BAB II DATA & ANALISA. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah melalui :

Teks penuh

(1)

3

DATA & ANALISA

2.1 Data dan Literatur

Metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah melalui :

• Tinjauan Pustaka : melalui Koran (kompas.com,detik.com)internet (kaskus.us, Google.com,dll)

• Survey Lapangan : Survey wawancara Bpk.Gotot Prakosa dan Bpk.Wahyu Aditya

2.1.1 Sejarah Animasi

Animasi adalah sebuah seni membuat dan mengerakkan sebuah obyek, baik berbentuk 2 dimensi, 3 dimensi,maupun stop motion yang kemudian dibuat menggunakan berbagai cara, misalnya menggunakan kertas, komputer dan lain sebagainya.Animasi saat ini telah menjadi industri besar yang memberikan dampak ekonomi dan sosial yang begitu besar bahkan cukup signifikasi terhadap pendapat sebuah negara.Animasi berawal dari kontribusi hasil karya seorang yang bernama Walt Disney yang lahir dengan nama walter alias disney, Walt lahir di Chicago, Illinois dengan orang tua bernama Elias Disney dan Flora Call. Pada 1906, mereka semua pindah ke sebuah peternakan dekat Marceline, Missouri, amerika serikat.

Walt sejak kecil sudah memiliki hobi menggambar, khususnya gambar kartun, mulai dari sketsa hingga kartun yang berwarna. Suatu saat berawal ketika walt remaja pergi kerumah pamannya untuk berkunjung, dan berjalan-jalan untuk mencari sesuatu di ladang pamannya, disana ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran disekitarnya. Melihat banyaknya tikus-tikus tersebut, suatu saat terinspirasi oleh tikus-tikus tersebut dan muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya tersebut kedalam bentuk kartun,

(2)

maka dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya. Banyaknya imajinasi yang muncul membuatnya untuk melakukan proses pencarian bentuk, bagaimana menggambarkan komponen-komponen anggota tubuh tikus tersebut agar terlihat lucu, menarik dan tidak menjiijikan.

Gambar 2.1. Walt Disney dan Mickey Mouse Sumber : http://www.newrafael.com/walt-disney-quotes/

Dari proses tersebut maka lahirlah Mickey Mouse yang merupakan cikal bakal dari kartun animasi pertama yang pernah dibuat. Awal mula bentuk mickey masih sederhana seperti gambar disamping ini. Dengan beberapa ciri tikus yang dimanipulasi seperti bentuk telinga dibuat bulat, bentuk mata yang dibuat besar hampir sebesar wajahnya, dan bentuk tubuh yang kurus, ditambah atribut celana pendek yang dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk proses produksinya. Bentuk tersebut lama-kelamaan berevolusi menjadi bentuk yang lebih detail dan bervariasi pada pakaian yang dikenakan. Pada awalnya kartun yang di buat animasinya ini tanpa suara, hanya mengandalkan gerakan objeknya saja, namun teknologi semakin berkembang dan pada akhir era 60 an akhirnya film kartun dapat diisi dengan suara.

(3)

2.1.2 Animasi di Indonesia

Animasi merupakan jenis film yang tentunya sudah tidak asing lagi di mata para pencinta film. Film yang merupakan hasil pengolahan gambar buatan tangan atau komputer yang bergerak ini telah memikat banyak orang.Di Indonesia, mungkin kita bisa mengklaim bahwa pada 4 hingga 3 juta tahun yang lalu dalamperadaban budaya Indonesia sudah ada lukisan animasi. Hal itu dibuktikan dengan lukisan-lukisan yang ada di GuaLeang-Leang (Sulawesi), beberapa gua di Kalimantan Timur, serta gua-gua yangmasih murni tersimpan di alam Papua. Selain itu, di Pulau Jawa kita mengenal wayang. Wayang inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai bentuk animasi tertua dan merupakan cikal bakal animasi dunia. Awalnya animasi di Indonesia digunakan untuk kepentingan politik. Sejak tahun 1933 di Indonesia banyak koran lokal yang memut iklan Walt Disney. kemudian Pada Tahun 1955 Presiden Soekarno yang sangat menghargai seni mengirim seorang seniman bernama Dukut Hendronoto (pak Ook) untuk belajar animasi di studio Walt Disney, setelah tiga bulan ia kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama bernama Si Doel.

Memilih animasi ini awalnya di buat untuk tujuan kampanye politik. Lalu pada tahun 1963 Ook hijrah ke TVRI dan mengembangkan animasi di sana dalam salah satu program namun kemudian program itu dilarang karena dianggap terlalu konsumtif.

Pada tahun 70-an :

Berdiri sebuah studio animasi di Jakarta bernama Anima Indah yang didirikan oleh seorang warga Amerika. Anima Indah termasuk yang mempelopori animasi di Indonesia, karena merupakan salah satu studio animasi yang menyekolahkan krunya di Inggris, Jepang,Amerika dan lain-lain. Anima berkembang dengan baik namun hanya berkembang di bidang periklanan. Di tahun 70-an

(4)

banyak film yang menggunakan kamera seluloid 8mm, seringnya penggunaan kamera untuk membuat film tersebut, menjadi penggagas adanya festival film. Di festival film itu juga terdapat beberapa film animasi seperti Batu Setahun, Trondolo, Timun Mas yang disutradarai Suryadi alias Pak Raden (animator Indonesia Pertama).

Tahun 80-an :

Merupakan tahun dari perkembangan animasi di Indonesia. Ada film animasi Rimba si anak angkasa yang disutradarai Wagiono Sunarto dan dibuat atas kolaborasi petualangan si Huma yang diproduksi oleh PPFN dan merupakan animasi untuk serial TV. Di era tahun 1980-1990-an mulai bermunculan beberapa perusahaan animasi yang menerima order dari luar negeri, seperti Asiana Wang Animation (kerja sama dengan Wang Film Animation, Taiwan) yang bergaya Disney, sedangkan untuk gaya Jepang atau Anime ada Evergreen, Marsa Juwita Indah di Bali, dan lain-lain. Lalu dilanjutkan dengan munculnya Red Rocket di Bandung, Bening di Yogyakarta, Tegal Kartun, dan seterusnya hingga muncul di tahun 1990-an, beberapa perusahaan animasi yang juga mengerjakan 3D animasi seperti Kasatmata, Matahari Studio (lebih ke game animation), dan generasi baru anak-anak nongkrong MTV seperti Wahyu Aditya dengan Hellomotion-nya.

Tahun 1990-an :

Di Indonesia mulai banyak memproduksi berbagai film animasi. Diantaranya Legenda Buriswara, Nariswandi Piliang, Satria Nusantara yang kala itu masih menggunakan kamera film seluloid 35mm, kemudian ada serial Hela,Heli,Helo yang merupakan film animasi 3D pertama yang di buat di Surabaya. Tahun 1998 mulai bermunculan film-film animasi yang berbasis cerita rakyat seperti Bawang Merah dan Bawang Putih, Timun Mas dan petualangan si Kancil. Di Era 90-an ini banyak terdapat animator lokal yang menggarap animasi terkenal dari jepang seperti Doraemon dan Pocket

(5)

Monster. Diantara sekian banyak studio animasi di Indonesia, Red Rocket Animation merupakan salah satu yang paling produktif.

Tahun 2000 :

Red Rocket memproduksi beberapa serial animasi TV seperti Dongeng Aku dan Kau, Klilip dan Puteri Rembulan, Mengapa Domba Bertanduk dan Berbuntut Pendek, Si Kurus dan Si Macan, pada masa ini serial animasi cukup populer karena menggabungkan 2D animasi dengan 3D animasi.Pada tahun 2003, serial 3D animasi merambah layar lebar diantaranya Janus Perajurit Terakhir, menyusul kemudian bulan Mei 2004 terdapat film layar lebar 3D animasi berdurasi panjang yaitu Homeland. Setelah itu, pada Juli 2009 Indonesia berhasil meluncurkan film animasi 3D pertama yang ditayangkan di layar lebar. Dan konon kabarnya film ini siap Go Internasional dan bersaing dengan film animasi sekelas Hollywod. Film yang berjudul Meraih Mimpi tersebut diproduksi Infinite Frameworks (IFW), studio animasi yang berpusat di Batam. Dalam pembuatan film tersebut melibatkan 150 animator yang hampir semuanya orang Indonesia dan hanya lima orang asing.

Sumber : http://vraykita.info/berita/berita-lokal/136-perjalanan-animasi-indonesia-

2.1.3 Definisi Short Animation

Short story berdasarkan wawancara dengan Bpk Gotot dan Bpk Whayu Aditya adalah Film pendek, secara teknis bebas, durasi di bawah 30 menit. Film pendek merupakan lompatan ke medium yang lebih panjang, juga sebagai media yang dapat dinikmati oleh orang urban yang sibuk dan membutuhkan bentuk konten-konten yang cepat dan singkat. Film pendek adalah medium untuk eksperimen sesuatu yang baru, segar, karena sifatnya

(6)

pendek.Short sendiri biasanya memiliki format yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan dan alur cerita.

Karakteristik Short Story :

- Memiliki durasi yang singkat , (2-5menit)

- Biasanya hanya berfokus dalan satu kejadian saja. - Hanya mempunyai 1 alur cerita

- Terdiri dari sedikit karakter - Mempunyai Structure : exposition

(pembukaan dari setting, situasi, dan tokoh utama). Masalah : ( sebuah peristiwa adalah memperkenalkan konflik). Menaikan aksi dalam cerita. Krisis.

Klimak (puncak cerita). Resolusi dan moral

2.2 Data Umum Tentang Pemulung

Pekerjaan sebagai pemulung sering diangggap sebagai pekerjaan yang kurang layak oleh kebanyakan orang. Definisi dari pemulung sebenarnya adalah seseorang yang mencari nafkah dengan cara memungut barang-barang bekas, barang-barang yang sudah tidak terpakai yang dapat diolah kembali untuk dijual kepada pengusaha yang akan mengolahnya menjadi suatu barang komoditas atau diolah sendiri, kemudian dijual kembali.

Gambar 2.2. Pemulung

(7)

Dalam menjalani pekerjaannya, ada terdapat 2 jenis pemulung, yaitu pemulung menetap dan pemulung tidak menetap.

a. Pemulung Menetap

Adalah pemulung yang tinggal dan menetap digubuk-gubuk kardus, tripleks, seng, terpal dan lain sebagainya di sekitar TPA.

b. Pemulung Tidak Menetap

Adalah pemulung yang memungut sampah berkeliling di jalanan, TPS (Tempat Pembuangan Sementara), pinggiran sungai dan lain sebagainya.dan tidak tinggal menetap di sekitar TPA.

Sumber : http://wiwikmulyani.blogspot.com/2012/01/pemulung.html

2.3 Data Umum tentang Gubuk

Gubuk adalah nama sebuah bangunan sederhana yang bersifat sementara (tidak permanen) yang biasanya digunakan oleh para petani untuk beristirahat. Juga bisa disebut "dangau". Gubuk atau pondok biasanya terletak di tepi hutan, di tengah sawah/ladang, di pinggir danau/sungai/kali/tambak, dan sebagainya. Bangunan ini biasanya terbuat dari bambu, batang kayu ukuran sedang/kecil (dolog), dan beratap jerami, daun kelapa atau terkadang logam seng, serta berdinding anyaman bambu atau bibak (anyaman pelepah daun kelapa), dan sebagainya.

Sumber : http://www.pusat-definisi.com/2012/11/gubukpondok- adalah.html

Gambar 2.3. Gubuk

(8)

2.4 Data Umum tentang Profesi Dokter

Dokter adalah profesi sebagai ahli kesehatan yang bekerja untuk menyembuhkan orang-orang sakit. Namun untuk menjadi dokter diperlukan pendidikan tersendiri di bidang kedokteran, untuk mencapai gelar itu sendiri. Dokter terdiri dari beberapa bagian ada yang bersifat Umum,atau menangani penyakit-penyakit ringan yang umum terjadi yang disebut dengan Dokter Umum dan yang bersifat spesialis, yaitu yang khusus menangani bidang-bidang tertentu secara spesifik dalam dunia kesehatan, yang biasa disebut Dokter Spesialis. Sumber : http://www.edukasiana.net/2012/02/pengertian-dokter.html

Gambar 2.4. Dokter

Sumber : http://berkecukupan.blogspot.com 2.5 Data Referensi Film Animasi tentang Pemulung

French Roast Short Movie (2008):

Merupakan Film animasi pendek yang dibuat oleh Fabrice O. Joubert yang menceritakan tentang seorang pria tua pemungut sampah(pemulung) yang baik hati, yang rela membayar tagihan minuman seorang Saudagar kaya yang lupa membawa dompetnya yang semula menolak untuk memberi sedekah kepadanya.

(9)

Gambar 2.5. French Roast

Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=A4ePkoEdUb4

Berikut Merupakan Cuplikan Adegan di Film French Roast :

Gambar 2.6 Screenshoot Cerita French Roast

(10)

2.6 Target Audien

Target Audien untuk Film ini adalah anak remaja hingga dewasa, karena penulis berharap melalui film ini masyarakan mampu terinspirasi dalam perjuangan menggapai cita-cita yang diharapkan,meskipun dalam situasi yang kurang baik.

2.7 Analisis SWOT

2.7.1 Strength

• Belum ada cerita animasi indonesia yang mengangkat kehidupan Pemulung sebagai karakter utama

• Memiliki pesan moral yang baik tentang perjuangan, pantang menyerah, dan harapan.

• Melalui Film ini diharapkan agar masyarakat mampu belajar untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah kehidupan.

• Penyajian illustrasi dalam bentuk animasi tentang pembelajaran hidup diharapkan dapat diterima oleh masyarakat

2.7.2 Weakness

• Keterbatasan waktu pengerjaan mungkin dapat mempengaruhi kemaksimalan hasil dari Film Animasi Pendek Hope ini.

• Permasalahan teknis yang cukup rumit harus didukung oleh perangkat software dan hardware canggih untuk memperhemat waktu pengerjaan. • Tema yang bersifat reality dan terkesan dramatis yang belum tentu disukai

masyarakat 2.7.3 Opportunities

• Animasi Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan, sehingga peluang untuk berhasil juga cukup besar

• Pemilihan topik cerita yang memiliki pesan moral yang baik diharapkan dapat menjadi hal yang baru yang dapat menarik minat masyarakat.

(11)

2.7.4 Threats

• Topik yang diangkat bertentangan dengan zaman modernisasi saat ini dan melawan arus.

2.8 Survey Wawancara

2.8.1 Wawancara Bpk. Gotot Prakosa (Akademisi)

Berdasarkan hasil wawancara dari narasumber, Animasi berasal dari kata animare yang artinya memberi kehidupan/menghidupkan. Jadi definisi dari film animasi yaitu merupakan film yang dibuat dengan tehnik satu per satu frame.

Contoh sederhana : muppet show, wayang, gambar di goa.

Animasi di tiap Negara mengambil dari kebudayaan masing-masing di negaranya. Misalnya manga di Jepang, mengambil gambar-gambar dari kuil-kuil di Jepang zaman dulu. Di Indonesia misalnya wayang. Beberapa contoh tokoh sejarah animasi meliputi :

Lotte Reiniger : Ia membuat animasi panjang pertama di dunia berjudul Prince Ahmed, dengan tehnik animasi seperti wayang (bayangan-bayangan).

Dukut Hendronoto (Ook): Ia membuat animasi pertama di Indonesia, saat itu animasi yang ia buat merupakan propaganda pendek untuk memberi informasi pada masyarakat bagaimana cara mencoblos yang benar saat Pemilu berjudul “Si Doel memilih”

2.8.2 Pengertian Short movie:

• Short film yang durasinya sangat pendek antara 10-20 detik, maksimal 1 menit. Biasanya terdapat di iklan, tapi bisa juga sebagai suatu art.

• Short film film pendek

Pada tahun 40-an kriteria film pendek adalah film yang tidak lebih dari 60 menit. Setiap festival atau perlombaan memiliki kriteria durasi yang berbeda-beda.

(12)

Pada Jakarta International Film Festival (JIFEST) criteria film pendek yakni berdurasi 15-20 menit. Film-film pendek seperti ini disebut film Indies (1-20 menit).

Tidak seperti program tv, Short movie tidak perlu memikirkan bagaimana iklan dimasukkan.

Omnibus : Gabungan film-film pendek dengan tema sama yang dijadikan satu. Biasanya untuk memenuhi syarat film pendek agar diputar di bioskop yang memiliki ketentuan durasi antara 80-130 menit.

2.8.3 Tips membuat film yang menarik:

• Menguasai bahasa film misalnya : Komposisi, pan, close Up karena merupakan bahasa visual dalam film.

• Storyboard/Skenario

• Menggunakan simbol-simbol sebagai stratergi karena menggunakan bahasa yang berbeda dengan film panjang.

2.8.4 Kriteria film pendek yang bisa menang dalam festival: - Berbeda dari biasanya, unik.

- Sadar membuat film pendek adalah panggilan hati sendiri, kejujuran.

- Membuat sesuatu yang suatu saat akan punah, misalnya tema lingkungan, nenek. Membuat orang menggali kembali memori mereka. Romantisme (ingin sesuatu yang indah dalam pikiran kita bisa terulang lagi

- Membuat sesuatu yang kita sukai, dengan bahasa yang benar, objek lain akan mengikuti.

- Membuat perencanaan yang benar dan baik.

- Menggunakan bahasa dan kebudayaan yang tepat sesuai cerita.

(13)

2.8.5 Film bisu :

Film yang tidak menggunakan bahasa, hanya gerakan-gerakan gesture atau bahasa tubuh. Misalnya Charlie Chaplin. Namun belakangan muncul sebuah fenomena film bisu terbaru yaitu menggunakan tulisan di tengah-tengah film untuk menceritakan narasi. Cerita yang tertulis. Misalnya: sutradara Jean-Luc Godard.

Sumber : http://id.termwiki.com/ID:Silent_Film

2.8.6 Audio Visual dalam film :

Arti audio visual adalah Suara dan gambar jadi seharusnya dalam membuat film berarti, suara dahulu baru kemudian diisi gambar.

Salah satu tugas utama seorang sutradara yakni mengolah suara , selain untuk terdengar bagus di film, juga untuk mengubah karakter aktor, sehingga aktor tersebut terlihat berbeda dengan film-film dia lainnya.

Syarat negara industri animasi yaitu sebuah Negara harus memiliki studio animasi yang bisa memproduksi film animasi setiap hari dan filmnya salah satu harus diputar setiap hari di tv nasional selama 3 tahun.

Sumber : http://asiaaudiovisualrb09oktyas.wordpress.com/istilah-dalam-dunia-perfilman/

Figur

Gambar 2.1. Walt Disney dan Mickey Mouse  Sumber : http://www.newrafael.com/walt-disney-quotes/

Gambar 2.1.

Walt Disney dan Mickey Mouse Sumber : http://www.newrafael.com/walt-disney-quotes/ p.2
Gambar 2.2. Pemulung

Gambar 2.2.

Pemulung p.6
Gambar 2.3. Gubuk

Gambar 2.3.

Gubuk p.7
Gambar 2.4. Dokter

Gambar 2.4.

Dokter p.8
Gambar 2.6 Screenshoot Cerita French Roast

Gambar 2.6

Screenshoot Cerita French Roast p.9
Gambar 2.5. French Roast

Gambar 2.5.

French Roast p.9

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :