BAB 1 PENDAHULUAN. mempengaruhi kehidupan manusia. Teknologi yang saat ini banyak dibutuhkan dan

Teks penuh

(1)

1  

1.1 Latar Belakang

Teknologi adalah sesuatu yang tak dapat dipungkiri telah banyak merubah dan mempengaruhi kehidupan manusia. Teknologi yang saat ini banyak dibutuhkan dan dikembangkan adalah teknologi informasi yang mampu menyajikan informasi yang cepat, akurat, dan up to date dan mampu membuat dunia maya/ virtual menjadi seperti the real and true life. Internet dan web adalah contoh dari perkembangan teknologi informasi yang memudahkan manusia mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dan cepat. Segala macam aplikasi berbasis web merupakan e-application dan banyak dipakai di berbagai sektor, misalnya pendidikan, bisnis dan industri, hiburan, dan sebagainya dengan memanfaatkan keunggulan dari koneksi internet.

Binus University, sebagai Universitas yang berorientasi pada teknologi, sudah mengembangkan sebuah sistem pembelajaran berbasis web atau yang sering disebut sebagai e-learning untuk memanjakan mahasiswa sehingga lebih mudah dalam mendapatkan materi perkuliahan, mengetahui informasi yang berkaitan dengan kepentingan akademis dan Universitas, dimana sistem tersebut bernama Binusmaya.

Binusmaya yang saat ini masih dipakai oleh dosen dan mahasiswa adalah Binusmaya versi 2 yang sudah ada sejak tahun 2005. Di tengah menjamurnya website jejaring sosial, Binusmaya versi 2 mulai jarang dibuka dan terkadang hanya dibuka untuk melihat jadwal dan nilai saja, forum diskusinya juga jarang digunakan, kecuali bila diberi tugas oleh dosen. Untuk itu, sistem Binusmaya versi 2 perlu diperbaharui dan

(2)

diharapkan mahasiswa lebih memanfaatkannya. Selain itu, pada Binusmaya versi 2, account yang dapat dimiliki oleh pengguna adalah lebih dari 1 account. Misalnya, untuk masuk ke http://library.binus.ac.id/, pengguna harus login lagi, padahal mereka sudah login di Binusmaya. Untuk itu, IT Directorate, sebagai pengembang dan pengelola yang mengakomodasi teknologi yang berkaitan dengan kepentingan internal Information System di Binus University, termasuk Binusmaya, mengembangkan Binusmaya versi 3 atau newBinusmaya, dimana pengguna hanya perlu sekali login ke satu account Binusmaya (single logon), untuk memperoleh banyak fasilitas di dalamnya. Pada Binusmaya versi 2, apabila seorang pengguna memiliki peran ganda (dosen program Pasca-Sarjana dan mahasiswa program Pasca-Sarjana, misalnya) harus login dua kali (sebagai dosen dan mahasiswa). Dalam Binusmaya terdapat beberapa aplikasi di dalamnya dan Services merupakan salah satu dari aplikas-aplikasi tersebut.

Secara umum, Binusmaya Services adalah layanan yang diberikan oleh pihak Binus University untuk memudahkan para dosen, mahasiswa, dan juga staff terkait dalam perolehan informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan kehidupan kampus, akademis, perkuliahan, keuangan, dan juga registrasi (misalnya jadwal kuliah bagi mahasiswa, jadwal mengajar bagi dosen, pengumuman – pengumuman, nilai mahasiswa, pembayaran, gaji dosen, dll). Layanan tersebut terintegrasi pada suatu sistem dan fitur virtual dimana pengguna dapat memperoleh layanan secara komputerisasi (web-based), sehingga pengguna tidak perlu selalu datang ke kampus hanya untuk mendapatkan informasi. Secara rinci mengenai cakupan dari Services akan dijelaskan pada Bab 3 Sub Bab 3.5 Ruang Lingkup.

