UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL)

Teks penuh

(1)

UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI TINDAK PIDANA PERTAMBANGAN TANPA IZIN

(KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL)

Penulisan Hukum (Skripsi)

Disusun dan Diajukan untuk Melengkapi Persayaratn Guna Memperoleh Derajat Sarjana S1 dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas

Sebelas Maret Surakarta

Oleh

Nicodemus Wisnu Pratama NIM. E0011224

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)

ii ABSTRAK

Nicodemus Wisnu Pratama. E0011224. 2017.UPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM MENANGANI PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor penyebab terjadinya pertambangan tanpa izin di Kabupaten Kebumen, dan meneliti upaya-upaya yang dilakukan guna menanggulangi pertambangan tanpa izin.

Pengertian ini diambil dengan metode penelitian empiris dengan sifat penelitian deskriptif, dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan bahan hukum primer dengan berupa wawancara dan bahan hukum sekunder berupa perundang-undangan, buku-buku maupun dokumen resmi, serta bahan hukum tertier berupa kamus besar bahasa Indonesia, ensiklopedia, dan lain-lain. Teknik analisis bahan hukum secara analisis interaktif mulai dari mereduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dihasilkan dari kesimpulan faktor- faktor penyebab terjadinya pertambangan tanpa izin di Kabupaten Kebumen adalah : faktor ekonomi, faktor sosial, faktor hukum peraturan, dan faktor pendidikan. Berdasarkan keempat faktor tersebut, maka terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pertambangan tanpa izin, antara lain pertama upaya preventif yaitu berupa patroli dan operasi kepolisian, penyuluhan hukum, pengawasan sasaran kejahatan dan pemasangan spanduk serta melakukan himbauan kepada masyarakat. Kedua upaya represif yaitu berupa pengoptimalisasian fungsi dan kinerja dari pihak unit Reskrim khususnya Unit IV Tipiter Reskrim Polres Kebumen, membuka layanan laporan, mempercepat proses pemberkasan perkara dan pengumpulan barang bukti.

(3)

iii ABSTRACT

Nicodemus Wisnu Pratama. E0011224. 2017.KEBUMEN POLICE DEPARTMENT IN HANDLING CRIME OF MINING WITHOUT PERMISSION (REVIEW OF ASPECTS OF CRIME ETIOLOGY). Faculty Of Law University Sebelas Maret Surakarta.

This research is aimed at finding out factors causing illegal mining crime in Kebumen District, and finding out steps possibly done to lessen the act.

This research was carried out using decriptively empirical law method as well as its approach. the primary data of this research was interview and secondary legal material in form of legislation, books and official document, and tertiary legal material in the form of big dictionary of language Indonesia, the encyclopedia, and others. The technique of analysis of legal materials in an interactive analysis ranging from reducing data, presenting the data to the conclusion.

Based on the results of research and discussion resulting from the conclusions of factors causing illegal mining crimes in Kebumen District are: economic factors, social factors, legal and regulatory factors, and educational factors. Based on these four factors, there are efforts that can be done to reduce illegal mining crime, among others, first is preventive effort in the form of patrol and police operation, legal counseling, monitoring of crime target and banner installation and applying to society. Second is repressive efforts in the form of optimizing the function and performance of the Criminal Unit, especially Unit IV Tipiter Polres Kebumen, opened the report service, to expedite the process of filing and collection of evidence.

(4)

iv MOTTO

Dan Ia mengucapkan banyak hal dalam perumpamaan kepada mereka. Kata-Nya: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur. Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati. Yang

ditaburkan di tengah semak duri ialah orang yang mendengar firman itu, lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak

berbuah.

(Matius 13:3)

“Dengan gagal merencanakan, Anda sedang merencanakan kegagalan.”

(Benjamin Franklin)

“Jika Anda ingin bahagia, tetapkan sasaran yang membangkitkan pikiran, membebaskan energi, dan menginspirasi harapan Anda.”

(5)

v

PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan hati, skripsi ini penulis persembahkan sebagai wujud syukur, cinta, dan terimakasih kepada :

1. Tuhan Yesus dengan segala rahmat dan kasih sayang-Nya.

2. Kedua Orangtua saya, Papa Agung dan Mama Wiwik yang selalu mendoakan dan mendukung untuk kesuksesan dan keberhasilan penulis. 3. Semua Dosen yang mendidik penulis dalam menyelesaikan studi penulis. 4. Semua sahabat yang menemani dan memberi semangat.

(6)

vi

KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga Penulis dapat menyelesaikan Penelitian Hukum yang

berjudulUPAYA KEPOLISIAN RESORT KEBUMEN DALAM

MENANGANI PERTAMBANGAN TANPA IZIN (KAJIAN DARI ASPEK ETIOLOGI KRIMINAL)dengan baik.

Penulisan Hukum ini untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana dalam Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Atas segala bantuan yang telah Penulis dapatkan selama menempuh studi sampai dengan terselesaikannya penyusunan Penulisan Hukum ini, Penulis banyak mendapatkan masukan, bimbingan, dan bantuan dari berbagai pihak yang sangat membantu hingga penulisan ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu Penulis ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Tuhan Yesus, atas segala nikmat, rahmat dan karunia-Nya.

2. Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S., selaku Rektor Universitas Sebelas Maret 3. Prof. Dr. Supanto, S.H., M.Hum., selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas

Sebelas Maret Surakarta.

4. Ibu Anti Mayastuti, S.H, M.H., selaku Pembimbing Akademik yang selalu memberikan motivasi serta nasihat.

5. Ibu Subekti, S.H., M.H., selaku Kepala Bagian Hukum Pidana yang telah membantu dan memudahkan penulis dalam memenuhi persyaratan penulisan skripsi ini.

6. Bapak Ismunarno, S.H, M.Hum., selaku pembimbing skripsi penulis, yang di tengah kesibukannya selalu bersedia meluangkan waktu serta pikirannya untuk memberikan bimbingan, masukan, arahan, dan nasihat kepada penulis. Terima kasih banyak atas semua bimbingan dan arahan yang tidak pernah lelah diberikan kepada penulis selama penulisan skripsi hingga selesai.

7. Orangtua yang sangat saya sayangi dan cintai, Papa Agung dan Mama Wiwik, yang senantiasa mendoakan dan mendukung saya dalam penulisan Hukum ini. Memberikan semangat dan motivasi tanpa henti kepada saya sehingga penulisan skripsi ini terselesaikan.

8. Segenap Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis sehingga dapat dijadikan bekal penulis dalam penulisan skripsi ini.

(7)

vii

10.Keluarga besar A.M. Soepardi dan Yoso Harjono yang senantiasa memberikan motivasi dan semangat.

11.Sahabat-sahabatku Anjar, Stefan, Budi, Tofan, Hendri, Kyan Santang, Arif dan teman-teman lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Terima kasih telah menemani penulis dan memberikan pengalaman berharga suka maupun duka selama menempuh studi kuliah di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selalu memberikan motivasi serta saran dan masukan kepada penulis sehingga penulisan skripsi ini selesai.

12.Semua pihak di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Penulisan Hukum ini masih jauh dari sempurna baik dari segi materi maupun substansinya. Penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun sehingga untuk penulisan selanjutnya bisa lebih baik lagi. Demikian, semoga penulisan Hukum ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Surakarta, 21 November 2017

Penulis

Nicodemus Wisnu Pratama

(8)

viii DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL... i

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING... ii

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI... iii

HALAMAN PERNYATAAN... iv

E. Metode Penelitian... 6

F. Sistematika Penulisan Hukum... 10

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Kerangka Teori... 12

1. Tinjauan tentang Kriminologi...12

a. Pengertian Ilmu Kriminologi... 12

b. Ruang Lingkup Obyek Studi Kriminologi... 15

(9)

ix

d. Tujuan Kriminologi... 18

e. Teori-Teori Kriminologi... 19

2. Tinjauan tentang Tindak Pidana... 23

a. Pengertian Tindak Pidana... 23

b. Unsur-Unsur Tindak Pidana... 25

c. Jenis-Jenis Tindak Pidana... 26

3. Tinjauan tentang Tindak Pidana Pertambangan... 31

a. Pengertian Pertambangan... 31

b. Tindak Pidana di Bidang Pertambangan... 32

c. Dampak-Dampak Pertambangan Ilegal... 36

d. Faktor-Faktor Terjadinya Pertambangan Ilegal... 38

4. Tinjauan Mengenai Pertambangan Tanpa Izin... 39

a. Pengertian Pertambangan Tanpa Izin... 40

b. Pengertian Izin Usaha Pertambangan... 40

c. Izin Pertambangan Rakyat... 41

d. Izin Usaha Pertambangan Khusus... 41

B. Kerangka Pemikiran... 43

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian... 44

1. Gambaran Umum Kabupaten Kebumen... 44

a. Keadaan Geografis Kabupaten Kebumen... 44

b. Batas Wilayah dan Luas Wilayah... 44

c. Potensi Sumber Daya Alam dan Wilayah Pertambangan Kabupaten Kebumen... 45

2. Gambaran Umum POLRES Kebumen... 46

a. Letak dan Susunan Organisasi Tata Kerja Polres Kebumen... 46

b. Susunan Tata Kerja Unit Reskrim Polres Kebumen... 55

(10)

x

B. Pembahasan... 65

1. Faktor yang menjadi penyebab terjadinya tindak pidana pertambangan tanpa izin (illegal mining) di Kabupaten Kebumen... 65

a. Faktor Ekonomi... 68

b. Faktor Sosial... 70

c. Faktor Hukum dan Peraturan... 73

d. Faktor Pendidikan... 74

2. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana pertambangan tanpa izin (illegal mining)... 76

a. Upaya Pencegahan (Preventif)... 76

b. Upaya Penanggulangan (Represif)... 81

BAB IV PENUTUP Simpulan... 85 DAFTAR PUSTAKA

(11)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...