Laporan Penilaian Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak

51 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

MATERI POKOK

PROGRAM DIKLAT KOMPETENSI

Penulis

Drs. Edi Saepudin, M.Pd

Tim Penyunting

Dra. Heni Juheni, M.Si Desi Ermayani, S.Pd Aam Sudrajat, S.Si, M.Ed

Ilustrator Pewajahan

Eko Haryono, S.Pd, M.Pd

Cetakan Pertama, Maret 2012

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (BPSDMP PMP)

PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN LUAR BIASA

(PPPPTK TK DAN PLB) BANDUNG – TAHUN 2012

Milik Negara Tidak Diperdagangkan

Laporan Penilaian Perkembangan Anak

di Taman Kanak-Kanak

 

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

(2)
(3)

Dalam upaya meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, menuju terwujudnya guru TK dan PLB yang profesional, pada tahun 2012 Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK dan PLB) Bandung akan mengimplementasikan Pendidikandan Pelatihan (Diklat) Berbasis Kompetensi (Competence Based Training). Kurikulum Diklat dirancang dengan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Untuk mampu memenuhi tuntutan ketersediaan dan kesesuaian bahan diklat ini, maka disusun modul yang komprehensif dan mudah dipahami disesuaikan dengan tuntutan kompetensi dan kebutuhan peserta diklat.

Modul Diklat yang berjudul Laporan Penilaian Perkembangan Anak di Taman Kanak-Kanak ditulis oleh Saudara Drs. Edi Saepudin, M.Pd ini merupakan salah satu modul dari delapan modul yang digunakan pada Diklat Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini yang berada pada jenjang dasar. Modul ini terdiri atas tiga materi pokok, yang masing-masing memuat indikator keberhasilan, uraian materi, latihan, rangkuman, evaluasi, dan umpan balik.

Modul ini digunakan secara langsung melalui kegiatan tatap muka diklat dan sekaligus sebagai bahan kegiatan belajar mandiri para peserta. Melalui langkah ini efisiensi dan optimalisasi diklat diharapkan dapat diwujudkan.

Kami berharap, modul-modul yang sudah disusun dapat menjadi referensi pokok dalam pelaksanaan diklat. Untuk memperluas wawasan peserta diklat disarankan untuk menggunakan referensi lain yang relevan.

Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyusunan modul ini.

Bandung, Maret 2012

Kepala PPPPTK TK dan PLB Bandung,

E. Nurzaman, A.M

(4)

                           

(5)

KATA PENGANTAR ...i 

DAFTAR ISI ... iii 

PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL ... iii 

PENDAHULUAN ... 1 

A.  Latar Belakang ... 1 

B.  Deskripsi Singkat ... 1 

C.  Tujuan Pembelajaran ... 1 

D.  Materi Pokok dan Sub Materi Pokok ... 2 

MATERI POKOK 1 PROSEDUR PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK TK ... 3 

A.  Indikator Keberhasilan ... 3 

B.  Uraian dan Contoh ... 3 

1. Prosedur Penilaian Perkembangan Anak TK ... 3 

C.  LATIHAN ... 8 

D.  RANGKUMAN ... 9 

E.  EVALUASI ... 9 

F.  UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT ... 11 

MATERI POKOK 2 PROSES PENILAIAN PERKEMBANGAN TK ... 12 

A.  Indikator Keberhasilan ... 12 

B.  Uraian dan Contoh ... 12 

1. Perencanaan Penilaian Perkembangan TK ... 12 

2. Pelaksanaan Penilaian Perkembangan TK ... 12 

C.  LATIHAN ... 21 

D.  RANGKUMAN ... 21 

E.  EVALUASI ... 22 

F.  UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT ... 24 

MATERI POKOK 3 PENGELOLAAN PENILAIAN PERKEMBANGAN TK ... 25 

A.  Indikator Keberhasilan ... 25 

B.  Uraian dan Contoh ... 25 

1. Bentuk Pelaporan ... 25 

(6)

3. Teknik Melaporkan Hasil Penilaian ... 34 

C.  LATIHAN ... 36 

D.  RANGKUMAN ... 36 

E.  EVALUASI ... 37 

F.  UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT ... 39 

PENUTUP ... 40  KUNCI JAWABAN ... 41  DAFTAR PUSTAKA ... 42  GLOSARIUM ... 43                           

(7)

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan modul ini sebagai bahan pelatihan, beberapa langkah berikut ini perlu menjadi perhatian para peserta pelatihan.

1. Lakukan pengecekan terhadap kelengkapan modul ini, seperti kelengkapan halaman, kejelasan hasil cetakan, serta kondisi modul secara keseluruhan. 2. Bacalah petunjuk penggunaan modul serta bagian Pendahuluan sebelum

masuk pada pembahasan materi pokok.

3. Pelajarilah modul ini secara bertahap dimulai dari materi pokok 1 sampai tuntas, termasuk didalamnya latihan dan evaluasi sebelum melangkah ke materi pokok berikutnya.

4. Buatlah catatan-catatan kecil jika ditemukan hal-hal yang perlu pengkajian lebih lanjut atau disampaikan dalam sesi tatap muka.

5. Lakukanlah berbagai latihan sesuai dengan petunjuk yang disajikan pada masing-masing materi pokok. Demikian pula dengan kegiatan evaluasi dan tindak lanjutnya.

6. Disarankan tidak melihat kunci jawaban terlebih dahulu agar evaluasi yang dilakukan dapat mengukur tingkat penguasaan peserta terhadap materi yang disajikan.

7. Pelajarilah keseluruhan materi modul ini secara intensif. Modul ini dirancang sebagai bahan belajar mandiri persiapan uji kompetensi.

(8)
(9)

A. Latar Belakang

Kegiatan penilaian merupakan salah satu ciri yang melekat pada pendidik. Seorang pendidik selalu menginginkan umpan balik atas proses pembelajaran yang telah dilakukannya. Selain itu, pendidik juga menginginkan informasi tentang cara atau metode yang sudah digunakannya dalam proses pembelajaran. Proses penilaian, bagi pendidik, dapat menjadi sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Hasil penilaian dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi pendidik untuk secara arif memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Modul ini merupakan kelanjutan dari modul sebelumnya. Oleh karena itu, sebelum Anda mempelajari modul ini Anda harus menguasai modul sebelumnya.

B. Deskripsi Singkat

Modul ini membahas tentang laporan penilaian perkembangan anak usia TK seperti melaksanakan proses penilaian perkembangan anak usia TK, melakukan pengelolaan hasil penilaian perkembangan anak usia TK, menyusun hasil laporan penilaian perkembangan anak usia TK, dan melakukan tindak lanjut dan rekomendasi penilaian perkembangan anak usia TK.

C. Tujuan Pembelajaran

Sedangkan tujuan dari penulisan modul ini adalah:

a. Peserta mampu menjelaskan prosedur penilaian perkembangan di TK b. Peserta mampu memahami proses penilaian perkembangan di TK c. Peserta mampu memahami pengelolaan penilaian perkembangan di TK

(10)

D. Materi Pokok dan Sub Materi Pokok

Modul Laporan penilaian Perkembangan Anak di TK membahas:

Materi pokok 1 membahas Prosedur Penilaian perkembangan anak di TK pembahasannya meliputi prosedur penilaian di TK yang dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari. Dimana penilaiannya sudah dicantumkan dalam RKH yang dibuat pendidik saat itu.

Materi pokok 2 membahas Proses penilaian perkembangan di TK pembahasannya meliputi Perencanaan Penilaian perkembangan di TK, dan Pelaksanaan Penilaian perkembangan di TK.

Materi pokok 3 membahas Pengelolaan penilaian perkembangan di TK pembahasannya meliputi Bentuk Laporan penilaian perkembangan di TK, dan Pola penilaian perkembangan di TK, Teknik pelaporan penilaian perkembangan di TK, serta Tindak lanjut dan Rekomendasi penilaian perkembangan anak di TK.

Pada akhir modul disajikan latihan dan evaluasi, latihan berupa apa yang harus Anda lakukan (praktekkan) selama diklat ini berlangsung dalam mendalami konsep yang diberikan, dan evaluasi untuk mengukur sejauh mana Anda menguasai materi yang diberikan pada setiap materi pokok yang diberikan.

Semoga modul Laporan penilaian Perkembangan Anak di TK ini berguna bagi Anda, dan selamat bekerja !

.

(11)

MATERI POKOK 1

PROSEDUR PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK TK

A. Indikator Keberhasilan

Peserta mampu menjelaskan prosedur penilaian perkembangan di TK.

B. Uraian dan Contoh

1. Prosedur Penilaian Perkembangan Anak TK

Penilaian yang dilakukan harus memiliki asas keadilan dan kesetaraan serta objektivitas yang tinggi. Keadilan dalam penilaian berarti bahwa setiap peserta didik diperlakukan sama sehingga penilaian itu tidak menguntungkan atau merugikan salah satu atau sekelompok peserta didik yang dinilai. Selain itu, penilaian harus adil dalam arti tidak membedakan latarbelakang peserta didik.

Ditinjau dari tugas pendidik, kegiatan penilaian merupakan salah satu ciri yang melekat pada pendidik profesional. Seorang pendidik selalu menginginkan umpan balik atas proses pembelajaran yang telah dilakukannya. Selain itu, pendidik profesional juga menginginkan informasi tentang cara atau metode yang sudah digunakannya dalam proses pembelajaran. Proses penilaian, bagi pendidik, dapat menjadi tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Hasil penilaian dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi pendidik untuk secara arif memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Prosedur penilaian di Taman kanak-Kanak menurut Kurikulum Taman Kanak-kanak. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Tahun 2010 dijelaskan sebagai berikut :

a. Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada tingkat pencapaian perkembangan, serta Indikator yang hendak di capai dalam satu satuan kegiatan yang direncanakan dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang telah dilakukan.

(12)

b. Penilaian dilakukan secara integratif dengan kegiatan pembelajaran. Artinya guru tidak secara khusus melaksanakan penilaian, tetapi menyatu dengan aktifitas pembelajaran dan kegiatan bermain berlangsung. Dalam pelaksanaannya penilaian sehari-hari, guru mengacu pada indikator standar tingkat yang pencapaian perkembangan merupakan penjabaran dari capaian perkembangan dan potensi perkembangan peserta didik, yang akan dicapai seperti yang telah diprogramkan dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH)

c. Cara pencatatan hasil penilaian harian dilaksanakan sebagai berikut: 1) Catatan hasil penilaian harian perkembangan anak dicantumkan pada

kolom penilaian di rencana kegiatan harian (RKH).

2) Anak yang Belum Berkembang (BB) perkembangan sesuai dengan indikator seperti diharapkan dalam RKH atau dalam melaksanakan tugas selalu dibantu guru, maka pada kolom penilaian dituliskan nama anak dan diberi tanda satu bintang ( ★ ).

3) Anak yang sudah mulai berkembang (MB) sesuai dengan indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapat tanda dua bintang (★ ★ ).

4) Anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) pada indikator dalam RKH mendapat tanda tiga bintang ( ★ ★ ★ ).

5) Anak yang berkembang sangat baik (BSB) melebihi indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapat tanda empat bintang ( ★ ★ ★ ★ ).

Catatan: Penggunaan tanda bintang merupakan simbol untuk menunjukkan tingkat pencapaian perkembangan peserta didik dan hanya menjadi catatan guru.

6) Hasil catatan penilaian yang ada dalam rencana kegiatan harian (RKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam rekap bulanan pencapaian penilaian perkembangan peserta didik berupa narasi singkat

(13)

7) Rekaman hasil penilaian perkembangan anak, yang dirangkum pada bulanan menjadi referensi untuk menyusun laporan perkembangan anak dalam satu semester, yang dibuat secara deskriptif

8) Prosedur Penilaian

a) Guru melihat RKH yang dibuat dalam satu hari pembelajaran. b) Guru mengklasifikasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di

kelas.

Contoh : percakapan, penugasan, unjuk kerja dan lain-lain. c) Guru menyiapkan format-format penilaian sesuai dengan

kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam RKH .

d) Dalam mempersiapkan format penilaian guru menentukan waktu, kegiatan pembelajaran dan aspek yang dinilai.

e) Guru menuliskan hasil penilaian ke dalam format-format penilaian.

f) Setiap hasil karya anak dideskripsikan oleh guru pada lembar hasil karyanya.

g) Guru mendokumentasikan, menganalisis dan menyimpulkan hasil penilaian berikut berbagai deskripsi hasil karya anak didik ke dalam format rangkuman penilaian.

Di bawah ini adalah contoh Prosedur penilaian selama pembelajaran berlangsung yang tercatat dalam RKH.

(14)

RENCANA KEGIATAN HARIAN

KELOMPOK : A

SEMESTER/MINGGU :II/I

TEMA/SUB TEMA :Binatang/Binatang di dalam kolam (ikan mas dan katak)

HARI, TANGGAL : ………..

WAKTU : 07.30 – 10.15

INDIKATOR PEMBELAJARAN KEGIATAN

ALAT/ SUMBER BELAJAR PENILAIAN PERKEMBANGAN PESERTA ALAT HASIL  Mengikuti aturan (NAM) Upacara bendera ± 15 menit  Tiang bendera dan bendera Observasi  Berdo’a sebelum melakukan kegiatan (NAM)  Mendengar kan cerita sederhana (B)  Berjalan di atas papan titian… (F) 1. KEGIATAN AWAL ± 30 MENIT (KLASIKAL)  Bernyanyi, salam dan berdo’a  Menceritakan “ikan mas dan katak ciptaan Tuhan”

 Pemberian tugas: berjalan di atas papan titian “Di atas kolam” Peserta langsung. Buku cerita Papan titian di atas kolam atau bak air Observasi Percakapan Unjuk kerja Romi (★) Leliana, Lolita (★)  Menceritak an kembali isi cerita yang pernah di dengar (B)

II. KEGIATAN INTI ± 60 MENIT(INDIVIDU/KE LOMPOK)

 Pemberian tugas: Mendengarkan dan menceritakan kembali “ikan mas dan katak”

Buku cerita, kertas A4, dan krayon

(15)

INDIKATOR PEMBELAJARAN KEGIATAN SUMBER ALAT/ BELAJAR PENILAIAN PERKEMBANGAN PESERTA ALAT HASIL  Membilang dengan menunjuk benda sampai 10 (K)  Menunjuk- kan dua kumpulan benda yang sama jumlahnya , yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit (K)  Menunjukk an sebanyak-banyaknya …. Hewan menurut cirri-ciri tertentu (K)  Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)  Bermain dengan berbagai alat perkusi sederhana (F)  Pemberian tugas: Membilang “ikan dan berudu di kolam/toples”  Pemberian tugas: Menunjukkan lebih banyak dan lebih sedikit “ikan di dalam kolam”

 Pemberian tugas: Mengamati “ikan mas di kolam dan toples kecil” (K)

 Pemberian tugas: Bermain dengan alat perkusi “botol dan aquarium” (F) Kolam atau toples berisi ikan dan berudu Kolam atau toples berisi ikan dan berudu Kolam atau toples berisi ikan dan berudu Botol dan aquarium berisi air Penugasan Penugasan, hasil karya Penugasan, hasil karya Unjuk kerja Hani (★★) Reva, Rima, Jeniver (★★★★) Reva, Rima, Jeniver (★★★★) Siska (★) Hani, Milda (★★★★)

(16)

INDIKATOR PEMBELAJARAN KEGIATAN SUMBER ALAT/ BELAJAR PENILAIAN PERKEMBANGAN PESERTA ALAT HASIL III. ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT  Mencuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan  Bermain Air, serbet, bekal anak Alat bermain di luar kelas Observasi  Menyanyi 15 lagu anak-anak (F)

IV. KEGIATAN AKHIR ±30 MENIT (KELOMPOK)  Menyanyi lagu “ ikan di dalam kolam”  Diskusi tentang kegiatan satu hari  Do’a pulang dan

salam

Gambar Unjuk kerja

………, ……… Mengetahui Kepala TK Guru Kelas

………. ………..

C. LATIHAN

Setelah kegiatan paparan materi pokok 1, peserta Diklat dibagi menjadi 5 kelompok, dan masing-masing kelompok menyusun RKH dan mendiskusikan bagaimana prosedur penilaian (dengan memberikan tanda ★), serta mempresentasikannya di depan kelas. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan latihan ini adalah 1 X 45’.

(17)

D. RANGKUMAN

Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada tingkat pencapaian perkembangan.Penilaian dilakukan secara integratif dengan kegiatan pembelajaran.Cara pencatatan hasil penilaian harian dilaksanakan ialah; Anak yang Belum Berkembang (BB) diberi tanda satu bintang (★), anak yang sudah mulai berkembang (MB) mendapat tanda dua bintang (★ ★), anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) dalam RKH mendapat tanda tiga bintang (★ ★ ★), dan Anak yang berkembang sangat baik (BSB) melebihi indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapat tanda empat bintang ( ★ ★ ★ ★).

E. EVALUASI

Untuk mengukur keberhasilan Anda dalam menguasai materi pokok 1 ini kerjakan soal di bawah ini.

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan member tanda silang (X) pada pernyataan di bawah ini!

1. Dalam penilaian pada anak didik tidak boleh membedakan latar belakang sosial, ekonomi,budaya, bahasa, dan gender, dlam arti penilaian harus. … A. merugikan

B. menguntungkan C. adil

D. sistematis

2. Bagi pendidik hasil penilaian perkembangan anak TK adalah. … A. Tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran

B. Prestasi pendidik selama proses pembelajaran C. prestasi kognitif anak selama mengikuti pendidikan

(18)

3. Penilaian di TK dilakukan menyatu dengan aktifitas pembelajaran dalam kegiatan bermain berlangsung, penilaian tersebut dalam arti. …

A. Sebagai kumulatif dalam penilaian

B. Dilakukan secara komprehensip setelah pembelajaran C. Mengacu pada pencapaian tingkat perkembangan

D. dilakukan secara integrative dalam kegiatan pembelajaran

4. Anak yang sudah berkembang sesuai dengan harapan (BSH) pada prosedur penialaian di TK, tanda ★ yang diberikan pada RKH adalah. …

A. ★ B. ★★ C. ★★★ D. ★★★★

5. Anak yang belum berkembang (BB) pada prosedur penialaian di TK, tanda ★ yang diberikan pada RKH adalah. …

A. ★ B. ★★ C. ★★★ D. ★★★★

6. Manakah pernyataan berikut yang yang bukan prosedur penilaian di TK? A. Guru tidak melihat RKH yang dibuat dalam satu hari pembelajaran B. Guru mengklasifikasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di kelas C. Guru menyiapkan format-format penilaian sesuai dengan

kegiatan-kegiatan pembelajaran dalamRKH

D. Guru menuliskan hasil penilaian ke dalam format-format penilaian. 7. Penyusunan laporan perkembangan anak dalam satu semester, diambil

dari referensi rangkuman. …. A. Rekaman hasil penilaian harian

B. Rekaman hasil penilaian yang dirangkum tiap minggu C. Rekaman hasil penilaian yang dirangkum tiap bulan D. Rekaman hasil penilaian yang dirangkum tiga bulanan

(19)

F. UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban yang terdapat di bagian belakang modul ini, kemudian hitunglah jawaban yang benar.Gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi pokok 1.

Arti tingkatan penguasaan: 90 – 100% = baik sekali 80 – 89% = baik

70 – 79% = cukup <70% = kurang 

Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan mempelajari pada materi pokok berikutnya. Jika masih di bawah 80% Anda harus mengulangi materi pokok 1, terutama bagian yang Anda belum kuasai.

  Tingkat Penguasaan Jumlah Jawaban Benar Jumlah Soal

X 100%

(20)

MATERI POKOK 2

PROSES PENILAIAN PERKEMBANGAN TK

A. Indikator Keberhasilan

Peserta diklat mampu memahami proses penilaian perkembangan di TK.

B. Uraian dan Contoh

1. Perencanaan Penilaian Perkembangan TK

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar melalui bermain di TK disesuaikan dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak dan mengacu pada standar penilaian.

Penilaian di TK dilaksanakan dengan melalui pengamatan, penugasan, unjuk kerja, pencatatan anekdot, percakapan/dialog. Laporan orang tua, dan dokumentasi hasil karya anak (potofolio), serta deskripsi profil anak.

Ruang lingkup penilaian di TK

a. mencakup seluruh tingkat pencapaian perkembangan peserta didik b. Mencakup data tentang status kesehatan, pengasuhan, dan pendidikan

2. Pelaksanaan Penilaian Perkembangan TK

Pelaksanaannya penilaian di Taman kanak-kanak hendaknya: a. Dilakukan secara:

1) Sistematis

Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram dengan baik. 2) Menyeluruh

Penilaian mencakup semua aspek perkembangan anak baik moral dan nilai-nilai agama dan moral, sosial-emosional, kognitif, fisik, dan bahasa.

3) Berkesinambungan

Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak didik.

(21)

4) Obyektif

Penilaian dilaksanakan terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana adanya.

5) Mendidik

Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

6) Kebermaknaan

Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tua, anak didik dan pihak lain.

b. Penilaian melalui pengamatan dilakukan pada saat anak melakukan aktivitas sepanjang hari (coba Anda lihat kembali materi pokok 1).

c. Secara berkala tim pendidik mengkaji-ulang catatan perkembangan anak dan berbagai informasi lain termasuk kebutuhan khusus anak yang dikumpulkan dari hasil catatan pengamatan, anekdot, check list, dan portofolio.

1) Pengamatan (Observasi)

Pengamatan (Observasi) adalah cara pengumpulan data untuk memperoleh informasi melalui pengamatan langsung terhadap lingkup perkembangan nilai-nilai agama dan moral, lingkup perkembangan motorik (motorik kasar, motorik halus, dan kesehatan fisik), lingkup perkembangan kognitif (pengetahuan dan sains,konsep bentuk warna, ukuran, dan pola), serta konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf), lingkup perkembangan bahasa (menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan), dan lingkup perkembangan sosial emosional yang dilakukan sehari-hari secara terus menerus. Agar observasi lebih terarah maka diperlukan buku bantu atau kertas catatan yang dikembangkan oleh guru untuk mencatat hal-hal yang dianggap perlu dan yang dituangkan dalam Rencana Kegiatan Harian.

(22)

Contoh

FORMAT OBSERVASI ANAK DIDIK TK

Kelompok : ……… Semester : ……… Tahun Pelajaran : ……… Nama : Aminda Kelompok : B No. Hari/

Tanggal Pembelajaran Kegiatan Aspek yang Diamati Pengamatan Hasil

Senin ……….. ….…  Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan  Bermain  Cara Mencuci tangan - Penggunaan air - Penggunaan lap tangan  Kebersihan  Mengikuti aturan permainan  Kerjasama Dapat mencuci tangan dengan baik Dapat mengikuti permainan dengan baik Dapat bekerjasana dengan temannya Jakarta, ……… Guru TK ………

(23)

2) Catatan Anekdot (Anecdotal Record)

Catatan anekdot adalah catatan tentang sikap dan perilaku anak secara khusus yang terjadi pada anak secara insidental/tiba-tiba atau dalam situasi tertentu.

CONTOH CATATAN ANEKDOT ANAK DIDIK TK Kelompok : B Semester : I Tahun Pelajaran : ……/………

Tanggal Nama Anak Didik

Peristiwa Tafsiran Keterangan

………..

………. Leliana Malas/enggan melakukan aktifitas/kegiatan padahal anak tersebut selalu ceria/gembira setiap melaksanakan kegiatan Kemungkinan ada permasalahan di rumah (keluarga) Melakukan kunjungan ke rumah untuk mengkunikasikan yang terjadi pada diri anak. Ternyata di rumah anak tersebut sering ditinggal ibunya ke luar kota ………., ………. Guru TK ………

(24)

3) Percakapan

Percakapan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai sesuatu hal.

Contoh Penilaian Percakapan Anak Didik Tk

Nama: ...

No. Tanggal Hari/ Pembelajaran Kegiatan Ditanyakan Asek yang Hasil Percakapan

1. ... ... ...  Tanya jawab tentang nama dan jenis kelamin  Nama lengkap  Nama panggilan  Jenis kelamin  Mampu menyebutkan nama diri dengan lengkap  Dapat menyebutkan nama panggilan dengan tepat  Mampu menyebutkan jenis kelamin ..., ... Guru TK, _______________________

(25)

4) Penugasan

Merupakan cara penilaian berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan peserta didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok. Misalnya; melakukan percobaan dengan menanam cabe, tomat, dan kacang-kacangan. Membuat berbagai bentuk dengan bahan dasar plastisin, tanah, adonan (playdough), Dan jenis penugasan lainnya

Contoh Penilaian Penugasan Anak Didik Tk

Nama: ...

No. Tanggal Hari/ Pembelajaran Kegiatan Jenis Penugasan Hasil

1. ...

...  Membuat teh manis

 Menyiapkan alat dan bahannya  Proses pembuatan teh manis Dapat membuat teh manis dengan benar ..., ... Guru TK, _______________________

(26)

5) Unjuk Kerja (Performance)

Merupakan penilaian yang menuntut peserta didik untuk melakukan tugas dalam pembuatan yang dapat diamati. Misalnya: praktek menyanyi, olahraga, menari dan bentuk praktek lainnya

Teknik penilaian unjuk kerja dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau format instrumen daftar cek atau skala penilaian.

Contoh Penilaian Kinerja

Pada indikator “Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan

kegiatan kegiatan”

 Dengan menggunakan daftar cek

Contoh

Format Penilaian Berdoa

Nama: …….

Nama anak

Aspek yang dinilai jumlah yang diperoleh Keberanian Pengucapan

(27)

 Dengan menggunakan skala penilaian

Contoh

Format Penilaian Menyanyi Kelompok : ……….. Nama anak

Aspek yang dinilai

Ani Susi Dini dst 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1. Keberanian 2. Berdiri sempurna 3. Pengucapan benar 4. Hafal lagu 5. Irama/nada benar 6. Mimik baik Penjelasan:

Penilaian 1,2,3,dan 4, menunjukan tingkatan nilai yang diperoleh 1 = belum berkembang

2 = sudah berkembang 3 = berkembang

4 = memiliki bakat khusus

Jika seorang anak memperoleh skor 24 dapat ditetapkan ”memiliki bakat khusus dalam bernyanyi”.

6) Hasil Karya

Adalah hasil kerja peserta didik setelah melakukan suatu kegiatan dapat berupa pekerjaan tangan atau karya seni. Hasil karya anak dapat dipajangkan dalam bentuk mandiri atau bentuk pameran karya anak yang disajikan secara bersama-sama.

(28)

Contoh format penilaian Produk :

Contoh Penilaian Produk Bidang Pengembangan FISIK MOTORIK

Pada indikator “Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough, tanah liat” Dengan menggunakan daftar cek.

Nama anak Aspek yang dinilai jumlah yang diperoleh Ide Bentuk Kerapian

7) Pengembangan Perangkat Penilaian Sendiri

Seorang guru dimungkinkan untuk mengembangkan perangkat evaluasi atau asesmen sendiri sesuai dengan kebutuhan. Misalnya: Untuk mendapatkan gambaran secara lebih rinci berkenaan dengan aktifitas anak, seorang guru dapat mengembangkan instrumen observasi untuk mengamati aktifitas anak dalam percobaan sains, atau instrumen untuk mengetahui minat anak terhadap bahan bacaan.

8) Penggunaan Instrumen Standar

Khusus dalam kegiatan asesmen dan untuk kasus-kasus yang perlu penanganan khusus digunakan instrumen yang terstandar seperti: Instrumen untuk mendeteksi tumbuh kembang anak. Instrumen untuk mendeteksi tingkat kecerdasan atau kematangan anak Penggunaan instrumen ini umumnya melibatkan pihak lain yang ahli dibidangnya. d. Melakukan komunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak

termasuk kebutuhan khusus anak.

e. Dilakukan secara sistematis, terpercaya, dan konsisten

(29)

C. LATIHAN

Setelah kegiatan paparan materi pokok 2, Coba Anda telaah Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, lihat tingkat pencapaian perkembangan usia anak 4-5 tahun.

Peserta Diklat dibagi menjadi 5 kelompok, dan masing-masing kelompok mengiventarisir tingkat pencapaian perkembangan mana yang dapat dilaksanakan penilaian untuk pengamatan, catatan anekdot, unjuk kerja dan hasilkarya.

1. Kelompok A mengerjakan lingkup perkembangan nilai-nilai agama dan moral,

2. Kelompok B mengerjakan Lingkup Perkembangan Motorik (motorik kasar, motorik halus, dan kesehatan fisik),

3. Kelompok C menerjakan lingkup perkembangan kognitif (pengetahuan dan sains, konsep bentuk warna, ukuran, dan pola), serta konsep bilangan, lambing bilangan dan huruf),

4. Kelompok D mengerjakan lingkup perkembangan bahasa(menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan), dan

5. Kelompok E mengerjakan lingkup perkembangan sosial emosional.

Kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan latihan ini adalah 2 X 45’.

D. RANGKUMAN

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar melalui bermain di TK disesuaikan dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan.

Penilaian di TK mencakup Lingkup Perkembangan nilai-nilai agama dan moral, Lingkup Perkembangan Motorik (motorik kasar, motorik halus, dan kesehatan fisik), lingkup perkembangan kognitif (pengetahuan dan sains, konsep bentuk warna, ukuran, dan pola), serta konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf), lingkup perkembangan bahasa (menerima bahasa, mengungkapkan bahasa, dan keaksaraan), dan lingkup perkembangan sosial

(30)

emosional. dan dilaksanakan dengan melalui pengamatan, penugasan, unjuk kerja, pencatatan anekdot, percakapan/dialog. Laporan orang tua, dan dokumentasi hasil karya anak (potofolio), serta deskripsi profil anak.

Pelaksanaannya penilaian di Taman kanak-Kanak dilakukan secara sistematis, menyeluruh, berkesinambungan, obyektif, mendidik, dan kebermaknaan.

E. EVALUASI

Untuk mengukur keberhasilan Anda dalam menguasai materi pokok 1 ini kerjakan soal di bawah ini.

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan member tanda silang (X) pada pernyataan di bawah in!

1. Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Pernyataan tersebut dalam pelaksanaan penilain disebut. ...

A. obyektif

B. berkesinambungan C. mendidik

D. kebermaknaan

2. Penilaian dilaksanakan terhadap semua aspek perkembangan seba-gaimana adanya. Pernyataan tersebut dalam pelaksanaan penilaian disebut. ...

A. obyektif B. mendidik C. menyeluruh D. kebermaknaan

(31)

3. Proses pengamatan untuk keperluan penilaian dalam pembelajaran di TK dilaksanakan pada. …

A. Pada waktu anak sedang bermain

B. Pada saat anak melakukan aktifitas sepanjang hari C. Pada waktu anak sedang makan

D. Kegiatan di sekolah dan di rumah

4. Untuk mencatat hal-hal yang dianggap perlu dalam kegiatan sehari-hari anak dalam keperluan penilaian anak, kegiatan anak di catat atau dituangkan pada. …

A. Catatan adekdot

B. Rencana kegiatan mingguan (RKM) C. Unjuk kerja

D. Rencana Kegiatan Harian (RKH)

5. catatan tentang sikap dan perilaku anak secara khusus yang terjadi pada anak secara insidental/tiba-tiba atau dalam situasi tertentu, disebut. … A. unjuk kerja

B. Catatan anekdot C. penugasan D. hasil karya

6. Penggunaan instrumen yang umumnya melibatkan pihak lain yang ahli dibidangnya, untuk keperluan penilaian disebut. …

A. Penggunaan Instrumen Standar’ B. Unjuk kerja

C. Hasil karya D. penugasan

(32)

7. Anak melakukan percobaan baik secara perorangan maupun kelompok, misalnya membuat berbagai bentuk dengan bahan dasar plastisin, cara penilaiannya disebut. …

A. Unjuk kerja B. Hasil karya C. penugasan D. catatan anekdot

8. Anak menyanyi atau melakukan olahraga, bentuk penilaiannya disebut. … A. Hasil karya

B. Catatan anekdot C. penugasan D. Unjuk kerja.

F. UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban yang terdapat di bagian belakang modul ini, kemudian hitunglah jawaban yang benar. Gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi pokok 2.

Arti tingkatan penguasaan: 90 – 100% = baik sekali 80 – 89% = baik

70 – 79% = cukup <70% = kurang 

Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan mempelajari pada materi pokok berikutnya. Jika masih di bawah 80% Anda harus mengulangi materi pokok 2, terutama bagian yang Anda belum kuasai.

  Tingkat Penguasaan Jumlah Jawaban Benar Jumlah Soal

X 100%

(33)

MATERI POKOK 3

PENGELOLAAN PENILAIAN PERKEMBANGAN TK

A. Indikator Keberhasilan

Peserta mampu memahami pengelolaan penilaian perkembangan anak TK.

B. Uraian dan Contoh

Pelaporan hasil penilaian merupakan kegiatan merumuskan dan mengkomunikasikan hasil penilaian guru tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, kepada orang tua dan pihak-pihak yang relevan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dan penyelenggaraan pendidikan taman Kanak-Kanak.

Frekwensi pelaporan hasil penilaian, pengukuran, dan asesmen terhadap peserta didik secara terprogram dilakukan satu semester satu kali. Sekali pun demikian, dalam kondisi khusus, pelaporan dapat pula dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Bahkan untuk permasalahan yang membutuhkan penanganan segera, pelaporan atau konsultasi dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan guru dengan orang tua atau pihak-pihak lain yang relevan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

1. Bentuk Pelaporan

Berdasarkan hasil rangkuman pertumbuhan dan perkembangan peserta didik setiap penggalan waktu tertentu, penilaian dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing tingkat perkembangan kelompok 4 – 6 tahun (menurut Permendiknas No. 58 tahun 2009), yaitu: a. Lingkup Perkembangan nilai-nilai agama dan moral

b. Lingkup Perkembangan Motorik 1) Motorik kasar

2) Motorik halus 3) Kesehatan fisik

(34)

1) Pengetahuan dan sains

2) Konsep bentuk,warna, ukuran, dan pola 3) Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf d. Lingkup Perkembangan Bahasa

1) Menerima bahasa 2) Mengungkapkan bahasa 3) Keaksaraan

e. Lingkup Perkembangan Sosial Emosional

Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobjektif mungkin sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua/wali atau bagi yang berkepentingan dengan bentuk laporan perkembangan peserta didik TK. Uraian (deskripsi) dirumuskan berdasarkan hasil pencatatan penilaian dalam periode waktu satu semester. Hasilnya dibuat seobjektif mungkin sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang salah bagi orang tua/wali atau bagi yang berkepentingan dalam bentuk Laporan Perkembangan anak di TK .Contoh bentuk pelaporan perkembangan anak di TK dapat dilihat pada contoh di bawah ini.

(35)

Contoh Model laporan Penilaian perkembangan TK

(Jumlah lembar laporan perkembangan anak disesuaikan dengan kebutuhan)

LAPORAN

PERKEMBANGAN ANAK DIDIK TAMAN KANAK-KANAK

Nama Anak Didik ……….. Nomor Induk : ……….

(36)

LAPORAN PENILAIAN

PERKEMBANGAN ANAK DIDIK TAMAN KANAK-KANAK

Nama Anak Didik : ……….

Nomor Induk : ……….

Nama TK : ……….

NSTK : ……….

Alamat TK : ……….

………..

Kode Pos ………. Telp. ………

Desa/Kelurahan : ……….

Kecamatan : ……….

Kabupaten/Kota : ……….

Provinsi : ……….

(37)

PETUNJUK PENGGUNAAN

1. Laporan penilaian Perkembangan anak didik di TK ini dipergunakan selama anak mengikuti pendidikan di TK.

2. Laporan penilaian Perkembangan anakTK diisi oleh guru.

3. Laporan penilaian Perkembangan anak di TK ini dilengkapi dengan pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 cm.

4. Laporan penilaian Perkembangan Anak di TK diberikan secara uraian (deskripsi) yang yang merujuk pada Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini dikelompokkan dalam

a. Lingkup Perkembangan nilai-nilai agama dan moral b. Lingkup Perkembangan Motorik

1) Motorik kasar 2) Motorik halus 3) Kesehatan fisik

a. Lingkup Perkembangan Kognitif 1) Pengetahuan dan sins

2) Konsep bentuk,warna, ukuran, dan pola 3) Konsep bilangan, lambing bilangan dan huruf b. Lingkup Perkembangan Bahasa

1) Menerima bahasa 2) Mengungkapkan bahasa 3) Keaksaraan

(38)

Contoh Laporan penilaian perkembangan Anak TK KETERANGAN DIRI ANAK DIDIK

1. Nama Anak

a. Nama Lengkap : ………...

b. Nama Panggilan : ………...

2. Nomor Induk : ………...

3. Jenis Kelamin : ………... 4. Tempat dan Tanggal Lahir : ………...

5. Agama : ………...

6. Anak ke : ………dari ……….saudara 7. Status dalam keluarga : ………...

8. Alamat Anak Didik : ………...

………...

Telepon : ………...

9. Diterima di TK ini

a. Di kelompok : ………...

b. Pada Tanggal : ………...

10. Nama Orang Tua

a. Ayah : ………...

b. Ibu : ………...

11. Alamat Orang Tua : ………... ………...

Telepon : ………...

12. Pekerjaan Orang Tua : ………...

a. Ayah : ………... b. Ibu : ………... 13. Nama Wali : ………... 14. Alamat Wali : ………... ………... Telepon : ………... 15. Pekerjaan Wali : ………... ……….. 20… Kepala TK ( ………..)

(39)

LAPORAN PERKEMBANGAN ANAK DIDIK

Nama anak : ……….. Kelompok : ……….. Nomor Induk : ……….. Semester : ... Nama TK : ……….. Tahun pelajaran : ……… Lingkup Perkembangan

A. Lingkup Perkembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral B. Lingkup Perkembangan Fisik

1. Motorik Kasar

2. Motorik Halus

3. Kesehatan Fisik

C. Lingkup Perkembangan KOGNITIF 1. Pengetahuan dan Sains

2. Konsep bentuk,warna, ukuran, dan pola 3. Konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf

D. Lingkup Perkembangan Bahasa 1. Menerima bahasa

2. Mengungkapkan bahasa 3. Keaksaraan

E. Lingkup Perkembangan Sosial Emosional

Ketidakhadiran Sakit Ijin …………. hari …………. hari Tanpa keterangan …………. hari

Diberikan di : Tanggal :

Mengetahui

Orang tua/wali Guru TK

(40)

CATATAN UNTUK ORANG TUA/WALI Kelompok : ……….. Semester 1 Semester 2

(41)

CONTOH URAIAN (DESKRIPSI)

LAPORAN PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK DIDIK

Nama anak : ... Kelompok : ... Nomor Induk : ... Semester : ... Nama TK : ... Tahun pelajaran : ...

A. Moral dan Nilai-nilai Agama

Anak sudah mampu berdoa dan mengucapkan salam dengan baik, perlu bimbingan dalam meniru kegiatan beribadah. Anak sudah mampu mengucapkan terima kasih dengan baik jika diberikan sesuatu, perlu diberi bimbingan untuk tidak mengganggu teman.

B. Berbahasa

Anak sudah dapat melakukan 2 perintah secara berurutan dengan benar, sudah dapat bercerita secara sederhana, masih perlu bimbingan untuk menyebutkan posisi.

C. Kognitif

Anak sudah mampu menyebutkan sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman. Sudah mampu mengenal berat-ringan, panjang pendek. Masih perlu bimbingan dalam membilang.

D. Fisik

Anak sudah mampu mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan, terutama dalam kegiatan makan, menyisir rambut, mencuci tangan dan mengelap. Menggunting sangat disukai, Masih perlu bimbingan dalam melipat

kertas.

F. Lingkup Perkembangan Sosial Emosional

……….

Ketidakhadiran Sakit Ijin …………. hari …………. hari Tanpa keterangan …………. hari

Diberikan di : Tanggal : Mengetahui

Orang tua/wali Guru

(42)

2. Pola penulisan

Berdasarkan hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester maka pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku laporan perkembangan peserta didik TK mengikuti kriteria sebagai berikut:

a. Uraian perkembangan secara umum.

b. Uraian perkembangan kemampuan anak yang masuk dalam klasifikasi berkembang sangat baik (BSB) dan atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mulai berkembang (MB) dan klasifikasi belum berkembang (BB) pada semua aspek perkembangan.

3. Teknik Melaporkan Hasil Penilaian

Laporan perkembangan peserta didik TK dilaporkan oleh kepala/guru TK secara lisan dan tertulis.

Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak TK dan orang tua/wali.

Hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah kemampuan guru dalam menjaga kerahasiaan data atau informasi. Artinya, data atau informasi tentang peserta didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan selanjutnya. Sangat tidak relevan, data dan informasi tentang peserta didik, terutama yang berkenaan dengan permasalahan yang dihadapinya, dikomunikasikan pada pihak-pihak yang tidak relevan. Agar penyampaian laporan berhasil dengan baik, beberapa langkah berikut perlu dilakukan:

a. Sampaikan pemberitahuan agenda pertemuan dengan orang tua, setidaknya 1 minggu sebelum kegiatan berlangsung

b. Siapkan tempat atau ruang pertemuan yang memungkinkan orang tua bebas bercerita. Jika persoalan bersifat pribadi, maka siapkan ruangan khusus, agar orang tua tidak ragu dalam menyampaikan permasalahannya.

(43)

c. Gunakan sikap badan dan ekspresi wajah (Posture dan gesture) secara tepat

d. Pelihara kontak mata pada saat penyampaian laporan dan konsultasi dengan orang tua

e. Jika memungkinkan, hindarkan aktifitas mencatat ketika kegiatan konsultasi berlangsung. Buatlan rangkuman catatan segera setelah konsultasi selesai dilakukan.

4. Tindak lanjut dan Rekomendasi penilaian perkembangan anak di

TK

Pelaporan penilaian perkembangan anak di TK selain sebagai rekomendasi bagi pendidikan dan orang tua,terutama pendidikan dapat dijadikan tindak lanjut untuk laporan pada orang tua., atau sebagai tindak lanjut dan rekomendasi sebagai berikut:

a. Pendidik menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kompetensi diri.

b. Pendidik menggunakan hasil penilaian untuk memperbaiki program, metode,jenis aktivitas/kegiatan, penggunaan dan penataan alat permainan edukatif, alat kebersihan dan kesehatan, serta untuk memperbaiki sarana dan prasarana termasuk untuk anak dengan kebutuhan khusus.

c. Mengadakan pertemuan dengan orang tua/keluarga untuk mendiskusikan dan melakukan tindak lanjut untuk kemajuan perkembangan anak.

d. Pendidik merujuk keterlambatan perkembangan anak kepada ahlinya melalui orang tua.

e. Merencanakan program pelayanan untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus.

(44)

C. LATIHAN

Setelah kegiatan paparan materi pokok 3, peserta Diklat dibagi menjadi 5 kelompok, dan masing-masing kelompok mendiskusikan serta membuat deskripsi penilaian pada masing-masing lingkup pengembangan berdasarkan tingkat perkembangan sesuai dengan Permendiknas No. 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini, serta mempresentasikannya di depan kelas. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan latihan ini adalah 2 X 45.

D. RANGKUMAN

Pelaporan hasil penilaian perkembangan anak TK merupakan kegiatan merumuskan dan mengkomunikasikan hasil penilaian guru tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, kepada orang tua dan pihak-pihak yang relevan dalam penyelenggaraan pendidikan taman Kanak-Kanak.

Frekwensi pelaporan hasil penilaian perkembangan anak di TK dilakukan secara terprogram dan dilakukan satu semester satu kali. Sekali pun demikian, dalam kondisi khusus, pelaporan dapat pula dilakukan dalam waktu-waktu tertentu.

Penilaian perkembangan anak TK dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing tingkat perkembangan kelompok 4 – 6 tahun (menurut Permendiknas No. 58 tahun 2009), dan laporan perkembangan peserta didik TK dilaporkan oleh kepala/guru TK secara lisan dan tertulis. Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara pihak penyelenggara pendidikan TK dan orang tua/wali.

Pelaporan penilaian perkembangan anak di TK selain sebagai laporan dan rekomendasi bagi pendidik dan orang tua, juga dapat dijadikan tindak lanjut bagi perbaikan pada pembelajaran berikutnya bagi pendidik dan penyelenggaraan pendidikan di TK

(45)

E. EVALUASI

Untuk mengukur keberhasilan Anda dalam menguasai materi pokok 3 ini kerjakan soal di bawah ini.

Petunjuk: Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan member tanda silang (X) pada pernyataan di bawah ini!

1. Kegiatan mengkomunikasikan hasil penilaian tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, disebut. …

A. Pelaporan hasil pembelajaran B. Pengisian hasil pembelajaran C. Pengamatan kinerja guru D. Penilaian kinerja guru

2. Dalam kondisi khusus pelaporan hasil penilaian anak TK dilakukan. … A. Satu tahun

B. Tiap semester C. Tiga bulanan D. Waktu tertentu

3. Pelaporan hasil pembelajaran di TK dirumuskan dalam bentuk. … A. angka

B. huruf

C. Deskripsi singkat

D. Gabungan angka dan huruf

4. Teknik melaporkan hasil penilaian di TK oleh kepala/guru adalah. … A. lisan

B. Lisan dan tertulis C. tertulis

(46)

5. Manakah pernyataan di bawah ini yang benar dalam menyampaikan laporan dengan baik?

A. Sampaikan pemberitahuan agenda pertemuan dengan orang tua, 1 hari sebelum kegiatan berlangsung

B. Siapkan tempat atau ruang pertemuan yang memungkinkan orang tua bebas bercerita

C. Gunakan sikap badan dan ekspresi wajah (Posture dan gesture) secara tepat

D. Pelihara kontak mata pada saat penyampaian laporan dan konsultasi dengan orang tua

6. Manakah pernyataan di bawah ini lingkup perkembangan yang bukan menurut Permendikanas No. 58 tahun2009?

A. Lingkup Perkembangan nilai-nilai agama dan moral B. Lingkup Perkembangan Motorik

C. Lingkup Perkembangan Kognitif

D. Lingkup Perkembangan Bahasa dan sosial

7. Pernyataan di bawah ini merupakan tindak lanjutdan rekomendasi penilaian perkembangan di TK, kecuali. …

A. meningkatkan kompetensi diri.

B. memperbaiki program, metode, jenis aktivitas/kegiatan

C. Pendidik merujuk keterlambatan perkembangan anak kepada ahlinya melalui orang tua

(47)

F. UMPAN BALIK DAN TINDAK LANJUT

Setelah Anda menjawab pertanyaan di atas, cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci jawaban yang terdapat di bagian belakang modulini, kemudian hitunglah jawaban yang benar. Gunakan rumus berikut untuk mengetahui tingkat penguasaan Anda terhadap materi pokok 3.

Arti tingkatan penguasaan: 90 – 100% = baik sekali 80 – 89% = baik

70 – 79% = cukup <70% = kurang 

Apabila mencapai tingkat penguasaan 80% atau lebih, Anda dapat meneruskan mempelajari pada materi pokok berikutnya. Jika masih di bawah 80% Anda harus mengulangi materi pokok 3, terutama bagian yang Anda belum kuasai.

  Tingkat Penguasaan Jumlah Jawaban Benar

Jumlah Soal X 100%

(48)

PENUTUP

Modul yang mengkaji laporan penilaian perkembangan anak di taman kanak-kanak ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tujuh modul lainnya dalam Diklat Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Perluasan wawasan dan pengetahuan peserta berkenaan dengan substansi materi ini penting dilakukan, baik melalui kajian buku, jurnal, maupun penerbitan lain yang relevan. Disamping itu, penggunaan sarana perpustakaan, media internet, serta sumber belajar lainnya merupakan wahana yang efektif bagi upaya perluasan tersebut. Demikian pula dengan berbagai kasus yang muncul dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, baik berdasarkan hasil pengamatan maupun dialog dengan praktisi pendidikan anak usia dini, akan semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan para peserta diklat.

Dalam tataran praktis, mengimplementasikan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh setelah mempelajari modul ini, penting dan mendesak untuk dilakukan. Melalui langkah ini, kebermaknaan materi yang dipelajari akan sangat dirasakan oleh peserta diklat. Disamping itu, tahapan penguasaan kompetensi peserta diklat sebagai guru taman kanak-kanak, secara bertahap dapat diperoleh.

Pada akhirnya, keberhasilan peserta dalam mempelajari modul ini tergantung pada tinggi rendahnya motivasi dan komitmen peserta dalam mempelajari dan mempraktekan materi yang disajikan. Modul ini hanyalah merupakan salah satu bentuk stimulasi bagi peserta untuk mempelajari lebih lanjut substansi materi yang disajikan serta penguasaan kompetensi lainnya.

SELAMAT BERKARYA!

       

(49)

KUNCI JAWABAN

          Materi Pokok 1 1. C 2. A 3. D 4. C 5. A 6. A 7. C   Materi Pokok 2 1. B 2. A 3. B 4. D 5. B 6. A 7. C 8. D. Materi Pokok 3 1. A 2. D 3. C 4. B 5. A 6. D 7. D  

(50)

 

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Depdiknas. 2004. Pedoman penilaian di TK. Jakarta. Depdiknas

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta Depdiknas.

Rusyan, A. Tabrani. (1993). Evaluasi dalam proses Belajar Mengajar. Bandung Bina Budaya

Tangyong, Agus F. Dkk. 1987. Pengembangan Anak Didik TK. Jakarta. Gramedia.

_____ (2006) Model Penilian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Taman Kanak-Kanak. Jakarta Pusat Kurikulum Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

_____ (2010). Kurikulum Taman Kanak-kanak. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Kementrian Pendidikan nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak damn Sekolah dasar.

_____ (2010). Kurikulum Taman Kanak-kanak. Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Kementrian Pendidikan nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak damn Sekolah dasar.

(51)

Indikator : Sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan

Metode : Cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki Modul : Unit terkecil dari sebuah mata diklat yang dapat berdiri

sendiri dan diperguanakan secara mandiri dalam proses pembelajaran

Objektif : Mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi

Pendidik : Orang yang mendidik Penilaian : Proses pemberian nilai

RKH : Seperangkat dan pengaturan kegiatan pembelajaran yang diperuntukan untuk kegiatan sehari-hari

RKM : Seperangkat dan pengaturan kegiatan pembelajaran yang diperuntukan untuk kegiatan satu minggu

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...