• Tidak ada hasil yang ditemukan

PG Bahasa Inggris XIIb (perangkat)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "PG Bahasa Inggris XIIb (perangkat)"

Copied!
84
0
0

Teks penuh

(1)
(2)

BAHASA INGGRIS XIIb

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi inter- personal dengan guru dan teman.

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

3.6 Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di kelas XII.

3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.9 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks news

item berbentuk berita sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyata-kan dan menanyamenyata-kan tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.11 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu. 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan

mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

4.9 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis tentang benda, binatang, dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII.

4.10 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.11 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.12 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta dan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.

4.13 Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.

4.14 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.15 Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep. 4.16 Menangkap makna lagu.

(3)

Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa lnggris

Kelas/Semester : Xll/2

(4)
(5)

Sekolah :

Kelas/Semester :

XII/2

Mata Pelajaran :

Bahasa Inggris

Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang di- wujudkan dalam semangat belajar. 2.1 Menunjukkan perilaku santun

dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tran- saksional dengan guru dan teman. 2.3 Menunjukkan perilaku tanggung

jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam melaksanakan

Pembelajaran Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4.

Penilaian Kompetensi Inti 1 dan Kompetensi Inti 2 dilakukan melalui pengamatan, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal.

(6)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

3.6 Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk

4.9 Menangkap makna dalam teks ilmiah (factual report), lisan dan tulis, sederhana, (Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang benda terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII.)

Fungsi Sosial:

Memperoleh gambaran umum tentang benda, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII, secara objektif dan ilmiah.

Struktur Teks:

a. General Classification 

Menyebutkan jenis atau sifat yang umum ditemu- kan/dilihat.

Unsur Kebahasaan: (1) Kosakata tentang benda

yang diamati.

(2) Kata kerja dalam simple present tense atau simple past tense jika sudah tidak ada lagi. (3) Penggunaan nominal

singular dan plural

secara tepat dalam frasa nominal.

(4) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

(5) Ejaan dan tanda baca. (6) Tulisan tangan. Topik:

Benda terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII.

Mengamati:

 Membaca dan mendengarkan teks ilmiah faktual (factual report) tersebut untuk me-mahami isinya.

 Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi fungsi sosial dan struktur teks dari teks ilmiah faktual (factual report) tersebut.

 Menyalin dengan tulisan tangan yang rapi teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, sesuai mata pelajaran di kelas XII, dengan menggunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.

Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks ilmiah faktual (factual report) tentang benda. Mengumpulkan Informasi:

 Secara kolaboratif, mencari dan me- ngumpulkan teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda, sesuai dengan konteks pem- belajaran di mata pelajaran di kelas XII dari berbagai sumber.

 Membaca teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang benda secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan fungsi sosial, jenis objek yang dipaparkan, nama, dan bagian-bagian yang umum yang ditemukan/dilihat, serta kosakata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan. Mengasosiasi:

 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari bebe-rapa teks ilmiah faktual (factual report) yang telah dibaca.

 Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report) tentang benda sesuai dengan konteks pembelajaran di mata pelajaran di kelas XII.

 Tingkat kelengkapan dan keruntutan dalam menyebutkan dan me- nanyakan tentang benda dalam teks ilmiah faktual (factual report).

 Tingkat ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosakata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan kerapian tulisan tangan.

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan me- nyebutkan dan menanya- kan tentang benda dalam teks ilmiah faktual (factual report). dalam dan di luar kelas.

(7)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

Mengomunikasikan:

 Menyampaikan beberapa teks ilmiah faktual (factual report) sederhana yang telah dibaca atau dibuat sendiri dengan cara membacakan atau menulisnya.

 Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

 Observasi terhadap ke- pedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Pengetahuan:

 Membaca dan menulis teks ilmiah faktual (factual report) yang menuntut pe- mahaman dan pemaparan tentang benda.

 Mengerjakan kegiatan (Activity) tentang teks ilmiah faktual (factual report) tentang benda.

Test 1. Keterampilan:

 Hasil karya teks ilmiah faktual (factual report) tentang benda yang telah dari teks factual report berbentuk

(Teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis tentang orang terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII dan teks lisan dan tulis menyata- kan dan menanyakan tentang pelajaran lain di kelas XII, secara objektif dan ilmiah.

Mengamati:

 Menyalin dengan tulisan tangan yang rapi teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang orang, sesuai mata pelajaran di kelas XII, meng- gunakan ejaan dan tanda baca dengan benar.

 Membaca dan mendengarkan teks ilmiah faktual (factual report) tersebut untuk memahami isinya.

 Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi  fungsi sosial dan struktur dari teks ilmiah faktual (factual report) tersebut.

 Tingkat ketercapaian fungsi sosial teks ilmiah faktual (factual report) tentang orang sesuai dengan konteks pembelajaran di mata pelajaran di kelas XII.

(8)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, 4.9 Menangkap makna

dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis tentang benda, binatang, ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang lisan dan tulis untuk menyatakan dan

a. General Classification

b. Descriptions Expressing Obligation

You are supposed to bring a lot of meals and your car must have full tank.

Unsur Kebahasaan: (1) Kosakata tentang orang

yang diamati.

(2) Kata kerja bantu modal be supposed to, be to,

have to, should. (3) Penggunaan noun

phrase.

(4) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

(5) Ejaan dan tanda baca. (6) Tulisan tangan.

Topik:

Orang dan sukunya terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII.

 Mendengarkan ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Dituntut untuk mencontoh ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya. Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks ilmiah faktual (factual report) tentang orang tersebut.

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.

Mengumpulkan lnformasi:

 Secara kolaboratif, mencari dan mengumpulkan teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang orang, sesuai dengan konteks pembelajaran di mata pelajaran di kelas XII dari berbagai sumber.

 Membaca semua teks ilmiah faktual (factual report) lisan dan tulis sederhana tentang orang, secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan  menyebutkan fungsi sosial, golongan objek yang dipaparkan, nama, dan ciri- ciri umum yang ditemukan/dilihat, serta kosakata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan.

 Tingkat kelengkapan dan baca, dan kerapian tulisan tangan.

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyebutkan dan menanyakan tentang orang dalam teks ilmiah faktual (factual report).

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan umum tentang orang serta untuk menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.

(9)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

 Mendengarkan contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan dalam bahasa lnggris.

 Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan dalam bahasa lnggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.

 Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri­ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan.

 Secara kolaboratif, berusaha menggunakan bahasa lnggris untuk menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan dalam konteks pembelajaran, simulasi,

role play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi:

 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari beberapa teks ilmiah faktual (factual report) yang telah dibaca.

 Membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan.

Mengomunikasikan:

 Menyampaikan teks ilmiah faktual (factual report) sederhana yang telah dibaca atau dibuat sendiri, dengan cara antara lain membacakan atau menulisnya.

 Menggunakan bahasa lnggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan keharusan melakukan suatu tindakan di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

 Observasi terhadap ke- pedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi di dalam dan di luar kelas.

Pengetahuan:

 Membaca dan menulis teks ilmiah faktual (factual report) yang menuntut pemahaman dan pe- maparan tentang orang dan ungkapan menanyakan dan menyatakan keharusan.

 Mengerjakan kegiatan (Activity) tentang teks ilmiah faktual (factual report) tentang orang dan menanyakan dan menyatakan keharusan.

Test 2. Keterampilan:

(10)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar 4.12 Menyusun teks

lisan dan tulis, dan pendapat, dan teks berita sederhana dari koran/radio/ TV (news item).)

Fungsi Sosial:

 Menentukan konteks dan teks yang tepat untuk me-nyatakan pendapat atau

a. Pernyataan pendapat dengan kata kerja bantu

moda/ atau ungkapan, seperti / think, / assume, dan sebagainya. b. Pernyataan tentang

fakta dengan tense yang sesuai. dan pendapat, dalam bahasa lnggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyatakan fakta dan pendapat dalam bahasa lnggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Membaca dan mendengarkan teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut untuk memahami isi pesannya.

 Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi  fungsi sosialnya, struktur teks dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut.

Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, me- nanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan fakta dan pendapat dalam bahasa lnggris dengan yang ada dalam bahasa lndonesia.

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tentang binatang.

Mengumpulkan Informasi:

 Mendengarkan contoh interaksi dengan menyatakan fakta dan pendapat dalam bahasa lnggris.

 Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan fakta dan pendapat dalam bahasa lnggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar. dari koran/radio/TV (news item). sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyatakan fakta dan pendapat.

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, cinta damai, dan percaya diri yang me- nyertai tindakan memahami isi pesan teks berita sederhana dari koran/radio/ TV (news item).

Sikap:

(11)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

Background Events

(Menguraikan secara lebih ter- perinci tentang peristiwa, pihak yang terlibat atau terkait, waktu, tempat, dan sebagainya.)

Sources

(Menyebutkan sumber berita: komentar, pernyataan, pendapat dari pihak terlibat/terkait, saksi, pihak berwenang, ahli, dan sebagainya, tentang yang diberitakan.)

Unsur Kebahasaan:

(1) Tata bahasa: frasa kata kerja dalam tense dengan atau tanpa kerja bantu modal.

(2) Ungkapan menyatakan pendapat, misalnya I think . . .,

I assume . . . .

(3) Kata dan ungkapan yang menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline). (4) Kalimat langsung dengan

kutipan, dan kalimat tidak langsung.

(5) Penggunaan nominal singular

dan plural secara tepat. (6) Ucapan, tekanan kata, dan

intonasi.

(7) Ejaan dan tanda baca. (8) Tulisan tangan.

Topik:

 Peristiwa yang menarik dan layak menjadi berita yang relevan dengan kehidupan peserta didik sebagai remaja atau siswa SMA, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin,

 Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan interaksi menyatakan fakta dan pendapat.

 Secara kolaboratif, berusaha mengguna- kan bahasa lnggris untuk menyatakan fakta dan pendapat dalam konteks pembelajaran, simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur.

 Secara kolaboratif, mencari dan me- ngumpulkan beberapa berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).

 Membaca berita sederhana dari koran/ radio/TV (news item), secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaan yang digunakan serta kosakata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, dan tanda baca yang digunakan.

Mengasosiasi:

 Membandingkan ungkapan menanyakan dan menyatakan fakta dan pendapat.

 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).

Mengomunikasikan:

 Menggunakan ungkapan menyatakan fakta dan pendapat di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Menyampaikan beberapa teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) sederhana yang telah dibaca.

 Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi. jawab, dan kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran di setiap di dalam dan di luar kelas. Pengetahuan:

koran/radio/TV (news item) yang di dalamnya termasuk tindakan menyatakan fakta dan pendapat.

(12)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

DID YOU HEAR THE NEWS? (Teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).)

Fungsi Sosial:

Memberitakan kejadian yang menarik dan layak menjadi berita kepada pembaca, pemirsa, dan pendengar.

Struktur Teks: a. Newsworthy Event

(Menguraikan secara ringkas dan padat tentang kejadian yang menarik menjadi berita.) b. Background Events

(Menguraikan secara lebih isi berita pada judul (head/ine).

(2) Kalimat langsung dengan kutipan dan kalimat tidak langsung.

Mengamati:

 Membaca dan mendengarkan teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut untuk memahami isi pesannya.

 Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi  fungsi sosial dan struktur dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut.

Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tentang peristiwa sosial. Mengumpulkan Informasi:

 Secara kolaboratif, mencari berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai sumber.

 Membaca berita sederhana dari koran/ radio/TV (news item), secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan fungsi sosial, struktur, dan kosakata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, dan tanda baca yang digunakan.

Mengasosiasi:

 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).

Mengomunikasikan:

 Menyampaikan teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) sederhana yang telah dibuat.

 Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

 Tingkat pemahaman fungsi sosial teks berita sederhana dari koran/radio/ TV (news item). baca, dan kerapian tulisan tangan.

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan memahami isi pesan teks berita sederhana dari

koran/radio/TV (news item).

Sikap: koran/radio/TV (news item).

(13)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

(3) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

(4) Ejaan dan tanda baca. (5) Tulisan tangan.

Topik:

Kejadian yang menarik dan layak menjadi berita.

 Mengerjakan kegiatan (Activity) tentang teks berita (news item).

Test 4. Keterampilan:

 Hasil karya teks berita sederhana tentang kejadian dari koran/radio/TV (news item) yang telah dibuat.

3.9 Menganalisis (Teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).)

Fungsi Sosial:

Memberitakan kegiatan yang menarik dan layak menjadi berita kepada pembaca, sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut untuk memahami isi pesannya.

 Dengan bimbingan guru, mengidentifikasi  fungsi sosial dan struktur dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tersebut.

Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari setiap teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) tentang kegiatan.

Mengumpulkan lnformasi:

 Secara kolaboratif, mencari berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) dari berbagai sumber.

 Membaca berita sederhana dari koran/ radio/TV (news item), secara lebih cermat dengan cara mengidentifikasi dan menyebutkan fungsi sosial, struktur, dan kosakata, tata bahasa, ucapan, tekanan kata, ejaan, tanda baca yang digunakan.

 Tingkat pemahaman fungsi sosial teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item). baca, dan kerapian tulisan tangan.

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, cinta damai, dan percaya diri yang menyertai tindakan memahami isi pesan teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).

Sikap:

 Observasi terhadap tindakan peserta didik berusaha memahami dan

menganalisis isi pesan teks berita sederhana dari koran/ radio/TV (news item).

(14)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

Unsur Kebahasaan: (1) Kata dan ungkapan yang

menarik perhatian tentang isi berita pada judul (headline).

(2) Pembentukan kata benda (nominalization). (3) Ucapan, tekanan kata,

dan intonasi.

(4) Ejaan dan tanda baca. (5) Tulisan tangan. teks, dan unsur kebahasaan dari teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).

Mengomunikasikan

 Menyampaikan teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item) sederhana yang telah dibuat.

 Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

 Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama peserta didik dalam proses teks berita sederhana dari koran/radio/TV (news item).

 Mengerjakan kegiatan (Activity) tentang teks berita (news item). (Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti perintah/saran dan teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep.) dalam bahasa lnggris dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam bahasa lnggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Mencari teks prosedur berbentuk resep, termasuk yang menggunakan bahasa lndonesia.

(15)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

4.14 Menyusun teks lisan dan tulis 4.15 Menangkap makna

dalam teks prosedur secara urut dan runtut untuk mencapai tujuan.)

Unsur Kebahasaan: (1) Kata untuk menyatakan

pengandaian: if . . .,

unless . . . .

(2) Kalimat imperative, positif dan negatif.

(3) Adverbs penghubung langkah.

(4) Kata kerja bantu need,

should, have to. (5) Kosakata yang lazim

digunakan dalam resep. (6) Penggunaan nominal

singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa

a, the, this, those, my,

their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal.

Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam bahasa lnggris dengan yang ada dalam bahasa lndonesia.

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara teks prosedur berbentuk resep dalam bahasa lnggris dengan yang ada dalam bahasa lndonesia.

Mengumpulkan lnformasi:

 Mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, dalam konteks yang benar, dalam bahasa lnggris.

 Membaca secara lebih cermat teks prosedur berbentuk resep, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.

 Menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran dalam konteks yang benar dalam bahasa lnggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.

 Secara kolaboratif meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks prosedur berbentuk resep untuk fungsi nyata di lingkungan kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya.

 Sikap tanggung jawab kerja sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menyatakan dan

menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran.

 Sikap tanggung jawab, kerja sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan menganalisis teks prosedur berbentuk resep.

Sikap:

 Observasi terhadap tin- dakan peserta didik meng- gunakan bahasa lnggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, ketika muncul kesempatan, di dalam dan di luar kelas.

(16)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

(7) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

(8) Ejaan dan tanda baca. (9) Tulisan tangan.

Topik:

Makanan dan minuman yang lazim atau terkait dengan hidup peserta didik dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

 Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri­ciri (fungsi sosial,  struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran dalam konteks yang benar.

 Secara kolaboratif, berusaha meng- gunakan bahasa lnggris untuk menyata-kan dan menanyamenyata-kan pengandaian diikuti perintah/saran dalam konteks pembelajaran, simulasi, role play, dan kegiatan lain yang terstruktur. Mengasosiasi:

 Membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran yang telah dibuat.

 Membandingkan fungsi sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks prosedur berbentuk resep. Mengomunikasikan:

 Menggunakan bahasa lnggris dengan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.

 Membuat teks prosedur berbentuk resep dalam bahasa lnggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.

 Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi. teks procedure tentang resep yang di dalamnya termasuk tindakan menyatakan dan

menanyakan pengandaian diikuti perintah/saran.

(17)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar 4.15 Menangkap makna

dalam teks prosedur lisan dan tulis berbentuk resep.

HOW TO DO SOMETHING (Teks prosedur lisan dan tulis berbentuk petunjuk an langkah kerja secara urut dan runtut untuk mencapai tujuan.)

Unsur Kebahasaan: (1) Tata bahasa: kalimat

imperatif, positif, dan negatif.

(2) Adverbs penghubung langkah.

(3) Ukuran/takaran (4) Ungkapan dan kosakata

yang lazim digunakan dalam petunjuk. (5) Penggunaan nominal

singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa

a, the, this, those, my,

their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal. nya tentang fungsi teks prosedur ber- bentuk petunjuk melakukan sesuatu. Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan dalam hal fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, antara teks prosedur berbentuk petunjuk melakukan sesuatu dalam bahasa lnggris dengan yang ada dalam bahasa lndonesia.

Mengumpulkan Informasi:

 Membaca secara lebih cermat teks prosedur berupa petunjuk melakukan sesuatu, untuk memberikan komentar dan pandangannya tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaannya.

 Secara kolaboratif meniru contoh-contoh yang ada untuk membuat teks prosedur berbentuk petunjuk melakukan sesuatu untuk fungsi nyata di lingkungan kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya. Mengasosiasi:

 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ber- bagai teks prosedur berbentuk petunjuk melakukan sesuatu.

Mengomunikasikan:

 Membuat teks prosedur berbentuk resep dalam bahasa lnggris untuk fungsi sosial nyata di kelas, sekolah, dan rumah.

 Berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan

 Tingkat pemahaman fungsi sosial teks prosedur ber- bentuk petunjuk melakukan sama, peduli, dan percaya diri yang menyertai tindakan jawab, dan kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran di setiap di dalam dan di luar kelas.

(18)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

(6) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

(7) Ejaan dan tanda baca. (8) Tulisan tangan.

Topik:

Petunjuk yang lazim atau terkait dengan hidup peserta didik dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan. (Activity) tentang teks

procedure berupa petunjuk melakukan sesuatu.

Keterampilan:

 Hasil analisis tentang teks procedure berbentuk petunjuk melakukan sesuatu.

 Hasil karya berupa teks procedure petunjuk me-lakukan sesuatu. (1) Kata, ungkapan, dan tata

bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.

(2) Penggunaan nominal

singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa

a, the, this, those, my,

their, dan sebagainya secara tepat dalam frasa nominal

(3) Ucapan, tekanan kata, dan intonasi.

(4) Ejaan dan tanda baca. (5) Tulisan tangan.

Mengamati:

 Menyalin dengan tulisan tangan lagu berbahasa Inggris sangat sederhana yang memberikan keteladanan atau menginspirasi.

 Berusaha memahami isi pesan lagu dengan menguasai unsur kebahasaan di dalamnya.

 Hanya jika memungkinkan semuanya, peserta didik menyanyikan lagu-lagu tersebut.

Menanya:

 Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan isi pesan dan unsur kebahasaan yang digunakan.

Mengumpulkan Informasi:

(19)

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian AlokasiWaktu Sumber Belajar

Topik:

Hal-hal yang memberikan keteladanan dan inspirasi untuk berperilaku peduli dan cinta damai.

 Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri­ciri (isi pesan dan unsur kebahasaan) lagu.

 Menuliskan pendapat dan perasaannya tentang isi lagu.

Mengasosiasi:

 Membandingkan isi pesan dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam be-berapa lagu.

Mengomunikasikan:

 Membacakan dan melaporkan

analisisnya tentang satu lagu lain pilihan sendiri dalam kerja kelompok, dengan cara menyebutkan isi pesan serta pendapat dan perasaannya tentang lagu tersebut.

 Berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.

 Observasi terhadap kesungguhan, tanggung jawab, dan kerja sama peserta didik dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.

 Observasi terhadap kepedulian dan kepercayaan diri dalam melaksanakan komunikasi tentang lagu.

Pengetahuan:

 Membaca pemahaman tentang isi pesan lagu.

 Mengerjakan kegiatan (Activity) tentang lagu

Test 8.

Final Semester Test. Keterampilan:

 Salinan lagu yang ditulis tangan.

 Hasil analisis tentang beberapa lagu.

(20)

Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XII/2

Materi Pokok : How Is It Made?

Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)

A. Kompetensi lnti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan lndikator Pencapaian Kompetensi

Kl Kompetensi Dasar lndikator Pencapaian Kompetensi

1. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang di-wujudkan dalam semangat belajar.

Memiliki rasa syukur dengan adanya kesempatan mem- pelajari bahasa Inggris.

2. 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan ber-tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tran-saksional dengan guru dan teman.

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

1. Berperilaku santun dan peduli dalam berinteraksi dengan teman dan guru.

2. Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam setiap kegiatan pembelajaran.

3. Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.

3. 3.6 Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di kelas XII.

1. Menjelaskan fungsi sosial tentang teks factual report

mengenai benda.

2.    Mengidentifikasi struktur teks factual report mengenai benda.

3. Menyebutkan unsur kebahasaan dalam teks factual report mengenai benda, misalnya simple present tense

dan simple past tense.

4. 4.9 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis tentang benda, binatang, dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII. 4.10 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,

sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

1. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks factual report

tentang benda.

2. Membuat teks factual report tentang benda.

(21)

C. Materi Pembelajaran Pertemuan Pertama

Fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks factual report tentang benda. 1. Introduction

2. How Are They Made?

3. Simple Present Tense vs. Simple Past Tense 4. Listening Skill

5. Speaking Skill 6. Writing Skill 7. Test 1

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama (2 JP) 1. Pendahuluan

a. Guru membuka pelajaran dan memeriksa daftar kehadiran peserta didik.

b. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. c. Guru memberi motivasi belajar tentang manfaat materi yang akan dipelajari, yaitu teks factual report

tentang benda.

d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan tugas tentang analisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks factual report tentang benda.

2. Kegiatan lnti Kegiatan 1 a. Mengamati

1) Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk mendiskusikan bagaimana sebuah benda dibuat.

2) Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengamati benda pada gambar.

b. Menanya

Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang benda dan bagaimana cara membuatnya.

c. Mengumpulkan lnformasi

Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang tes factual

report mengenai benda dengan mengerjakan kegiatan yang terdapat pada Activity 1 s.d. 3 pada

buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 3 dan 4 agar dapat menumbuhkan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri.

d. Mengasosiasi

Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan ciri-ciri benda dan bagaimana benda itu dibuat.

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil kegiatan tentang bagaimana benda dibuat secara individu.

Kegiatan 2 a. Mengamati

Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk membaca penjelasan materi teks factual report tentang benda pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 4.

b. Menanya

Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai fungsi sosial dan struktur teks factual report tentang benda.

c. Mengumpulkan lnformasi

(22)

d. Mengasosiasi

Peserta didik mendiskusikan fungsi sosial dan struktur teks factual report tentang benda.

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil kegiatan menangkap makna teks factual report tentang benda.

Kegiatan 3 a. Mengamati

Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk mengamati materi unsur kebahasaan pada teks factual report berupa simple present tense dan simple past tense pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 6.

b. Menanya

Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya tentang unsur kebahasaan berupa simple present tense dan simple past tense.

c. Mengumpulkan lnformasi

Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang unsur kebahasaan berupa simple present tense dan simple past tense dengan mengerjakan kegiatan yang terdapat pada Activity pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 7 agar dapat menumbuhkan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri.

d. Mengasosiasi

Peserta didik mendiskusikan fungsi simple present tense dan simple past tense pada teks factual report.

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil analisis unsur kebahasaan berupa simple present tense dan simple past tense.

Kegiatan 4 a. Mengamati

Guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan Listening Skill, yaitu mendengarkan dialog tentang teks factual report tentang benda dan melengkapi transkripnya yang terdapat pada Activity pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 7.

b. Mengomunikasikan

1) Guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan Speaking Skill, yaitu mendiskusikan teks factual report tentang benda berdasarkan outline.

2) Guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan Writing Skill, yaitu membuat teks factual report

tentang benda.

3. Penutup

a. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan pelajaran.

b. Guru melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.

c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

d. Guru memberikan tugas rumah, yaitu mengerjakan soal-soal Test 1 sebagai evaluasi belajar untuk Lesson 1.

e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Penilaian, Pembelajaran Remedi, dan Pengayaan 1. Sikap Spiritual (Pertemuan Pertama)

a. Teknik penilaian : observasi guru

b. Bentuk instrumen : lembar observasi sikap spiritual c. Kisi-Kisi

No. Sikap/Nilai Butir lnstrumen

1. Rasa syukur kepada Tuhan. 1 , 2, dan 3

2. Santun 4

Instrumen: lihat lampiran 1

(23)

2. Sikap Sosial (Pertemuan Pertama)

a. Teknik penilaian : observasi guru

b. Bentuk instrumen : lembar observasi sikap sosial c. Kisi-Kisi

No. Sikap/Nilai Butir lnstrumen

1. Jujur 1

2. Kerja sama dan gotong royong 2

3. Disiplin 3

4. Percaya diri 4

5. Tanggung jawab 5

6. Peduli 6

7. Cinta damai 7 dan 8

lnstrumen: lihat lampiran 1

3. Pengetahuan (Pertemuan Pertama)

a. Teknik penilaian : tes tertulis

b. Bentuk instrumen : soal pilihan ganda dan soal uraian c. Kisi-Kisi

No. lndikator Butir lnstrumen

1. Fungsi sosial teks factual report tentang benda. 1

2. Struktur teks factual report tentang benda. 2

3. Unsur kebahasaan pada teks factual report tentang benda. 3

lnstrumen: lihat lampiran 2

4. Keterampilan (Pertemuan Pertama)

a. Teknik penilaian : tes praktik b. Bentuk instrumen : unjuk kerja c. Kisi-Kisi

No. Keterampilan Butir lnstrumen

1. Membaca teks factual report tentang benda. 1

2. Mendengarkan teks factual report tentang benda. 2

3. Berbicara (berdialog dan presentasi). 3

4. Menulis teks factual report tentang benda. 4

lnstrumen: lihat lampiran 3

5. Pembelajaran Remedi dan Pengayaan

Teknik penilaian dan bentuk instrumen disesuaikan dengan pembelajaran remedi dan pengayaan yang ditetapkan oleh guru.

F. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar 1. Media/Alat

a. CD player dan sound speaker b. Alat tulis

c. Media/alat lain yang relevan

(24)

2. Bahan

a. Teks dalam buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 3 s.d. 11

b. CD untuk listening skill dalam buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 7

c. Bahan lain yang relevan

3. Sumber Belajar

a. Buku paket Bahasa Inggris Kelas XII

b. Buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO c. Buku pelajaran Bahasa Inggris yang relevan

d. Buku-buku lain yang relevan

e. Literatur lain (media cetak, elektronik, dan internet)

,

Mengetahui,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,

NIP NIP

(25)

LAMPIRAN

Lampiran 1

Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial

Lembar Observasi Sikap Spiritual

No. Perilaku yang Diharapkan Skor

1. Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.

2. Memiliki rasa syukur atas kesempatan mempelajari bahasa lnggris.

3. Memiliki rasa syukur atas pengalaman yang diperoleh.

4. Mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.

Jumlah skor maksimal = 16

Nilai sikap spiritual = J u m l a h sk o r p er o l e h a n

Jumlah skor maksimal x 100

Lembar Observasi Sikap Sosial

No. Perilaku yang Diharapkan Skor

1. Jujur dalam berinteraksi dengan guru dan teman.

2. Mampu bekerja sama dengan tim.

3. Menaati peraturan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

4. Bersikap tenang dan tidak merasa gugup.

5. Menyelesaikan tugas tepat waktu.

6. Memperhatikan penjelasan guru dan presentasi teman.

7. Menerima hasil evaluasi dan saran dari orang lain.

8. Bersikap toleransi dan tidak membeda-bedakan teman.

Jumlah skor maksimal = 32

Nilai sikap sosial = J u m l a h sk o r p e r o l e h a n

Jumlah skor maksimal

x 100

Petunjuk Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial

Bahasa lnggris Xllb

25

Rentang Skor Nilai Nilai Kualitatif

76-100 SB Sangat Baik

51-75 B Baik

26-50 C Cukup

25 K Kurang

Skor Nilai Kualitatif

4 Sangat Baik

3 Baik

2 Cukup

(26)

Lampiran 2

Penilaian Pengetahuan

Lembar Penilaian Soal Pilihan Ganda dan Soal Uraian

No. lndikator Butir Soal

1. lndikator 1 = 4 soal 1 soal pilihan ganda 3 soal uraian

Pilihan ganda: A6

Uraian: B1, B4, B5

2. lndikator 2 = 4 soal 3 soal pilihan ganda 1 soal uraian

Pilihan ganda: A2, A4, A7 Uraian: B2

3. lndikator 3 = 7 soal 6 soal pilihan ganda 1 soal uraian

Pilihan ganda: A1, A3, A5, A8, A9, A10 Uraian:

B3

Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda

Nomor Soal Bobot Soal

1-10 5

Jumlah skor maksimal = 50

Nilai pilihan ganda = J u m l a h sk o r p

e r o l e h a n

Jumlah skor maksimal

x 100

Petunjuk Penilaian Soal Uraian

No. Butir Pertanyaan BobotSoal Kriteria Skor

0 5 10 15 20 25

1. Soal uraian nomor 1 Test 1 20

2. Soal uraian nomor 2 Test 1 25

3. Soal uraian nomor 3 Test 1 20

4. Soal uraian nomor 4 Test 1 20

5. Soal uraian nomor 5 Test 1 15

Jumlah skor maksimal 100

Nilai uraian = J u m l a h sk o r p

e r o l e h a n

Jumlah skor maksimal

x 100

Nilai akhir =

(N

il a i p i l i h a n ganda + n il a i u

r a i a n ) 2

26

Bahasa lnggris Xllb

(27)

Lembar Penilaian Keterampilan

Nama :

Nomor Urut :

No. Aspek Penilaian Skor Catatan Jenis Kegiatan

1. Reading Skill

Unjuk kerja Reading pada materi teks factual report

tentang benda a. Fluency (kelancaran)

b. Accuracy (ketepatan)

c. Pronunciation (pengucapan)

d. Intonation (intonasi)

e. Comprehension (pemahaman)

2. Listening Skill

Unjuk kerja Listening Skill

a. Comprehension (pemahaman)

b. Accuracy (ketepatan)

c. Pronunciation (pengucapan)

d. Vocabulary (kosakata)

e. Spelling (ejaan)

3. Speaking Skill

Unjuk kerja Speaking Skill

a. Fluency (kelancaran)

b. Pronunciation (pengucapan)

c. Intonation (intonasi)

d. Accuracy (ketepatan)

e. Comprehension (pemahaman)

4. Writing Skill

Unjuk kerja Writing Skill

a. Vocabulary appropriateness (kesesuaian kata)

b. Topic appropriateness (kesesuaian topik/isi)

c. Structure (struktur/format)

d. Grammar (tata bahasa)

e. Spelling (ejaan)

Jumlah Skor

Jumlah skor maksimal setiap keterampilan = 25 Total skor = 100

Rubrik Penilaian Keterampilan

Rentang Skor Nilai Nilai Kualitatif

76-100 SB Sangat Baik

51-75 B Baik

26-50 C Cukup

25 K Kurang

(28)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XII/2

Materi Pokok : We Have to Learn about Tribes

Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4 JP)

A. Kompetensi lnti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan lndikator Pencapaian Kompetensi

Kl Kompetensi Dasar lndikator Pencapaian Kompetensi

1. 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang di-wujudkan dalam semangat belajar.

Memiliki rasa syukur dengan adanya kesempatan mem- pelajari bahasa Inggris.

2. 2.1 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan ber-tanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi tran-saksional dengan guru dan teman.

2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

1. Berperilaku santun dan peduli dalam berinteraksi dengan teman dan guru.

2. Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam setiap kegiatan pembelajaran.

3. Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama, dan cinta damai dalam berkomunikasi.

3. 3.6 Menganalisis struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di kelas XII.

3.7 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasa- an untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

1. Menjelaskan fungsi sosial tentang teks factual report

mengenai orang.

2.    Mengidentifikasi struktur teks factual report mengenai orang.

3. Menyebutkan unsur kebahasaan dalam teks factual report

mengenai orang, misalnya penggunaan noun phrase. 4. Menjelaskan fungsi sosial ungkapan menyatakan dan

menanyakan tentang keharusan (obligation).

5.    Mengidentifikasi  struktur  ungkapan  menyatakan  dan

menanyakan tentang keharusan.

6. Menyebutkan unsur kebahasaan yang digunakan da-lam ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang keharusan.

4. 4.9 Menangkap makna dalam teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis tentang benda, binatang, dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII. 4.10 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis,

sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di kelas XII, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. 4.11 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan

me-nanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

1. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks factual report

tentang orang.

2. Membuat teks factual report tentang orang.

3. Menggunakan ungkapan menanyakan dan menyatakan tentang keharusan.

4. Bermain peran dengan menggunakan ungkapan me- nanyakan dan menyatakan tentang keharusan.

(29)

C. Materi Pembelajaran Pertemuan Pertama

Fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan teks factual report tentang orang dan ungkapan menanyakan dan menyatakan tentang keharusan.

1. Introduction 2. Learning a Tribe

3. Expressing an Obligation 4. Noun Phrase

Pertemuan Kedua

1. Listening Skill 2. Speaking Skill 3. Writing Skill 4. Test 2

D. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama (2 JP) 1. Pendahuluan

a. Guru membuka pelajaran dan memeriksa daftar kehadiran peserta didik.

b. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. c. Guru memberi motivasi belajar tentang manfaat materi yang akan dipelajari, yaitu teks factual report

tentang orang dan ungkapan menanyakan dan menyatakan tentang keharusan. d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan tugas tentang analisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks factual report tentang orang, khususnya suku orang tersebut.

2. Kegiatan Inti Kegiatan 1 a. Mengamati

1) Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk menyebutkan suku-suku yang ada di Indonesia.

2) Guru memfasilitasi peserta didik untuk mengamati gambar yang tersedia.

b. Menanya

Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang suku-suku yang terdapat pada gambar.

c. Mengumpulkan Informasi

Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang suku-suku dan keunikannya dengan mengerjakan kegiatan yang terdapat pada Activity pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 12 agar dapat menumbuhkan perilaku peduli, kerja sama, dan cinta damai.

d. Mengasosiasi

Peserta didik mendiskusikan keunikan suku yang ada di Indonesia.

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil kegiatan kelompok.

Kegiatan 2 a. Mengamati

Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk membaca penjelasan materi teks factual report tentang suku pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 13.

b. Menanya

(30)

c. Mengumpulkan lnformasi

Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang fungsi sosial dan struktur teks factual report tentang suku dengan mengerjakan kegiatan yang terdapat pada Activity 1 s.d. 3 pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 13 dan 14 agar dapat menumbuhkan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri.

d. Mengasosiasi

Peserta didik mendiskusikan fungsi sosial dan struktur teks factual report tentang suku

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil kegiatan menangkap makna teks factual report tentang suku tertentu.

Kegiatan 3 a. Mengamati

Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk mengamati materi ungkapan menyatakan tentang keharusan yang terdapat pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas

XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 15.

b. Menanya

Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya tentang ungkapan menyatakan keharusan.

c. Mengumpulkan lnformasi

Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang ungkapan menanyakan dan menyatakan keharusan dengan mengerjakan kegiatan yang terdapat pada Activity

1 dan 2 pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 15 dan 16 agar dapat menumbuhkan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri.

d. Mengasosiasi

Peserta didik mendiskusikan fungsi ungkapan menyatakan keharusan pada teks factual report tentang suku.

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil analisis ungkapan menyatakan keharusan.

Kegiatan 4 a. Mengamati

Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk mengamati materi unsur kebahasaan pada teks factual report berupa noun phrase pada buku Kreatif Bahasa Inggris

Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 16.

b. Menanya

Guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk bertanya tentang unsur kebahasaan berupa noun phrase.

c. Mengumpulkan lnformasi

Guru membimbing peserta didik untuk menggali dan mengumpulkan informasi tentang unsur kebahasaan berupa noun phrase dengan mengerjakan kegiatan yang terdapat pada Activity 1 s.d. 3 pada buku Kreatif Bahasa Inggris Kelas XII Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 16 dan 17 agar dapat menumbuhkan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri.

d. Mengasosiasi

Peserta didik mendiskusikan fungsi noun phrase.

e. Mengomunikasikan

Peserta didik menyajikan hasil analisis unsur kebahasaan berupa noun phrase.

3. Penutup

a. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan pelajaran.

b. Guru melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.

c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

(31)

Pertemuan Kedua (2 JP) 1. Pendahuluan

a. Guru membuka pelajaran dan memeriksa daftar kehadiran peserta didik.

b. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. c. Guru memberi motivasi belajar tentang manfaat materi yang akan dipelajari, yaitu teks factual report

tentang orang dan ungkapan menyatakan tentang keharusan.

d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.

e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan tugas tentang analisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks factual report tentang orang, khususnya suku orang tersebut.

2. Kegiatan lnti Kegiatan 1 a. Mengasosiasi

Guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan Listening Skill, yaitu mendengarkan monolog dan dialog tentang teks factual report tentang suku dan ungkapan keharusan serta melengkapi transkripnya yang terdapat pada Activity 1 dan 2 pada buku Kreatif Bahasa lnggris Kelas Xll

Semester 2 terbitan CV VIVA PAKARINDO halaman 18.

b. Mengomunikasikan

1) Guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan Speaking Skill, yaitu secara berkelompok membuat dialog dengan topik suku dan menggunakan ungkapan menyatakan keharusan, kemudian peserta didik diminta untuk mempraktikkannya.

2) Guru memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan Writing Skill, yaitu membuat teks factual report

tentang suku.

Kegiatan 2

Peserta didik mengerjakan soal-soal Test 2 yaitu berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal dan soal uraian sebanyak 5 soal.

3. Penutup

a. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan pelajaran.

b. Guru melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.

c. Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E. Penilaian, Pembelajaran Remedi, dan Pengayaan 1. Sikap Spiritual (Pertemuan Pertama dan Kedua)

a. Teknik penilaian : observasi guru

b. Bentuk instrumen : lembar observasi sikap spiritual c. Kisi-Kisi

No. Sikap/Nilai Butir lnstrumen

1. Rasa syukur kepada Tuhan. 1 , 2, dan 3

2. Santun 4

lnstrumen: lihat lampiran 1

2. Sikap Sosial (Pertemuan Pertama dan Kedua)

a. Teknik penilaian : observasi guru

b. Bentuk instrumen : lembar observasi sikap sosial c. Kisi-Kisi

No. Sikap/Nilai Butir lnstrumen

1. Jujur 1

Referensi

Dokumen terkait

Rasio keuangan (finantial ratio) merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk menilai kondisi dan kinerja keuangan perusahaan. Penggunaan analisis rasio akan

Berkaitan  dengan  digital   signature   sebagai  alat  bukti  maka  dalam  pandangan  penulis  hal  tersebut  merupakan  sebuah  keharusan,  sama  halnya  dengan 

Adanya kantor tetap koperasi sebagai pusat organisasi Desa Rempek 2016 200.000.0 00 Koperasi dan KPH 15 Membangun kerjasama dengan pihak lain Memperluas pengembangan usaha

Eniten aikaa opiskeluun käyttävät opiskelijat, jotka eivät lainkaan tee ansiotyötä, heillä opis- kelutunteja on keskimäärin 36 tuntia viikossa (mediaani)..

Sedangkan untuk penilaian harga wajar saham dengan metode DDM, Menurut Wira (2011) Dividend Discount Model Secara teori dapat dikatakan bahwa nilai suatu

Tujuan dari perancangan game ini yaitu merancang media game edukasi yang komunikatif dan menarik untuk pengenalan huruf pada anak usia dini (1-5 tahun) sehingga anak

Analisis wacana kritis percaya bahwa sebuah pesan membawa ideologi yang dipengaruhi oleh nilai-nilai lembaga sebagai komunikator, nilai yang membangun konsep

Peserta didik memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis mereka tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang