Pakan ternak kambing jawa alamiah

Teks penuh

(1)

Pakan ternak kambing jawa alamiah

dagingkambing.com/pakan-ternak-kambing-jawa-alamiah/

Pakan ternak kambing supaya efisien selama pemeliharaan. Kita semua tentu sudah tidak asing lagi dengan binatang yang satu ini, kambing. Salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara oleh para peternak atau petani. Kambing juga termasuk salah satu hewan yang banyak permintaannya di pasar, karena seperti kita ketahui

bersama bahwa daging kambing dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dibuat gulai, sate, dan lain sebagainya, dimana penikmat daging kambing tentu saja juga banyak.

Tips pakan ternak kambing

Usahakan sebelum memulai usaha ternak kambing sediakan lahan untuk tanaman rumput besar. Anda bisa mengambil bibit rumput disekitar sepanjang sungai untuk dibudidaya. Mengingat ukuran rumput yang tinggi, kira – kira 1 meter, bisa untuk persediaan pakan selama proses penggemukan. Ini sesuai pengalaman kami dalam menjual bibit kambing.

Kami, UD Soleh menjual anakan kambing berkualitas. Bukan hanya isapan jempol soal kualitasnya, karena telah kami pelihara selama dua bulan. Sehingga bisa di jamin kualitasnya. Anda bisa memilih sendiri bibit anak kambing di kandang kami. Untuk harganya Rp 40.000 perkilo kambing hidup.

Tingginya permintaan pasar akan daging kambing, tentu saja menjadi salah satu faktor yang menjadikan tidak sedikit orang yang mau memelihara atau beternak kambing. Dan salah satu tujuan para peternak kambing tentunya adalah agar kambing cepat menjadi besar dan gemuk, untuk kemudian dapat dijual kepasar dan memberikan keuntungan. Permintaan hewan kambing dipasaran seperti kita ketahui akan sangat meningkat tajam ketika menjelang hari raya Idul Adha, karena banyak umat islam yang membeli kambing untuk berkurban.

Kambing yang besar dan gemuk tentu saja akan lebih banyak menarik minat para calon pembeli, dan harga jualnya pun akan lebih mahal ketimbang kambing yang masih kecil. Lalu, adakah cara ternak kambing agar cepat besar dan gemuk? Tentu saja ada ya, salah satunya adalah dengan rutin memberikan

makanan kepada kambing-kambing yang anda pelihara dengan porsi yang cukup dan dengan pakan yang berasal dari alam yang berupa dedaunan atau rerumputan. Informasi yang kami dapatkan bahwa limbah sayuran yang ada dipasar juga bagus untuk dijadikan pakan ternak kambing.

Cara Ternak Kambing Cepat Gemuk.

Kemudian selain dari makanan atau pakan, kandang juga

menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Buatlah kandang dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah kambing yang akan anda ternak, dan jika bisa diberikan ruang lebih agar ketika nanti ada kambing yang beranak, maka kandang tetap bisa menampung. Umumnya kandang kambing dibuat dengan model seperti panggung yang terbuat dari papan atau bambu, dengan tujuan agar kotoran yang dikeluarkan oleh kambing-kambing tersebut tidak

terkumpul didalam kandang yang dapat menyebabkan kambing terkena bakteri.

Gunakan jenis papan kayu atau bambu yang kuat, agar kandang yang kita buat bisa bertahan selama mungkin. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang, karena selain untuk menjaga kesehatan kambing-kambing

(2)

itu sendiri, juga untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tidak membahayakan bagi kesehatan manusia baik si peternak sendiri maupun orang lain.

Kambing Ternak

Nah mungkin itu dulu informasi yang dapat kami bagikan untuk saat ini mengenai tips beternak kambing agar cepat besar dan gemuk. Tentu saja masih ada tips-tips lainnya yang belum kami uraikan diatas. Anda bisa mencari informasi lainnya melalui internet, atau untuk lebih bagusnya lagi anda bisa datang langsung dan bertanya-tanya atau konsultasi dengan orang yang telah berpengalaman dalam beternak kambing.

Sekian informasi untuk kali ini, semoga bermanfaat bagi anda semua yang saat ini sedang mencari informasi atau referensi mengenai bagaimana cara ternak kambing agar cepat besar dan gemuk.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...