(3)

Binusmaya versi 2 telah memiliki Services, namun pada dasarnya Services pada Binusmaya versi 2 masih bercampur dengan menu-menu lainnya (tidak terkategori dengan jelas), sedangkan pada Binusmaya versi 3, Services sudah dibuat terpisah menjadi satu aplikasi tersendiri sehingga memudahkan mahasiswa untuk memilih akses yang pasti, langsung ke Services. Aplikasi yang terpisah ini juga membuat kemudahan di masa yang akan datang bila ingin menambahkan aplikasi baru.

Dengan dikembangkan dan dipindahkannya LMS baru pada Binusmaya versi 3 (LMS pada Binusmaya versi 2 telah ditutup), maka bagian Services pun juga harus ikut berganti mengikuti sistem yang baru agar user tidak perlu bolak-balik login dari Binusmaya versi 3 ke Binusmaya versi 2. Untuk berbagai alasan itulah skripsi internship ini dilaksanakan.

1.2 Tujuan dan Manfaat

Tujuan dari skripsi internship ini adalah melakukan konversi dan memindahkan bagian Services dari Binusmaya versi 2 yang sekarang ini sedang dipakai ke Binusmaya versi 3. Untuk tetap mengakomodasi kebutuhan user terhadap semua Services yang sudah ada pada Binusmaya versi 2, maka semua Services pada Binusmaya versi 2 perlu dipindahkan ke Binusmaya versi 3 sehingga user tidak perlu login dua kali dan berpindah-pindah dari Binusmaya versi 3 ke Binusmaya versi 2 dan sebaliknya. Dalam melakukan konversi dan pemindahan bagian Services dari Binusmaya versi 2 ke Binusmaya versi 3, terdapat perbaikan-perbaikan sebagai berikut :

1. Memperbaiki susunan menu – menu yang ditawarkan dalam bagian Services dengan mengelompokkan setiap Services ke dalam tiga kategori utama

(4)

(Common, Student, Lecturer) dan merapikan pengelompokkan setiap Services dengan Sub-Services yang ada.

2. Memperbaiki fitur shortcut yang ada sehingga shortcut mencakup seluruh Services yang ada dalam satu kategori utama.

3. Melakukan pengalihan bahasa yang digunakan dari Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris.

4. Meningkatkan fitur Announcement dengan memberikan pengkategorian berdasarkan waktu suatu pengumuman dinyatakan mulai sah diberlakukan. 5. Meningkatkan fungsi Module Management dengan menambahkan fitur

isDeploy dan Welcome Note.

6. Mengubah Back End yang mengakses Lotus Notes ke SQL Server 2005. Sedangkan manfaat yang dapat diperoleh oleh pengguna dari hasil konversi ini adalah sebagai berikut :

1. Tampilan menu yang lebih terstruktur karena dikelompokkan berdasarkan kategori peran user yang memakai, common (mahasiswa dan dosen), student (mahasiswa saja), lecturer (dosen saja) dan juga menerapkan sistem satu akun untuk banyak Services bagi pengguna yang memiliki dua role (dosen dan mahasiswa)

2. Akses dari menu ke menu yang dilakukan oleh user dapat dilakukan tanpa sering menekan tombol “back” dengan fitur shortcut yang dapat di-show/hide sehingga tidak mengganggu fokus user dan mengurangi jatah layar halaman utama.

(5)

3. Peralihan bahasa menjadi Bahasa Inggris mendukung visi dan misi Binus University yaitu menjadi World Class University.

4. Fitur Announcement dengan pembagian berdasarkan kategori waktu dan disusun dalam bentuk tab dapat membantu pengguna dalam mengetahui pengumuman yang berlaku pada kurun waktu tertentu.

5. Developer dapat mengatur suatu Services hanya muncul pada development

saja (dengan isDeploy) dan juga dapat membuat pesan awal pada setiap Services.

6. Dengan tidak digunakannya lagi Lotus Notes, maka aplikasi Binusmaya versi 3 sudah selaras dengan aplikasi lain yang dikembangkan oleh IT Directorate yang menggunakan produk dari Microsoft secara umum.

Mengingat tujuan yang ingin dicapai dan manfaat yang dapat diperoleh, maka penulis melakukan Skripsi Internship dan membuat laporan yang berjudul : “Implementasi Services Pada Binusmaya Versi 3 Dengan Menggunakan ASP. NET dan C#”

1.3 Metodologi

Dalam menyelesaikan proyek yang merupakan bagian dari skripsi internship ini, metodologi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut (metodologi mengacu pada model proses perancangan perangkat lunak waterfall) :

1. Rekayasa dan pemodelan sistem/ informasi

Pada tahap ini, seluruh anggota tim yang terlibat dalam pembuatan Binusmaya Services berkumpul dan mendengarkan penjelasan dari Project Manager mengenai pengertian dari Services dari Binusmaya versi 3. Project Manager

(6)

membahas mengenai apa saja yang dimaksud dengan Services, dan membahas hal apa saja yang ingin diimplementasikan pada Services di Binusmaya versi 3 (hanya secara umum). Project Manager membahas keseluruhan sistem yang akan diaplikasikan ke dalam bentuk software sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dari user. Project Manager juga menjelaskan mengenai perencanaan waktu/ timeline (scheduling) dari proyek Binusmaya Services yang akan dikerjakan.

2. Analisis kebutuhan perangkat lunak

Pada tahap ini, Project Manager mulai menjelaskan fitur apa saja yang harus ada pada bagian Binusmaya Services secara spesifik per Services yang ada sesuai dengan kebutuhan user, dimana Services yang ada dibagi berdasarkan peran dari user yang mengakses, yaitu Student, Lecturer dan Common.

3. Desain atau Perancangan

Pada tahap Desain atau Perancangan ini, terdiri dari perancangan sistem pada umumnya, perancangan layar, dan perancangan database.

Perancangan sistem meliputi rancangan dan rencana awal keseluruhan membuat sistem berdasarkan kebutuhan user dan konsep yang diterapkan di IT Directorate dan juga bagaimana workflow pembuatan aplikasi ini.

Perancangan layar berfokus pada membuat rancangan layar sesuai yang diminta oleh Project Manager sebagai hasil diskusi mengenai user

requirement dengan masing-masing user yang berkaitan, lalu

mengimplementasikannya dalam bentuk mock up (berupa tampilan layar HTML statis) untuk mempermudah mempresentasikannya kepada Project

(7)

Manager. Setelah itu, melakukan konsultasi dengan Project Manager dan Project Manager mengevaluasinya dengan menambahkan masukan-masukan untuk memperbaiki tampilan layar yang telah dirancang.

Perancangan Database dilakukan dengan membuat ERD (Entity Relationship

Diagram) untuk menu-menu Services yang memerlukan rancangan database

baru. Kemudian, menunjukkan dan melakukan konsultasi dengan Project Manager sehingga Project Manager dapat mengkoreksi dan memberi masukan mengenai ERD yang dibuat sebelum diimplementasikan. Lalu, dari hasil konsultasi tersebut menghasilkan ERD yang sudah disetujui oleh Project Manager, dilanjutkan dengan membuat table dengan field-field sesuai ERD tersebut pada database dan membuat Stored Procedure yang akan digunakan pada pemrograman.

4. Generasi kode

Pada tahap ini, mulai membuat halaman-halaman setiap Services pada Binusmaya versi 3 dalam bahasa ASP.NET dan C#. Diawali membuat master page, kemudian membuat koneksi ke database, membuat stored procedure, dan membuat halaman aspx dan aspx.cs. Coding yang dibuat menerapkan arsitektur yang berlaku di IT Directorate.

5. Pengujian

Setelah coding selesai dilakukan, dilakukan testing lokal pada komputer penulis untuk memastikan bahwa coding yang dilakukan berjalan pada browser sesuai dengan yang diharapkan. Setelah dilakukan testing pada browser penulis dan aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan,

(8)

kemudian dilakukan presentasi kepada Project Manager. Dari hasil presentasi, dilakukan beberapa perbaikan jika diperlukan, kemudian hasilnya akan

di-upload ke jaringan lokal dari IT Directorate untuk memudahkan staff IT

Directorate melakukan testing. Upload pada jaringan lokal ini masih

menggunakan data dummy. Setelah testing pada jaringan lokal yang memastikan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan, aplikasi yang ada akan di-upload ke server real tetapi masih dalam batas Testing Development, yang hanya dapat diakses oleh pihak yang diberi akses secara khusus. Perbedaan pada jaringan lokal adalah pada tahap ini, data yang digunakan sudah data real. Selain itu, dibuat sebuah tim Binusmaya tester untuk melakukan testing dan memberikan komentar berkaitan dengan Binusmaya versi 3 dan apakah ada bug atau tidak. Setiap programmer juga diberi akses untuk melakukan testing.

6. Pemeliharaan

Setelah melalui testing seperti yang telah dijelaskan diatas, baik oleh staff IT Directorate, tim dari Binusmaya tester, maupun tim penulis selaku programmer, dan kesalahan/ bug sudah diatasi, maka dilaksanakanlah implementasi ke dalam Binusmaya versi 3 yang real yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa dan dosen, serta staff yang memiliki hak akses. Setelah implementasi, maka dilakukan maintenance software, apakah pada penerapannya secara real ada masalah atau tidak. Selama masa pembuatan skripsi ini, maka tim penulis tetap bertanggung jawab memperbaiki kesalahan

(9)

yang ada pada implementasi real ini dan melakukan maintenance yang memang diperlukan untuk meningkatkan kualitas aplikasi yang dibuat.

  Gambar 1.1Workflow Metodologi Proyek

(10)

1.4 Sistematika Penulisan

Laporan Skripsi Internship ini terbagi secara garis besar menjadi lima bab, dimana pada masing-masing bab tersebut, terbagi lagi menjadi beberapa sub-bab dengan cakupan yang lebih sempit dan spesifik. Adapun pembahasan tiap bab dalam Laporan Skripsi Internship ini adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi hal-hal yang mengantar ke pokok permasalahan yang akan dibahas pada bab-bab selanjutnya. Bab Pendahulan ini terdiri dari lima sub-bab, yaitu sub-bab latar belakang, yang menjelaskan secara umum apa yang menjadi dasar pertimbangan pembuatan aplikasi dan secara singkat seperti apa aplikasi yang dibuat, sub-bab tujuan dan manfaat, yang menjelaskan tujuan yang ingin dicapai dan manfaat yang diharapkan dapat diperoleh setelah menyelesaikan aplikasi dan Laporan Skripsi Internship ini, sub-bab Metodologi, yang menjelaskan mengenai cara dan metode, serta langkah-langkah apa saja yang digunakan dalam pembuatan aplikasi Skripsi Internship ini, dan sub-bab sistematika penulisan, yang menerangkan secara singkat gambaran umum tiap bab dalam Laporan Skripsi Internship ini.

BAB II LANDASAN TEORI

Pada bab ini, penulis menjelaskan teori-teori apa yang digunakan sebagai dasar pemikiran dan relevansinya terhadap aplikasi yang secara nyata dibuat sehingga

(11)

antara teori dan kenyataan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dan terkait satu sama lain.

BAB III DESKRIPSI UMUM

Pada Bab Deskripsi Umum, berisi pembahasan yang menggambarkan bagaimana situasi yang terjadi pada saat penulis melaksanakan Skripsi Internship ini, seperti berkaitan dengan organisasi tempat penulis melaksanakan Skripsi Internship ini, bagaimana kondisi sistem, dan solusi apa yang penulis berikan bagi perusahaan terkait dengan perbaikan dan optimalisasi sistem yang sudah ada.

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

Bab ini menjelaskan mengenai perangkat keras dan piranti lunak yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan aplikasi atau sistem yang dibuat, perancangan yang dibuat oleh tim penulis, dan juga mengenai evaluasi dari hasil testing terhadap aplikasi yang sudah dibuat.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi kesimpulan yang dapat diperoleh dari pembuatan hingga implementasi aplikasi Binusmaya Services. Selain itu juga terdapat saran dari penulis yang tentunya bersifat konstruktif bagi pihak terkait maupun bagi pembaca.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :