6 Cara Paten Mendapatkan Uang dari Blog.pdf

32 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog Mengenal dan memahami blog monetizing V1.0 ©2009 oleh Cosa Aranda dan PanduanDasar.Com – hak cipta dilindungi oleh undang-undang ITE dan DMCA Dilarang keras mengkopi, memperbanyak, maupun mengutip sebagian atau seluruh bagian dari e-book ini tanpa ijin tertulis dari pihak PanduanDasar.Com. Cosa Aranda.

(2) 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 2.

(3) Daftar Isi. Sebuah Provokasi .................................................................................................................................... 4 Dan Sebelumnya… ................................................................................................................................... 9 Mengapa blog? .................................................................................................................................... 9 Mengapa blog?? ................................................................................................................................ 11 Mengapa blog??? .............................................................................................................................. 12 Mengapa blog???? ............................................................................................................................ 13 Cara Paten 1: Memasang Iklan Pihak Ketiga ........................................................................................... 14 Cara Paten 2: Menjual Ruang Iklan ........................................................................................................ 17 Cara Paten 3: Menulis Artikel ................................................................................................................ 19 Cara Paten 4: Menjual Produk ............................................................................................................... 22 Cara Paten 5: Menjual Jasa .................................................................................................................... 25 Cara Paten 6: Menjual Blog.................................................................................................................... 27 Dan selanjutnya… .................................................................................................................................. 30. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 3.

(4) Sebuah Provokasi. Kawan, pada saat e-book ini dirilis, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2009, saya sedang berada di Mara River Safari Lodge, sebuah penginapan yang terletak di dalam areal Bali Safari & Marine Park. Kamar yang saya tempati, hanya dipisahkan oleh sebuah sungai dengan salah satu seksi taman safari tersebut, dimana saya bisa langsung melihat berbagai binatang bersliweran tepat dari balkon kamar maupun dari jendela meja kerja yang ada di kamar tersebut. Di antaranya ada Onyx, burung Unta, Zebra, burung Bangau, dan bahkan Badak! Yang lebih menarik lagi, restorannya yang bernama Tsavo Lion Resto terletak di samping area tempat singa berada. Makan siang ditemani oleh empat ekor singa (tiga betina dan satu jantan) jelas merupakan sensasi tersendiri!. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 4.

(5) Sehari sebelumnya, saya mengikuti tour kapal pesiar Bounty Cruises ke Pulau Lembongan yang ada di kepulauan Nusa Penida. Selain berwisata keliling pulau Lembongan dan melihat Gua Gala-Gala -sebuah ‘rumah’ bawah tanah yang dibangun dan ditempati oleh Made Byasa – saya juga menikmati aneka water sports yang telah disediakan oleh pihak Bounty Cruises. Termasuk underwater exploration, banana boat, water slide, dan masih banyak lagi. Paten!. Selain kedua tempat di atas, masih banyak lagi tempat-tempat yang saya kunjungi selama saya berada di Bali. Bali? Ya, sejak dua minggu terakhir ini saya sedang menikmati liburan di pulau dewata yang indah. Dan tahukah Anda, kawan? Bahwa ini semua bisa terjadi berkat sebuah usaha, atau bisnis, di internet yang telah saya lakukan selama empat tahun belakangan ini. Sebuah usaha yang lazim dikenal dengan nama blog monetizing. Kok Bali?. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 5.

(6) Yah, tidak seperti kebanyakan pebisnis internet lain yang lebih menggembor-gemborkan perjalanan mereka ke luar negeri, saya memang lebih suka mengelilingi Indonesia. Banyak sekali tempat-tempat menakjubkan yang seringkali terlewat dari perhatian orang banyak. Dan yang terpenting, banyak pula pengalaman yang saya dapatkan dengan mengunjungi berbagai tempat di Indonesia. Cita-cita saya sendiri adalah bisa tuntas mengunjungi setidaknya seluruh provinsi yang ada di negara kita tercinta ini. Yang kalau tidak salah jumlahnya ada 33 itu. Kok ‘kalau tidak salah’? Yah, maklum, saya paling gak suka pelajaran biologi, jadi paling alergi menghapal hal-hal seperti itu. Kembali ke masalah blog monetizing. Sejak mengenal dunia ini di tahun 2005, terus terang saja, saya kecanduan. Kecanduan nulis artikel di blog. Kecanduan utak-atik desain blog. Kecanduan cari-cari info tentang cara mendapatkan uang dari blog. Bayangkan, di awal-awal menekuninya, saya bisa seharian penuh di depan komputer. Kecuali untuk makan dan buang air. Mandi pun sering absen. Keren, ya? Untung saja sekarang sudah tidak harus menjalani masa-masa perjuangan seperti itu lagi. Hampir semua lini blog monetizing yang saya jalani sudah bisa berjalan dengan sendirinya, sehingga kalau pun saya masih berhadapan dengan yang namanya situs dan blog, itu lebih karena saya memang menyukai blog tersebut. Saya masih ingat, dulu di awal, banyak yang mencibir minat dan usaha saya untuk mendapat penghasilan tambahan dari blog. Saya bahkan sampai dikeluarkan dari sebuah komunitas blog hanya karena mereka menganggap blog saya sudah tidak pantas berada di dalam komunitas tersebut. Meskipun kesal, waktu itu saya berusaha untuk menerima. Walau terus terang sih memang agak tidak terima. Saya yakin rasa cinta saya terhadap blog (dan juga terhadap aktivitas ngeblog) tidak kalah kok dengan mereka. Masa hanya gara-gara saya berusaha mendapatkan sesuatu yang lebih dari blog itu saya harus mundur? Tapi yah, mungkin wajar saja. Harus diakui bahwa pada faktanya, banyak dari orang-orang yang ngeblog adalah orang-orang yang berasal dari golongan berada. Atau setidaknya sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Jadi mereka tidak tahu bagaimana rasanya harus berjuang untuk hidup, mengumpulkan rupiah demi rupiah demi membeli segenggam berlian, hehehe.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 6.

(7) Lucunya, sekarang tidak sedikit dari mereka yang juga ikut-ikutan menikmati kemilaunya dolar dari blog monetizing… Dan untungnya, kini berinternet pada umumnya dan ngeblog pada khususnya, telah bisa dilakukan oleh golongan masyarakat yang lebih luas. Eniwei kawan, meskipun menjanjikan, blog monetizing bukan lah cara cepat kaya dari internet. Bahkan bisa saya katakan bahwa tingkat kesulitannya sebenarnya ada di level menengah. Jika ada yang mengatakan bahwa cukup punya blog saja Anda sudah bisa ongkang-ongkang kaki di rumah dan menikmati dolar demi dolar yang masuk ke rekening, berarti ada dua kemungkinan: (a) orang itu BELUM sukses di bidang blog monetizing; (b) orang itu adalah PENIPU. Memang, bukan berarti hal di atas tidak memungkinkan. Semuanya mungkin saja. Tapi dengan syarat dan ketentuan berlaku. Dan setahu saya seyakin-yakinnya, Anda baru bisa ongkang-ongkang kaki menikmati penghasilan dari blog setelah Anda memiliki blog yang benar-benar sukses dan bisa berjalan secara otomatis. Dan jika halangan-halangan yang ada berhasil Anda lalui, blog monetizing adalah salah satu cara tepat untuk menuju kebebasan finansial, sesuatu yang saya yakin didambakan oleh banyak dari kita. Oleh sebab itu, saya sengaja meluangkan sebagian waktu liburan saya (well, everyday is holiday actually ☺) untuk menulis e-Book “6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog” ini. Segala sesuatu yang ada di sini adalah murni berdasarkan pengalaman saya pribadi selama bertahun-tahun menjalani bisnis internet, khususnya blog monetizing. Dan tidak seperti banyak orang yang tiba-tiba mengaku sebagai ‘pakar’ dan mengaku pula sudah menjalankan bisnis internet sejak lama, Anda bisa mengecek eksistensi saya di bidang ini dari banyak sumber, baik dari internet maupun media massa ☺. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 7.

(8) Oh ya, satu hal lagi. Materi e-book book ini sebagian besar berasal dari materi seminar dan workshop blog monetizing yang pernah saya bawakan. bawakan Jadi apabila terasa de ja vu,, ya mohon dimaafkan ☺ Lagipula, berhubung saya sudah memutuskan untuk pensiun sebagai pembicara seminar, keberadaan e-book e gratis ini saya yakin bisa menjadi alternatif media belajar Anda dalam mengenal dan memahami dunia blog monetizing. Harapan saya, setelah membaca e-book e ini, Anda segera bertindak. Action.. Cari informasi lagi seluasseluas luasnya mengenai blog monetizing, terutama dari sisi implementasinya, karena e-book e ini hanya membahas dari sisi konsep dan mindset. Janji, ya?. Semoga sukses, kawan!. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 8.

(9) Dan Sebelumnya…. Mengapa blog?. Ya, mengapa blog? Ada banyak sekali jenis media di internet, tapi mengapa blog? Yah, Anda mungkin memiliki satu dua alasan untuk meragukannya, tapi saya punya ENAM alasan untuk membantah keraguan tersebut. Tapi sebelumnya, sudah tahu kan blog blog itu makhluk seperti apa? Yang begini nih contohnya.. Yak, yang di atas itu contoh tampilan dari blog milik saya. Lumayan lah, numpang narsis di e-book e bikinan sendiri ☺. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 9.

(10) Oke, agar Anda tidak lama terpesona oleh keindahan blog saya, maka berikut ini enam alasan untuk meyakinkan Anda bahwa blog adalah salah satu media yang paling tepat dalam mencari penghasilan di internet. 1. Mudah untuk dibuat Ya, blog memang mudah untuk dibuat. Apabila Anda sudah memiliki akun hosting dan nama domain sendiri, Anda tinggal menggunakan fitur Cpanel dan Fantastico yang biasanya sudah tersedia di hosting tersebut. Belum punya dana untuk menyewa hosting dan membeli nama domain? Tidak masalah, gunakan saja satu dari ribuan jasa penyedia blog gratis yang tersedia di seluruh penjuru internet. Sebagian dari daftarnya dapat Anda simak di bagian Lampiran. 2. Mudah untuk digunakan Ya, blog memang mudah untuk digunakan. Jika tidak percaya, coba saja Wordpress, mesin blog paling user-friendly seantero jagad. Masih tidak percaya? Ya, makanya, coba dulu. Atau bisa juga menjajal Blogspot yang gratis itu sebagai alternatif demo kemudahan. 3. (Relatif) Mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan Ya, blog memang mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan. Bagi yang anti dengan kode-kode HTML atau pemrograman pun tidak masalah karena sebagian besar mesin blog memungkinkan penggunanya untuk mempermak habis-habisan tampilan blog mereka tanpa harus bersinggungan sedikit pun dengan kode-kode yang bikin pusing kepala. Oleh karena itu, sebenarnya pada saat memilih mesin blog yang akan digunakan, salah satu yang harus dipertimbangkan adalah dukungan dari pihak ketiga terhadap mesin blog tersebut. Semakin banyak yang mendukung, berarti semakin fleksibel pula mesin blog tersebut. Tapi jika ingin gaya loe maksimal, luangkan waktu sedikit untuk belajar HTML dan PHP, dua jenis bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh banyak mesin blog. 4. Berkesan personal Ya, blog memang berkesan personal. Asalnya saja dari istilah web log atau catatan di web, yang dapat diartikan sebagai diari pribadi kita di dunia maya. Meskipun kini penggunaannya sudah merambah ke berbagai bidang, kesan personal dalam blog tetap terasa kental. Dan itu sebabnya banyak perusahaan besar yang kini mulai melirik penggunaan blog untuk mendekatkan diri mereka dengan pelanggan.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 10.

(11) 5. Interaktif Ya, blog memang interaktif. Dua arah. Pemilik blog bisa menyampaikan apa yang ada di pikiran mereka melalui artikel yang terpublikasikan dan pembaca blog bisa menyampaikan apa yang ada di pikiran mereka melalui form komentar yang sudah secara default tersedia. Tidak terima dengan komentar tersebut? Tidak masalah, bantah saja kembali di ruang komentar yang sama, atau tulis artikel bantahan, atau hapus komentar tersebut. Beres. Pada dasarnya sih, dengan adanya sistem yang interaktif, lama-kelamaan dapat terbentuk suatu komunitas dengan ikatan yang erat antara pemilik blog dan pembacanya. Buktinya sudah banyak, tapi cari sendiri ya, hehehe. 6. Biaya perawatan (relatif) murah Ya, blog memang memiliki biaya perawatan yang relatif murah. Jelas. Lha wong Anda gak perlu nyewa programmer atau desainer web khusus untuk membuatnya kok. Semua bisa Anda kerjakan sendiri (kalau tidak malas). Dan seperti disebutkan sebelumnya, layanan blog gratisan pun banyak. Mantap, toh?. Mengapa blog??. Loh, kok ngeyel… apa enam alasan di atas masih kurang meyakinkan bagi Anda? Ckckck, oke deh, kalau begitu begini. Anda pernah dengar nama Yaro Starak dan Darren Rowse? Belum? Ya, pantes aja Anda tidak percaya, lha wong nama orang-orang yang sudah menjadi jutawan bahkan milyarder dari blog saja Anda tidak kenal. Kasihan ya Anda ini… Begini deh, sekilas aja ya. Kedua bule yang berasal dari Australia ini merupakan dua contoh dari orang yang sudah benar-benar sukses dari ngeblog. Yang pertama, Yaro Starak, memiliki penghasilan sekurangkurangnya $78,000 per tahun atau sekitar 764 JUTA RUPIAH jika dikurskan dengan nilai tukar dolar saat ini ($1 = Rp 9.800,-).. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 11.

(12) Bagaimana dengan Darren Rowse? Yah, yang ini lebih gila lagi. Menurut informasi di tahun 2007 silam, penghasilan pria berkepala botak ini telah mencapai angka $380,000 per tahun atau setara dengan 3.7 MILYARD. Weleh, weleh, apa gak ngiler tuh duit sebanyak itu? Bagaimana dengan di Indonesia? Meskipun pelakunya tidak setransparan di luar negeri, tapi perkembangan kesuksesan dari bisnis internet, khususnya blog, di Indonesia juga tidak kalah heboh. Saya banyak mengenal dan bertemu dengan rekan-rekan seperjuangan yang mampu menghasilkan uang sebesar minimal 100 juta per bulan. Hanya dari blog saja. Gak kalah kan dengan gaji para anggota dewan itu? ☺. Mengapa blog???. Yaelah, masih juga sangsi. Begini deh gan, bukannya mau pamer, atau sombong, apalagi congkak, tapi sejak tahun 2005 silam, saya sendiri sudah merasakan nikmatnya dapet uang dari blog. Sampe sekarang? Ya iya lah, masa’ ya iya dong. Malah lebih asoy. Kalau dulu dapetnya cuman dolar (gaya banget dolar dibilang ‘cuman’, hehehe), sekarang juga bisa ngerasain dapet mata uang negeri sendiri dari blog – rupiah. Meskipun gak sebanyak kalau dapet dolar, tapi hujan rupiah di negeri sendiri tetep lebih nikmat dibandingkan hujan batu di negeri orang, kan? So, apa yang (akan) saya sampaikan di e-book ini suer murni berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan cuman reka peristiwa berdasarkan baca-sini-denger-situ belaka. Semua fakta. Ingin tahu berapa jumlah penghasilan keseluruhan yang sudah saya dapat dari blog hingga sekarang ini? Jujur saya juga ingin tahu karena selama ini saya tidak pernah menghitungnya, hehehe. Tapi karena sekali lagi di sini saya hanya ingin sekedar berbagi, bukannya mau pamer, atau sombong, apalagi congkak, jadi besaran nominal seperti itu saya rasa bukan hal penting. Yang jelas sih, penghasilan per bulan dari blog (dan internet secara keseluruhan) yang saya terima sudah cukup bagi saya untuk memutuskan tidak melanjutkan kuliah S1 saya dan sekaligus tidak bekerja sebagai karyawan di kantor mana pun. Sebaliknya, saya malah bisa membantu mereka yang membutuhkan sekaligus menggaji orang untuk bekerja pada saya. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 12.

(13) Isn’t that great?. Mengapa blog????. Ya sudah lah kalau sampai sini masih belum percaya juga. Saya juga udah capek ngasih alasan. Mending situ gak usah ikutan cari duit di blog aja. Siapa tahu emang lebih demen kerja kantoran atau malah luntang-lantung tanpa kerjaan. Jadi awas kalau sampai buka bab selanjutnya ya ☺. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 13.

(14) Cara Paten 1: Memasang Iklan Pihak Ketiga. Mungkin ini adalah cara paten yang paling populer untuk saat ini di Indonesia – mengais rejeki dengan memasang iklan dari pihak ketiga yang biasanya merupakan jembatan antara pihak pemasang iklan (advertiser)) dengan pemilik blog ((publisher / blogger). ). Ada dua jenis iklan pihak ketiga yang umum, yaitu: •. Iklan PPC (Pay Per Click) Yang dimaksud di sini adalah kita (blogger) akan mendapat komisi setiap kali iklan yang ada di blog kita diklik oleh pengunjung pengunjung.. Apakah lantas semua klik akan dihitung? Tentu saja tidak, enak dong kalau seperti itu ☺ Yang dihitung adalah klik-klik klik klik yang dianggap valid saja dan di sini masing-masing masing layanan PPC memiliki aturan validasi klik yang berbeda berbeda-beda. Dari luar, salah satu penyedia layanan PPC yang cukup terkenal adalah Google dengan program AdSense-nya (http://www.google.com/adsense http://www.google.com/adsense). ). Coba saja mampir ke toko buku di kota Anda dan susuri rak buku bisnis internet. Pasti yang banyak terlihat adalah buku-buku buku tentang Google AdSense.. Bagus kah potensinya? Ya. Tapi perlu diingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, isi blog Anda sangat disarankan untuk menggunakan bahasa Inggris.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 14.

(15) Jika nilai TOEFL Anda buruk, bermain di layanan PPC lokal adalah alternatif terbaik. Jangan salah, sa hasilnya tidak kalah jika dibandingkan dengan layanan PPC luar apabila Anda serius menggarap blog Anda tersebut. Dan perkembangan layanan PPC lokal sendiri dalam kurun waktu 2 tahun terakhir cukup luar biasa dimana banyak sekali bermunculan layanan-layanan layanan yanan PPC lokal baru – walaupun pada akhirnya hanya yang terbaik lah yang bertahan. Dan dua dari layanan PPC lokal yang saya rekomendasikan. adalah. KlikSaya. ((http://www.kliksaya.com)). dan. KumpulBlogger. (http://www.kumpulblogger.com http://www.kumpulblogger.com).. •. Iklan PPM (Pay Pay Per Million Impression) Impression Berbeda dengan iklan PPC, pada iklan jenis ini pengunjung tidak perlu mengklik iklan Anda karena setiap kali iklan Anda muncul / tampil, maka Anda sudah menerima menerima komisi komisi. Hanya saja, untuk memudahkan, biasanya nilai komisi tersebut dihitung per 1000 kali impresi / tampilan iklan. Misalnya saja $1 per 1000 impresi. Salah satu penyelenggara layanan PPM yang populer adalah Tribal Fusion dimana nilai komisinya bisa mencapai angka $10 per 1000 impresi. Ini termasuk nilai yang fantastis karena rata-rata rata penyedia layanan sejenis memberikan rate sekitar $1 hingga $2 per 1000 impresi saja. Bagaimana dengan ranah lokal? Sayangnya untuk saat ini masih belum ada yang benar-benar benar berfokus menyedia layanan iklan berbasis PPM ini. Ada sih beberapa layanan PPC yang juga memberikan opsi PPM sebagai alternatif penggemukan penghasilan, tapi yang serius bermain di PPM masih belum ada.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 15.

(16) Secara umum, kunci kesuksesan ada di teknik blog monetizing yang satu ini adalah trafik. Pada dasarnya, trafik akan berbanding lurus dengan penghasilan Anda di PPC maupun PPM. Apalagi trafik yang berkualitas, yang berasal dari negara-negara tertentu, atau berasal dari orang-orang yang memang berminat untuk membaca dan menyimak isi atau materi blog Anda. Garis besarnya seperti ini:. Tentukan Topik Buat Blog Rawat Blog Pasang Iklan Datangkan Trafik Sukses!. Tentu, untuk mendapatkan trafik yang berlimpah memerlukan skill dan keahlian sendiri yang disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Anda bisa belajar lebih lanjut mengenai konsep dan implementasi SEO di produk saya yang lain, Panduan 28 Hari Menguasai SEO. Oh ya, untuk informasi lebih lanjut mengenai Google AdSense dapat Anda dapatkan di e-book Google AdSense White Book. Jangan khawatir, yang ini gratis kok ☺. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 16.

(17) Cara Paten 2: Menjual Ruang Iklan. Hampir sama dengan cara pertama, di cara paten kedua ini kita juga memasang iklan di blog kita. Bedanya, kita tidak lagi tergantung pada pihak ketiga, melainkan secara langsung menawarkan ruang iklan di blog kita kepada siapa saja yang berminat. Cara ini cocok bagi blog blog-blog blog yang sudah memiliki banyak trafik dan komunitasnya sudah terbangun. terbangun. Kenapa? Karena advertiser juga akan mempertimbangkan kaitan antara jumlah pengunjung blog dengan minat pengunjung tersebut terhadap blog yang bersangkutan. Apabila komunitas sudah terbentuk, biasanya pengunjung yang datang adalah pengunjung loyal yang memang tertarik dengan topik yang dibahas pada blog tersebut.. Karena fokus utama di sini adalah pembentukan komunitas, maka yang perlu diutamakan di sini adalah interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung blog blog. Bagaimana gaimana caranya agar pengunjung blog mau memberikan komentarnya atau turut aktif berdiskusi membahas artikel yang dipublikasikan pemilik blog, bagaimana caranya agar pengunjung blog mau datang kembali nanti tanpa harus disuruh, bagaimana caranya agar pengu pengunjung blog mau mem-bookmark bookmark blog Anda, bagaimana caranya agar pengunjung blog aktif dalam segala kegiatan yang Anda lakukan di blog (misal: polling, survey, dan sebagainya), dan sebagainya.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 17.

(18) Satu lagi yang cukup penting di sini adalah kemampuan menulis kita. Tidak harus bagus, tidak harus sekelas pujangga, yang penting unik dan membuat siapa saja yang membacanya dapat mengenal diri kita. Untuk implementasinya sendiri, beberapa mesin blog sudah memiliki plugin yang dapat membantu pemilik blog dalam mengelola iklan-iklan yang terpasang di dalamnya. Termasuk iklan dari orang lain. Berikut ini gambaran blueprint sukses dari menjual ruang iklan di blog:. Tentukan Topik. Buat Blog. Rawat Blog. Datangkan Trafik. Bangun Komunitas. Tawarkan Ruang Iklan. Sukses!. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 18.

(19) Cara Paten 3: Menulis Artikel. Yang menarik dari blog adalah banyaknya alternatif untuk mendapatkan uang, baik dolar maupun rupiah. Salah satu yang booming pada era tahun 2007-2008 lalu adalah sebuah bisnis yang disebut dengan paid review dimana kita dibayar untuk menulis artikel di blog kita sendiri! Mantap, kan? Gak perlu apa-apa lagi, cukup dengan ngeblog seperti biasa, maka kita sudah dapat menerima komisi yang lumayan. Tapi tentu saja, ada beberapa aturan dari pihak advertiser yang harus kita patuhi. Seperti topik, tema, cara penulisan, dan sebagainya. Pada dasarnya, di sini kita harus mendaftar kepada layanan pihak ketiga yang bertindak sebagai broker atau jembatan penghubung antara pemilik blog dengan advertiser. Setelah Anda terdaftar, maka broker paid review tersebut akan memberikan jobs kepada Anda, sesuai dengan kriteria blog yang Anda miliki. Selanjutnya, jika Anda memutuskan untuk menerima tugas tersebut, maka Anda harus segera menuliskan dan mempublikasikan tulisan Anda pada blog yang telah Anda daftarkan. Dan sekali lagi ingat, masing-masing jobs memiliki aturan atau instruksi yang terkadang berbeda. Jadi baca baik-baik detail jobs yang Anda terima agar hasilnya bisa maksimal. Nah, bagaimana dengan potensi penghasilannya? Untuk broker luar, dengan penulisan artikel harus berbahasa Inggris, rata-rata nilai jobs atau komisi yang bisa Anda peroleh adalah $5 hingga $10. Per jobs loh. Bayangkan jika Anda mendapatkan 10 jobs saja dalam jangka waktu 1 bulan, Anda sudah mendapatkan penghasilan ekstra dari blog sebesar $100 atau sekitar 1 juta rupiah. Mantap, kan? Itu baru rata-ratanya. Mau tahu berapa nilai komisi maksimal yang bisa Anda peroleh per jobs? TAK TERBATAS! Bisa $50, $100, bahkan $500. Per artikel loh. Memang tidak semuanya bisa mendapatkan tawaran jobs dengan harga fantastis seperti itu. Ada beberapa faktor yang menjadi penentu, di antaranya adalah popularitas dari blog Anda di mata mesin pencari. Parameter yang umum adalah nilai PageRank dan Alexa Rank blog Anda. Selai itu ada juga broker paid review yang menggunakan jumlah pelanggan umpan Anda (feed subscriber) sebagai salah satu parameter penentuan harga jobs.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 19.

(20) Berikut garis besar langkah-langkah mengikuti bisnis Paid Review ini:. Tentukan Topik Buat Blog Rawat Blog Tingkatkan Popularitas Blog Tingkatkan Trafik Daftar ke Broker Paid Review Terima Jobs Review Sukses!. Beberapa. penyelenggara. layanan. paid. review. yang. terkenal. adalah. SponsoredReviews. (http://sponsoredreviews.com) dan ReviewMe (http://reviewme.com). Alternatifnya, apabila situs Anda berbahasa Indonesia dan hanya ingin menerima jobs penulisan artikel berbahasa Indonesia pula, Anda bisa mendaftarkan diri ke Reviewmu (http://reviewmu.com), layanan paid review lokal pertama di Indonesia.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 20.

(21) Contoh artikel yang berasal dari jobs paid review dapat dilihat di halaman selanjutnya.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 21.

(22) Cara Paten 4: Menjual Produk. Seperti disebutkan di awal, salah satu keunggulan dari blog adalah fleksibilitasnya. Saking fleksibelnya, Anda bahkan bisa memanfaatkan blog sebagai sebuah toko online dimana Anda menjajakan suatu produk dan memperbolehkan orang lain untuk membelinya. Beberapa mesin blog bahkan sudah memiliki plugin yang memungkinkan Anda untuk menyulap blog Anda sebagai sebuah sistem toko online, lengkap dengan sistem penjualan dan pembeliannya. Wow! Nah, di sini ada tiga pilihan: a. Menjual produk sendiri Opsi ini adalah bagi mereka yang memang memiliki produk sendiri atau sudah memiliki toko dan ingin mengembangkan pasar ke dunia online. Yang dimaksud dengan produk sendiri di sini bisa berupa produk fisik atau juga produk digital semisal e-book, script, software, dan sebagainya. b. Menjual produk orang lain melalui sistem affiliasi Opsi ini adalah bagi mereka yang tidak memiliki produk sendiri dan ingin berjualan tanpa perlu repot. Dengan mengikuti program affiliasi, Anda hanya perlu menawarkan produk milik orang lain di blog Anda dan apabila terjadi penjualan maka secara otomatis Anda akan menerima komisi yang besarnya bervariasi, tergantung dari program affiliasi yang diikuti. Contoh dari program affiliasi tersebut antara lain Clickbank (http://clickbank.com), Amazon (http://amazon.com), PayDotCom (http://paydotcom.com), dan sebagainya. c. Menjual produk orang lain secara langsung Opsi ini adalah bagi mereka yang tidak memiliki produk sendiri dan memiliki channel ke distributor atau pemilik toko di dunia offline. Mereka dapat bekerjasama dengan distributor atau pemilik toko tersebut untuk menjual atau menjajakan produk mereka di dunia online. Salah satu kunci kesuksesan di sini adalah komunitas dan trafik, terutama komunitas (dan trafik) yang memiliki minat sama dengan jenis produk yang Anda tawarkan. Untuk komunitas, bisa dibentuk dengan cara sering membahas atau mempulikasikan artikel yang berhubungan dengan produk yang akan ditawarkan. Sedang untuk trafik, bisa didapat dengan menggunakan teknik-teknik SEO.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 22.

(23) Berikut ini step-by-step implementasi cara paten ke-empat ini:. Tentukan Topik. Buat Blog. Tentukan Produk Yang Akan Ditawarkan. Bangun Komunitas. Terapkan Teknik SEO. Tawarkan Produk. Sukses!. By the way, jika ingin belajar lebih jauh mengenai bisnis pembuatan dan penjualan e-book, silahkan unduh. dan. baca. e-book. gratis. saya. yang. lain,. Panduan. Membuat. E-book. Sendiri. (http://panduandasar.com/ebook).. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 23.

(24) Oh ya, ngomong-ngomong soal affiliasi, selain jenis affiliasi umum dimana komisi Anda peroleh setiap kali ada produk yang laku terjual, ada juga jenis affiliasi lain yang mulai populer dua tahun belakangan ini. •. PPI (Pay Per Install) Anda mereferensikan suatu software kepada pengunjung Anda dan nantinya Anda akan mendapat komisi setiap kali software tersebut diinstall.. •. PPL (Pay Per Lead) Anda akan dibayar setiap kali Anda bisa mengajak seseorang untuk mengikuti suatu program, keanggotaan, mailing list, dan sejenisnya.. •. PPA (Pay Per Action) Anda akan dibayar setiap kali pengunjung Anda melakukan suatu tindakan tertentu, tergantung ketentuan dari pemilik produk atau penyedia layanan yang bersangkutan. Sebagai contoh, ada yang akan membayar Anda untuk setiap pengunjung yang mengisi survey, atau untuk setiap pengunjung yang memberikan data dirinya, atau bahkan ada pula yang membayar hanya untuk setiap nomer telpon pribadi yang diberikan oleh pengunjung Anda!. Dibandingkan program affiliasi umum, ketiga program affiliasi di atas terlihat lebih mudah dan berprospek. Memang benar demikian adanya. Namun di sisi lain, kebanyakan penyedia layanan affiliasi jenis di atas biasanya lebih bersifat tertutup atau premium, dimana persyaratan yang harus dipatuhi untuk bisa masuk dan mengikuti layanan mereka lebih sulit. Tidak sedikit diantaranya yang bahkan akan menghubungi via telpon dan mewawancarai Anda secara langsung untuk memastikan bahwa Anda layak untuk mereka terima. So, sebelum mendaftar, pastikan kemampuan bahasa Inggris Anda sudah lumayan ☺. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 24.

(25) Cara Paten 5: Menjual Jasa. Cara paten kelima ini sebenarnya mirip dengan yang nomer empat, hanya yang kita tawarkan dalam blog kita adalah jasa. Bisa jasa membuat desain web, jasa membuat karikatur wajah, jasa penukaran uang, dan sebagainya. Seandainya mau, kita juga bisa bekerjasama bekerjasama dengan orang lain atau pihak lain untuk menawarkan jasa yang mereka miliki. Sebagai contoh, di jalan terkadang ada seniman-seniman seniman jalanan yang memberikana jasa pembuatan sketsa wajah. Ajak saja mereka joint venture dengan Anda dengan sistem komisi misalnya. nya. Anda yang menawarkan jasa pembuatan sketsa wajah di blog Anda, dan jika nanti ada order, mereka yang mengerjakan. Gampang, kan?. Yang perlu dipersiapkan di sini adalah trust level atau tingkat kepercayaan pembaca blog – baik terhadap diri Anda secara personal, personal juga terhadap kemampuan Anda untuk menangani jasa yang Anda tawarkan. Untuk yang pertama, kuncinya adalah interkasi dan pembentukan komunitas. Sedang untuk yang kedua, tergantung dari jasa yang Anda tawarkan, apakah jasa milik sendiri atau jasa orang lain. Jika jasa milik sendiri, Anda bisa melakukan ‘edukasi pasar’ terlebih dahulu untuk menunjukkan bahwa hasil dari jasa yang akan akan Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 25.

(26) Sebagai contoh, jika berancang-ancang untuk menawarkan jasa desain situs web, beberapa waktu sebelumnya mulai lah untuk mempublikasikan hasil karya Anda di blog, disertai dengan filosofi dan cerita-cerita behind the scene agar orang tertarik. Bisa juga dengan membagikan secara gratis theme atau template hasil karya desain asli Anda di blog. Untuk menawarkan jasa orang lain sebenarnya juga sama saja. Dimulai dengan edukasi pasar dan dilanjutkan dengan membuat artikel yang mengenalkan kepada pembaca blog siapa yang nanti akan mengerjakan jasa tersebut. Pastikan perkenalan tersebut ditulis secara jujur, netral, dan sebutkan dengan jelas keunggulan-keunggulan dia dibandingkan penyedia jasa sejenis yang lain. Berikut rekap garis besar langkah-langkahnya:. Tentukan Topik. Buat Blog. Tentukan Jasa Yang Akan Ditawarkan. Bangun Komunitas. Edukasi Pasar. Tawarkan Jasa. Sukses!. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 26.

(27) Cara Paten 6: Menjual Blog. Cara ini baru mulai heboh belakangan ini menyusul kesuksesan salah seorang blogger Indonesia yang sukses menjual blognya dengan nilai transaksi mencapai 800 juta rupiah! Ya, nyaris 1M hanya untuk sebuah blog! Meskipun secara rata-rata nilai penjualan teknik yang disebut dengan blog flipping atau site flipping tidak sebesar itu, tapi jika sudah terbiasa dan mengerti pasar penjualannya, Anda bisa menjual satu hingga dua blog per minggu dengan harga berkisar antara seratus ribu hingga satu juta. Beberapa hal yang mempengaruhi nilai / harga blog: •. Nama domain. •. Content, baik dari sisi topik, kuantitas, dan kualitas / orisinalitas. •. Jumlah pengunjung. •. Kualitas secara umum (PageRank, AlexaRank). •. Desain blog. Jika Anda berniat untuk menjalankan bisnis ini, perlu diingat bahwa Anda memiliki dua metode. Yang pertama adalah sebagai berikut:. Tentukan Topik. Buat Blog. Siapkan Desain. Jual Blog. Optimasi SEO (Dasar). Isi Content. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 27.

(28) Dan yang kedua adalah sebagai berikut:. Tentukan Topik. Buat Blog. Siapkan Desain. Bangun Komunitas. Optimasi SEO (Dasar). Isi Content. Tingkatkan Trust Level. Optimasi SEO (Advanced). Jual Blog. Paham bedanya? Di metode pertama, blog yang Anda jual adalah blog yang masih fresh. Ibarat orang berjualan buah, yang Anda jual di sini adalah sebuah toko buah segar (lengkap beserta buah-buahannya) yang baru dibangun. Sebaliknya, di metode kedua, blog yang Anda jual adalah blog yang sudah berjalan dan kemungkinan besar sudah teroptimasi secara maksimal. Jika diibaratkan dengan hal yang sama, yang Anda jual di sini adalah sebuah toko buah segar yang sudah eksis selama beberapa waktu – sudah punya nama dan bahkan sudah punya pelanggan tetap. Paham bedanya? ☺ Dari sisi penghasilan, jelas metode kedua berpotensi lebih besar karena harga blog yang sudah established dibandingkan dengan blog yang masih baru jelas berbeda. Namun dari sisi pembuatan,. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 28.

