• Tidak ada hasil yang ditemukan

PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015) - UNS Institutional Repository

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015) - UNS Institutional Repository"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

i

PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602

K/PID/2015)

Penulisan Hukum (SKRIPSI)

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Persyaratan Guna Memperoleh Derajat Sarjana S1 dalam Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Oleh

FAHMI ADI HAPSORO NIM. E0013163

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)

ii

PERSETUJUAN PEMBIMBING

Penulisan Hukum (Skripsi)

PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG

DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU

(STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015)

Oleh:

Fahmi Adi Hapsoro NIM. E.0013163

Disetujui untuk dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Surakarta, 8 Januari 2018 Dosen Pembimbing

(3)

iii

PENGESAHAN PENGUJI Penulisan Hukum (Skripsi)

PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP

PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG

DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU

(STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015)

Disusun Oleh: FAHMI ADI HAPSORO

NIM: E0013163

Telah diterima dan dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi)

Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta Pada Hari / Tanggal : Selasa/23 Januari 2018

DEWAN PENGUJI

1. KRISTIYADI, S.H.,M.H. : ... NIP. 195812251986011001

Ketua

2. Dr. M. RUSTAMAJI, S.H.,M.H : ... NIP. 198210082005011001

Sekretaris

3. EDY HERDYANTO, S.H.,M.H : ... NIP. 195706291985031002

MENGETAHUI, Dekan,

(4)

iv

SURAT PERNYATAAN

Nama : Fahmi Adi Hapsoro NIM : E0013163

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa penulisan hukum (skripsi) berjudul: PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015) adalah betul – betul karya sendiri. Hal-hal yang bukan karya saya dalam penulisan hukum (skripsi) ini diberi tanda citasi dan ditunjukkan dalam daftar pustaka. Apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan penulisan hukum (skripsi) dan gelar yang saya peroleh dari penulisan hukum (skripsi) ini.

Surakarta, 8 Januari 2018 Yang Membuat Pernyataan

(5)

v MOTTO

Bacalah! (Iqra!)

(QS Al-Alaq)

Kebahagiaan itu bergantung pada dirimu sendiri

(Aristoteles)

Tahanlah kekuatan musuh, paksa dia untuk menunjukkan siapa dirinya.

(Sun Tzu)

Dia yang tahu, tidak bicara. Dia yang bicara, tidak Tau

(Loo Tse)

Yakin Usaha Sampai

(Himpunan Mahasiswa Islam)

Sangat Baik Untuk Menjadi Orang Penting Tapi Lebih Penting Lagi Menjadi

Orang Baik

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, Penulis mempersembahkan karya yang sederhana ini kepada :

1. Bapak Untung Sugiyanto, Ibu Uning Sukesi, dan Adik Faisal Adi Putranto tersayang yang selalu memberikan dukungan moral serta materiil.

2. Keluarga besar HMI Cabang Surakarta Komisariat Fakultas Hukum yang telah memberi berbagai pengalaman serta pengetahuan baru yang tak terlupakan.

3. Teman-teman seperjuangan di pengurusan HMI Cabang Surakarta Komisariat Fakultas Hukum Periode 2015-2016 yang selalu bersama-sama saling memberikan dukungan ide dan pengalaman baik dalam hal akademis dan maupun non akademis.

4. Rizka Melinda Putri yang selalu mendukung dan tak lelah memberi semangat hingga terus memantau pengerjaan skripsi sampai selesai. 5. Muhammad Imam Damara yang telah memberikan banyak ilmu

perkuliahan serta dalam pengerjaan skripsi hingga selesai.

6. Teman-teman satu kelompok magang setda Sukoharjo yang sudah memberikan berbagai pengalaman serta perjuangan untuk bersama-sama menyelesaikan skripsi.

7. Semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan skripsiku yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. Semoga segala kebaikan bapak, ibu dan teman-teman semua menjadi amalan kebaikan dan mendapat balasan pahala dari Allah SWT.

(7)

vii ABSTRAK

Fahmi Adi Hapsoro. 2017. E0013163. PERMOHONAN KASASI

PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN

PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015).Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penerapan hukum pembuktian oleh Hakim Pengadilan Negeri sebagai alasan kasasi penuntut umum Kejaksaan Negeri Luwuk dalam perkara tindak pidana pemalsuan surat dalam pemenuhan ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP dan kesesuaian alasan hukum Mahkamah Agung dalam memeriksa dan memutus kasasi Penuntut Umum dalam Putusan Mahkamah Agung No. 602K/Pid.Sus/2015. Jenis penelitian hukum ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus. Jenis dan sumber bahan hukum dalam penelitian ini yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau studi dokumen. Teknik yang penulis gunakan yaitu teknik analisis deduksi silogisme. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh yaitu Penuntut Umum dapat membuktikan kesesuian alasan-alasan kasasi yang diajukannya dengan alasan-alasan kasasi yang terdapat pada Pasal 253 ayat (1) KUHAP dalam hal apakah benar suatu peraturan hukum tidak diterapkan atau diterapkan tidak sebagaimana mestinya. Penuntut Umum dalam hal ini mengajukan keberatan kasasi yang bersifat umum, tanpa merinci dimana letak kekeliruan putusan pengadilan. Kesesuaian pertimbangan Mahkamah Agung dalam memutus kasasi Penuntut Umum dalam Putusan Mahkamah Agung No. 602K/Pid.Sus/2015 telah sesuai dengan ketentuan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP apabila mahkamah agung mengabulkan kasasi Penuntut Umum maka terdakwa bersalah melakukan tindak pidana yang didakwakan, Mahkamah Agung Harus menjatuhkan pidana penjara selama 1 (satu) tahun

(8)

viii

ABSTRACT

Fahmi Adi Hapsoro. 2017. E0013163. APPLICATION OF GENERAL CASE DEMAND TOWARDS FREE DECISIONS AND CONSIDERATIONS OF THE GREAT COURT OF CONCERNING THE CRIMINAL ACT OF CURRENT FAIR AND USING FALSE LETTER (DECISION STUDY OF THE SUPREME COURT REGULATION NUMBER 602 K / PID / 2015) .Writing Law (Thesis). Faculty of Law Sebelas Maret University of Surakarta.

This legal research is aimed to know the errors of applying the law of evidence by the District Court Judge as the reason for the appeal of the Public Prosecutor of the District Attorney in the case of the falsification of the letter in the fulfillment of the provisions of Article 253 paragraph (1) of the Criminal Procedure Code and the suitability of the Supreme Court legal reason in examining and interrupting the Prosecution General in Decision of the Supreme Court. 602K / Pid.Sus / 2015.This type of legal research is a normative legal research that is prescriptive and applied. Research approach that writer use in this research is case approach. The types and sources of legal materials in this study are primary legal materials and secondary legal materials. The technique of collecting legal materials in this research is literature study or document study. The technique that used is the technique of analysis of syllogistic deduction.The result of the research and discussion obtained by the Public Prosecutor can prove the conformity of the reasons for the appeal filed with the reasons of appeal contained in article 253 paragraph (1) of the Criminal Procedure Code in the case of whether or not a legal regulation is applied or improperly applied. The Public Prosecutor in this case filed a general objection of cassation, without specifying where the error of the court decision was. Appropriateness of the Supreme Court's consideration in deciding the appeal of the Public Prosecutor in the Supreme Court Decision. 602K / Pid.Sus / 2015 is in conformity with the provisions of Article 256 jo of Article 193 paragraph (1) of the Criminal Procedure Code if the Supreme Court grants the appeal of the Public Prosecutor, the defendant is guilty of the crime charged, the Supreme Court shall impose impose jail sentence for 1 (one) year.

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT tuhan seru sekalian alam yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan hukum (skripsi) yang berjudul “PERMOHONAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN BEBAS DAN PERTIMBANGAN MAHKAMAH AGUNG DALAM MEMUTUS TINDAK PIDANA TURUT SERTA MENGGUNAKAN SURAT PALSU (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 602 K/PID/2015)”.

Penulisan Hukum (skripsi) ini disusun untuk memenuhi syarat memperoleh gelar sarjana (S1) pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan hukum ini masih jauh dari sempurna, sehingga saran dan masukan dari berbagai pihak sangat penulis harapkan. Penulis jugga berharap semoga Penulisan Hukum (skripsi) ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang ada di masyarakat.

Dengan selesainya penulisan hukum ini, maka dengan segala kerendahan hati penulis ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah memberikan bantuannya dalam penulisan hukum ini :

1. Prof. Dr. Supanto S.H., M.Hum. selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

2. Bapak Edy Hedyanto, S.H.,M.Hum. selaku Pembimbing yang telah memberikan segala ilmu dan dengan penuh kesabaran membimbing serta mengarahkan penulis dalam menyelesaikan penulisan hukum (Skripsi) ini dengan baik.

3. Bapak Dr. Soehartono, S.H.,M.Hum. selaku Ketua Bagian Hukum Acara yang telah memberikan banyak pengarahan kepada penulis selama penelitian.

(10)

x

5. Bapak/Ibu Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta yang dengan keikhlasan dan kemuliaan hati telah memberikan bekal ilmu kepada penulis selama penulis belajar di Fakultas Hukum UNS.

6. Bapak Untung Sugiyanto, Ibu Uning Sukesi, dan Adik Faisal Adi Putranto tercinta yang senantiasa memberikan dukungan baik secara moril maupun materiil.

7. Keluarga besar HMI Komisariat Fakultas Hukum UNS yang telah menjadi bagian dari keluarga, terima kasih atas segala dukungannya.

8. Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. Semoga segala kebaikan bapak, ibu dan teman-teman semua mendapat balasan kebaikan dari Allah SWT. Amin.

Demikian, semoga penulisan hukum ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu hukum pada khususnya.

Surakarta, Penulis

(11)

xi DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ... ii

HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ... iii

HALAMAN PERNYATAAN ... iv

HALAMAN MOTTO ... v

HALAMAN PERSEMBAHAN ... vi

ABSTRAK ... vii

ABSCTRACT ... viii

KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xi

BAB I. PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Perumusan Masalah... 7

C. Tujuan Penelitian... 7

D. Manfaat Penelitian. ... 8

E. Metode Penelitian ... 9

F. Sistematika Penelitian ... 13

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA ... 14

A. Kerangka Teori ... 14

1. Tinjauan Tentang Mahkamah Agung ... 14

2. Tinjauan Umum tentang Judex Factii dan Judex Juris ... 26

3. Tinjauan tentang Pembuktian ... 27

4. Teori Sistem Pembuktian ... 34

5. Tinjauan Umum tentang Tindak Pidana Pemalsuan Surat ... 36

B. Kerangka Pemikiran ... 39

(12)

xii

A.Hasil Penelitian ... 40

1. Identitas Terdakwa ... 40

2. Kasus Posisi ... 40

3. Dakwaan Penuntut Umum ... 42

4. Tuntutan Penuntut Umum ... 49

5. Amar Putusan Pengadilan Negeri ... 49

6. Alasan Pengajuan Kasasi Oleh Penuntut Umum... 50

7. Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung ... 52

8. Amar Putusan Mahkamah Agung ... 55

B.Pembahasan ... 57

1. Kesesuaian Alasan Penuntut Umum Mengajukan Kasasi terhadap Putusan Bebas Pengadilan Negeri Luwuk dalam Perkara Pemalsuan dengan Ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP. ... 57

2. Kesesuaian Pertimbangan Mahkamah Agung Dalam Memutus Alasan Kasasi Penuntut Umum dalam Tindak Pidana Pemalsuan Dengan Ketentuan Pasal 256 Jo Pasal 193 Ayat (1) KUHAP. ... 63

BAB IV. PENUTUP ... 72

A. Simpulan ... 72

B. Saran ... 74

DAFTAR PUSTAKA ... 75

Referensi

Dokumen terkait

1. Visi pembangunan yang kami l~ksanakan didasarkan pada nilai dan filsafat komunitas adat. Visi pembangunan tersebut bertumpu pada filsafat yang merefleksikan setiap

pada disiplin penerapan keselamatan dan kesehatan kerja yaitu semangat kerja. Menurut Abidin, dkk (2008) semangat kerja yang optimal yang ditunjukkan

Hal yang dibahas di dalam penulisan hukum (skripsi) ini adalah praktek penyalahgunaan izin tinggal kunjungan dan izin tinggal terbatas oleh warga negara asing

untuk pemesanan desain denah secara pribadi , Solusi desain merupakan halaman pembantu dalam menentukan desain denah rumah yang diinginkan ,. Arsitek yang berisi mengenai

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nusyuz dalam perspektif hukum perkawinan Islam, konsep kekerasan dalam rumah tangga menurut Undang-Undang No 23 tahun

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah yang selama ini dilaksanakan di SMAN 3 Purwokerto, 2) mengembangkan desain

Rasio lancar tahun 2002 sebesar 522% mengalami peningkatan yang cukup besar jika dibandingkan tahun 2001 sebesar 147% sebagai tahun dasar. Hal ini terjadi karena hutang lancar

The data of the research are the performance in the frame of Systemic Functional Linguistics including complexity of clause and groups, technicality and