Kajian Daya Dukung Fisik Wisata Danau di Pantai Pasir Putih Parbaba Kabupaten Samosir

Teks penuh

(1)

Latar Belakang

Danau adalah kumpulan massa air yang menempati suatu wadah yang relatif luas, dapat terbentuk secara alamiah maupun buatan. Mendapatkan pasokan air (inlet) baik dari curah hujan, sungai-sungai yang terdapat disekitarnya, maupun dari mata air. Beberapa danau memiliki saluran keluar (outlet) yang terkadang juga dapat terbentuk secara alamiah. Danau dapat dijadikan sebagai sumber air bagi kehidupan, daerah resapan air, irigasi bagi lahan pertanian, kegiatan perikanan, dan sebagainya. Mempunyai potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, misalnya memancing, berperahu, berenang dan dapat juga dijadikan sebagai tempat rekreasi dan pariwisata. Namun setiap pemanfaatan potensi danau harus diseimbangkan dengan pengelolaan ekosistem danau tersebut supaya tetap lestari.

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia terbentuk secara alamiah dari proses vulkanik, serta memiliki potensi sumberdaya alam yang dapat dijadikan sebagai obyek wisata. Wisata di kawasan Danau Toba menjadi daya tarik bagi masyarakat lokal maupun manca negara. Salah satu daerah tujuan wisata yang berada di kawasan Danau Toba yaitu Pantai Pasir Putih Parbaba.

(2)

diketahui oleh wisatawan lainnya. Penyebaran informasi yang cepat dan akurat akan memudahkan kawasan wisata ini mudah diketahui oleh masyarakat lainnya.

Daerah tujuan wisata danau Pantai Pasir Putih Parbaba terletak di Desa Hutabolon, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir. Keunikan objek wisata ini yaitu mempunyai pasir yang putih dan masih terjaganya kebersihan. Selain itu, wisata ini sudah memiliki fasilitas yang mencukupi seperti villa atau penginapan dan restoran. Untuk hiburan wisata bisa dinikmati dengan sepeda air, berenang, banana boat, berperahu dan duduk santai.

Kegiatan wisatawan yang berlebihan dapat mengurangi potensi sumberdaya alam yang ada, oleh karena itu diperlukan kajian mengenai daya dukung fisik terhadap kegiatan wisata agar tetap berkelanjutan. Melalui penelitian ini akan diketahui tingkat daya dukung fisik wisata dan persepsi wisatawan terhadap keindahan alam dan kenyamanan kawasan Pantai Pasir Putih Parbaba.

Perumusan Masalah

(3)

alam yang ada di tempat ini akan menurun, karena banyaknya kegiatan wisata yang melebihi daya dukung kawasan.

Berdasarkan dari uraian diatas diperoleh beberapa pokok permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah :

1. Bagaimana daya dukung kawasan Pantai Pasir Putih Parbaba terhadap tingkat kesesuaian wisata berdasarkan kondisi fisik?

2. Bagaimana persepsi wisatawan terhadap keindahan alam dan keyamanan kawasan Pantai Pasir Putih Parbaba?

Kerangka Pemikiran

(4)

Gambar 1. Kerangka Pemikiran Penelitian

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:

(5)

Manfaat Penelitian

Figur

Gambar 1. Kerangka Pemikiran Penelitian

Gambar 1.

Kerangka Pemikiran Penelitian p.4

Referensi

Memperbarui...