(29) metode kedua memakan waktu lebih lama karena menjalankan dan mengoptimalkan sebuah blog baru butuh waktu setidaknya tiga hingga enam bulan. Silahkan dipilih sendiri jalur mana yang Anda rasa paling menarik untuk dilewati ☺ Tapi jika ingin mendengarkan pendapat saya, jalankan keduanya! Metode pertama sebagai kegiatan rutin Anda dan metode kedua sebagai kegiatan sambilan Anda. Ibaratnya berbisnis, metode pertama adalah penghasilan bulanan Anda, sedangkan metode kedua adalah investasi Anda yang ‘berbunga’ setiap jangka waktu sekali.. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 29.

(30) Dan selanjutnya…. Anda tahu kalimat favorit saya?. Siapa saja bisa membuat blog, Tapi tidak. semua orang bisa mencari uang dari blog. Ya, kalimat itu saya favoritkan karena saya termasuk yang bisa membuat blog sekaligus bisa mencari uang dari blog, hehehe. Tapi di luar itu, apa yang tersirat dan tersurat dalam kalimat di atas adalah fakta yang mau tidak mau harus kita terima. Meskipun sudah banyak yang sukses mendapatkan uang dari blog, yang gagal pun tidak kalah banyaknya. Dan jika Anda memutuskan untuk masuk ke dalam dunia blog monetizing, Anda tidak hanya harus siap untuk sukses…. Anda juga harus siap untuk gagal! Banyak faktor kegagalan yang pangkalnya masalah pola pikir. Mindset. Ada dua hal yang perlu dipahami: a. Bahwa blog hanyalah sebuah media b. Bahwa blog monetizing adalah sebuah bisnis Jadi, sama seperti bisnis-bisnis yang lain, apa pun bentuknya, kegiatan mencari uang di blog juga membutuhkan usaha, waktu, dan yang terpenting, sumber daya – bisa berupa uang atau juga keahlian. Ingat, dari awal saya tidak pernah mengatakan bahwa ngeblog tidak membutuhkan uang. Yang saya sebutkan adalah ia relatif lebih murah dari sisi biaya perawatan (dan pembuatan).. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 30.

(31) Dari sini, mari simak satu wejangan favorit saya mengenai ‘bisnis’ ini.. Check your SKILL Check your INTEREST Check your RESOURCE. Ketiga hal itu lah yang menjadi kunci dari kesuksesan Anda di dunia blog monetizing. Jika Anda memahami dengan baik masing-masing cara mendapatkan uang yang telah dibahas, maka saya yakin Anda bisa menyimpulkan bahwa setiap cara memiliki persyaratan yang berbeda dari sisi minat, keahlian, dan sumber daya Anda. Dan tidak jarang di antaranya membutuhkan pengetahuan lebih lanjut agar bisa sukses. Pengetahuan tentang SEO (Search Engine Optimization), web design, web programming, dan copywriting misalnya. Detilnya? Ah, itu Pe-eR bagi Anda. Biar lebih memahami konsep dari blog monetizing itu sendiri, serta agar lebih jelas memilih, mana cara yang paling cocok bagi diri Anda. Tapi jika, sekali lagi, Anda memahami dengan baik masing-masing cara paten yang telah dibahas, maka Anda akan menemukan bahwa sebagian besar memiliki langkah-langkah blueprint yang sama. Artinya, ada beberapa cara paten yang bisa dilakukan secara bersamaan. Misalnya saja, bermain PPC dengan sekaligus menjajakan produk digital. Atau cari duit dari paid review dan apabila Anda sudah bosan dengan blog tersebut, menjualnya ke orang lain dengan harga yang lumayan. Enak, kan?. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 31.

(32) Sebagai penutup, saya persembahkan satu motto saya bagi Anda. Siapa tahu dapat menginspirasi Anda sekuat ia menginspirasi diri saya selama ini.. A + ( S +S +S ) = A3S Action + ( Study + Share S + Socialize ) = Amat Sangat angat Sukses Sekali. Perlu diartikan? Ah, manja sekali Anda ini ya… Artinya, jika Anda ingin sukses, terus lah belajar (study), ( berbagi (share), ), dan berkawan dengan siapa saja yang berada di ‘jurusan’ yang sama (socialize). ( ). Dan yang terpenting, ketiga hal tersebut jangan hanya berupa wacana, namun juga harus dipraktekkan dalam bentuk tindakan (action (action). Saya sudah (agak) sukses. Dan keempat hal itu yang saya lakukan selama ini. Sebagai penutup, saya undang Anda sekalian untuk bergabung dengan saya di Facebook ☺ Langsung saja masuk ke http://facebook.com/cosaaranda dan tambahkan saya sebagai teman Anda. Di sana Anda bisa mengetahuii lebih dekat kegiatan saya sehari-hari sehari serta membaca tulisan-tulisan tulisan terbaru saya yang lain. Mau?. Saya aya tunggu Anda di jalur sukses ini ini, kawan!. 6 Cara Paten Mendapatkan Uang Dari Blog. 32.

(33)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...