• Tidak ada hasil yang ditemukan

Instalasi Linux Ubuntu VirtualBOx ( Laporan )

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Instalasi Linux Ubuntu VirtualBOx ( Laporan )"

Copied!
16
0
0

Teks penuh

(1)

Laporan Praktikum

Mata Kuliah Sistem Operasi

“Instalasi Linux Ubuntu 14.04 Menggunakan VirtualBox”

Di Susun Oleh :

Nama : Aris Mastri Lawa

NIM : 141051041

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AKPRIND

YOGYAKARTA

(2)

A. LATAR BELAKANG

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat keras, program aplikasi, sistem operasi, dan para pengguna. Sistem operasi merupakan sebuah penghubung/interface antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting system operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sebelum ada sistem operasi,orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

UBUNTU LINUX : Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yakni “Humanity to Others” yang berarti “Kemanusiaan Untuk Sesama”. Atas dasar itulah diluncurkannya Linux Ubuntu yang dirilis pada tahun 2004. Sistem operasi ini adalah merupakan turunan dari sistem operasi linux yang lain. Ubuntu itu sendiri dibuat dengan tujuan : selalu gratis tanpa adanya biaya lisensi, bersifat open source (kode terbuka), dan siap untuk dipergunakan dalam kondisi yang stabil. Ubuntu didukung oleh perusahaan bernama Canonical, Ltd yang memiliki tujuan untuk membantu perkembangan, distribusi, dan promosi dari produk-produk yang bersifat open source (kode terbuka).

Proses instalasi Linux yang sukar seringkali menjadi penghalang bagi pengguna baru, namun proses ini sekarang menjadi lebih mudah. Dengan penerimaan Linux oleh beberapa pabrikan komputer pribadi besar, komputer terpasang (built up) dengan distribusi Linux banyak tersedia. Selain itu, terdapat juga distribusi Linux yang dapat dijalankan (boot) secara langsung dari cakram optik (CD) tanpa perlu diinstalasi ke cakram keras (hard disk); hal ini dikenal dengan

(3)

istilah Live CD. Instalasi Linux juga merupakan instalasi berupa suite, yaitu dimana penginstalasian tersebut secara otomatis menginstalasi program-program standar, seperti pemutar MP3, Office Suite, dan pengolah gambar.

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu : • Kenyamanan

• Efisien : penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien

• Mampu Berevolusi : sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.

B. TEORI PENUNJANG

Linux adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (gratis). Pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki yaitu Linus Torvalds. Tux sebagai maskot dari OS Linux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Disebut Tux pertama kali oleh James Hughes yang diambil dari kata Trovalds Unix. Tux dibuat pertama kali untuk mengikuti lomba desain logo Linux. Walaupun tidak menjadi juara pada lomba tersebut, Trovalds memilih linux sebagai maskot (berdasarkan sumber yang tidak jelas, Trovalds pernah dipatuk pinguin saat pergi ke kebun binatang).

Distro (distribusi) Linux kini telah dibuat semakin banyak oleh individual, komunitas atau lembaga lainnya di seluruh dunia. Ubuntu sekarang menjadi distro linux peringkat pertama menurut distrowatch.com. Dalam hal pembuatan distro, Indonesia juga ikut ambiil bagian, sebut saja Distro Blank On sebagai salah satu contohnya. Distro BlankOn dibuat oleh YPLI dan didukung oleh UNESCO.

(4)

Pada dasar nya penginstallan semua sistem operasi adalah sama. Semua dilakukan dgn tahap / langkah-langkah mulai dari :

• Pembuatan Partisi • Pemformatan harddisk • Pengcopyan file

• Dalam linux juga harus memperhatikan pemilihan paket • Configurasi perangkat keras ( Hardware )

Alat dan bahan

Dalam penginstallan sistem operasi linux kali ini kita akan melakukan penginstallan dengan menggunakan Aplikasi VirtualBox (VM) alat dan bahan yg harus kita miliki adalah :

• PC dalam keadaan ready dan memenuhi kriteria minimum untuk menginstall linux. • Master ISO Sistem Operasi Linux Ubuntu.

(5)

C. LANGKAH KERJA

Instalasi Linux Ubuntu Menggunakan Aplikasi VirtualBox (VM):

Install VirtualBox di komputer kamu. Lalu, jalankan VirtualBox. Klik "NEW" untuk memulai konfigurasi VirtualBox.

Langkah berikutnya yaitu memberikan nama untuk OS yang akan kamu install. Berikutnya, pilih Type Operating System Linux dan pilih Version Ubuntu (32-bit) yang akan di instal OS linux Ubuntu, lalu klik Next. Seperti gambar diatas ini:

(6)

Langkah selanjutnya adalah Menentukan besar RAM yang akan digunakan Pada SO Linux di Hadware komputer anda. Saya sarankan untuk memakai RAM 768 MB. Jika sudah klik Next.

Lalu, kamu akan dihadapkan dengan opsi Hard disk Virtual atau Virtual Machine. Karena ini virtual, tentu saja kamu tidak perlu menambah Hard Disk baru lagi. VirtualBox akan mengambil kapasitas hard disk kamu untuk membuat Hard Disk Virtual. Beri checkbox pada "Create new hard disk". Jika sudah klik Next.

(7)

Jendela baru akan keluar. Kamu akan diminta untuk konfigurasi Hard disk Virtual. Dalam Perintah ini untuk memilih Hard disk Virtual yang jenisnya VDI (VirtualBox Disk Image). Lalu, klik Next.

(8)

Langkah selanjutnya adalah memilih detail dari Virtual Disk. Ada dua jenis yang diberikan, yaitu:

1. Dynamically Allocated: Maksud dari jenis ini adalah Hard disk Virtual yang akan digunakan oleh Ubuntu nantinya, semakin lama semakin besar, jika kamu menambahkan data ke Hard disk Virtual dari Ubuntu. Sebagai contoh, jika kamu mengunduh (download) file menggunakan Ubuntu, maka Hard disk Virtual akan bertambah kapasitasnya.

2. Fixed Size: Maksud dari jenis ini adalah, Hard disk Virtual yang digunakan oleh Ubuntu nantinya adalah kapasitas yang pasti. Jika kamu memberikan Hard disk Virtual dari Ubuntu kapasitasnya hanya 5 GB. Maka, data yang tersimpan di Ubuntu, tidak boleh lebih dari 5 GB.

Supaya lebih mudahuntuk menggunakan maka Pilih Dynamically Allocated. Klik Next jika sudah.

Lalu, carilah tempat untuk menyimpan Hard disk Virtual Ubuntu. Kemudian, tentukan Kapasitas Hard disk Virtual yang akan digunakan oleh Ubuntu, Dalam Proses ini OS Ubuntu Menggunakan Kapasitas 8 GB. Jika sudah, klik Next. Seperti gambar diatas ini:

(9)

Selanjutnya, akan diberkan risalah, atau deskripsi pada tampilan VirtualBox, Perintah ini untuk mengaktifkan atau memulai Instalasi, tapi sebelumnya harus memasukan ISO Linux Ubuntu pada VirtualBox, Caranya Klik “Settings”.

Perintah ini untuk Memasukan ISO Linux Ubuntu, Caranya, Klik pada bagian ‘Storage’, Pada Controller : IDE klik ‘Empty’ , dibagian Attributes, lalu bagian CD/DVD Drive klik pada ‘logo CD’ dan pilih ‘Choose a virtual CD/DVD disk file..’

Cari file ISO dari Ubuntu 14.04 yang akan jadikan Master Instalan Ubuntu 14.04 32bit di VirtualBox nanti. Klik Open.

(10)

Sekarang saatnya melakukan Pengistalan dari VirtualBox, Klik Start untuk menghidupkan Virtual Machine kita.

Tunggulah beberapa saat sampai muncul tampilan seperti Ini :

Ubuntu akan loading pada VirtualBox dan mempersiapkan instalasi. Lalu, klik "Install Ubuntu" pada VirtualBox. Suatu perintah Untuk memulai atau melakukan Instalasi Linux Ubuntu.

(11)

Jika anda memiliki koneksi internet, anda bisa menginstall Update dari Ubuntu saat Ubuntu melakukan instalasi. Yang perlu dilakukan adalah memberi tanda centang pada "Download updates while installing",Opsi Install thisthird-party-software untuk menginstall packgage packgage tambahan. Jika tidak konek internet biarkan kosong saja / tidak tercentang. Klik

Continue Klik "Continue", Pada Gambar di Atas.

Langkah selanjutnya adalah memilih opsi partisi. Tahap ini disarankan memilih opsi pertama, yaitu "Erase disk and install Ubuntu" Karena Penginstalan ini di lakukan pada VirtualBox. Dan Klik Install Now.

KETERANGAN: Data kamu di komputer tetap aman, maksud dari Erase disk adalah menghapus harddisk virtual yang telah dibuat oleh VirtualBox. Data yang ada di Windows akan tetap ada.

Untuk type Instalasi pilihan “Something Else” Perintah ini akan melakukan partisi Hard Disk kita secara manual.

(12)

Lalu, Ubuntu akan melakukan instalasi. Selama proses instalasi, Perintah ini diminta untuk memasukkan beberapa informasi. Yang pertama adalah kota dimana anda tinggal. Setelah itu Klik “Continue”.

Perintah kali ini untuk menentukan Inputan Pada Keyboard layout, Pilih “English US”, Klik "Continue" jika sudah.

(13)

Muncul tampilan “Who are you ?” , ini merupakan tempat pengaturan user yang ada di Ubuntu kita. Untuk Name, Computer Name, Username dan Password boleh diisi secara bebas terserah keinginan. Jika ingin menghendaki langsung masuk tanpa Konfirmasi sandi, maka Centanglah bagian “Log in automatically”, sebaliknya jika Anda menghendaki memasukan Kofirmasi password untuk login maka centang yang “Require my password to log in”. Klik Continue.

(14)

Selesai memasukkan data, silahkan tunggu hingga proses Instalasi Ubuntu selesai.

Proses penginstalan mulai berjalan, tunggulah sampai selesai, biasanya memakan waktu cukup banyak, jadi mohon bersabar. Anda juga bisa melihat fitur-fitur Ubuntu 14.04 ini dengan menggeser / klik pada bagian tanda > di slider fitur-fitur ubuntu.

(15)

Pada Perintah ini Ubuntu akan melakukan Konfirmasi sekali lagi. Tekan tombol Enter untuk melakukan Restart. Setelah restart, anda siap menggunakan Ubuntu. Selamat !

(16)

D. HASIL PEMBAHASAN

Apabila hasil kerja penginstallan berhasil dengan sempurna, maka kita dapat mengoperasikan nya dengan baik. Tetapi,dalam penginstallan linux ubuntu sering menemukan masalah, mulai dari tidak bisa masuk sistem root sampai dengan kegagalan penginstallan. Ketika kita ingin masuk pada root, kita harus mengisikan login dengan user name : root, dan password nya sesuai dengan apa yg di masukkan tadi saat penginstallan. Tetapi, saat kita masukkan user name dan password yg benar tetap saja tidak dapat masuk ke root.

Masalah juga timbul pada saat login linux debian yg berbasis teks. Setelah diisi dengan user name, tetap saja tidak dapat login. Mungkin karena memang pada saat installasi kurang memperhatikan User name nya sehingga kita lupa user name yg telah di atur pd waktu penginstallan, mungkin juga karena error pada sistem operasi itu sendiri.

Kami rasa materi mengenai penginstalan Linux sangat diperlukan agar kami dapat mengetahui dan mengerti cara menginstal Linux. Sebab cara menginstal merupakan hal yang terpenting. Karena selain mengerti cara mengoperasikan kita juga harus mengerti cara menginstal.

Referensi

Dokumen terkait

Uji tempel adalah uji iritasi dan kepekaan kulit yang dilakukan dengan cara mengoleskan sediaan uji pada kulit normal panel manusia dengan maksud untuk

sehingga penulis dapat menyelesaikan Naskah Tesis yang berjudul “ Partisipasi Masyarakat Dalam Program Kampung Sanitasi di Kelurahan Semanggi, Surakarta ”.. Naskah ini disusun

Satu dari Danau Matano dan satu lagi dari sebuah tempat pelelangan ikan di dekat Raha, Pulau Muna (Iskandar, 1979). Wilayah daratannya merupakan habitat dari Babyrousa babirussa

Untuk mengembangkan kapabilitas sekolah di Indonesia dalam rangka mengembangkan pendidikan karakter dengan cepat dan efektif, kita memerlukan pendekatan yang dapat

Daerah di Indonesia berikut ini yang menurut anda memiliki risiko terkena genangan paling tinggi adalah:d. (IPCC,

Keuntungan para atlet yang memiliki kualitas fleksibilitas yang baik, antara lain; (1) akan memudahkan atlet dalam menampilkan berbagai kemampuan gerak dan

Adapun permasalahan yang datang dari siswa itu sendiri, yaitu siswa kurang mampu menguasai materi pembelajaran dikarenakan pembelajaran cenderung berupa hafalan

Dengan kata lain, satu pixel yang terdapat pada citra 8 bit akan direpresentasikan oleh layer yang memiliki nilai 0-255 pada tabel citra, sedangkan untuk citra 24 bit, satu pixel