuman

Disiplin Tahun 2010-2015 ... 47 5. Tabel 5. Data Hukuman Disiplin Berdasarkan Jenis Hukuman

Disiplin Tahun 2010-2015 ... 48 6. Tabel 6. Data Jumlah Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Sukoharjo

Berdasarkan Jenis Kelamin dan Tingkat Pendidikan ... 48 7. Tabel 7. Data Distribusi Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten

Sukoharjo Berdasarkan Golongan Ruang dan Eselon ... 49 8. Tabel 8. Data Hukuman Disiplin Berdasarkan Tingkat hukuman

Disiplin Tahun 2010-2015 ... 53 9. Tabel 10. Data Hukuman Disiplin Berdasarkan Jenis Hukuman

Referensi

Dokumen terkait

Apabila diterapkan dalam suatu kewenangan dalam hal ini ialah suatu penerapan kewenangan organ pemerintah untuk melakukan tindakan nyata dalam mengakhiri situasi yang

Alhamdulillah, segala puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat dan rahmat Allah SWT sehingga Penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Penulisan Hukum

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Nomor : 07 Tahun 2003 tentang Rumah Sakit Umum Swadana Daerah Tarutung yang mengemban tugas membantu Bupati

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat rahmat, dan hidayah-NYA, penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran

Menurut data geologi sebagian daerah pedataran Di Daerah Kabupaten Kotawaringi Timur dan Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah mengandung sumberdaya endapan gambut

Relasi ini digunakan apabila terdapat dua atau lebih aktor melakukan hal yang sama (use case yang sama). Use case tersebut kemudian dipisahkan dan dihubungkan dengan

P SURABAYA 03-05-1977 III/b DOKTER SPESIALIS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH RSUD Dr.. DEDI SUSILA, Sp.An.KMN L SURABAYA 20-03-1977 III/b ANESTESIOLOGI DAN

Kesimpulan dari penelitian ini adalah surat kabar harian Media Indonesia dalam  berita ini menonjolkan fakta bahwa kasus pembunuhan anak yang dilakukan oleh seorang ibu memang