ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan Pada Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

16  Download (0)

Teks penuh

(1)

i

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI

KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS

MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SKRIPSI

Untuk memenuhi sebagian persyaratan guna mencapai derajat Sarjana S-1 Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi

Disusun Oleh: ITA DEWI ERMAWATI

A210 100 104

PENDIDIKAN AKUNTANSI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)
(5)

v MOTTO

Manusia yang berakal ialah manusia yang suka menerima nasehat dan meminta nasehat

(Umar Bin Khatab)

Belajar tak mengenal umur, belajar bisa dengan siapapun dan kapanpun, belajarlah untuk menggapai impianmu

(Penulis)

Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah Anda miliki, Anda harus bersedia melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan

(Thomas Jefferson)

Anda tidak mungkin dibuat menginginkan sesuatu, tanpa diberikan kewenangan untuk mencapainya

Semua kesalahan dilakukan dengan keyakinan bahwa dilakukannya itu benar

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan penuh keikhlasan dan rasa syukur kepada Allah SWT kupersembahkan Skripsi ini untuk:

 Ibu dan Ayah tercinta yang telah memberikan kasih sayang, cinta,

pengorbanan, dukungan dan kebahagiaan yang begitu indah dalam hidup.

 Kakakku dan keponakanku serta keluarga besarku yang selalu mendo’akan

dan membantuku baik secara moril maupun spiritual.

 Seseorang yang kusayang terimakasih telah memberi semangat dan do’a.

 Sahabat-sahabatku yang terbaik.

(7)

vii

KATA PENGANTAR

Assalammu’alaikum Wr.Wb

Alhamdulillah, Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkat dan rahmatNya memberikan ketabahan, kekuatan, batin, kesabaran untuk menyusun dan menyelesaikan skripsi dengan judul “ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA

KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

SURAKARTA” dengan sebaik-baiknya.

Penulis skripsi ini bertujuan untuk memenuhi syarat kelulusan dan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Akuntansi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalam penulisan skripsi ini penulis menyadari bahwa semuanya tidak akan dapat selesai sebagaimana mestinya tanpa adanya bimbingan, dukungan, dan bantuan dari berbagai pihak yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam penulisan skripsi ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yanng sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Bambang Setiaji, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(8)

viii

3. Ibu Dra. Titik Asmawati, M.Si, selaku Ketua Program Studi dan selaku Pembimbing Akademik Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

4. Ibu Dr. Hj.Suyatmini, M.Si.selaku pembimbing yang penuh kesabaran dan ketulusan membimbing, mengarahkan dalam penyusunan skripsi ini. 5. Bapak/Ibu Dosen program studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 6. Mbak Ismi staff Koperasi Mahasiswa yang telah memberi kesempatan dan

bantuan selama penelitian.

7. Bapak dan ibuku tercinta yang telah memberikan doa, dorongan, materi serta nasehat selama penulis menyelesaikan studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta, jasamu kan kukenang selalu.

8. Buat Sahabatku, Dyah, Esti, Rima, Renita, Fida, Anna dll, banyak pengalaman bersama kalian.

9. Buat Novianto Dian Nugroho, terimakasih telah memberi semangat selama kuliah maupun menyelesaikan skripsi.

10.Buat kos taska 4, Fera Julia dan Riri terimakasih telah menjadi teman-teman terbaik.

11.Serta semua pihak yang telah membantu terselesaikannya skripsi ini, mohon maaf tidak dapat penulis sebutkan satu per satu. Hanya ucapan terimakasih yang dapat penulis sampaikan.

(9)

ix

Penulis menyadari bahwa penyusunan ini masih jauh dari sempurna, maka penulis sangat berterima kasih apabila diantara pembaca ada yang memberikan saran atau kritik yang membangun guna memperluas wawasan penulis sebagai proses pembelajaran dini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Surakarta, September 2014 Penulis

(10)

x

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ... 1

(11)

xi

c. Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan... 25

4. Analisis Laporan Keuangan ... 26

BAB III METODE PENELITIAN A. Metode Penelitian ... 41

(12)

xii

C. Metode Analisis Data ... 44

1. Rasio Likuiditas ... 44

2. Rasio Solvabilitas ... 45

3. Rasio Rentabilitas... 46

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Profil Koperasi Mahasiswa ... 48

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan ... 72

B. Saran-saran ... 74 DAFTAR PUSTAKA

(13)

xiii

DAFTAR TABEL

Tabel.3.1 Kriteria standar kinerja keuangan koperasi……….……

Tabel. 4.1 Ringkasan Koperasi Mahasiswa Tahun 2011-2013……….….. Tabel 4.2 Ringkasan hasil analisis rasio likuiditas tahun 2011-2013……… Tabel 4.3 Ringkasan hasil perhitungan rasio solvabilitas tahun 2011-2013……….

(14)

xiv

DAFTAR GAMBAR

Gambar. 3.1 Kerangka Pemikiran Analisis Kinerja Keuangan …………... 39

(15)

xv

DAFTAR LAMPIRAN

(16)

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS

MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Ita Dewi Ermawati, A210100104, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan Koperasi Muhasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta ditinjau dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan- masukan atau informasi bagi koperasi untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan atau mengembangkan kinerja keuangan di masa yang akan datang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian adalah data sekunder yang berasal Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumber data tersebut berdasarkan dari laporan-laporan keuangan Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2011 sampai dengan tahun 2013.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa analisis rasio likuiditas diperoleh hasil perhitungan: current ratio tahun 2011 sebesar 255,82% ; current ratio tahun 2012 sebesar 280,33% berada pada standar sangat baik (175%-200%). Sedangkan perhitungan current ratio tahun 2013 sebesar 110,43% berada pada standar kurang baik (100%-125%). Untuk hasil perhitungan quick ratio Koperasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2011 sebesar 147% ; quick ratio tahun 2012 sebesar 142,7% berada pada standar cukup baik (125%-149%). Sedangkan hasil perhitungan quick ratio tahun 2013 sebesar 98,7% berada pada standar buruk (<100%). Berdasarkan rasio solvabilitas diketahui bahwa hasil perhitungan : total debt to total equity pada tahun 2011sebesar 76,68% berada pada standar kurang baik. Hasil perhitungan total debt to total equity tahun 2012 sebesar 117,76% ; dan total debt to total equity tahun 2013 sebesar 118,87% berada pada standar buruk (>80%). Untuk hasil perhitungan total debt to total assets pada tahun 2011 adalah 39,83% berada pada standar baik (50%-39%). Perhitungan tahun 2012 adalah 50,42% berada pada standar cukup baik (60%-49%). Dan perhitungan tahun 2013 adalah 47,34% berada standar baik (50%-39%). Berdasarkan rasio rentabilitas diketahui bahwa hasil perhitungan : rasio laba bersih sebelum pajak dengan total aktiva tahun 2011 sebesar 8,3% ; hasil perhitungan tahun 2012 sebesar 6,75% dan hasil perhitungan tahun 2013 6,75% berada pada standar penilaian baik yaitu (7%-10%). Untuk perhitungan rentabilitas modal sendiri tahun 2011 sebesar 13,5% ; tahun 2012 sebesar 13,75% berada pada standar sangat baik (>10%). Sedangkan perhitungan tahun 2013 adalah 8,78% berada pada standar penilaian baik (7%-10%).

Kata kunci : likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, kinerja keuangan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di