PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) PRINGKUKU Mareta Verdina Indrayanti, Sukadi

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) PRINGKUKU

Mareta Verdina Indrayanti, Sukadi dieydo@gmail.com

Abstract : Pringkuku senior high school is vocation which located on Pacitan- Solo street in Ngadirejan village, pringkuku sub district. This school has inaugurated in 2011 and it don’t has website like other schools. From research and interview result, pringkuku senior high school give information for the society only by brochure and sosialization. Beside that, the facilities in this school is good and relevan with students necessary, so this school must has a website. It has function to increase the quality of education is better and it can be media to promote and to interest for students that will study at this school, beside that general people can know this school by internet. This website is prospected give information fastly and accurate for general society and they can be easy to look information about this school within visit this school, so it makes more effective and efficient.

Password : The Making Website in Vocational Senior High School Pringkuku

Abstraksi : Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Pringkuku merupakan sebuah sekolah kejuruan yang beralamat di Jln. Pacitan-Solo, tepatnya di Ds. Ngadirejan, Kec. Pringkuku. Sekolah tersebut baru diresmikan tahun 2011. Sekolah tersebut belum mempunyai website, seperti sekolah-sekolah kejuruan yang lain. Dari hasil observasi dan wawancara, SMKN Pringkuku dalam memberikan informasi menggunakan brosur dan sosialisasi. Selain itu sarana dan prasarana di sekolah tersebut juga sudah memadai, sehingga seharusnya sekolah tersebut mempunyai website. Tujuannya yaitu agar mutu pendidikan sekolah tersebut lebih maju dan dapat dijadikan media promosi untuk menarik minat calon siswa, sehingga masyarakat luas lainnya juga dapat mengetahuinya melalui situs internet. Website yang ada diharapkan dapat memberikan informasi secara cepat kepada masyarakat luas, dapat dengan mudah melihat data-data tentang sekolah tanpa berkunjung langsung, sehingga lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci : Pembuatan Website Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Pringkuku

1.1 Latar Belakang Masalah

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Pringkuku merupakan sebuah sekolah kejuruan yang beralamat di Jln. Pacitan-Solo, tepatnya di Desa Ngadirejan, Kecamatan Pringkuku. Sekolah tersebut baru diresmikan tahun 2011. Jumlah muridnya juga masih sekitar 156 siswa. SMKN Pringkuku membutuhkan banyak siswa untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dikarenakan sekolah tersebut nantinya akan menjadi SBI. Selain itu jumlah karyawan maupun staf pengajarnya juga masih sekitar 30 orang.

Saat ini sekolah tersebut menggunakan brosur dan sosialisasi dalam menyampaikan informasi yang ada. Brosur yang ada tersebut juga hanya terbatas di daerah tertentu saja. Maka banyak orang yang kurang mengetahui informasi tersebut. Selain itu dalam

menyampaikan informasi tersebut juga membutuhkan waktu dan tenaga. Untuk itu, dibutuhkan sebuah website yang diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah tersebut. Sehingga masyarakat yang berada di daerah pinggiran juga dapat mengakses informasi-informasi tentang SMKN Pringkukuku melalui ponsel.

Selain itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada, diharapkan sekolah tersebut dapat memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu membuat website sebagai media informasi. Dengan internet, setiap orang akan lebih mudah dalam menyampaikan maupun mendapatkan informasi tanpa datang ketempatnya langsung, sehingga lebih efektif dan efisien. Website tersebut juga akan menunjukkan citra baik sekolah di masyarakat luas. Website yang ada diharapkan dapat memperluas informasi tentang pendidikan yang ada di SMKN

(2)

Pringkuku, sehingga masyarakat luas dapat dengan mudah melihat data-data tentang sekolah tanpa datang ke sekolah.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana membuat website yang baik, sehingga bisa dijadikan media informasi maupun promosi tentang sekolah di masyarakat luas agar calon siswa dapat tertarik untuk bersekolah di SMKN Pringkuku?

1.3 Batasan Masalah

1. Objek yang diteliti yaitu SMKN Pringkuku.

2. Membahas tentang solusi

maupun cara meningkatkan mutu pendidikan SMKN Pringkuku dalam memperluas informasi yang berkaitan dengan Pendidikan, sehingga dikenal di masyarakat luas melalui website.

1.4 Tujuan

1. Menghasilkan sebuah website yang dapat dijadikan sumber informasi yang berhubungan dengan pendidikan di SMKN Pringkuku.

2. Memberikan kemudahan

kepada masyarakat luas maupun pihak sekolah dalam memberikan dan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan SMKN Pringkuku.

1.5 Manfaat

1. Mempercepat proses

penyampaian informasi kepada masyarakat luas melalui website.

2. Menunjukkan kualitas mutu pendidikan SMKN Pringkuku melalui website, sehingga dapat menunjukkan citra baik sekolah di masyarakat luas.

2.1.1 Internet

Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer. (M.Masrur, 2009:1)

Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang

mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari yang tersedia di internet:

1. Informasi untuk kehidupan

pribadi: kesehatan, pendidikan, rekreasi, hoby, pengembangan pribadi, rohani dan sosial.

2. Informasi untuk kehidupan

profesional/pekerja: sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, berbagai forum komunikasi dan lain sebagainya. (M.Masrur, 2009:4)

2.1.2 Informasi

Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Sistem pengolahan informasi akan mengolah data menjadi informasi atau mengolah data dari bentuk tak berguna menjadi berguna bagi yang menerimanya. Nilai informasi berhubungan dengan keputusan. (Tata Sutabri, 2004:18)

Sedangkan menurut Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi Manajemen” dijelaskan bahwa pengertian informasi adalah data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam membuat keputusan baik untuk sekarang maupun yang akan datang. (Gordon B. Davis, 1984:28)

2.1.3 Website

Menurut Jhonsen dalam bukunya yang berjudul “Panduan Lengkap Menjadi Web Designer Untuk Pemula” dijelaskan bahwa pengertian website adalah kumpulan dari halaman-halaman web yang berhubungan dengan file-file lain yang saling terkait. Dalam sebuah website terdapat suatu halaman yang dikenal dengan sebutan

home page. Home page adalah sebuah

halaman yang pertama kali dilihat ketika seseorang mengunjungi sebuah website. Dari home page, pengunjung dapat

mengklik hiperlink untuk pindah ke

halaman lain yang terdapat dalam website tersebut. (Jhonsen, 2004:4)

(3)

2.1.4 Web Hosting

Web hosting terdiri atas dua kata, web kependekan dari website dan hosting yang bisa diterjemahkan sebagai menyediakan tempat. Jadi, web hosting adalah menyediakan tempat untuk website. Menyediakan tempat untuk website artinya menyediakan server untuk menyimpan dokumen-dokumen web, baik berupa file html, grafik maupun script atau file multimedia. (M.Masrur, 2009:7)

2.2.3 MySQL

MySQL merupakan sistem manajemen database. Database merupakan struktur penyimpanan data. Untuk menambah, mengakses, dan memproses data yang disimpan dalam sebuah database komputer, diperlukan sistem manajemen database seperti MySQL server. Database terhubung menyimpan data pada tabel-tabel terpisah. Hal tersebut akan menambah kecepatan dan fleksibelitasnya. Kata SQL pada MySQL

merupakan singkatan dari “Structured

Query Language”. (Andi, 2006: 181)

2.2 Tinjauan Pustaka

Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan beberapa acuan, acuan pertama dari mahasiswa STMIK AMIKOM YOGYAKARTA oleh Aris Widiyanto (2011) penelitian ini mengenai pembuatan Website SMA Negeri 2 Kebumen dengan tujuan memberikan informasi kepada siswa dan masyarakat luas baik dalam bidang pelayanan, dokumentasi, publikasi dan apapun yang berkenaan dengan otomatisasi manajemen Sekolah. Penelitian ini menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 & database server

MySQL.

Acuan yang kedua yaitu penelitian dari mahasiswa STMIK AMIKOM YOGYAKARTA oleh Christian Dianda Putra Kawab (2011) membuat Website SMK PGRI Karangmalang Sragen bertujuan untuk memperkenalkan SMK PGRI Karangmalang Sragen kepada masyarakat luas, khususnya para siswa/siswi yang akan melanjutkan studi atau mencari informasi tentang sekolah tersebu. Penelitian dibuat dengan menggunakan Aplikasi Ajax.

Sedangkan penulis membuat Website SMK N Pringkuku, dengan tujuan sebagai sarana penyampaian informasi yang lebih efektif dan efisien serta menyediakan sarana promosi dan publikasi bagi sekolah.

3.1 Perancangan Sistem

Perancangan sistem merupakan tahap lanjut setelah tahap analisis sistem. Tujuannya untuk mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan fungsional, mempersiapkan pembuatan implementasi

sistem baru, menggambarkan sistem baru, mengatur dan merencanakan elemen-elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh, serta mengkonfigurasikan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam perancangan sistem baru.

3.1.1 Kerangka Masalah

Gambar 3.1 Kerangka Masalah 3.1.2 Diagram Konteks

Gambar 3.2 Diagram Konteks

Keterangan Gambar :

Dalam diagram konteks tersebut terdapat beberapa pihak yang terkait yang digambarkan secara umum, adapun pihak yang terlibat adalah Administrator dan Pengunjung.

Administrator bertugas mengupload dan mengupdate seluruh data pada website, dan menerima informasi buku tamu yang diisi oleh pengunjung.

Pengunjung dapat mengakses informasi pada website, mengisi buku tamu dan mengisi jejak pendapat.

(4)

3.1.3 DFD Level 1

Input Kritik dan saran

Informasi seluruh data sekolah Kritik dan Saran Upload dan edit data Cek Login Login Materi Berita Profil Ekstrakurikuler Kompetensi Keahlian Buku Tamu Info Sekolah Gallery poling Jejak Pendapat data_jejak pendapat data_poling data_materi data_gallery data_info data_buku tamu data_kompetensi data_ekstrakurikuler data_profil data_berita Berita Profil Ekstrakurikuler Kompetensi Keahlian Info Sekolah Gallery Materi buku tamu poling jejak pendapat 1 Kelola Website 2 Informasi Website Pengunjung Admin Gambar 3.3 DFD level 1 Keterangan Gambar :

Penggambaran data flow diagram level 1 merupakan penjabaran dari diagram konteks, pada level ini terdapat 2 proses yang merupakan gabungan dari keseluruhan secara lengkap yaitu proses kelola website dan proses informasi.

3.1.4 DFD Level 2 Preses Informasi Website

Gambar 3.4 DFD level 2 Proses Informasi

Website

Keterangan gambar:

Dalam proses informasi website ini, pihak luar yang terkait adalah pengunjung. Pihak luar tersebut dapat menerima keluaran yang dihasilkan oleh sistem yang berupa informasi. Informasi yang diterima yaitu data berita, profil, ekstrakurikuler, kompetensi keahlian, informasi sekolah, jejak pendapat, materi, agenda.

3.1.5 DFD Level 2 Proses Kelola Data

upload dan edit data poling upload dan edit data jejak pendapat

upload dan edit data materi upload dan edit data gallery

upload dan edit data info sekolah upload dan edit data buku tamu upload dan edit data kompetensi keahlian upload dan edit data ekstrakurikuler

upload dan edit data profil upload dan edit data berita

data_jejak pendapat data_poling data_materi dara_gallery data_info sekolah data_buku tamu data_kompetensi keahlian data_ekstrakurikuler data_profil data_berita 1 Kelola Berita 2 Kelola Profil 3 Kelola Ekstrakurikuler 4 Kelola Kompetensi Keahlian 5 Kelola Buku Tamu 6 Kelola Info Sekolah 7 Kelola Gallery 8 Kelola Materi 9 Kelola Poling 10 Kelola Jejak Pendapat Berita Profil Ekstrakurikuler Kompetensi Keahlian Buku Tamu Info Sekolah Gallery Materi Poling Jejak Pendapat Admin

Gambar 3.5 DFD level 2 Proses Kelola Data Keterangan Gambar :

Dalam proses kelola website pihak yang terkait adalah admin website. Admin akan mengelola seluruh data pada sistem, setelah data masuk pada sistem, maka akan menghasilkan keluaran yang berupa informasi.

3.2 Rancangan Tampilan Website

Gambar 3.6 Rancangan Tampilan Website

3.3 Struktur Navigasi Website

(5)

3.4 Rancangan Database 3.1 Tabel User Field Type Lengt h Ekstra Primary Userna me Varchar 30 Auto_inc rement 9 Passw ord Varchar 20 Level Varchar 10

Tabel 3.2 Tabel Gambar Atas

Field Type Length Ekstra Prima ry Id_gambar Int 10 Auto_incre ment 9 Judul Varch ar 40 Jenis Varch ar 10

Tabel 3.3 Tabel Berita

Field Type Length Ekstra Prim

ary

Id_Berita Int 10 Auto_incre ment 9 Username Varch ar 30 Judul Varch ar 20 Berita Text Foto varch ar 50

Tabel 3.4 Tabel Profil

Field Type Length Ekstra Prim ary Id_Profil Int 10 Auto_incre ment 9 Judul Varch ar 20 Ket Text

Tabel 3.5 Tabel Ekstrakurikuler

Field Type Length Ekstra Prim ary Id_ekstr a Int 10 Auto_incre ment 9 Nama_e kstra Varchar 40 Ket Text

Tabel 3.6 Tabel Kompetensi Keahlian

Field Type Lengt h Ekstra Primar y Id_Kompete nsi Int 10 Auto_inc rement 9 Judul Varch ar 40 Keterangan Text

(6)

Tabel 3.7 Tabel Info Sekolah

Field Type Length Ekstra Primary

Id_Info Int 10 Auto_increment 9

Judul Varchar 40

Ket Text

Tabel 3.8 Tabel Gallery

Field Type Length Ekstra Primary

Id_gall ery Int 10 Auto_increm ent 9 Nama Varch ar 30 Ket Text Id_Alb um Int 10 Foto Varch ar 50

Tabel 3.9 Buku Tamu

Field Type Length Ekstra Primary

Id_Buku Int 10 Auto_increment 9

Nama Varchar 40

Komentar Text

Tabel 3.10 Tabel Materi

Field

Typ

e Length Ekstra Primary

Id_Materi Varc har 30 Auto_incre ment 9 Judul Varc har 20 Deskripsi Text Kategori Varc har 30 Nama_File Varc har 30 .

Tabel 3.11 Tabel Baner

Field Type Length Ekstra Prim ary Id_baner Int 10 Auto_incre ment 9 Ket Text URL Varch ar 20

3.5 Relasi Antar Tabel

I d_Berit a I d_Album Username Nama_File Berita Id_Beri ta Judul Username Berita Foto Komentar Id_Komentar Komentar Id_Berita T ang g al Downl oad Id_Download Judul Nama_F ile Materi Id_M ateri Judul Deskripsi Nama_File Album Id_Album Judul F oto User Username Password Level Gall ery Id_Gallery Nama Ket Id_Album F oto Gambar_Atas Id_Gambar Judul Jenis Profil Id_Profil Judul Ket Ekstrakurikuler Id_Ekstra Nama_Ekstra Ket Kompetensi Id_Kompetens i Judul Ket Info Id_Info Judul Ket BukuTamu Id_Buku Nama Komentar Baner Id_Baner Ket URL Poling Id_Pol Pilihan Status Rati ng T ampi l

(7)

Keterangan gambar:

1. Relasi antara tabel album dengan tabel foto adalah one to many karena dimungkinkan satu album bisa memiliki banyak foto galeri. 2. Relasi antara tabel berita dengan

tabel komentar adalah one to many karena dimungkinkan satu berita bisa memiliki banyak komentar. 3. Relasi antara tabel user dengan

tabel berita adalah one to many karena dimungkinkan satu user bisa memiliki banyak berita.

4. Relasi antara tabel materi dengan tabel download adalah one to many karena dimungkinkan satu materi bisa didownload oleh banyak pengunjung.

4.1 Implementasi Sistem 4.1.1 Halaman Home

Gambar 4.1 Halaman index 4.1.2 Halaman Visi dan Misi

Gambar 4.2 Halaman Visi dan Misi

4.1.3 Halaman Sejarah singkat

Gambar 4.3 Halaman Sejarah Singkat

4.1.4 Halaman Struktur

Organisasi

Gambar 4.4 Halaman Struktur Organisasi 4.1.5 Halaman Sarana Prasarana

Gambar 4.5 Halaman Sarana dan

Prasarana

5.1. Kesimpulan

1. SMK Negeri Pringkuku sekarang sudah memiliki website sebagai media penyampaian informasi yang efektif dan efisien, sehingga

jangkauan penyebaran informasinya lebih luas, tidak

terbatas pada daerah sekitar sekolah saja.

2. Dengan adanya website SMK Negeri Pringkuku, maka dapat

(8)

digunakan sebagai media promosi sekolah kepada masyarakat luas. 3. Dengan adanya website SMK

Negeri Pringkuku, masyarakat dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai SMK Negeri Pringkuku dengan mudah tanpa harus datang langsung ke sekolah.

5.2. Saran

1. Kepada peneliti selanjutnya agar melengkapi website SMK Negeri Pringkuku dengan menambah halaman pendaftaran online siswa baru SMK Negeri Pringkuku.

2. Kepada peneliti selanjutnya agar

menambah halaman data siswa dan data alumni siswa SMK Negeri Pringkuku.

Daftar Pustaka

[1] Septika Hapsari, Pembuatan Website

Pada Google Original Movie Rental Pacitan, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 13 - FTI UNSA Vol 9 No 2 – Agustus 2012, ISSN 1979 – 9330

[2] Medi Suhartanto, Pembuatan

Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan Php Dan Mysql, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id, ISSN 1979 – 9330

[3] Bambang Eka Purnama (2011), Cara

Mudah Membuat Web Dengan Wordpress, Mahameru Press,

Yogyakarta

[4] Budi Sutedjo Oetomo, S.Kom, MM,

Konsep dan perancangan Jaringan komputer, Andi Yogyakarta 2003

[5] Dominikus Juju, Tip dan Trik Desain

Web untuk Pemula, PT Elex Media Komputindo Jakarta 2006

[6] Gordon B. Davis, Sistem Informasi

Manajemen, PT Pustaka Binaman

Pressindo Jakarta 1984

[7] Jhonsen, Panduan Lengkap Menjadi

Web Designer Untuk Pemula, PT Elex

Media Komputindo Jakarta 2004

[8] M.Masrur. Internet Super Mudah

Untuk Siapa Saja. Yogyakarta: Book Marks 2009

[9] Rahmat Putra, ST, Adobe Photoshop

CS3, Erlangga Jakarta 2009

[10] Suparlan Suhartono. Wawasan

Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2009

[11] Syafarudin, Manajemen Mutu

Terpadu Dalam Pendidikan, PT

Gramedia Widiasarana Indonesia Jakarta 2002

[12] Taufiq Hidayatullah, 14 Kiat

Profesional Mempercantik Foto dan Artistik Teks dengan Adobe Photoshop CS3, YRAMA WIDYA Bandung 2010

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :